Tiga tahun sudah……….

Alhamdulillah…..hingga hari ini Tuhan masih memberi saya konsistensi untuk berbagi info tentang seluk beluk mendapatkan kerja ke luar negeri.

Selain blog saya ada juga sumber info lain yang rutin memuat tentang hal semacam ini: bnp2tki.go.id. Tapi itu milih pemerintah yang semua info tentu pada tataran normatif saja dengan bahasa yang jaim layaknya situs milik pemerintah lainnya.

Sumber lainnya tentu saja situs milik berbagai LSM yang biasanya melulu tentang permasalahan TKI dan penderitaannya dengan semangat menyalahkan dan pengambilan posisi ‘kami benar, kamu salah’. Dan di situs semacam itu hampir-hampir tak ada tips bagaimana memanfaatkan peluang yang ada selain berita kekacauan dunia akibat ulah PJTKI dan pemerintah seolah-olah dua lembaga itu saja yang bisa berbuat salah.

Blog ini saya usahakan tak terjebak pada hal semacam itu. Karenanya saya memuat tentang petunjuk (kadang praktis kadang tidak) yang selalu saya usahakan selalu sejajar dengan kenyataan di lapangan juga aturan yang di negara kita.  Dan khusus untuk TKI informal pembantu rumah tangga saya bahkan menayangkan satu tulisan dalam bahasa Inggris agar para majikan mereka memahami dan mau taat pada aturan yang berlaku di negara kita. Pula, meski saya tidak selalu menambah tulisan baru, posting-posting sebelumnya saya selalu revisi dan isi dengan info teranyar.

Pertanyaan dan lebih-lebih kritik telah membuat blog ini bertambah lengkap. Dan saya berterima kasih untuk anda semua yang telah nimbrung ke sini.

Karena anda juga blog ini sudah mencapai kunjungan 329 ribu lebih. Dan blog saudaranya http://tklnformal.wordpress.com/ yang berusia lebih muda  dan melulu berisi lowongan kerja luar negeri dari dari instansi pemerintah dan tentu saja pelaku utamanya, PJTKI/PPTKIS, sudah dikunjung 124 ribu kali.

Jumlah yang belum seberapa dibandingkan dengan angka TKI kita di seluruh dunia yang diperkirakan sekitar 6 juta orang!

Apapun itu, saya berdoa pada Allah, ada atau tidaknya blog ini pada TKI yang berjuang mencari nafkah di negeri orang tetap diberi kekuatan. ketabahan, kesehatan dan tentu saja gaji yang layak dan berkah, amien……

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

6 Balasan ke Tiga tahun sudah……….

  1. Endang berkata:

    Asswabar, pak Humairi bisa minta tolong barangkali punya alamat email pejabat BNP2TKI selain yang tertera di website nya, kalau punya mohon kirim ke email saya. terima kasih

  2. hari berkata:

    salam pak,
    mohon maaf sebelumnya apabila pertanyaan saya kurang berkenan..
    saya mau tanya apakah antara work permit dan visa kerja itu sama atau beda..mohon penjelasannya…terimakasih

    • Humari berkata:

      Visa kerja adalah dokumen yang diberikan pada setiap warga asing yang dianggap mampu untuk bekerja sesuai dengan kategori visa kerja yang diberikan. Dikeluarkan sebelum Anda terbang ke negara penempatan.

      Work permit itu baru dikeluarkan setelah Anda masuk untuk bekerja di negara penempatan dan lolos menjalani cek medis di sana. Kalau tak lolos cek medis, work permit tak keluar dan Anda terpaksa harus kembali ke Indonesia

  3. pampam berkata:

    pak, bisa sharing untuk wilayah eropa.. rekomendasi anda sebaiknya di negara mana? background pendidikan saya di teknik industri. terima kasih.

    • pampam berkata:

      setelah saya ikuti postingan terdahulu bapak, ternyata eropa barat termasuk (hampir) mustahil menerima TKI formal ya pak. lalu adakah negara/kawasan lain yang mungkin masih relevan dengan bidang yg saya tekuni ini pak?

Tinggalkan Balasan

