Penempatan TKI ke Eropa, Australia, Selandia Baru, Kanada & AS mengapa begitu sulit?

Info mengenai lowongan lewat PPTKIS/PJTKI silakan klik https://tklnformal.wordpress.com/

Sekali lagi yang saya tekankan, bahwa pembahasan saya di blog ini hanya terbatas pada penempatan TKI dengan visa kerja.

Sementara banyak sekali WNI yang ternyata bisa bekerja dan bermukim di negara dan kawasan, seperti yang saya tulis di judul di atas. Lalu bagaimana mereka bisa masuk ke sana?

Sebagian besar mereka adalah yang sebelumnya menempuh pendidikan di sana lalu menetap. Atau mereka mendapatkan PR karena keilmuan atau karena kekayaan.

Atau mereka yang berstatus masih pelajar atau bahkan mereka dari golongan yang tak terlalu mempedulikan legalitas dokumen. Jadi turis lalu malah melamar kerja.

Sementara kami PJTKI/PPTKIS hanya bisa menempatan TKI hanya dengan visa kerja. Tak lebih.

Diantara kami banyak yang sudah berupaya. Tapi usaha penempatan ke sana sama sekali tak menguntungkan. Penempatan tak bisa banyak dan masal. Kalau penempatan yang bisa dilakukan untuk di bawah sepuluh orang misalnya, biaya akan sangat tinggi. Padahal menurut pengalaman teman-teman saya sesama PJTKI/PPTKIS di lapangan, sering sekali dari 10 approval hanya 1-2 yang diloloskan kedutaan negara-negara yang saya sebut di atas. Atau tidak sama sekali. Kesimpulannya, Eropa, Australia, Selandia Baru, Kanada dan Amerika Serikat tak mau menerima TKI dalam jumlah besar. Kalau bisa hampir pasti bukan untuk jatah negara kita.

Selain itu, pesan saya kepada Anda yang S1 apalagi di bidang exact seperti teknik dan kesehatan, jangan sekali-sekali tergiur untuk bekerja di negara-negara tersebut dengan posisi low skill seperti menjadi pekerja serabutan, pemetik buah, pencuci piring di restoran dan sejenisnya meski gaji yang ditawarkan tampak menggiurkan. Bukan apa-apa, bila Anda tidak berkarir sesuai bidang lalu kebablasan bertahun-tahun bekerja sebagai tenaga low skill di AS misalnya, Anda akan sulit lagi diterima untuk berkarir di bidang yang sesuai dengan latar pendidikan.

Tak sekali dua kali saya didatangi pelamar kerja semacam ini. Insinyur tapi malah jadi buruh di AS. Lalu saat pulang ke Indonesia tak ada yang mau terima. Usia sudah 40an. Perusahaan di Indonesia takkan mau memberi tempat fresh graduate buat usia semacam itu. Pihak luar negeri yang selama ini lebih akomodatif. seperti Qatar misalnya, takkan mau juga menerima insinyur mesin tapi pengalaman di gudang sebagai operator forklift di Amerika Serikat.

Karena itu bila Anda punya pendidikan memadai, fokus pada bidang Anda. Tak usah tergiur dengan tawaran pekerjaan low skill di Australia misalnya. Kecuali kalau Anda tak lagi berharap pada kesarjanaan Anda.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

155 Balasan ke Penempatan TKI ke Eropa, Australia, Selandia Baru, Kanada & AS mengapa begitu sulit?

  1. Rus bjs berkata:

    Mohon bantuanya mas.. Sya berniat mau krja ke luar negri tujuan Malaysia..
    Mohon info nya PT penyalur tki resmi di sekitar wilayah tanggerang
    Trmish

      • Viane timporok berkata:

        Slamat malam mas, pengalaman saya bekerja di spore sdh hampir 10 thn sebangai pekerja rumah tanggah. Beberapa bln yg lalu sy mencoba mencari kerja secara mandiri dan berhasil di terima di spore, dn seminggu yg lalu sy memutuskan untuk berhenti krn mendapat panggilan kerja dr employer di Amerika. Tahap wawancara sdh sy lewati via email dn saya di terima. Dan perjanjian kerja sdh sy trima. Yg menjadi permasalahan saya adalah ; agent di amerika meminta sertifikat ketenagakerjaan.
        Selama ini sy hanya memegang KTKLN yg skrg sdh tak berlaku lagi..
        Tolong infonya mas, dimana sy bisa mendapatkan sertifikat yg sy butuhkan. Dan brapa lama proses untuk mendapatkan sertifikat..

