Dari dalam PJTKI saya menulis

Behind the mystery lies a truth that will make you question everything you know…..

Tagline ‘The Reader’ cukup mewakili posting saya kali ini. Silakan baca bagi siapa saja yang ingin tahu apa yang saya maksud.

Selama kasus TKI menjadi berita utama di media, hampir-hampir tak pernah ada para terdakwa, PJTKI, berbicara. Kalaupun ada minim sekali dan hanya sepotong-sepotong. Sementara kecaman, kritikan bertubi-tubi. Padahal banyak sekali kritikan yang mengemuka di media hanya kecaman asal omong. Kalaulah masyarakat awam dan LSM yang bicara dapat kami maklumi (meski kalau dirasa penting tetap saya tanggapi dalam posting ini).

Yang sulit dimengerti bila komentar ngelantur datang dari pihak pemerintah dalam hal ini Ketua BNP2TKI & Menakertrans Muhaimin Iskandar.

PJTKI sendiri dalam posisi sulit untuk membela diri dan mengatakan apa yang mereka alami. Ini berkaitan dengan kelangsungan hidup usaha. Tak bisa terlalu kritis pada pemerintah kalau urusan ingin beres. Dan memang tak pernah ada pengusaha yang sekaligus bisa menjadi kritikus. Tapi saya, secara pribadi, tak bisa pula membiarkan masyarakat dan media hanya mendapatkan pasokan info yang bias, kerap kali ngawur bin ngelantur.

Karenanya belakangan saya rajin memungut berita-berita di berbagai media dan menanggapinya dari tempat saya berdiri, di dalam sebuah perusahaan yang disebut PJTKI atau menurut istilah resmi yang disebut dalam UU 39 2004 adalah PPTKIS.

Bila Anda mengganggap ini sebuah pembelaan, silakan.

Namun harus anda ingat, sekali lagi, posting ini dibuat oleh saksi yang langsung berinteraksi dengan TKI, TKW, keluarga TKI/TKW, calo TKI (sponsor dan petugas lapangan), aparat dan oknum pemerintah (saya sudah lama tidak bisa membedakan dua istilah ini), majikan, agensi dan perusahaan asing di luar negeri, KBRI dan KJRI.

Jadi Anda dapat menilai sendiri berapa bobot info yang saya bagi-bagi dibanding hal serupa yang bersumber dari mereka yang hanya mendapat pasokan info hanya dari satu dua pihak seperti TKW dan pejabat pemerintah atau, bahkan, cuma memandang dari kejauhan lalu berkomentar miring terhadap kami.

Sekali lagi posting ini hanya menanggapi berita-berita yang ditulis di media cetak maupun elektronik. Komentar dan tulisan dari berbagai kalangan. Selain itu, bila dirasa perlu, saya juga akan memposting saran-saran perbaikan kepada pihak pemerintah. Meski saya tidak yakin akan mendapat tanggapan. Bukan pesimis buta. Namun berdasarkan pengalaman senior-senior saya di PJTKI yang pendapat-pendapatnya tidak didengar BNP2TKI & Depnakertrans.

Tapi paling tidak ada kelegaan di dada, bila saya menuliskan semua ini di blog. Saya tak tahu siapa yang akan membaca dan peduli. Namun yang jelas minimal inilah upaya saya  agar informasi yang beredar di luar tidak semakin salah kaprah.

Untuk sementara cuma itu yang bisa dilakukan. Apa boleh buat.

Kritik, saran, pertanyaan dapat anda tujukan ke email saya: humarihidayat@yahoo.co.id

101 Balasan ke Dari dalam PJTKI saya menulis

  1. Ar1ka berkata:

    Sudah 10 tahun saya bekerja di pjtki, sudah berkali2 saya menghadapi kasus tki mulai dr tidak ada kabar, tidak di gaji, di aniaya bahkan meninggal. Sudah sering menghadapi depnaker, bnp2tki, lsm, pihak asuransi bahkan polisi. Sudah sering media massa memberitakan tki tapi mayoritas kejelekan, kekurangan dan kegagalan tki saja yang mereka sorot dan mereka angkat jadi bahan berita. Mereka membuat image pjtki menjadi jelek, tertuduh seolah-olah pjtki sumber semua masalah ini, padahal di balik musibah/kegagalan/penderitaan yang menimpa tki ada pihak-pihak yang turut bertanggung jawab tetapi tetap saja pjtki menjadi objek penderita, selalu di salahkan. Padahal banyak sumbangsih yang telah di berikan pjtki untuk negara ini tapi itu kurang di anggap, banyak tki yang sukses tapi minim pemberitaan karena beritanya kurang laku di jual, berapa banyak orang yang telah di beri makan oleh pjtki dan tki ini. Moratorium-moratorium yang telah di tetapkan kurang berhasil meberikan perlindungan pada tki, konsorsium asuransi yang telah di bentuk pemerintah tidak bisa berbuat banyak melindungi tki di luar negeri, padahal perlindungan di luar negeri yang amat di butuhkan oleh tki dan bukan hanya sekedar penggantian materi di dalam negeri, tapi nilah negeri yang kita cintai, sebagus apapun undang-undang yang di buat, keputusan/ketetapan/peraturan-praturan yang di buat kalau pelaksanaannya tidak di lakukan dengan hati bersih dan jiwa besar ya sepertinya tetap saja pjtki dan tki akan tetap menjadi objek penderita untuk selamanya

