Menjadi TKI, info awal yang perlu diketahui (bagian 1)

Masih banyak yang menanyakan ke saya tentang syarat dan persyaratan dan hal-hal yang perlu diketahui sebelum menjadi TKI. Sebenarnya saya sudah banyak membahas soal satu ini di dalam posting terpisah. Kali ini saya usahakan merangkum dalam satu tulisan saja agar lebih mudah dipahami.

TKI adalah singkatan dari Tenaga Kerja Indonesia. Dari info yang saya dapat istilah TKI nanti akan diganti menjadi TKLN (Tenaga Kerja Luar Negeri). Saya sendiri tak tahu apa konsekwensi baru dari perubahan istilah tersebut. Tapi adanya berbaik sangka; semoga penempatan dan perlindungan menjadi lebih baik.

TKI adalah WNI kita yang tinggal dan bekerja di luar negeri dengan visa kerja. Semua WNI yang ditempatkan PJTKI/PPTKIS menggunakan visa kerja. Kalau PJTKI/PPTKIS menggunakan visa lainnya, tandanya itu adalah penempatan ilegal.

Jadi bila Anda bertanya pada saya tentang visa belajar ke negara Barat misalnya, atau bagaimana mendapatkan status permanent residency, itu bukan wilayah kerja kami, PJTKI/PPTKIS. Kami hanya menempatkan WNI dengan visa kerja tidak lainnya.

Lalu bagaimana cara menjadi TKI? Tergantung di wilayah mana yang Anda inginkan. Di sektor formal (alias perusahan) atau di wilayah privat alias di rumah tangga.

Untuk Anda yang berminat kerja di rumah tangga, saya sudah membahas soal ini berulang kali. Silakan klik https://pjtkidantki.wordpress.com/2013/04/28/mendaftar-jadi-tki-informal-tanpa-sponsor/

Bagi Anda yang berminat menjadi TKI formal, silakan klik https://pjtkidantki.wordpress.com/2012/03/18/persyaratan-menjadi-tki-formal/

Agar kemampuan anda dilirik oleh perusahaan di luar negeri, penting juga anda membuat CV yang menggambarkan kemampuan anda. Anda menjadi sales untuk diri anda sendiri. CV minimal untuk melamar kerja di luar negeri silakan klik https://pjtkidantki.wordpress.com/2013/03/10/cv-untuk-melamar-kerja-ke-luar-negeri/

Tapi bila Anda punya kemampuan untuk mencari sendiri lowongan kerja di luar negeri tanpa bantuan PJTKI/PPTKIS, bisa juga urus semua penempatan langsung tanpa melalui kami. Keterangannya silakan klik https://pjtkidantki.wordpress.com/2012/05/01/tentang-tki-mandiri-dan-persyaratannya/.

Bagi anda calon TKI mandiri, anda juga perlu tahu soal seluk beluk pembuatan paspor dengan mengklik https://pjtkidantki.wordpress.com/2013/06/29/pembuatan-paspor-tki-dan-lika-likunya/ dan juga bila penempatan anda adalah di kawasan Arab Teluk, anda perlu tahu soal medical check up dan kliniknya yang 99% berlokasi di Jakarta (hanya 1 di Surabaya). Penjelasannya silakan klik https://pjtkidantki.wordpress.com/2012/05/28/medical-check-up-untuk-penempatan-di-negara-negara-arab/

Untuk Anda yang penasaran dengan pembiayaan yang dibebankan PJTKI/PPTKIS, silakan klik https://pjtkidantki.wordpress.com/2013/01/27/tentang-biaya-untuk-tki-informal-dan-formal/ dan https://pjtkidantki.wordpress.com/2011/05/29/blak-blakan-tentang-biaya-penempatan-tkw-ke-negara-negara-arab/.

Untuk sementara itu saja dulu. Yang ingin bertanya atau kritik, silakan isi kolom komentar di bawah.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke Menjadi TKI, info awal yang perlu diketahui (bagian 1)

  1. Yusuf D berkata:

    Saya sudah diterima dengan posisi manajer di sebuah sekolah/akademi di Dubai. Kontrak kerja sudah ditandantangani. Permasalahannya, bagaimana saya bisa mendapatkan visa kerja/work permit dengan segera? Mereka memerlukannya untuk legalisasi dan booking 2ways ticket untuk saya. Mohon penjelasannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s