Menjadi TKI, info awal yang perlu diketahui (bagian 2)

Untuk anda TKI mandiri setelah mendapatkan paspor, lulus cek medis, dan mendapatkan visa, perlu juga melakukan pendataan di SISKOTKLN. Pendataan selesai dan ini ditandai dengan keluarnya KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri). Ini penting bila sewaktu-waktu terjadi permasalahan, pemerintah kita tidak kerepotan untuk menelusuri keluarga anda, perusahaan asing yang memperkerjakan anda dan sebagainya.

Banyak memang cibiran orang pada sistem ini. Sebagian besar berkata, bahwa mereka sudah bekerja pada perusahaan besar yang semuanya terjamin, apa perlunya pemerintah memberlakukan ini.

Tak perlulah menempatkan martabat anda setinggi itu.

Ketahuilah seberapa besar perusahaan tempat anda bekerja di luar negeri, tak ada yang 100% menjamin segalanya. Memang fasilitas yang mereka sediakan jauh lebih baik. Tapi itu tetap jaminan ala manusia. Sehebat-hebatnya mereka, bila ada sesuatu tetap saja ujung-ujungnya lari ke pemerintah. Bila terjadi musibah kematian misalnya, pastilah KBRI/KJRI yang urus. Dan tak lucu bila mereka tak punya data apa-apa tentang TKI profesional kita yang meninggal dan hanya mengandalkan informasi serta data dari perusahaan internasional yang hebat dan terkenal itu.  Karenanya tak ada salahnya mengikuti aturan yang memang sudah dibuat oleh pemerintah dan wakil-wakil kita di DPR yang berdasarkan pengalaman yang terjadi selama ini.

Dan adalah penting untuk anda TKI formal dan profesional untuk memberi contoh, teladan bagi TKI low skilled ataupun informal. Buat apa kritik pemerintah dan orang lain soal kepatuhan pada aturan kalau kita sendiri melanggar.

Bila anda setuju dengan pendapat saya, untuk mendatakan identitas & alamat anda juga perusahaan tempat anda bekerja di luar negeri  di sistem SISKOTKLN serta mendapatkan KTKLN silakan klik https://pjtkidantki.wordpress.com/2011/05/15/persyaratan-mendapatkan-ktkln-dan-alamat-kantor-bp3tki/

Bila tak setuju, anda bisa kirim kritik pedas di bawah ini layaknya LSM🙂

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

10 Balasan ke Menjadi TKI, info awal yang perlu diketahui (bagian 2)

  1. sufiah berkata:

    Saya setuju dengan rencana baik untuk para t.k.i…..namun….apakah memng di perlukan mmbeli sebuah ansuransi senilai 500 ribu…untuk syarat pembuatsn k.t.k.l.n…???

    • Humari berkata:

      UU 39 2004 sebenarnya diperuntukkan bagi TKI informal, rumah tangga. Paling berguna saat mereka dipulangkan karena sakit atau bahkan meninggal. Saat membuat itu, DPR kita dan pemerintah saat itu (Presiden kita masih bu Mega), memang tak mengkhususkan apalagi pernah terpikir bahwa ada TKI untuk negara-negara tertentu yang meminta pengecualian. Karena penempatan TKI harus berlandaskan UU 39 2004, semua WNI yang bekerja di luar negeri dengan visa kerja ya harus ikut aturan itu.

      Saat ini UU 39 2004 sedang direvisi yang entah kapan kelarnya karena kita dalam masa menjelang pemilu. Patuhi dulu aturan yang ada. Karena begitulah cara bernegara. Karena bagaimanapun lebih baik punya dua asuransi daripada cuma punya satu.

      Asuransi itu nilainya, untuk TKI yang pertama kali berangkat 400 ribu. Yang cuti cuma 290 ribu.

  2. Maxi Mardinata berkata:

    entah apa yang salah dengan bangsaku INDONESIA yang jelas lapangan kerja di tiap Daerah, kabupaten, kecamatan dan tingkat desa/lurah blm menjamin masyarakat itu bisa mendapatkan penghasilan sehari-hari. intinya rakyat Indonesia masih jauh dari harapan sejahtera,…….
    berjuang di negara orang mencari napkah dengan semua ilustasi anda bahwa ada sebagian yang tdk ikut aturan menurut anda….. lalu gmn dgn uang asuransi yang dibayar setiap CTKI kalau misalkan tdk trjdi masalah di LN…? uangnya di apain yaaaaa,,,,, pernah ada niat ga untuk mengembalikan uang tersebut kepada semua TKI yang plg ke Tanah Air ga….. padahal identitasnya lengkap….. jd saya rasa ga susah mencari orangnya…

    • Humari berkata:

      Asuransi itu hanya diberikan bagi TKI yang terkena musibah. Musibahnya juga yang tertentu. Meski tak banyak tapi lumayan. Pelaksanaannya memang belum memuaskan.

      Kalau sudah bayar asuransi yang tak bisa diuangkan lagi. Namanya juga asuransi. Di seluruh dunia modelnya memang begitu. Kalau terkena kasus baru bisa diklaim. Dan berdasarkan pengalaman selama, paling kelihatan adalah bila ada TKI yang meninggal oleh karena sakit, kecelakan atau bahkan oleh sebab tak wajar, keluarga mereka dapat santuanan. Dan tak perlu lagi memikirkan biaya tiket pesawat, ambulan dsb.

      Perlu Anda ketahui, untuk berwisata ke Eropa saja kita harus bayar asuransi, apalagi bekerja. Asuransi itu prosedur biasa. Yang perlu kita awasi adalah pelaksaan di lapangan.

  3. fauji prananda berkata:

    saya ingin kerja ke luar negri,tpi tidak ada yang mengurus saya untuk berkerja ke luar negri.
    saya ingin ada yang mengrus saya untuk berkerja ke luar negri.

  4. Iwan berkata:

    Tp saya baca d berita klaim asuransinya banyak yang gak keluar pak…

    • Humari berkata:

      Selalu begitu. Tapi buat yang meninggal semua keluar. Yang sulit paling kalau klaim biaya rumah sakit, PHK, kecelakaan kerja. Yang menunjuk asuransi adalah Menakertrans. Silakan demo mereka🙂

  5. opik berkata:

    Bagaimana cara membuat ktkln jika kebetulan sudah ada di luar negri..??
    Apakah bisa membuat ktkln jika terlanjur sudah berada di luar negri..??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s