Pembuatan paspor TKI dan lika-likunya

Paspor adalah dokumen identitas bagi seorang warga negara yang sedang berada di luar negeri. Untuk sekedar berkunjung, belajar ataupun bekerja, seseorang harus memiliki paspor.

Karenanya salah satu syarat utama seorang WNI yang hendak bekerja ke luar negeri adalah memiliki paspor.

Negara kita mempunya aturan yang agak berbeda mengenai paspor. Karena khusus TKI, pemerintah mengeluarkan paspor yang hanya berisi 24 halaman. Paspor semacam ini terutama diberikan pada TKI informal (pembantu rumah tangga, supir pribadi)

Bagaimana dengan TKI formal?

Bila yang membantu urus pembuatan paspor adalah PPTKIS/PJTKI, biasanya sang TKI akan mendapatkan paspor 24 halaman. Tapi banyak pula TKI formal yang mempunyai paspor 48 halaman karena sebelumnya sudah membuat tanpa bantuan PJTKI/PPTKIS.

Sejak dibubarkannya imigrasi khusus TKI di Tangerang, calon TKI ‘diwajibkan’ untuk membuat paspor di imigrasi terdekat di propinsi atau kabupaten dimana sang calon TKI berasal.

Ide yang bagus sebenarnya karena kami, PJTKI/PPTKIS, tidak perlu repot untuk membantu urus proses pembuatan paspor. Verifikasi dokumen langsung ditangani oleh Disonakertrans setempat (yang mengeluarkan rekomendasi) dan imigrasi daerah. Satu masalah berkurang.

Tapi masalah lain menghadang: biaya mahal. Kami, PPTKIS/PJTKI terpaksa harus buka kantor cabang atau kirim petugas ke suatu daerah untuk membantu membuatkan rekomendasi. Selain itu imigrasi daerah suka menetapkan biaya seenaknya. Resminya 255 ribu rupiah. Tak resminya bisa sampai di atas 1 juta!

Memang petugas imigrasi tidak menerima langsung. Juga di setiap kantor imigrasi ada pengumuman berapa harga dan lama proses pembuatan paspor.

Prakteknya, di setiap imigrasi calo berkeliaran. Dan itu memang dibiarkan. Saya berani menuduh demikian karena tak mungkin staf imigrasi tak tahu mana calo mana warga yang hendak membuat paspor.

Lalu bagaimana memberantasnya?

Soal semacam ini hanya imigrasi yang tahu. Toh kalau tak dipelihara dan imigrasi bisa menjalankan aturan yang mereka buat dan tulis di papan pengumuman, semua bisa diurus tanpa calo.

Keluhan yang kerap sampai ke saya adalah bagaimana sulitnya TKI formal untuk membuat paspor. Untuk TKI informal saya tak khawatir karena PJTKI/PPTKIS akan langsung menurunkan petugasnya.

Berikut saran saya untuk anda yang ingin membuat paspor sendiri dengan biaya murah (tanpa calo):

1. Bawa data yang lengkap: KTP, KK, Akte Kelahiran. Kalau tak punya Akte Kelahiran bisa bawa ijazah (SD, SMP, SMA) untuk dijadikan bukti.

2. Pakai pakaian rapi dan saat ditanya di imigrasi katakan saja Anda membuat paspor buat umroh atau jalan-jalan ke Singapura atau Malaysia (sebab sebenarnya tiket pesawat ke negara-negara itu tak lebih mahal dari biaya pesawat ke Medan atau Pekanbaru)

3. Jangan sesekali berkata anda hendak bikin paspor untuk bekerja, sebab kalau begitu Anda terpaksa minta bantuan PJTKI/PPTKIS untuk urus rekomendasi di Disosnakertrans setempat. Kalau PJTKI/PPTKIS itu punya cabang di daerah Anda tak jadi masalah. Tapi kalau tak ada Anda akan kerepotan mengatur jadwal agar bisa bolos kerja dan mengikuti jadwal PJTKI/PPTKIS anda. Dan perlu Anda ketahui, tak semua PJTKI/PPTKIS mau turun ke daerah hanya untuk mengurus satu orang yang hendak membuat paspor.

4. Lalu bagaimana bila anda mengikuti saran no 3 di atas. Apakah penempatan dan pemberangkatan anda bakal ilegal alias di luar prosedur? Tenang saja, setiap penempatan TKI dengan visa kerja, PJTKI/PPTKIS akan membawa paspor anda ke imigrasi pusat di Jakarta untuk mendapatakan endorsement alias pengesahan bahwa paspor anda dibuat untuk bekerja ke luar negeri. Endorsemen itu tertera di salah satu halaman paspor anda.

5. Bila anda punya ijazah diploma atau S1, lebih baik sodorkan itu daripada Akte Kelahiran. Fungsinya? Menyodorkan taji untuk memperlihatkan siapa anda🙂

6. Pastikan nama dan tanggal lahir anda tidak ada perbedaan baik di KTP, KK (Kartu Keluarga), Akte Kelahiran ataupun ijazah.

7. Bila punya cukup waktu, usahakan untuk tidak lewat calo.

Jelas sekarang?

Pertanyaan, komentar, kritik, saran dan berbagi pengalaman, silakan ketik di bawah.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

506 Balasan ke Pembuatan paspor TKI dan lika-likunya

  1. Sugeng K berkata:

    PJTKI yang terhormat,ijinkan saya untuk mengetahui dimanakah cabang2 kantor anda di Pulau Jawa,khususnya untuk Jawa Timur.Terima kasih

    • Misbah S berkata:

      Pak Sugeng, barangkali ini bisa membantu bpak. ini ada beberapa PJTKI RESMI yg ada di Malang bisa dilihat disini http://misbahuscorp.blogspot.com/2013/06/daftar-pjtki-resmi-di-malang-jawa-timur.html

      • Sugeng K berkata:

        Terima kasih banyak atas info alamat PTJKI di Malalng.
        Nginfo lagi dan sekedar crita:
        Para TKI yg sudah ilegal dan para umroh yg tinggal di saudi,sudah merasa gerah seperti cacing kepanasan.Pemerintah saudi memberikan peraturan yg sangat ketat.
        Langsung saja: mereka yg ilegal (sebagian)sudah mendapatkan SPLP, apakah SPLP bisa disulap menjadi suatu persyaratan untuk mengajukan mendapatkan ijin tinggal resmi di saudi.
        Bpk Misbah S tentu paham dg kabar ini. Terimakasih

      • agung sutapa berkata:

        Saya sudah ngirim email ke HRD istri saya bekerja agar tidak diperpanjang lagi tp menurut HRD disana dia masih diskusi dengan istri saya lalu bagaimana cara menghentikan niat istri saya agar tidak memperpanjang kontrak tersebut sedangkan saya sangat membutuhkan kehadiran istri saya dirumah demi anak anak kami. Apakah dengan alasan tersebut saya tidak bisa memblokir paspor istri saya agar niatnya tidak lagi kerja jadi tkw

      • Humari berkata:

        Paspor hanya bisa diblokir oleh negara. Itupun bila istri Anda ternyata berkhianat kepada negara. Karena ini soal pribadi harusnya penyelesaian secara pribadi pula. Bujuk istri Anda untuk tidak memperpanjang kontrak. Suruh saudaranya atau siapa saja yang dekat dengan dia untuk memberi nasehat. Kalau istri Anda belum berangkat dan masih ada di Indonesia (di asrama PJTKI/PPTKIS) ya cabut saja surat izin. Kalau sudah begitu PJTKI/PPTKIS pasti akan menyuruh istri Anda pulang dengan membayar sejumlah dana proses yang dikeluarkan PJTKI/PPTKIS. Kalau sudah di luar negeri, Anda paling bisa membujuk saja

  2. Misbah S berkata:

    Informasi ini sangat bermanfaat bagi mereka yg sedang ingin membuat Paspor, supaya tidak terjadi hal2 yg mempersulit dlm proses pembuatan paspornya. Trims atas infonya…

    • Humari berkata:

      Semoga. Terima kasih atas apresiasinya.

      • widiani berkata:

        Assalamualaikum pak Humari yang terhormat, semoga bapak selalu diberikan kesehat oleh Allah. Pak, saya dapat permintaan tenaga kerja di bidang kontruksi dari seorang Datuk di melaka-Malaysia sekitar 15 orang. Orang yang mau bekerja sudah ada dan sedangkan saya bukan agency. Apakah saya bisa urus pekerja2 tersebut tanpa melibatkan PJTKI. Saya mohon penjelasan dr Bapak. Terimakasih banyak pak.

      • Humari berkata:

        Anda harus punya perusahaan dengan izin sebagai PJTKI/PPTKIS. Kalau tak punya, ya namanya ilegal. Yang legal saja urusannya repot apalagi ilegal.

  3. Syam berkata:

    Kenapa sekarang Pak Humari jarang buat tulisan lagi ya?

  4. Suhaimi berkata:

    Maaf, yg sy pertanyakan adalah apakah pembuatan pasport utk TKI Mandiri juga harus mendapat rekomendasi dari PPTKIS? Jika “Ya”, apa kaitannya? bukankah TKI mandiri itu tdk berhubungan dengan PPTKIS?Jika PPTKIS melakukan sesuatu kegiatan di Luar Negeri terkait TKI yang berangkat via PPTKIS dimaksud, apakah personil PPTKIS itu juga disebut TKI, lalu juga harus berpasport TKI yang harus memperoleh rekomendasi dari PPTKIS itu sendiri? Mohon pencerahan.Terima kasih.

  5. mas ilham berkata:

    assalamualaikum saya mau bertanya..boleh kah saya ngurus visa kerja dengan cara calling visa tanpa melalui pjtki??…apakah mungkin itu terjadi atas jawabannya matur nuwoon

  6. ita berkata:

    selamat siang pak.saya mau bertanya,saya punya ibu yang menjadi TKI ke malaysia. lalu beliau mengalami masalah dengan legalisasi tinggal disana… sudah beberapa tahun kerja dngan status ilegal,walaupun awalnya beliau resmi memilki visa dll lewat yayasan di Indonesia,untuk kepengurusan sektor bekerja Informal… beliau sudah urus ilegalisasi dengan lewat agen sudah banyak uang yg di keluarkan tetapi belum di buatkan,waktu buat selalu di pukul mundur dan di ulur2.masalah terberatnya yaitu dia meninggalkan semua identitas,hanya membawa diri karna menghindari majikan yang dzalim terhadapnya(kabur secara paksa),pertanyaan saya bila mama harus ikut program amnesty 5p/6p ? bagaimana caranya(prosedure) yang harus dilakukan agar tidaK terkena petugas yang tidak bertanggung jawab dngan hanya ingin memeras uang dr TKI??? apa yg dapat saya bantu untuk kelancaran kepengurusan ibu saya dr indonesia ini ??
    beliau disana aman karna memiliki pelindung dr penduduk malaysia dengan status sebagai suami-nya,kami hanya dr keluarga sederhana dan awam dan juga tidak ada relasi mengenai hal ini. terbesit di fikiran saya malah akan menyusul-nya kesana dengan saya datang sebagai TKI yang legal dan sah,dan membantunya untuk keluar dr masalah ini bertahun2…dan membantunya mencarikan uang untuk ongkos pulangnya. tapi hanya dengan bermodalkan ijasah diploma3 fresh graduatide no skill dan tidak profesional ingin mengadu nasib disana dan membawa mama pulang/setidaknya membantu mama mengurus identitas yang jelas dan sah untuk menetap kerja disana sama-sama.kami hanya hidup berdua disini.tanpa ayah,dan mama anak yatim-piatu dan hanya punya anak saya dan adik laki2 saya 1 orang.. TKI mandiri itu perlu dana berapa yah untuk semuanya?? dan apakah fikiran saya sudah betul ?

    • Humari berkata:

      Jadi intinya Ibu Anda bekerja bertahun-tahun tanpa dokumen yang sah. Setahu saya untuk saat ini Malaysia sedang tidak ada amnesti yang Anda maksud. Amnesti terakhir ditutup April 2012 kalau tak salah.

      Satu-satunya cara ya, Ibu Anda datangi KBRI dan melapor. Memang prosedur bakal makan waktu lama. Karena yang bermasalah juga banyak. Setiap hari di KBRI Kuala Lumpur sekitar 1200 TKI antri untuk berbagai macam keperluan. Mulai dari yang bermasalah hingga mereka yang hendak mengurus dokumen ini itu.

      Jalan lainnya adalah pulang lewat jalur ilegal. Tapi yang jelas kalau sudah bekerja secara illegal di Malaysia, untuk masuk kembali ke sana secara sah tidak bisa lagi. Dan itu bukan aturan di Malaysia saja. Di negara lain aturan semacam itu juga biasa diterapkan.

      Mengenai TKI Mandiri, bisa saja asal Anda mendapat penawaran langsung dari perusahaan di Malaysia. Cara mendapatkan kerja bisa saja And berkunjung dulu ke sana lalu melamar kerja dan pihak Malaysia bersedia mengeluarkan visa kerja. Nanti kalau sudah pasti, bisa urus legalisasinya di BP3TKI terdekat. Biaya jelas jauh lebih murah dibanding lewat kami PJTKI.

  7. ita berkata:

    saya benar2 bingung harus gimana??? saya dapat informasi mengenai program amnesty/pemutihan ini hinggal akhir 31 agustus 2013 di malaysia ??? saya ingin mama saya aman yang benar2 legal dan sah walaupun keadaannya Tuhan masih melindungi dan menolongnya lewat suami dan bebrapa orangtua yg mengagapnya anak terhadap mama.. tapi rumitnya mama sebagai istri ke-2. hukum di malaysia tidak bisa beristri 2 betul ?? jadi mamah-pun hanya bisa jadikan ayah baru saya itu sebagai tameng dr pengejaran polisi,bukan untuk masa depannya untuk perbaikan hidup… saya 1 tahun lagi lulus, dengan keadaan mama seperti itu mencari nafkah saya bisa sekolah . Dan saya kurang faham soal ini. saya coba sarankan suami mama disana untuk antar mama ke KBRI malaysia, tapi hasilnya belum ada sampai sekarang… mama saya tetap ilegal . dan dengan keadaan seperti itu masih bisa membiayai saya untuk sekolah,walaupun saya sekarang sambil bekerja untuk berusaha lulus setidak-nya D3 di salah satu STMIK yang ada di bekasi jurusan komputerisasi akuntansi. sekarang syaa sedang bekerja di salah satu PT di narogong bidang garment hanya sebagai adm.Keuangan . tolong apa yang harus saya lakukan ??

    • Humari berkata:

      Pemutihan yang Anda maksud sudah tidak ada lagi. Batasnya bukan 2013. Tapi Agustus 2011 yang lalu kalau tak salah diperpanjang hingga April 2012.

      Satu-satunya cara yang aman ya ke KBRI. Dan karena sakarang tidak ada pemutihan yang akan diupayakan KBRI adalah pemulangan. Itupun harus melewati prosedur dari Imigrasi Malaysia.

      • Risty berkata:

        pak Mau Tanya temen ku dia Pernah kehilangan paspor di Malaysia,lalu dia pulang ke Indonesia dgn paspor splp Dan lewat pemutihan pda tahun 2010 atau 2011 gitu,Dan jari Nya di biometric, dia sudah buat paspor lg Skrg Dan Mau pergi ke malaysia,apakah sudah bisa untuk masuk ke Malaysia atau Blm boleh,mohon bantuan Nya ya Pak jawaban Nya sangat menolong trims

      • Humari berkata:

        Jangan coba-coba. Meskipun ganti warna rambut dan meluruskan alis, ya pasti ketahuan.

  8. Efendi berkata:

    Saya mau tanya.
    TKW yg cuti trus mau balik lagi dngan paspor 48 halaman, apa bisa untuk diuruskan KTKLNnya ?
    Paspor lama masa berlakunya sampai septmber, sdangkan prsyaratan KTKLN harus diatas 6 bln masa berlaku, dan ketika kami hendak mengurus paspor, pjtki yg dulu memberangkatkan sudah tutup.
    Akhirnya kami mengurus sendiri paspornya, dan jadi paspor 48 halaman.

    Apakah bisa TKI informal dngan paspor 48 halaman tersebut ?

  9. christopher jovianus berkata:

    selamat pagi, maaf sebelumnya, saya mau bertanya maslh klw paspor hilang dan foto copy tidak ada,apa bisah buat baru tapi tidak menyerahkan dokumen seperti ktp kk.dll tapi hanya menngunakan data yang pernah tinngal di komputer imigrasi medan

  10. Devisa berkata:

    ah… masa Resminya 255 ribu rupiah. Tak resminya bisa sampai di atas 1 juta! ini dihitungnya perorang/CtKI atau bagaimana koq sebegitu mahalnya,,,

  11. widia berkata:

    asss..pak saya mau brtny klo mau merubah data d pasport t caranya gimn&dmn(daerh jabar)
    khussny cirebon
    krn pasport saya sama ktp beda
    saya ingn merubahnya
    mohon sarannya pak
    supaya ga kena calo
    krn tenan saya sampe 10 jt hbs makasih pak

    • Humari berkata:

      Itu yang sulit. Perbedaan data dan nama di paspor dengan KTP misalnya adalah makanan empuk oknum di imigrasi. Saya sendiri tak bisa bantu apa-apa. Urusan satu ini sama sekali belum jelas. Tak ada keterangan resmi dari imigrasi kita. Juga pihak Kemenakertrans dan BNP2TKI apalagi PJTKI/PPTKIS tak bisa bantu apa-apa.

      Tapi kalau pengurusan ubah data di paspor memakan biaya 10 juta itu keterlaluan mahal.

  12. faizah berkata:

    Maaf ingin bertanya, calon pembantu rumah saya sedang menguruskan passport di Indonesia, sekitar yogyakarta, sebelum ini meminta saya kirimkan salinan passport saya dan surat kunjungan, telah pun saya faxkan. Kemudian diberitahu untuk menyediakan wang sebanyak 2 juta untuk bayaran di kantor. Sudah dikirimkan. Hari ini saya diminta untuk menghantar surat sponsor pjtki dan rekomendasi dari disnaker. Saya x faham tetapi setelah mencari di internet saya andaikan ini diuruskan oleh ejen disana. Jadi boleh x saudara memberikan pendapat dan jika boleh sesalinan pjtki di yogyakarta. Untuk pengetahuan, beliau WNI dan berkahwin dengan Indonesia juga tetapi telah mendapat kerakyatan Malaysia. Adakah lebih mudah untuk mendapat visa pelancong (ini menurut bacaan sayadi blog ini)? Terima kasih.

  13. adittia berkata:

    Maaf pa saya mau tanya saya sudah 1thun krja di malaysia secara ilegal pasport saya pelancong saya mau buat pasport splp syarat nya ribed dan kena hukuman dulu ga mohon penceramahan nya
    Saya kapok ga mau berangkat lagi
    Trimakasih

    • Humari berkata:

      Hehehehehe, Anda bisa saja. Pelajaran buat yang mau coba-coba kerja ilegal🙂

      • adittia berkata:

        Klu bikin pasport tendang kena hukuman dulu ga, aku ga mau pulang lewat belakang tolong di kasih tau, syarat dan resiko bikin paspor ten dang/laksana pasport perjalanan pulang

  14. dadi prasetya berkata:

    asalamualaikum…pak sya mhon bantuanya bila paspor sya hilang tpi,msa aktifnya smpe 2015 dan saya buat surat kehilangan di polsek apakah sya bsa buat paspor yg bru..?.tlng mnta pnjlasanya ya pak,terimakasi bnyak ya pak…?