        Trimakasih

      • Humari berkata:

        Sertifikat ketenagakerjaannya di bidang apa? Sertifikat itu berdasarkan profesi Anda. Kalau sertifikat Anda di rumah tangga, saat usai menjalani pelatihan dan tes dan lulus, sertifikat otomatis keluar. Yang mengeluarkan adalah BNSP alias Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Semua TKI informal rumah tangga pasti mendapatkan itu. Hanya sebagian PJTKI/PPTKIS memberikan itu kepada cakin CTKI. Sebagian tidak. Silakan hubungi BNSP. Kantornya di samping gedung BNP2TKI Jl. MT. Haryono Jakarta.

    • Putra berkata:

      Maaf gan umur saya 22 tahun lulusan smk sekarang menjadi teknisi mesin di Taiwan saya ingin ke negara Eropa atau barat
      Berapa persen kemungkinan bisa lolos
      Bisa las,nyetir,ngerti mesin,bisa bahasa inggris

      • Humari berkata:

        Mau masuk dengan visa kerja? Kalau ada paling ke Eropa Timur (Polandia kerap meminta TKI kita). Eropa Barat? Jangan harap deh. Apalagi Inggris.

  2. rus bjs berkata:

    Trmksh mas.. Atas info nya..

  3. agus Sri lestyanto berkata:

    Saya ingin kerja di Australia, Mulai dapat tawaran kerja sebagai chef martabak and moonlit di kawasan Melbourne. Mohon info’y gan. Kapan hari Ğ ª ќ>:/ lolos masalah VISA

  4. esa berkata:

    saya berusia 34 thn, lulusan sltp, dan minim keterampilan, apakah masih bisa bekerja di luar negeri?,..
    saya sudah putuh asa bekerja di negara sendiri yang hanya berpenghasilan pas-pasan,
    terimakasih infonya..

  5. dimas berkata:

    saya lulusan sma umur 40 skill ga ada tapi bisa bhs inggris. ke amerika bisa ya? kerja di kebun2 kek

  6. Robi Akhirudin berkata:

    saya lulusan s1 pendidikan bahasa inggris
    saya sangat minat kerja ke eropa atau amerika
    mohon bantuannya

  7. Rudi berkata:

    Salam pak humari saya sedang bingung.
    dengN adanya info loker penipuan oleh pjtki gadungan kedaerah barat.
    saya membaca informaai dari facebook tentang penyalur tenaga kerja ini dari lowongan dan persyaratan yang diinformasikan saya sangat tertarik tapi saya takut kena tipu, Mungkin pak humari tahu legalitas penyalur tenaga kerja ini ( http://www.indotrendindonesia.com/alamat-indotrend-indonesia/ ). jika pun tidak tahu ada tips g biar saya tidak tertipu?

    • Humari berkata:

      Mereka bukan PJTKI/PPTKIS. Jangan melamar ke sana kalau mereka tidak bisa menunjukkan surat izin yang dikeluarkan dan ditandatangani langsung oleh Menaker RI

      • taufik berkata:

        asalam pak humari, saya cuma lulusan SMA dan tidak punya biaya .apakah bisa sya kerja d luar negri? kerja apa saja saya mau,
        mohon bantuan nya pak,makasih.

      • Humari berkata:

        Perusahaan yang menanggung keseluruhan pembiayaan sedikit sekali. Itupun biasanya buat tenaga ahli

  8. Risky berkata:

    saya berusia 19th jalan ke 20 lulusan smk, mampu berbahasa inggris sederhana.. saya ingin sekali bekerja di daerah eropa, kanada maupun selandia baru, apakah anda bisa membantu saya memberikan informasi detail tentang lowongan pekerjaan di negara-negara tersebut untuk tenaga kerja seperti saya, tentunya saya ingin perusahaan tersebut terdaftar PJTKI/PPTKIS agar tidak terjadinya kasus penipuan. terima kasih

  9. Nurudin berkata:

    Mau nanya ,pak humari,klo lowker tenaga kesehatan perawat ke korea apa ada ya,kok ak nyari yg tenaga,kesehatan gak ktemu.mhn info nya

    • Humari berkata:

      Memang belum pernah dibuka oleh Korea

      • lima berkata:

        Saya realita saja. Pekerja keras. Ingin kluar negeri eropa ,Australia. Experience korea selama 7 tahun. Sembarang bidang saya jalani.mohon pencerahan. nya
        Skill non skill tdk masalah cari uang bkn cari status.Allhamdullilah d korea sukses bisa beli tanah sama buat rmh saja sama usaha kecil2 an.minta recommed .Mr. humari.pin bb. 54c******

      • Humari berkata:

        Peluang ke Eropa dan Australia kecil sekali. Kalaupun ada paling untuk pekerjaan di cruise ship (kapal pesiar). Dan Anda harus punya pengalaman yang cukup di bidang hospitality untuk melamar.

