TKI formal dan pelatihan

Saya banyak menerima surel (email) yang minta dicarikan kerja tapi sang pengirim tak punya pengalaman apa-apa selain niat dan tekad.

 

Banyak sekali yang mengira kami memberangkatkan TKI formal ke luar negeri setelah memberikan pelatihan untuk mereka layaknya TKI informal (pembantu rumah tangga). Mereka mengira kami bisa menerima calon TKI tanpa skil dan dalam pelatihan bisa langsung dijadikan profesional.

 

Perlu pembaca ketahui, sebagian besar klien kami tidak menerima TKI formal tanpa pengalaman kerja. Misalnya, bila kami menempatkan pekerja serabutan untuk konstruksi, hampir pasti yang diminta klien adalah calon TKI yang punya pengalaman di konstruksi. Meskipun pekerja serabutan.

 

Memang ada di antara kami yang merekrut dan memberangkatkan TKI formal tanpa pengalaman dan skil. Tapi itu harus sepengetahuan dan izin dari pengguna jasa. Dan biasanya posisi yang ditawarkan juga posisi yang tak menuntut kemampuan yang hanya bisa didapat dari pelatihan, kursus atau sekolah. Contohnya, posisi buat buruh pabrik di Malaysia (yang sebagian besar permintaan buat perempuan) atau pekerja serabutan di restoran, petugas kebersihan dan sejenis itu di Arab Saudi. Tapi gaji yang ditawarkan tidaklah besar.

 

Ada dua negara yang mau menerima calon TKI tanpa skil dan mereka mau melatihnya: Taiwan dan Korea. Perusahaan di Taiwan bersedia menerima TKI formal ‘low skill’ dan mereka akan memberi pelatihan sebagai operator suatu mesin misalnya. Tapi biaya penempatan di Taiwan cukup besar. Sedangkan penempatan TKI serupa di Korea diurus oleh BNP2TKI dan seperti yang kita ketahui semua, daftar antriannya begitu panjang dan biaya silumannya, tahu sendirilah.

 

Kalaupun mengadakan pelatihan, yang kami sediakan paling pelatihan bahasa. Karena pada dasarnya kami PJTKI/PPTKIS hanyalah perusahaan perekrutan dan penempatan. Bukan lembaga pelatihan yang perlu izin tersendiri yang mana standar pelatihannya ditentukan otoritas lembaga pemerintah yang berbeda. Izin PJTKI/PPTKIS dikeluarkan oleh Menakertrans dan pengawasannya oleh BNP2TKI. Sementara lembaga pelatihan seluruh Indonesia adalah wilayah kerja BNSP (Lembaga Nasional Sertifikasi Profesi)

 

Karena itu semua BLK untuk TKI informal (pembantu rumah tangga) harus punya izin tersendiri dan secara kelembagaan dan hukum terpisah dari PJTKI/PPTKIS.

 

Kalaupun memberikan pelatihan, biasanya PJTKI/PPTKIS hanya memberikan kursus singkat; bahasa asing misalnya.

 

Tak bisa PJTKI merekrut calon TKI non skil lalu tiba-tiba ditempatkan di hotel bintang lima sebagai housekeeper. Atau mengirim TKI tanpa pengalaman serupa ke proyek migas, montir mobil atau perawat di rumah sakit dan sebagainya.

 

Ada pertanyaan? Silakan kirim komentar di bawah ini.

 

Untuk lowongan TKI formal, saya sudah menyediakan blog tersendiri. Klik  http://tklnformal.wordpress.com/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

21 Balasan ke TKI formal dan pelatihan

  1. in berkata:

    kapan lagi ada job fair dari luar negeri datang ke indonesia?

  2. makasi buat info lokernya ya pak

  3. wahyu mei berkata:

    saya wahyu mey alamat gunung pati semarang sudah punya sertifikat kompetensi dr BNSP di bidang finising furniture(sraymen) ingin kerja keluar negri tpi gk puny biaya klo potong gji bs gk, trus daftarny dmn? terima kasih

  4. Yuni berkata:

    Pak Humari,anak saya ingin sekali jd Tki formal, di pabrik pengalengan atau pabrik makanan. Kalo pengalaman kerja belum ada,tapi sudah pernah magang di tambak kerapu dan penyu,dr SMK nya dulu dan kuliahnya, adakah loker Tki di Kanada,bisakah bpk membantu untuk mencarikan info, dan anak sy berkacamata minus cukup tebal.

  5. Yuni berkata:

    Trmksh infonya pak,lagi2 mau tnya, sambil tnggu trbitnya MOU, apakah bsa dftar dlu untk Ctki kanada? Kalo bs,kmna dftarnya? Makasi pak..sy tnggu penjelasanya

    • Humari berkata:

      Langsung hubungi BNP2TKI saja. Saya cuma baca update di website mereka. Perdalam bahasa Inggris saja untuk persiapan sebab ada ujian tertulisnya.

  6. Yuni berkata:

    Mksh pak,semua info2nya,sy akan brusaha dan mencoba menghubungi BNP2TKI

  7. Yuni berkata:

    Pak sy kok bngung, ada yg bs bntu loker ke toronto. 65 jt biayanya. Yg sy tktkan klo abal2, tapi ini orgnya mau di ajak perjanjian dhdapan notaris,gmn pak?

  8. MAHMUD berkata:

    I have skills in Alternative Therapy and Massage,like :
    1.Reflexology
    2.SPA
    3.Balinese
    4.Shiatsu
    5.Totok Darah
    6.Baby/child Massage
    7.Pregnant Therapy
    8.Facial Therapy
    9.Feminimity Therapy
    10.Manlines Therapy
    11.Oxidant Detox Body of Therapy (ODBT) etc

    If you can help to work to abroad like europe country,please call me at +6281393***** or at my email….thanks so much….

    *****No hp disensor

  9. Hafiz santri nurul amal berkata:

    Sy indra umur 38 thn,,ingin kerja d luar negri gmna caranya ya?..pndidikn trkhir SMU,,bisa bw mobil,,komputer microsof office bisa,,mhn bntuan ya,,
    Makasih

  10. yamaul berkata:

    Salamulaikum pak, saya ingin bertanya kalau proses untuk bekerja formal di asia seperti negara jepang, apa bisa melalui PJTKI?, Dan bisa tolong dijelaskan proses persyaratan yg harus dimiliki dan di jalani CTKI pak? Mohon bantuannya, terimakasih 😀

    • Humari berkata:

      Untuk Jepang, silakan hubungi Disnaker provinsi/kabupaten dimana Anda tinggal. PJTKI/PPTKIS saat ini tak ada yang menempatkan ke sana.

  11. aliyah berkata:

    Selamat malam pak…saya berencana kerja ke canada tp salah satu persyaratanya harus memiliki sertifikate care giver krna mau mndaftar bidang itu apa bapak punya recomendasi tmpt untuk bljar dan dapet certificate itu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s