Data paspor TKI palsu? Begini cara memperbaikinya.

Info di bawah ini adalah berdasarkan pengalaman Mbak Santi yang sebelumnya pernah memegang paspor dengan data palsu. Di posting ini kita tak usah lagi cari kambing hitam. Fokus pembahasannya adalah bagaimana memperbaiki paspor yang berdata palsu dengan dengan data yang sebenarnya.

Untuk Mbak Santi, terima kasih atas infonya. Tulisan Anda sedikit saya edit dengan tidak mengubah inti perkara.

Humari

Kalau misalkan langsung membuat paspor dengan data baru di Imigrasi, pasti langsung kena kasus duplikasi dan prosesnya malah ribet, pengalaman teman saya yang terkena kasus duplikasi paspor disuruh pencabutan data dulu ke imigrasi penerbit paspor pertama.
Paspor saya yang pertama nama, umur semuanya memakai identitas orang lain dan saya sudah mendapatkan paspor baru dengan data asli.

Sebelum memroses perubahan data, datang dulu ke Imigrasi bagian Wasdakim. Konsultasikan masalah perubahan data tersebut.
Di Wasdakim dibuatkan BAP, jadi kita ditanya-tanya seputar paspor pertama dengan data palsu, menurut staf Wasdakim Imigrasi data lama kita tidak bisa dihapus. Kalau kita memperpanjang paspor dengan data asli tersebut data paspor lama kita akan muncul, tapi tidak usah takut kena kasus duplikasi karena ada BAP salinannya diberikan ke kita, dan kita juga punya penetapan pengadilan jadi insya Allah tidak akan bermasalah.

Pengalaman saya, pihak Wasdakim Imigrasi langsung menyuruh ke pengadilan buat mendapatkan penetapan nama saya, prosesnya sekitar 2 minggu. Biaya dibawah 500 ribu, setelah itu bawa kembali penetapan pengadilan tesebut ke Wasdakim Imigrasi beserta paspor lama, Kartu Keluarga, KTP, Ijazah. Proses sekitar 1 bulan, Alhamdulillah cuma bayar paspor baru 360 ribu, tapi yang capek itu bolak baliknya karena kurang satu persyaratan saja disuruh datang lagi besoknya.

Semoga infonya bermanfaat.

Santi Mayasari

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

460 Balasan ke Data paspor TKI palsu? Begini cara memperbaikinya.

  1. thiffany18 berkata:

    Yg terhormat bpk humari
    Terima kasih atas info yg bapa kasih semoga saya bisa merubah data passport tanpa d persulit.. Jadi cuman Kk,ktp,akte & ijazah dokumen yg d butuhkan? Apa perlu saya ftocopy juga? Apa ada dokumen lain yg perlu d bawa untuk melakukan proses ini pak?

    Terima kasih
    Tiffany

    • Humari berkata:

      Ya hanya itu. Siapkan juga fotokopiannya juga. Paspor lama juga perlu dibawa.

      • istikomah berkata:

        Maaf pak…saya mo tanya saya pingin merubah data paspor saya yg palsu karena ingin menikah dengan orang taiwan,sementara dulu saya mantan kaburan,apakah tidak akan ada masalah dengan pergantian nama dan tanggal lahir dipaspor.terimaksih sebelumnya

      • Humari berkata:

        Ya ikuti petunjuk di atas.

      • istikomah berkata:

        Terimakasih atas jawabannya,apakah saya bisa kembali masuk taiwan setelah menikah dan mengganti id pada paspor saya ?

      • Humari berkata:

        Kalau data di paspor lama sama dengan paspor yang baru ya bisa

      • ROBINGAH berkata:

        Assalamualaikum wr.wb yg terhormat bpk humari.
        Saya sampai sa’at ini msih bingung, apakah saya msih bsa merubah tanggal lahir saya yg palsu di paspor?
        Umur saya d tuakan dan saya ingin mengubah paspor saya sesuai dgan data asli saya, yg bermasalah di paspor thun dan bln lahir itu saja.
        Pertanya’an lain apakah saya msih bsa masuk singapore setelah paspor bru yg di bikin sesuai dgan data asli saya yg ada di indonesia, posisi saya skrg ada di singapura.
        Apakah bsa saya mengurus paspor palsu saya di KBRI singapura??
        Apakah saya harus membawa ktp,kk,akte,ijasah? Sedangkn posisi msih bekerja di singapura dan saya tidak memiliki akte , blm prnh bikin akte karna surat lahir jaman dulu sudah hilang terkena longsor.
        Terima kasih🙂

      • Humari berkata:

        KBRI di luar negeri hanya akan mengeluarkan paspor Anda sesuai data di paspor lama. Kalau mau ubah data silakan pulang dulu ke Indonesia dan datangi imigrasi terdekat. Soal bisa apa tidaknya paspor itu digunakan masuk ke Singapura, setahu saya bisa. Entah kalau ada aturan yang lebih ketat

      • Delis berkata:

        bantu jawab mba, mengubah data harus di imigrasi Indonesia itupun repot karena smua dokumen asli anda dri kk, ktp, akta, ijasah, surat nikah, paspor lama anda harus lengkap dan asli jangan ada yang hilang. karena itu smua dijadikan acuan data yang sah ditambah harus dikuatkan oleh putusan pengadilan. info lebih lanjut : deliswahyu12@gmail.com

      • Edho Farrel II berkata:

        Ass Pak.. saya ingin bertanya dengan masalah kasus saya.. saya mempunyai paspor 2013 sd 2018 , saya masuk malaysia terakhir 2014 november paspor saya hilang saya kembali ke indonesia melalui salah satu kapal nelayan ( ilegal).. saya ingin kembali kesana apalah masih bisa ? mohon infonya pak.. terimakasih

      • Humari berkata:

        Jangan dicoba lagi masuk ke Malaysia, tertolak pastinya di imigrasi

      • cici berkata:

        Sore bpk humary..
        Sy mo yanya. Dulu skitar taon 2005 suami sy perna kerja d sksngapur dan sempat d penjara pir setahun dsna karna memiliki be2rp paspor, stelah keluar d kasi tau tdk bisa masuk singapur lg, kalo pun msuk harus urus surat yg suami sy krg ngrti, prtnyaan sy apkh kasus bgini masih bs msuk singapur lg? N bgaimana prosedur ny? Skg udah pnya paspor asli sesuai data

      • Humari berkata:

        Jangan dicoba deh. Lebih baik cari pekerjaan di negara lain

      • De berkata:

        Halo pak Humari!saya mau memperbaiki data paspor lama,pertanyaan saya,apakah saya harus datang ke imigrasi tempat saya membuat paspor pertama saya atau bisa ke imigrasi lain di daerah saya?saya harap balasanya pak,terima kasih banyak ,Dewi

      • Humari berkata:

        Ke imigrasi terdekat dahulu. Kalau mereka minta datang ke imigrasi yang pertama baru Anda turuti

    • isihbenjoshua berkata:

      Pak saya mau nanya saya dlu ke taiwan umur saya d tuain … trs skrg saya mau k jpng tapi persyaratan k jpng smuanaya hrs sama … ttpi d paspor saya d tuain jadi gmna y pak agr bisa d btulin …

      • Humari berkata:

        Ya dibetulin. Datangi imigrasi terdekat. Proses bakal berbelit dan melewati pengadilan segala. Tapi bisa kok.

    • medis stevany berkata:

      pak saya mau buat paspor baru,
      tapi saya dulu pernah kabur dari kilang trus kena tangkap imigrasi trus saya kena cap sepuluh jari ..
      jadi gmna donk pak

      • Humari berkata:

        Paspor baru bisa dibuat. Tapi Anda tak bisa lagi masuk ke Malaysia. Jangan dicoba kalau tak mau merugikan diri sendiri dan orang lain.

  2. Siti Jenab berkata:

    yang terhormat bapak humari …terimakasih atas infonya…
    saya ingin sedikit bertanya…apa kah harus mendatangi kantor imigrasi yg tertera dipaspor atau bisa dikantor imigrasi setempat (yang terdekat )??

  3. meymey berkata:

    Mbk Santi saya ingin tau alamatnya di mana ya wakedim itu?? Saya juga sama kasusnya sampe sekarang pake identitas orang lain, yang akan jadi ribet urusannya kalo orangnya itu mau buat paspor juga. Makanya saya ingin ganti dengan identitas saya sendiri tapi saya takut kena pidana memalsukan dokumen. Karena itu dulu ulahnya sponsor saya. Trims infonya

  4. kiki berkata:

    Slmt mlm bapak humari.
    saya mau tanya saya ini kn dulu jadi tkw dan umur saya di tuain dua th tapi data yg lain alamat nama semua sesuai.. ap masih bisa di ubah?? Dan bagai mna caranyaa

  5. yundari berkata:

    slmt mlm pak humari
    saya mau tanya?? Apakah penggantian data passport asli itu ada denda ya pak??
    Soalnya saya mau merubah data asli saya.. dulu pas saya jdi tki di taiwan di tuakan 2th dan data yg lain asli seperti alamat nama tgl lahir .. saya sekarang ini saya mau pulang ke indonesia dan ingin menggantinya. Dan pas saya bikin dulu itu di semarang sedangkan saya tinggl di cilacap.. ap bisa saya menggantiny di cilacap.. seblumny terima kasih..

  6. ulfa berkata:

    terima kasih bapak, informasinya sgt bermanfaaf:-)

  7. ulfa berkata:

    oh ya pak saya mau tanya, kalo dulunya k Taiwan pke paspor palsu, lalu kmbali krja ksna lg pke paspor asli begitu apa boleh, secarah d imigrasi Taiwan dilakukan sidik jari???

    • Humari berkata:

      Gak usah di Taiwan, di Indonesia saja ketahuan. Kami kerap mendapati calon TKI berbohong soal ini. Dengan merubah make up, warna rambut, pakai contact lens. Percuma. Pasti tak lolos.

  8. chiky berkata:

    Assalamualaikum pak..
    Saya mau tanya..
    Dulu tahun 2008 saya pernah bekerja tkw di hongkong secara legal . Dan pulang tahun 2011. Sekarang di indonesia.
    Tapi data di paspor palsu. Nama asli, tahun lahirnya yg beda. Dulu bikin paspornya di jawa. Pake kk dan ktp alamat jawa dengan nama ortu beda.

    Sekarang saya di sumatra. Yang ingin saya tanyakan… bisa tidak saya bikin paspor baru dengan data asli di sumatra dengan tidak menyebutkan bahwa saya sudah ada paspor ? Jika saya kembali lagi di hongkng bisa tidak ?

    Terima kasih sebelumnya pak ..

    • Humari berkata:

      Percuma bohong. Tetap ketahuan kok. Kecuali mata dan sidik jari bisa diganti. Soal bisa kembali atau tidak ke HK silakan tanya langsung ke PJTKI/PPTKIS yang menempatkan ke sana

  9. chiky berkata:

    terima kasih pak jwbnnya…

    tapi apa saya bisa memperbaiki paspor saya ? apa konsekuensinya pak ? apa saya di penjara ?

  10. Gaomeyunn berkata:

    Selamat malam pak humari..
    Saya bingung.. Paspor saya semua data tidak benar,,saya pernah ke singapua bekerja pada waktu saya umur 14~15 tahun..sulu saya belum tau apa2.hanya sponsor bilang usia sperti itu bisa pergi.. Umur saya di tuain 8 thu.krna syarat kerja k singapur mnimal 23 th. dlu paspor saya bkin jangka 3 th.skrang saya d taiwan tetap memakai paspor dng perpanjangan smpai 2018 nnti..
    Pak humari,,mohon saranya..saya ingin membuat paspot dngan data asli..nama saya d paspor salah 1 huruf,sdangkan alamat dan umur smua palsu..
    Apakah bisa d rubah pak?? Saya sngat takut.karna saya berencana membawa mama saya k luar negri untuk berobat bbrp bulan.

    • Humari berkata:

      Bisa kok diperbaiki. Ikuti saja keterangan yang tertulis di atas. Ini masalah administrasi bukan pidana. Jadi tak perlu takut dipenjara.

    • Irma p berkata:

      Selamat malm pak humari,saya sudah mengikuti langkah yang bapak tulis.ini sudah sidang tetapi saat mendengar keterangan imigrasi malah menyudutkan saya.Akhirnya sidang ditunda,dari pengadilan meyuruh saya mencari pihak imigrasi yang lain yang dapat meringankan saya.Apa yang harus saya lakukan pak apa bapak punya kenalan di imigrasi cilacaap yang bisa membantu saya.

    • Wati berkata:

      Hi mbk kasus nya mbk jg sama kaya q… aku jg dlu krja di singapore di tuain umur y… sampai q prgi ke hong kong ttp menggunkn passport yg sama… dan skrng saya mau ganti passport baru dgn TTL asli… tp aku tdk tahu nnti apakah saya masih bisa masuk ke negara yg sama walaupun passport dh gnti…

  11. hime berkata:

    selamat malam bpk. humari
    saya mau nanya, jika mengubah data plsu di passport ke data yang asli nya, apa harus menunggu masa berlaku ny.passport habis,
    jika passport masih brlku 2/1 thn, gitu bisa tidak untuk di rubah.
    mohon saran ny pak.
    terimakasih:“

  12. terima kasih banyak Bapak Humari Informasinya sangat membantu sekali. tahun 2007 saya pergi ke singapura dengan data paspor yang umur dituakan, waktu itu saya tidak ingat saya bikin pasport di kantor imigrasi jakarta bagian mana (maklum masih polos dari kampung pak) lalu tahun 2012 saya coba bikin pasport di kantor imigrasi sukabumi dan ternyata tidak bisa di proses karena data nya ada yang berbeda dengan pasport lama. prosesnya saya tidak selesaikan waktu itu. sekarang karena saya perlu paspor apakah saya harus melakukan pencabutan ke imigrasi sukabumi dulu dan coba datangi kantor imigrasi jakarta selatan misalnya atau bagaimana ya pak? mohon penjelasan nya lagi dan terima kasih banyak

    Salam

    • Humari berkata:

      Kalau kemarin sudah dimasukkan ke imigrasi Sukabumi, berkasnya ya harus dicabut dulu.

      • thetribalwoman berkata:

        satu pertanyaan lagi pak, seandainya saya sudah berhasil mendapatkan paspor baru, lalu saya pergi ke Eropa dan pesawatnya transit di singapore apakah saya akan mendapatkan masalah dengan perbedaan tahun lahir di pasport lama dan baru tersebut misal perjalanan saya ke eropa di jegal karena masalah tersebut? karena waktu saya bekerja di singapore 8 tahun lalu itu dengan tahun lahir palsu. sekali lagi terima kasih banyak

      • Humari berkata:

        Setahu saya mereka gak sedetil itu. Lagian kalau cuma transit, nongkrong di bandara saja. Jangan keluar

      • Anes berkata:

        Pak..dulusaya kabur di taiwan tapi saya tidak bawa paspor..zaaat pulang saya di bikinin SLPP saja..kalau mau merubah data asli paspor tapi gak ada paspor pertama.apakah bisa..skrg sya di HK udah ada paspor baru ini atau harus pakai paspor yg pertama…tpi paspor itu ada di taiwan gak tau dimana.. Makasih pak

      • Humari berkata:

        Kalau sudah ada paspor baru ngapain peduli yang sudah hilang. Paling Anda tak bisa lagi masuk Taiwan.

  13. Sunaryo berkata:

    Bapak humari yang terhormat, bagaimana cara / proses cari surat penetapan dari pengadilan ? Maksud saya langkah langkahnya Pak. Sbb saya begitu masuk di pengadilan di tanya ada keperluan apa saya jawab cari surat penetapan untuk merubah data paspor, di situ saya langsung di tawari jasanya dengan biaya Rp 5.500.000 dan tidak di kasih tahu cara caranya. Tolong infonya Bapak Humari yang terhormat.

    • Humari berkata:

      Itu yang namanya calo yang kerap dari orang dalam sendiri. Kalau mau murah ya masuk ke kantornya dan cari info soal prosedur legalnya.

  14. Rocky Sapulete berkata:

    Bapak Sumari yth. Saya Rocky Sapulete warga Kabupaten Banyuwangi minta petunjuk cara mengurus Asuransi Sutini (35 thn) alamat Kecamatan Sempu-Banyuwangi yang meninggal di Taiwan pada tanggal 18 januari 2015 tepat pkl 09:30 waktu Taiwan.
    waktu berangkat paspor berlaku 13 des 2012 sampai 13 maret 2013 yang di kirimkan dari Taiwan ke Indonesia (keluarga)saat meninggal dan di klaim oleh KDEI di Taipei. akan tetapi persyaratan di Indonesia terpenuhi sehingga mendapat KTKLN dengan ID TKI 10026308 dan no paspor AS006762 tanggal paspor 5-4-2012 tapi katanya Ilegal. Pertanyaan saya siapa atau lembaga apa yang di tunjuk untuk pemantauan tenaga kerja dan ini salah siapa ? terimakasih …

    • Humari berkata:

      Apakah almh. Sutini sempat kabur sebelum meninggal? Kalau ya untuk asuransi yang di Taiwan tak bisa diklaim. Asuransi di Indonesia bisa diklaim bila KTKLN masih berlaku. Karena ini adalah masalah asuransi, ya berwenang adalah perusahaan asuransi dan yang menunjuk mereka, yaitu Menteri Tenaga Kerja.

      • Ian berkata:

        Salam… Di sini Sy mempunyai data pasport berbeza.. Di ktp.skg Sy menikah dengan warga Malaysia. Perkahwinan Sy blm bisa di daftar kan.karena pasport berbeza seperti surat nikah.di sini imigresen cirebon mengatakan blm pasti pusat meluluskan ini.wlu ada surat dri pengadilan. Minta saran pak..gimana jd nya nasib Sy dan suami

      • Humari berkata:

        Kalau sudah dapat surat dari pengadilan ya imigrasi pasti meluluskan.

      • pantangmenyerah berkata:

        terimakasih atas infonya Bapak …….

      • Humari berkata:

        Sama-sama

  15. Idah berkata:

    Yg terhornat Bapak Humari

    Terima kasih atas Infonya .
    Posisi saya di Hong Kong .,sudah hampir 8 tahun .
    Pertama saya bekerja di Singapore (2thn )tapi umur saya di tuakan 3 tahun d pasport .
    Pasport saya Sampai Sekarang mengikuti pasport yang sama waktu saya d Singapore .
    Permasalahan saya Sekarang adalah bos saya harus Pindah ke Singapore ,Mereka sangat berharap bisa bawa saya ke sana .tapi Ada persaratan yang bikin saya kuatir yakni ijazah ,birth certificate karna tidak sama tahun lahir yg di pasport .dan pasport saya yg waktu di Singapore hilang d pjtki yg bawa saya ke Hong Kong .
    Saya bingung karna inquired document saya yg bermasalah seperti yg tertera di MOM di bawah ini

    Saya berharap Bapak bisa beri saya Saran

    Terima kasih sebelumnya

    Hormat saya

    IDAH

    Employing Maids & Domestic Workers

    The paperwork and process involved in hiring domestic workers in Singapore – whether offering a job to a foreign worker or transferring employment contracts – details on forms, insurance, bonds and other issues required by MOM…

    Employment of a domestic worker (commonly referred to in Singapore as a maid) is often organised through a maid agency.

    Alternatively, the prospective employer can find a domestic worker who needs to change employer and arrange for their employment to be transferred. Employers leaving Singapore often advertise, on behalf of their domestic help, for a new employer on notice boards at many of the food supermarkets. The existing employer will have to make a formal transfer through procedures laid down by the Ministry of Manpower (MOM).

    Regulations

    Singaporeans and permanent residents only may employ a domestic worker
    Dependant Pass holders may also apply, although details of the spouse’s employment pass will be required
    Foreigners who are on a social visit, such as on holiday or short-term visit to Singapore, are not allowed to employ a domestic worker
    There are strict procedures laid down by the Ministry of Manpower (MOM) that must be followed when employing domestic labour:

    A foreign domestic worker must be between 23 and 50 years old when first entering Singapore and may work up to the age of 60
    The worker must have 8 years’ minimum formal education – certificates will be required as evidence
    The worker must be from an approved source country/territory. These countries/territories include Bangladesh, Hong Kong, India, Indonesia, Macau, Malaysia, The Republic of the Union of Myanmar, Pakistan, Philippines, South Korea, Sri Lanka, Taiwan, and Thailand
    The worker must pass a MOM-stipulated test and attend the compulsory Safety Awareness Course (SAC) within three working days of arrival in Singapore before a work permit can be granted
    A first-time foreign domestic worker can enter Singapore only after the employer has furnished a security deposit or Banker’s/Insurance Guarantee from the Work Pass Division (WPD), and purchased a Personal Accident Insurance
    A foreign domestic worker must undergo a medical within 14 days of arrival, after which a medical is required every six months. The paperwork will be issued to the employer
    SingPass

    A prospective employer is able to check the prospective employee’s work record using a Singpass on the MOM website to see how many employers the worker has had, and how long they stayed with each employer.