  15. SAYA MAU MENANYAKAN NOMOR PASPORT SARAH BINTI PIPIN BINTI HASNAH ASAL SINDANGBARANG CIANJUR DARI pt.BANTAL PERKASA DGN TUJUAN DAMAN

    • Humari berkata:

      Tanya langsung ke PT. Bantal, Pak. Saya tidak punya data TKI. Blog ini adalah blog pribadi yang menerangkan tentang seluk beluk urusan penempatan ke luar negeri. Jadi kalau untuk data satu persatu TKI saya tidak punya.

  16. dadi prasetya berkata:

    kira kira kna biaya brpa tuh pak bla bkin paspor yg bru?

  17. Agus Asrori berkata:

    Untuk membuat Paspor Kalau berkas persyaratan komplit lebih baik mengurus sendiri, kalau berkas persyaratan tidak komplit bisa melalui calon….. tapi harus nego masalah harga jangan ikut saja.

    • Humari berkata:

      Ya, benar. Memang begitu seharusnya

      • nurry berkata:

        Saya mau tanya,kbtulan adik saya sdh 3bln krja di malaysia dgn modal paspor saja.krn sblmny sm skali tdk tau prosedur krj di LN.saat it di rekomendasi sama temen yg kbtulan jg kenal via fb.disana kerja bkan di perusahaan tp di tmpat bos yg kbtulan punya usaha di bidang butik.dan infrmasi sblmnya stelah sampai sana akan di buatkan permite tapi trnyata sampai saat inipun ƁêёLǿ♏ di proses permitenya.pertama kali adik saya ke sana di jempt asisten bos yg mempekrjakanya,.dalam keterangnya saat brgkatpun sbgai pelancong.bukan utk bkerja.skrg dg kondisi di mlaisya saat in mmbwt adik sya ƍäª nyaman.trus yg sya tanyakn.ap yg harus adik saya lkukn dg kondisi spt it adik saya tetep bsa kmbali bkerja di tmpat yg skrg ttpi dgn ligalitas yg shah d jelas.trmksh

      • Humari berkata:

        Hanya satu: perusahaan tempat adik Anda bekerja harus mengupayakan visa kerja untuk adik Anda.

  18. Tina berkata:

    Pak saya mau tanya, tmn saya mau jd tki formal dipabrik malaysia, dia sdh mnjalani semua proses dr medikal,tes yg dilakukan oleh user dr malaysia,pembuatan pasport, dan tinggal menunggu turun visa tp sudah 3 bulan visa blm turun dan skrg PPTKIS yg menyalurkan memaksa teman saya untuk pindah dr semula dipabrik itu ke pabrik yg lain, pdhl teman saya tdk mau. Itu gmn ya pak? Saya takut tmn saya dijadikan tki ilegal.

    • Humari berkata:

      Proses penempatan ke Malaysia memang lambat. Hingga batas masa berlaku medical check up habis dan terpaksa diulang lagi kerap terjadi.

      Kalau PJTKI Anda menawarkan untuk ikut ke pabrik yang lain dilihat dulu kontraknya. Kalau sama atau lebih baik dan bisa menurunkan visa dengan cepat, ambil saja.

      • Tina berkata:

        Iya mba, tp masalahnya kan dia rombongan dr sklhnya sktr 10 org tp cm dia yg diminta pindah ke pabrik lain sedangkan yg lain ttp dipabrik awal. Udh gitu dia udh bayar 800ribu diawal dan kmrn dia byr lagi 1 juta yg katanya akan dikembalikan 500rb. Tp kenyataannya pas 9 tmnnya brngkt mereka engga sm sekali mendapatkan pengembalian uang dan malah dimintai uang transport.

      • Humari berkata:

        Kalau begitu, minta perjanjian penempatan dari PJTKInya. Perjanjian ini memuat poin-poin komitmen antara PJTKI dan calon TKI misalnya berapa banyak calon TKI harus membayar, berapa lama menunggu dsb

  19. sulaeman berkata:

    Om…saya mau minta tolong, masalah amnesty di ksa yg berakhir 29 djulhijah 1434 H
    saya butuh nomer paspor atas nama : OMBAH BT ANAS ACEP ABDURAHMAN
    ASAL CIANJUR . TGL LAHIR 30 JANUARI 1978
    BERANGKAT TGL, SABTU 06 MEI 2006 DARI PT. AJI AYAH BUNDA SEJATI
    terimakasih

  20. Tina berkata:

    Mba saya udh tnya tmn saya ktnya dia engga ada surat perjanjian pnmptn yg mba maksud, dia cm dtg ke pptkis medikal trs seleksi. Engga ada surat apa2 cm surat ijin org tua + kepala desa. Itu gmn mba?

  21. harry irawan berkata:

    Humari yang terhormat.…salam silaturahmi…saya mau bertanya…anda punya alamat Penyalur TKI PT.rajana palam putri?saya kebingungan cari alamat dan informasi kontaknya..sblumnya terimakasih

  22. Muhammad isro berkata:

    Punten mau tanya min.. Majikan saya yang dulu pengen calling visa, waktu itu saya berangkat melalu PJTKI, sementara paspor saya hilang (masa berlaku’y juga udah habis).. Bagaimana ya prosedur untuk pengurusan’y.. Makasih..

    • Humari berkata:

      Anda bekerja di rumah tangga? Bila ya, majikan Anda harus mendatangi agen PJTKI. Atau Anda bisa cari PJTKI untuk menguruskannya. Khusus TKI informal tidak bisa langsung dari majikan ke CTKI.

  23. marsella khartiono berkata:

    pjtki yg terhormat, saya mohon info alamat pjtki yg ada di manado. Atas infonya saya ucapkan bnyk trima kasih.

  24. nanha patawari berkata:

    maaf maz/mbk.sy mw tanya. Kk ipar sy bkrja d hk sbg PRT. Dy eks tkw,tp kbrgkatn trakhrnya kali ini, dy proses sndri tnp mlalui PJTKI shga dy bkrja tnp ada pot gaji.saat ini mjikn nya membtuhkn PRT lg n kk ipar sy ini menawarkn pkrjn tsb kpd sy sdgkn sy blm prnh bkrj d LN. Pertnyaan sy, apa sy bs memproses sndri tnp mlalui PJTKI spt yg sdh dlakukan kk ipar sy? Jika ia, apa sj yg hrus sy lakukan n siapkn utk mengurus smuanya tnp mlalui PJTKI. N apkh ttap hrus mlalui agent hk? Mhn maaf bla pertnyaan sy agk ribet, sy sgt btuh pkrjaan ini krn org tw sy sdg trlilit htg n hrs sgera sy slsaikn. tp sy bgtu awam ttg prosedur keimigrasian n ktnagakrjaan. Atas pencerahan nya sy ucpkn bnyk trma ksh.

    • Humari berkata:

      UU negara kita tak memperbolehkan itu. Ini dibuat untuk mempermudah pengawasan. Sebab bila bisa dibikin mandiri, mafia akan tumbuh subur. Sebab tak ada pengawasan dan pada dasarnya khusus penempatan TKI informal sedikit sekali yang bisa mandiri.

      Contohnya Anda yang ingin bekerja di Hong Kong. Itu tak sepenuhnya mandiri. Karena Anda tak langsung berhubungan dengan majikan. Dan kalau ada apa-apa siapa yang bertanggung jawab, misalnya dipulangkan karena tak bisa berbahasa lokal atau karena Anda tak betah, siapa yang akan menanggung biaya? Anda atau kakak ipar Anda atau majikan? Itu baru permasalahan yang umum dan sederhana.

      Potongan gaji juga bukan dilahap PJTKI sendirian. Itu untuk biaya pelatihan, fee buat sponsor, tiket pesawat, medical, paspor, stamp visa, fee PJTKI, fee agen Taiwan, asuansi dsb-dsb. Tak adil kalau ada tuduhan duit itu buat PJTKI semua. Dan tahukah Anda untuk biaya penempatan TKI di Hong Kong yang menjadi penjamin biaya di bank adalah PJTKI dan agen. Kalau TKI kabur, tak mau kerja dan sebagainya itu tanggungan PJTKI. PJTKI paling hanya bisa marah-marah ke TKI. Tak lebih. Mana ada PJTKI menyita rumah TKI yang dipulangkan karena tak mau kerja?

      Jadi pada pemberangkatan pertama semua melewati PJTKI dan agen bukan karena kami ini sekedar memberangkatkan lalu mendapatkan uang dari TKI. Ada banyak tanggung jawab dibalik itu yang sering sekali diremehkan orang.

  25. nanha patawari berkata:

    trima ksh atas pencerahannya. Artinya walaupun sy sdh punya calon mjikan,hrus tetap mendaftar melalui pjtki. Kalo sy mendaftar sendri k pjtki tnp melalui sponsor/pl apa tetap ada fee utk spnsor?

    Wkt maksimal pelatihan n proses di pjtki utk ctki amatir spt sy brapa lama y kira2? Punya rekomendasi utk pjtki daerah blitar gk, maz/mbk?

    • Humari berkata:

      Biasa dapat. Tapi untuk Hongkong takkan setinggi buat penempatan Timur Tengah. Pastikan Anda datang bersama keluarga dengan surat asli dan lengkap juga surat izin yang ditandatangani keluarga serta kelurahaan di mana Anda tinggal.

      Kalau datang sendiri, PJTKI biasanya tak mau terima karena sering terjadi penipuan atau malah penyusupan oleh LSM untuk memeras.

  26. nanha patawari berkata:

    LSM ?? lembaga swadaya masyarakat? Nyusup,nipu n meras??😦
    waduh,sy asli bkn anggota LSM kok maz.. Sy benar2 pengen nyusul kk ipar sy n krj dsna sbg tkw. Kalo d blitar ada pjtki yg penempatannya gk perlu d pndah k mlg atw kota lain nya gk y? Kasian keluarga sy klo mw jnguk hrz pergi jauh2.. Aplg anak sy yg msh kcil😦 trma ksh bnyk sblm nya.

  27. ali maley berkata:

    permisi pak humari, kalau bikin paspor tanpa akte kelahiran bisa tidak ya? soalnya saya tidak punya akte…
    dan apakah syarat untuk bekerja jadi TKI formal taiwan mencantumkan syarat akte kelahiran?

  28. roni berkata:

    Saudara saya mendapatkan lowongan perarjaan di malaysia di perkebunan, hotel, mebel di suruh oleh majikan hanya membuat paspor bukan untuk kerja, nanti akan di urus sesampai di malaysia , apa ini namanya calling visa / tki mandiri, apa cara ini ilegal? mohon informasinya.
    terima kasih.

    • Humari berkata:

      Ini cara ilegal. Banyak pekerja kita yang berangkat dengan cara itu. Tapi kalau ada apa-apa tak terdata. Dan dalam banyak kasus bila ada gaji tak dibayar, majikan lepas tangan. Mau melapor ke polisi, yang ada bukan visa kerja. Mau pulang, terpaksa lewat penjara deportasi dahulu.

      Saya sarankan jangan ambil tawaran itu.

      • roni berkata:

        apa yang di maksud dengan calling visa dan TKI mandiri pak,

        terus yang dimaksud di post tgl 24 juli 2013 tulisannya kurang lebih ;
        Mengenai TKI Mandiri, bisa saja asal Anda mendapat penawaran langsung dari perusahaan di Malaysia. Cara mendapatkan kerja bisa saja And berkunjung dulu ke sana lalu melamar kerja dan pihak Malaysia bersedia mengeluarkan visa kerja. Nanti kalau sudah pasti, bisa urus legalisasinya di BP3TKI terdekat. Biaya jelas jauh lebih murah dibanding lewat kami PJTKI.

        apakah bisa paspor biasa diurus visa kerjanya nanti? karena lowongan itu dari tetangga yang sudah bekerja disana (diajak), mohon infonya trms

      • Humari berkata:

        Waktu tulisan itu saya buat, ada namanya JP (Journey Performed Visa). Jadi pihak Malaysia mengeluarkan semacam visa perjalanan untuk calon TKI dan itu bisa digunakan buat ditukar dengan visa kerja.

        Hanya JP visa sudah tak dikeluarkan lagi oleh imigrasi Malaysia. Karena ada protes dari pemerintah Indonesia karena visa semacam itu memungkinkan pengiriman TKI secara ilegal/perdagangan manusia.

        Karenanya saya anjurkan kalau sudah cocok lebih baik minta perusahaan urus visa kerja sekalian daripada bermasalah.

        Mengenai TKI mandiri silakan klik https://pjtkidantki.wordpress.com/2012/05/01/tentang-tki-mandiri-dan-persyaratannya/

        Calling visa adalah visa kerja yang diusahakan oleh perusahaan di luar negeri dan pekerja yang akan menggunakan visa itu sudah ada dan dipilih oleh perusahaan tersebut. Jadi tak bisa digunakan orang lain.

  29. roni berkata:

    bagaimana prosedur permohonan visa kerjanya, maksud saya pakai paspor bisa terus dari pihak majikan mengajukan di sana terlebih dahulu kalau sudah jadi baru berangkat kesana atau bagaimana, mohon infonya trms

    • Humari berkata:

      Ya, Anda harus punya paspor dan lulus medical check up standar HIPTEK. Lalu kirim foto, foto kopi paspor dan hasil medical check up ke majikan. Kalau visa keluar Anda perlu ke perwakilan pemerintah Malaysia yang terdekat (ada di Jakarta, Surabaya, Pekanbaru, Medan) untuk visa stamping.

      • mira berkata:

        Ass pk saya mau tanya.. saya dulu pernah jadi tki d malaysia slma 2 thun dan saya skarang sudah pulang d indonesia..
        Paspor saya msh aktif sampai 2016.. apakahsaya msih bisa brkunjung ke malaysia dengan mengunakan paspor tersebut???

      • Humari berkata:

        Bisa

  30. rahmatnovaz berkata:

    Aslkm Saya mau tanya, Saya diterima kerja di timur tengah dibidang perhotelan. saya bisa dikatakan TKI mandiri. saya sedang mengurus paspor tapi hanya paspor biasa (kunjungan) 48 halaman, bukan paspor kerja. saya tidak melalui PJTKI atau agen manapun diindonesia. Perusahaan memberitahukan jika paspor saya sudah jadi maka mereka akan membuatkan VISA kerja nya. pertanyaan saya adalah, sehubungan dengan tulisan Bapak diatas, bagaimanakah cara endorsement paspor biasa ke paspor kerja di kantor imigrasi pusat jika tidak melalui agen (PJTKI/ PPTKIS)? Mohon info nya Pak.. Terima kasih bnyak.

    • Humari berkata:

      Untuk endorsement, yang minta biasanya kedubes Arab Saudi. Maunya mereka nama di paspor juga mencantumkan nama ayah dan kakek: misalnya Ihsan bin Rafi bin Junaidi atau Ihsan Rafi Junaidi.

      Paspor 48 halaman baru diendorsement bila penempatannnya lewat PJTKI. Syarat yang diberlakukan pemerintah kita terhadap PJTKI lebih ketat memang. Jadi kalau Anda TKI Mandiri, tenang saja.

      Kalau Anda diterima oleh perusahaan yang bukan di wilayah Arab Saudi, tak usah khawatir hal endorsement tak disyaratkan. Cukup scan dan kirim paspor juga hasil cek medis via email lalu minta kontrak kerja. Lalu datangi BP3TKI untuk pendataan dan mendapatkan KTKLN. Cukup.

      Kecuali hotel yang menerima Anda berlokasi di Arab Saudi, terpaksa kerjasama dengan PJTKI/PPTKIS untuk pengurusan. Dan tak semua PJTKI/PPTKIS yang punya akses ke sistem online visa Arab Saudi.

  31. samsudin berkata:

    Salam,
    Beberapa hari Ϋά̲̣̥ηġ lalu saya ketipu akan dipekerjakan ke canada, dan pasport saya juga dibawa kabur olehnya, paspor lama saya a/n samsudin karena sudah expired diminta untuk diperpanjang di jogja dengan biaya 3 jt 80). Itu u/ biaya clearent paspor saya Чǝлб dgn lain nama yaitu bayu sukono. Tp paspor barunya belum ditunjukkan ke saya sampai hari keberangkatan Ϋά̲̣̥ηġ trnyata saya di tipu itu, apakah dengan kasus saya tersebut saya masih äðâ kesempatan u/ urus paspor baru mengingat saya punya 2 paspor Ϋά̲̣̥ηġ beda nama dan alamat. Nama asli sya samsudin. Terima kasih

    • Humari berkata:

      Kesempatan untuk bikin paspor baru selalu ada. Tapi biaya amat mahal dan makan waktu lama. Sebaiknya pakai nama asli. Percuma ganti nama tetap ketahuan. Kecuali sidik jari dan sidik mata bisa diganti.

  32. azel berkata:

    Bapak Humari saya mau bertanya
    saya ada tawaran kerja dari perusahaan migas di qatar sebagai perawat perusahaan. saya berangkat bukan dari PJTKI melainkan perseorangan. saya ingin mengurus paspor karena perusahaan menginginkan saya mengirimkan paspor sebelum mereka memproses visa kerja saya disana. saya sdh punya paspor karena sdh pernah kerja di saudi arabia sebagai perawat di kementrian kesehatan KSA namun sekarang sdh expired. jika hrs mengurus paspor sbg TKI pasti memerlukan rekomendasi dr Disnaker setempat,dan sdh sy tanyakan ternyata disnaker di wilayah tmpt sy tinggal tdk bs mengeluarkan surat rekomendasi untuk TKI Perseorangan dan bkn lwt PT, sy pun tdk tahu apa alasanya. menurut bapak, apa yg harus sy lakukan sekarang?apa sy bs pake paspor biasa untuk bekerja di luar negri? caranya bagaimana?
    trimaksih sebelumnya pak,…

    • Humari berkata:

      Ikuti saran saya no 3 di atas. Jadi jangan katakan Anda bikin paspor untuk bekerja ke luar negeri.

      • azel berkata:

        lantas bagaimana dengan pengesahan ke imigrasi pusat, tetap sj hrs lewat PJTKI sedangkan sy kan TKI Perseorangan pak, bagaimana menurut bapak?

      • Humari berkata:

        Untuk TKI mandiri tak perlu. Itu hanya prosedur yang diterapkan pada PJTKI/PPTKIS saja. Kalau Anda sudah punya paspor dan lolos cek medis standar GAMCA, pihak peursahaan di Qatar akan mengurus visa untuk Anda. Minta mereka juga mengirim kontrak kerja yang sudah ditandatangani pihak berwenang di perusahaan dan Qatar. Lalu urus KTKLN dan siap terbang.

  33. azel berkata:

    untuk cek medis apakah harus dari GAMCA? Bukannya dari BNP2TKI ada SarkeS Yang sdh ditunjuk? maaf pak untuk pengurusan semua document kira2 bth waktu brp lama ya? trimakasih jika bersedia menjawab,…

    • Humari berkata:

      Tergantung penempatan Anda di mana. Khusus negara-negara Arab Teluk: Arab Saudi, Qatar, UEA, Kuwait dan Oman harus lewat klinik yang berlisensi GAMCA. Klik https://pjtkidantki.wordpress.com/2012/05/28/medical-check-up-untuk-penempatan-di-negara-negara-arab/

      Penempatan di luar negara Arab Teluk, cek medisnya juga tergantung aturan dan lisensi yang ditetapkan pemerintah negara penempatan.

      Lama pengurusan di Indonesia, jika semua lengkap (paspor dan visa sudah ada, kontrak kerja, medical check up) cuma perlu satu hari proses pendataan dan mendapatkan KTKLN.

      Kalau cuma baru ada paspor, cukup lama, 2-3 minggu. Tergantung proses di negara penempatan dan dokumen apa yang sudah Anda miliki.

