Cara lain ke Selandia Baru dan Kanada

Berikut ini adalah tanggapan dari salah seorang pembaca mengenai seluk beluk mendapatkan kerja di Selandia Baru (New Zealand) lewat jalur non visa kerja. Bukan ruang lingkup PJTKI/PPTKIS sebenarnya. Tapi cukup bermanfaat sebagai masukan kita semua.

Pak Humari, informasi yang sangat membantu pekerjaan saya, dan menarik secara pribadi.
Secara profesi, saya bekerja di Konsultan Pendidikan Luar Negeri, jadi cukup sering bergaul dengan rekanan dari berbagai belahan dunia (perusahaan tempat saya bekerja memiliki 500-an sekolah partner) dan melayani berbagai jenis klien yang ingin sekolah ke LN.
Baru-baru ini saya baru saja pulang dari workshop yang diadakan oleh ENI bekerjasama dengan Kedubes NZ. Sedikit informasi yang ingin saya share adalah:
1. jalan tercepat dan termudah (tapi juga sangat mahal) untuk kerja di Selandia Baru, adalah dengan sekolah disana selama (sedikitnya) 2 tahun. Bila anda membuka situs IMM (https://www.immigration.govt.nz/) maupun newzealandeducated, maka akan tertera bagan dan prasyarat untuk bekerja disana. kenapa saya menampilkan NZ, karena NZ (dan Kanada) secara resmi menginginkan penduduk yang lebih banyak; terutama dalam rangka mempertahankan economic capacity dan mengisi workforce yang bolong2.
Sederhana saja, sekolah 2 tahun setara dengan Cerificate 4 atau Diploma (NZQF Level 4) itu sudah menjamin 1 tahun gratis visa kerja. Kerja dimana? Semua sekolah yang menawarkan program Cerificate atau Diploma, teruatama Polytech dan Technology Institute akan mencarikan pekerjaan, atau minimal akan mencarikan penawarannya.
testimoni dari seorang klien, dia berangkat untuk ambil Diploma di Construction selama 2 tahun di sebuah Institute di Invercargill, yang sedianya akan dia pakai untuk bekerja di perusahaan pamannya di Indonesia. Setelah masuk Certificate 4 (sebelum Diploma) dia sudah ditawari kerja. Memang bukan upah besar, tapi karena Visa Kerja nya gratis dan diuruskan oleh sekolah, dia bertahan. Setelah satu tahun ia masuk sekolah lagi untuk naik ke Advanced Diploma, dan mendapat Bachelor selama setahun. kali ini ia kembali ke perusahaan yang sama dan dengan promosi posisi barunya, memiliki cukup uang untuk membayar visa kerja.
Total biaya untuk sekolah di NZ adalah sekitar NZ$ 26,000 per tahun. Upah construction Supervisor (untuk lulusan certificate cuma Assistant Supervisor) NZ$ 41,000 (refers to http://www.seek.co.nz/jobs-resources/)
Selain itu, buat yang sampai S2, bisa langsung ditawari Permanent Resident, dimana kita akan diperlakukan sama dengan warga negara sana (cuma soal pajak nya yang mahal dikit)
Kalau soal biaya sekolah, bisa tanya ke saya atau ke semua Overseas Study Agency di seluruh Indonesia.

Berhubung bagian satu sudah cukup panjang, bagian 2 saya pending minta ijin ke yang punya blog, hehe

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

68 Balasan ke Cara lain ke Selandia Baru dan Kanada

  1. Yulia Ayu berkata:

    wah.. klo gini enak bgt ya.. Mending ke NZ dari pada negara2 Europe..🙂

    • vpkadmincontent berkata:

      Pada dasarnya orang NZ itu aslinya Eropa juga, cuma mereka lebih santai dan lebih ramah pada orang Asia dibandingkan Eropa (apalagi Australia yg rada rasis). Whites dari NZ itu suka sekali berbicara dengan memasukkan kosa kata Maori (penduduk asli NZ) dalam percakapan mereka, dan mereka bangga sekali kalau bisa menguasai bahasa tersebut. Dengan demikian, mereka lebih terbuka terhadap budaya Asiatic/Pasific.
      NZ juga relatif lebih dekat daripada Eropa (cuman di sebelah Australia gitu loh)