    SingPass stands for Singapore Personal Access. Singapore citizens and permanent residents, valid Employment & Dependant Pass holders, valid S-Pass holders and eligible valid work permit holders may apply for a SingPass.

    Registration can be made on the SingPass website
    A password will be set up to allow transactions with various government online services.

    To Employ Domestic Workers Through an Agency

    The advantage of using an agency to find a domestic worker in Singapore is that the agency handles all of the necessary paperwork and formalities. They can organise the transfer of a domestic worker from another employer or arrange to bring a new worker from overseas.

    Agencies also offer help in finding a suitable candidate, and some guarantee a replacement (without charge) if the worker proves unsuitable.

    Another method of fulfilling the legal requirements commonly used by many Singaporeans is to contact NTUC Insurance, a government body, through its web service.

    The Ministry of Manpower’s website provides a directory of employment agencies, listing licensed agencies, unlicensed agencies and agencies that are under surveillance or with a revoked licence.

    For more information: Click here
    To Employ Domestic Workers Without Using an Agency

    Full details on employing a foreign domestic worker are available on the MOM website.

    For introductory information before making an application: Click here
    For further information: Click here
    The Employers’ Orientation Programme (EOP) is a training course for all new employers of domestic workers, and has to be completed before hiring a domestic worker. Employers can choose to do the EOP in a classroom setting or online. Full details of the programme can be found on the MOM website.

    For full details: Click here
    Prospective employers must apply for a work permit for their domestic worker. The application forms to transfer a domestic worker or to bring a new domestic worker into Singapore can be downloaded from the MOM website.

    If the domestic worker is working in Singapore for the first time the employer must obtain an In-Principle Approval (IPA) letter or “Letter of Notification to bring Foreign Domestic Worker (FDW) into Singapore”.

    Forms can be completed online provided that the applicant has a SingPass otherwise they can be submitted at any SingPost post office or MOM-appointed collecting agent.

    If the employer is currently overseas, they need to provide a residential address in Singapore when applying for the work permit. If the work permit application is successful, an IPA will be sent to this address.

    A work permit is usually issued for two years subject to the validity of the foreign domestic worker’s passport and can be renewed for a further two years. A notice is usually sent out by the Ministry of Manpower six weeks prior to expiry.

    The government will send a notice every six months to the employer, requiring the domestic worker to undertake a medical examination.

    Employers may send a domestic worker on training courses such as first aid, computer literacy or cookery.

    An employer may employ two maids but must request approval from the Ministry of Manpower.

    The Government holds the employer responsible for the domestic worker’s actions. For example, should the domestic worker leave the job of their own choice and fail to leave the country, or if they fall pregnant while in employment, they will be deported and the employer could be fined.

    Note: The employer should check that the domestic worker’s passport validity is longer than ten months.

    Fees and Payments

    A small administrative fee is charged for every work permit application submitted
    The employer must pay the government levy for a domestic worker. The levy is adjusted from time to time in order to control the demand for such workers. See the MOM website for current rates
    An insurance bond is required. The bond can be arranged through a bank, or through the Government NTUC Insurance agency’s web services: Click here
    Non-Malaysian domestic workers also need a bond for their embassy, usually required when renewing passports which are only valid for five years and when they leave the country. This can be organised in the same way, through a bank or through the Government NTUC agency. Philippine workers also require a separate performance bond
    Personal accident insurance must be purchased
    Contact the NTUC for Maid Insurance
    Tel: 6336 9311 / 6788 5255
    Medical cover for the worker must also be taken out
    Change of Employer

    There is a set process to be followed by both the old and new employer when domestic workers are transferred. The application form to transfer a domestic worker can be downloaded from the MOM website.

    The effective transfer date for a foreign domestic worker is usually seven days from the work permit application’s approval date. To request a change of the transfer date, both the new and current employers have to agree on a new transfer date and consent to the change.

    For information from the MOM website: Click here
    The application form to transfer a domestic worker can be downloaded from the MOM website: Click here
    If there is a need for employers to defer the transfer date and the new transfer date falls within seven calendar days from the original scheduled date, the new employer can request a work permit issuance via WP Online on the MOM website. However, if the employers need to defer the transfer date beyond the seven calendar days from the original scheduled date, the new employer is required to fax the necessary documents to the Work Pass Division before they can request a work permit issuance via WP Online.

    Required documents:

    New employer’s request letter for a change of transfer date
    Current employer’s consent letter to change the original scheduled transfer date to another date (new date must be clearly indicated)
    Fax to:

    Work Pass Division
    Fax: 6317 1329
    The new employer receives a reply by fax from the Work Pass Division. The current employer of the domestic worker is required to pay the Foreign Worker’s Levy until the day before the work permit is issued under the new employer’s name.

    Terms of Employment

    Maids with work permits issued or renewed from 1 January 2013 are entitled to one rest day per week or compensation paid in lieu if agreed to work on their rest day. There is no minimum wage for a domestic helper and no guidelines for holidays. However, expect to:

    Pay between S$400 and S$600 per calendar month
    Grant at least one month paid leave plus return air ticket to the country of origin every two years
    Note: while the domestic worker is on holiday and out of Singapore, Central Provident Fund (CPF) contributions are refundable. A refund form can be downloaded or completed online on the CPF website: Click here
    It is common practice to add a “13th month” or bonus to their salary
    All food, lodging and medical care must be funded by the employer
    The domestic worker must not work in any other capacity. It is illegal to ask a domestic worker to carry out another form of employment
    Note: Some domestic workers will have little knowledge of washing machines or other equipment and may require demonstrations of how to operate these. Their command of English may be poor and they may need a friend to translate for them.

    It is advisable to have a written contract stating the domestic worker’s duties. All payments should be recorded.

    Medical Care

    Medical cover for serious illness or for emergency/accident treatment (treated at hospital and signed off by a doctor) is covered in the mandatory medical insurance that is taken out by the employer for the domestic helper and is valid for two years. If hospital treatment is required, the employer should settle the costs and make a claim to the insurance company using the original receipts. There is a basic medical cover per annum but this can be increased by paying an additional one-off premium.

    Further Information and Links

    AngloINFO Singapore
    Central Provident Fund Board
    Ministry of Manpower (MOM)
    NTUC Insurance
    SingPass
    With Contributions by Graham Spencer – Maids R Us
    131 Tanglin Road, 02-03 Tudor Court, Singapore 247924
    Tel: +65 9186 6527
    e-mail : Website

    • Humari berkata:

      Saya tidak melihat ada persyaratan birth certificate di situ. Mereka cuma minta ijazah sekolah saja. Kalau paspor tidak beda data dengan paspor yang lama gak masalah kok meski usia dituakan.

  16. Idah berkata:

    Terima kasih atas tanggapanya Bapak humari .
    Saya sebenarnya ingin memperbaiki pasport saya yang sesuai dengan tahun lahir saya .
    Bagaimana ,,dan apakah kemingkinan saya masih bisa kembali ke hk ato Singapore dengan pasport yg baru ?
    Dengan pasport saya saya sudah pakai travel ke be berapa negara :Australia ,jepang ,Thailand dan china .
    Saya Agak khawatir.
    Mohon Saran Bapak
    Terima kasih

    • Humari berkata:

      Kecuali bila nama di paspor, tanggal lahir dsb semuanya beda, barulah bakal ditolak oleh imigrasi. Singapura memang ketat soal ini. Tapi kalau data yang ada di paspor Anda sekarang sama dengan yang dulu saat pertama kali Anda masuk ke Singapura, ya tak usah khawatir.

      • Neng Iyah berkata:

        Selamat siang Pak Humari,Saya mau tanya kebetulan permasalahan Saya hampir sama dengan Mbak Idah jadi saya nyambung ke komentar ini.. Apakah bisa masuk kembali dan menetap di German dengan paspor dan data baru sedangkan dulu sudah pernah datang ke German untuk liburan dengan paspor lama dan data palsu?? Mohon info nya Pak,dan terima kasih banyak🙂 ..

        Neng Iyah ^^

      • Humari berkata:

        Soal itu saya tidak tahu. Cuma Negara seperti Jerman, pasti sudah punya system online yang canggih. Kalau tidak karena terpaksa lebih baik biarkan data di paspor apa adanya. Daripada tak bisa masuk lagi ke sana

      • sarban berkata:

        Pa kalau sudah di rubah paspor nya apakah bisa masuk taiwan lagi ga. Kasus nya merubah tahun. Tapi selama di Taiwan belum pernah ada masalah.

      • Humari berkata:

        Coba saja. Kalau tertolak Teto (perwakilan pemerintah mereka) di Indonesia yang akan menolak

      • Shanty Andrea berkata:

        Pagi pak Humari ada yg sy mau tayakan..dulu saya pernah bekerja di hongkong dan sy pernah overstay pada waktu saya pulang ke indonesia paspor saya di deportasi. Yg sy tayakan apa sy masih bisa bikin paspor lagi krna sy ingin liburan.

      • Humari berkata:

        Bisa bikin paspor lagi tapi tak bisa kunjungi Hongkong. Liburan ke negara lain saja.

  17. Martini berkata:

    Ass.Bapak humari
    Saya mau tanya,saya mau merubah data paspor lama saya menjadi data yang asli sesuai dengan tahun lahir saya,dulu saya membuat paspor di kantor imigrasi jak bar,paspor saya sudah habis masa berlakunya sejak tahun 2011 lalu,saya bertempat tinggal di kabupaten cilacap ,apakah saya bisa mengurus perubahan data paspor di kantor imigrasi cilacap,dan apakah saya harus melalui sidang permohonan kepada ketua pengadilan perihal perubahan data pada paspor untuk mendapatkan penetapan perubahan data, dan saya harus melakukan sidang di pengadilan mana apakah pengadilan jak-bar tempat dimana saya membuat paspor yg dulu atau bisa di lakukan di pengadilan negeri cilacap.

    Dimohon sarannya bapak humari,sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih banyak.

    Salam,
    Martini

    • Humari berkata:

      Anda datangi dulu imigrasi Cilacap kalau KTP Anda beralamat di sana. Bila ada perbedaan data, sidang pasti harus Anda ikuti.

  18. Ariyati berkata:

    Slmt pagi Yth,Bapak Humari,
    Pd th 2004 sy dibuatkan paspor oleh agen di kantor Imigrasi Yogyakarta untuk jadi tkw ke Malaysia dg tgl lahir di mudakan 10 th waktu itu.Nama & Alamat adalah asli sesuai dg Ktp ASLI, Sy bekerja di Malaysia +/- 3th, terus ada boss yg ngajak kerja ke Norwegia.Disana sy kerja 2 th, Skrg sy sdh di Indonesia dan paspor lama masih berlaku s/d 2014. Tapi pd th 2012 sy membuat paspor lagi melalui jasa pembuat paspor dg data yang ASLI semua, dan itu bisa di terbitkan paspor baru saya,oleh kantor Imigrasi Yogyakarta, Pada Th 2012 sy mengajukan visa ke UDI Norwegia di Jkt (ada sponsor) memakai paspor baru,dan ternyata di tolak.Krn sy dianggap memalsukan data saya,Keputusan terakhir saya terima dari UDI Norwegia th 2013,sy di larang masuk wilayah schengen area s/d th 2018.Yg jadi pertanyaan saya Pak Humari adalah : 1.Apakah saya bisa menggunakan paspor baru saya itu untuk travel umpamanya ke Thailand,HKg,Vietnam atau negara lain selain Schengen Area ? 2. Apakah saya perlu melapor dan memohon penetapan perubahan data di kantor pengadilan? 3.Apakah saya akan di penjara atau kena denda ?? Mohon pertolongan jawabannya pak Saya takut sekali mau memakai / mencoba paspor baru saya traveling ke wilayah asia saja misalnya..Terima Kasih Banyak Pak HUmari

    • Humari berkata:

      1. Kalau Anda belum pernah masuk Thailand, HK & Vietnam, aman saja sih. Kalau sudah masuk salah satu negara di Uni Eropa, saya tak tahu. Tapi hati-hati saja.

      2. Ya, kalau mau diubah lagi.

      3. Tidak akan ada hukuman fisik kalau soal administrasi. Sanksinya ya administratif juga seperti tidak bisa masuk ke wilayah suatu negara

    • raziq berkata:

      Mbak ariyati,saya juga punya kasus yg sama passport saya dituakan 8thn dan habis masa berlakunya akhir 2016 dan ini saya lg proses utk passport baru melalui jasa orang lain.menurut pengalaman mbak ariyati berapa lama proses pembuatan passport baru di yogyakarta dgn kasus seperti ini

  19. thassa berkata:

    Yang terhormat Bpk. Humari
    Terimakasih banyak atas informasinya, saya ingin bertanya pa, saya punya paspor keluaran 2011 dimana umur saya dituakan 1tahun, digunakan untuk internship selama 6 bulan dimalaysia, semua data sama dengan kk ktp sim ijazah kecuali tahun lahirnya saja, apakah saya perlu mengganti tahun lahir saya dengan yang asli? solusinya bagaimana? Saya sempat mencoba buat yg baru dengan data asli tapi ditolak oleh imigrasi lalu paspor yang saya buat hangus beserta uang administrasi, jadi saya tetap memiliki 1 paspor dengan data palsu, saya juga mengikuti beberapa cerita, disitu dicontohkan surat permohonan, kalau boleh saya tau surat permohonan diberikan pada saat prosedur yang mana?

    • Humari berkata:

      Surat permohonan perubahan data paspor itu diserahkan ke Imigrasi bagian Wasdakim. Anda akan diinterview di sana dan dibuatkan Berita Acara Pemeriksaan.

      Dari situ Anda akan diminta ke Pengadilan (pihak Wasdakim akan beritahu ke Pengadilan mana yang perlu Anda tuju). Perubahan data nanti akan berdasarkan keputusan pengadilan. Karena soal satu ini tidak bisa diputuskan sendiri oleh pihak imigrasi.

      Repot? Memang. Tapi itulah prosedurnya.

      • Dya berkata:

        Pak, masalahnya sama seperti saya. Th 2011 saya jd tkw ke taiwan umur dituakan 2 tahun. Skrg saya udh di indonesia, rencana mau berangkat ke hongkong calling visa, jd paspor urus sendiri. Masalahnya data tahun lahir n alamat ktp,akte, kk ijasa saya beda dengan paspor yang lama pak, untuk yang lain sudah sesuai, rencana nya saya mau buat paspor pakai data saya yg asli.tapi paspor lama saya hilang pak? Kira-kira apakah masih bisa diurus? KAlau saya buat paspor pakai data lama saya apa masih bisa pak? Soalnya saya sudah pakai ktp elektrik, jadi sepertinya tidak bs lagi buat ktp, kk, akte baru sesuai paspor lama saya. Tolong solusinya pak, saya benar2 tidak mengerti harus gimana. Terimakasih..

      • Humari berkata:

        Setelah KTP juga online, Anda hanya bisa membuat paspor sesuai data yang ada sekarang.

    • afani faramitha berkata:

      Sama kasusnya dengan saya pak… tlng bantu jawab y pak
      Paspor tki saya tahun lahirnya di tua in 3 tahun 1983,17 maret 2016 paspor saya habis, niat saya nanti perpanjang paspor tahun lahir saya itu dibrubah sesuai ktp kk akte ijasah tahun kelahiran 1986 ….. bisa gak, sulit gak ngurusnya dan biaya berapa pak

      Makasih ,di tunggu jawabannya

    • Sekar berkata:

      Mba Thassa,

      Bagai mana proses di Imigrasi dan pengadilannya, repot sekali kah?

      • Humari berkata:

        Namanya pengadilan, ya repot. Tapi jalani saja. Ikuti prosedur yang ada dan hindari pemalsuan dalam bentuk apapun dan oleh siapapun

    • cantik berkata:

      Mba Thassa, untuk gambaran saya, berapa lama proses sampai benar-benar rampung dan dpt paspor dengan data baru. Berapa biaya yang dikeluarkan? bagaimana setelah data paspor diubah, apa bisa kembali lagi ke Malaysia?

  20. Cusy susanty berkata:

    Slmt mlm pak humari yth,,
    saya punya paspor tki yg id nya palsu semua nama nya juga palsu masih berlaku hingga bulan desember,, trus saya mau bikin baru paspor wisata dngan id asli ,, Apakah bisa dan bila sidik jari akan ketahuan ga?mohon infonya pa,, kp

  21. nahzil berkata:

    Salam pak, sya mau tnya, tahun 2011 sy buat paspor utk bekerja di malaysia, tpi di keranakan katanya blm cukup umur, jadinya umur sya di majukan dri 93 ke 90, tpi pada masa itu sya menyerahkan data2 asli saya yg lengkap, dgn data thun 93, skrg mslahnya, sy ingin menikah dgn lelaki brwarga negara malaysia, sy ingin mengubah data yg lama dgn data yg asli, apakah tidak akan menjadi msalah nanti nya di kantor imigrasi?? Krna sy tkut pemalsuan identitas, mohon bntu pndpatnya pak

    • Humari berkata:

      Pasti bermasalah. Dan memperbaikinya dengan mengikuti petunjuk di atas. Gak bakal di penjara kok. Ini cuma masalah administrasi.

  22. Yuli berkata:

    Selamat sore pak saya mau Tanya, saya mempunyai masalah dengan passpor saya. Tahun kemarin saya baru pulang Dari singapur kerja jadi TKW Terus Setelah itu saya juga sempat pergi ke singapur 3 kali untuk mengunjungi teman saya di singapur dengan passpor itu, Saya memakai passpor kerja buat ke Sana 3 kali, rencananya tahun ini saya mau ke jerman untuk jadi au pair. Saya bingung pak karena saya mempunyai passpor palsu, di passpor saya di tuakan 4 tahun Terus alamat di passpor juga palsu pak jadi kira2 bagaimana yah buat menghapus passpor palsu ini dan bikin passpor baru. Saya dulu lewat PT pas mau kerja di singapur dan orang PT bilang Kalo saya bisa membuat passpor baru Tetapi passpor lama masih Ada mereka membandrol dengan harga 9 juta tapi itu Aja bikinnya di Yogya sedang kan saya asli orang cilacap dan dulu saya bikin passpor yang palsu juga di imigrasi cilacap. Saya bingung pak mesti bagaimana sedang kan saya mesti siap berkas2 untuk apply visa ke jerman awal oktober. Mohon bantuannya pak, terima kasih banyak🙂

    Ps: Kalo seumpama saya sidang ke pengadilan saya bisa masuk penjara gak? Terus kira2 nanti Ada orang yang di rugikan tidak Dari kasus ini contohnya mungkin PT saya gitu, di tunggu balasanya pak thanks🙂

    • Humari berkata:

      Laporkan dulu ke kantor polisi bahwa paspor lama Anda hilang. Lalu datang ke imigrasi dengan membawa KTP, KK, Akte Lahir atau ijazah yang datanya: nama, tanggal lahir, orang tua, dll sama semua. Lalu ikuti petunjuk pada artikel di atas

      • Yuli berkata:

        Hi pak selamat siang, passpor lama saya dengan alamat dan umur palsu masih Ada pak dan saya ingin membuat passpor baru dengan umur yang asli dan alamat yang asli. saya mesti bagaimana ini? Mohon balesannya thanks

      • Humari berkata:

        Anda ikuti petunjuk di atas. Silakan baca lagi sampai mengerti.

  23. Cusy berkata:

    Pak Saya tidak punya izajah karna hilang bisa dilampirkan dengan akte lahir ga?untuk prsyaratan nya cuma ktp kk,, ada tambahan lain g,,, sprti surat ijin orang tua ,,, apa yg lain nya,,mohon infonya smua brkas yg harus di siapin,,biar qt ga bolakbalik,,,trimakasih Bpk Humari yg trhormat

  24. nana.patrya@gmail.com berkata:

    Met mlem pak?saya tkw yg punya masalah identitas smua plsu?paspor saya masih aktif smpai 2016 .pingin pulang indo bikin e ktp?apakah sewaktu saya balik lgi ke hongkong trs memperbarui paspor Di kjri nanti ketahuan klo data pada e ktp saya ke e paspor..?mengingat data pada paspor saya ke ektp tidak sma&smuanya pkei sidik jari 10?mhon solusiny?mksih

  25. Eko Sujarwo berkata:

    Saya ingin merubah data pasport pak,apakah saya harus pergi ke pengadilan negeri dulu atau ke kantor imingrasi dulu pak..?

