Pembiayaan TKI formal dengan sistem potong gaji

PJTKI/PPTKIS menghindari sistem ini.

 

Kecuali karena memang diatur oleh negara penempatan. Dan untuk saat ini hanya pemerintah Taiwan yang memberlakukan itu. Karenanya mereka melibatkan bank mereka Chinatrust untuk melakukan pemotongan gaji, selain juga memberi kesempatan kepada BPR kita (yang tentu saja tetap saja harus bekerjasama dengan bank Taiwan lainnya).

 

Untuk penempatan TKI formal ke negara lain, tak ada pemotongan gaji yang menyerupai Taiwan. Menurut saya, penempatan ke Taiwan cukup mahal (saat artikel ini ditulis sekitar 45 jutaan) untuk gaji per bulan yang hanya berkisar 6-7 jutaan (tergantung naik turunnya nilai mata uang kita. Mereka juga menetapkan biaya yang tinggi pada pekerja dari lain negara seperti Filipina dan Vietnam. Pekerja dari negara terakhir malah harus membayar 30% lebih tinggi daripada TKI untuk dapat bekerja di Taiwan.

 

BNP2TKI, sejak pemberlakuan sistem online sudah berupaya menurunkan tarif tersebut. Tapi hasilnya, karena kurang perhitungan, malah membuat permintaan TKI kita malah turun. Pihak Taiwan lebih suka memilih pekerja Vietnam misalnya yang berani bayar lebih mahal atau rela gajinya dipotong lebih besar.

 

Kembali ke tema pokok kita kali ini, di lain negara selain Taiwan, tak ada perekrutan dan penempatan yang dibiayai seperti yang diberlakukan Taiwan.

 

Kalaupun ada, hanya antar perusahaan. Misalnya, perusahaan Malaysia memotong gaji TKI untuk mengganti biaya perekrutan dan penempatan. Tapi, pemotongan tidak dilakukan oleh bank mereka. Jadi hanya perusahaan saja. Segelintir perusahaan Arab Saudi melakukan hal serupa. Sementara perusahaan Qatar, Uni Emirat Arab (Dubai dan Abu Dhabi) dan Kuwait, tidak melakukan itu karena ada larangan pemerintah mereka.

 

 

 Bagaimana dengan negara Eropa, Australia, Selandia Baru (New Zealand) dan Amerika Serikat (AS)? Boleh dikatakan permintaan TKI untuk ke sana saja tidak ada, jadi tak perlulah dibahas pemotongan gaji. Untuk saat ini hanya di Kanada yang menerima TKI. Dan mereka tak memberlakukan sistem potong gaji. Jadi semua pembiayaan harus selesai di sini.

 

Apakah PJTKI/PPTKIS bisa melakukan inisiatif pembiayaan di awal lalu belakangan memotong gaji TKI yang diberangkatkan sebagai pembayaran biaya proses dan fee?

Tergantung. Tak semua PJTKI/PPTKIS sanggup melakukannya. Apalagi bila jumlah calon TKI yang bakal ditempatkan keluar negeri mencapai puluhan hingga ratusan orang.

Kalaupun bisa, juga ada satu hal yang menjadi pertimbangan; akankah TKI yang sudah diberangkatkan bersedia membayar? Mengingat seperti di Qatar misalnya, pemotongan gaji dilarang. Pekerja (Baca: TKI) harus dengan sukarela membayar langsung. Jadi perusahaan di Qatar tak boleh memotong.

 

Bagi kami, perekrutan dan penempatan TKI dengan sistem potong gaji, sangatlah beresiko. Tak usahlah kepentok masalah, dengan alasan tidak betah, TKI biasa mangkir membayar. Samalah dengan bila anda meminjamkan uang ke teman. Saya yakin kalau jumlahnya tak seberapa anda lebih memilih memberi daripada meminjamkan. Daripada sakit hati karena susah payah menagih.

 

Jadi itu yang membuat kami menghindari sistem potong gaji.

 

Keterangan saya tentu tak menggembirakan bagi anda yang sedang mencari kerja ke luar negeri lewat kami dengan mengharapkan sistem potong gaji. Kembali saya mengingatkan anda bahwa penempatan TKI yang kami lakukan murni bisnis. Dan anda yang hendak bekerja di luar negeri atau di manapun, haruslah berhitung secara bisnis juga. Pula, bekerja di luar negeri adalah salah satu cara untuk mencari nafkah. Masih banyak kesempatan di luar sana.