  10. Saya ingin bekerja di Canada, apakah ada agent yg bisa menyalurkan kesana…
    Pengalaman Saya di bidang Label & artist management, promotion & driver forklift…
    Jika ada, bisa email Saya ke dgranadianto@gmail.com

    Thanks & best regards…

  11. seraphimtr berkata:

    Bagaimana peluang utk pekerja entry level kita di australi. bukankah itu sama dgn citizens mrka yg juga bru lulus?

  12. andik setyawan berkata:

    mohon info bagaimana mekanismenya supaya bs kerja ϑ¡ canada or amrik. gak masalah kerja srabutan. tanks a lot

  13. andika berkata:

    pak humari, saya pingin kerja ke kanada. ada yang sitem ptng gaji ga? tanks

    • Humari berkata:

      Setahu saya tak ada. Mas, kami semua menghindari system pemotongan gaji. Bukan apa-apa, kalau tak didukung bank pemerintah di Negara penempatan, kami sering ditinggal kabur. TKI dengan gampang menolak bayar dengan alasan sudah termakan janji manis PJTKI. Dan sebagian besar dari kami, yang resmi, tak minat masuk ke Kanada. Biaya dan durasi proses terlalu lama dan ketidakpastian yang begitu tinggi. Ujung-ujungnya gigit jari.

      • Yudi berkata:

        Pak bos Humari, kl saya ingin bekerja ke eropa, persyaratan nya apa saja dan berapa biaya yg di butuhkan agar bisa bekerja ke eropa. Thank’s

      • Humari berkata:

        Untuk Eropa Barat dan di daratan, saya belum pernah dengar ada permintaan resmi. Ini kalau kita bicara soal visa kerja lho. Kalau visa lainnya, ada saja tapi saya tak mau bicara soal itu. Sebab saya membatasi blog ini hanya membahas bekerja ke luar negeri dengan visa kerja bukan visa studi, turis, agama dll

  14. Fafa_420 berkata:

    Halo Mas Humari yang baik.
    saya berminat bekerja di Australia dan/ Belanda. saat seorang S.Pd (Sarjana Pendidikan). saat ini pekerjaan saya adalah tutor bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare,Kediri JATIM. additionally, I got an IELTS Certificate with OBS 7.0 (Seven Point Zero).
    mohon infokan jua ke alamat email dan HP saya di bawah ini :
    fafaherballegalizer@gmail.com
    (+62) 8962 47*******
    mohon bantuannya. Hartelijk Gedankt / Thank you very much.

  15. juhani berkata:

    Maaf …pak humari…mau tanya…lowongan kerja ke kanada apa kah masih ada?

  16. maya berkata:

    pak humari saya ingin menjadi perawat caregiver,bisa gak

    • Humari berkata:

      Bisa aja. Tapi kebanyakan pakai skema TKI mandiri. PPTKIS/PJTKI malas urus ke Eropa. Selain peluangnya kecil (sekali penempatan takkan bisa lebih dari 2 orang) biaya dan syaratnya juga ketat.

  17. trijayanto berkata:

    halllo mas humari, saya ingin sekali kerja ke australi atau new zealand . pengalaman kerja di bidang barista dan cook helper ,cuma tidak tahu harus gimana.mohon infonya mas..

  18. Agussunarto berkata:

    Mohon maaf. Info ini masih berlaku apa tidak. Kalao masih berlaku mohon bantuanya buat medaftar . Karena saya pingin bnget kerja ke eropa

  19. adi suryaman berkata:

    Sel malam pak humari.. sy ingin menanyakan kebenardn nya.. beberapa hati ini mendapat tawaran kerja via email dari canada yaitu rosewood hotel georgia vancouver canada.. mrk ksh form isi nya mrk meminta no. Pasport dan data diri. Yg gunanya untuk pengurusan visa turis. Nah stelah sy sdh di canada barulah visa kerja terbit. Cv sy sdh di approve sama management hrd mrk. Kejadian ini benar ngak? Kira2 pak.. mohon info nya.. thanks.