  26. roni berkata:

    Pak saya mau tanya , dulu tahun 2006 pernah membuat paspor dgn nama juga alamat palsu di kantor imigrasi denpasar. Pada waktu itu saya ditawrin untuk jd tki oleh tmn bapak saya dan dia menguruskan segala data palsunya kemudian paspor tersebut jadi. sampai beberapa bulan saya jg gak berangkat” trus saya jg dapat kbr orang tersebut pindah tempat tinggal entah kemana dan paspor tersebut blm dikasihkan ke saya. Kemudian bulan april kemarin saya membuat paspor di surabaya dengan data asli saya ditolak karena di situ sdh ada pembuatan paspor lama dgn data palsu. Trus yg saya tanyakan apakah saya bisa membuat paspor dgn data asli saya , sedangkan paspor lama tidak ada lagi / hilang ? Mohon saran dan solusi dari bapak. Terima kasih

    • Humari berkata:

      Bikin surat kehilangan dulu di kantor polisi baru ke imigrasi.

      • nana.patrya@gmail.com berkata:

        Klo yg aku perbaiki e ktpnya..pkei sidik jari 10,,trs paspornya saya. Perbarui nunggu selesai pul dri indo gtu,saya ketahuan g pak ?ngaruh g data saya ke paspor?apa jg akan Di penjara pak?mksih. Bnyk atas jawabn bpk,,:-)?

      • Humari berkata:

        Gak sampai dipenjara kok. Paling dideportasi.

      • roni berkata:

        Ini untuk kantornya saya harus ke kantor imigrasi pembuatan paspor pertama dulu yaitu kota denpasar atau kantor imigrasi surabaya. sedangkan tempat tinggal saya di surabaya.Terima kasih

      • Humari berkata:

        Yang terdekat dulu dan sesuai dengan dokumen yang Anda punya: KTP, KK, Akte Lahir. Kalau mereka menyuruh ke imigrasi Denpasar ya baru lakukan.

  27. kinan berkata:

    Yg terhormat Bpk Humari,
    Pak sy mau merubah nama di paspor ke data yg asli,kesalahan nya cuma di nama pak awalny sy iseng2 merubah nama KTP yg sy buat di jakarta tahun 2009, tahun 2012 sy berkunjung ke Singapore dan bikin paspor sesuai KTP jkt memakai agent serta akte sesuai KTP jakarta agent yg urus.dan skrg sy mau meerubah paspor nama saya ke data asli sesuai KTP tempat lahir sy dari jawa untuk apply visa ke london akhir tahun ini.sy sudah datang ke imigrasi dan mereka bilang sy harus ke pengadilan.tapi saya takut pak soalnya orang imigrasi bilang sy bisa di penjara karena pemalsuan data.
    Kalo sy harus ke pengadilan, pengadilan mana yg sy datangi? sesuai KTP jakarta nama palsu? atau Jawa tempat lahir saya? Terimaksih sebelumnya.

    • Humari berkata:

      Mereka cuma nakutin aja ah. Biar Anda bisa lewat calo. Dan kalau lewat calo biaya akan jauh lebih tinggi dan uangnya mengalir sampai jauh. Jadi ikuti saja prosedur pengadilan. Takkan dipenjara sebab ini adalah masalah administrasi.

      • kinan berkata:

        mereka ngancem passport mau di gunting dan masukan sy ke penjara akhirnya sy tebus 1juta. lalu besokny sy dtg ke Dirjen Imigrasi ketemu calo mau di sipek halaman 4 dengan nama asli dengan biaya memang besar.untung sy ga mau pak karena negara eropa pasti tidak terima halaman 4, satu lg pertanyaan sy Bpk Humari kalo sy datang ke pengadilan apakah berkas2 pembuatan passport lama harus ada? Maturnuwun…..

      • Humari berkata:

        Gak perlu. Kan dokumennya palsu. Harus bawa yang masih berlaku dan asli.

  28. dadang berkata:

    Yang terhormat bpk.Humari pada tahun 2006 silam lalu saya menjadi TKI ke qatar,menggunakan paspor dengan data palsu pada tahun lahir nya saja di tuakan karena pada saat itu saya belum cukup umur untuk menjadi tki & sekarang saya ingin merubah data tahun kelahiran saya yang di paspor lama menurut data kelahiran saya yang asli,sedangkan paspor lama masih berlaku sekitar 5bulan lagi karena sudah pernah di perpanjang waktu mau berangkat ke australia sebagai tki.tpi saya ketipu oleh oknum yang mau membrangkatkan saya ke australi & akhirnya saya berangkat ke papua newgini sbg tki Juga dan sekarang saya mau berangkat ke korea dan terganjal oleh tahun kelahiran saya yang yang di paspor karena umur ketuaan.
    Yang saya mau tanayakan apakah saya datang ke kantor imigrasi yang sudah ada di daerah saya atau ke kantor imigrasi kelas1 jakarta timur karena pada saat pembuatan paspor di imigrasi kelas1 jakarta timur.
    Untuk informasi dan arahan nya saya ucapkan terima kasih.

    • Humari berkata:

      Kalau alamat Anda di Jakarta Timur ya datang ke situ lagi.

      • dadang berkata:

        Terima kasih atas informasi nya pak.
        Satu lagi yang mau saya tanyakan bisakah saya merubah data paspor saya yang lama di kantor imigrasi yang ada di daerah saya cirebon tanpa harus ke kantor imigrasi jakarta timur?

  29. reza berkata:

    halo selamat malam pak humari, saya ingin bertanya, dulu teman saya pernah ke jepang thn 1993, dan kemudian di deportasi thn 1995, dan sekarang ingin kesana cuma wisata, tapi nama & tanggal lahir beda dgn yang dulu, apakah dengan sidik jari imigrasi bisa terdeteksi dgn data nya 20 thn yg lalu itu? dan apakah data pd thn 1995 masih tersimpan smpai skrg ?

  30. Rudi berkata:

    Bapak Humari tolong penjelasannya.bapak sudah posting contoh surar permohonan perbaikan paspor.itu diserahkannya keimigrasi atau lansung kepengadilan?

  31. sugi berkata:

    Salam pak humairi saya perpanjang pasport di kjri johor sesuai data yg asli dulu pernah krja di singapore umur di tuakan 5 tahun nama sama skrg nih udh 1 bulan pasport masih dlm proses di jakarta padahal saya ada surat pengesahan dari kbri singapore yg umur saya sesuai akte ktp asli dan surat nikah dua negara indonesia dan malaysia visa malaysia akhir bulan ini mau habis pasport jg 10 bulan lgi mau habis pertanyan saya berapa lama pasport saya di proses sedangkan visa saya mau habis?saya jg hamil 8 bulan ga mungkin pulang indonesia

  32. Wulan berkata:

    Selamat Pagi Bapak Humari,

    Tahun 2007 saya pernah menjadi TKW ke hongkong dan passpor yang saya gunakan tahun lahirnya berbeda dengan KTP dan Ijazah saya. dan sekarang saya berencana untuk mengganti passpor saya dengan data asli saya sedangkan AKTE kelahiran dengan Passpor tahun lahirnya sama. kalo menurut bapak apakah saya harus mengganti akte kelahiran saya dan menyesuaikannya dengan ijazah saya? karena ada teman saya yang bilang kalo saya tidak perlu mengganti Akte saya cuma perlu merubah tahun lahir KTP saja karena lebih mudah dan tidak rumit. tolong bantuan informasinya pak dan terimakasih sebelumnya.

  33. kristiyani berkata:

    selamat malam Bapak Humari, bantu saya buat paspor kena penolakan terdapat duplikasi, tempat tgl lahir banyuwangi 17-03-1979 berlaku 13-11-2009. saya pernah ke malaysia Dan taiwan. paspor hilang Di pt. waktu itu saya msh muda umur dituakan. thun kemarin saya buat paspor ajukan data asliku banyuwangi 04-07-1989. eh waktu pengambilan paspos Di tolak. dakim bilang kalo mau nerusin buat ngambil paspor baru itu harus pergi ke pengadilan karna saya Di takuti kena penjara saya putuskn gk jadi nerusin. uang buat paspor pun hangus. skrng saya pengen buat paspor dengan data asliku, apa saya ke imigrasi dulu apa ke pengadilan. dulu saya buat Di surabaya. sedangkan sekarang saya Di banyuwangi. kalo Di pengadilan biaya Mahal tidak Dan kena penjara tidak karna saya takut apa perlu bawa pengacara….? rencana saya mau liburan ke malaysia.

    • Humari berkata:

      Ke Imigrasi dulu. Setelah itu baru ke pengadilan. Gak usak takut ah. Masalah Admin saja.

      • delis berkata:

        Malam pak Humari.. sya sudah baca web ini sebulan yang lalu.. saya juga kena masalah yang sama yaitu pernah jdi tki perawat di arab saudi dengan umur dituakan 2 tahun oleh pt dan tempat lahirnya pun salah dan nama kurang spasi.. dlu sya paspor lama syaa di terbitkan di tangerang yag skrnag katanya sdh gak ada krna itu khusus tki.. ketika saya memperpnjng paspor untuk keprluanwisata di kntr imigrasi jakarta timur wasdakim hanya bertanya soal tujuan dan alasan sya pun ga cerita tntng ada perbedaan data krna saya g tau jd maslah serius..saya hanya jawab seputar tujuan wisata krna wasdakim mncurigai sya akan jd tkw lg.. intinya wasdkim pun kurang jeli ga liat data paspor lama dgn dkumen sya berbeda.. akhirnya saya dilolosin ke tahap wawancara dan ketahuan pas foto dan di suruh mnghadap ke bagiab prijinan dan dsuruh kepengadilan untuk pnetapan nama… skrng urusan pengadilan saya sdh kelar putusan sdh saya dapatkan dan sya kembali ke imigrasi ke bagian perijinan.. bagian perijinan mmberikan memo ke wasdakim untuk dibuatkan bap… ehh stlh di wasdakim saya malah disalahin karena harusnya wasdakim yang nyuruh kepengadilan ini malah bagian lain.. orang wasdakim ngomongin sanksi yang berat katanya walaupun sdh ada putusan pengadilan saya akn kena sangsi dulu pmberian data palsu dgn menangguhkan pengeluaran paspor sya smpai 2 thun.. dsna saya syok bgt padhal sya sdh cape bulak balik sidang di pengadilan 1 bulan.. wasdakim malah mau kasih sya sangsi.. jumat bsok sya mau di bap lagi.. yag saya tanykan proses mba santi atau yang bapa humari tau setlah kita kasih putusan penetapan nama ke pengadilan kira2 paspor baru dgb data asli kita akan dikeluarkan atau tidak?dan berapa lama prosesny? Krna sya sdh ikut prosedur ke pengadilan.. tpi wasdkimnya sperti ngasih syok terapi dan bilang sangsi yang berat2 krna dlu saya pake data palsu..ditunggu jawabanny makasih

      • Humari berkata:

        Harusnya, sudah tidak ada masalah lagi. Kan sudah ditetapkan pengadilan. Sanksi itu gak ada. Sebab ini hanyalah masalah administrasi.

      • dilahfadilah40 berkata:

        Selamat malam pak humari saya Dari Cilacap …saya sekarang bekerja di Singapore dalam passport saya nama Dan alamat asli. Tpi umur saya dalam passport palsu .saya ingin mengubah umur saya dalam passport jadi umur asli gimana caranya pak …

      • Humari berkata:

        Di atas sudah saya terangkan. Jalani saja

  34. maya sogen berkata:

    Selamat malam pak Humari,,teman saya bekerja di Johor ,Malaysia,permitnya habis,dan pasport baru di perpanjang ,dan sekarang dlm proses perpanjangan permit,tapi sudah 5 bulan permit baru belum siap juga dia cuma sekarang pegang foto copy pasport saja,ada teman yg saran kan pulang aja ke indonesia dengan pasport tendang .yg ingin saya tanyakan ,kalaw nanti 2 ataw 3 bulan lagi dia masuk kemalaysia lagi,bagaimana untuk pembikinan pasport yg baru ,terima kasih atas bantuan pemecahan masalah ini

    • Humari berkata:

      Kalau keluarnya lewat jalur resmi (asal bukan deportasi), bisa masuk lagi kok. Minta perusahaan untuk segera urus.

      • delis berkata:

        Iya pak rupanya wasdakim kasih syok trapi biar ga kejadian lgi bgini walau dulu saya masih polos.. tpi lumayan juga diomel2in.. sya sdh bap tinggal urus tanda tngan pejabat2 imigrasinya kmudian fto wawancara .. smoga paspor baru sya dgn data asli saya bsa sgera kelar.. dan jadi pelajaran kita smua sbg mantan tki agar tidak main main dgn identitas kita.. maksih pak humari infonya

  35. kinan mia berkata:

    mba Delis share ke q donk gimana detailnya untuk dapet ketetapan dr pengadilan q masih belum berani urus passport q ne sedangkan september q harus ke London. email q kinanmia3@gmail.com

  36. dedi prasetia berkata:

    askum pak.
    sy mau tanya … dlu saya tki dr mlysia dan sy kabur dr sy punya majikan. paspor saya di tahan .. dan semua data pakai data asli. apkah bisa sy buat paspor lagi, karna saya mau dftr tki ke korea pak.
    apakah sy bisa membuat paspor lagi dengan data asli untuk daftar membuat paspor ke korea nanti ? .. trimksh.

  37. Irma p berkata:

    Salam pak,saya irma dulu pernah jdi tki di taiwan paspor saya datanya dipalsukan sponsor dan sekarang saya sudah jadi mahasiswa,saya dapat beasiswa ke cina.pertanyaan saya bagaimana cara mengurus paspor yg baru sementara paspor lama saya masih aktif.

  38. hartanto paslan berkata:

    assalamulaikum selamat malam pak humari,,saya Hartanto saya seorang TKI di MEKKAH,SAUDI ARABIA,yang saya mau tanyakan tentang data keaslian pasport saya pak usia saya dituakan 2thn dari usia asli saya sekarang 21thn
    saya akan segera pulang ke indonesia dan rencana mau daftar kerja ke korea
    dan tentang data palsu saya,,bagaimana cara merubah data kelahiran palsu saya menjadi data asli saya
    sebaiknya saya bagaimana memproses sebelum daftar tki ke korea atau bagaimana…..??
    dan seumpama saya kembali daftar kesaudi lagi dengan data administrasi pasport yang asli bagaimana pak kena tendang pulang atau masih bisa,secara disini klo mau masuk saudi yg mau jadi iqoma itu data dari pasport dan pake sidiq jari dan mata

    • Humari berkata:

      Saya belum pernah ada komplen soal perbedaan usia bakal jadi hambatan untuk kerja lagi di Arab Saudi. Mereka fokus pada apakah ada keluhan dari majikan soal kepulangan Anda atau memang Anda bermasalah di sana (kabur misalnya).

      Soal ke Korea, ya bisa saja daftar dengan paspor baru yang berdata asli.

      • hartanto paslan berkata:

        makasih atas balasanya pak,,begini lho pak soal “iqoma” atau izin tinggal disaudi kan berpacu pada masa berlaku pasport kita selama di saudi,apakah dan jika pasport kita di ganti dengan pasport yang baru apakah kita gak kena teguran atau bahkan kena tendang yg artinya dipulangkan lagi selepas baru datang di saudi dari indonesia
        keluhan soal pekerjaan cih sepertinya gak ada masalah pak hanya saja soal keterlambatan gaji,,sering kali terlambat,,dan disini susah untung nego kontrak kenaikan gaji walaupun sudah bertahun2,,saya sudah hampir 3 tahun tpi jga belum ada kenaikan gaji sebab itulah saya merasa kurang dihargai disini dan berencana ingin mengajukan pulang setelah bulan hajian selesai
        sekiranya berapa lama pak mengurus data yang asli ke data yang baru
        terima kasih banyak bapak atas perhatianya😀

    • delis berkata:

      Mad hartnto perubahan data lama papor yang lama ke yang baru memakan waktu yang ckup lama krna proses pnajang dan rumit anda harus melewati bbrpa tahapan.. smua diputuskan oleh surar keputusan kanwil imgrasi yang mmberikan ijin paspor anda bisa diubah ke data asli atau tidak.. urus smdri 2 bulan sdh cepat bgt itu.. krna proses pengadilan pun memakan waktu yang tidak sebentar

  39. muhammad kholiq berkata:

    selamat siang pak Humari
    mohon sedikit pencerahannya
    Istri saya lahir di palembang dan pernah buat paspor di palembang dengan data yang palsu untuk bekerja di malaysia. dan sekarang istri saya tinggal di jawa timur. Apakah seandainya data yang palsu tadi di betulkan sesuai prosedur yang bapak jelaskan. apakah masih bisa di pakai masuk malaysia dengan data yang sudah sesuai ktp dan ijazah? karena berbeda antara paspor lama dan baru?

    • Humari berkata:

      Nama juga palsu? Kalau ya bakal bermasalah. Tapi sekarang sudah bisa terdeteksi kok saat hendak medical check up. Kalau bermasalah jadi tak perlu lanjut.

  40. yummy ary berkata:

    Askum pak humari,saya mau nanya tahun 2011 sya prnh menjadi TKI Dtaiwan.tahun,tempat kelahiran saya dituakn,wktu itu umur saya msih 18thun,jdi dituakn menjdi 21thun,yg ingin saya tnyakan ke bpak?bagaimana cara saya merubh tahun dn tempt klhiran saya!?ada slh satu teman yg hbis 12juta hnya untuk merubh tahun kelhiran sja!karena dituakn jugak,mhon solusinya pak!!

  41. muhammad kholiq berkata:

    mananggapi tntang pertanyaan bapak di koment di atas..
    antara nama semua sama hanya tempat lahir dan bulan lahir yang berbeda apakah itu bisa bemasalah di malaysia nantinya? trimakasih.

    • Humari berkata:

      Yang jelas begini; khusus di penempatan di Malaysia, kalau bermasalah sudah ketahuan sejak medical check up kok

      • muhammad kholiq berkata:

        Medical check up itu kan hanya untuk tki yang akan bekerja.
        Seandainya istri saya hanya ingin pergi malaysia beberapa hari saja. Apakah itu bermasalah?

      • Humari berkata:

        Gak perlu medical. Kalau Anda pernah bermasalah meskipun kunjungan biasa akan dihambat.

      • delis berkata:

        Bagi teman2 yang memang sedang urgent untuk menyelesaikan paspor dgn data bermasalah sperti dituakan dan maslah lainnya khusuny ex tki.. bisa hub saya untuk tanya2 soal pengadilan jalur biasa atau khusus dgn konsekuensi waktu penyelesain dll.. silahkan ditanya2 dan insya Allah ada solusiny karena kita disini niat baik mau memperbaiki dan mencari kebenaran untuk mendapatkan hak kita kembali..saya pun tki punya masalh sma dan sya sdh merasakan jalur biasa pngadilan atau jalur khusus..tanya tanya bsa
        email dlu ke deliswahyu12@gmail.com
        sekedar info peraturan imigrasi baru akan segera dikeluarkan untuk perubahan data sprti ini kedepany aka sangat sulit dan bisa panjang urusannya kalo ditemukan unsur kesengajaaan bisa dicabut haknya dan tdak bsa mmgajukan permohonan paspor di seluruh Indo.. jdi segeralah prbaiki paspor teman2 yag brmaslah

  42. sodikin berkata:

    Hanya ingin berbagi untuk yang ingin memperbaiki data passport walaupun hanya sebagian dulu dikarnakan baru sampai proses panggilan Pengadilan Negeri.
    1. Datang ke Imigrasi Bagian Wasdakim untuk Membuat BAP.Tapi,tidak semua bisa cepat dibuatkan BAP Tergantung dari masalah dan persyaratan pengajuan, Jika kasusnya seperti saya yang belum dibuatkan BAP dikarnakan pasport hilang,hanya memiliki photocopy pasport ( Perlu diingat sebenarnya saya juga bisa dibuatkan BAP dengan syarat bersedia menunggu pencarian berkas di Imigrasi tempat pertama membuat pasport,yang cepat dan lamanya tidak bisa dipastikan,saya pribadi sudah mengajukan dengan menunggu hampir 3 bulan tapi tetap belum ada hasil).
    Yang membuat saya pusing adalah SALah satu syarat untuk mengajukan Permohonan kepengadilan Negri adalah adanya SURAT KETERANGAN DARI IMIGRASI sedangkan Pihak Imigrasi tidak memberikan Surat keterangan ataupun BAP( Tapi alhamdulillah,saya bisa mengajukan permohonan kepengadilan TANPA Surat keterangan atau BAP dari imigrasi dengan alasan diatas).