  34. luay berkata:

    Assalamulaikum, pak ada majikan kk saya yg ada di makkah bidang perhotelan, saya mau di kasi visa sama dia tapi disuruh bikin passport dulu lalu dikirim kopynya ke makkah,krn kata majikanya biar gampang ngambil visanya, pertanyaan saya pasport apakah yg bisa saya bikin untuk urusan tersebut jika saya bikin di imigrasi bandung. Dn kalau seumpama majikan kk dpt visa saran bpk harus di lewatkan mana biar gampang. Trims

  35. Siti Mutmainah berkata:

    Sy mau tnya..
    Spupu sy kan mau krja di arab jadi mekanik melalui yayasan tp mngapa mngurus paspor biaya smpe 3,5juta ya…
    Uang disuruh transfer dulu… nti hr senin suruh ngurus2 di sukabumi..
    Menurut anda itu penipuan bukan ce…
    Tlong ya jwb.
    Tnks

    • Humari berkata:

      Untuk ke Arab Saudi, tak bisa lewat yayasan. Harus PJTKI yang punya izin.

      Untuk TKI formal (mekanik) bisa bikin paspor sendiri di imigrasi terdekat.

      Soal penipuan saya sendiri belum bisa bilang ya atau tidak, karena untuk menentukan itu saya perlu info yang lebih panjang. Untuk lowongan TKI formal silakan klik http://tklnformal.wordpress.com/. Penguman langsung dari PJTKI. Yang mekanik juga ada.

  36. Cindy keisyarien berkata:

    Salam..
    Admin yg trhomat..
    Sy mw tanya..
    taun 2006 sy prnh ikut pjtki kmalaysia dg nama cindy ttpi 1th dsna sy mlarikan diri n pulang k indonesia lwt blakang coz prusahaan gk mmbayar gaji ssuai perjanjian.
    N 2009 sy mlancong kmlaysia lg dg mmbwt paspor baru dg nma NURY yg identitasnya smw palsu
    Paspor sy itu mati oktober 2014.n dlu sy sering jg kluar masuk malaysia mnggunakan paspor itu diSoeta-KLIA.
    Yg mw sy tanyakan jk sy mendftar k pjtki tuk bkrja kmalaysia apa bisa dg paspor sy yg skrng??
    Trz klw diminta KTP @ dokumen yg lain ssuai nma paspor,itu gk ada coz dlu calo nya cm ksih sy paspor j.
    Apa yg hruz sy lakukan.
    Klw bwt ssuai dg ktp apa gk brmslh diimigresenny coz sy bwt paspor KEDUANYA sdh dlm sistem biometrik.

    Trz apakah

    • Humari berkata:

      Bakalan rumit. Karena pihak imigrasi pasti minta dokumen asli. Baik kembali bikin paspor dengan identitas asli. Resikonya lama dan biaya mahal.

      Kelemahannya bila Anda menggunakan data lama, tak bisa masuk ke Malaysia. Kalau dengan data palsu, terpaksa bikin dokumen aspal semua. Baiknya Anda jangan melamar lagi ke Malaysia.

      • tati berkata:

        assalamualaikum wr wb
        admin yg terhormat saya mau tanya
        insyaalloh thn 2015 saya pulang indonesia,,,skrng saya lg krj di hongkong
        masalahnya pasport yg saya gunakan skrng itu tahun kelahiranya beda dgn yg di akte… krn dulu wkt mau krj jadi tki umur blm cukup ,,sehingga di tuakan 3 thn oleh PT yg memberangkatkan saya..

        nanti pulang saya ingin bikin paspor lg sesuai dgn akte ,,,krn insyaalloh saya berniat umroh bersama mama saya,,,, gmn caranya pak,,, apa entar bermasalah wkt bikinnya

        krn yg saya denger2 mesti ke pengadilan dan di sidang apa itu bener pak
        mohon petunjuknya pak,,,trimakasih

      • Humari berkata:

        Bisa saja. Tapi biayanya cukup mahal dan lama. Silakan langsung hubungi imigrasi terdekat dengan membawa KTP, Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran atau ijazah sekolah yang asli. Ketiga dokumen itu datanya harus sama: nama dan tanggal lahir terutama.

        Gak sampai pengadilan kok. Cuma lama dan bakal mengeluarkan biaya lebih saja. Pastinya silakan tanya imigrasi

      • maya berkata:

        Kira2 berapa lama ya Pak kl bikin paspor br dngn data baru (asli)

      • Humari berkata:

        Kalau data berbeda dengan data yang akan Anda sodorkan ke Imigrasi, cukup lama. Pengalaman kami bisa mencapai 1 bulan

  37. afung berkata:

    asslmlqm. .
    sy punya kakak brgkat k malaysia (kebun sawit)sekitar th 2008 dn sesampai d sana dia meninggalkan majikan bserta pasportnya (48). kmudian ktika pemutihan dia membuat pasport d KBRI dg nama yg beda dn paspor sdh d terbitkan tetapi data nya beda.
    apakh bisa data pasport yg pertama (48)d hapuskan ? mhn ptunjuk

    • Humari berkata:

      Bisa saja. Cuma perlu waktu dan biayanya mahal. Bervariasi dari satu kantor imigrasi ke yang lainnnya. Yang saya tahu hingga mencapai 4 jutaan.

  38. linda berkata:

    Maaf pak saya mau tanya. Saya pernah berkerja dimalaysia selama 2 tahun. Dan agustus 2013 saya kembali ke tanah air karena kontrak kerja saya telah selesai. Masa berlaku paspor saya sampai 2016, tapi kata seorang teman, paspor saya sudah mati. Sekarang saya ingin mengunjungi kerabat dimalaysia, yang menjadi pertanyaan saya, apa benar paspor saya ini tidak bisa digunakan lagi?

    • Humari berkata:

      Masih bisa kok. Teman Anda saja yang tidak tahu. Cuma bila Anda pernah menggunakan paspor tersebut, imigrasi Malaysia kadang banyak bertanya ini itu, karena mereka khawatir Anda mau kerja di sana secara ilegal. Siapkan saja jawaban bila mereka tanya macam-macam. Yang jelas, paspor yang masih berlaku bisa digunakan.

      • maya berkata:

        Maaf Pak numpang Tanya dulu kan sy seorang tki dn skrng sy masih memegang paspor tki 24halaman rencananya saya Mau berkunjung bolak balik Jakarta-Shenzhen-Peru Dan juga sebaliknya Peru-Shenzhen-Jakarta untuk beberapa Kali, Dan halaman pasti akan habis nah ini dia yg jd mslh kl Mau memperpanjang paspor saya itu gimana soalny sy tidak punya kk,ktp,atau akte soalnya dlu semua orang pjtki yg urus apa bisa perpanjang hanya menggunakan paspor saja Dan mungkin mengunakan data saya yg masih tersimpan di migrasi cilacap? Mohon penjelasanya trimakasih🙂

      • Humari berkata:

        Anda harus bikin KTP, KK, Akte Lahir yang baru. Kalau sulit dapat akte lahir, pakai ijazah saja.

      • lieenda21 berkata:

        maaf bapak, meneruskan pertanyaan saya beberapa waktu lalu. kata bapak paspor 24 hal masih boleh diguna asalkan masa berlakunya masih ada.
        ada beberapa pengalaman yang saya baca dari blog teman, diimigrasi indonesia mereka dilarang terbang karna menggunakan paspor tki pak. mereka disuruh untuk mengganti paspor mereka ke 48 hal dulu jika mau pergi berlibur katanya?
        mohon penjelasannya pak.

      • Humari berkata:

        Kesimpangsiuran aturan kita salah satunya ya di masalah ini. Paspor 24 sebenarnya dikeluarkan pemerintah kita untuk TKI pembantu rumah tangga. Bukan maksud diskriminatif melainkan untuk mencegah trafiking. Dalam aturannya, paspor itu masa berlakunya 3 tahun. Jadi hanya untuk 1 kali kontrak dan perpanjangan 1 tahun. Jika sudah habis masa berlakunya, majikan terpaksa membawa TKI pembantu rumah tangga mereka ke KBRI untuk diperpanjang. Itu juga sebagai salah satu bentuk pengawasan.

        Dan memang ada aturan sebelumnya bahwa paspor itu hanya untuk sekali pakai ke satu majikan saja. Tidak bisa ke lainnya. Tapi itu aturan dari pihak imigrasi kita. Negara lain tidak melihat itu. Mereka hanya menilai kadaluwarsa dan tidaknya paspor berdasarkan masa berlaku. Meski 24 halaman kalau masa berlaku belum habis ya tetap mereka izinkan masuk. Celakanya sebagian imigrasi ada yang memberlakukan aturan itu ada yang tidak. Sehingga banyak juga TKI yang berpaspor 24 bisa melenggang ke luar negeri bahkan kerja ke lain negara.

        Kesimpulannya? Ya sebagian petugas imigrasi kita ada yang meloloskan ada yang tidak.

    • lieenda21 berkata:

      maaf bapak, meneruskan pertanyaan saya yang lalu semoga bapak masih berkenan untuk menjawab.
      beberapa waktu lalu saya pernah pergi ke kantor imigrasi untuk mengganti paspor 24 hal ke 48 hal. sudah beberapa kali saya pergi kekantor imigrasi, tapi kesan yang saya dapat penggantian paspor sya dipersulit pak, mungkin karna masa berlakunya masih panjang dan paspor saya paspor 24 hal.
      disatu sisi, ada ketakutan kalo dibandara nanti pihak imigrasi tidak membolehkan saya untuk berangkat seperti beberapa teman karna melihat paspor saya ini.
      disisi lain, untuk mengganti paspor saja sulitnya minta ampun. padahal kata orang imigrasinya paspor 24 hal tidak boleh digunakan untuk berlibur tapi saat mau diganti kok prosesnya dipersulit ya pak…
      saya juga pemegang paspor 24 hal bapak dan pernah bekerja ke LN, saya kembali ke indonesia karena kontrak kerja saya disana memang telah selesai.
      mohon pencerahannya pak…

      • Humari berkata:

        Kalau gitu, ini jalan terakhir, cari calo yang keliaran di sekitar kantor imigrasi. Mereka tahu kemana harus membayar lebih. Sebab lewat rekening resmi gak bisa.

  39. Nariyah berkata:

    Hallo Bapak Humari yang saya hormati.
    Mau tanya ni pak,sekarang saya masih bekerja di spore dan berencana Infiniti kerja ke korea,pertanyaan saya apakah saya bisa menggunakan passport saya yang sekarang untuk bekerja ke Korea?
    Terimakasih sebelumnya🙂

    • Humari berkata:

      Lihat masa berlakunya. Kalau paspor Anda 24 halaman, nanti bisa dibikin lagi di sini dibantu oleh BNP2TKI. Sebab cuma mereka yang berwenang menempatkan TKI di Korea. Yang paling sulit dari penempatan ke Korea adalah Anda harus belajar dan lulus tes tertulis bahasa Korea. Keterangannya silakan klik http://tklnformal.wordpress.com/2013/12/27/syarat-syarat-penempatan-tenaga-kerja-indonesia-ke-korea-bnp2tki/

      • Nariyah berkata:

        Terimakasih,yang jadi masalah gini Pak umur di passport dan ktp saya berbeda😦
        udah niat banget ke Korea tapi takut nanti ada masalah dengan passport,saya paham betul susah untuk mengubah data di passport untuk sesuai dengan ktp,what should I do?

      • maya berkata:

        Mbak nariyah kasus anda sama dngn sy Hehee sy jg gt semua data d paspor pls glran Mau memperpanjang g bs,akhirnya sy tlp pihak migrasi Dan mereka jg tdk bs bnt apa2 tp sy d saranin buat tlp ke migrasi Jakarta Dan puji tuhan dia blng sy bisa bikin paspor baru dengan biodata asli Hehee jd harapan sy buat jln2 m suami ke Paris kynya bkn mimpi lagi Hehee nanti kl banjir udah surut sy Mau k Jakarta bikin paspor baru dngn nama Dan tgl lhr sy yg asli🙂

    • Yenny berkata:

      Salam Mbak Nariyah..saya mau menanyakan,bagaimana hasil pembuatan paspor baru dg data yg asli?apakah berhasill?kasus yg saya alami kurang lebih sama dengan yg mbak alami,nasib bekas tki,data ktp tdk sesuai dg paspor..Bole tahu makan biaya berapa dan bagaimana prosedurnya?serta di kantor imigrasi mana proses permohonan pembuatan paspor barunya?terimakasih

  40. rini berkata:

    met sore pak! mohon pencerahanya,fc paspor saya serahkan sma kdei taipei untuk saya tukar splp,paspor sudah kadaluarsa 2 thun.di ktp saya tercantum pekerjaan swasta,sedangkan kerja sya peternak madu,untuk membuat paspor prosedurnya bagaimna ?

    • Humari berkata:

      Anda bawa SPLP Anda, KTP, KK, Akte Lahir atau ijazah terakhir ke imigrasi terdekat. Soal pekerjaan di paspor gak dicantumkan.

  41. Diego berkata:

    Assalammualaikum,mhn bntuan,sya mw jd tki formal ke taiwan,prtma sy dsuruh byar 7,5jta,ud sya byar trus lgsg mdkal,dan hslny fix,stlh itu sya dsruh plg,nunggu kbr buat pasporn,tpi ud 4bln blum jga ada kbr,apa sxa dbhngi ya?msak proses mw pasporn rmpek 4bln,PT nya GSA SBYA.mhn pncrhanx trima ksh

    • Humari berkata:

      Kalau cuma bikin paspor bisa sendiri kok. Seperti yang saya jelaskan di atas.

      Hubungi saja PJTKInya. Sebab kalau cuma bikin paspor, asal KTP, KK dan akte lahir/ijazah aslinya ada, prosesnya tak sampai seminggu. Sebelum menyerahkan uang apakah anda sudah punya perjanjian penempatan?

  42. Verly berkata:

    Berterima kasih kpd Bapak Humari yang mau membagi secara jelas tentang seluk beluk per TKI an, karena jarang sekali para pengurus PPTKIS yang mau membagi ilmunya secara gratis. semoga para TKI / keluarga TKI bisa terbantu dengan informasi yang Bapak berikan.

  43. shofie berkata:

    pak saya mau tanya ya….skr saya di malaysia melancong…bln 4 rencana mau pg Australia…tp paspor saya uda mau mati…..boleh gak ya memperpanjang paspor nya di KBRI ..tp saya pake visa touris saja dan tgl lahir saya sm KTP gak sama…mohon bantu penyelesaiannya …makasih

  44. Siti Nur Rohimah rohim berkata:

    assalamualaikum bapak admin terhormat,
    saya mantan TKW Taiwan.hendak bikin paspor baru untuk liburan ke eropa dg pacar saya yg asli penduduk eropa(BELGIA).Namun paspor lama saya ketika jd tkw dulu telah hilang dan habis masa berlaku namun saya masih ingat nomer paspor saya dan keluaran imigrasi jakbar,paspor lama periode (2006-2009)keluaran jakarta barat.untuk pengajuan paspor baru saya telah melampirkan surat keterangan kehilangan paspor dr polisi,ktp kk dan akte lahir sesuai prosedur,saya daftar online ke imigrasi Surabaya setelah konfirmasi saya dtg ke imigrasi SBY di sana petugas loket meminta surat undangan dr pacar saya yg berada di eropa/belgia beserta fotocopy paspor pacar saya.saya pun melakukan apa yg di minta petugas tsb…kemudian saya datang lagi ke imigrasi SBY dg membaya surat undangan dr pacar saya beserta fotocopy paspor pacar saya sesuai yg diminta petugas pada pertemuan pertama di imigrasi.Namun sungguh mengecewakan sekali krn pada pertemuan ke 2 petugas loket tsb menyuruh saya ke ruang WASDAKIM dan ternyata petugas di sana menyatakan bahwa saya tidak bisa meneruskan pengajuan paspor saya di imigrasi SBY berhubung paspor lama saya di keluarkan di jakarta barat maka petugas tsb merekomendasikan saya untuk membuat paspor di jakarta barat juga?!padahal saya sudah melakukan pembayaran dan kata petugas tsb pembayaran yg saya lakukan di anggap hangus?!mohon pencerahannya pak admin…apa benar saya hrs bikin paspornya di jakarta barat?krn paspor yg hilang keluaran jakarta barat?

    • Humari berkata:

      Hal semacam ini yang membuat kami, PJTKI, juga kewalahan. Sebab pada dasarnya pembuatan paspor itu sudah online dan bisa dilakukan di imigrasi kita di mana saja. Sebab sistem online itu sebenarnya untuk mempermudah miriplah dengan ATM yang online dan kita bisa ambil uang di mana saja. Jadi alasan mereka menyuruh Anda datang ke Jakarta itu lemah. Tapi kalau kita lawan percuma. Imigrasi tetap yang menang. Saran saya, kalau seandainya biaya calo lebih murah, datangi calo yang ada di imigrasi Surabaya dan minta bantuan mereka. Kalau lebih mahal dari pada ongkos ke Jakarta, ya terpaksa datang ke Jakarta.

  45. Dika Hardika berkata:

    Selamat Pagi Bapak Humari,
    Saya mau tanya.
    Jadi Saya sudah melalui tes wawancara dan tertulis untuk bekerja di Sebuah perusahaan di Filipphina. Dan mereka memberi tahu Saya bahwa Saya telah diterima.

    Lalu mereka meminta Saya untuk melakukan Medical Check Up, dan Saya sudah lolos juga.
    Lalu Saya diminta untuk membuat paspor, dan mereka katakan bahwa untuk VISA kerja akan mereka urus.

    Yang mau Saya tanyakan,
    1. Apakah Saya harus membuat paspor TKI? atau mengikuti cara yang Bapak sebutkan diatas saja?
    2. Setelah pembuatan paspor, langkah apa Saja yang sebaiknya Saya lakukan?

    Ini pertama kalinya Saya akan pergi ke Luar Negeri, dan pertama kalinya juga Saya akan bekerja di Luar Negeri Pak. Terima kasih.🙂

    • Humari berkata:

      1. Untuk TKI formal (bekerja untuk perusahaan) saya sarankan jangan memakai paspor TKI. Prosesnya ribet. Paspor biasa bisa kok.

      2. Penempatan Anda untuk negara mana? Sebab ada sedikit perbedaan persyaratan masing-masing negara penempatan.

      • Dika Hardika berkata:

        Saya akan bekerja di filipphina Pak.

        Apa benar nantinya VISA kerjanya bisa diurus disana? Jadi Saya tinggal buat paspor, lalu langsung berangkat kesana saja begitu?

        Saya bingung Pak. hehehe.

      • Humari berkata:

        Setahu saya bisa. Karena Anda berangkat langsung (masuk Filipina boleh tanpa visa), ya tak perlu urus KTKLN. Urusnya nanti saja pas cuti.