    • Humari berkata:

      Sulit mendeteksinya. Saran saya, kalau mereka minta duit ya jangan. Tapi kalau tak ada duit dan Anda diminta untuk menyediakan biaya terbang saja, boleh juga dicoba.

      • elpri berkata:

        halo ka adi,,mau nanya dikit..hehe,knp bisa ada tawaran kerja dr canada?apa sdah pnh pnglaman krj diluar neggeri atau memang pernah melamar kesana,,?sekedar ingin tahu kak,,thans 🙂

      • Humari berkata:

        Penawaran ada karena mereka memang butuh. Kalau tidak ngapain repot repot rekrut orang asing. Jadi ini memang soal demand dan supply

  20. Martika Sari berkata:

    Assalamu’alaikum pak humari.. ada info TKW ke Arab kah? saya minat pengen ke sana. Saya 21 th dan sudah d Taiwan 3 tahun. terimakasih……

  21. sandy berkata:

    sore pak Humari.
    Mohon infonya mungkin ada info lowongan TKI di kuwait, kira2 susah bgt atau tdk?
    sy laki2 umur 26th, lulusan SMK PAL.
    terima kasih.

    • Humari berkata:

      Tergantung. Lowongannya ada atau tidak. Kalau ada, apakah sesuai dengan kemampuan Anda atau tidak. Kalau lowongannya ada dan kemampuan Anda juga ada, tinggal menimbang gaji dan biaya proses pemberangkatan cocok atau tidak.

      • Sandy berkata:

        Mohon bantuannya mas humari.
        Mungkin ada info dmn supaya bisa cari2 lowongan menjadi TKI di kwait dll.
        Terima kasih banyak.

      • Humari berkata:

        Anda bisa bhs Inggris? Kalau ya kirim saja CV ke saya. Saya akan forward ke beberapa kenalan PJTKI/PPTKIS yang saya kenal

  22. Subhi Hairudin berkata:

    Assalamu’alaikum.gan, boleh minta nomor kontaknya untuk dihubungi bagi penyalur TKI ke dunia barat.. thanks.. ini nompr.saya 08952495****** .. tolong direspon ya gan

  23. Petho berkata:

    Halo, Pak Humari. Saya Pria 31 Tahun. Apakah ada lowongan ke luar negeri dengan sistem potong gaji, apa pun profesinya? Dan saya fasih bahasa Inggris. Saya punya banyak keterampilan di Fotografi, Video, Desain, Kuliner, dan Organizer. Tapi saya hanya lulusan SMA, itu hambatan saya yang paling besar untuk bisa dapat pekerjaan lagi. Untuk Informasinya, terima kasih.

  24. rosidi berkata:

    askum pak humari…saya

  25. Asri rahayu berkata:

    Maav pa..saya mau tanya adakah info untuk kerja di Jepang?? Selain G2G ?? Careworker juga boleh..

    • Humari berkata:

      Tak terlalu banyak. Gaji meski terkesan tinggi, biaya hidup juga sangat tinggi. Potensi menabung kadang bahkan tak lebih dari bekerja di negara-negara Arab. Padahal biaya jauh lebih tinggi. Jepang belum masuk rekomendasi saya.

  26. irvan setiawan berkata:

    selamat sore..
    buat lowongan kapal pesiar luar negeri ada ga? saya lulusan smk umur 19 tahun
    fasih bhs inggris

  27. agus berkata:

    saya pikir pemerintah kurang serius mengenai kerjasama tentang tenaga kerja indonesia,,dulu saya dapat berita pemerintah jatim tandatangani mou dengan australia untuk tenaga kerja,,,sekarang saya dapat berita pemerintah eropa menawarkan lowongan kerja,,,tapi kayaknya perekrutan kok tidak ada beritanya,,,heran saya

    • Humari berkata:

      Pemerintah kita bolak balik ke sana ah. Pihak mereka yang bikin aturan yang hanya memberi kemungkinan kecil buat pekerja kita masuk ke sana. Beberapa waktu yang lalu saya ketemu salah satu badan di PBB yang mengurus soal ini dan dari pembicaraan dengan mereka saya tak terlalu berharap banyak bakal ada perubahan. Sebagian besar lip service saja.