    2.Datang ke Pengadilan Negeri Terdekat dengan mengajukan Persyaratan berikut
    -. Surat Permohonan ( 1 Asli dan 3 Fotocopy )
    -. Fotocopy (Fc) Ktp pemohon
    -. Fotocopy AKTA NIKAH ORANG TUA ATAU PEMOHON( jika tidak ada saya juga ttp bisa mengajukan permohonan)
    -. Fotocopy Akta lahir Pemohon ( Harus ada,saya juga bikin dulu)
    -. Fotocopy Kartu Keluarga terbaru ( Minimal sesuai data ektp)
    -. Fotocopy Ijazah terakhir
    -. Fotocopy Pasport ( jika hilang buat surat kehilangan dari polisi)
    -. Fotocopy Surat keterangan Penolakan,/ data Imigrasi ( Lebih bagus jika ada surat BAP dari imigrasi)
    BERKAS DISERAHKAN DULU KEPENGADILAN BAGIAN PERDATA UNTUK DICEK,setelah itu surat permohonan akan diambil oleh pihak pengadilan sedangkan semua persyaratan diatas harus di beri materai dan cap kantor pos / lembar .pemohon akan disuruh untuk pergi kekantor pos untuk membeli materai dan meminta cap per lembar persyaratn,dan juga disuruh Mentransfer uang ke pengadilan negri via bank yg ditunjuk( klo saya Bank BRI.dengan biaya sekitar Rp.241.000).JIKA SUDAH SELESAI Pesyaratan yang sudah dimaterai dan dicap kantor pos,dan bukti transfer bank tinggal diserahkan kebagian Perdata pengadilan dengan biaya administrasi Rp. 100.000.
    3. Pemohon tinggal menunggu Panggilan Sidang ( saya tanggal 23 Juli BULAN Ini Sidang minta doanya semoga lancar,anda juga AMIIN)

    INSYA allah tahap pertahap akan saya infokan lagi dan maaf tulisan saya agak ngaco maklum pelajaran bhs indonesia saya nilainya jelek,semoga semuanya bisa memperbaiki data paspor dengan mu$ah dan lancar,Amiin

  43. Ina berkata:

    Selamat Siang semuanya yang mengalami penderitaan dan pengalaman yang sama. Pada tahun 2007 yang lalu saya bekerja menjadi TKI di Taiwan menggunakan data-data palsu, setelah saya balik ke indonesia ingin memperpanjang passport saya, ternyata di imigrasi di tolak sistem karena memiliki data yang lama di kantor imigrasi yang terdahulu. Sehingga saya disuruh oleh membuat BAP di wasdakim, dll. Karena saya ketakutan akhirnya saya pulang ke rumah. Untuk mencari solusinya dan adakah sanksi-sanksi yang akan di timbulkan oleh kesalahan saya terdahulu. Setelah browsing di mbah google saya menemukan sebuah web tentang sanksi tersebut. Alamat web tsb:
    http://m.hukumonline.com/klinik/detail/lt52830bdd5dfbf/jerat-hukum-bagi-pemberi-identitas-palsu-dalam-paspor
    Akhirnya saya mengurungkan niat saya untuk memperpanjang passport saya dengan data-data asli saya. Saya terus berkonsultasi dengan beberapa teman yang mengalami hal yang sama lalu teman mengenalkan kepada seorang yang pernah mengurus dokumen teman saya. Saya hubungi orang tersebut dan menanyakan bagaimana prosedur dan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Ternyata orang tersebut meminta harga yang masuk akal bagi saya. Lalu saya menyetujui pembuatan passport saya. Proses yang dibutuhkan hanya 2 minggu sekarang saya sudah ada di Singapore lagi. Pak humari mengatakan kalau tidak ada hukuman penjara mungkin memang benar tetapi kalau kita sial dan apes kita bisa masuk penjara. Karena ada hukum dan undang-undangnya. Semoga info ini bermanfaan bagi kalian semua. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Minal Aizin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin

  44. dilahfadilah40 berkata:

    Makasih Mba INA infonya .insaallah tahun depan selesai centrak kerja saya di Singapore .saya berencanya in gin memperbaiki data2 paspor saya mudah mudahan sukses

    • dani berkata:

      Selamat pagi sy mau tanya bgaimana data kita di luar negri apakah benar akan ke hapus otomatis? Sy dulu ke korea menggunakan data saudara sy sy menghabiskan kontrak selama 3thn pulang dng sukarela tdk ada kasus dan tdk ada sidik jari saat sy dikorea dulu skrg sy sdh 5thn di indo ingin kekorea dng data sy yg asli karna sy merasa bersalah menggunakan data org lain, dan skrg sy mau ke korea dng data asli sy apakah sy akan ketahuan dulu pernah mnggunakan data org lain dngan alasan sy tdk punya kasus dulu wktu di korea

    • samsul berkata:

      Mba.. boleh minta no hp nya pak randy. Yg diberikan mba ina…makasih

    • cantik berkata:

      bolehkah di sharing kontaknya mba yang bantu dulu … saya ingin memperbaiki data paspor

  45. dani berkata:

    Adakah yg bisa bantu sy. Sy ingin cabut data tolak sistim sy yg duplicat di jkrt pusat tlg hubungi sy nmr hp 085239****** atau email. Faqihna_noviah@yahoo.co.id

  46. dani berkata:

    Aslmkm..pak muairy jika yg kena blecklist atau deportasi itu yg bermasalah akan sulit masuk lg ke negara tersebut bgimn jika yg tdk kena kasusu/masalah. Tp ingin masuk lagi ke negara tersebut dngn data yg lain..dan apakah di paspor itu ada rumus sidik jari sehingga ketahuan..atau hanya yg pernah di blecklist aja yg ketauan..teromaksih atas jawabannya pak..

  47. Ayu Enerllytha berkata:

    Slmat malam pak humari,
    Aq Ayu Dari Jakarta aq pengen Tanya pak , sayakan sempat bekerja dsingapore di USIA 18thn tp passport saya tempat kelahiran Dan tahun tidak sama ,dibedakan menjadi 5thn
    Nah kebetulan skrg saya sudah tidak bekerja lagi disana sdh sktar 2thn Dan kadang suka liburan k spore .
    Saya pengen Tanya pa sayakan Ada rencana menikah dengan orang Singapore thn 2017 Dan passport saya exp.then 2016
    Kira2 apa saya bisa menggantinya yah pa mnjadi then yg sbnarnya Dan tmpt klhiran saya jg bs do ubah ya pak sesuai dengan ijazah,kk n KTP saya yg asli?
    Dan sblmnya kira2 bakal Ada masalah gal yak pa klw says rubah then n tmpt klhiran saya?
    Trma kasih pak mhn djawab yah

    • Humari berkata:

      Bisa. Soal repot, pasti. Tapi kalau mau aman ya ikuti prosedur yang ada. Di atas dan di komentar, bisa Anda pelajari bagaimana cara memperbaiki data di paspor

    • delis berkata:

      Mba ayu sya ada teman yng bsa urus2 masalah pernikahan b3da negara dan skligus mmperbaiki paspor dr palsu ke aslikrena klo mau married smua harus asli dlu. Silahkan selengkapny email ke delismedelismeta12@gmail.com

    • delis berkata:

      Sory email tadi salah email ke.sini aja ya deliswahyu12@gmail.com

    • ivantri berkata:

      Kk ayu,maaf saya mau tanya
      Kk dulu kerja di sg pakai work permit ya?
      Mhon di bantu ya k,sya jga punya rencna nikah dgn orang sg tapi skrg sya krja d sni pkai wp jdi bnyak yg blang nti gk dibolehin sama MOM.
      1 lgi kk, sya jga punya thun lhir plsu d paspor jdi sya mau tnya apa kk sdah gnti paspornya kk? Trus klau sudah,pas pergi singapur lgi ada mslah di imigrasi gk???
      Maaf bnyak tnya tpi Tlong bnget di jwab ya k,,,sya butuh sekali infonya..terimakasih

      • Ita berkata:

        Kalau pakai permit kerja dan terus mau nikah sm warga spore nnt permit kerjanya d cancel kamu n calon nya harus segera urus surat2 menikah antara 2 negara
        Klu saya memang tidak tukar pasport
        Pasport sy ngga sm dengan ktp,kk n ijasah
        Tp kalau mau nikah dengan org luar harus ikut pasport
        Karna yg di daftarkan pasport

  48. ida berkata:

    Trimkasih info.y pak humari…
    Saya mau tanya pak…data tahun lahir saya di tuakan 5 tahun dlu pas sya brangktt ke sini (hongkong) rencananya sya mau pulang dan proses ke korea tp dengan data asli sya..
    Pertanyyan saya ap bisa sya ubah data saya dengan yg asli..
    Dan kalo sudah d rubah apa tdak akn ada mslh slma prjln.n ke korea

    • Humari berkata:

      Bisa diubah. Ikuti saja prosedur yang saya tulis di atas juga baca komentar yang ditulis oleh berbagai pihak sebagai pertimbangan buat Anda. Kalau sudah benar bisa kok melamar kerja ke Korea

  49. Vee kyuseo berkata:

    Assalamualaikum… saya mau tanya pak…
    tahun lahir sya dipaspor dan akte,kk,ktp,ijasah beda. Klo paspor sya mau dirubah menyesuaikan akte,kk,ktp,ijasah bisa gak pak ? Dan kira2 biayanya berapa ? Terimakasih.

  50. sodikin berkata:

    Alhamdulillah seperti janji saya saya akan membagikan informasi yang saya alami tahap pertahap dan maaf menunggu lama.
    1. Pada tanggal 23 juli saya menghadiri sidang dengan membawa berkas-berkas persyaratan permohonan Yang asli.
    2. Dan tidak lupa membawa 2 Saksi ( saya sarankan saksi tersebut yang tahu anda dilahirkan) lampirkan juga Ktp asli dan foto copy Ktp saksi
    3.Saya disuruh datang kebagian PP ( Panitera pengganti ) untuk mempersiapkan acara sidang dan juga mendata para saksi.
    4.Ketika sidang dimulai “Isi dari persidangan,pertanyaan seputar permohonan yang diajukan,pengecekan persyaratan pemohonan oengajuan dengan persyararan permohonan pengajuan Asli,Setelah itu pertanyaan kepada saksi dan Alhamdulillah,finally Sidang dan Permohonan saya dikabulkan dan tidak ada masalah apa2.
    5.Setelah sidang beres saya disuruh untuk menunggu SURAT PENETAPAN PENGADILAN selama kurang lebih 1 mingguan dan melunasi administrasi yang belum dilunasi Tapi Alhamdulillah biaya pendaftaran pertama masih ada sisa jadi tidak.ada biaya administrasi pengambilan Photo copy surat pernyataan.

    Dan Maaf untuk keimigrasi sampai saat ini saya belum kesana,dikarnakan saya ingin proses langsung ditempat pembuatan paspor pertama.biar lebih cepat kata imigrasi bandung mah.

    Trimakasih.
    sukses untuk kita semua.

  51. Andhi berkata:

    Permisi pak.. maaf saya mau tanya,
    3hr yang lalu Paspor saya sudah jadi.. tp namanya ada yg kurang.. Yg seharusnya ANDHI disitu tertulis ADHI.. dan saya adalh CTKI KOREA.. Tp di hlmn pngesahan lmbar berikutnya ditulis nama saya yg sbnrnya.. Nah kata tmn2 klo nama paspor saya salah mski sdh ada pembenarannya tp ttep akan dicap bermasalah..
    Yg ingin saya tanyakan.. Apakah Nama Paspor saya d lmbar ke 2 bisa diganti dg nama saya yg benar? Yaitu ANDHI bukan ADHI?
    Trimksih pak

    • Humari berkata:

      Bisa kok. Sering kejadian semacam ini.

      • susan berkata:

        Kepada yg terhormat bapak Humari trimakasih banyak atas infonya yg sangat berguna dan penting buat kami dan sudah sejak be berapa bulan lalu saya cari alkhamdulillahhh bapak sangat membantu kita semoga bapak dan keluarga selalu bahagia,sehat dan lancar rizkynya amien,,,taun depan saya berniat memperbarui passport karena taun lair palsu sedangkan saya masih di pean taun semoga teman2 yg seperti saya passport nya dimudahkan pembuatanya amien,,,,,

      • Humari berkata:

        Terima kasih atas apresiasinya. Sukses buat Anda. Amien

  52. andira berkata:

    yth pak Humari saya mmpunyai kasus yg sama dengan embak santi.kalaw saya mengikuti langka-langka yg bpk kasi apakah nantinya tidak akan kenak tendang di malaysia karna ad 2 nama yg berbeda dengan paspor yg sama? di sna kan sudah di buat biometric?
    terima kasih pak

  53. Desi afriyeni berkata:

    Misi pak saya mau tya Desember 2014 saya pergi magang ke malaysia tpatnya dipulau langkawi, saya brgkat dari pdng ke KL abis tu ke langkawi. Nah pas mau blek ke pdang kita dikash tau kalu visanya palsu dan hotel tmpat sya magang urus ke imigrasi shgga akhirnya saya bisa kembali kepadang dgn cara saya fly ke singapore abis tu kebatam dr batam bru kepadang. Dan maslah nya cara memperbaiki paspor saya gmna ya soalnya ada tman sya yg brgkat ke malay ditolak sma sama bdara sana dan diblikin kepdang. Oh ya visa saya hbis tgal 12 juni tp sya keluar dr malay nya 16 juni pas dtyaan sma imigrasi pdg katanya gak mslah slagi sya gak kerja lewat 4hri gpp. Tp kok kawan saya gak bisa lolos ya dibdadara sana

    • Humari berkata:

      Yang salah bukan paspor Anda. Tapi visanya. Kalau visa dari Malaysia keluar ya Anda bisa masuk ke sana. Kalau tak bisa masuk lagi, pengajuan visa kerja Anda tidak akan diterima pemerintah Malaysia. Teman Anda masuk tanpa visa mungkin.

  54. HASBI berkata:

    Assalamualaikum Pak Humairi. Saya mau tanya. Waktu saya bikin paspor, saya pakai e-KTP Jakarta. Sedangkan e-KTP Jakarta itu saya buat dengan cara menyerahkan KTP lama asli, tapi tidak pakai surat pindah. NAh, saat terima KTP Jakarta, KTP lama ternyata masih berlaku. Karena masih berlaku, saat saya mau menikah, saya pakai saja KTP lama, dengan alasan biar gampang ngurus surat nikah (satu provinsi dengan istri di Jawa Timur). Lalu, saat saya punya anak, saya juga urus KK baru dan surat pindah dari Jombang (KTP lama, aktif, asli) ke Kediri. dan berhasil. NIK di KTP masih sama persis dengan yang ada di KTP asal/JOmbang. Perlu diketahui, bahwa semua data diri saya di KTP adalah asli semua, tidak ada yan rekayasa. Hanya saja, NIK nya saja yang beda, dan kedua KTP saya masih aktif. Saat saya mau buat paspor karena sangat mendesak, saya pakai KTP dan KK Jakarta (tidak ada nama anak dan istri). Nah, sekarang ini saya ingin buatkan paspor untuk anak dan istri. Otomatis, mereka harus pakai KTP dan KK yang di Kediri dan untuk paspor anak, pasti harus ada paspor, KTP dan KK saya. sementara di KTP dan KK yang saya pakai buat paspor, tidak ada nama mereka dan alamatnya beda. Nah, gimana solusinya agar anak dan istri saya bisa tetap bikin paspor tanpa keganjal masalah saya? Apakah saya harus mengubah data paspor saya dengan KTP dan KK Kediri? bagaimana prosedurnya? Terimakasih sebelumnya.

  55. lili berkata:

    selamat siang bpk humari yth,
    maaf pak sya mw tnya,sya skrg bkerja di HK dan kontrak hbis thun 2017 nnti.
    dan sya brencana renew lagi sblm cuti ke indonesia.
    tp paspor sya dlu d tuakan 4 thun pak dan sya brencna mmbenahinya dgn data asli kalau cuti nanti,

    yg ingin sya tnyakan kalau saya kembali ke HK lg apakah saya masih bisa bekerja dan kira2 brmsalah tdk pak dgn HK ID saya,?
    karena di situ identitas saya sama seperti paspor saya yg di tuakan 4 tahun itu.
    apa yg harus saya lakukan agar ID saya sama seperti identitas saya yg asli.

    mohon solusinya pak.trimakasih.

    • Humari berkata:

      Kalau mau kembali lagi ya kalau ada apa-apa bakal bermasalah di HK. Karena bakal terjadi perbedaan data di HK. Meski di Indonesia sudah kelar. Tapi ini soal administrasi kok. Bukan pidana. Jadi takkan sampai penjara. Apa konsekwensinya, Anda lebih baik tanya ke teman-teman LSM yang lebih paham hukum dan birokrasi di HK

  56. pitria berkata:

    siang pak humairi,,saya mau tanya tentang bagaimana cara memperbaiki passport yg sudah terlanjur di buat padahal datanya tidak sama,,,sebenarnya cuma tahun lahir saja yang beda di passport dan semua dokument tetp sama dengan identitas asli,,,apakah saya harus merubahnya ke kantor imigrasi tempat pengeluarnnya dulu atau ckup di kantor imigrasi setempat

    terima kasih

  57. pitria berkata:

    terima kasih atas infonya,,,,passport saya habis tahun 2017,,dan akn di prpanjang di negara tempat saya bekerja saat ini,,,lalu setelah saya memutuskan untuk pulang dan merubah passport saya sedangkan passport saya masih berlaku, apa btetap bisa di rubah,,,

    • delis berkata:

      Bisa.. namun apabila telah diubah mnjadi data asli untuk dipergunakan kmbli bkerja di ngra tsb nntiny bermasalh apa tidak tergantung aturan disana. Sbaikny cari tau dulu.. ada yang bilang untuk mmperkuat ubah data kita bisa perlihatkan putusan pengadilan yang sudah diterjemah resmi sesuai bahasa negara tempat anda bekerja

  58. mamad berkata:

    mf bu.dulu saya bikon pasport pake biodata adik saya,trs adik saya bikin paspor pake data saya.maslahnya skrg saya mau bikin paspor pake data saya yg asli bisa ga? mkasih

  59. Miela berkata:

    Selamat pagi pak humari, terima kasih atas infonya.
    Pak saya mau tanya, pasport lama saya tahun lahirnya 4th lebih tua dari asli & dulu saya memperpanjang masa berlaku di taipei taiwan, karena saya akan menikah dengan orang taiwan, jadi saya ingin merubah tahun lahir dipassport dengan tahun lahir asli.
    Dimana saya bisa merubah datanya? Di jakarta atau bisa dilakukan di taipei?

    Terima kasih atas jawabannya pak

  60. didinfahrudin2 berkata:

    Assalamualaikum bapa.
    Saya ada persoalan mengganjal. Beberapa tahun yang lalu identitas saya pernah digunakan saudara saya untuk membuat paspor dan persyaratan lainnya untuk kunjungan dan bekerja di australia. Bahkan sampai memakai ijazah s1 saya. Sekarang dia mau mengajukan permanent residen di australi dengan menggunakan identitas saya tersebut, sehingga meminta saya memberikan berbagai data administrasi seperti fc kartu mahasiswa, surat kelakuan baik dan lain2. Utk sementara tidak saya berikan karena saya takut ada akibat hukum negatif buat saya. Pertanyaan saya, apakah bisa saya membuat paspor dengan nama saya lagi? Mohon pendapat bapa Humari, apa yang harus saya lakukan? Sebelumnya saya haturkan terima kasih.

  61. didinfahrudin2 berkata:

    Bapak Humari yang terhormat,
    Identitas (ktp dan ijazah) saya pernah digunakan orang lain untuk membuat paspor ke australia, apakah akan ketahuan kalau saya membuat paspot untuk umroh atau haji? Atau bagaimana pa? Terima kasih sebelumnya pa, saya sangat mengharap jawaban bapak.

    • Humari berkata:

      Kok bisa. Ya bakal ketahuan di imigrasi kita. Jika paspor itu dibuat setelah tahun 2006.