  46. erwin berkata:

    Visa kerja saya d msia sdh hbis..tp masa berlaku paspor msh hdp smpai 2016..kalo mau bkin paspor calling visa trus kmbli ke bos lama tnp melalui pjtki ap bisa….?trus carany gmn..?saya tki formal…mhon beri ptunjuk..!mkasih…

  47. Hendra berkata:

    Selamat siang pak,
    saya ingin menanyakan masalah paspor saya.
    Saya memiliki paspor dgn kronologi sbb:
    1999-2004 imigrasi Jaktim paspor nama asli (dipakai ke jepang)
    2004-2009 imigrasi karawang paspor asli perpanjangan
    2006-2011 imigrasi sukabumi (paspor aspal ganti nama dll nembak krn pengen ke LN) sudah biometric tp tdk pernah pakai
    2008-2013 imigrasi jaktim, proses lewat calo untuk pemutihan nama palsu tsb yg buat di sukabumi, biaya 5jt, terima jadi hanya foto dan sidik jari biometric, dapat nama asli (kembali ke nama awal) dan paspor ini katanya sudah clear data palsu sdh hilang di data base (menurut yg urus). Paspor ini sempat dipakai ke Jepang selama 8 bulan menetap disana.
    2014/Feb/12 perpanjang paspor asli yg habis di 2013 tsb, di imigrasi karawang tapi ditolak (dibatalkan) karena ditemukan duplikasi (paspor aspal nama palsu yg dibuat di sukabumi).
    Pertanyaannya (mohon advise):
    – kenapa data palsu masih muncul di system, padahal sudah proses hapus data di imirasi jaktim?
    – paspor yg baru (nama asli) yg dikeluarkan di jaktim sudah biometric juga kenapa bisa dapat kalau masih bermasalah?
    – bagai mana sebaiknya/cara untuk mengclearkan data palsu tsb supaya benar2 clear?
    Mohon advisenya pak….
    terima kasih sebelumnya, maaf panjang,…
    Mudah2an kasus seperti saya bisa ada jalan penyelesaian yg lebih simple dan transparan karena banyak sekali saudara kita yg mengalaminya terutama yg berniat kerja ke luar negeri….

  48. Ika Widianita berkata:

    maaf sebelumnya,saya mau tanya,saya ingin sekali bekerja ke luar negeri tapi saya bingung harus datang kemana,saya berasal dari Pamekasan,Madura tapi saat ini berdomisili di Yogyakarta dengan KTP masih dengan alamat Pamekasan Madura,saya ingin sekali menjadi TKI yang sah,bisa beritahu saya bagaimana caranya,dan saya ingin bekerja di Amerika atau jepang,bisa tolong saya untuk bagaimana caranya menjadi TKI yang sah.mohon dibalas.terima kasih

    • Humari berkata:

      Ke Jepang hanya ada buat magang. Kalau ke Amerika, belum pernah dengar lagi ada lowongan ke sana sejak 2010. Lowongan lainnya silakan klik http://tklnformal.wordpress.com/

      • dian nuryanata berkata:

        saya baru 3 minggu di malaysia, tapi saya nggak betah, mau kabur tp passport dipegang boss. pertanyaannya apakah dengan SPLP saja saya bisa pulang ke indonesia?

      • Humari berkata:

        Saran saya, bila ingin kerja ke mana saja, pertimbangkan mentalitas diri. Kalau cuma mental nasi aking, lebih baik berleha-leha di rumah. Anda kabur, akan merepotkan yang memberangkatkan Anda, juga yang sudah memberi visa. Belum lagi bila terjaring razia yang bisa kapan saja.

        SPLP bisa untuk pulang. Tapi buat saat berikutnya Anda akan kesulitan membuat paspor baru. Dan jangan salahkan imigrasi.

  49. juliani berkata:

    salam pak…
    sy mau tanya…!sy seorang tki kontrak kerja 2thn…dan setelah habis 2thn sy sambung lagi dgn majikan yg sama tapigak lewat ejen dan sudah 4thn sy kerja gaji gaknaik..
    pertanyaan sy bagaimana caranya sy mau tukar majikan dgn paspor yg sama sebab paspor sy 48 hlmn…dan permit sy sampai 2015 masa aktip paspor sy sampai2016..?
    terima kasi banyak atas jawabpan bapak.

    • Humari berkata:

      Kalau mau pindah majikan, menurut aturan negara kita harus dari Indonesia tak bisa langsung. Sebab bila ada apa-apa, tak ada data Anda di pemerintah. Coba hubungi KBRI/KJRI terdekat untuk info yang lebih jelas. Sebab beberapa KJRI/KBRI kita biasa mengizinkan TKI informal pindah majikan.

  50. Haysia Inima berkata:

    Saya dapat lowongan mengajar di thailand tidak melalui PJTKI tapi melalui teman saudara saya yang bekerja di sana. Ketika saya bertanya ke petugas imigrasi untuk membuat paspor, saya disarankan harus melalui PJTKI karena nantinya yang mengurus paspor saya adalah PJTKI tersebut. Apakah memang demikian prosedurnya? Apakah PJTKI akan melakukannya padahal lowongan tersebut tidak saya dapatkan melalui PJTKI? atau ada solusi lain? terimakasih sebelumnya

  51. santi berkata:

    pak mau tanya … apa beda paspor tki dan biasa ?
    saya prnh ke taiwan tp di paspor umur beda. apa sy bisa mengubah umur tsb ?
    sy dengar bisa tp harus nutup paspor lama dg biaya 7juta lebih dan dg konsekuensi tidak bisa masuk taiwan lagi. kalaupun bisa akan bermasalah saat mau keluar taiwan. apakah benar ?
    saya ingin buat paspor yg sesuai dg data asli dan bukan untuk kerja TKI luar negeri lagi. tolong penjelasannya. terimakasih.

    • Humari berkata:

      Hanya jumlah halaman. Paspor TKI halamanya hanya 24. Paspor biasa 48 halaman.

      Bisa.

      Ada kemungkinan tak bisa masuk Taiwan lagi karena beda data. Taiwan, hilang 1 huruf saja jadi masalah. Contoh bila ada TKI bernama Aminah lalu di paspor barunya tertulis Amina, bisa jadi hambatan dalam proses. Apalagi beda usia dengan paspor lama.

      Mengenai biaya 7 juta setahu saya terlalu tinggi. Tapi memang untuk permasalahan semacam ini tak ada patokan biayanya. Coba tawar 4 jutaan.

      • santi berkata:

        tapi seandainya saya masuk taiwan bukan untuk bekerja/TKI … misal untuk wisata atau jadi pramugari mungkin pak .. apa tetap ada kemungkinan tidak bisa keluar masuk taiwan pak ? terima kasih

      • Humari berkata:

        Saya tak punya info soal masuk ke Taiwan dengan visa selain visa kerja.

      • santi berkata:

        oh ya pak … bagaimana prosedurnya .. apa kita dtang ke imigrasi dan langsung bilang mau membenarkan data/menghapus data lama gitu pak ? mohon penjelasannya. terima kasih.

      • Humari berkata:

        Ya. Sebab yang simpan data pemegang paspor kan imigrasi

  52. nandung berkata:

    Salam…pjtki yg terhormat.sya mau mengajukan pertanyaan.skarang ini masih boleh atau tidak buat paspor tendang,sebab saya dengar info dari ejen2 dsini skarang sudah tak boleh…mhon maklum balasnya.terima kasih.

    • Humari berkata:

      Paspor tendang? Maaf saya tak paham maksudnya.

      • Amelia berkata:

        Pak saya mau tanya saya kija di malaysia udah mau satu tahun tapi saya ilegal tadinya saya kabur dr egen karna di bohongi egen…yng mau ditnya mcm mn saya mau buat pasport lgi n bila saya buat splp apa saya bisa buat pasport lagi mhon jwabnny

      • Humari berkata:

        Anda sekarang berada di mana? Masih di Malaysia? Kalau ya datangi KBRI/KJRI terdekat untuk membuat SPLP. Kalau sudah di Indonesia ya datangi imigrasi terdekat. Bawa dokumen KTP, KK, Akte Lahir. Tapi sebelum itu tanyakan pada diri sendiri apakah Anda benar kuat kerja di luar negeri? Kalau tidak kerja di sini saja. Daripada nyusahin diri sendiri dan terutama orang lain.

  53. dhappamungkas berkata:

    Yang terhormat bapak/ibu di PJTKI.
    saya ingin menanyakan/berkonsultasi berkaitan dengan msalah saya.
    Pada intinya, saya bekerja ke malaysia tahun 2011-2013 lalu setelah lulus SMK melalui PT.OSM di Tegal, Jawa Tengah.
    setelah habis masa kontrak, saya pulang ke Indonesia.
    permasalahannya adalah paspor saya diminta oleh agen tersebut ketika saya pulang dahulu.
    Dan saat ini ketika saya membutuhkn paspor tersebut karena saya mau membuat paspor 48 halaman, dikatakan dari PT tersebut tidak bisa diambil.
    katanya kalau mau ganti paspor 48 halaman ( paspor utk melancong), harus bersama dengan pihak OSM, Itupun katanya harus diSemarang ( padahal saya di Pemalang dan ada kantor imigrasi langsung disini)
    Dan seperti yang saya duga, dari pihak mereka mengatakan nanti habisnya bisa mencapai 600.000
    pemikiran saya adalah, wong itu paspor kan dokumen negar. Lalu juga etahu saya tidak ada kontrak/perjanjian apapun yang masih mengikat saya.
    pertanyaan saya adalah apakah hal tersebut memang seperti itu?
    apakah hal tersebut suatu hal yang salah dan bisa dikategorikan pemerasan atau bagaimana?
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih dan

    • Humari berkata:

      Setelah kontrak selesai, paspor harus dipegang oleh pemiliknya. Bukan PJTKI, atau agen manapun.

      Kalau sudah kadaluwarsa paspor bisa dibuat di imigrasi terdekat. Biayanya, 255 ribu tanpa calo.

  54. Candra berkata:

    ask
    saya baru saja dimintai untuk membuat paspor karena saya akan magang ke Jepang, dan dr pihak saya, saya diminta membuat paspor lewat calo agar cepat, karena wkt saya hanya ada 15 hari, dan saya dipasok harga 700K , itu saya harus buat yg umum, dan tujuannya dialihkan ke malaysia.. karena saya masih awam, dan karena sudah terlanjur, tolong jelaskan kalau saya buat paspor sendiri itu apakah rumit??

    • Humari berkata:

      Sebenarnya tidak rumit. Yang rumit adalah bila Anda melamar menjadi TKI. Magang sebenarnya belum masuk hitungan sebagai TKI. Tapi karena waktu Anda mepet, sebaiknya pakai calo saja. 700 ribu adalah harga rata-rata lewat calo di imigrasi Jakarta.

      • Terima kasih sebelumnya atas jawaban di atas pak..
        memangnya waktu standart membuat pasport itu berapa hari?
        saya COD Solo/Surakarta , Jawa Tengah pak..
        apakah masa berlaku pasport itu ada?
        semisal membuat pasport u/ 1th dan 3th itu apakah sama biayanya?

      • Humari berkata:

        3-7 hari. Normal.

        Paspor berlaku 5 tahun. Biayanya sama saja. Paspor TKI lebih murah karena memang ada keringanan khusus. Tapi kalau paspor biasa, normal harganya adalah 255 ribu.

  55. natasya berkata:

    bagai mana kalau saya pernah buat paspor tapi data2 yg saya pakai dulu palsu, jd skrang saya mau benarkan data2 nya. mohon jawabsn nya
    trimakasi

  56. heri berkata:

    Selamat siang pak.. sy warga indonesia yg sudah 10 tahun bkrja d sbuah syarikat d malaysia.. sy masih ingin bekerja d sini dan majikan saya juga menginginkn saya terus bkerja d sini..
    Sebentar lg permit sy habis n tdak bisa d sambung lg, krna peraturan d malaysia hanya memaxsimalkn permit pekerja asing untuk 10tahun bkerja. jd saya d haruskn pulang ke indonesia dulu baru boleh mendaftar sebagai permit pertama lg.. jd berapa lama kah sy berada d indonesia baru boleh bekerja atau mendaftarkn permit yg baru lg? Dan, bolehkah saya memakai pasport lama saya jika saya mendaftar permit yg baru?(pasport exp 2016). Jika tidak boleh memakai pasport yg lama, bagai mana cara saya mendapatkn pasport yg baru, sedangkn pasport lama sy masih hidup? Terima kasih..

    • Humari berkata:

      Kalau paspor sekarang masih berlaku ya tak bisa kecuali bila ada kesalahan data di paspor Anda sekarang. Itupun baru bisa diperbaiki bila Anda menunjukkan KTP, KK dan Akte Lahir/Ijazah asli ke pihak imigrasi kita dan memang benar ada perbedaan data (mungkin nama, tanggal lahir misalnya) antara semua dokumen tersebut dengan paspor Anda.

      Perpanjangan permit kerja yang 10 tahun di Malaysia, maaf saya tak punya info. Dan saya kira kalau mau bekerja secara legal, tak bisa diakali karena bukan hanya data TKI yang terekam di imigrasi Malaysia, sidik jari dan retina mata pun tersimpan.

  57. Nafy berkata:

    misalnya saya tki membuat pasport pertama umurnya ditembak alias dituakan, dan jika setelah pulang saya ingin buat pasport wisata dengan dokumen asli. Bagaimana solusinya, kira 2 mkn wktu brapa lama? Trima kasih

  58. ely suryandini berkata:

    Mlm pak,mau tanya teman saya pernah ke taiwan dengan data dipalsukan semua,tp saat ini ingin mengurus paspor dengan data2 yg asli,bagaimana prosedurnya pak? Apakah benar harus lewat pengadilan dan dipenjara,atas jawabannya sy ucapkan terimakasih pk

    • Humari berkata:

      Gak sampai pengadilan atau penjara. Kan ini masalah administrasi. Kecuali kalau pemalsuan itu terkait dengan perbuatan kriminal (merampok, teror misalnya). Paling biaya pembuatan akan lebih mahal (bisa 3-4 juta) dan lama. Prosedur sama saja. Cuma data yang lama harus dihapus dulu dan bikin lagi yang baru.

  59. redi berkata:

    selamat mlm pak/bu,,apakah benar kalo menggunakan pasport wisata,kemudian kita bekerja disana (malaysia) akan dikenakan permit sebesar 200 ringgit setiap bulannya??

    • Humari berkata:

      Tidak bisa. Untuk kerja harus ada visa kerja. Kalau Anda buat kerja tandanya ilegal. Kalau sudah ilegal, sulit pengurusannya bila ada apa-apa.

  60. ina berkata:

    Saya mantan TKI dimalaysia, saya memiliki paspor konvensional yang expired 17 des 2015. Saya berhenti bekerja karena habis kontrak. Yang saya ingin pertanyakan. Bila saya mau melancong ke malaysia kembali ..apakah mendapat masalah dibandara dan di imigrasi? ….mohon jawabannya ya..

  61. tititn r berkata:

    Assalamualaikum pak..
    Salam hormat.saya berkerja di m’sia udah 10thn dan majikan masih menginginkan saya utk bekerja di perusahaanya tapi imigresen m’sia ga mau mengeluarkan visa lebih dr 10thn. Padahal pasport saya masih aktif sampai thn 20017. Ageenci bilang harus pulang ke indonesia dulu buat pasport baru calling visa sprt orng baru msuk. Setelah saya pulang ke indonesia mau buat pasport baru kata imigrasi ga bisa krn pasport nya masih aktif. Pak mohon saranya gimana saya bisa ngurus paspor baru agar bisa bekerja lagi. Terimakasih atas jawabanya..

    • Humari berkata:

      Ya gak bisa. Karena aturan di Malaysia sudah tak memungkinkan (sudah 10 tahun lebih) demikian juga di Indonesia (data di paspor tak bisa diganti kecuali memalsukan dokumen dsb).

  62. retno berkata:

    maaf pak mohon pencerahan…. saya tki yng bekerja dihkg.beberapa bln lagi finish kontrak.dan saya mendapatkan tawaran pekerjaan dari teman dikorea.apa yg hrs saya lakukan apa saya harus iku tes klpt dan sebagainya.. apa saya mengikuti sistem tki mandiri? dan apa saja yg diperlukan nantinya… bisakah visa diurus tanpa harus pulang keindonesia?. mohon pencerahan .terimakasih

    • Humari berkata:

      Ke Korea tak ada TKI mandiri. TKI mandiri hanya untuk tenaga ahli (insinyur, operator mesin misalnya). Kalau Anda termasuk kategori ini baru bisa jadi TKI mandiri ke Korea. Kalau buat pabrik, harus lewat BNP2TKI

      • retno berkata:

        terima kasih buat pencerahannya.mohon maaf saya masih ada yang ingin dipertanyakan. karena saya memakai paspor tki seandainya ingin pergi travelling apa bisa dipakai kalau tidak apa harus diganti ke paspor wisata? apabisa pak? menginggat tahun kelahiran saya dulu oleh pjtki dituakan apa bisa juga sekalian disesuaikan dgn data asli saya?. terimakasih atas waktunya…mohon maaf diberondong pertanyaan.he he he

  63. yahya berkata:

    kalau misalkan sy pernh bekerja keluar dan pulang gak bwah paspor
    gimna cra bikin lgi nya

    • Humari berkata:

      Bikin dari awal. Datang ke imigrasi bawa KTP, KK, Akte/ijazah dan dokumen pengganti paspor misalnya SPLP. Juga duit yang lebih karena biaya akan jauh lebih mahal.

  64. lk berkata:

    ass, maaf saya mau tanyak, saya punya kakak yg menikah dimalaysia dari tahun 98, dari 3 bulan kmaren dia sakit stroke belum kunjung sembuh dan dia minta bantuan saya untuk merawatnya, tapi peraturan disana mewajibkan pulang ke indonesia setelah 1 bulan, bagai mana caranya agar kita dapat tinggal disana lebih dari 1 bulan 2 atau 3 bulan misalnya, mohon petunjuknya, atas infonya trimakasi.

  65. pak mau tanya.. kalau yg sudah nikah kan ada syarat bawa surat nikah, kalau pakai fotocopyan yg dilegalisir gmana?

  66. Rusmiati berkata:

    Gan sy sudah berpengalaman bekerja di restaurant perhotelan sudah 2 tahun dan sekarang ingin mencoba bekerja di luar negeri,,,akan tetatpi sy agak kesulitan mencari informasi PJTKI di daerah saya….mohon informasi PJTKI yang ada di lombok barat

  67. joko berkata:

    Om ,saya mau tanya masalah pembuatan paspor , saya mau buat paspor tapi saya masih punya paspor dengan nama yg ber beda kemungkinan bisa ga ,mohon penjelasan nya .

    • Humari berkata:

      Langsung tanya ke imigrasi, Mas. Saya tak punya info pasti soal ini.

      • Ariel berkata:

        Hanya berbagi semoga jadi pelajaran…
        saya mengalami masalah yg sama, sialnya saya pernah buat paspor nama lain ketika biometrik pertama kali diberlakukan tp paspor tsb tdkbpernah dipakai. Kemudian saya buat kembali paspor nama asli alias kembali ke data asli dgn biometrik atas bantuan orang dalam imigrasi jaktim dan habis 5 jt. Kemudian paspor tsb pernah dipakai ke LN dan aman. Pas mau perpanjang paspor asli tsb ternyata nama palsu dan datanya keluar lagi. Jadi kena kasus duplikasi. Saya tak habis pikir katanya dulu waktu perbaikan data palsu sdh aman hilang dari sistem tp ternyata semua hanya permainan oknum imigrasi. Saya sekarang sedang mencoba membersihkan dgn benar data palsu dan sudah lewat 1/2 tahun prosesnya melalui orang imigrasi sampai dirjen, dan berapa biayanya tahu kah? Sudah lewat 60 jt!!!
        Saya tidak mengerti kenapa bisa jadi begini tapi mau jalan yg sesuai aturan juga belum ada kan? sedangkan kasus pasporvganda tki sangat banyak apakah pemerintah tidak punya solusi yg transparan supaya kita tidak termakan oknum?
        nasib..nasib jadi WNI!!!

  68. noa berkata:

    pak saya baru sbulan kerja di melaka tp sya gk betah dan pngen balek
    bisa gk pak sya buat splp di konsulat ato kbri
    tyoz kira2 brapa biayanya dan brpa lama proses pembuatannya

    • Humari berkata:

      Kalau alasannya tidak betah, yang paling memungkinkan adalah bila Anda ingin keluar resmi, ya bilang ke perusahaan untuk mendapatkan paspor Anda kembali. SPLP itu kalau Anda kabur. Dan KBRI hanya akan mengeluarkan bila pemerintah Malaysia membolehkan TKI bermasalah pulang. Dan kebijaksanaan semacam itu tidak berlaku setiap saat. Kalau tidak ya KBRI takkan mengeluarkan.