 

Mengenai pembiayaan untuk menjadi TKI formal silakan klik: https://pjtkidantki.wordpress.com/2013/01/27/tentang-biaya-untuk-tki-informal-dan-formal/

 

Yang berminat menjadi TKI tanpa melalui PJTKI/PPTKIS silakan klik: https://pjtkidantki.wordpress.com/2012/05/01/tentang-tki-mandiri-dan-persyaratannya/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

66 Balasan ke Pembiayaan TKI formal dengan sistem potong gaji

  1. faiz berkata:

    giman caranya jadi tki di taiwan

  2. Mustiono berkata:

    Saya pernah mencoba ke pjtki rermi, ada didalam dartar pjtki resmi bnda. Disana saya ditawari job formal,negara tujuan Qatar, perusahaan fast food . Yg saya temui beda dengan penjelasan anda..saya harus bayar sebagian dimuka (2 jtan), potong gaji 8 bulan, total /- 18 jutaan (dalam blog anda mengatakan perusahaan tujuan dilarang memotong gaji. Bagaimana ini pak ? *sengaja nama pjtki tidak saya sertakan, dan saya langsung ke kantor, tanpa perantara calo..maaf komen dobel, notif pemberitahuan email lupa saya centang tadi

    • Humari berkata:

      Kalau dilaporkan ke pihak berwenang di Qatar, mereka bakal melarang itu. Saya tahu pasti karena tak satu dua yang sudah kena. Pernah bahkan salah satu bank terkemuka kita merugi karena tak bisa memotong gaji. Saya memposting hal semacam ini agar TKI bisa memanfaatkanya 🙂

  3. ahmadnursidik berkata:

    Saya berminat untuk bekerja di Qatar pada sektor layanan hotel/hospitality…
    Untuk saat ini apakah pada PJTKI bapak ada lowongan di sana?

    • Humari berkata:

      Saat ini saya belum ada info buat penempatan ke Qatar. Kalau ada, akan saya update di http://tklnformal.wordpress.com/

      • ahmadnursidik berkata:

        Oke,akan saya tunggu kabarnya…
        Terimakasih telah memberikan postingan yang bermanfaat tentunya bagi para CTKI yang akan bekerja di luar negeri…
        Memang sungguh sangat sedikit orang yang mau berbagi informasi khususnya mengenai prosedur dan penempatan para TKI,kebanyakan dari para tenaga kerja sudah tergiur dengan janji manis para calo yg belum tentu benar adanya. Atau sebgian dari mereka belum paham benar dan masih kebingungan harus bagaimana jika ingin bekerja di luar negeri.
        Semoga bapak Humari dan rekan-rekan selalu semangat memberikan informasi yang aktual dan terpercaya.
        Thanks…

  4. danish matta berkata:

    visa saya dari perusahaan qatar sudah turun 1 bulan lebih,tapi pjtki tidak berani memberangkatkan saya.alasanya belum turun job dari kbri doha.apa prosesnya seperti itu? pdhal visa sudah turun.mohon penjelasanya,trima kasih

    • Humari berkata:

      Yang dimaksud bukan job kayaknya. Kalau visa sudah turun duluan, Anda tandanya sudah lolos seleksi, punya paspor dan fit medical check up.

      Untuk memulai proses, selain berkas yang saya tulis di atas, PJTKI/PPTKIS juga memerlukan ‘demand letter’ atau ‘surat permintaan’, disebut juga ‘job order’ dari perusahaan di Qatar dan disahkan oleh KBRI Doha. Perusahaan Qatar itu harus datang langsung untuk mengurus. Bila hambatannya karena itu mungkin saja. Kelambatan bisa terjadi di perusahaan di Qatar atau KBRI. Setahu saya perusahaan yang paling memungkinkan terlambat mengurus. Sebab KBRI Doha asal gaji minimal sesuai standar yang ditetapkan mereka, surat-menyurat lengkap, langsung mengesahkan kok. Demand letter yang sudah disahkan oleh KBRI harus dikirim kepada PJTKI/PPTKI di Indonesia

  5. sugeng riawan berkata:

    Kerja ke Australia utk pria insinyur bangunan usia 55 tahun ada ga ya ? trims.

  6. benyamin sembiring berkata:

    apakah ada job non formal di eropa?

  7. umur 29 tahun pendidikan smu tinggi 155 cm.saya mau bekerja keluar negeri. ada lowongan tidak?

  8. Yahnie berkata:

    Pak humari yang terhormat aku mau nanya,sy berminat kerja di Australia atas ajakan teman baik saya,teman baik sy punya kenalan bos restoran di Australia ,skrng sy ada di Malaysia sy tki formal,mohon penjelasan nya pak bagaimana prosesnya,,,,,, apakah sy harus menggunakan pasport baru,trimakasih pak

    • Humari berkata:

      Tak perlu paspor baru kalau yang sekarang masih valid. Untuk kerja di sana Anda harus mendapat penawaran kerja dari perusahaan Australia. Kalau sudah ada, baru visa jadi

  9. bayu berkata:

    pak mau tanya…apa kerja di LN itu dibatasi umur…? jenis pekerjaan dan negara mana yg tidak di batasi umur…misalnya umur 40 tahunan

    • Humari berkata:

      Batasan pasti ada. Cuma berbeda penerapannya. Ada yang minta maksimal 30 tahun, 35, 40. Pengalaman pribadi saya, kami pernah menempatkan yang usia 60. Tapi beliau punya keahlian khusus.