      Sepertinya kapan2 saya harus meluangkan waktu untuk membahas masalah living in New Zealand di blog saya sendiri dan saya tag ke Pak Humari, hehe

  2. Agus Asrori berkata:

    Artikel yang bermanfaat… supaya di baca banyak orang saya minta ijin memposting ke blog saya… terima kasih sebelumnya

  3. Umet (@Uumet) berkata:

    Wah infonya bermanfaat sekali, beberapa bulan lalu saya datang ke workshop tentang study, work, dan PR di NZ, pembicaranya dar NTEC. infonya sama seperti postingan ini. yg membuat saya belum proses pengurusan untuk berangkat karena biaya pendidikan yg ditawarkan cukup mahal sekali, setelah bertanya2 utk bisa kerja part time disanpun tidak bisa mencukupi utk biaya kuliah, mungkin hanya bisa living cost saja. nah yg saya tanyakan adakah info kampus yg sangat murah dan jadwal kuliahnya fleksibel? karena mungkin target saya ditahun pertama bagaimana saya bisa survive dulu dan cari kerja part time utk tabungan kuliah di tahun kedua biar ditahun kedua setelah punya uang saya bisa fokus untuk study gitu. apakah ada pak? di kota apa saja? saya rencana mau ambil diploma IT/Hospitality. saya belum punya skill krn sebelumny lulusan sastra Inggris. tks

    • vpkadmincontent berkata:

      Mas UUmet, saya rasa jawabannya agak panjangan kalau disini, silakan kirim ke email saya di AdrianDavidArif@USA.com atau BBM ke 31788149.
      konsultasi seperti ini biasanya disesuaikan dengan keadaan pribadi masing2 klien soalnya, hehehe.

    • vpkadmincontent berkata:

      Sedikit tambahan dari saya, bila anda sudah sarjana (S1) di Indonesia; yang sedianya setara dengan level 7 pada NZQF (New Zealand Qualification Frame), lebih baik mencari sertifikasi atau mencari pendidikan yang lebih tinggi, meski bukan Master; seperti PGC atau PGD (Post Graduate Certificate/Diploma) – Level 8.
      Hospitality yg paling murah di NZ setahu saya adalah PIHMS, dan mereka menyediakan paid internships dengan patokan yang sama; 20 jam per minggu atau 40 jam per fortnight.
      Namun, kalau berangkat kesana dengan patokan kerja dulu baru kuliah, maaf, saya tidak bisa membantu.

      • berdasarkan beberapa kali saya tanya sam anak2 yang sudah berangkat, kerja part time sambil kuliah dibayar sekitar NZ& 16 s/d NZ$ 19 per jam.

        Kalau sudah lulus dan dapat kerja, bisa naik hingga 250%

  4. eka berkata:

    saya lulusa D3 KEPERAWATAN umur sya 30 thn saya ingin bekerja disana.persyaratannya apa aj?trims

  5. Franky berkata:

    Salam kenal vpkad… Saya berumur 29thn dan pendidikan saya S1 management. Apabila saya ingin mengambil PGC/PGD di PIHMS, brapa uang kuliah tsb? Dan butuh brapa lama unutk menyelesaikan study tsb? Thx

    • vpkadmincontent berkata:

      kalau boleh saya minta anda mengirim CV anda sedikit lewat email ke AdrianDavidArif@USA.com. PIHMS NZ, sebenarnya bisa anda cari di website, however, saya bisa bantu info kan summary nya sbb:

      Total perkiraan biaya adalah NZ$ 28,100 per tahun. Sudah termasuk Student Visa, School Fee (sekitar NZ$ 12,900 dan Dorm. Untuk Homestay ada pilihan biaya sendiri, dan memang sedikit lebih mahal, karena lebih bebas juga. Kalau apartemen, banyak, cuma saya belum dapat kabar dari sana.
      Untuk return-nya, setahun rata2 student bisa kerja sekitar 40 weeks, dengan bayaran NZ$ 10 – NZ$ 25 per jam untuk yg belum lulus (kuliah sambil kerja) dengan rata-rata median antara NZ$ 6000 – NZ$ 10.000. Bisa dilihat, selisih antara bayaran sebagai part timer student dan uang sekolah cuma minus NZ$ 3 ribuan. Kalau sudah setahun dan terhitung dalam NZQF sebagai Level 8, bayaran per jam naik jadi NZ$ 25 – NZ$ 75 dengan rata2 median NZ$ 20 ribu.
      Sebenarnya kalau sudah paid internship, setelah lulus sebaiknya lanjutkan saja kerja di hotel atau perusahaan yang sama, tapi ada beberapa student kita yang ‘loncat’ ke hotel dg bintang lebih tinggi untuk bersaing mendapatkan standar NZ$ 58 ribu seperti layaknya orang NZ sendiri.
      PGD seharusnya selesai setahun, tapi tidak menutup kemungkinan student yg agak ngeyel, atau Inggrisnya parah, atau suka bolos karena sambil kerja, yaah, itu bisa lama.