  69. maulud berkata:

    Malam mbak,saya juga mau nanya…..Saya berencana mau ke malaysia untuk mencari kerja tanpa Agen,maksud nya saya ke malaysia sendiri dan mencari kerja di sana dengan bantuan keluarga,,,apa yang harus saya siap kan?kalau pun lewat Agen,untuk daerah Riau khusus nya pekanbaru kota dimana kah ada Agen nya ?makasih mbak

    • Humari berkata:

      Di Dumai ada PJTKI. Tapi saya tak tahu apakah aktif atau tidak. Silakan hubungi:
      Nama PPTKIS : PT ADHI MAKMUR OENGGOEL INSANI
      Direktur Utama : Janura Admon
      Nomor SIPP TKI : 252 TAHUN 2012 31 MEI 2012
      Alamat : Jl Sidorejo Ujung No 111 Dumai
      Telepon : (0765) 37723
      Faximile : (0765) 37675

  70. ranti berkata:

    Assalamualaikum . Salam knl.pak saya mau tanya . Begini saya pernah buat passport 48 dan teman saya menyuruh ikut prosuder tersebut. Kemudian saya pergi ke malaysia dan bekerja disana dan dalam passpor saya da visa kerja disana , kemudian stlah sya bekerja tidak sesuai pekerjaan saya yg telah dibicarakan sblmnya . Saya sering keluar malaysia ke singapore sodara majikan saya dan ga ada masalah krna sya mempunyai visa. Krna saya tidak betah kerja akhrnya saya mau pulang dan bru bkerja 9 bulan . Sulitnya saya pulang hingga gaji saya ga dkasih dan saya hrus membayar 5000rbu ringgit skitr 15 juta. Yg pnting saya bisa pulang dan saya bilang saya akan balik lgi . Saya dihantar ke singapore . Dan akhrnya sya plg ke indonesia . Intinya saya di tipu teman saya .tapi saya bingung mau buat apa susah dan saya tidak mempermasalahkan nya lgi . Majikan saya disana menelepon apa mau dtg lgi krna sya sudah ada di indonesia saya ga mau balik lgi . Majikan saya disana dy mengurus kepulangan saya ke imigrasi bhwa sya memang melanjutkan kuliah sya . Memang btul sya kuliah . Kemudian saya ada rizky ingin ke luar negeri apa passport saya bisa dipakai lgi ? Untuk jln2 ke singpore bkn untuk bekerja .trma ksih itu pertanyan sya dr dlu mhon minta jawaban

    • Humari berkata:

      Saya bingung baca tulisan Anda. Kalau Anda kerja di Malaysia dan majikan orang Malaysia, ya tenang saja kalau mau masuk Singapura. Kecuali bila majikan Anda orang Singapura dan Anda tak bekerja sesuai kontrak, barulah perlu khawatir diblacklist.

      • ranti berkata:

        Maksd saya .. pernah kerja di malaysia menggunakan passport jalan2 .. dan dpt visa dr majikan sana jangka wktu 2thun . Tetapi sya hanya bkerja 9 bulan . Dan saya alasan plg krna mau mengrus study saya . Passport sya bru dikasih krna sblm nya disimpan mjikan sya stlah sya byr 5000rm . Bru la saya bru plg itupun boleh plg dlu . Tetapi ketika sya di indonesia sya tidak kembali kesana . Pertanyaan nya apa kah saya boleh jalan2 keluar seperti singapore atau brunei . Trima kasih

      • Humari berkata:

        Bisa.
        Anda paling tidak bisa dapat visa Malaysia. Dan kalau itu Anda lakukan lagi di Singapura dan Brunei, sanksinya juga sama.

  71. alfa berkata:

    Mohon maaf Pak Humari, sy mau tanya. Dulu tahun 2006 saya pernah jadi TKI Arab dan kabur tahun 2007 serta paspor dan visa masih dibawa majikan. Pada tahun 2017 besok saya akan berangkat untuk ibadah haji, apakah ada permasalahan waktu mengurus paspor haji tahun 2017 itu? sekian, terima kasih atas jawabannya.

  72. Herman berkata:

    Assalamu’alaikum,maaf pak sy mau bertanya,,, bagaimana caranya klo sy mau buat permit calling visa sementara posisi sy skarang ada di malaysia dan masa paspor sy berakhir th 2015,mohon bantuannya pak sy kurang mengerti tentang hal ini,trimakasih

    • Humari berkata:

      Calling visa kerja Malaysia maksudnya? Bila ya, hanya perusahaan Malaysia yang bisa mengajukan. Orang asing tak bisa.

      • yudi berkata:

        Mas boleh tanya..tolong dibantu kalau bisa
        Saat ini temensaya sdang di mlysia dan gak pegang paspor yg dibawa majikan krna temn saya kabur..itu apbila pulang dan mau jadi tki ke korea bermsalah gk mas jadinya terimkasih

      • Humari berkata:

        Bisa saja ke Korea. Tapi biaya pembuatan paspor di Indonesia akan sangat mahal dan memakan waktu.

  73. Santi Mayasari berkata:

    malam pak…tahun 2006 sy bikin paspor pakai identitas palsu untuk bekerja ke taiwan,2009 d perpanjang d taiwan. paspor mati 2012, sekarang sy ingin buat paspor baru dengan identitas asli untuk kerja d turki. biaya perubahan data paspor brpa dan bgaimna prosesnya? terima kasih

    • Humari berkata:

      Silakan tanya langsung ke imigrasi terdekat. Bakal mahal dan lama prosesnya.

      • santi mayasari berkata:

        Sy ingin berbagi info, alhmdlh trnyata bisa pakai identitas yg asli, asalkan kita harus k pengadilan negri dulu untuk penetapan pengesahan nama. Kalau surat keputusan/penetapannya sudah keluar, kita bisa memakai identitas yg asli dan data lama kita di cabut. Jadi mari kita bekerja lagi dgn memakai identitas asli Agar tidak ada masalah lagi dengan paspor.

      • Humari berkata:

        Terima kasih atas infonya

  74. arya berkata:

    Humari yg terhormat….
    Sy mau tnya….istri aku ex tki taiwan..dan memperpnjng paspor di taiwan…skrng sdh finish kontrak tp paspor itu msh brlku smp 2017….pertnyaan saya apakh bs paspor itu di pakai utk melancong…sdngkn alamat tmpt tinggl di paspor sy msh alamat taiwan ?

  75. andri berkata:

    permisi om numpang tany saya pernah masuk malaysia menggunakan paspor pelancong tapi setelah masuk saya langsung kerja d malaysia sebagai( tki ilegal ) dan saya pulang lewat jalan blakang yg saya ingin tayakan jika saya buat paspor lagi bisa gk

  76. Jamilah berkata:

    Selamat malam. Mohon informasinya. Tetangga saya TKW Informal di Dammam yg sedang cuti. Apakah dia harus lapor ke BNP2TKI sebelum kembali bekerja di Dammam atau langsung berangkat kebandara tanpa melapor cuti. Terima kasih.

    • Humari berkata:

      Harus laporkan dulu. Daripada terhambat di bandara. Penting juga melaporkan diri sebelum cuti ke KBRI Riyadh untuk mendapatkan kontrak baru.

  77. hary berkata:

    Siang pak,saya fotografer dan saya diajak temen buat pemotretan dibeberapa negara asean.kemarin saya apply pasport tpi disuruh minta surat rekomendasi disnaker.saya mau tanya apkah memang hrus minta surat rekomendasi pdahal saya perseorangan.terima kasih

    • Humari berkata:

      Gak perlu. Dan kalau cuma mau keliling Asean tak perlu juga pakai visa kerja. Bila imigrasi tanya bilang saja mau jalan2. Kalau dibilang buat kegiatan yang kategorinya kerja mereka minta rekomendasi macam-macam.

  78. Hadie berkata:

    sangad membantu sekali,!!!

    terimakasih atas pencerahannya,
    semoga Allah membalasnya dengn yg lebih baik:’)

  79. susi berkata:

    PAK HUMARI saya mau tanya,dulu thn 2011 plg pakai paspor SPLP ikut pemutihan dimalaysia,TP PASPOR LAMA N PERMIT DAH MATI,apakah bisa saya masuk malaysia lg?

  80. Ulpha Mudzakirillah berkata:

    maaf saya mau tanya, setelah mambaca artikel diatas, sepertinya tidak terlalu sulit untuk membuat paspor. tapi mengapa banyak org dari luar negri seperti iran, afghanistan, pakistan dll nya yg berimigrasi secara ilegal dan tidak memiliki paspor? mohon jawabannya

    • Humari berkata:

      Ada yang pakai paspor palsu ada yang modal nekat ke luar negeri naik perahu. Benar-benar modal nekat. TKI kita yang nekat semacam itu hampir-hampir tak ada lagi.

  81. juliana berkata:

    Maaf saya mau bertanya saya pernah bekerja dimalaysia.kemudian kabur.sya plg dg splp.paspor sya yg lama msih berlaku.jika saya ingin bekerja dikorea n membuat paspor baru apa bisa n berapa biayanya

  82. ari berkata:

    bos mau tanya pt lentera bunga bangsa sejati di solo surakarta apakah masih aktif dan resmi? ada nmr telpnya tapi ditelp g di angkat ada alamat nya tapi di cari g ketemu? bos ada loker tki potong gaji ndak gan?tolong bantu ane mau punya gawe dados tki potong gaji? aturnuwun

  83. Silvyah Lvyah berkata:

    assalamualaikum,maaf pak humari nama saya silvy.bisakh saya bertanya,,aku pernah jd tki 2004,thn 2006 aku kabur,,dan tn 2008 aku nyerahkan diri ke polisi untuk di pulangkan. alias deportasi..tp maslahnya waktu itu nama di passport atas nama nurhayati,,nama pangiilan saya..yg ingin saya tanyakan biskah sekarang aku kesaudi dengan passport nama asli silvy ..sesuai penetapan pengadilan,,untuk infinya saya ucapkan banyak terima kasih

    • Humari berkata:

      Secara teori setelah 5 tahun data Anda saat pulang setelah sempat kabur akan dihapus. Tapi saya belum tahu bagaimana pemberlakuannya, apakah benar atau tidak.

      Saran saya silakan ubah kembali paspor Anda sesuai dokumen yang asli, tapi hindari bekerja di Arab Saudi.

  84. Anik berkata:

    Pak saya mau tanya ini, , data aktif itu penyebabnya apa ya?krn setiap mau calling visa,visa saya g turun padahal paspor saya msh hdp sampai 2017,atas infonya trm ksh

    • Humari berkata:

      Data Anda masih ada di negara penempatan. Jadi masih aktif. Dan karenanya negara penempatan tak mau mengeluarkan visa buat Anda. Anda pulang ada masalah? Atau kabur?

  85. Silvyah Lvyah berkata:

    terima kasih untuk infonya pak humari..yang ingin saya tanyakan lagi,,apakah nama asli saya bisa di tetapkan di pengadilan negri,,untuk mengurus passport baru,,sedang saya sudah tidak pun ya phoito coppy passport lama.terima kasih

    • Humari berkata:

      Anda harus urus dulu KTP, KK, Akte atau kalau punya bisa diajukan dengan ijazah.

      Setahu saya urusannya gak perlu sampai ke pengadilan negeri

  86. Silvyah Lvyah berkata:

    saya sudah punya data asli dr ijazah sampai buku nikah pak..jadi maslahnya imigrasi,,tetap menolak..harus ada penetapan pengadilan

    • Humari berkata:

      Anda minta ke Imigrasi aturan tertulis mengenai hal itu. Kalau ternyata ada aturan resminya apa boleh buat. Harus dijalani. Atau, ya terpaksa lewat calo yang biayanya bisa jutaan.

  87. putra petir berkata:

    Permisi, numpang tanya.

    saya mau buat passport baru. Padahal saya sudah punya passpot. Alasannya, passport lama saya salah nama (beda 1 huruf. Yg harusnya y d tulis I). Passport lama saya keluaran tahun 2013. Kira2 bisa apa tidak ?

    • Humari berkata:

      Ngapain mubazir. Kalau ada perbedaan nama, PJTKI/PPTKIS bakal minta endorse di imigrasi. Nanti nama yang benar akan distamp oleh imigrasi di halaman dalam paspor. Itu bukan masalah besar kok.

    • Juli Ana berkata:

      Saya kabur dari majikan di malaysia.paspor yang lama ada pd majikan jika sya ingin kembali bekerja di luarnegeri sementara sy tdk pny paspor ap msih bisa.jk bisa.bgaimn cra pengurusn ny dan brp biayanya mksih

      • Humari berkata:

        Buat laporan kehilangan dulu ke kantor polisi. Lalu datang ke imigrasi dengan membawa KTP, KK, Akte asli. Juga pastikan Anda sudah dinyatakan diterima oleh perusahaan di luar negeri. Kalau Anda lewat PJTKI/PPTKIS, mereka akan keluarkan surat rekomendasi untuk imigrasi. Anda tak bisa lagi kerja ke Malaysia. Selain itu, biaya pembuatan paspor akan sangat mahal dan lama dan itu ditanggung oleh Anda di luar biaya proses lainnya karena paspor adalah dokumen pribadi.

  88. juju simanjuntak berkata:

    Permisi, numpang tanya pak,saya sekarang kerja sebagai pembantu dimalaysia krn dpt visa dr majikan saya.Tapi masuk malaysia menggunakan paspor pelancong tapi setelah masuk saya langsung kerja d malaysia sebagai pembantu dan mendapat visa dari pemerintah malaysia dari tahun 2012 sampai sekarang. tapi saya mau pulang bercuti ke indonesia saya takut krn saya membuat visa kerja disini tanpa persetujuan PJTKI.krn saya dengar di malaysia saya legal tapi diindonesia tidak dan kemungkinan saya bisa pulang dari malysia,tp gak bisa balik lg ke malaysia .tolong berikan solusi pak..makasih

    • Humari berkata:

      Anda dan majikan datangi KBRI/KJRI minta kontrak kerja. Setelah sampai ke Indonesia, datangi BP3TKI terdekat dan bayar 290 ribu untuk asuransi. Setelah mendapatkan KTKLN.

  89. nesma berkata:

    permisi….sya tkw arab saudi insya allah buln 1 2015 akan pulang di indonesia menikah dgn orang arab saudi ,yg sy mau tnyakn bisakh sy ganti paspor baru/bukn paspor tkw?dan ganti tahun lahir krna paspor tkw sy di pertua,,trima kasih

  90. andik berkata:

    Mohon infonya ..
    Sy bulan agustus kmren bikin passpor untuk bekerja kekorea….tpi waktu bikin passpor sy tanpa rekom dari disnaker dan ketika wawncara sy ngakunya liburan kemalaysia…..
    Proses ke korea sy sdah tinggal nungggu jadwal terbang sj….yg jadi pertanyaannya apakah nanti passpor saya bermasalah ya

  91. andik berkata:

    Domisili sy KALIMANTAN..sy bikin passpornya di blitar jawa timurr…jd gk smpet bikin rekommm….
    Bneran ni gk masalah y mas

  92. andik berkata:

    Maksudnya yg nguruss pptkis itu bnp2tki ya
    Sy tki mandiri smua proses sy urus sendiri termasuk bikin passpor…..kmren stlah lulus ujian klpt langsung snding dan dpat kntrak kerja…Alhamdulillah udah prelimm…..
    passpor sy kumpul di bnp2tki untuk pengajuan visa di kedutaan
    Dan tinggal nunggu jadwal terbang

  93. andik berkata:

    Soalnya kan katanya kalau untuk tki waktu bikin passpor harus ada srat rekomendasi dari disnaker….
    Emang nanti apakah passpor kita ketika pengajuan visa di chek secara online di kedutaan besar korea…untuk mngetahui passpor dikluarkan dimana dan asli atau bukannya

    • Humari berkata:

      Itu waktu mau bikin paspor. Kalau paspor sudah jadi buat apa lagi rekomendasinya? Pengajuan bisa tidak memakai persyaratan rekomendasi dari Disnaker. Kecuali kalau BNP2TKI dan Disnaker ingin memperpanjang proses mereka sendiri

  94. andik berkata:

    La iya yg saya maksud dari tadi itu. …tentang passpor sy dulu waktu bikin gk pake rekom disnaker..jd ketika wawancara sy bilangnya liburan kemalaysia

  95. rani berkata:

    assalamualaikum .maaf sebelumnya.saya mau bertanya tentang permit dinegata malaysia untuk tahun ini bisa diperpanjang apa tidak?tolong balasanya pak.terima kasih.wassalam

  96. herna berkata:

    Assalamualaikum..
    maav pak sy mau tnya, sy prnah jadi tki di malaysia slma 2 thn.dari 2010-2012. Bisa tdk ya pak klo sy mau krja di sna lagi? Sedangkan sy sudah buat pasport melancong dr thn 2013 dan aktif smpai 2018 tp blm pernah sy pkai. Kalo sy mau krja apakah sy harus buat pasport kerja lagi atau sy pakai pasport yg sudah ada itu?
    terima kasih.

    • Humari berkata:

      Bisa selama Anda pulang secara resmi dari Malaysia. Tidak lewat belakang. Dan paspor yang Anda pegang sekarang bisa dipakai. Tak perlu buat yang baru

      • herna berkata:

        Kalo sudah di pakai tdk boleh yaa pak?
        apa nanti tdk ada masalah pak di imigrasi klo sy pakai pasport itu?
        klo sy nanti sdh plng dan ingin mlancong apa boleh klo sy sdh pkai buat krja? Cop’a gimna

      • Humari berkata:

        Kalau paspor 24 halaman dibuat melancong, hambatan kadang terjadi saat di imigrasi kita. Kalau pihak luar tidak peduli. Selama paspor berlaku mereka mau chop.

  97. tarirahmadani berkata:

    assalamualaikum, saya mau tanya.. saya mempunyai passpor 24 halaman dan ingin mengubahnya ke 48 halaman bisa ga ya??
    terimakasih

  98. nesma berkata:

    Slmt pagi pak..pak sy punya teman dia sedang hamil mau bikin paspor tapi semua datanya masih berstatus cerai hidup karna semua datanya belom di robah..hal ini bermasalah atau tidak,?

  99. cahyo berkata:

    Pak humari…paspor saya masih 11bln berlakunya tapi saya ingin memperpanjangnya karena peraturan dr bnp2tki yg mengharuskan paspor berlaku minimal 1thn kalau untuk bekerja di korsel.sedangkan aturan dr imigrasi 6 bln sblm masa berlaku paspor habis baru bisa diperpanjang.apa.yg harus saya lakukan biar bs diterima pihak imigrasi saat perpanjangan paspor krn msh lama brlakunya.trima kasih

  100. Rico Suryanata berkata:

    Pak Humari..
    Saya saat ini berada di Malaysia menggunakan visa pelancong. Saya sdh 2 bulan di sini
    Pada 1 bulan pertama kemarin saya keluar ke indonesia selama 1 minggu dan kemudian saya masuk lagi dan ini bulan kedua saya disini. Sedangkan visa pelancong saya akan habis sekitar 5 hari lagi. Saya disini terus terang bekerja secara ilegal untuk mengurusi bisnis Bos saya yang ada di indonesia yang mempunyai rencana untuk ekspansi ke malaysia.Tapi karena baru penjajakan (blm ada kepastian) makanya bos saya yg di indonesia belum mau membuatkan visa kerja/bisnis alasan pertimbangan takutnya jika sudah dibuatkan dengan biaya yg besar, ternyata projectnya tidak jadi.
    Pertanyaan saya :
    1. Apakah saya bisa mengurus perpanjangan visa sosial/pelancong lagi tanpa keluar dari malaysia? Dan kalau bisa maksimum dapat berapa bulan lagi saya bisa tinggal. Dan tempat mengurusnya dimana? Apakah KBRI di malaysia atau lewat agen?
    2. Apabila saya keluar dari malaysia untuk 1 minggu seperti yang saya lakukan bulan lalu, kemudian ketika saya masuk lagi apakah akan diperbolehkan pihak imigrasi malaysia yg di bandara KLIA ?
    2. Apakah ada visa kerja/bisnis untuk yang untuk bberapa bulan saja (tdk harus 1 tahun). Dan untuk mengurusnya dimana serta perkiraan biayanya.