  10. Sadoli berkata:

    Bapak Humari, saya berumur 46 th, SMA plus kursus B.Inggris, pernah honorer ngajar English pernah kerja di kapal pesiar, pernah kerja sebagai waiter di Restoran Cina . Masih bisa kah saya kerja ke luar negri di bagian apa saja yang penting saya bisa kerja syukur kalo ada restoran karena di Indonesia sampe saat ini saya belum dapat kerjaan mungkin karena umur saya,mohon informasinya kalo di Indonesia ada ya syukur. mohon dikirim ke E-mail saya. Terima kasih

    • Humari berkata:

      Untuk bidang hospitality atau non engineering agak sulit, Pak karena faktor usia. Kalau pun ada yang menerima biaya penawarannya untuk posisi blue collar, supir misalnya. Sementara buat proyek, klien kami rata-rata mensyaratkan harus pengalaman di proyek serupa sebelumnya.

  11. Aia Ecka berkata:

    pak,bagaimana cara bekerja di kanada dan berapa biaya prosesnya…
    Apakah bisa di proses melalui taiwan,karena saya sedang bekerja di taiwan..

  12. wahyu berkata:

    Pak mohon infonya ,, PPTKIS manakah yang menerapkan sistim potong gaji untuk TKL ke Taiwan. Karena banyak saya temui PPTKIS atau lembaga yang tidak menerapkan sistim potong gaji . Terima Kasih.

    • Humari berkata:

      Tak ada yang menerapkan potong gaji total. Sistem yang ada sekarang adalah: bayar dimuka sekian dan potong gajinya sekian. PPTKIS tak bisa menghindar. Aturannya ya dari Taiwan. Kalau kita tak mau mereka alihkan visa ke negara lain. Saran saya untuk ke Taiwan, jangan daftar dulu.

  13. aprial berkata:

    pak saya tinggal dijakarta umur 19 lulusan smk bisa gak saya kerja ke singapore dan cara ngelamar nya gimna . terimakasih

    • Humari berkata:

      Anda laki-laki atau perempuan? Singapura hanya menerima TKI informal perempuan. Dan kalau perempuan dan kerja di rumah tangga biasa semuanya potong gaji

  14. triza berkata:

    Pak, saya mau tanya kenapa permintaan tki untuk ke cargill kanada tidak ada kabar lagi… padahal MoU sdh di tandatangani setahun yg lalu… mohon info nya jika bapak tau. Trim’s

  15. pak saya mau tanya saya pria 27 tahun lulusan SMK adaka lowongon kerja untuk keluar negeri bagian industri yang biayanya bisa dengan potong gaji,solanya klo uang cash sebanyak itu sekrang aku gak ada pak,aku sangat butuh pekerjaan untuk menebus rumah yang tergadai oleh orang tua saya pak,klo ada saya mohon dengan sangat informasinya pak,saya akan lakukan apapun itu,saya punya keahlian di bidang las pak,terima kasih sebelumnya pak.

    • Humari berkata:

      Kalau punya keahlian di bidang las, Anda bisanya las apa? Kalau bias GTAW/SMAW/FCAW 4-6G misalnya, banyak sekali lowongan yang sepenuhnya dibiayai oleh perusahaan yang merekrut. Sebagian besar untuk penempatan Negara-Negara Arab. Taiwan, Malaysia & Korea, jangan harap deh.

      • federico conslaves berkata:

        Saya bisa las listrik pak dan las karbit/acitelin pak,maksudnya jangan harap gimna pak,apakah harus dibayar dimuka juga atau sistem potong gaji pak,terima kasih.

      • Humari berkata:

        Jangan harap gratisan. Anda harus bayar dimuka dan juga ada pemotongan gaji. Untuk pekerja skil, saya sarankan jangan ke Taiwan

      • federico conslaves berkata:

        Saya bisanya las listrik dan las karbit/acitelin pak,jadi yang dengan sistem potong gaji itu negara arab saja ya pak,klo negara Malaysia,taiwan dan korea tetap bayar uang masuknya ya pak,terimakasih.