      • TINTON berkata:

        Pak saya akan menuruti petunjuk artikel diatas
        Saya sdh ke Kanim malang
        Dan salah satu staf disana bilang ” percuma kalo sdah dapat penetapan PN proses data base di jakarta masih lama keluarnya” gak jaminan juga dapat paspor dengan tahun kelahiran baru.
        Saya memang sengaja dlu menuakan umur saya untuk buat paspor, tanpa lewat calo / agen.
        Paspor saya masih berlaku 4 tahun ke depan. Tapi sy ingin merubah cepat2 dan melihat data di paspor baru saya tertulis tahun kelahiran yang sebenarnya?

        Apakah nanti secara fisik di tulisan paspor baru akan berubah pak identitas tahun kelahiran saya dari 1990 ke asli 1995 ?
        Apakah tetap pake tahun lahir yang lama di paspor baru ?

      • Humari berkata:

        Soal itu imigrasi yang tahu dan punya wewenang. Saya hanya menyampaikan info saja.

      • delis berkata:

        Wasdakim rata2 bilang bgtu pak.. pnetapan PN hanya alat saja blum tentu dikabulkan prmhonanny krna hrus ada surat jawaban atau surat pengabulan dri knwil kemenkumham setempat, kalo bapa ingin urusnya cepat bisa email sya pak.. kbtulan sya pernah urus sendri dan sudah jdi paspor sya dengan tahun kelahiran yang asli.. Alhmdulilh sudah bsa jalan2 ke luar ngeri bukan sbg tki lgi tp sbg turis.. silahkan pak kalo mau sharing deliswahyu12@gmail.com atau whts up 08528*******

        ******* No hp tidak boleh disharing di sini

  62. TINTON berkata:

    Pak humairi terhormat
    Apakah pihak wasdakim nanti akan mencari berkas data saya yg digunakan waktu pengajuan paspor dlu ?
    Langkah apa yang sebaiknya saya ceritakan? Sebetulnya saya bukan TKI. Saya pemegang paspor biasa sbg turis kala itu. Saya menuakan tahun klahiran karena saya dijanjikan oleh kerabat disana dicarikan pekerjaan yg mengharuskan umur harus cukup

    Bagaimana solusinya pak?
    Teruma kasih

  63. SODIKIN berkata:

    Assalamu’alaikum Untuk Semuanya,
    Setelah saya beres mengurus surat PENETAPAN PENGADILAN, pada tanggal 24 Agustus 2015 saya Pergi keimigrasi Bandung Bagian Wasdakim dengan membawa Semua persyaratan baik Photocopy dan ASLI diantaranya :
    1. KTP ( Untuk Fc/Photocopy KTP diharapkan jangan dipotong,biarkan 1 lembar diisi dengan 1 KTP depan belakang)
    2. Surat Penetapan Pengadilan
    3. Ijazah
    4. Kartu Keluarga ( Jangan lupa ditanda tangani oleh Kepala Keluarga)
    5. Akta Lahir
    6. Surat Rekom untuk calon :
    • TKI ( Rekom didapat dari disnaker dengan persyaratan surat dari PJTKI pak Humari mungkin lebih tau,bisa ditanyakan)
    • UMROH,Haji Atau Turis ( Surat Rekom bisa didapat dari Agent TRAVEL)
    • Pelajar
     Keterangan :
    Persyaratan Rekom bisa menyusul pada Jadwal BAP dimulai ( Menurut pihak wasdakim Imigrasi Bandung,banyak yang di tolak oleh KANWIL karna tidak adanya surat REKOM ini) Tapi semua terserah pada anda.
    Setelah diserahkan saya diberi jadwal BAP yang sangat Lama yaitu pada tanggal 05 OKTOBER 2015 hingga membuat saya stress sendiri karna deadline( Batas waktu) yang diberikan oleh calon sponsor saya disaudi Arabia hingga membuat saya tidak sabaran dan stress.
    Dann akhirnya saya menggunakan jasa Calo yang di sarankan oleh PIHAK PT yang saya percayai.yang membuat saya Percaya karna menurut Pihak PT Calo ini adalah Calo spesial, dalam perjanjian 10 hari bisa beres asalkan ada DP .saya bayar DP -+ setengah dari permbayaran Paspor ( dengan uang dari hasil pinjaman) pada hari penyerahan UANG saya bilang “ JIKA tidak bisa besok kabarin saya agar dicancle tapi ternyata,mau dicoba dulu katanya alhasil dalam 10 hari Sicalo dengan santainya Bilang “Untuk penggantian data paspor tidak bisa cepat prosesnya akan lama kecuali mengajukan paspor dengan data lama, dan dengan otomatis saya bilang cancle saja Dpnya kembalikan tapi ketika mendengar ada potongan yang hampir 35 % saya berpikir lama untuk membatalkannya,hingga akhirnya membuat keputusan.
    “ok lah klo begitu karna biar saya tidak ada perbedaan data di imigrasi saudi saya setuju dengan membuat data paspor yang lama”TAPI si Calo bilang data yang kemarin sudah diajukan jadi dp sudah diserahkan,untuk mengajukan kembali harus membayar full jika tidak bayar akan semakin lama prosesnya,jika saya bayar full 3 HARI LANGSUNG FOTO,alhasil selama satu bulan setelah penyerahan uang secara Cash ini Calo terus memberi harapan Palsu,nanti hari senin,setelah senin hari kamis,dari hari kamis nanti senin lagi,setelah terus menerus membuat PHP dan tak terasa jadwal BAP pun dimulai HARAPAN SAYA BEKERJA Dengan dibiayai SPONSOR pun hilang juga.saya membatalkan perjanjian dengan calo seminggu sebelum BAP,penyerahan uang pembatalan selama 3 hari kerja dan jatuh pada hari jumat,jumat gagal dijanjikan hari senin DAN Pada hari senin kebetulan jadwal BAP saya juga ,saya mendatangi langsung dan dengan polosnya si Calo bilang”nanti jam 5 karna yang memegang uangnya sakit,saya akan kerumahnya”dan pada jam 5 karna yg mengambil uang bukan saya tapi saudara saya, dia beralasan lain lain ke saudara saya hingga akhirnya dia sering menonaktifkan hpnya dan pada besok harinya bisa saya hubungi dengan janjian pada jam 5 lagi,pada saat itu saya baru mendapatkan 36 %an uang DARI UANG yang saya bayarkan.dan besok hari kamis tanggal 08 dia berjani akan membayar Full sudah dipotong administrasi.

    Dari cerita diatas saya ingin memberi tahukan untuk semua yang memiliki permasalahan dengan paspor HATI HATI Menggunakan JASA PASPOR ATAU CALO PASPOR,Mulutnya sangat maniss paling bisa melihat kelemahan kitaa dari segi MENGELUH DAN KETIKA KITA SUDAH INGIN MENYERAH, bukan menyombongkan diri saya TAPI saya adalah orang yang terlalu cermat dalam masalah Ini apalagi SOAL Kepercayaan TAPI ternyata TETAP SAJA BISA di PHP Sama Calo.maka dari itu WASPADALAH.

    JANGAN MUDAH PERCAYA KEPADA SIAPAPUN BAIK KEPADA SAYA,WASDAKIM ATAU SIAPAPUN,hati hati.”Walaupun kita adalah PELAKU dalam ketidak tahuan UU Imigrasi,kita harus terima dengan sabar dalam memperjuangkan perbaikan data,BERTANYALAH SAMA ORANG yang kalian percaya dan Paham dan jangan bertanya pada Calo,bisa bisa anda jadi santapannya.
    Jika pun memilih Jasa PASPOR pilihlah dengan JELI jangan seperti saya sudah JELI tetap saja menjadi korban PHP.

    • momo berkata:

      maaf pak numpang tanya. kalo dulu paspor saya di tuain 5tahun dan saya ubah kdata aslinya.. dan bisa di rubah. nah disitu dulu saaya jdi tki taiwan dgn paspor data salah. setlah bisa dirubah apkah sya bisa ketaiwan lagi dgn visa turis ato visa izin tggal. niat sih mau krja tapi gk mau lewat egency taiwan.
      Kalo boleh tau cara kerja di taiwan tnpa egency gmna pak..

      • Humari berkata:

        Biasanya bakal bermasalah bila data berbeda. Kabar buruk lainnya, Taiwan tak mau menerima pekeja asing tanpa agensi. Itu bukan sekedar aturan tapi memang sudah budaya negara sana🙂

  64. abdul aziz berkata:

    maaf pak numpang tanya, kami ingin tau cara untuk mencari nomor paspor

  65. Lena berkata:

    Data saya 17 thn yg lalu pernah dipinjam org lain utk buat pasport Australia ,dan sekarang org iTu sdh menjadi warga negara Australia ,bisa kah sekarang saya buat pasport dgn foto dan sedik jari saya sendiri padahal data saya sdh pernah digunakan org lain utk buat pasport dgn wajah dan sidik jari org iTu ,apakah saya bisa masuk penjara krn pernah meminjamkan data data saya ke org iTu?terima kasih pak atas Jwb buat solution saya

    • Humari berkata:

      Kalau Australia zaman itu sudah pakai sistem online, ya gak bisa lagi. Sama dengan e-ktp kita yang berlaku seumur hidup. Kalau sistem pendataannya masih manual, mungkin bisa.

      Soal semacam ini bisa saja sampai ke penjara. Hanya itu buat kasus-kasus tertentu. Kalau Anda bukan politisi gak usah khawatir

  66. Lena berkata:

    Maksud saya saya mau buat pasport indonesia utk ke tempat lain bukan ke Australia tapi data saya pernah dipakai org iTu ke Australia 17 thn yg lalu dan diperpanjang tiap 5 thn di konjen indonesia sampai thn kemarin terus dia sdh jadi warga negara Australia ,pertanyaan saya masih bisa kah saya buat pasport indonesia mesti pun data saya sdh pernah dipakai org iTu?

    • Humari berkata:

      KTPnya Anda zaman itu kan sudah tidak sama dengan yang sekarang. Demikian juga KK. Sebab kalau zaman itu belum online. Setahu saya bisa. Soal kesamaan nama biasa. Coba saja.

  67. Joice berkata:

    Data data saya thn 2000 sebelum Ada sidik mata dan sidik jari pakai computer pernah dipakai org lain utk ke Canada dan selalu diperpanjang tiap kali expired ,tapi sejak thn 2010 org yg meminjam data saya sdh menjadi penduduk Canada. Apakah sekarang saya bisa membuat pasport Indonesia utk ke Singapore berlibur mesti pun data saya Dulu sdh pernah digunakan org lain utk buat pasport indonesia juga ? Apakah saya bisa di hukum pidana karena pernah meminjam kan data data saya ke org lain utk buat pasport?

    • Humari berkata:

      Kalau tahun 2000 setahu saya belum terlacak. Data paspor baru disatukan dengan sistem online tahun 2006. Kalau diperbaharui setiap kali expired tentu saja sidik jarinya bukan punya Anda. Kalau soal hukum, maaf, saya tidak tahu jawabannya. Silakan konsultasi dengan yang ahli

  68. ummu berkata:

    Assalamualaikum pak humari?
    Masalah sy,
    Sy mau buat paspor baru tpi sy ada paspor lama dan itu pun gak sama dengan tahun lahir sy,bedanya taun saja klu tanggal dan bulan sama dengan KK,KTP,AKTE LAHIR,AKTE NIKAH,
    Skrg sy sudah menikah dengan orang malaysia
    Terus terang pak sy sudah datang ke imigrasi pemalang dan bawa semua perlengkapan nya dan paspor lama sy juga sudah sy serahkn kpd mereka.
    Sy sudah di BAP tpi kok suratnya ga di bgi ke saya ya pak?katanya suruh nunggu di tlp pegawai imigrasi minta no hp sy,tpi smp sekrg ga ada kabar pak?terakhir sy di BAP 21-9-2015
    Mohon minta pendapat bapak terima kasih pak

  69. yayan berkata:

    yth bpk humari…
    saya mau tanya pak sekitar tahun 2009 saya membuat paspor dengan umur di tuain sekitar 5thn dengan umur asli saya.saya brngkt keluar negri sbg tki di korea.slama 3thn kontrak dan sdh balik lgi ke indo slama di indo saya tidk prnh brngkt lgi keluar negri sampai masa berlaku pasport saya sudah habis.
    sdngkan sekarang saya ada ke inginan utk brngkt lgi.
    yang saya mau tanyakan apakah saya bisa membuat paspor baru dengan data asli saya?
    terima kasih atas info & bantuanya pak.

    • Humari berkata:

      Bisa. Ikuti petunjuk di atas. Juga baca komentar yang berjibun soal semacam ini di blog ini.

      • yayan berkata:

        Terima kasih atas infonya.
        Pak kemarin saya ke kantor imigrasi dan pas di bagian informasi saya jelaskan semuahnya tentang masalah paspor saya.kata bagian informasi untuk bisa merubah data paspor itu harus ada surat rekom dari pt dan surat rekom dari disnakertrans.
        Yang jadi kesulitan bagi saya itu meminta surat rekom dari pt.di karenakan saya membuat paspor baru itu belum masuk ke pt.
        Menurut bpk saya harus bagaimana pak?

      • Humari berkata:

        Sebenarnya ya gak perlu rekomendasi dari PJTKI/PPTKIS. Lha wong itu dokumen pribadi kok. Kalau paspor itu bisa digunakan ya gak usah diubah lagi.

  70. Mei ling berkata:

    Mau nanya nih kalau mau tau no paspor tki malaysia th 2012 gimana ya ..

  71. suci berkata:

    Halo bapak humari, saya mengalami hal yg sama. Paspor satu tahun lebih tua daripada data yg benar. Saya sudah mencoba untuk memperbaiki tapi ditolak oleh pihak imigrasi karena paspor tsb sudah saya gunakan. Ini memang kesalahan saya karena saya sudah menyetujui pembuatan paspor tsb. Tapi karena saya belum cukup umur dan kepepet butuh pekerjaan. Sudah 2 kantor imigrasi yg saya datangi. Kalau seperti ini, pihak imigrasi bilang paspor saya tidak bisa digunakan sampai kapanpun. Mohon sarannya

    Suci, cilacap

  72. Erica berkata:

    Hallo pak Humari…
    Saya mau Tanya dulu saya pernah bekerja di Hong Kong tp dengan paspor lama saya yang umur nya di tuakan,sekarang saya sudah punya paspor baru dengan umur asli sesuai ktp,kk,akte lhr saya,
    Saya punya rencana untuk liburan ke Hong Kong dengan paspor saya yang baru,pertanyaan saya bermasalahkah saya nanti pasdi kedatangan imigrasi Hk? Karena secara saya pernah kerja di Hk , saya sudah menggunakan paspor baru (asli saya ke eropa dan Singapore untuk liburan)
    Mohon jawabannya, terima kasih

    • Humari berkata:

      Wah, maaf, untuk kasus semacam ini saya tak tahu pasti. Kalau ada pembaca yang punya pengalaman serupa, silakan berbagi.

    • delis berkata:

      Mb erica dlu bnerin papsor ny pke penetapa pngadilan ga? Kalo mau masuk lg k ngara yang dlu pernah kita singgahi pke paspor data pslu.. bsa ditunjukan surat ptusap pn yang sdh di trnslate bahsa setempt pake penerjmh tersumpah. Untuk prosedurny bagaimana tergantung ngranya krna tiap ngra punya aturan masing2. Stidaknya kita pegang bukti dasar perubahan dtaa kita dahulu sbg penguat. Smga bermanfaat infonya

  73. Dewi hildawati berkata:

    Assalamuallaikum wr.
    Mohon kasih solusi pak.
    Umur saya di passport tua 6th pak.
    Itu karena syarat masuk singapore minimal umur 23th,sementara waktu itu umur saya skitar 17th.
    Kalo nama,alamat,dan tanggal lahir semua asli,cuma tahun kelahiran’y za yg beda.
    Ditambah lagi tanda tangan di passport saya lain dengan tanda tangan di ijazah sekolah saya pak.
    Itu karena pas bikin ktp tanda tangan’y di tanda tangani oleh sponsor asal2an za.
    Kira2 proses’y bagaimana y pak?
    Apa nanti kalo saya remak passport dgn data asli tanda tangan’y harus ikut tanda tangan di ijazah pak?
    Kira2 di imigrasi manakah saya bisa proses tuk remak passport dgn data asli nanti pak?
    Mohon jawaban’y pak.
    Terima kasih.

    • Humari berkata:

      Datang ke imigrasi terdekat. Mereka akan beri petunjuk kemana Anda harus pergi. Yang jelas Anda akan melalui proses pengadilan karena ini menyangkut perubahan data yang mendasar. Tak usah takut, takkan sampai dipenjara kok. Ini cuma masalah administri.

    • delis berkata:

      Mba dewi bsa share sma sya.. sya sdh melwato bbrpa proses perbaikan pspor sya juga sdh ada blog bagi tmn2 yang butuh info ttng prosedurnya silahkan mampir http://pasportki.blogspot.co.id/2015/09/merubah-paspor-data-palsu-tki-menjadi.html?m=1

      atau email aku deliswahyu12@gmail.com

      • iyan berkata:

        Pak Humari saya maw tanya.. saya pernah buat paspor th 2007.. u prg ke malaysia kegiatan pramukan n sekalian berkunjung ke singapura.. wktu itu sy masih kls 2 smp.. tp skrg paspor saya itu hilang.. saya mau membuat baru tp ditolak sistem.. .. yg menjadi permaslahan-y.. dulu saya terdesak u membuat paspor karena akan segera beragkat.. sehingga alamat sy disesuaikan dg alamat wilayah kantor imigrasi yaitu kota padang.. dan u nama orang tua.. saya dipindahkan jadi anak angkat di kota padang jg.. itu semua diuruskan n saya dulu tidak mengerti sama sekali.. n skg alamat ktp saya n berkas brkas yg lainnya sudah pasaman barat.. skrg saya sudah buat surat ktergan hilang dr kepolisian.. yg ingin sy tyakan.. prosedur apa yg akan saya tempuh?? apakah saya akan ikut pengadilan juga??

      • Humari berkata:

        Kalau paspor Anda yang hilang dibuat setelah tahun 2006, ya. Anda lapor dulu ke polisi minta surat kehilangan lalu ke imigrasi. Ikuti petunjuk mereka.

    • delis berkata:

      Mba klo blum kelar urusanny bsa shre sma sya mb kbtulan sya sdh berhasil benrin pspr tki sya email sja deliswahyu12@gmail.com

  74. Netty herawaty berkata:

    Selamat sore pak humari saya mau bertanya dan sekalian minta solusi nama di passport saya berbeda dengan data di KTP,KK,dan ijazah mereka tambahin 2 suku kata lagi nama dari orang tua akibat’a kemaren pengajuan visa saya ke korea di tolak ,tolong bantuan’a kiat apa yang bisa saya lakukan untuk merubah data di passport sesuai dengan Ktp,KK,ijazah

    • Humari berkata:

      Anda datang ke imigrasi ajukan komplain. Kok bisa nama di paspor beda dengan KTP, KK dan Akte. Paspor Anda sebelumnya untuk ke negara Arab? Kalau ya jelaskan ke kedutaan Korea, penambahan nama berdasarkan KK.

      • naveen berkata:

        Slmt malam bapak humari.. numpang nanya pak. saya punya masalah, saya bikin paspor thn 2005 dan datanya semua palsu karna agen yg bikin dan saya wkt itu gak tau apa2. trus sampai skrg paspor itu masih saya pakai, diperpanjang tiap 5 thn di kbri. dan skrg saya ingin bikin paspor sesua identitas asli saya. pertanyaan saya pak, gimana menurut bpk, apakah ketahuan di imigrasi kalau misalnya saya gak ngasih tau paspor saya yg lama? dan apakah paspor lama itu tetap bisa saya pakai bekerja?
        maksud saya mau bikin paspor baru untuk traveling ke australia dan saya gak mau make paspor lama yg identitasnya palsu itu untuk jalan2.
        pencerahan dari bpk sangat saya harapkan. sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih pak..

      • Humari berkata:

        Bisa kok diperbaiki. Berbelit dan memakan waktu memang karena imigrasi dan pengadilan kita cukup gerah dengan kasus semacam ini. Tapi bisa. Karena paspor sudah diperbaharui, data yang lama pasti ada di sistem online Imigrasi kita. Jadi percuma bohong. Lebih baik terus terang dan ajukan syarat-syarat yang asli dan valid; KTP, KK, Akte Lahir/Ijazah.

  75. mohdizwanbinali berkata:

    Assalammualaikum pak humari
    dlu umur saya tax cukup 18 tahun jadi ejen saya tuakan 1 tahun.. dan sekarg saya ada di Malaysia sbg TKI Dan paspor saya masih pakai data lama…
    bagaimana nak ubah data passport dgn data asli…
    sebab saya nak khawin gan org malaysia.. tolong bantuan pak..