  28. Adhi berkata:

    Sy ad rncana mau krja k bag. Eropa to Australia,,skrg umr sya 32th,pa kah ad pluang mas…. n kmana saja sy bsa dpat kan infox…mks

  29. Alifa ely berkata:

    Saya lulusan smk kesehatan apa saya bisa bekerja diaustralia dan bagaimana caranya

  30. dyah kusuma berkata:

    Assalamualaikum…
    Saya single parent usia 35 tahun, saya sdh bekerja di admin selama 20th.
    Kira2 ada peluang kah untuk bisa bekerja di eropa atao amerika, untuk memperbaiki financial kami. Bahasa inggris saya kurang lulusan SMK .

    • Humari berkata:

      Syarat minimal mendapatkan visa kerja (visa kerja lho bukan visa turis, pelajar atau lainnya) ke Eropa dan Amerika itu ya bahasa Inggris yang baik. Kalau tidak ya bagaimana mau lolos tes bahasa?

  31. ninx berkata:

    Kalo mau kerja diaustralia sebagai kitchen hand bagaimana yah n berapa biayanya? Dan umur saya sudah 35 thn

  32. Areal berkata:

    Aku berminat ke selandia, atau canada,tapi bagaimana? Aku gk ada biayanya
    Aku tgl disingapore sekitar 15thn ,dan sekarng aku pingin keluar negri.
    Balas
    Thank you so much!
    Salam bahagia

    • Humari berkata:

      Mbak, Anda itu berurusan dengan perusahaan yang tukang ambil untung. Jadi tak usah berharap yang gratisan lah. Memang ada perusahaan di luar sana yang mau menanggung perpindahan tenaga kerja dari suatu negara ke negara lain, tapi ada syaratnya: Anda harus punya keahlian yang langka. Kalau gak ada? Ya gak bisa. Karena pada dasarnya kami, PJTKI/PPTKIS memang jual orang tapi yang dijual kompetensi dan skillnya. Kalau skill kurang, apanya yang mau dijual? Kalau cuma tubuh yang bagus dan badan ya kuat, kita kalah dengan orang Turki yang cantik dan ganteng dan soal kekuatan tenaga kalah dengan orang Afrika.

      Karena itu untuk mendapatkan sesuatu yang gratis seperti kerja ke negara Barat, lihat dulu diri kita. Apa yang kita bisa tawarkan ke mereka. Dalam dunia PJTKI/PPTKIS, ada skil ada harga.

      • Muhammad Iqbal Aulika berkata:

        Assalamualaikum Pak Humari, saya ingin minta mengirim CV saya ke Bapak dan siapa tau Bapak bisa bantu dengan memforward ke beberapa kenalan Bapak. Atas bantuan bapak saya ucapkan terima kasih.
        Wassalamualaikum.

      • Humari berkata:

        Untuk ke negara mana? Kalau ke Eropa dan negara Barat lainnya, harapan tipis

  33. Muhammad Iqbal Aulika berkata:

    Mana aja pak yang penting halal dan berkah, dan 1 hal lagi pak saya umur 39 Tahun saat ini dan siapa tau masih ada kesempatan bisa bekerja di luar negeri.
    Terima kasih pak Humari. Wassalamualaikum.

  34. Rano romansyah berkata:

    Pak mau nanyak. Saya usia 30thn. Pendidikan D3 teknik mesin. Saya bisa design mesin Autocad dan solidwork. Pengalaman kerja mesin cnc Jerman 7thun.s saya sekarang lagi kursus bhs Inggris di EF surabaya. Saya pengen kerja di luar negeri. Eropa.arab.australia. gmn caranya pak ya. Saya Lg butuh informasi nya. Terimakasih.

    • Humari berkata:

      Rajin-rajin saja kirim CV. Kalau untuk masuk ke Eropa, Kanada dan Australia sangatlah sulit untuk bekerja di sesuai bidang Anda. Mereka hanya memproritaskan warga negara mereka atau negara-negara sekawasan.

      Untuk peluang di kawasan Arab Teluk cukup terbuka lebar. Rajin-rajin saja kirim CV ke PJTKI/PPTKIS yang buka lowongan itu. Atau kirim CV Anda ke humarihidayat@yahoo.co.id. Saya akan forward ke mereka.

  35. Meri Wibowo berkata:

    hallo semuanya,, saya meri dari bali, saya mau nanya,, kalo mau cari kerja ke negara eropa gimana carnya ya..? kalo pake agent,, apakah ada agent yang bisa di percaya ?
    terimakasih.