    • Soffy Sopyan berkata:

      mungkin sekarang sudah terlambat saling mnuding atau saling menyalahkan lebih baik cri jln gimna baiknya mulai skrangmah,,, sya sebagai devisa yg tlh malang melintang di luar negri tidak pernah sklipun manyalahkan pjtki,, namun yg saya syangkan adalah kurangnya ksungguhan pemerintah yg berada dluaR NEGRI, juga agen setempat yg berda di luar negri,,, ketika di masih di PT, mereka mnjanjikan klo ada masalah mereka siap tuk mmbantu ,, nmun sbaliknya yg trjadi ,,ktika kmi mndapatkan musibah dan meminta pertolongan pda mereka ,, dgn ringanya mereka sll mnyalahkan kmi ,,, mna janji2x yg dulu slgi di PT?… SEMUANYA MNGALIR BGAIKAN AIR HUJAN YG TIDAK PERNAH SURUT…SYA BERTERIMA kasih kepda PJTKI2X yg telah mmberangkatkan sya… PT AMRI BROTHER, PT ABUL PRATAMA JAYA…PT BAGUS BERSAUDARA,,& PT ALFINDO

  2. Muhamad daim berkata:

    kpd kantor pjtki,kantor ktkln,dan dinas lain yg berkaitan dgn tkw,memberi saran kepada pihak diatas,suatu korban perceraian ulah tkw kini smkn meningkt .banyak anak terlantar akibat ulah tkw.menceraikan suami melalui calo calo pengacara .membuat identitas diri dgn suap uang kpd kades.segalanya demi kebebasan tkw trsbt..tlg hal hal ini segera diambil tegas

  3. Muslimin pijer berkata:

    Salam kenal.saya hanya mau nanya,ada agen yg menyalurkan tki,ke nz dengan biaya sepuluh juta,apa benar tu pak,nama penyalurnya aku agak lupa,cuman mereka berkedudukan di jl h samali pa benar pa nga tu pak,makasih sebelumnya atas infonya

    • Humari berkata:

      Salam kenal juga,

      Untuk mengecek agennya punya izin apa tidak, gampang: ketik namanya di google. Kalau nama agen (PJTKI/PPTKIS) tersebut ada di daftar yang dikeluarkan Kemenakertrans atau BNP2TKI, tandanya agen itu legal. Bila tidak. Hati-hati. Sulitnya, kadang belum tentu yang legal prosesnya mulus, belum tentu juga yang illegal kantornya hanya di gang sempit. Banyak juga agen ilegal tapi kantornya di gedung-gedung di tepi jalan utama.

      Sukses buat Anda.
      Humari

  4. hendra berkata:

    Selamat malam Pak..saya sangat berterima kasih atas tulisan” bpk yg sangat informatif sehingga dpt membantu saya memahami prosedur kerja ke LN. Di kesempatan ini saya ingin bertanya…saya ada dapat tawaran kerja di Perancis dari PT. Lentera bunga bangsa sejati, alamat nya di Jl.dr. Saharjo.Tebet.(lokasi kantor di depan Pasaraya Manggarai, dekat RS Agung), di pabrik pengalengan ikan. Dgn biaya skitar 7jt. Saya mohon informasi dan penjelasan dari Bapak, apakah PJTKI tsb resmi ? Menurut Bapak, Bagaimana reputasi PJTKI tsb ? apakah mereka punya record penempatan di eropa ? Atau sebaik nya saya cari peluang di PJKTI lain nya aja ? Mohon pencerahan dr Bapak..krna saya baru pertama ini berniat kerja ke LN. Saya pengen bisa kerja ke eropa, USA atau Taiwan secara resmi. PJTKI mana yg Bapak recomendasi kan dan mempunyai record pengiriman TKI yg baik ?
    Terima kasih banyak ya Pak atas jawaban Bapak.. Mohon maaf kalau tulisan saya terlalu panjang..hehehe

    • Humari berkata:

      Saya tidak punya banyak info tentang mereka selain bahwa lokasi kantor mereka berada di Solo. Di Jakarta mungkin hanya cabang saja. Anda tanya kepada mereka apakah punya demand letter (surat permintaan tertulis dari perusahaan di Perancis) yang distempel KBRI kita di Paris. Harus asli. Bukan fotokopi. Kalau punya silakan lanjut.