      • Humari berkata:

        Negara Arab melarang pemotongan gaji. Alternatifnya hanya ada dua: pekerja menanggung biaya atau perusahaan yang membayar semua. Khusus tukang las, jarang sekali pekerja yang membayar. Bahkan transport dari rumah ke tempat tes saja kadang ditanggung. Taiwan, Malaysia, total pekerja yang bayar. Kalau Malaysia masih masuh akal biayanya, paling 2 bulan gaji. Taiwan, dipikir dulu masak-masak. Gaji tak seberapa, potongan seabrek, makan dan tempat tinggal tanggung sendiri.

        Korea, hanya menerima tukang las yang punya sertifikat internasional. Sertifikat dalam negeri? Tak laku. Jadi kalau mau ke sana siapkan sertifikat yang dikeluarkan lembaga asing.

  16. federico conslaves berkata:

    Makasih banyak pak atas masukannya pak,oh iya boleh minta link yang ke arab saja klo gitu pak,klo ada tolong kirimin ke aku ya pak,soalnya aku sangat butuh pekerjaan pak saat ini tapi gak ada biaya atau modal,jadi klo seandainya bapaknya punya linknya saya minta tolong banget sama bapaknya untuk ngasih ke saya pak,sekali lagi terima kasih pak,,,

    • Humari berkata:

      Lowongan las, jarang diumumkan oleh PJTKI/PPTKIS. Anda gabung ke yahoogroup lowongan migas atau grup-grup welder di facebook. Biasanya PJTKI/PPTKIS yang punya lowongan umumkan di situ. Tapi jangan kaget, peminatnya biasanya membludak.

  17. federico conslaves berkata:

    Jadi di facebook ada juga ya pak nama grubnya dan informasinya,pak klo boleh tau apa nama grubnya pak biar saya search nanti pak,sekali lagi terimakasih banyak atas infonya pak.

    • Humari berkata:

      Ada. Cuma tak terlalu aktif. Belum sempat mengelola. Namanya panjang:

      Loker Luar Negeri (Arab Saudi UEA Taiwan Korea HK M’sia Kuwait Qatar dll)

  18. ardy berkata:

    sekarang masih ada gk bos sistem potong gaji untuk laki-laki???
    mohon bantuannya bos,dan penjelasanya bos ,

    • Humari berkata:

      Kecuali Anda punya skill khusus, peluang untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri dengan pembiayaan yang ditanggung sepenuhnya oleh majikan/perusahaan asing, banyak tersedia. Kalau tak punya skill khusus, jangan terlalu diharapkan.

  19. Fransisca berkata:

    Saya ingin jadi tki tp umur saya sdh 42thn apakah bisa dgn umur ini.

  20. herman berkata:

    Maaf,bisakah referensikan PT atau PJTKI resmi yang membutuhkan sponsor di daerah yang resmi,benar dan bertanggung jawab alias jobsnya ada dan bukan tipu2.bila ada mohon di sharekan ke saya,saya di kubu raya kalimantan ada rintis suaha tour n travel serta jasa pengurusan dokumen seperti paspor dll.sapa tau saya berjodoh baik dengan ptpjtki yang profesional.ini email ku khatulistiwa77@yahoo.com. hp.081381097****.line:zhuan369.terima kasih.

  21. Furqon berkata:

    Yg ke australia ada ngak ,biayanya brapa

    • Humari berkata:

      Tidak ada kecuali untuk bidang tertentu dengan persyaratan yang sangat sulit dicapai rata-rata orang Indonesia. Kecuali ilegal, tak usahlah berharap dapat kerja di sana.

  22. Nurhadi berkata:

    Nama saya nurhadi.
    Umur 22. Saya pengen bekerja di luar negri.
    Tapi permasalahanya,sepeserpun saya tidak memiliki Rp…

  23. selamat sore pak,pak saya kan punya skil memasak walau pun blm punya glar koki,tp selama ini saya ker di rumah makan sebagai juru masak,pak bisa bantu saya kerja di luar negri sebagai asisten koki,,,terimakasih

  24. Mas mau adakah syarat kerja kluar negri bagi laki-laki yang gak ada biayanya mas,kerja apa saja gam masalah mas yang penting kerja,tapi masalahnya itu aja mas gak ada biaya gitu klo yang bayar mas,klo ada mohon infonya mas

  25. Nur Alam berkata:

    Mas sya ingin bekerja di Taiwan. Krja di pabrik atau di panti jompo. Hnya sya kendala nya tdk mempunyai biaya. Jka dngn sistem potong gajih bsa tidak mas. Sya ex saudi 2tahun

  26. anggraini novin berkata:

    Pak,,saya perempuan usia 28 tahun.ada gak yah lowongan terbaru untuk pengasuh bayi.mohon infonya trima kasih

  27. oca nainggolan berkata:

    bisa tolong saya kerja formal di SIngapura pak? basiclly saya waiters. Trimakasi sebelumnya Pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s