  36. Pak humari, jika saya ingin langsung tinggal di Amerika bukankah saya juga harus kerja disana?diandaikan saya kesana pakai visa kunjung, kerja disana selama beberapa bulan, lalu mengganti dengan visa kerja, apa boleh seperti itu ?? apa ada hukum nya apa gimana?, mohon pencerahannya ya pak..

    • Humari berkata:

      Proses di sana tak semudah itu. Memang ada trik WNI untuk mendapatkan visa kerja. Tapi untuk saat ini saya tak berani memposting kesaksian mereka. Lha wong saya belum pernah ke sana dan tak tahu hukum sana.

  37. dina berkata:

    bisa minta info kerja di eropa sebagai tkw .apa saja syaratnya.mohon infonya .terimakasih

    • Humari berkata:

      Negara kita tak ada kerjasama dengan satupun negara Eropa untuk penempatan TKI informal di Eropa, AS dan negara Barat lainnya

  38. jul berkata:

    sekarang ini ada gk lowongan pekerjaan ke negara kanada, usa atau benua erop lainnya???

  39. meri wibowo berkata:

    selamat pagi pak humari salam kenal saya meri dari bali, saya ingin mencari pekerjaan sebagai spa therapist di darat atau di river cruise, kalao ada eropa atau usa pak.
    apakah ada info atau contack person yang bisa saya hubungi, mohon di bantu pak. Terimakasih

  40. Bagus Seto Setiawan berkata:

    Selamat Siang Pak Humari,
    Saya lulusan D3 Manajemen Informatika 3.40
    pernah nglas CO2 2th, SprayMan Painting 2th, sekarang saya Pegang Inventory Control 2th di salah satu perusahaan jepang di Indonesia. Saya ingin bekerja di dubai ato eropa. Kira2 saya harus apply jadi apa ya? caranya bagaimana?

    • Humari berkata:

      Untuk Dubai, jarang permintaan buat manufaktur. Sebagian besar di bidang hospitality. Eropa? Paling mereka hanya buka buat bidang hospitality (hotel, turisme dkk). Bidang lain sulit

  41. galih putra berkata:

    Permisi pak saya ingin bertanya ..

    Saya umur 27thn dan hanya lulusan SMA.. apa memungkinkan untuk saya bekerja di luar negeri.. saya tertarik ke eropa atau negara yang menggunakan bahasa inggris ( b.inggris saya lumayan ) .. pengalaman kerja saya banyak dari kantoran sampai hotel ( saya pernah mencoba di cruise tp ggal karena gigi ) jika saya ingin mengirimkan cv saya ke anda apa harus menggunakan b.inggris atau biasa.. saya siap mencoba bagian apa saja.. saya bagus di front office

    Mohon bantuannya

  42. Sapowan berkata:

    Bagaimana caranya bekerja jadi tenaga perawat ke australia mohon info.
    Terimakasi.

  43. didi... berkata:

    assalamu’alaikum pak humari saya pernah kerja di taiwan 1 tahun di bagian pelabuhan ikan tapi saya pengen kerja di barat amerika, canada dan jerman apa bisa soal nya udah cari info sana sini susah, mksih di tunggu balasannya

  44. oca nainggolan berkata:

    Pak Humari, saya ingin bertanya sedikit mengenai kantor BP3TKI di Kepulauan Riau, ada kah Bapak tau alamat nya atau Web nya yang bisa saya kunjungi? Trimakasih sebelumnya buat informasi ini Pak

    • Humari berkata:

      BP3TKI Tanjung Pinang, Jln. Nusantara KM 13 Arah Kijang, Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau, Tlp. 0771-7004553 , Fax. 0771-8038621

  45. rudi berkata:

    malam mas, mohon info saya ingin kerja di negara paman sam gimana caranya saya mendengarkan info klo amerika membutuh kan supir sekitar 15000 orang

  46. susan berkata:

    pak,brgkt ke amrik ad low gk?sy prnh di tw 10 thn mandarin ok..

  47. Togu ds berkata:

    Baik sekali

  48. Togu ds berkata:

    Saya ingin sekali bekerja ke amerika tp hnya lulusan sltp . ..apakah ada pekerjaan yang cocok buat saya ? Mungkin serabutan .
    dan apa saja syaratnya supaya bisa kesana. .