  5. yudha adi berkata:

    assalamualaikum pak….jujur aja saya baru aja mbaca smua tulisan2 yg ada di dalam forum ini.. saya tki yg ada di abu dhabi..setelah saya baca tulisan anda jujur aja saya bangga,dan malah terharu karena smua informasi,,,ataupun tulisan anda sepertinya mewakili isi dan jiwa kami para tki…semoga tulisan bapak bener2 bermanfaat…bagi smua kalangan..juga akan menjadi acuan memperbaiki kekurangan..kami para tki jadi terbantu dengan banyaknya informasi yg anda tulis…. saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada bapak yg bener2 memberi berita,tulisan,info dan sindiran2 pada smua pihak…saya sebagai tki informal bener2 salut pada pemikiran dan tulisan bapak…..terima kasih sekali lagi….. merdeka!!!! maju terus pantang menyerah demi mencari sesuap nasi buat smua keluarga di indonesia…..tetep semangat!!!!

    • Humari berkata:

      Terima kasih atas apresiasinya. Sebenarnya masih banyak yang perlu saya ungkap. Hanya karena sambil kerja jadi belum sempat. Selain itu saya sedang menunggu hasil revisi dari UU 39 2004. Bakal ada banyak perubahan soal aturan. Tapi mudah-mudahan tidak menyulitkan kita.

    • Fey berkata:

      Saya bukan bapak tapi Ibu..terima kasih tulisanya keren banget

  6. You Boo Hong berkata:

    Ketika Binawan, dkk merintis penempatan di Korea Selatan yang bekerja sama dengan KFSB (Korea Federation of Small Business), jatuh bangun, pahit getir dirasakan terutama oleh perusahaan2 yang awal-awal perintisan itu…. pemerintah melalui Depnaker aktif mengawasi, emang itu tugasnya hanya mengawasi (wasit), ketika perjalanan itu sudah mulus dengan aspal yang bagus, si wasit ternyata ingin ikut bermain bola….apa jadinya…. pemain asli (pjtki) akan kena semprit terus finnalty bahkan kena kartu merah itu pasti sering terjadi ….. sekarang BNP2TKI mengeruk hasil yang dirintis oleh PJTKI dengan jalan yang sangat keji….. sekarang para Mafia dan keluarganya sangat mendominasi bisnis di jaringan ini, mulai dari rekrut, BLK, Asuransi, Agent Tiket ….. semua dipegang mereka, semoga KPK mencium hal ini.

  7. Faizal berkata:

    Dengan Hormat..saya sedang mencari PPTKIS yg berniat membuka kantor cabang di daerah…mungkin bs dibantu rekomendasikan..terima kasih.

  8. Hermayanti berkata:

    Assalamu’allaikum,maaf pak Humari saya ingin tanya.Begini saya pernah ke HK 4 thn yg lalu dan saya ingin ke Hk lagi tapi yg jadi masalah saya sudah tanya ke beberapa PT mereka bilang ga bisa bantu proses karena nama saya yang dulu ke Hk dengan nama yg sekarang setelah nikah tidak sama.mereka bilang saya bisa ke Hk lafi tapi bila pakai nama yg dulu,sedangkan itu tidak mungkin karena semua document saya yg sekarang sudah pakai nama yg baru dan itu tidak mungkin saya ganti lagi karena KTP saya sudah memakai E KTP.apa yg harus saya lakukan agar bisa kembali ke HK lagi untuk bekerja dengan pakai bama saya yg sekarang,Terimakasih.Wassalam

    • Humari berkata:

      Satu-satunya cara yang kembali menggunakan nama yang lama. Sebab masalahnya terletak di negara penempatan. Sidik jari Anda (dan mungkin juga sidik retina mata) sudah ada di data online di Hongkong. Dan kalau masuk dengan nama lain, mereka akan curiga. Kecurigaan yang mungkin berkaitan dengan hal-hal sensitif seperti: terorisme, trafiking, narkoba dsb.

      Sistem pendataan online semacam ini sudah jamak dilakukan di seluruh dunia. Termasuk negara kita.

  9. Dede berkata:

    Assalamu’alaikum, pak berapa sesungguhnya biaya pengurusan paspor ganda / paspor hilang biometrik bila tkw ingin kembali bekerja di luar negeri (A? kalau bisa dicantumkan komponen biayanya apa saja dan syarat2nya, terima kasih.

    • Humari berkata:

      Pembuatan paspor aslinya sama saja: 255 ribu per paspor. Tapi kalau paspor ganda/biometrik/hilang hal tersebut tak pernah dicantumkan oleh pihak imigrasi. Jadi saya sendiri tak punya info berapa harga pastinya.