    Terimakasih sebelumnya Pak atas Jawabannya.

    • Humari berkata:

      1. Anda tetap harus keluar dari Malaysia. Visa ya harus diurus di immigresen Malaysia.
      2. Bisa.
      2. (harusnya 3 :)) Setahu saya ada. Lebih jelasnya bisa ajukan aplikasi ke Kedubes Malaysia di Jakarta atau Konjennnya di Medan & Pekanbaru.

      Banyak kok orang Indonesia yang seperti Anda. Bolak-balik ke Malaysia. Orang Malaysia juga begitu banyak sekali yang ke Indonesia dan mengurus bisnis tanpa mengurus visa. Cukup bermodal paspor saja.

  101. nesma berkata:

    Slmt pgi pak..sy sdh ke KANIM di daerah sy untuk membuat paspor baru/bukan tki dn hendak menyesuaikan umur asli sy,,tpi petugas imigrasi menolak katanya paspor sy masih bisa di gunakn walaupun buat umroh dn gk bisa merubah umur karna sdh trlanjur ada data di komputer,,sy tambah bingung pak paspor sy memang yg 48 hlamn tpi di belakang paspor sy tertulis (women worker),,apa gk bermasalah nanti?mohon bantuannya pak

    • Humari berkata:

      Bisa kok digunakan. Meski pernah digunakan untuk visa kerja. Yang bermasalah itu kalau umroh lalu kabur buat kerja.

      • nesma berkata:

        Terus nama majikan yg tertulis di blkang paspor sy bgaimna cara menghapusnya..?atau harus ke KANIM untuk minta di hapus,,?

      • Humari berkata:

        Tak perlu dihapus. Kalau sudah dicap “exit” saat keluar terakhir dari negara dimana Anda kerja, tak ada masalah. Jangan ubah apapun yang tertulis maupun yang dicap di paspor

      • nesma berkata:

        Itu dia pak masalah’nya sy cuti tpi sy sdh gk mau kembali ke majikan karna sy insya allah akan menikah dan ikut suami ke saudi..itu gmn pak?

  102. andrieml berkata:

    salam hormat ,
    mohon infonya pak,.. sy punya teman kerja di hk. bos teman saya itu menawari sy pekerjaan di sana sbagai penjaga perkebunan pribadi di rumahnya. dia menyuruh saya utk mncari informasi bgaimana/prosedurnya agar sy bisa kerja disana, mohon bantuanya,,
    trimakasih

    • Humari berkata:

      Minta teman Anda atau bos teman Anda untuk datangi KJRI Hongkong. Mereka yang tahu soal prosedur bagi calon TKI non PLRT untuk bekerja dan masuk ke sana.

  103. Titin hayatina berkata:

    Saya mau tanya , saya tahun 2010 bikin paspor ke taiwan yg 3 thn lalu saya di taiwan kabur, saya pulang ke indonesia tgl 08-06-2014 dan dibikinin paspor jalan 3bln , mau tanya kalu mau bikin paspor pergi kerja ke hongkong mau tanya habis berapa kira kira ?……

    • Humari berkata:

      Bila lewat calo bisa habis sekitar 4-6 jutaan. Bila langsung biasanya 3 jutaan. Tapi jarang yang mau langsung. Karena uang itu sebenarnya tak termasuk dalam prosedur. Tapi kalau tak ada uang, paspor Anda tidak bisa dikeluarkan hingga masa berlakunya habis. Sebelum ke imigrasi bikin dulu laporan kehilangan paspor di kantor polisi.

  104. sodikin berkata:

    Selamat malam.
    Maaf ganggu waktunya,saya ingin bertanya tentang permasalahan seputar Paspor khususnya Paspor tki yang dirubah umurnya.Walau sudah banyak teman lain yang bertanya sama,tapi disini saya ingin memastikan semua jawaban terupdate yang Mas tahu biar kami tidak terjebak oleh biaya yang tidak masuk akal Dan tanggapan yang salah.
    Yang saya ingin tanyakan tentang Permasalahan paspor beda data adalah :
    1.Untuk mendapatkan Paspor dengan data asli,apakah kita harus membuat Paspor baru,atau kita langsung bicara tentang kesalahan data kepada imigrasi,adakah jalur mrmperbaiki dengan cara legal?
    2.Persyaratan apa yang harus dibawa?
    3.Berapa lama kira2 pembuatan paspor Dan berapa biayanya?
    4.Perbaikan data Ini,apakah menggunkan jalur legal?
    5.jika harga bisa lumayan mahal,apakah INI masuk ke Kas Negara?

    • Humari berkata:

      1. Ya. Harus bikin yang baru. Proses dari awal dengan membawa KTP, KK, Akte Lahir yang semua data didalamnya sama.
      2. Cek jawaban saya no 1
      3. Bakal lama. Bisa sebulan karena harus merombak database yang di server.
      4. Saya tidak tahu. Bukan orang imigrasi🙂
      5. Yang ini saya juga tidak tahu🙂

      • sodikin berkata:

        Trima kasih atas jawabannya,saya sekarang sudah tidak ragu dan resah dengan berita-berita yang membuat down tentang permasalahan data ini.
        sedikit share barangkali ada pembaca lain yang pernah mendenga tentang berita ini mengenai permasalahan beda data paspor.
        1.Ada berita yang pasti akan lewat jalur hukum (dikarnakan pernah memalsukan data)
        2.Ada berita bahwa di persidangan sangat menakutlan apalagi di sel
        3.Ada berita Sangat sulit menghapus data lama menjadi data yang asli bahkan pihak imigrasi pun tidak tahu caranya(hingga membuat para calo dan biro jasa paspor pun berperan penting untuk menggaet konsumen) Yang mrmbuat saya down ketika saya bertanya ke birojasa resmi dia mengatakan kalau birojasa tidak bisa mengurus paspor beda data tersebut,tapi dia punya kenalan untuk menghapus data lama dengan biaya kurang lebih 9jutaan.,dan ada yang membuat saya semakin down ketika seorang calo menawarkan penghapusan paspor dengan biaya 25juta+menakut nakuti dengan berita pada no 1 dan 2.
        4.ada berita di http://www.hukumonline.com yang membuat saya bertanya tanya,apakah saya masuk pemalsu data.Tapi dengan apa yang saya baca dari blog ini membuat saya bersemangat kembali dan meyakinkan bahwa berita diluar tidak sepenuhnya benar!maka dari itu saya haturkan banyak trimakasih kepada admint wodpress ini semoga selalu diberi kesehatan,nikmat panjang yuswa dan rejeki yang berlimpah,aamiin ya allah yarobbal’alamin.

      • Humari berkata:

        1. Yang memalsukan data seseorang bisa memang dipidanakan. Tapi untuk TKI, saya belum pernah. Rata-rata yang masuk penjara biasanya orang PJTKI, sponsor atau bahkan petugas imigrasi. TKI saya kira takkan dituntut. Mengapa? Di negara kita, hukum, selain dipengaruhi uang, juga citra, imej. Dan imej TKI jauh di atas angin dibanding Pemerintah, sponsor apalagi PJTKI/PPTKIS. Karenanya, aparat biasanya takkan mempidanakan TKI yang kedapatan punya dokumen palsu. Kalau PJTKI yang punya? Habis deh🙂

        2. Bila Anda TKI, tak usah khawatir.

        3. Ya. Biaya juga simpang siur. Petugas imigrasi takkan minta langsung. Biasanya ya lewat calo. Ada yang minta 3, 4, yang paling tinggi saya dengar 7 jutaan.

        4. Tak usah terlalu khawatir. Yang saya tahu, ada ribuan TKI yang bermasalah serupa ini dan mereka berhasil memperbaiki data paspor dengan bantuan calo. Uang, tentu saja berperan. Tapi yang saya tahu tak pernah lebih dari 7 juta tadi.

  105. DEDIH SUPRIADI berkata:

    Mohon petunjuk paspor saya 28 halaman,ada kesalahan pengetikan tgl.lahir dan thn lahir,mestinya 17 Agustus 1971,tertulis 07 Agustus 1977,klo mu diperbaiki besar ga biayanya ? Mohon di jawab di fb sy,Dedy Alfia Aziz.

  106. putra berkata:

    salamualaikum. pak, saya TKI Legal. permit masih panjang, tapi sudah tdk betah. mau pulang ke indo. sudah lapor ke perusahaan tidak boleh plg. paspor di tahan majikan. jd mau kabur saja. bisa saya urus splp trus plg ke indo pak?
    Syaratnya apa saja ?
    Biayanya brp ?
    Ditahan dulu atau tidak ?
    mohon dibantu pak, thx.

    • Humari berkata:

      Mas, salah satu permasalahan terbanyak TKI adalah tidak betah. Dan kalau ini terjadi, kami PJTKI/PPTKIS yang disalahkan oleh semua pihak. Kalau Anda kabur, ya kabur ke KBRI. Bakal masuk penjara deportasi sebelum pulang ke tanah air. Itu pasti. Soal lama atau tidaknya, saya tak tahu.

      Soal biaya, saya juga tak tahu. Sebab semua prosedur dilakukan di negara penempatan. Bukan di Indonesia.

  107. MrCiku Mar'Din berkata:

    kalau misalkan saya cuma punya KK sama KTP, apa bisa di lanjutkan pembuatannya mas?

  108. muhtadin berkata:

    Assalaamu’alaikum…
    Maaf pak humari,ada yg ingi saya tanyakan.
    dalam proses calling visa,kalau visa sudah turun apakah perlu ke konsulat malaysia di jakarta?(TKI mandiri)
    1.sudah membuat pasport biada 48hal.
    2.medical an nur.
    3.semua fotocopy sudah di antar ke perusahaan di malaysia(formal)
    4.perusahaan sudah mengirim berkas
    -Kelulusan visa
    -surat perjanjian kerja
    Apakah masih ada persaratan yang kurang selain dokumen di atas?

    trima kasih atas perhatianya…
    wassalaam…

  109. iwan berkata:

    salam hormat,
    dulu saya pernah kerja di LN(2010) jadi tki formal kontrak 1 tahun habis menggunakan paspor 48, sekarang saya mau perpanjang paspor dilembar paspor saya tercap “pemegang paspor ini adalah TKI formal pada PPTKIS……”petugas imigaran meminta saya untuk mengcancel dulu kalo saya bukan lagi TKI formal dari perusahaan tersebut.apakah seperti itu prosedurnya untuk perpanjang paspor?apakah perlu biaya untuk mencancel tersebut? terimakasih atas jawabanya

    • Humari berkata:

      Yang bisa cancel biasanya juga imigrasi sendiri (imigrasi pusat di Kuningan depan Pasae Festival Jakarta). Biayanya sih tak jelas kadang 100 rb kadang 150 ribu.

      Tapi saya akan tanya dulu ke teman-teman. Yang jelas Anda tak perlu bikin paspor baru.

      Humari

  110. Yans West Java berkata:

    bpk.humari yg terhormat
    pa sayah ingin menanyakn beberapa hal..dulu saya pernah bekerja di malaisya memakai paspor pelancong..karna syah tertipu dengan gajih yg tidak sesuai saya nekad kabur pulang..nah skarang ini syah berniat mau kerja lagi ke luar negri..apa mungkin sayh bisa bikin paspor dengan alsan kehilangan sedangkn kejadian itu sudah hampir 7/8thn yg lalu..atas saran dan pemberitahuan nya saya ucpkn bnyk trimaksih..

    • Humari berkata:

      Paspor pelancong bisa kok dibuat kerja. Kalau paspor lama dibuat setelah tahun 2006 ya harus buat surat kehilangan dulu, baru ajukan untuk bikin paspor baru.

  111. laily berkata:

    Pak,mohon informasinya,ibu saya dulu waktu berangkat menjadi tkw di hongkong umurnya dimudakan,berangkat sekitar thn 1999-2000an,sekarang mau menikah dengan wna namun paspor dan akta cerai usianya tidak sesuai,bisakah paspornya direvisi lagi?terimakasih sebelumnya

  112. d'grass berkata:

    Pak,say mau buat passport untuk tki perawat ke jepang ,kira2 passport umum atau tki yg harus saya buat?karena kalau pasport tki maka harus ada surat rekomendasi dan sya pun tidak tahu cara mengurusnya. Bisakah pasport umum dan apakah itu akan mempersulit sya saat mendaftar ke bnp2tki nantu bila pakai paspor umum?tkb,pak..

    • Humari berkata:

      Kalau sudah punya paspor umum ya bisa digunakan buat kerja, tak perlu bikin lagi. Kalau belum punya paspor minta rekomendasi dari BP3TKI terdekat sebelum ke imigrasi.

      • d'grass berkata:

        Saya baru akan membuat passport pak.apakah kalau minta rekomendasi ke bnp3tki akan panjang ? Atau boleh kah saya buat passport umum saja?tkb pak..

      • Humari berkata:

        Bisa pakai paspor umum. Tapi saat memproses paspor umum Anda akan ditanyai buat apa paspor tersebut. Kalau jawab buat kerja ya akan diminta rekomendasi.

      • d'grass berkata:

        Pak,jadi saya boleh pakai paspor umum untuk ke bnp2tki ke jepang?dan tidak akanmempersulit saya krn toh nantinya kan diendorse dipusat ya pak,begitu?tkb pak..

      • Humari berkata:

        Ya, bisa.

  113. k berkata:

    Saya baru umur 18 tahun, dpt kerjaan di aussy jagain anak dalam wakti 1 tahun. Saya mau buat visa pekerja rumah tangga itu gimana ya tipsnya supaya diterima? Semua hidup saya disponsorin atasan saya yg orang aussy

    • Humari berkata:

      Mereka yang harus urus dari Australia. Bukan Anda. Kalau sudah ada approval baru Anda bawa paspor ke Kedubes Australia.

  114. asnah kaban berkata:

    Bagaimana cara membuat visa melancong

    • Humari berkata:

      Ya ajukan ke Kedubes negara yang akan Anda kunjungi. Setiap negara beda persyaratannya. Karena itu blog saya fokus bahas visa kerja saja.

  115. Nurmaa berkata:

    saya mau tanya
    dulu saya pernah kerja di malaysia secara resmi dan kontrak kerja 2tahun , tapi stelah 2tahun saya lari cari tmpat kerja yg lain karena perjanjian ga sesuai dg yg semula .. kemudian , sy pulang k indonesia melalui jalur belakang , sbenernya paspor saya masih aktif smpai 2017, tapi ditahan sama agensi disana .. jadi kalo saya mau masuk sana lg dg tjuan jalan2 aja , apa perlu buat paspor pelancong lg atau nerusin paspor yg baru dg data yg lama ?(mksudnya buat keterangan paspor hilang aja ato buat paspor pelancong dan matikan paspor yg lama ? bisa smpai berapa lama dan biayanya berapa ?

  116. Nurmaa berkata:

    jadi pak gimana caranya biar saya bisa masuk sana lg ?
    apa saya terus pergi ke wakada di kantor imigrasi tmpat saya berasal dan konsultasi dgannya ?
    atau bgmna ?

  117. shavira berkata:

    maaf saya mau tanya…
    saya pernah kerja di pabrik dimalaysia slama 2 thun tpi saya dipulangkan saat masa kontrak kerja saya belum habis, saya dipulangkan karena sebuah kesalahan saya, kira-kira kalau saya ingin bekerja kembali dimalaysia pabrik lain bisa enggak…?

    • Humari berkata:

      Kalau Anda melamar lagi untuk ke Malaysia, beri foto kopi paspor ke PJTKI/PPTKIS yang bakal mengurus Anda. Mereka akan kirim ke Malaysia untuk dicek.

  118. endang berkata:

    Siang Pak , saya mau bertanya .saya kan pernah buat passport tahun 2009 ‘an udah biometrik ya Pak, tapi dengan nama dan data yang berbeda dari data yang asli. Dan saya pergi ke luar negeri selama 6 tahun dan sekarang saya pulang ke daerah asal saya , nah sekarang ini saya di kasih surat dari kelurahan untuk membuat E-ktp tapi dengan data yang dan nama yang berbeda dari passport saya tadi atau data yang asli , nah saya khawatir kalau nanti bikin E-ktp apakah sidik jari saya akan sama dengan passport saya yang tadi? Bagaimana Pak ? Apakah nanti data data pasport saya akan keluar saat buat E-ktp? Terimakasih banyak Pak .

  119. Khaerul Fa'iz berkata:

    gi mana kalo kita sdang brada di malaysia dan pasport kita hilang, gimana cara membuatnya lagi tampa harus balik ke indonesia..

  120. Maaf pak saya ingin bertanya :
    Ada satu kampung saya di indonesia yg mau bekerja dengan saya di malaysia sebagai PRT, kebetulan saya sudah menikah dan warga negara malaysia, bagaimana caranya pak… terima kasih sebelumnya

  121. nona anggie berkata:

    Seandaianya ada tki yg kabur dari majikanya dan pulang keindonesia tanpa pasport apa orang itu bisa buat pasport lagi dan aPa bisa dia balik ke negara yg pernah dia bekerja ? Terimakasih

    • Humari berkata:

      Bisa bikin paspor lagi. Tapi urusannya berbelit. Tapi tidak bisa kembali ke negara dimana dia melanggar hukum keimigrasian.
      Komputer tak bisa dibohongi

  122. esti berkata:

    Maaf sekedar tanya..
    Saya pemegang paspor kerja di malysia..apakah saya bisa pergi melancong ke hongkong dgn paspor kerja tersebut..

  123. sri berkata:

    mohon solusinyanya pak,,,kakak saya menjadi tkw .keberangkatan dari batam ke singgapura,,setelah bekerja 3 bulan di sinngapura dya dibalikan majikan ke ke agency singapura,,,dari agency singapur di over ke agency malaysia karena belum habis masa potongan,,di malaysia dya mnjadi prt,,,setelah habis masa potongan nya selama 5 bulan,,gaji pertama sempat majikan kirim,,gaji 2 bulan dipegang agency,,dan dya kembali ke agency dimalaysia dan minta di pulangkan saja,,,tetapi agencynya memperkerjakan dya lg ,,,dan potong gaji selama 1 bulan,,,dan samapi saat ini tdk ada sama sekali berita maupun telpon,,,,,dimana saya harus mengadu,,,,dan jika dya pulang apakah apakah harus melewati singapura,,,,bagaimana solusi terbaiknya apakah dya harus lari ke kbri di malaysia
    ,,,

  124. sri berkata:

    mohon solusinya pak,,,,apakah kalu sudah habis masa potongannya sebagai tkw kita bisa pulang,,kontrak belum selesai selama 2 tahun,,,dan berapa biayanya

  125. dwi berkata:

    assalamualaikum, mau tanya pak. kakak saya kerja diluar negeri dulu lwt PJTKI,saya akan diajak kerja disana sdh ada lowongan di pabrik. bagaimana cara saya mengurus paspor yg mudah dan murah🙂 ? apa cara tsbt diatas poin 3 saat ini masih bisa? mohon penjelasannya.terimakasih sebelumnya

  126. erlin berkata:

    paspor saya udah kadaluwarsa sejak 28 juli 2013.krn emang saya udah plg ke indo.sy bermaksud kerja lg tp tdk melalui pjtk.sy berhubungan Lgsg dg agen.sy ngurus rekomendasi di disnakertrans kok ktnya hrs sdh dot majikan dulu.gmn tu pak.mohon opengegaan.mksh

    • Humari berkata:

      Kalau Anda bekerja di rumah tangga, tak bisa langsung lewat agen. Itu memang aturan di UU 39 2004 kita yang disahkan presiden Megawati.