      Bagian agak kurang enak buat kami agency, adalah biasanya student kalau sudah begini, malas pulang, dan lebih suka ambil Permanent Resident yang didapat kalau sudah Level 8-10. Kalau sudah PR, kami agent kan gak dibutuhkan lagi, karena yg bersangkutan dah gak butuh pengurusan apa-apa lagi.

  6. indra berkata:

    pak humari kapan akan diadakan lagi Bursa Lowongan Kerja Untuk TKI formal di jakarta?

  7. deni chaliani berkata:

    Saya ingin sekali mendapatkan pekerjaan dalam bidang pendidikan yaitu sebagai guru di NZ….gmna ya crnya…?????

  8. deni chaliani berkata:

    thank’s sir atas balasannya.,,,info ini sangat membantu saya mengingat saya sangat ingin dapat bekerja di NZ,.sebagai guru..terimakasih banyak sekali lagi saya ucapkan…

  9. Mic.. berkata:

    Hallo.., saya ingin bertanya. Jika saya sudah mendapat LMO dan kontrak kerja dari perusahaan Canada, bisakah saya mengurus sendiri utk visa kerjanya..? saya mendapatkan LMO dan kontrak kerja skrg melalui agen PJTKI. Kalau bisa bagaimana caranya..?

    • Humari berkata:

      Anda mau main belakang rupanya? Kalau mau begitu sih silakan saja kalau Anda punya kontak dengan pihak Kanada dan punya deal tertentu yang lebih menarik daripada yang ditawarkan PJTKI ke pihak Kanada. Agen Kanada (atau dari negara manapun yang baik) takkan meladeni tawaran semacam itu. Karena mereka berpotensi ditipu juga oleh orang yang datang menawarkan bisnis sambar menyambar.

      Kalau Anda bergerak di bisnis tertentu dan ditawari main belakang semacam ini, jangan diladeni kecuali Anda hanya ingin untung sekali. Nama buruk gampang tersebar.

  10. aginkiswara berkata:

    salam kenal pak…saya umur 26th saya lulus sma saya mau melanjutkan sekolah di sana kira kira berapa biaya awaluntuk semester pertama dan apa saja syarat syaratnya berapa lama prosesnya….

  11. andri berkata:

    Hallo, salam kenal untuk pak Humari danvpkadmincontent
    saya punya teman rencana sekolah di NZ dan sudah mendaftar di sana dan di terima di salah satu sekolah di aucland sama evercargil ambil post graduate cuma ada satu masalah yaitu, teman saya tidak dapat beasiswa/sponsor untuk kesana.poinnya ada nggak ya yang mau sponsori beasiswa selama studi di sana dan katanya dia mau menyicil selama disana cari part time.gmn?tolong kalau ada yg mau kasih saran atau sponsor bisa hub>driedoid@gmail.com trimakasih

  12. Rendi Syahrul berkata:

    Hallo salam kenal pa humari saya lulusan D3 perhotelan dan sudah mempunyai sertifikat kompetensi kerja saya ingin bekerja di NZ dan saya sudah mengikuti seminar dari pemerintahan NZ saya disarankan untuk mencari kerja pada saat saya sudah berada disana tetapi saya sedikitt kuatir apabila saya sulit mendapatkan kerja disana..mohon pencerahanya pa humari bagaimana proses mencari kerja disana dan butuh waktu berapa lama?terima kasih

    • Humari berkata:

      Ya, mencari kerja dengan terjun bebas resikonya bisa dapat bisa tidak. Terserah Anda bagaimana memilih, apakah mau langsung atau bergerilya mencari lewat internet

  13. She Tiong Michael berkata:

    Halo Pak Humari, saya lulusan S2 bidang IT di indonesia. Apakah saya dapat langusng bekerja di NZ tanpa harus kuliah kembali? Apa saja syarat-syarat untuk bekerja di sana dan bagaimana mencari pekerjaan di sana? Terima Kasih

    • Humari berkata:

      Syaratnya Anda dapat penawaran kerja langsung dari perusahaan di NZ. Melamar bisa lewat internet atau kalau punya duit melancong langsung ke sana dan memasukkan lamaran ke berbagai perusahaan di sana.