      Kami PJTKI, biasa membayar untuk paspor biometrik hingga 2 juta rupiah ke imigrasi dan prosesnya juga bisa sampai 1 bulan. Ada yang lebih dari itu. Makanya banyak PJTKI tak menerima calon TKW yang punya permasalahan semacam ini kecuali sang calon TKW bersedia menanggung biayanya. Dan itu pertanda mengurangi fee.

      Masalah ini masih kelabu alias tak jelas.

  10. deden munawar berkata:

    ألسلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    mohon maaf sebelumnya,saya mau bertanya tentang temen saya tkw yang kabur.
    begini mas ceritanya ada seorang tkw yg kabur namanya tina dia ga d gajih sama majikannya selama 22 bulan terus dia kabur udah 9 bulan lamanya,
    terus apakah gaji yg 22 bulan itu bisa di ambil apa engga sama majikannya, , , ?
    terus misalkan kalau kita lapor ke kjri/kbri mereka bisa menolong apa engga, , , ?
    terimakasih sebelumnya dan saya tunggu jawaban dan bantuannya
    teru

    • Humari berkata:

      Persoalannya jadi rumit karena kaburnya sudah lama. Harusnya begitu kabur teman Anda langsung lapor polisi. Jangan kerja yang lain dulu.

      Juga perlu diperhatikan, bila saat menjelang dipulangkan saat di bandara, ada teman-teman TKI informal (pembantu rumah tangga) yang belum digaji, langsung cari polisi dan lapor. Jangan mau dijanjikan uang gaji bakal dikirimkan lewat rekening.

      Mengenai masalah teman Anda, bisa saja lapor ke KBRI/KJRI. Tapi di KBRI/KJRI sendiri, yang punya masalah serupa juga banyak. Karenanya penanganan akan lambat dan belum tentu berhasil.

      Pengalaman kami, yang paling cepat berhasil adalah lapor polisi. Cuma kalau sudah kabur 9 bulan teman Anda juga bisa menghadapi permasalahan hukum tersendiri (kabur kelamaan dan kemungkinan kerja secara ilegal)

  11. sidik berkata:

    saya mencari alamat pt anda ,saya uda di condet tp belum ketemu bisa bantu saya tidak dr siddik

  12. Fajar Wantoni berkata:

    Saya dengan Toni, Direktur PT Lentera Bunga Bangsa Sejati… perlu saya beritahukan bahwa kami TIDAK PERNAH MEMPUNYAI KANTOR CABANG DI SAHARJO (MANGGARAI), kantor kami di Jalan Batu Ampar III No. 8 Condet Jakarta Timur dan kami juga belum pernah mempunyai Job untuk ke Prancis, yang kami punya hanya Job untuk Singapore, Malaysia, Brunei dan Canada. Terima kasih

  13. Yoga berkata:

    ma.f pak toni aq icha angkatan 2007 taiwan mungkin udah lupa .kalau boleh minta jop dong pak enak makasih salam buat pak eko …..?

  14. Yoga berkata:

    semoga .pt.lentera bunga bangsa sejati …..? makin succes selalu & semua kru nya makin enjoi aja ..by. icha. pemalang

  15. Sehati berkata:

    knepa y kok skrang proses singapur lama terbang nya. .gk kyk yang di blang sepongsor, kata nya 2blan dh terbang,.tapi knyata,an nya kok gk sma.
    apa masalh nya kok bsa lama nympek 5bln mau proses k singapur.

    • Humari berkata:

      Calon TKI yang ke Singapura memang sedang membludak karena pengiriman ke Arab Saudi tutup, ke Qatar hanya sedikit yang diberi izin oleh KBRI, ke Abu Dhabi mirip Qatar juga. Permintaan ke Oman tak terlalu banyak. Jadi negara-negara yang masih buka seperti Singapura, Taiwan jadi serbuan calon TKI.

  16. ramlan setawan berkata:

    As pak sy hrs bgmn &minta bantuan sm siapa? Dulu sy daftar ke brunei dan kt ejen medicalnya pending,sy pun medical ulang dan d suruh ambil hslnya ternyata un fit ada kalsifikasi d paru kiri sy tanyakn sm petugasnya apa itu klsfksi ktnya penyakit paru sy cek up sampe 3 rumah sakit terahir rs rotinsulu bandung (k khusus paru) hslnya sama.

    • Humari berkata:

      Kalau sudah unfit Anda tak bisa kerja ke luar negeri. Kalau ada yang mengaku bisa bantu pasti prosesnya menabrak aturan. Kalau Anda bersikeras untuk tetap kerja ke luar negeri, itu adalah resiko sendiri. Agen beginian kalau sudah ada masalah sulit sekali diuber.