  76. shanty berkata:

    Maaf pak ada yang mo sy tanyakan,,dl sy wktu ke singapaure umur sy di tuakan 2 thn.terus paspor it sy gunakan untuk bkrja di hongkong jg. sy saat ini sdh plng dan mengajukan paspor agar tahun y sesuai dgn thn kelahiran sy.sy mengajukan permohonan perubahan paspor ke imigrasi dan sdh brtmu dgn bagian BAP jg.tp dia tlpn sy dan menyuruh sy untuk mengeluarkan biyaya sbsr 3 jt kty untuk biyaya memproses dia blng dlm jangka seminggu uang it akan di kembalikan lg…yg sy ty kan apa hrs mengeluarkan uang 3 jt utk memeproses perubahan di paspor sy? Lalu knp dia hrs lwt tlpn tdk wktu ketmu di imigrasi aj.ap sy mo di tipu? Terus hrs brp lm sy menunggu smpi sy mendapatkan paspor br?

    • Humari berkata:

      Tandanya orang imigrasinya ya bertindak sebagai calo dan dia malu mengatakannya saat berhadapan langsung dengan Anda di kantornya. Sekarang terserah Anda. Mau ikut prosedur dia (dengan membayar tiga juta) atau menunggu proses sesuai prosedur. Soal berapa lama? Silakan tanya langsung dengan dia. Berapa lama kalau bayar berapa lama kalau tidak bayar 3 juta.

  77. Assalamualaikum Bpk/Ibu
    saya EVI DWI PURNAMA SARI , saya ingin bertanya mengenai pasport saya
    saya pernah punya pasport pada tahun 2012 lalu saya pergi ke malaysia dengan catatan merah di pasport saya karena masa lawatan saya lewat dan pada akhirnya pasport tersebut tidak dapat digunakan lagi…. lalu pada tahun 2013 saya membuat pasport baru ,, dan belum sempat saya gunakan .. tapi pasport itu hilang
    dan pada tahun 2015 saya membuat pasport baru dengan alasan pasport saya hilang dan saya ingin kembali ke malaysia … tapi ter ulang kembali masa lawatan saya lewat di negara tersebut
    dan pada akhirnya pasport saya di tahan dan tidak di kembalikan … sepulang saya di indonesia
    ternyata pasport yang saya buat di tahun 2013 itu ketemu di umpukan buku adik2 saya….

    Pertanyaannya apakah pasport saya yang 2013 itu masih berlaku untuk di gunakan ???
    dan jika TIDAK
    apakah saya masih di perbolehkan untuk memiliki pasprt lagi …
    KARENA DULU PASPORT SAYA YANG LAMA DATA DATANYA DI PALSUKAN OLEH AGEN …
    DAN AP[AKAH SAYA MASIH BISA MEMBUAT PASPOR YANG BARU DENGAN DATA SY YANG ASLI SAYA SEBENARNYA MASIH UMUR 20 TAHUN
    tapi di paspor yang lama umur saya 27

    dan BERAPA BANYAK UANG YANG SAYA HARUS KELUARKAN ???

    • Humari berkata:

      Ah, Anda gemar menyalahkan orang. Pakai alasan agen memalsukan, padahal data itu jelas-jelas Anda sendiri yang berkali-kali menggunakan dengan kelalaian yang sangat luar biasa (hilang, melawati izin masa tinggal di sana tak cuma sekali). Coba bersikap jujur minimal untuk diri Anda sendiri. Bukan buat orang lain.

      Untuk paspor Anda yang dikeluarkan tahun 2013 ya tidak bisa digunakan lagi. Bakal ketahuan imigrasi dan bisa-bisa Anda bermasalah dengan polisi. Dan kalau mau perbaiki ya datangi imigrasi terdekat dan ikuti prosedur mereka.

      Anda tanya lagi soal biaya? Ada apa? Mau lewat calo lagi? Terus nanti salahkan calo kalau ada datang yang ngawur sementara paspornya Anda gunakan berkali-kali, Anda dengan gampang menyalahkan calo, agen dan berkata pada dunia bahwa Anda bersih? Kalau menggunakan jasa calo pasti mahal. Berapa? Ya tanya langsung ke calo. Tak ada tarif tetap untuk jasa semacam ini. Jasa pembuatan paspor bukan seperti jasa taksi Blue Bird atau Gojek. Berat ringannya kasus sangat mempengaruhi biaya. Dan kasus kelalaian Anda (jangan sekali-kali menyalahkan manusia lain untuk kebodohan semacam ini) cukup bikin geleng-geleng kepala.

      Dan kalau mengitu prosedur imigrasi, pasti akan rumit. Melewati pengadilan dll. Itupun belum tentu dikabulkan kalaupun iya bakal lama dan bertele-tele.

  78. slamet susanto berkata:

    Yang terhormat bapak humari
    Tahun 2008 sy pernah bikin pasport di entikong kalbar dg nama dan data orang lain.tahun 2014 sya datang ke imigrasi tanjung priok dg niat memperbaiki data dg nama asli.tp gagal dan saya tidak melanjutkan prosesnya krena takut dipenjara.sedangkan pasport trsebut sy tinggal di malaysia karena kabur.
    Mnurut bapk apa bisa melanjutkan proses nya.
    Makasih

    • Humari berkata:

      Silakan langsung ke imigrasi dan ceritakan masalah Anda. Ini cukup pelik. Dan akan memakan banyak waktu dan uang untuk membuat paspor dengan data asli

  79. bill berkata:

    As’alaikum pak..
    numpang nanya pak. kalau paspor keluaran thn 2005 tersimpan gak ya datanya di imigrasi?
    Trima kasih pak..

  80. bill berkata:

    Slmt sore pak humari..
    mo nanya pak, klo paspor keluaran sebelum 2006 belum biometric ya.
    pertanyaan saya pak, paspor yg diperpanjang di kbri apa paspor itu termasuk jadi biometric ya?
    secara saya gak pernah sidik jari, klo perpanjangnya di kbri itu cuma di mintain paspoto 2 lembar.
    trimakasih sebelumnya pak..
    suxes selalu buat bapak.

  81. Neni setiati berkata:

    assalamualaikum pak,,dulu saya pertama kerja d singapore .dengsn paspor tahun lahir d tuakan.lalu pindah bekerja di hongkong dengan data mengikuti paspor itu,,apa bisa di perbaiki data paspor saya sesuai ijazah asli, sementara saya masih bekerja di hongkong,.tahun 2009 saya membuat kto,blm elektrik.. sudah 6 tahun d hongkong dan sampai hari ini blm punya ktp indonesia yang elektrik..

  82. etik berkata:

    asalamualaikum pak maaf mau nanya dulu saya pernah kerja di singapore dan bulan lahir d tuakan apakah kalau saya mau ganti data bulan lahirnya akan di persulit? apakah saya harus melakukan atau mencabut data lama saya? agak takut pak smpe sekarang saya masih pake data lm tp cuma bulan aja yg di tuakan yang lain asli semua mksih pak………

  83. istikomah berkata:

    Sedikit masukan buat teman teman yang ingin merubah data pada paapor berdasarkan pengalaman saya,saya pernah bikin paspor dengan data data adik kandung saya tahun 2006,saya datang ke imigrasi di daerah saya dan pihak imigrasi menyuh saya untuk langsung ke pengadilan untuk proses pergantian nama,dan saya pun langsung ke pengadilan untuk mengajukan perubahan nama,setelah menunggu satu minggu saya dipanggil untuk sidang dan seminggu kemudian surat permohonan perubahan nama di keluarkan.biaya sidang 200 rb rupiyah.demikian masukan dari saya terima kasih.

    • slamet susanto berkata:

      Ribet ga mba proses sidangnya

      • istikomah berkata:

        Sidangnya nggak ribet asal kita punya data yang akurat dan asli sebagai bukti dan memberikan alasan yang jujur serta membawa dua orang saksi,hakim pasti memberikan izin surat penetapan nama nya.

      • titin berkata:

        Selamat malam pak humairi..pak dulu saya kerja tkw.dgan data paspor tempat lahit dan umur yg berbeda..sayangya saya kabur waktu itu..sekarang saya ingin buat paspor wisata..dgn data asli..darimana saya mulai dan bagaimana tahapany sedangkan slpp atau apa namay hilang..mohon penjelasany..terimakah

      • Humari berkata:

        Silakan baca lagi tulisan di atas.

    • sunartin berkata:

      Met sore mba…, maaf mau tanya,krna kebetulan mslh nya sama, wkt mba bikin paspor nama asli, sebelum ke pengadilan persyaratan apa saja yang harus di siap kan?? apa harus ke kantor desa dulu untuk minta surat pengantar?? mohon jawaban nya ya mba… trims … 😊

      • Sylvia Lovyzeys berkata:

        Sore Mbak..waktu dulu sih saya datang langsung ke Kantor Imigrasi,bawa dokumen asli,seperti KTP,KK,Akte Lahir sama Ijazah sama pasport yang datanya palsu tersebut,setelah di Imigrasi saya diarahkan ke bagian Wasdakim klo gak salah untuk BAP setelah itu saya disuruh datang ke pengadilan untuk di sidang,seperti itu Mbak..

      • sunartin berkata:

        apa sekarang sudah beres mba, wkt itu tahun berapa mba bikin yang asli…?? kira” ribed ngga mba…, kena administration berapa mba…??

  84. istikomah berkata:

    Yang terpenting adalah niat kita baik disertai dengan bukti nama kita yang asli dari ktp,ok,akte,ijazah dsb.kalo semua bukti akurat dan bisa dipertanggungjawabkan pasti nggak ada masalah dipengadilan,hakim pasti mengabulkan permohonan .

  85. ROBINGAH berkata:

    Selamat siang yg terhormat bpk humari
    Ma’af tnya lgi🙂
    Setelah saya slsai mengubah data palsu ke data yg Asli, Apakah saya bsa menikah di singapura??
    Status dlu saya adalah seorang TKW singapura.
    Terima ksih

  86. hidayati berkata:

    Selamat sore pakh7mari, ,,saya mau tanya2 banyak bolrh saya minta pin bb atau wa y, ,,maksh

  87. slamet susanto berkata:

    Selamat malam pak humari
    Saya dulu pernah bikin pasport dengan nama orang lain tahun 2008
    Kemaren tahun 2014 saya rekam sidik jari e ktp
    Januari 2016 e ktp saya jadi dan datanya sesuai nama asli saya
    Pertanyaan nya apakah bisa saya bikin pasport dengan data sesuai e ktp

  88. Yayan berkata:

    Assalamualaikun warohmatullahi wabarokatuh.
    Slmt sore pak humari.
    Pak saya minat ikut pt bpk utk bekerja ke taiwan.boleh saya minta nama pt dan alamat pt yg bapak urus dan tentunya saya minta no.tlp bpk.
    Bisa kirim ke alamat email saya:
    yayansaefi@gmail.com
    Terima kasih.
    Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

  89. yosi berkata:

    Salam pak.. sy sudah keimigrasi tp kata mereka sy tidak bole perbaikan pasport. Sy harus mngikut data yg dipasport sj. Apa yg harus sy lakukan pak?

  90. Lukman berkata:

    maaf mau tanya Mb Santi itu di imigrasi mana bikin nya?

  91. Lukman berkata:

    Selamat pagi Pak Humari
    maaf mau tanya Pak, untuk pengalaman Mbak Santi itu di imigrasi mana ya Pak? soalnya istri saya kemarin juga kasusnya persis seperti Mbak Santi tapi bedanya waktu setelah dari pengadilan balik proses ke imigrasi nya lewat calo/biro travel dan masih ditolak.
    Mohon pencerahan nya.
    Terima Kasih

  92. andianto berkata:

    Alhamdulillah akhirnya ada penjelasan soal ini. Terima kasih bapak untuk info nya kebetulan saya juga mempunya masalah yang sama seperti ini.

  93. dponk berkata:

    mlm pak, . .
    mau nanya pak dlu sya pernah ke saudi nah si paspornya di tuain cuman nama,tgl lahir mah bnar cuman tahun nya aja yang di tuain,gimana tuh pa???trus masalahnya sekarang paspornya hilang,mohon pencerahanya, .

    • Humari berkata:

      Bikinnya tahun berapa? Kalau sebelum tahun 2006, datang saja ke imigrasi bawa KTP, KK, Akte Lahir/ijazah terakhir. Bayar 350 ribuan. Pastikan semua data di dokumen sama. Kalau setelah tahun 2006, minta surat kehilangan di kepolisian lalu bawa dokumen yang saya sebut tadi ke imigrasi. Ikuti petunjuk imigrasi. Kalau terpaksa ke pengadilan jalani.

  94. fitriah berkata:

    makasih pak info nya sangat bermanfaat …

    • Humari berkata:

      Sama sama

      • yuni berkata:

        Pak humari saya juga mau bertanya seputar passport dengan data palsu

        Taun 2000saya ke malsya dengan data asli..hanya umur saja yg berbeda Karena alsan pt.umurnya harus dituakan..
        Nah pulang Dr mlsya taun 2003 saya membuat passport lagi Karena mau ke hongkong.masalahnya pt mengahhruskan saya merubah data asli saya meski passport lama saya masih berlaku dngan alsan ,saya tidal dapat memperpanjang passport Karena passport lama saya masih aktiv6bulan ..ktya klo no memprpanjang passport harus tersisa 3bulan masa aktiv passport.ahkirnya sya mengganti semua data dengan nama Dan alamt palsu.Dan masuk me hongkong slams dihongkong sya memperpanjang passport 3x dngan data yg sama dngan passport ke2…
        Dan skrg saya berniat membuat passport lagi dngan memakai data asli saya seperti passport pertama.masih bisakah data yg sudah dirubah selama 12taun ITU diperbaharui lagi..Karena saya berniat keluar negeri lagi .mungkin tidk bisa kehongkong lagi jika data berbeda..mohon jawabannya pak….trimakasih

      • Humari berkata:

        Bisa saja. Cuma proses akan memakan waktu. Datangi imigrasi terdekat dan ikuti prosedur yang mereka tunjukkan.

  95. pitri berkata:

    maaf ….sya mau tanya …ini dta sya posport dan dta kk lebih 3 thun ,,,apakah masih bisa diperbaiki ….dan bgaimnq lqngkh terbaik nya

    • Humari berkata:

      Bisa saja. Kalau siap ikuti prosedur yang lumayan memakan waktu dan tenaga. KK dan KTP Anda beda juga?

      • Dian Musyati berkata:

        Pak, saya ingin mengganti paspor saya dgn data yg asli, permasalahan ada pada tahun lahir dengan kesalahan 1 huruf nama saya. Nama saya yg seharusnya dian musyati dipaspor palsu dian misyati, tahunnya harusnya 1990 jadi 1984. Kemudian kantor pengeluaran KBRI Singapore karena dulu saya perpanjang paspor disana. Paspor selama ini hanya digunakan untuk bekerja di Singapore saja, dan saya tidak pernah menggunakan paspor itu kmna2. Prosesnya apa akan ribet ya pak kalau saya ke Imigrasi? Ktp,KK, Akte kelahiran, semua data sama pak.

      • Humari berkata:

        Gak perlu diubah kalau cuma 1 huruf.

      • Dian Musyati berkata:

        Tahun lahirnya pak beda. Paspor lama 1984 saya mau rubah jadi 1990. Saya mau buat dengan data asli pak, karena paspor dgn data asli ini saya mau gunakan untuk pergi ke Malaysia. Karena saya mau menikah di Johor Bahru pak.

  96. Suki berkata:

    Sy dl pas umur 13 tahun di buatkan paspor plsu brsma orgtua sy agar bsa keluar negeri. Ktka umur 18thn mau bkin paspor dg data asli tp ketahuan ad paspor palsu tsb. Gmn cra sya perbaiki melalu jalur hukum? Apakah dpet di penjara?
    Ktka tu sy masi di bawah umur, jd blm mmahami apapa, bgmn dmpaknya trhdp sy dan orgtua sy kdpnnya? Mohon bntuannya

    • Humari berkata:

      Kalau dipenjara sih tidak. Ini cuma masalah administrasi. Ya datangi imigrasi, bawa KTP, KK, Akte Lahir/Ijazah asli. Ikuti prosedur yang diminta imigrasi.

      • Suki berkata:

        Sy ditawari calo untuk dihapus data palsunya, memangnya bsa dihapus?
        Atau 1-1nya cr adl mlalui jlur hukum? kr2 proses brp lama ya pak jk mlalui imigrasi?

        mksi byk bantuannya, ditunggu balasannya

      • Humari berkata:

        Bisa saja lewat calo. Tapi mahal. Tak semua calo bisa mempercepat proses. Ada juga yang lambat. Tergantung kecanggihan lobi mereka. Kalau Anda minat urus lewat mereka, minta pernyataan tertulis dari mereka soal batas waktu pengurusan.

  97. Sylvia Lovyzeys berkata:

    Assalamualaikum..
    Selamat Malam,Maaf saya mau tanya..Thn 2007 saya pernah buat passport d’Medan tapi data2nya bukan data saya asli,karena pada waktu itu saya mau jadi TKW,saya blm cukup umur,jadi tahun lahir dituakan 2Thn,nama saya juga hanya ngambil nama tengah saja,dengan alasan biar gampang urus passport’nya..saya dibuatin KTP baru juga dengan data palsu tersebut,saat itu saya blm tau menahu tentang buat passport..saya hanya setuju saja dengan calo yang buat passport trsbt,karena saya gak ngira klo gk bakalan bermasalah..
    Tahun lalu saya mengajukan passport baru dengan data2 asli,otomatis ditolak sistem..karena data saya yang dulu sdh ada,jadi saya di BAP,dan saat itu petugas imigrasi suruh saya datang ke Pengadilan untuk balik nama,tapi saat itu saya jadi takut duluan..takut dipenjara lah..takut bayar ke pengadilannya mahal lah..makanya saya gak datang ke pengadilan.
    Waktu saya di BAP pakai KTP Cianjur dan KK nya juga masih satu sama orangtua saya,sekarang saya sudah pakai KTP Jakarta dan KK sudah pisah berdua dengan suami,apa saya masih bisa pakai data BAP dengan KTP lama tersebut atau harus balik lagi ke imigrasi untuk BAP lagi dengan KTP baru??
    dan apakah saat di pengadilan nanti kita akan di persulit atau tidak ya???
    Terima Kasih..

    • Humari berkata:

      Diurus saja. Ini kan masalah administrasi. Resiko pasti ada. Tapi takkan sampai dipenjara dan tak mahal kok daripada lewat calo lagi.

  98. lia berkata:

    Assalamualaikum,
    Saya mau tanya. saya pernah punya paspor tki dah lama habis masa berlakunya. Semua data saya benar hanya saja pada waktu memasukan data nama ibu saya yang digunakan nama kecil ibu saya bukan nama ibu yang tertera di akte kelahiran saya. kalau saya mau membuat paspor baru gimana solusinya ya. terima kasih.
    wassalam.

  99. manan berkata:

    Assalamualaikum pak. Saya ingin bertanya. Dulu tahun 2005 saya berangkat ke korea dengab identitas palsu nama umur dll karena mengikuti pt. Sekarang saya ingin berangkat kembali kesana. Yang ingin saya tanyakan. Apakah saya harus mencabut data saya di tempat peetama saya membuat paspor yakni jakarta timur? Apakah tidak bisa d cabut melalui daerah setempat malang misalnya karena saya orang malang untuk sementara itu dulu pertanyaan saya terimakasih sebelumnya

    • Humari berkata:

      Masalahnya bukan sekedar di imigrasi Indonesia, Mas. Imigrasi kita menerapkan pendataan online mulai tahun 2006. Korea sepertinya lebih dahulu. Kalau data online Anda masih tersimpan di imigrasi Korea sementara Anda berangkat lagi ke sana dengan paspor dan data yang berbeda, hati-hati saja.

  100. sunartin berkata:

    slamat siang Pakhumari, maaf saya mau tanya, kalaw nggak salah tahun 2004 saya pernah pasporan atas nama AN di taiwan saya ngabur pulang thn2006awal dan saya di ajak seponsor untuk berangkat lagi ketaiwan dengan data orang lain, saya pasporan di bln lg di bulan juli thn 2006 atas nama RI, setelah berangkat ke taiwan lg saya di sana selama 7 thn nyerahin diri thn 2013, saya pulang keindo memakai surat perjalanan laksana paspor, yng saya tanyakan : skrng saya mau ke Hk,mau bikin paspor atas nama asli AN tp bingung gimana ngurus nya, tlng solusinya ya pa…, trims…

  101. istikomahmardi berkata:

    http://istikomahmardi.blogspot.co.id/2016/03/perubahan-data-pada-paspor_2.html?m=1 alhamdulillah paspor saya sudah kelar,proses 2 bulan,pengadilah dan imigrasi .