  14. salam pak Humari dan ypkadmincontent,
    boleh saya minta informasi soal sekolah di NZ atau Canada lebih lengkap? saya 30 th, S1 sastra Inggris. terimakasih

  15. andrew berkata:

    Saya sdh kerja d nz selama 10 th, awalnya sekolah carpenter lev.4 trus duit hbis cari kerja. D nz klo anda nekat kerja apa aja buanyak, tpi ya itu berat biarpun cuma petik buah. Di nz bnyk warga neg india,china master degre sdh pr… kerja jdi klining servis, house keeping, jaga toko dll. Intinya anda bsa hdp klo gk pilih2 kerja. Bahkan saya punya company cleaning. Resmi malah tdk ada, misal ada gaji nya kecil. Penting kerja gk pilih2 cepat sukses.

    • Humari berkata:

      Info yang mantap. Silakan jadi bahan pertimbangan buat pembaca. Terima kasih telah berbagi.

    • Husni Rapi berkata:

      Saya pria 42 th, punya latar belakang pend.SMA dan pengalaman bekerja sbg staff Administrasi., saya berminat untuk mencari kerja di NZ
      Namun karena keterbatasan finansial,saya berharap sekali jika ada yang mau membantu saya untuk bekerja di NZ dalam bidang apapun

  16. andrew berkata:

    Yg pake jalur skolah gk usa dbhas, tapi anda yg tdk skolah k nz, punya duit pake vsa turis lebih joss, asal anda punya background perna krj di LN,…cara tergampang msuk australia, canada, selandia baru manapun d eropa vsa turis pling enak, di neg2 itu yg warga overstay jutaan, termasuk nz….asal anda niat kerja, tdk neko2, pilih2 kerja, sdh aman, juga tdk ada kerjaan yg ringan, smua ngepus dan berat, biar cuman cuci piring di resto…rasanya spt mau mati…ini kusus pria, klo anda wanita mending jangan, kec. Sekolah atau mau jadi istri bule atau kumpul kebonya, atau simpananya bule, anda tdk akan hdp susah. Saya punya teman di ausi, usa, canada, kita telpon tiap minggu critanya smua sama. Yg penting, punya duit, nekat, cari bany info negara dan kota yg mau anda tuju, ni saran buat yg pernah kerja di LN dan punya duit,

  17. ahyar ansori berkata:

    salam kenal pa humari, bisa minta alamat e-mail andrew…

    • Humari berkata:

      Maaf tidak punya. Tak pernah berhubungan langsung lewat email. Hanya melalui blog ini. Saya kira info dari dia sudah jelas.

    • sijuciu berkata:

      Saya dan suami pernah kerja di Australia via student. Setuju seperti yang dibilang andrew, cuma kalo mau berpikir jangka panjang dan nyali kurang berani. Lebih baik jalur sekolah. Kerjaan sangat banyak asal tidak pilih2. Suami bersekolah hanya 3 tahun di sydney. bayar sekolah hanya skitar aud 11.000 untuk 2 tahun. dan selama 2 tahun saya bisa menabung seikitar Aud 100.000 (berdua). Yah kalo diitung per orangnya nabung aud 50.000 lah. dulu saya kerja jadi domestic cleaning dan tailor. suami juga bekerja di belgian bar dapat gaji dengan rate tinggi.
      Sekarang saya kembali ke indo, dapet kerjaan jadi accounting. hahaha.
      jadi, buat yang mau kerja di luar via jalur sekolah, bisa menghubungi blog saya ato sekedar mencari informasi, saya siap membantu. Salam TKI!!!

      http://studyandworkinoz.blogspot.com/

      • nana berkata:

        saya masih belum paham gimana caranya sekolah sambil kerja di luar negeri. Saya wanita umur 22 blm bekerja lulusan S1 mtk di indonesia. Bgmn cara saya bisa kuliah S2 disana sambil bekerja?