  17. ramlan setawan berkata:

    Ass. Pak sy hrs bgmn at minta bantuan siapa? Sy tki d mlysia ktkln ada proteksi tki ada sekarang paspor hilang sama agen parahnya lg permit pun palsu,sy mau pulang ibu meninggal.

  18. Surya berkata:

    Maaf pak kalau salah satu clon tenaga kerja yg ada d pt pjtki membatalkn berangkat apa itu ada denda

  19. Ang berkata:

    Informsinya lngkp dn akurat. Smg umrnya pnjang, dn terus menulis. Tks Ang

  20. thoriq ziadi berkata:

    maaf pak sebelumnya saya ingin tau info loker,saya sangat minat,saya menggeluti skil di bidang mekanik truck atau helper .apa ada iya lowngan nya ?terima kasih

  21. kelly hor berkata:

    Pak/bu.kawan saya di malaysia memerlukan tki informal ( pembantu rumah tangga ) yang suka dengan kanak-kanak. Boleh tolong berikan nomor telepon

  22. kelly hor berkata:

    Pak/bu.kawan saya di malaysia memerlukan tki informal ( pembantu rumah tangga ) yang suka dengan kanak-kanak. Boleh tolong berikan nomor telepon pjtki yang menyalurkan. Terima kasih

  23. Gadis Arimbi berkata:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Salam sejahtera untuk kita semua….
    Saudara Admin yang baik……saya Gadis Arimbi akan menanyakan beberapa pertanyaan terkait pemberangkatan TKI ke Jepang. Beberapa waktu yang lalu Saya ditawari menjadi TKI ke Jepang yang akan diberangkatkan pada bulan November 2014 oleh PT Bagoes Bersaudara, sebagai juru masak atau koki dengan biaya Rp.15.000.000. Informasi yang saya peroleh bahwa nanti saya di sana bukan sebagai TKI akan tetapi sebagai karyawan di sebuah perusahaan Indonesia yang menjadi pemenang tender di Negara jepang. Perusahaan dimana saya akan bekerja adalah perusahaan Indonesia yang akan mengerjakan bantalan rel kereta api, dimana tenaga kerja berasal dari Indonesia seperti para tukang, kenek maupun juru masaknya. Adapun pertanyaan saya
    1. Adakah pemberangkatan ke jepang dengan kebutuhan tenaga masak itu?
    2. Apakah status PT Bagus bersaudara (Legal atau Illegal)
    3. Apakah benar PT Bagus bersaudara digandeng oleh PT Esen Persada dalam pemberangkatan tenaga kerja ke Jepang pada November 2014?
    Demikian pertanyaan dari saya, atas bantuan informasinya saya megucapkan banyak terimaksih.
    Wassalau’alaikum Wr.Wb.
    Bandung, 31 Oktober 2014

    • Humari berkata:

      Kalau visa yang diberikan adalah visa kerja, apapun profesinya ya dinamakan TKI.

      Lain halnya bila Anda masuk ke Jepang dengan visa studi, magang, training, turis kalau dibuat kerja ya jadi TKI ilegal.

      1. Bisa saja. Dan untuk proyek konstruksi itu biasa. Sebab biasanya pemilik proyek tidak mau mempertaruhkan selera makan pekerja dengan tenggat yang diberikan. Alias jangan sampai TKI yang di proyek tidak kerja maksimal karena tak selera dengan makanan yang disuguhkan.

      2. Legal

      3. Yang ini saya tidak tahu. Kalau mau jelas, silakan datangi BP3TKI terdekat. Mereka bisa deteksi apakah penawaran job itu legal atau tidak

  24. Gadis Arimbi berkata:

    Terimakasih atas balasan, info dan masukannya yang super cepat, semoga manfaat dan semoga Alloh SWT membalas kebaikan saudara admin

  25. rudy berkata:

    assalamu’alaikum wr. wb.

    met siang…..
    mbak gadis dpt tawaran dari mana mbak, soalnya saya jga dpt twaran begitu,,,,

    makasih,

    wassalam,,,,,

  26. TRI berkata:

    Bpk.Humari yg baik, saat ini saya membutuhkan info job ke Brunai apa ada pak? terimaksih sebelumnya, akunnya sangat bermanfaat

  27. rini berkata:

    Salam,pak saya pernah kerja dipabrik malaysia slama 2 tahun.nah,masa berlaku passport saya itu sampsi 2016 nnti.jika sya ingin pergi ke malaysia lg,tpi jadi backpecker itu bisa ga pak?terus,nnti klo di tanya2 sama imigrasi sana gmn pak?oiya,biasanya dtanyain apa aja pak?trimakasih pak sblumnya…mohon bpk bisa share pengetahuan bpk kpd saya.dan semoga bermanfaat selalu🙂

    • Humari berkata:

      Bisa saja. Kalau kemarin keluar masuk Malaysia secara legal. Kalau ditanya ya jawab apa adanya; bahwa maksud kedatangan Anda adalah berkunjung bukan kerja. Tunjukkan tiket bolak balik dan bawa uang yang cukup. Kadang mereka minta tunjukkan uang yang Anda punya di dompet

  28. Gempur prasetyo berkata:

    Pak humari apakah pengurusan perpanjangan KTLN harus pakai Visa asli klau pakai foto copy visa bisa ndak, karena saya uda cuti di Indonesia ndak bawa visa asli and apa persyaratan urgent yg lainnya untuk perpanjangan KTLN krn saya tenaga profesional ( tanpa PJTKI atau agen tenaga kerja) Terimakasih salam hormat.