  102. istikomahmardi berkata:

    http://istikomahmardi.blogspot.co.id/2016/03/perubahan-data-pada-paspor_21.html?m=1
    Silahkan yang belum memperbaiki paspor untuk merubahnya,terima kasih pak humari atas postingannya,alhamdulillah saya merubah paspor atas petunjuk diatas.

  103. rika berkata:

    Maaf mw tnya Kalau data”y beda dengan paspor lama bagaimana cara mengurusnya karna saya pengen bikin paspor baru cuma syarat”y beda sprti kk,akte&ktp beda tahun doank klw d kk,akte & ktp thun 1984 tpi klw d paspor lma thun 1974 mksh seblm nya

  104. Novi prayogo berkata:

    Saya dulu kerja di malaysia terus lari dari majikan terus pulang ke indonesia
    apa bisa buat paspor terus masuk malaysia lagi ??

  105. Diana pransiska berkata:

    Selamat pagi Bapak humari
    Saya juga mengalami kasus yang sama dengan teman teman di atas. Dan saya ingin merubah data diri saya di paspor , karena saya ingin bekerja lagi jadi TKI . Dulu saya di taiwan dan tujuan saya kali ini adalah hongkong. Apakah bisa pak ?
    Dan mana yang saya tempuh dahulu ? Kantor disnaker apa langsung imigrasi ?
    Terrimakasih pak

  106. edy berkata:

    Maaf pak saya pernah pake pasport dgn nama lain pada tahun 2006 ditaiwan dan, dan sekarang saya memakai pasport asli saya dan sempat masuk ke taiwan lg karena dulu gk ada sistem sidik jari,tapi pas saya kembali kemaren disuruh sidik jari dan data yg lama keluar,bagaimana solusi supaya saya bisa kembali lagi ketaiwan,dan ada perusahaan besar yg bersedia menjamin saya,apakah ada peluang untuk bisa kesana lagi paak

    • Humari berkata:

      Tak ada jalan lagi. Jangan ke Taiwan. Perusahaan sebesar apapun tak ada yang bisa jamin. Pemerintah tak bisa dilawan.

  107. titin berkata:

    maaf biasa yg d tanya d pengadilan apa aja ya pak, ,?

    • Humari berkata:

      Ya tergantung kasusnya dong. Kalau data Anda yang salah di nama ya itu yang dicecar. Kalau salah di tanggal lahir ya itu yang akan mereka tanyakan.

      • susan berkata:

        Salam sejah terakhir kepada bapak Humari, ,,,,,,maaf Pak pertanyaan saya yg di bawah belom dibalas saya sangat menanti jawaban dr bapak yg terhormat,,,,trimakasih banyak

  108. susan berkata:

    Slamat siang pak Humari yg terhormat,blog ini sangat berguna dan membantu saya trimakasih pak humari,,,saya simpan di hp saya dan selalu saya baca berkali2 dr taun kemarin karena ingin mengetahui kelanjutan dan informasi dr teman2 yg senasip dgn saya,ada satu hal yg saya ingin tanyakan smoga bapak Humari bersedia menjawab,pertanyaan saya passport saya baru perbanjang 2015 akan berakhir taun 2020 dan sudah biometric dgn sidik jari untuk menambah kontrak saya di hk dan saya berniat taun depan habis kontrak pulang tidak kembali ke hk karena ada tujuan negara lain dan saya berniat merubah data taun lair saya yg palsu ke data taun lair yg asli,,,apakah bisa pak Humari taun depan saya perbarui dgn data asli saya sedangkan passport saya masih berlaku dan biometric? Karna sangat penting bagi saya ,,,,,,Trimakasih banyak pak Humari smoga yg diatas memberi kesehatan dan rizky dan bahagia ke pada keluarga bapak amien,,,

  109. susan berkata:

    Jawaban bapak Humari Sangat2 berarti bagi saya mohon di balas pak humari yg baik ,,,,,trimakasih banyak sangat bertrimakasih yg tk terkira,,,,,,

  110. saefudin berkata:

    asmlkum..pak”sya punya problem boleh dikatakan sngt krusial”(pd th 2003 sya mmbuat paspor dgn identits Asli&bkerja sbgai pelaut&pda thn2006 sya tertipu oleh agen dmana agen itu mnawarkan krja di brunai”dgn iming2 yg menggiurkn krna sya ga tau prosedur krja di brunai”sya ikuti semua&krna pspor sya pelaut si agen menyuruh sya ganti identitas&sya hrs kluar uang lg wktu itu sya sdh di bawa ke pontianak&trnyata sya di situ krja pake visa visit krna ga tahan sya pulang kampung(jateng)&-+th 2010 sya kmbali bikin paspor dg idntitas yg asli di pemalang bisa jadi passpr bru lgi tpi ketikka sya mau prpnjang di tanjung priok data sya yg kerja di brunai muncul lgi&pembuatan pspor sya di tolak(bapak apakah sya bsa mmbuat paspor lgi?sya minta dgn sangat pencerahan nya)trimksih

  111. reni purwati berkata:

    selamat pak..saya mau tanya,sekarang kan saya ada d taiwan pak bkrja sbg tki.passport ssya dengan data palsu pak..tapi yg d palsukan tahunny aj. 28

  112. yulia berkata:

    mau tanya pak. kalau akte, kk, ktp sya sama paspor itu palsu.beda nama sma tnggal lahir. tapi ijazah sya berbeda bisa di perbaiki gk.

  113. Kevi berkata:

    Bapak,mohon penjelasanya setahun 4 bulan yll adik sy ktaiwn dan unfit karena disentri amuba.
    Kemudian bulan lalu baru ketahuan kalo dia diblacklist Krn unfitnya dulu, yang mau sy tanyakan apakah adik sy masih bisa proses ke Hongkong sbgai TKI/TKW. Terimakasih pak,mohon penjelasannya.

  114. Kevi berkata:

    Pak mau tanya, job panti jompo Hongkong apakah ada? Yang di panti atau klinik jompo pak? Kalau ada BPK punya pandangan sy melalui PT mana? Terimakasih

  115. Kinanti berkata:

    Assalamualaikum bpk humari. Minta waktunya bapak. Pak saya adl seorang tkw di singapur pasport saya data palsu semua kecuali nama saya..dulu buat pasport di imigrasi bogor, sedangkan alamat saya purwokerto jateng. Pasport saya expired tahun 2017. Jika setelah itu saya merubah pasport palsu ke pasport asli tapi status pasport nya bukan tkw tapi pelancong apakah bisa pak? Jika mau masuk ke singa lagi untuk wisata apa data yang lama bisa ketahuan atau tidak pak? Terimakasih.

    • Humari berkata:

      Bisa saja. Tapi kalau untuk masuk ke Singapura lagi, entahlah.

      • evi berkata:

        Selamat malam pak humari…begini.saya dulu ke malysia paki data palsu.tapi hanya tahun lahir saja.nah sekarang saya mau buat paspor untk kunjungan saja pak.apakah harus di ubah pakai data asli atau bisa paki data paspor lama???sya tanya calo bisa katanya pakai data lama…tapi ada juga calo yg bilang harua di ubah ke data asali.karena skrg
        Sudah ada pembaruan sistem.walupun data sama di paspor tapi kalu nik ktp km dan akte tidak sama akan ketahuan bagai mana ya pak solusinya

      • Humari berkata:

        Pakai data yang asli. Karena E-KTP yang menggunakan NIK tak bisa dibohongi

  116. oop atmosphere berkata:

    bgaimna paspor turis. bza mnjd paspor bysa.

    seumpama.
    ada tki krja di jpg.
    stlh 1th dia laporn pulang ke indo.
    trz dblck list 1th.
    stlh to sudh brjaln 6-7 buln di indonesia.
    org jpg dtang dan menikah dg tki tsb.
    trz apa paspor td brmaslah??
    pztnya . . .

    tlog pnjelsan dan bgaimna baiknya. agr dbuln 6-7 tsb nnti bza pulang breng dg org jpg tsb.

    skian, arigato

    • Humari berkata:

      Langsung tanya ke Kedubes Jepang. Saya tak punya info soal di luar pembuatan paspor untuk kepentingan bekerja di luar negeri

  117. dian berkata:

    Assalamualaikum, Bpk. Humari,
    Saya ingin membuat paspor dengan identitas asli karena paspor yg lama tahun kelahiran dituakan 6 thn dan nama ada kesalahan 1 huruf yg seharusnya U menjadi I. Apakah saya bisa membuat paspor yg baru itu di Imigrasi Cilacap karena di Pasport Kantor Pengeluarannya KBRI SINGAPORE? mohon bantuannya.

  118. evi berkata:

    Apa kalu sudah di ubah ke data asli di imigrasi malysia jg data saya sdh terhapus pak???

    • Humari berkata:

      Gak. Kalau Anda bermasalah di sana tetap terdeteksi meski mengubah data paspor di Indonesia ratusan kali. Kalau gak bermasalah ya tak usah khawatir.

  119. ping eliza berkata:

    pak, saya pernah bekerja dimalaysia, tetapi passport saya diambil oleh aget sehingga saya bekerja disana tanpa passport dan permit. ketika saya pulang ke indonesia, saya diberikan SPLP dan dicop merah. saya pergi ke imigrasi bagian wasdakim ingin membuat passport baru, disana saya ditanya tentang passport lama dan mereka suruh saya membuat passport di batam karena dulu saya buat disana. tetapi data saya disana palsu dan saya tidak diberikan BAP oleh wasdakim. kalau sudah membuat surat penetapan nama di pengadilan apa bisa buat di batam? tetapi saya tidak ada passport lama.

  120. eli berkata:

    saya mau Tanya pa . paspor sya yang dulu masih d majikan sya yg prtama d Malaysia
    sya pulang krena kena tangkap lalu d deportasi, Dan data d paspor sya yang dulu umurnya di tua kan
    sya dulu buat paspor di batam
    pertanyaaan nya apakah skrang sya masih bisa buat paspor lagi di Bandung?

    • Humari berkata:

      Bikin paspornya tahun berapa? Kalau setelah tahun 2005, supaya gampang gunakan data yang Anda sodorkan kepada imigrasi Batam

  121. ida royani berkata:

    assalamualaikum pak humari..kalo mahu rubah data tapi data yang asli hilang..gimana ya pak? tunang saya orang indonesia..saya warga malaysia..saya binggung pak mahu urus semua gi mana..tapi akte lahir,kk fotocopy ada pak..jd urusannya gi mana pak?

  122. Juri berkata:

    Yang Terhormat Bapak Humari, kalau passport tahun lahirnya saja palsu, tapi saya sudah keluar masuk Singapore, Malaysia dan Thailand, kalau saya tidak mengganti data yang benar pada passport tersebut, ketika suatu saat nanti saya mau Apple Visa untuk Australia apakah bermasalah Pak? Sebagaimana di ketahui kalau untuk apply visa AUS di perlukan KTP dsb, terima kasih dan salam hormat.

    • Humari berkata:

      Ya paspor dan KTP datanya harus disamakan dulu. Soal nanti bermasalah masuk ke negara-negara yang Anda tulis di atas, maaf saya tak ada info.

  123. Alfina berkata:

    Hi… Klo paspor baru dengan identitas asli sudah selesah, bisa kah masuk kenegara asing dimana dlu pernah masuk negara asing dengan data identitas milik orang lain. Tolong dibalas trima ksh

  124. imah berkata:

    pagi mb
    saya jg terkena masalah pasport data palsu dn ingin mengganti dg data asli
    itu d setiap imigrasi bisa nggak membantu mengganti prosesnya
    mksih soale saya daerah wonosobo dn d wnsbo ada imigrasi
    mksih

  125. Ipul berkata:

    Saya baru kemaren pulang dari malaysia dan singapura dengan pasport baru saya yang sudah di perbaiki data tanggal lahir bulan dan tahun.. hari pertama saya masuk malaysia saya dicekal sama imigrasi malaysaia krna data saya sudah perna masuk dengan data berbeda dan akhirnya saya putuskan untuk langsung ke singapura, namun saya juga harap2 cemas untuk masuk singapura soalnya saya suda perna menggunakan pasport lama saya masuk ke singapura dengan data yang salah tersebut.. tapi alhamdulilah saat masuk ke ssingapura saya tidak ada masalah dan langsung masuk. cuma saya heran kok di singapura bisa ya dan malaysia segitu ketatnya.. Setelah 2 hari di singapura saya putuskan untuk kembali coba masuk Malaysia melalui johon soalnya saya sudah memesan hotel dan tiket2 wahana di malaysia.. saat masuk ke Johor saya sempat di buat senam jantung saat di tanya kenapa ada stempel masuk malaysia yg invoid @alias di batalkan .. dan saya pun menjelaskan kalau saya saat di KLIA tidak diizinkan masuk krnaq masalah tersebut smbil saya tunjukan KTP SIM DLL saya, dan akhirya kurang dari 5 menit saya sudah dapat stempel/Cop masuk ke malaysia 30hari..
    disini saya tanyakan apakah setiap masuk malaysia melalui KLIA saya akan kesulitan @ tidak bisa masuk seperti ini sedangkan saya sudah mengubah data saya secara resmi dengan mengikuti sidang segala,. apa perubahan data tidak online antara imigration seluruh dunia . Jika ada teman2 yang punya Pengalaman yang sama atau berbeda bisa di share juga soalnya saya ragu untuk ke malaysia lagi tapi saya sudah pesan tiket untuk bulan oktober besok untuk menyaksikan MOTOGP. Mohon info dan bantuannya

    • Humari berkata:

      Untuk pembuatan paspor di suatu negara, meski sudah online, tapi hanya terhubung pada kantor-kantor imigrasi di negara tersebut. Jadi bukan berarti meski sudah online, imigrasi lain negara bisa cek. Aturan masing-masing negara itu beda.

    • wiwik berkata:

      Mas Ipul data yg beda ap ya?soal.a sya rencana Agustus kemalaysia NI baru nunggu passpor jadi bulan lahir saya dpasspor berbeda..tp sya mendarat di lccity..klo misal lewat singapure berarti pesan tiket Malaysia singapure ya semisal dtolak..ato sebaik.a kesingapure dlu kemlaysia lewat Johor..mas Ipul dlu passpor lama.a passpor buat kerja ato wisata.

  126. irvan berkata:

    maaf mau tanya pak saya mau mengurus paspor umum baru, tapi saya punya paspor tki lama sudah habis 2012 nama di paspor lama beda 1 huruf dengan ktp harusnya f diganti p terus tahun kelahiran juga beda 1983 sama 1975 apakah saya bisa mengurus paspor baru pak mohon solusinya?

    • Humari berkata:

      Beda satu huruf pada nama gampang diperbaiki. Yang jadi masalah adalah tanggal lahir. Bedanya terlalu jauh. Anda datangi wakadim Imigrasi dan mereka akan merujuk Anda ke pengadilan. Ikuti saja prosedur yang diminta.

  127. Desy berkata:

    Pak mau Tanya apakah saya bisa ke Singapore lagi krn saya punya work permit dibatalkan oleh majikan ketika saya baru 1 hari di Rmh majikan Dan TDK ada mslh apa apa DG majikan. Saya mau pulang ingat keluarga

    • Humari berkata:

      Jangan dicoba deh. Anda sudah terhitung gagal. Dan negara-negara manapun yang menganggap pekerja asing yang mereka beri visa telah gagal pasti akan memasukkan nama pekerja tersebut dalam daftar hitam. Kalau tak bisa jauh dari keluarga jangan kerja di luar negeri. Bukan Anda sendiri yang rugi.

  128. abdul rauf berkata:

    Assalamualaikum, mohon panduannya Bapak humari.
    Saya punya kasus seperti ini:saya membuat passport baru di bandung tapi pernah bikin passport dan sudah kadaluarsa tahun 2013( dan sekarang passportnya ada di tempat kelahiran saya NTB) , akhirnya saya mengajukan pembuatan baru di bandung. setelah semua sudah selesai proses photo maupun biometrik dan di suruh datang ambil 3 hari kemudian. pas waktunya pengambilan dan di kartu antrinya bahwa data saya ditolak sistem. akhirnya saya harus menemui BAGIAN WAKADIM, dan mereka bilang saya telah melanggar pasal karena telah MENDUPLIKAT data,karena telah menandatangani materai ketika pembuatan passport baru serta harus membayar denda Rp.500.000.000 juta, dan pihak WAKADIM bilang, boleh tidak membayar denda dan tidak sampai ke pangadilan asal tidak boleh membuat paspor selama-lamanya/di blacklist untuk keluar negeri. mohon panduaannya pak, apakah kasus saya separah ini bisa ditangani?

    • Humari berkata:

      Piihannya bayar denda atau pengadilan. Ya datangi pengadilan. Akui bahwa ada kesalahan saat pembuatan paspor sebelumnya.

      • Uun berkata:

        Memang seperti itu aturannya, tapi sebelumnya juga ada nenek yang dulunya tki skrg pengen Umroh kasusnya kaya mba,gara2 ngisi formulir data baru di imigrasi bandung ditolak sistem karna beda data,alhasil dia ngambil jalur pengadilan Tapi dengan masalah ” DATA Paspor saja” bukan masalah ngisi Formulirnya yang sudah ditanda tangani Materai” Wasdakim Bandung Emang terkesan Ketat dan Tegas Tapi terkesan pula Nakut-nakuti.
        Nanti mba prosesnya diimigrasi pertama mba bikin saja atau diimigrasi lain jangan dibandung pesan Saya HATI-HATI banyak Penipu bukan Hati- Hati Karna Denda.benar kata pak humari ngambil jalur pengadilan Tapi dengan masalah” Perbedaan data”. Jangan lupa data/ surat mba yang ditolak imigrasi bandung masih ada?
        Itu bisa jadi syarat mba ketika dipengadilan( dan itu yang sangat diperlukan ketika ngajuin kepengadilan karna itu susah didapatnya,banyak yang gagal karna g da pernyataan dari pihak Imigrasi).
        Menurut saya dengan pengalaman diimigrasi bandung sampai saat ini saya belum gol memperbaiki datanya padahal surat penetapan pengadilan ada tetap saja belum gool,susahhh…
        Mungkin pak humari ada kenalan yang bisa dipercaya untuk biro jasa paspor?

  129. Kuneti berkata:

    Saya punya pasport TKI yg masih valid sampai 2019 dan 24halaman
    Tapi pasport saya palsu tahunnya saja yg beda yg lain sama
    Dan saya ingin merubah pasport TKI menjadi pasport umum???
    Tolong pencerahannya pak
    Saya berdomisili disubang

    • Humari berkata:

      Kalau masih berlaku ngapain mau diubah? Paspor umum dan paspor TKI itu sekarang fungsinya sama aja. Tak perlu merepotkan diri sendiri.

  130. Asslkum pk..mhon bantuanx. Mama sya pernah jadi TKW pada thn 2011. Dan paspor jg thn 2011,. Dlm paspor terdpt pemalsuan tempat lahir.dan skrg mama sya akan umroh. Jadi harus merubah dta palsu trsbt. Prosedur bagaimana yg harus ditmpuh. Paspor tersebut skrg akan mati thn 2016. Apa prosedur akan sampai pada pengurusan ke kantor kedutaan di jakarta pk. Mama sya skrg bingung. Mhon bantuanx pk.trmksih

    • Humari berkata:

      Sudah banyak kok petunjuk cara memperbaiki data di paspor. Hanya hati-hati saja. Kedutaan Arab Saudi biasanya tak mempermasalahkan. Namun imigrasi mereka (saat tiba di bandara Jeddah) yang berwenang untuk menolak atau menerima.