      • Humari berkata:

        Anda cari info ke blog yang salah. Saya hanya fokus pada bagaimana cara meraih kerja. Full employment. Bukan untuk belajar sambil kerja atau sebaliknya. Soal yang terakhir bukan bidang saya.

  18. Azmi berkata:

    Hallo, salam kenal saya punya rencana sekolah di NZ apa perlu diambil IELTS test.

  19. Husairi berkata:

    Selamat Pagi Pak..
    Saya saat ini bekerja di Pabrik semen sebagai instrument teknisi Dan pendidikan terakhir Sarjana komputer. Saya ingin bekerja di NZ di bidang yang sama atau di bidang Komputer. Bagaimana caranya pak ? apakah saya lanjut pendidikan ke S2 di NZ dan sambil kerja atau cari kerja dengan visa kerja atau visa pelajar?.Mohon pencerahannya pak .terima kasih

  20. zaki lombok berkata:

    salam kenal pak Humari…. saya niat kerja di NZ, kerja apa aja ok, sy kelahiran 1978, apa saja yg perlu saya persiapkan???

    • Humari berkata:

      Lowongan yang tepat? Sudah dapat belum? Kalau sudah: siapkan paspor, medical check up dgn standar yg diakui NZ (bisa ditanya di Kedubes mereka)
      Lalu pastikan employer di NZ membekali Anda dengan kontrak kerja yang original. Setelah itu urus visa di Kedubes mereka.

      Sebagai info NZ jarang sekali beri WNI visa kerja

  21. chero berkata:

    saya lulusan smk dan apabila saya berencana ke NZ lewat jalue sekolah tpi cma 18 bulan apakah saya bisa bekerja di NZ setelah lulus nanti klo tidka salah lulusannya post graduate diploma,,

    • Humari berkata:

      Maaf saya tak ada info. Yang saya urus adalah prosedur mendapatkan visa kerja untuk WNI yang berada di Indonesia. Jadi jalurnya dari Indonesia ke luar negeri buat kerja dengan visa kerja. Bukan visa lainnya.

    • agentsector7 berkata:

      PGC dan PGD itu setelah S1, bukan setelah SMU. Anda bisa mengajukan Certificate III atau Diploma. Kalau 18 bulan, seharusnya dapat 6 bulan post study working visa. Begini, mari melihat dari sudut pandang pemerintah NZ, ngapain mereka menghamburkan working visa buat orang yg gak mau modal disana? Salah satu modal terbesarnya adalah pendidikan yang tinggi.
      PGC atau PGD memang bisa mendapatkan post study working visa setahun, tapi dengan asumsi anda sudah Bachelor atau Sarjana dulu. Percayalah, berbagai trik dan siasat sudah lebih dahulu dilakukan oleh orang India yg punya kemudahan karena punya visa Commonwealth

  22. junedwibowo berkata:

    Pak Humari, saya berumur 42 tahun dan berniat untuk bekerja di NZ. apakah memungkinkan. Bila harus mengambil master atau postgraduate diploma apakah memungkinkan juga? Alasan saya mengambil master untuk memudahkan anak saya (sudah sma) untuk kuliah disana.

    Terima kasih

    • Humari berkata:

      Pak kalau mau sambil belajar hubungi konsultan yang biasa mengurus studi di luar negeri. Kalau saya hanya bisa mengurus yang hendak masuk dengan visa kerja saja. Dan untuk NZ peluangnya sedikit sekali bahkan hampir tak ada.

    • agentsector7 berkata:

      Lulusan terakhir apa ya pak? Subsidi untuk anak hanya untuk usia 12 tahun ke bawah. Tapi sebaiknya bila salah satu kuliah, pasangannya sebaiknya mencari nafkah dengan menggunakan dependent working visa yg diajukan sambil mengajukan student visa

  23. yuni berkata:

    malam pak, mau tanya tlg jwb cepat ya pak, lagi galau. pak kalo sudah melalui TETO dan lolos,apakah visa bisa saja tidak turun? tapi teto nya sukses lo pak,trimkasih

  24. Drh.Udik Sulijanto berkata:

    Pak Humari,saya dokter hewan bidang reproduksi dan sudah pensiun,apakah saya dapat bekerja sebagai inseminator di selandia baru?

Tinggalkan Balasan