  29. reni berkata:

    pak sy mau tnya .. sya pernah buat passport tahun 2012 dan sy pernah bkrja di malaysia pakai sistem permit .. shrusnya sy kerja 2 thun tpi sya berhenti kerja 1 tahun sja . dan oleh majikan di cabut untuk mza 2tahun itu .
    kemudian sya rencana mau keluar negeri untuk liburan .. tapi paspor sya hilang kbtulan saat pembuatan pasport pertama sya di daerahsaya sukabumi skrg sudah bersuami jadi ktp sya bandung . nah yg sya ingin tanyakan apa sya membuat pasport baru dngan alamat baru ? di bandung . dgn surat kehilangan . nah data dipasport yg dlu yg sya pergi kerja apa tertera dstu atau seperti baru lgi . trms

  30. Shandy berkata:

    assalamu’alaikum.. begini pak.. saya di tawari pekerjaan di malaysia di perkebunan kelapa sawit.. sifat pekerjaan katanya sih resmi.. passport,visa,permit,dsb di tanggung menawarkan pekerjaan ke saya.. sedangkan saya belum pernah keluar negeri karna saya tidak ingin salah melangkah.. dan saya mengharapkan masukan dari bapak.. sekian terima kasih.. wassalamu’alaikum..

    • Humari berkata:

      LIhat kontrak kerjanya. Juga datangi Disnakertrans terdekat untuk mendapatkan info soal legalitas perusahaan. Kalau yang menawarkan kepada Anda adalah perorangan dan tidak menyebut perusahaannya apa, tandanya Anda sedang berhadapan dengan calo. Tak semua calo jahat tentu saja, calo yang baik akan membuka info perusahaan/PJTKI/PPTKIS apa yang bakal mengurus dokumen Anda. Anda bisa cek nama mereka di Disnakertans daerah atau google namanya di internet dan tambah dengan kata-kata “daftar pptkis”

  31. To : 077/PWK/2015 Kepada Yth : Drs. Barisman .ST Perihal PT. GBS Permohonan : Bantuaan Di. Tempat

    Dengan Hormat
    Bersama ini saya sampaikan kepada Perusahaan yang bapak pimpin, dengan ini kami memohon dan bantuannya. Saudara kami yang bernama Ai omah yang di berangkatkan melalui perusaan GBS melalui dari Jakarta Timur pada tanggal 20 feb 2012 ke Malaysia sampai sekarang belum dapat di hubungi atau kabar beritanya.
    AI Omah yang beralamat di Legok barong Desa Pusaka mulaya kec.Kiarapedes Kab Purwakarta – Jabar Yang melalui ibu yuyun dan Kurniawan berserta ibu ani alamat di Kerawang dan Mery yang beralamat di Jakarta Timur. Telah memberangkat saudara Aiomah dari rumah pada Tanggal 4 Feb 2012. Kami dari pihak Keluarga saudara Babas Rosita agar keluarga kami dapat di pulang Ke Indonesia dengan keadaan selamat sekian atas kerja samanya.
    Purwakarta 5 September 2015
    TTD
    Babas Rosita
    Tb. Mochd saleh hadi.J Msc
    Redaksi MIN

  32. Candra berkata:

    Tolong no hp simpati yang bisa di hubungi PT.lentera bunga bangsa sejati
    Kalau ada yang tau kirim dong

  33. Buyung Irwansyah berkata:

    Pak humari saya baru saja mendapat tawaran bekerja di taiwan di pabrik sepeda,yg saya tanyakan?apa benar di taiwan bisa potong gaji,dari pihak PT bilang klo semua proses di tanggung pabrik,dan memang kata nya job kyk gini jarang ada,saya sudah datang k kantornya…PT annur jaya alamat di surabaya,saya ex malaysia ,saya ingin tanya apa ada pabrik di taiwan yg mau menanggung semua biaya proses dan penempatan..?saya tdk di kenakan biaya apapun?