  131. Dwi berkata:

    Pak apakah sya masih bisa kembali lagi ke korea di karekan skrg saya memiliki paspor baru dengan beda nama?
    Dlu saya kerja legal di sana selama 3thn dan renaca mau kmbali lgi ke sana

  132. Siti Rosidah berkata:

    Assalamu’alaikum
    Nama sya siti Rosidah
    Sblm ketaiwan sya disingapore 2th (2003-205)
    Sy bekerja ditaiwan dl 4th (2005-2009)
    Krn operation sy hrs pulang Indonesia
    Tp pihak majikan msh mau dengan sya
    Berbagai cara majikan n agent dah buat
    Tp visa tidak Turun
    Trs keputusan akhir mreka suruh Sarah ganti nama
    Akhirnya ganti nama,, Tp sudah ttd contract dan smua,, visa tdk Turun Juga
    Akhirnya mreka menyuruh sy kehongkong dl
    Sya dihongkong 2th (2009-2011)
    Trs pulang indo
    Stlh pulang sy mengurus data Asli, Tp urusannya susah n ditipu Juga,hbs -+48jt
    Yg Terakir lgsg lewat org dlm imigrasi Minta 12jt,,Tp 2Hari lgsg Jd
    Skrg sy disingapore menggunakan paspor data Asli
    Dan skrg majikan hongkong mau sya Kerja kesana lg, apa sy Bisa kehongkong lg dengan nama yg berbeda Dr yg pertama (2009-2011)
    Terimakasih

  133. Rindi berkata:

    Selamat siang pak mohon penverahan nya pa..
    Saya dari dulu membuat pasport sesuai dgn identitas asli saya pak..
    Di thn 2011 wktu itu pasport saya sudah mati di malaysia,dan waktu itu ada pemutihan 6p buat permit kerja…umur saya di tua kan..thn 2015 saya masuk lagi ke malaysia menggunakan pasport baru sesuai identitas saya..masuk pertama mengunakan pasport baru saya lepas dan pulang ke indonesia,setelah itu saya mencuba masuk lagi,imigrasi itu bilang tahun lahir saya keluar thn 1990 itu thn lahir yg waktu saya urus pemutihan,sedang kan tahn lahir di identitas saya thn 1993,dan imigrasi itu bilang harus di rubah sama dengan thn 1990..sedang kan kk,ktp dan akte saya thn 1993..apa yg harus saya buat pak..mohon pencerahan nya pak..terimakasih

  134. eli berkata:

    Selamat malam pak.saya mau tanya pak.dulu saya ada pasport atas identitas asli.trus ilang pasportny.n di sarani orang bikin pakai identitas palsu.pas sudah foto,pasportnya ga bisa keluar.karna ada data duplikasi.terus saya minta surat pembatalan atas identitas palsu.n saya suruh orang urus bikin kembali pasport atas identitas asli.pasportny bisa keluar.n sekarang masa berlakunya sudah mau habis.kemarin2 saya suruh calo perpanjang.pas sudah foto,n pas mau ambil pasportny katany data duplikasi.identitas yang palsu muncul lagi.jadi saya harus bagaimana untuk mengurus pasport saya ini?tolong beri jalan keluarnya pak.terima kasih sebelumnya

  135. Ita berkata:

    Asslmkum pk.
    Maaf sya mau tanya..lngsung sja sy dlu nikah sma orng twn .trus sy smpet pisah.tp tidk cerai.selma pisah sy prnh pergi krja ketwn. Dengn merubh nma kk sy.nma suami sy gnti dngn nma indo.setlh itu sy rujuk lg.kini sy proses lg ketwn tp ikut suami.dn dta sya kk sya yg plsu td kethuan skrng sya disuruh kepengadilan untuk minta keterangan penetapan pengadilan..maaf itu mksudnya ap ya mhon infonya trikmksih

    • Humari berkata:

      Kalau Anda menggunakan data palsu dan kemudian perlu menggunakan data asli lagi, untuk mengubah itu ya harus diadili. Peradilan akan tanya ini itu sebelum mengesahkan data yang asli. Sama lah kalau Anda ganti kelamin, karena itu adalah identitas seperti data di KTP (nama, tanggal lahir, jenis kelamis dll), ya harus datang ke pengadilan untuk pengesahan

      • wite04011807 berkata:

        mau tanya tgl lahir saya dtuakan…passpor sya hilang saat pindahan..no passpor lupa inget th terbit 2008 saja..klo mau urus gmna ya mohon arahan.a

      • Humari berkata:

        Ke kantor polisi. Bikin surat kehilangan. Kalau sudah ada surat itu datangi imigrasi dan ikuti prosedur yang mereka minta. Bakal panjang dan ribet. Tapi bisa. Insya Allah

  136. Mandy berkata:

    Hi smt sore pak Humari.
    Maaf pak saya mau tanya, dulu sekitar thn 2008 saya kerja di malaysia Umur saya sbnrnya 15 tapi dituain di pasport 6 thn jadi 21
    Trus alamat tempat tgl lahir juga palsu
    Sekarang saya kerja di hongkong sebagai tkw trus menikah dengan orang Hong Kong
    Di married certificate saya semua ikut data yang di pasport saya.
    Kira kira immigration Hong Kong bakal check data data di immigration Indonesia gak?
    Mohon info nya ya pak
    Makasih sblm nya

  137. Sofi berkata:

    Selamat siang Pak Humari,
    dulu tahun 2008 saya pernah buat passport TKW di Kelas 1 Surabaya, kemudian perpanjang passport di Johor tahun 2010. Tahun 2011 saya kembali ke Indonesia dan passport habis berlaku d tahun 2012.
    Kemarin saya membuat passport baru untuk keperluan studi d Jakarta Selatan tapi petugas meminta Surat Keterangan Habis Kontrak saya dengan PJ TKI. Saya bingung karna yang saya pegang cuma passport lama. Saya memcoba menghibungi PJ TKI tapi tidak ada jawaban.
    Bagaimana prosedur yg sharusnya saya lakukan untuk mengurus passport studi, pak? terima kasih banyak sebelumnya pak.

    • Humari berkata:

      Itulah imigrasi kita. Masih saja diskriminatif terhadap TKI dan mantan TKI. Sebenarnya Anda sudah tak ada hubungan lagi dengan PJTKI yang pernah menempatkan Anda. Karena itu PJTKI juga takkan mau mengeluarkan surat semacam itu karena aturannya memang tak ada. Saran saya kalau mau mulus cari calo saja. Agak mahal. Tapi lumayan cepat dan tak berbelit.

      • delis berkata:

        Ubah data mau jalan atau urus sndri atau pake jasa adlah pilihan masing2. Silahkan smua ada kekurangn kelbihannya. Sya pernah jalan sndri nmun trllu berblit hingga sya putuskan pke jasa smpe berhsil.

        Yng btuh jasa resmi silahkan bsa hub sya annahamsah12@gmail.com atau deliswahyu12@gmail.com. alhmdulilah sdh bbrpa tmn sya bntu hubungkan.
        Hti2 jngn pke jasa abal2 bnyk berkeliaran di media online

  138. isihbenjoshua berkata:

    Pk humori sya mau nanya sya pingin bneri paspor tpi paspor sya ditahan sma sponsor ttpi sya pngin bneri paspor tpi paspor sya tidak ada sya punya no paspornya sja dan paspor itu datanya d tuain thunnya skrg sya pngin ngrubah dgn data yg asli apkh bisa ? Saya sdh ngrus d pngadilan tinggal bneri di imigrasinya sja yg blm sya tkut … apakah bis d bneri datanya meskipun gk ada paspornya ?

    • Humari berkata:

      Anda bikin laporan kehilangan ke polisi. Sertakan data lama paspor Anda bila bikin lagi di imigrasi. Tapi kalau Anda ubah data Anda dan masuk lagi ke negera dimana Anda pernah menggunakan paspor lama, siapkan saja diri bakal ditolak di imigrasi negara luar yang pernah Anda masuki sebelumnya.

  139. Amelia berkata:

    Met siang pak humari ‘ saya Mau Tanya Dulu saya thTaqabalallahu minna wa minkum. Mohon Maaf ahir & Bathin atas segala kesalahanku bu
    Ibune kerja sing ati2 ya jaga kesehatan selalu unTaqabTaqabalallahu minna wa minkum. Mohon Maaf ahir & Bathin atas segala kesalahanku bu
    Ibune kerja sing ati2 ya jaga kesehatan selalu alallahu minna wa minkum. Mohon Maaf ahir & Bathin atas segala kesalahanku bu
    Ibune kerja sing ati2 ya jaga kesehatan selalu 2003 prnh buat Paspor dibatam ‘ Karena saya Mau menikah dgn orang Malaysia ‘ Dan masa hbis Paspor 5 thun ‘
    Dan saya menggunakan data palsu semua’
    Wktu itu byr 5 jt lewat Calo ‘
    Thun 2008 saya pisah sm suamiku ‘ terus Aq pulang indo cilacap
    Thun 2009 Aq daftar jdi tkw ke hongkong
    Aq msuk PT cilacap Dan saya bikin Paspor lgi dgn data asli di wonosobo Dan tdk Ada mslh sampe saya kerja dihk ‘ trs tahun 2011 saya pulang indo slama 8 bln ‘ kemudian saya Berangkt Hk lagi calling visa mjikan sama
    Berhubung Paspor saya Mau habis jd sblm Berangkt saya perpanjang Paspor saya di imigrasi cilacap ‘pasporku jadi saya terbang Hk sampe sekarang msih dihk yg jdi mslh pak bln 10 ‘ 2016 pasporku habis Dan saya Mau perpanjang diKJRI Hk ‘ tpi saya takut pak Karena saya dgr dri tmn2 prnjang Paspor sulit Ada yg ditangkp imigrasi Hk krena pemalsuan data pas perpnjang data dikoreksi sm KJRI krena ketauhan data Ganda ‘ palsu pas perpnjang Paspor diKJRI akhirnya data beda sm HK ID ‘ jdi mslh diimigrasi Hk Dan ditangkap tuduhan pemalsuan dokumen
    Yg saya takutkan pak Apa benar data Dulu pas pertama bikin Paspor 2003 bisa terdeteksi lagi dikomputer data plsu saya Dulu itu ‘ kl saya perpanjang Paspor besok do KJRI Hk ‘ saya takut bermasalah pak
    Makasih sblmnya pak
    Mohon diijawab Pak

    • Humari berkata:

      Data paspor yang bisa dideteksi adalah mulai tahun 2005 dan setelahnya. 2003 belum menggunakan sistem online. Selama data paspor yang Anda gunakan di Hongkong tak ada perubahan, tak ada yang perlu dikhawatirkan

      • Amelia berkata:

        Makasih pak jawabanya
        Soalnya saya galau pak takut data Dulu pas bikin Paspor pke data palsu bisa terdeteksi lagi dikantor imigrasi pusat
        COz skrng kl perpnjang Paspor diKJRI Hk ‘ begitu foto langsung dikirim online imigrasi pusat datanya
        Tkut bgt kl dataku muncul lagi dipusat trs Gk dpt Paspor baru pak ‘ tapi aq pertama dtang ke Hk sampe skrng ya pke data asli Gk berubah ‘ masih kwatir byk tmn2 yg datanya Dulu jg muncul lagi pas perpnjang Paspor diKJRI akhirnya tmn2 Gk dpt Paspor Karena ketauhan punya data Ganda Gk ada pilihan lgi pad pulang indo dripda bermslh sm hukum Hk

  140. wiwik berkata:

    Mbak mau tanya sya baru proses mengaslikan bulan lahir yg dtuakan..sudah kewasdakim dh dibuatkan BAP..tp kok dah foto dan biometrik padahal dg data berbeda..sya bingung suruh nunggu 7hari utk tfr pembuatan paspor..klo tfran dtolak ya proses.a lebih lama.kok Wasdakim g jelasin prosedur kepengadilan utk penetapan bulan lahir yg asli..klo misal passpor saya jd dimigrasi luar negeri tertolak tidak ya

  141. Siswanti berkata:

    Asssalamualaikum bapak.
    Paspor saya kelahiran 1977
    Padahal saya kelahiran 1983
    Nama juga di rubah
    Gimana merubah data dan nama asli
    Sedangkan saya pernah masuk
    Negara.singapore, mlaysia.hongkong
    Bermasalahkah nantinya??

  142. wiwik berkata:

    Pak humari saya mau tanya sya proses perbaikan data asli passpor saya yg dtuakan bulan..sudah BAP Wasdakim jg tidak menyuruh kepengadilan sudah foto sama biometrik..suruh nunggu imigrasi pusat ACC passpor asli sya..klo misal sudah jd mau masuk ke negara Malaysia utk wisata llos tidak ya dlu TKI dsna..tp sebelum.a TDK pernah bermasalah TKI 2008-2011.mohon jawaban.a

    • delis berkata:

      Malaysia ketat, pernah ksn dgn data plsu g bsa blik lg palagi lwt bndara ya.. Krna dta lama anda terekam. Ada yng shre pngalaman ubah tahun stlh jdi pspor dta asli balik lg ditolak, ditahan di bandara dn dibalikin ke indo.

      Ada juga yang shre k sya ad yng bsa msuk tp lwt drat = perbatasn jhor singapura

  143. Novi berkata:

    Maaf pak kasus sya juga seperti itu bgmn proses penyelesaiannya klo sdh pakek data palsu itu pak,klo sy dituakan umur 1 th dan kurang 1 huruf di nama

  144. wiwik berkata:

    Paspor sya dengan data asli dah jadi…dg no passpor yg tidak sama Dr passpor yang lama ap dmalaysia jg bakal ditahan dbandara?mohon jawaban.a

  145. manda berkata:

    dgn hormat.pak humairi,dulu saya pernah mnjadi tki ke singapore dgn umur yg dituakan.sekarang anak saya mau ke singapore dibawa oleh kakak dan ibu saya untk traveling.apakah untuk membuat paspor anak saya harus mengubah paspor saya dlu dgn data asli atau cukup melampirkan KK,KTP ,dan paspor(yg berbeda umurnya dgn KTP dan KK) saya.mohon penjelasannya pak.terimakasih

  146. Tural Munandar berkata:

    Salam. Mau nanya pak. Saudara saya jadi tkw kaburan di saudi Dan pulang lewat penjara tentunya, namanya juga kaburan. Setelah sampai Indonesia berencana berangkat ke negara lain, tapi dia !engurus passport nya yg hilang dengan mengganti data pada pasport nya, dan passport yg lama sudah di hapus oleh pihak immigrasi katanya. Sekarang dia pegang passport baru dengan data baru juga. Saya ingin tanya, seandainya saudara saya kembali lagi ke saudi dengan passport barunya dan data yang baru juga, apa masih bisa masuk/kembali bekerja di saudi? Terimakasih pak, mohon jawaban informasi nya

    • Humari berkata:

      Jangan ke Saudi lagi. Semua yang pulang lewat penjara deportasi, sidik jarinya sudah terekam di imigrasi Arab Saudi. Mau ganti data dan warna rambut sekalipun tetap ketahuan. Arab Saudi bukan Indonesia

  147. anto berkata:

    Yang terhormat bpk Humari..saya laki2 37 tahun,punya rencana pergi kerja ke new zealand,pernah mnjadi TKI di taiwan,apakah sy masih bisa pergi kesana untuk bekerja,klo bisa mohon di infokan pjtki resmi yg bisa memberangkatkan saya kesana..terimakasih sebelumnya
    Anto

  148. wanto thok berkata:

    Pak humari

    Saya mau tanyA + mw curhat ni pak.
    Intinys adlah paspor saya lain dengan identitas asli saya.
    Dulu waktu pembuatan pertAma umur sayA blum 17 thn, trs dAri tekong d buAtkan paspor identitas semuA lain cuma fotonya sama

    Terus bisa gak pak paspor itu saya hapus n buat paspor aSli dngAn identitas saya asli

    Mohon pEnerangnya pak

    Terimakasih…wassalam.

  149. Marlina berkata:

    Di tahun 2015 saya buat paspor menggunakan data org lain pak,saya baru2 berkunjung ke Malaysia menemui kekasih di sana saya tidak kerja dan gx pernah buat masalah pas saya cop paspor Keling di berunai cop Serawak keluar masuk aja yg ad cop berunai keluar masuk ny gx ada…sepulang saya ke Indon di tahan imigrasi Malaysia paspor saya,jdi saya mau ambil paspor yg rusak dan di tahan it gx berani karena menggunakan data org lain krna tkut di penjara jadi saya biar kan aj paspor it,,dan saya membuat surat kehilangan dri polisi untuk pergantian paspor baru nampak ny imigrasi mempersulit kan saya AP krna duit ny blum di kasih,,jadi niat saya ne mau buat paspor baru menggunakan nama dan data saya yg lengkap
    Mau bohong ke imigrasi yg lain takut di tolak soalnya paspor ny msih aktiv dan kornia mata gx dapat di rubah.saya ingin buat paspor dng data saya yg asli,AP saya harus ke pengadilan dlu kah pak gmna solusinya pak benar2 bingung pikiran saya

    • Humari berkata:

      Ya. Harus pengadilan. Mengapa? karena ini perubahan identitas. Paspor itu setara KTP. Kalau ada perubahan ya harus mendapatkan pengesahan dari pengadilan

  150. Romyanah berkata:

    Assallammualikum bpk yg terhormat.
    Saya tkw kaburan dari malasyia .dan saya saat mau pulang ke indonesia buat pati 6p. Waktu itu aku pulang biat splp dan d lampiri borang pati.setelah itu aku buat paspor d indonesia lg tp data pati (splp) gak sama.dan sekarang saya mau menikah dengan org malaysia.apa semua itu bisa d perbaiki dan bisa masuk secara resmi

    • Humari berkata:

      Ini sudah bukan ruang lingkup saya untuk menjawab. Bidang saya hanya untuk pekerja yang berimigrasi. Kalau soal menikah dengan warga asing, saya tak banyak tahu aturannya. Tapi berdasarkan pengalaman, kalau pernah bermasalah di Malaysia sulit sekali untuk kembali ke sana secara resmi dan legal. Minta bantuan dong sama calon suami Anda.

  151. nvyusuf berkata:

    selamat siang,, mb mau tanya. dulu tahun 2010 sy pernah ke malaysia menggunakan identitas palsu karena sponsor sy yang mengurusnya. kontrak 2 tahun tapi hanya 1 tahun, sy kabur. balik ke indo karena buat splp di kbri malaysia. sekarang kalau sy mau balik ke malaysia lagi tapi membuat paspor dengan identitas asli sy bisa tidak mb?

  152. dewi hildawati berkata:

    Assalamuallaikum
    Pak data di paspor saya berbeda dgn yg asli, alias di tuain umur’y.
    Nah karna skrg ada warning dari pmerintah soal btas pembuatan e ktp, saya berniat ingin bkin e ktp’y. Tp msalah’y nanti bisa gak saya pergi kluar negeri lg jika sudah punya e ktp dgn data asli, mengingat data di paspor itu berbeda.
    Mohon solusi’y pak. Trima kasih

  153. Erna berkata:

    Assalamu’alaikum
    Pak saya mau nanya saya dulu membuat paspor dgn semua data palsu, sepeti KK KTP Akte dan Ijazah
    Karna dlu saya ikut Paman mau brgkt keluar negri paman yg atur semua data diganti dgn Namanya.. apa msh bisa untuk dibenarkan sdgkan saya ingin pergi lagi kerja…

  154. ida berkata:

    Assalamualaikum, pak humari, saya mau tanya,, dulu saya kerja di taiwan paspornya tgl lahirnya di tuain,, trus saya buat e paspor untuk jalan jalan ke jepang dengan data dan tanggal lahir yang asli, bisa gk pak di ubah ?

  155. ridwan berkata:

    Slmt mlm.pan …
    Saya mau tanya saya msu roses ke taiwan tapI udah id di pt lain sedangkan saya dapat job di pt baru. .
    Apa id saya bisa d cabut dan saya pindahkan ke pt baru mksii …

  156. Ikhwan berkata:

    Assalamualaikum. Yang terhormat bapak Humari. Saya ingin bertanya, ayah saya memiliki 2 paspor (48hal) dengan data yg berbeda tahun kelahiran. Paspor lama masih aktif 6 bulan lagi. Sedangkan paspor baru dibuat bulan kemarin (November 2016) di kantor imigrasi bandung. Bagaimana solusinya untuk menghindari kasus duplikasi?

    • Humari berkata:

      Kalau sudah punya paspor baru paspor lama tak perlu digunakan lagi. Bila ada perbedaan data, Anda lebih baik hindari bekerja di negara yang pernah Anda masuki.

  157. Akbar Aryanto berkata:

    salam kenal pak Humari.
    saya akbar pak. hari ini saya urus paspor ke imigrasi ternyata bermasalah dengan salah satu huruf di paspor saya. contoh nama asli ktp, kk akte nikah dll. itu sama. tapi di ijasah SMA saya berbeda. nama di ijasah sma saya akbar ariyanto sedangkan untuk indentitas yang lain nama saya tetap akbar aryanto. menurut imigrasi ijasah yang saya pakai itu wajib disertakan lagi. yang jadi masalah ijasah SMA saya Hilang gimana tuh pak.

    Terima kasih mohon infonya pak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s