  127. assalmualaikum pa humari,,,saya mau tanya pa,,,gimana caranya supaya bisa bikin paspor baru padahal paspor saya masih berlaku tapi karna saya kabur dari majikan dan menjadi ilegal,,,tolong pencerahannya pa,,terimakasih.

    • Humari berkata:

      Anda posisi di mana? Kalau di Indonesia ya harus ke imigrasi terdekat. Kalau masih di luar negeri harus melapor ke KBRI/KJRI.

  128. asslamualikum pak humari,,,saya mu tanya pak,,,saya dulu tki ilegal,,,dan paspor saya masih hidup,,,tetapi paspor saya di majikan,,apakah saya bisa buat paspor baru untuk bramhkat lagi ke negara lain,,mohon pencerahannya pak,,terimakasih.

  129. asslamualikum pak humari,,,,saya dulu tki ilegal dan paspor saya di majikan,,,saya sekarng udah pulang di indonesia,,,dan saya ingin buat paspor baru untuk pergi ke luar negri,,apakah bisa,,bagaimana caranya pak,,,mohon pencerahannya,,terimakasih.

  130. Jun Hyun berkata:

    assalumualaikum pa humari,,,,saya mu nanya,,,apakah saya bisa bikin paspor baru,,,pdhal paspor lama saya berada di majikan yang dulu,,,krna saya kabur dari majikan,,,mohon pencerahannya pa,,,terimkasih.

  131. rini berkata:

    maaf pak sebelumnya…saya mau tanya ni pak..saya pernah kerja di pabrik di malaysia 2 tahun.tapi masa passport saya masih aktif sampai juni 2016.nah, bulan ini saya akan pergi ke malaysia pak..tapi sebagai treveller.apakah bisa pak, saya menggunakan passport saya itu?kan passport pekerja pak?terus,nanti klo di immigrasi ditanya2 gitu saya jawabnya apaan pak?
    biasanya ditayaain nya gmn ya pak?
    trimakasih pak sebelumnya..mohon di balas ya pakk…
    mohon sekaliii

    • Humari berkata:

      Ya bilang apa adanya. Mereka akan tanya tiket pulang Anda dan uang yang Anda pegang apakah cukup buat tinggal di Malaysia selama yang Anda sebutkan.

      • rini berkata:

        Tapi pak,misal saya beli tiket nya brangkat aja.ntar tiket pulang nya booking dr sana gmn?
        Apakah uang nya itu harus dperlihatkan kpd mereka pak?

      • Humari berkata:

        Mereka bakal minta semacam itu. Kecuali Anda mendapat jaminan dari pihak Malaysia langsung. Bukan sekedar pacar yang juga WNI.

  132. bintang berkata:

    Salam pak Humari, saya eks tki. dan skrg sy akan proses ke hk dgn calling visa, sdh dpt majikan dan saya juga sdh bikin paspor dgn saran bapak di atas. yg mau saya tanyakan, apakah nti ada mslh di bandara kr saya wkt bikin paspor wawancarany hny utk jalan2 tnpa rekomendasi disnaker, kontrak kerja dan visa akan dikirim ke alamat pribadi atau numpang proses PT? mohon pencerahannya. Terimakasih

    • Humari berkata:

      Aturan di lapangan sedang kacau kok. Jadi saya kerap bingung menjawab pertanyaan semacam ini. Secara hukum UU 39 2004 itu masih berlaku. Tapi kenyataan di lapangan semua berantakan. Makanya kalau saya jawab sesuai UU 39 2004, ya Anda tak usah mengikuti prosedur apa-apa di Indonesia, cukup langsung terbang ke Hongkong. Kadang di bandara mereka melakukan pengawasan dan pengetatan, kadang juga tidak. Jadi terserah mana yang baik buat Anda.

      Amannya ya kontrak kerja Anda harus ditandatangani KJRI Hongkong, lalu proses melalui PJTKI/PPTKIS dan KTKLN keluar baru terbang.

  133. Abdullaah berkata:

    Assalamu’alaikum,

    Semoga pak Humari senantiasa dalam rahmat Allaah SWT. Amiin.

    Banyak informasi-informasi yang insya Allaah bermanfaat di sini.

    Saat ini saya telah memiliki passpor (48 Hal), expired s/d 2018, belum pernah dipakai 1x pun.
    Nama yang tercantum terdiri dari 2 kata.

    Saya berencana melamar suatu pekerjaan FORMAL di Arab Saudi, dimana di salah satu formulir onlinenya harus melampirkan paspor.

    Saya banyak membaca berita di internet, bahwa salah satu syarat pengurusan visa ke negara Arab Saudi diharuskan mencatumkan 3 kata.

    Yang ingin saya tanyakan,
    1. Apakah saya upload saja paspor lama saya yang namanya masih terdiri 2 kata?
    Tapi saya khawatir, jika nanti lamaran diterima, dan ada calling visa, masih mencatumkan nama 2 kata.
    2. Apakah saya melakukan penambahan (perubahan) nama dulu ke kantor imigrasi. Kemudian upload paspor terbaru?

    Terima kasih.

    Semoga Allaah ta’ala membalas segala budi baik bapak dengan kebaikan yang bercurah-curah. Amiin.

    • Humari berkata:

      Ya, memang harus 3 kata. Sebenarnya itu bukan sekedar kata melainkan terdiri dari 1. nama asli pekerja 2. nama ayah pekerja 3. nama kakek pekerja. Kalau di paspor hanya ada dua kata bisa dibawa ke imigrasi untuk diendorse. Bawa KTP, KK & Akte Lahir sebagai bukti.

      • Abdullaah berkata:

        Terima kasih jawabannya pak.
        Saya saat ini sedang mengajukan perubahan nama paspor secara online, nanti tanggal 15 Juni diminta datang ke KANIM bersangkutan.

  134. nufadila berkata:

    salam hormat pak Humari semoga senantiasa sehat dan sukses selalu,, saya punya paspor 2011 ke malaysia menemani kakak saya yg bekerja disana tetapi sy tdk ada izin tinggal dan pulang pada 2013 melalui imigrasi malaysia dan d deportasi hingga 2018 dengan paspor yg sama,pertanyaan sy apa sy msh bs ke sana lagi karna kakak sy meminta sy tinggal lg dsana,atau urus dgn paspor baru. terima kasih atas balasannya.

  135. muzdalifah berkata:

    Assalamualaikum,
    pak saya mau nanya, beberapa waktu lalu saya mencoba mendaftar online untuk menjadi tkw dihongkong di salah 1 pjtki yang ada dijakarta, tapi saya ditolak dengan alasan ktp dan kk saya bukan domisili jawa dan sekitarnya, karena mereka tidak nemiliki perwakilan di balikpapan untuk mengurus membuat id online depnaker, apakah memang peraturan di tiap pjtki demikian? Terimakasih
    Wassalam

  136. ryury berkata:

    Mas.mau tanya.3 thn lalu saya pulang kerja dari brunei karena habis kontrak.kerja saya welder.sekarang paspor saya sudah habis masa tepatnya bulan 7 tahun kemarin
    Tapi seminggu yang lalu .perusahaan tempat saya bekerja menawarkan kalau sekiranya saya mau kembali bekerja disana mereka mau membuatkan visa lagi.dengan sarat mengirimkan copy paspor dan pas foto..pertanyaan saya kalo nanti mau buat paspor baru lagi .bikin yang 25 ato 48 halaman mas? Apa ini yang namanya calling visa ya mas?.makasih jawabannya

  137. bintang berkata:

    klo dah bikin pasport baru bikin sendiri apa perlu surat rekomendasi disnaker juga pak? buat apa ya kira2

  138. jagoanjawaa berkata:

    mas. . .saya TKI di MALAYSIA mau berkunjung
    ke hongkong 4 hari
    pesyaratan yg harus di bawa apa? supaya bisa
    masuk ke hongkong
    perlu koling visa apa gak?

  139. alinda berkata:

    Slamat mlm bapak humari. Kurang lebih 10 thn yg lalu saya pernh bikin paspor melalui jasa org lain,dngn nama dan data2 yg lain nya semua menggunakan nama dan data org lain jg alias duplikasi.tp paspor lama nya itu sdh ggak ada lg bisa dikatakan hilang. Soalnya dr pertama bikin sampe skrng saya tdk prnh memegang atau mempergunakan paspor itu.dulu rencananya saya mau ke luar negri lwt agensi jd paspor saya mereka lah yg pegang.dan skrng agensi itu sdh ggak ada lg rimbanya. Masalah nya skrng saya mau bikin paspor baru di tolak sistim seperti artikel yg bapak tulis di atas. Yg saya mau pertanyakan bagaimana caranya mengurus kembali paspor duplikasi lama saya yg saya katakan hilang menjadi paspor dngan identitas asli saya.krn skrng saya sadar yg saya lakukan dulu itu salah.saya sempat mengurus nya bbrapa wkt yg lalu stlah data saya di tolak sistim,tp blm saya lanjutkan krn saya sempat takut krn trsangkut pemalsuan identitas, takut kena pidana.

    • Humari berkata:

      Gak usah takut. Ini masalah administrasi kok. Yang lain bisa, mengapa Anda tidak. Ikuti saja prosedur yang ada. Kalau sampai harus minta acc hingga ke pengadilan ya lakukan.

  140. ilho berkata:

    Admin.saya mau tanya..
    Apakah data kita masih tetap tersimpan pd system keimigrasian malysia.sy pernh buat passport untuk kesana,dan sy tggl melebihi visa yg di anjurkan lalu sepulang melalui jalan tikus.
    Dan skrg mau masuk dan buat baru untuk berkunjung ke sahabt disana,tapi takut di periksa di sebabkan itu.mhon pencerahan nya .trim’s.!

  141. kirai berkata:

    saya mau tanya ni pak humari…saya mau kerja ke malaysia..,tapi masih dalam menunggu calling visa turun!!imigresen malaysia udah proses permohonan saya dari 1 maret 2015 tapi sampai sekarang belum keluar juga,status permohonan saya bayaran,saya tanya ke pjtki dia bilang sudah bayar ,yang mau saya tanyakan: berapa lama proses pengurusan visa buat calon tki dan apakah status permohonan saya itu benar telah dibayar oleh pjtki tersebut

    • Humari berkata:

      Pengurusan visa kerja ke Malaysia memang lama. Saya sendiri tak bisa deteksi hambatan Anda di mana. Jadi tak ada yang bisa saya sarankan.

  142. dean pratama putra berkata:

    selamat malam saya ingin bertanya pak
    mama saya kerja di malaysia sudah 5 tahun di restorant kemudian saya di ajak kerja dengan orang tua saya,
    pertanyaan saya bagaimana saya bisa kerja secara legal di sana ? syaratnya apa saja ?

    makasih

  143. Arifin berkata:

    Buat paspor diluar pulau bisa ga bro ?
    Misalkan ktp kalimantan buat dijakarta

  144. sis berkata:

    maf pak mau nanya ni,,
    dlu saya kerja di malaysia,dan pulang cuti,tpi saya tidak kembali lagi,
    pasport mati 2013,
    2thun dari mati permit,
    yang saya tanyakan
    apa saya bisa kerja di sana lagi,
    kata teman saya tidak bisa karena saya dulu pulang tidak pake memo keluar,cuma cuti saja,
    mkasih pak mohon d jelaskan

  145. saiful berkata:

    MOHOn penjelasanya saya kerja di malaysia 2 thun.yang 1thun saya kaBur dari majikan
    Dan saya pulang keindonesia.TGL 14.9.2015 dngan aman di imigresen.pasPort saya aktif sampai 2018.permit kerja mati tgl 8.10.2015.yang saya tanyakan masih bisakah saya masuk malaysia lagi.

  146. Tika berkata:

    Pak mau nanya, ada adik ku dulu dia mau berangkat kerja ke malaysia dan dia udah pasporan dan turun visa, dan setelah mau beraDan skrang dia ngurus lagi dgn ejen yang sama kata ea dia harus bayar denda pembatalan kemarin 2jta bru dia boleh berangkat, memang harus byar ya ka klo kek gitu masalah nya..??ngkat nenek kami ningDan skrang dia ngurus lagi dgn ejen yang sama kata ea dia harus bayar denda pembatalan kemarin 2jta bru dia boleh berangkat, memang harus byar ya ka klo kek gitu masalah nya..??gal dan di batalkan ORang tua lah pemberangkatan nya ini, lepas tu dia sekarang mau ngurus kerja ke malaysia itu, lepas itu ejen bilang dia itu udah susah mau berangkat kerja ke malaysia lagi karna harus byar kata nya 1jt5rts, memang apa harus byar sebanyak itu uang nya ea pak..? Kalau ingk dibyar katanya susah dia untuk ngurus nya karna padport nya yg dlu itu blm mati katanya., beri solusi nya dong pak supaya adek saya ini bisa vetangkat lgi kerja kemalaysia tanpa harus membayar uang yg bnyak itu..

    • Humari berkata:

      Adik Anda jelas salah. Proses sudah sampai visa turun, lalu mundur, ya harus ganti biaya proses. Hitung saja rincian biaya proses: paspor (300 ribu) , medical check up (350 ribu dengan standar sebelumnya), hingga stamp visa (1 juta) asuransi (400 ribu). Belum lagi kerugian non duit bagi agen (malu, dimarahi klien bahkan ada yang ordernya diputus). Wajar agen marah dan menahan paspor.

      Kalau mau bikin paspor ulang, repot dan lebih mahal lagi dari dua juta. Dan ada kemungkinan, Adik Anda tidak bisa kerja ke Malaysia karena visa sebelumnya tidak digunakan dan pihak Malaysia tidak mau mengeluarkan visa baru.

  147. Djemi Riedel berkata:

    Mas Humari sy mo tanya ” apakah istri sy yg brangkat sbg TKW tnpa izin sy bs d brngktkan ?? apakh sngsi dr PJKIS yg mmbuat paspor rkyasa istri sy, istri sy tdk mngetahui papornya d rekayasa, mngnai nama, umur sttus dll skrg istri sy tdk ttp pkrjaanya mohon bantuannya, info istri sy TKW d mlaysia

    • Humari berkata:

      Bisa kalau istri Anda mengaku janda dan dapat izin dari orangtuanya. Kasus semacam ini sering terjadi kok. Kalau seandainya istri Anda bohong dan memalsukan status jandanya, tak usah khawatir, dia juga bisa diproses di kepolisian untuk pemalsuan. PJTKI/PPTKIS bisa menuntut balik istri Anda. Kalau misalnya istri Anda mengaku terpaksa, jangan percaya. Kesempatan kabur saat proses menjadi TKI buanyak kok. Bisa saat medical check up, atau saat proses paspor di imigrasi atau saat pembekalan akhir pemberangkatan di BP3TKI atau saat menjelang berangkat.

      Kalau soal data paspor tidak tahu direkayasa ya gak mungkin, kan ditanya satu-satu oleh petugas imigrasi dan BP3TKI. Saat ditanya tak ada petugas PJTKI/PPTKIS. Bilang saja datanya palsu. Kalau dia mengiyakan saat ditanya ya terlibat pemalsuan tandanya.

      Kalau semua data dipalsukan PJTKI/PPTKIS, wah itu makanan empuk. Tak usah pakai LSM atau polisi, Anda cukup tunjukkan bukti data asli istri Anda, status asli istri Anda kepada PJTKI/PPTKIS dan minta duit puluhan juta. Kalau mereka tidak mau lapor polisi. Yakin deh mereka akan mau beri.

      • thiffany18 berkata:

        Salam Pak .

        Pak ne saya berencana merubah data passport yg usianya d tuakan kata bapak saya suruh datang sendiri k imigrasi bagian wasdakim nah saya baru baca blog mba yg sudah mencoba merubah data passport sendiri katanya lebih dr 6 bulan n ga kelar juga sebab d lempar sana sini n juga masih d permainkan pihak imigrasi sampai akhirnya dia menyerah minta bantuan Jasa passport yg membuat dia kehabisan 9jt buat urus data passport. Kata bapa meskipun melalui calo gakan bayar mahal paling mahal 2 ampe 3jt an.

      • Humari berkata:

        Itulah info yang saya terima saat itu (cek tanggal komentar saya). Tapi sekarang kayaknya sudah sulit ditentukan. Karena yang punya kasus semacam ini luar biasa banyak. Dan harga pasar berlaku di sini, kalau banyak yang cari karena punya kasus semacam ini dan kantor imigrasi serta calo-calonya masih itu-itu saja ya harga akan naik.🙂

  148. siswanto berkata:

    pak.mohon maaf saya mau tanya.saya dapat tawaran untuk bkrja di bruney druslam dari saudara saya…dan saya disarankan untk mengurus paspor krja sendiri.tetapi waktu saya ke imigrasi daerah tmpt sya tinggal.saya malah mendapatkan penjelasan tentang kaitan disnakertrans dan surat rekomendasinya…yg mau saya tanyakan apakah sy bisa buat paspor kerja lalu saya baru mengajukan pd pjtki rekonwndasi dari saudra saya?

    • Humari berkata:

      Aturannya harus ada rekomendasi dari Disnakertrans daerah yang hanya bisa dikeluarkan dengan surat-surat yang diurus oleh PJTKI/PPTKIS. Tapi tak semua PJTKI/PPTKIS mau melakukan itu sebab tak semua dari mereka punya cabang di daerah atau mau mengutus staf mereka ke daerah karena kalau dihitung biaya operasionalnya lebih besar dari sekedar bikin paspor apalagi hanya untuk 1 orang. Saran saya, jangan jujur pada petugas imigrasi. Bilang saja bahwa Anda akan jalan-jalan ke Singapura. Toh paspor kerja sama paspor turis ataupun haji sama saja.

  149. agu stian berkata:

    Pak mau tanya aku mau pulang ke indon dah buat splp apa setelah itu aku bisa nggak buat passport baru di indon..?soalnya aku mau ke myanmar cari suamiku…terimakasih sebelumnya pak…aku perlu jawaban.

    • Humari berkata:

      Neng,biasakan menulis nama negeri sendiri dengan lengkap: Indonesia. Minimal di blog saya.

      Sekarang ini jawaban saya. Anda bisa pulang ke Indonesia, bikin paspor lagi dan pergi ke Myanmar untuk menemui suami Anda. Tapi jangan kembali lagi ke negara dimana Anda mendapatkan SPLP dari KBRI kita.

  150. anggie berkata:

    ass mas
    saya mau tnya
    sayakan mau urus paspor ni
    tapi da 1 kendala di izasah saya
    dlu wktu sd mau kesmp dblg g cukup umur dan harus dtuakan biar bsa lnjut ke smp
    smntara akte kelahiran saya dan ktp datanya sama
    di izasah 14-6-93 tp diaktte 14-7-94
    jika hrus mnta surat ketrangan hrus kmna mas? dan apa isi surat yg harus dinyatakan
    terimakasih mohon bntuannya mas
    krn kantor imigrasi dn t4 tgl saya berjarak 3 jam dn biar tdak bolak2lik

  151. fina fitriana berkata:

    Pak saya mau tanya…
    yang pertama saya mau bikin paspor tp ijasah saya nama ayah saya pake nama sebelum menikah dan di kk pake nama sesudah menikah..