  34. Ani berkata:

    Assalamualaikum maaf pak Aku Mau Tanya di mana caran’y klau Mau mengganti Nama ,pekerjaan saya yg sebelum’y Aku sebagai tki tapi Aku dapat pekerjaan di kantor, Bagaimana Dan persyaratan’y apa bls terima kasih

    • Humari berkata:

      Yang mau diganti nama pekerjaan di paspor? Tak perlu ah. Jangan corat coret/hapus apapun di paspor Anda, kalau tak mau dipermasalahkan pihak berwenang. Yang namanya pekerjaan berganti adalah biasa. Anda juga tak perlu merasa minder karena pernah bekerja di tempat yang bukan perusahaan/kantor misalnya. Pekerjaan sama mulianya.

  35. dini berkata:

    apakah betul ada rencana ke jepang untuk tki dibidang proyek jln kreta api?

    • Humari berkata:

      Saya gak bisa deteksi kebenarannya. Karena perekrutan di Jepang semua lewat yayasan. Bukan perusahaan seperti kami. Sebagai info, kalau ditawari gaji di bawah 25 juta per bulan jangan diambil.

  36. Indah berkata:

    Pak saya ada tawaran pekerjaan di Inggris melalui PT, bln desember kontrak kerjanya sdh ada lengkap, tapi sampai sekarang blm ada kejelasan kapan visa akan turun, bln desember kami sdh mengisi form visa di PT yang bersangkutan. Bln ini saya dikirimi form medcek, tapi PT blm kasih kabar kapan medceknya. Dari PTnya beralasan kalau birokrasinya agak susah. Padahal saya sdh bayar uang muka 50% dr biaya pemberangkatan. Boleh minta sarannya saya harus gmn pak? Makasih banyak …

    • Humari berkata:

      Anda menandatangani perjanjian penempatan dengan perusahaan tersebut? Isi perjanjian penempatan adalah soal biaya, lama proses dan batas toleransi durasi proses bila terjadi keterlambatan dan bila ternyata gagal mendapatkan visa. Kalau belum ada, hati-hati. Untuk ke Eropa dan Negara Barat lainnya, saya tak rekomendasikan karena tingkat kegagalan cukup tinggi. Sebagian besar dari kami bahkan tak minat menembus ke sana karena pengalaman yang sudah sudah

  37. abdalah berkata:

    Ass.wr.wb saya mau tanya saya ditawarin kerja buat di brune darusalam ikut pt lentera bunga bangsa jl.batu ampar 3 no.8 rt.7 rw 3 kramat jati jakarta timur apakah legal apa gak ya.pak

  38. Dewi mustajibah berkata:

    Saya membaca iklan di jualo.com nama pt lbbs dia merkut tenaga kerja ke new zeland sm inggris dibutuhkan tenaga 50 dan b8aya 60 jt…apa ini bonafit g sedangkan sy baca artikel anda kl kemungkinan kecil kl lowongan ke inggris sedangkan pt lbbs kok merikut smp 50 tenaga kerja…mohon petujuknya biar kami melangkah lebih pasti dan g ketipu lagi….tromakasih

    • Humari berkata:

      Wah, saya baru tahu kalau ada pengumuman semacam itu. Alamat mereka di mana? Di Condet atau di….? Kalau mau aman ya daftar tak masalah. Asal jangan pakai uang dulu.

  39. Hendri berkata:

    Assalamualikum,

    Saya ingin bertanya perihal passport. Saya saat ini bekerja di UAE sebelumnya saya pernah kerja disaudi 2 tahun. Dulu saya ke saudi oleh pihak pjtki menggunakan nama dan dokumen di passport yang palsu, sekarang saya di UAE menggunakan nama dan dokumen yang asli.

    Sekarang saya ingin kembali lagi kesaudi bisakah saya menggunakan nama dan dokumen di passport yang asli ? Sedangkan saat saya exit saya sempat disidik jari dan test mata.

    Mohon jawabannya, jazzakallahukhoirun

    • Humari berkata:

      Wa’alaikumussalam.

      Jangan ke Saudi lagi. Hampir pasti imigrasi di bandara mereka akan menolak Anda meskipun visa kerja sudah tertempel di paspor Anda

    • Herman berkata:

      Hendri saya mau tanya info untuk bekerja di UEA lewat pt mana? klo lewat PT DIYAVI MAN POWER aman ga ya? takutnya penipuan

  40. Herman berkata:

    Pak humari yang insyaallah di rahmati Allah,
    Apakah bisa di katakan penipuan jika bekerja ke korea dengan sistem magang ke korea? karena setahu saya untuk kerja di korea palang pintu nya hanya GA TO G, yang saya mau tanyakan apakah bisa di tindak ke ranah hukum pihak penyelenggara nya? Ada beberapa teman saya yang nasib nya sekarang tidak jelas lewat penyelenggaraan itu. Biaya proses 60jt apakah bisa kembali pak? Dan bagaimana caranya untuk dana itu kembali pak? Mohon pencerahan nya. Terimakasih

    • Humari berkata:

      Magang ke Korea, setahu saya belum dibuka. Dan pembiayaannya serta persyaratannya bukan begitu. Kalau ada penarikan uang hingga 60 juta, hampir pasti tak bisa dipercaya. Soal pengembalian uang Anda, ya saya mana bisa bantu.