  49. Harunsyah berkata:

    Salam
    Yth, Pak Humari
    Izinkan saya bertanya tentang kesempatan bekerja di benua Eropa atau pun di Jazirah Arab, karena disini sangat minim info tentang hal tsb
    saya berkeinginan bekerja di luar negeri namun kendalanya saya belum mempunyai skill dikarenakan setelah lulus sekolah saya langsung menjadi tenaga honorer di Sekolah Menengah Pertama sampai sekarang.
    skill saya hanya bisa berbahasa inggris
    mohon bantuannya Pak.

    Terimakasih

    Harunsyah

  50. yusep christiyan berkata:

    Halo pak Humari

    Mohon info nih seputar bekerja di eropa.
    Saya pingin sekali bisa bekerja di Germany.
    Saya lulusan d3 teknik mesin industri, saya bekerja sebagai technician/mechanical engineer 5 tahun berjalan. Sudah pernah training di German walaupun cuma 1,5bulan.
    Apakah bisa dimungkinkan y pak untuk bisa bekerja di sana? Apa saja yg perlu dipersiapkan. Mohon infonya pak. Sekalian saya mau kursus bahasa German tahun depan.

  51. mugaria berkata:

    Info loker eropa australi terbaru ap ya.. D pabrik ataupun kebun

  52. Marianus Eko berkata:

    Selamat malam pak Humari, saya S1 Sipil dengan pengalaman 10 di kontraktor sebagai Site Manager, saat ini usia 40 Anda dan ingin bekerja di Eropa maupun USA ataupun Australia, apakah bisa dibantu informasi apakah yang harus saya lakukan ? Terima kasih sebelumnya.

  53. Ramly Mmlet's berkata:

    selamat malam pak humari, saya profesional di bidang waiter atau bartender saya sering mendapatkan tawaran dari beberapa orang turis untuk bekerja di villa mereka pribadi tapi dengan menggunakan visa turis, nah saya minta masukan bagaimana cara bekerja di luar negeri khusunya eropa dengan mandiri mungkin, kalo misalnya ada jalan toloong di info. terimakasih pak humari.

    • Humari berkata:

      Kalau lewat agen, saya pesimis bisa. Kecuali Anda mendapatkan penawaran langsung dari employer di Eropa sana. Kalau penawaran sudah ada, soal pengurusan visa kerja ya tanggung jawab employer. Jadi yang harus dilakukan adalah cari employer Eropa yang mau memperkerjakan Anda.

  54. Paulo P berkata:

    Saya ingin sekali kerja ke Kanada atau bagian Eropa lainnya yang mau menerima lulusan SMA seperti saya. apakah bisa dibantu untuk info-infonya???

  55. DEDIK berkata:

    Slmt mlm slam hormat pak humari, tlng d bantu iy pak meskipun prtnyan ini sdh bnyk muncul d kolom kantor tp ada sdkit perbedaan dn sya lbh lega jika bertanya langsung ke bapak.

    Thn 2010 sya ingn bekerja d Arab. D pt berbekal 3 surat keterangan yaitu ktp, kk serta surat ijin orang tua sya sudah bs membikin paspor (paspor d buat di bekasi) utk k Saudi. (dsni rupanya kk yg d buat bapak sya pd waktu pembuatan kk massal data ny ada perbedaan pada nama dan tempat lahir dengan ijazah / akta asli sya . (nama di akta dan ijazah DEDIK NORMALIK kelhrn Lampung.
    sedangkan kk/ktp/dn paspor x Saudi sya DIDIK NUR MALIK kelahiran Grobogan jateng. Dn sya skrg ingin bekerja ke korea.. Di haruskan menggunakan ijazah akta kk ktp dan data smua harus valid. Tp dsni skrg paspor sya sudah expired. Prtnyan nya

    Apakah sya bs membuat paspor baru dengan data sma dgn akta dn ijazah karena paspor sya sudah mati sprt itu?

    Jika tdk bs prnh ad orang mnwarkan jasa membantu memperbaiki paspor tp dengan harga katanya itu susah berbelit belit menghabiskan uang karena satu huruf kesalahan nama 1,5 juta dan blm termasuk tempat lahir.

    Dn setelah sya bertanya ksna kemari ad lagi yg blng klo sprti itu tdk masalah klo membuat paspor baru pun bsa karena paspor lama sudah expired. Asalkan paspor yg kita buat baru itu tidak di gunakan masuk ke negara yg pertama (saudi). Apa sprti itu benar pak?