      • Herman berkata:

        Pak humari saya mau tanya klo untuk bekerja di UEA lewat PT DIYAVI MAN POWER aman tidak ya? tolong di cek PJTKI itu penipuan tidak? Legalitas perusahaan nya bagaimana? Mohon infonya. Terimakasih

      • Humari berkata:

        Mereka resmi. Soal aman atau tidak, siapa yang bisa jamin? Ini cuma urusan administrasi proses penempatan.

  41. Dodi Ismanto berkata:

    Assalamualaikum.
    Yth. Pak Humari,
    Saya ingin menanyakan perihal informasi adanya peluang bekerja di Inggris dengan upah/gaji sebesar 15 pounds per jam namun biaya yang dibutuhkan cukup besar yaitu Rp. 70 juta. Keluarga saya ada yang tertarik untuk mengajukan diri sebagai TKI ke negara tujuan tersebut, namun tidak memiliki biaya sebesar itu karena memang tujuan bekerja di luar negeri adalah untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar dibandingkan dengan bekerja pada saat ini khususnya di daerah.Yang ingin saya tanyakan adalah apa benar ada program bekerja di Inggris dengan gaji dan biaya tersebut dia atas ? Jika benar ada program tersebut apakah ada alternatif lain yang bisa ditempuh bagi calon TKI yang tidak memiliki biaya sebesar itu?
    Demikian, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
    Wassalamulaikum Wr.Wb

    Hormat saya

    Dodi Ismanto

    • Humari berkata:

      Saya tak bisa mendeteksi apakah itu penipuan atau tidak. Yang jelas, biaya penempatan ke Eropa memang besar karena agensi Eropa pasti minta tinggi. Mereka biasa memungut upah maksimal sesuai standar ILO sekitar 3 bulan gaji. Itu belum lagi agen yang di Indonesia.

  42. lilo berkata:

    Met malam p. Humari
    Saya kan mau daftar seleksi kerja k Taiwan, apa benar ada biaya 4rts rb buat antibody apa gitu?????
    Makasiii

  43. abdulwahidqohar berkata:

    yth
    pa humari

    saya, mendaftar kerja diinggris lewat pt lentera bunga bangsa sejati, sudah 1 thn tapi tidak berangkat berangkat, dan saya sudah setor uang dalam jumlah lumayan buat saya, dan setiap saya hubungi pjtki tersebut, selalu mengulur ulur waktu sampai sekarang, dan akhirnya saya capai karena perjanjian dengan pt tersebut tidak terlaksana, dan saya sudah menghubungi pihak PT lentera tersebu, dan sudah beberapa kali ketemu dengan direktur Pak wantoni selaku direktur, dan katanya uang saya akan dikembalikan, namun sudah 3 bulan lebih 2 minggu dari kesepakatan kesanggupan dari PT tersebut untuk mengembalikan uang saya, sampai sekarang belum dikasih sepeserpun, dan sekarang PT tersebut sudah susah sy hubungi, saya mohon tanggapannya pa, saya harus gmana? trima kasih

    hormat sy
    kohar

    • Humari berkata:

      Melamar ke Eropa/Australia/Amerika/Kanada itu untung2an. Makanya saya tidak sarankan. Soal PT. Lentera, setahu saya mereka bersih. Hubungi saja terus. Kalau mandek baru lapor ke BNP2TKI

      • abdulwahidqohar berkata:

        Terima kasih tanggapannya,sy sendiri memang belum ada pengalaman utk kerja diluar negeri,dan sebelumnya sy sudah cek mengenai pt.lentera ini,dan memang terdaftar di bnptki, utk keberangkatan ke inggris ini pihak lentera sangat meyakinkan,dan ada be beberapa dokumen yg diperlihatkan ke sy,mengenai permintaan pekerja utk bekerja disana,namun perkembangannya tidak sesuai dgn harapan dan janji janji mereka,dan sampai terakhir sy ketemu pa fajar wantoni sekitar 3 bulan lebih 2 minggu,pa fajaar.wantoni masih yakin bisa memberangkatkan kami kerja ke inggris,namun karena sy sudah.cukup diberi janji janji,sy hanya meminta uang sy kembali dan.tidak ikut melanjutkan proses kerja tsb,namun dr janji janji merka akan sanggup mengembalikan uang sy,sampai sekarang.tidak terpenuhi,dan sudah dr 2 minggu lewat sms saya sudah tidak dibalas.dan tlp.sy.tidak diangkat..terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s