    • Humari berkata:

      Kalau uang yang pas pasan pakai berkas yang sama saja yang pernah lolos saat pembuatan paspor pertama. Hanya nama yang beda sedikit dan tempat lahir, ngapain dibuat pusing. Emang ngaruh pada karir Anda? Kan tidak. Kalau tak merugikan secara keuangan, kedudukan dan martabat, tak usah dibuat ribet ah.

  56. Mia berkata:

    Gaji Asisten Rumah Tangga Di USA untuk tahun 2017 berapa yah pak?

  57. donna berkata:

    pagi pak…saya tolong tanya apa masih ada kesempatan u kerja di LN.. usia saya 40 thn..ibu rumah tangga..sebelumnya saya bekerja di bank selama 19 th dan resign..sekarang karena kebutuhan ekonomi saya ingin mencoba menjadi tki..terima kasih pak…

    • Humari berkata:

      Usia bakal jadi hambatan, Bu. Selain itu yang mereka buka kalau tidak yang low skill yang perlu tenaga kuat ya high skilled yang perlu berbagai sertifikat. Biaya juga mahal karena ditanggung total oleh kandidat. Kemungkinan gagal juga besar meski visa sudah di tangan. Saran saya lebih baik cari peluang lainnya.

  58. wiwid berkata:

    selamat siang Pak Humaris..
    usia 37 thn,D3 perhotelan,pengalaman di airlines (passangers) dan cargo (air export forwarding)
    sya ingin mencoba mencari pengalaman di negara Brunei/mekah/madinah sebagai karyawan pabrik/hotel/waitress, bagaimana caranya mendapatkan pekerjaan disana ya pak dengan cara legal ?
    terima kasih pak Humaris

    • Humari berkata:

      Untuk di Brunei, tak saya sarankan. Gaji di sana kecil. Anda wanita atau pria? Penempatan di Mekkah/Madinah boleh dikatakan hampir semua pekerja di bidang hospitality diperuntukkan untuk kaum pria

  59. ahmad berkata:

    Assalamualaikum pak humari…
    usia sy 27 tahun saya lulusan D3 manajemen informatika saat ini saya bekerja sebagai sekretaris pemerintahan (pegawai honor)..
    saya ingin bekerja di negara eropa/amrik/dubai/qatar sebagai karyawan operator komputer, bagaimana caranya mendapatkan pekerjaan dg cara legal?
    trus saya ingin bertanya sedikit mengenai kantor BP3TKI di Aceh, ada kah Bapak tau alamat nya atau Web nya yang bisa saya kunjungi? Trimakasih sebelumnya buat informasi ini Pak

    • Humari berkata:

      Mas, soal itu saya sudah bahas di blog ini sedemikian lengkap. Silakan cek sebelah kanan blog dan klik judul dari masing-masing hal yang ini Anda ketahui.

  60. ferdy berkata:

    Dear pak Humari,
    saya lulusan S2 Transportasi logistics, sudah hampir 12 tahun bekerja dan berpengalaman di bidang supply chain. mohon info apakah saat ini ada lowongan di kanada ataupun eropa untuk posisi seperti saya.

  61. rini kusumawati berkata:

    Saya ingin bekerja ke luar negeri saya ingin kerja bagian pramuniaga toko saya wanita single umur 41 saya fasih inggris karena saya guru bahasa inggris untuk anak2

  62. Ifa berkata:

    Saya tertarik menjadi waiters atau Housekeepers di Turkey, apakah ada? Terima kasih

  63. Rony berkata:

    Saya umur 37 lulusan smk bisa nyetir mobil,saya kerja di bagian apapun saya mau asalkan di tempatkan di eropa

  64. Jejak Forester berkata:

    Pak Bos Humari…
    Apakah Ada lowongan ke Belanda.. Kalau ada apa saja persyaratanya?

  65. A oka peramana berkata:

    Saya butuh pekerjaan adakah loker di eropa atau yg lain nya.

  66. Agus berkata:

    Salam…
    Pak Humari sy membutuhkan informasi untuk posisi Chef di Australia – NZ – Europe – US – Canada. Posisi terakhir sy Demi Chef di UK.
    Apabila berkenan mohon hubungi sy di : agus.sudinar95@gmail.com.
    Terimakasih.

  67. Imanuel Ronny Kristianto berkata:

    Mohon bantuannya pak Humari.
    Latar belakang pendidikan saya IT Dengan gelar S.Kom , berpengalaman di perusahaan IT dari programmer sampai pada projects manager kurang lebih 9 tahun. Saya sangat berminat untuk hijrah ke New Zealand. Adakah informasi lowongan pekerjaan disana pak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s