    Yang kedua…apakah prpanjangan paspor pelancong setelah sebulan di malaysia saya hrus pulang ke indo dulu lalu berangkat lagi pa? ?

    Dan yang terahir…jika saya menikah dengan warga negara indonesia yang di malaysia…sya menikah disana…sebaiknyan bagaimana ya pak..bagaimana agar saya bisa tetap disana bersam suami… maksud saya bisakah saya menjadi warga malysia…bagaimana prosesnya???

    • Humari berkata:

      Pakai dokumen yang sama datanya. Kalau berbeda harus diperbaiki agar sama semua. Ijazah bisa diganti dengan akte. Kalau ada perbedaan di KTP, KK, Ijazah/Akte, terpaksa harus disamakan. Pilih prosedur yang paling memungkinkan; ubah nama di KTP & KK.

      Paspor itu ya paspor. Tak ada istilah paspor pelancong, paspor pelajar dll. Dulu memang dibedakan, sekarang tidak lagi. Perpanjangan paspor bisa dilakukan di KBRI Kualalumpur. Tapi untuk melancong ke luar negeri, usia paspor minimal 6 bulan sebelum kadaluwarsa. Jadi kalau usai paspor tinggal sebulan, ya tak bisa ke luar negeri.

      Untuk jadi WN Malaysia, maaf, saya tempat yang salah untuk ditanyai.

  152. fina fitriana berkata:

    Terimakasih infonya pak…kalo nama saya di ktp.kk.dan ijasah sama semua pak…yg beda cuma nama ayah saya di kk sama di ijasah…apakah bisa pake surat PM1 bahwa dokumen 1 dan dokumen 2 adalah benar satu orang..???

    Satu lagi pak…
    Kalo saya ingin bekrja disana tp belum tau di perusahaan mana…sebaiknya bagaimana ya pak…saya ingin tinggal dan bekerja disana mendampingi calon suami…

    Maaf pak..saya kebanyakan tanya..

    • Humari berkata:

      Kalau kasusnya semacam ini langsung tanya ke imigrasi terdekat saja.

      Suami Anda WNI? Dapat visa kerja dan boleh bawa keluarga? Kalau ya, bisa saja kerja di Malaysia.

      Tapi kalau suami Anda dapat visa tanpa family status (alias tidak bisa bawa keluarga), ya gak bisa. Kecuali Anda melamar sendiri dari Indonesia dan itu belum tentu dapat pekerjaan yang dekat dengan suami Anda. Makanya kasus TKI kabur dari Malaysia cukup tinggi. Tak ada masalah, cuma karena mau dekat suami, setelah diberangkatkan PJTKI/PPTKIS ke Malaysia begitu kerja beberapa hari langsung ngacir dan tinggal dengan suami yang sudah bekerja terlebih dahulu.

  153. Hani berkata:

    Slmt pagi pjtki ..
    Sya mau brtnya sya dlu pnya passpor thun 2012 dan sya pernah bkrja dmalaysia melalui kawan sya dn dpat permit di sana slma 2 thun .. tetapi sya tidak betah krna kerjanya tidak sesuai dgn apa yg dbicarakan sblmnya .. akhirnya sy pulang dan kerja hnya 9 blan dn plg tanpa gaji pulangsya melalui pesawat ke jkrt .. krna sya tidak plg lg ke malaysia akhirnya di cabut permit d sna kt majikan sya .. dgn alasan sya study.
    Stlh itu sudah lama plg passport sya hilang saat sya sdah menikah dan tgl dibandung .. rencana thun 2016 akan pergi kluar negri dgn suami untuk jalan jalan . Prtnyaan sya apa sya msh bsa buat passport lg .. dgn surat hilang .. stlh sya buat apakah dipassport baru itu ada cap permit ke malaysia krna suami sya tk thu kl sy pernah kerja dmalaysia .. kl sya pergi kluar negeri apa diprint kembali yg 2012 itu tlong skali jwbnya ..

    • Humari berkata:

      Mbak, kalau dari sudut pandang penempatan TKI, mbak Hani tak bakal lolos lagi masuk ke sana. Kalau sekedar kunjungan saya tidak tahu apakah akan tertolak atau tidak. Tapi kemungkinan itu ada karena pemeriksaan sekarang serba digital.

  154. olivia berkata:

    Salam, saya ingin bertanya.
    Saya mendapat tawaran untuk kerja di singapura.
    Saat mengurus pasport, saya menjelaskan tujuan pergi adalah untuk liburan bersama keluarga.
    Lalu karna di formulir tertulis saya tidak kuliah dan tidak bekerja, maka petugas imigrasi meminta fotokopi pasport orangtua. Padahal pasport orangtua sudah tidak aktif lagi.
    Apakah bisa pasport yang sudah tidak aktif lagi diserahkan kepada petugas imigrasi?
    Lalu andaikan pasport telah jadi, bagaimana dengan visa? Apakah yang harus saya lakukan setelah bebas visa selama 30hari kunjungan? Apakah bisa mengurus visa disana atau saya harus pulang ke indonesia? Ada teman menyarankan naik kapal ke batam untuk menginap 1-2malam lalu kembali lagi ke singapura. Apakah hal seperti itu legal dan tidak dipermasalahkan?
    Mohon bantuannya, terimakasih sebelumnya.

    • Humari berkata:

      Kalau paspor yang tidak aktif ya tidak bisa diajukan. Kan mau liburan.

      Ke Singapura tak perlu visa dan bisa menginap hingga sebulan asal ada uang. Kalau sampai di sana diberi visa kerja baru bisa kerja seperti biasa.

  155. frey sbastian berkata:

    Maaf pak mau nanya,klu data2 dr jawa,tp bikin paspor d tangerang bisa gk pak..mksih

  156. imran berkata:

    selamat pagi pak,
    klo saya kerja di luar negeri pakai paspor pelancong yg 48 hal boleh gk? soalnya saat wawancara saya bilang nya mau liburan ke singapore.
    trus klo bikin visa kerja nya pas di negara tujuan , klo kasus nya seperti itu saya kerja nya legal nggak?
    trims

    • Humari berkata:

      Boleh. Semua TKI formal (untuk kerja di perusahaan) saat ini menggunakan paspor 48 halaman. Bikin visa pas di Negara tujuan juga bisa. Legal di sana. Ilegal di sini. Kalau ada apa-apa asal jangan teriak-teriak menyalahkan pemerintah saja.🙂

  157. imran berkata:

    trima kasih atas jawaban nya..
    tapi maksud nya ilegal di disini (indonesia) itu gimana ya pak ?
    apakah hal seperti itu fatal ?
    sekali lagi terima kasih

    • Humari berkata:

      Fatal sih enggak. Cuma kalau ada apa-apa bakal lambat saja penanganan. Contoh, di Arab Saudi sebagian besar (95%) yang overstay kemarin illegal. Proses pemulangan rumit karena data mereka tak ada di BNP2TKI

      • imran berkata:

        ohh begitu ya pak, terima kasih atas pencerahannya.
        1. apa ada pidana karna pak humari bilang ilegal disini ?
        2. apa visa bisnis bisa dipakai kerja juga?
        terima kasih :))

      • Humari berkata:

        1. Tidak. Ini cuma masalah administrasi. Perdata.
        2. Bisa. Untuk batasan waktu tertentu. Tapi kalau ketahuan tanggung sendiri resikonya.

  158. imran berkata:

    jadi lebih baik pakai visa kerja saja ya pak.
    terima kasih atas semua penjelasan nya pak, semoga kebaikan nya di balas berlipat ganda oleh Allah..

  159. Ardi berkata:

    Ass.Pak,
    Begini pak,kakak saya bekerja dibidang konstruksi di Malaysia baru 11 bulan.selama itu sebenarnya dia udah nggak betah karena psikis dia baru2 ini sering terganggu.Berhubung permit pertama udah mau habis tgl,Bosny meminta dia agar mengikuti proses perpanjangan permit ke2.
    Pertanyaanya,agar dia bisa pulang dengan resmi,apa langkah yg harus dilakukan,sementara paspor yg dia minta tidak pernah dikasih sama bosnya

    • Humari berkata:

      Jangan mau diperpanjang. Harus ngotot. Cuma titik lemahnya ya itu, soal kontrak yang dua tahun yang sudah ditandatangani. Juga perlu diingat, bahwa lemah atau kuat diputuskan oleh pemeriksaan medical. Kalau medical menyatakan fit, ya gangguannya cuma gak betah saja. Untuk yang lain, hati-hati kalau mau menandatangani kontrak.

  160. heri berkata:

    saya mau tanya pak,sya dulu prgi ke malaysia sbg pelancong dan overstay dsana lalu memutuskan pulng ke indo melalui jalur tikus/blakang, apakah sya bisa membuat paspor baru utk magang jepang krn paspor sdh habis masa berlaku? trima Kasih.

  161. yusak berkata:

    Apakah seorang TKI yang paspornya masih ditahan agen bisa membuat SPLP?

  162. Hana berkata:

    assalsmuallaikum pak humari. klo misalnya mau mbetulin thn dipaspor yg masih berlaku karena dulu dituain pak pas mau ke LN. nah dulu pasporannya 2x prtma di jawa kedua di jkrta timur. itu gmna ya pak apakah masih bisa diperbaiki sesuai data yg asli bukan palsu. dan langkahnya bagaimana ya pak, mohon bimbingannya. terimakasih pak.

    • Humari berkata:

      Anda datangi lagi imigrasi tempat paspor terakhir Anda diproses. Tanya mereka apa yang harus dilakukan. Biasanya akan sampai pengadilan (karena ini berkaitan dengan data diri). Pengadilan bisa mengabulkan bisa tidak.

      • Hana berkata:

        oh begitu ya pak. klo sampe pengadilan apakah ntar jd malah berurusan dgn hukum pidana pak. tpu klo pke data palsu saya susah soalnya semua yg urus pt pak dulu. tuainnya gk main2 7thn.

      • Humari berkata:

        Gak. Pengadilan cuma perlu memastikan bahwa data yang Anda ajukan adalah asli. Dan Anda bertanggung jawab atas keasliannya.

      • Hana berkata:

        oh begitu ya pak. terimaksih pak. huh udah deg2an saya pak.

  163. Ahmad Syaiful Huda berkata:

    Salam pak saya hendak ke malaysia ayah saya kerja disana sebagai bngunan dan saya disuruh ke malaysia dengan menggunakan paspor pelancong .yang ingin saya tanyakan
    1. Pasport pelancong itu yang 24 apa yang 48
    2. Apakah pada saat wawancara dan foto ditanya secara detail masalah uang cukup dan sbgnya ketika disana (jika saya jawab ada ayah disana yang tanggung kehidupan boleh atau tidak?)
    3.jika ternyata saya betah disana dan hendak bekerja apakah harus pulang ke indo untuk mengganti dari pasport TKI ke pelancong menjadi Pasport TKI ataukah diurus disana bisa .
    4. Mengenqi data saya ada ijazah S1 dengan ijazah SMA sebaiknya saya gunakan yang mana dan apakah wajib menggunakan surat rekomendasi pada saat wawancra karena rwncana saya mau daftr secara online pak posisi saya di jepara rencamna mau ngurus ke kantor imigrsi Pati. terimaksaih atas jawaban jenengan salam

    • Humari berkata:

      1. Paspor pelancong atau paspor TKI sekarang sama saja. Sebagian besar TKI sekarang sudah menggunakan paspor 48 halaman.
      2. Kalau Anda bikin paspor dengan alasan berkunjung, mereka akan tanya detil soal kemampuan keuangan dan sebagainya. Jangan bawa nama ayah Anda, sebab pihak imigrasi pasti langsung meminta Anda untuk meminta rekomendasi dari Disnakertrans setempat. Apakah masalah? Tidak sebenarnya. Cuma tambah biaya dan waktu saja mengurus surat ini itu.
      3. Tak perlu. Tapi pastikan Anda mendapatkan visa kerja setelah sampai disana.
      4. Ya.

  164. asrori berkata:

    Klu paspor lama saya tahun lahirnya tidak sama dengan ktp saya bagaimana, bolehkah membuat paspor baru , paspor pelancong

    • Humari berkata:

      Sekarang imigrasi tidak membedakan paspor pelancong, TKI maupun haji. Jadi paspor ya sama saja. Penggunaannya tergantung visa yang diberikan Negara yang menjadi tujuan (apakah visa kerja, haji & umroh/ibadah ataupun kunjungan/turis)

  165. Arisnadina berkata:

    Kalau sya mau krja di H.K trus umur sya masih 19 tapi harus nya 21 bisa brangkat sya sudah pernah buat paspor pda umur 18 apa bisa paspornya itu di ubah / di tua.kn di tmbah umur 19 mnjadi 21

    • Humari berkata:

      Kalau paspor sudah ada data asli mengapa harus diubah. Saya posting soal mengubah data paspor di sini bukan menyarankan Anda dan pembaca semua melakukan pemalsuan, melainkan untuk membenarkan yang palsu. Jadi kalau sudah asli jangan dipalsukan.

  166. nia berkata:

    pak saya mau nanya klu paspor nya di pegang polisi bisa gak bikin paspor baru

    • Humari berkata:

      Kok polisi memegang paspor Anda, apa haknya? Ambil lagi itu paspor. PJTKI/PPTKIS sendiri memegang paspor orang itu ada Undang-Undangnya. Polisi? Itu dokumen pribadi. Selama Anda tidak berbuat kejahatan, polisi atau siapapun, tidak berhak menahan paspor Anda.

  167. vena berkata:

    pak mau tanya , sy pernah kerja di pabrik malaysia. sy pulang ke indo tanpa ijin perusahaan via pesawat dengan aman dan membawa paspor saya. pertanyaannya , apakah saya bisa bekerja/ masuk lagi ke malaysia untuk bekerja di pabrik lain atau sekedar liburan ? mohon pencerahannya🙂

  168. Erna Sidik berkata:

    Assalamualaikum pak..sya mau tanya,,kebetulan suami sya dpat panggilan seleksi kerja dr Taiwan & syarat sleksinya itu hrus ada paspor,,apakah paspornya hrus lwta PJTKI tmpat suami sya dftar apa bisa buat sendiri?
    Soalnya dri PJTKI menyuruh pembuatan paspor sama mereka,tapi kok biayanya jomplang skali..setahu sya biayanya dibawah 500rb,,tapi ini kok sampe diatas 1,5..minta sarannya pak..??
    Apakah kalo bikin paspor sendiri untk Calon TKI itu sulit,,harus ada srat rekomendasi ini itu..?
    Trimakasih pak sebelumnya..
    Wassalamualaikum wr wb.

    • Humari berkata:

      Paspor lebih baik buat sendiri. CUma 360 ribu. Cuma kalau Anda ditanya oleh imigrasi bahwa paspor itu buat kerja, mereka akan minta Anda untuk datang ke PJTKI/PPTKIS. Dan itu terpaksa diurus mulai dari disnakertrans daerah dan si PJTKI/PPTKIS juga harus bikin cabang di provinsi dimana mereka merekrut dan oleh sebagian pemerintah provinsi itu diduitin dengan memaksa PJTKI/PPTKIS deposit uang sebesar 100 juta. Kalau tidak ya terpaksa PJTKI/PPTKIS urusnya lewat calo di imigrasi daerah juga. Itu sebabnya pembuatan paspor lewat PJTKI/PPTKIS selalu mahal.

  169. indra bonita berkata:

    maaf mau tanya..dlu saya prnh krj di taiwan informal trs kbur.skrang di indonesia sdh 5tahunan.apakah saya bisa blik ke taiwan lgi tpi yg formal? trimksh..

  170. Mardianti yuli berkata:

    PJTKI yang terhormat.saya akan berangkat ke maldives pada bulan agustus sebagai seorang babysitter.saya lewat jalur mandiri/tanpa bntuan PJTKI.dan saya sudah punya passpor 48 hlman.saya mengikuti semacam wawancara online.dan saya menemukan majikan yang alhamdullh ternyata dia orang indonesia jg tetapi suaminya asli maldives. Calon majikan saya bkrja di perhotelan di maldives.saya dan calon majikan saya berkomunikasi langsung lewat media itu dan percakapan kami di awasi langsung oleh pihak pusat.calon majikan saya meminta fotocopy passport,police report,medical check up.agar dia bisa membuatkan visa kerja dan surat kontrak.
    Yang ingin saya tanyakan apakah saya bisa pergi kesana dengan paspor 48 halaman sebagai tki informal lewat jalur mandiri.
    Saya sgt berterima kasih untuk jawaban dan penjelasan anda.Terima kasih

    • Humari berkata:

      Karena profesi Anda dan visa yang Anda dapat nanti adalah visa perorangan, alias bekerja di rumah tangga, Anda akan mendapat hambatan di bandara. Kecuali calon majikan Anda memberikan visa kunjungan dan setelah di Maldives ditukar dengan visa kerja.

  171. Desy berkata:

    PJTKI yg terhormat..
    saya ingin menanyakan apakah yg sudah pulang melalui SPLP bisa masuk ke malaysia lagi..

  172. Eta berkata:

    Pak’sy mau tanya kwn saya pernah bekerja 9 Thn d malaysia’ skrng sudah pulang ke indonesia baru 1 bulan tp pasporx msh aktif sampai thn 2019’dan skrng kawan saya mau ketemu kknya d malaysia’pak kwn saya bingung pakai paspor yang lama atau buat lagi paspor yg baru.trm ksh

    • Humari berkata:

      Pakai paspor yang lama tak masalah. Asal jangan pernah bermasalah dan bawa tiket bolak balik serta bisa menunjukkan punya cukup uang selama di Malaysia, biasanya diloloskan imigrasi sana kok.

  173. nathan olon berkata:

    selamat sore saya mau bertanya saya punya teman yang mau ke singapore dan ingin buat paspor TKI, dan dalam kasus ini dia di rekomendasi untuk membuat paspor TKI karena ada lowongon disana. kira kira kalau dia urus paspor TKI tanpa PJTKI apa bisa?
    Thanks

    • Humari berkata:

      Paspor itu sama saja. Yang menentukan adalah visa. Bikin paspor tentu saja bisa tanpa melalui PJTKI/PPTKIS. Kami sendiri sebenarnya malas mengurus paspor calon TKI. Cuma karena sebagian besar pelamar orang desa dan tak tahu jalan, ya kita bantu.

  174. sevilla berkata:

    Pak saya mau bercerita dan bertanya. Ibu saya sudah hampir 4 tahun kerja di malaysia. Trus masalah gaji tidak secara langsung dikasih setiap bulanya dan beliau sekarang ingin pulang tetepi bos nya itu menjanjikan tanggal sekian tapi sudah kehari H nya itu di undur² trus. Sampe brrkali kali begitu. Pastinya kesulitan beliau untuk pulang krna beliau ilegal.pertanya an saya. Bagai mana caranya ibu saya bisa pulang dan gajianya dikasih semua dari bos. Terima kasih. Dan tolong petunjuknya

    • Humari berkata:

      Kejadian semacam ini kerap terjadi bila pemberangkatan dilakukan secara ilegal. Satu-satunya cara ya tunggu itikad baik dari majikan. Percuma mengadu. Kalau kabur ke KBRI, mereka juga tak bisa berbuat apa-apa. Karena tak ada perjanjian di atas kertas. Mengadu ke polisi Malaysia? Paling dipenjara dulu baru dideportasi. Soal gaji yang belum dibayar? Jangan terlalu berharap kecuali majikan punya niat baik? Siapa yang tahu mereka punya niat baik? Ya majikan itu sendiri.

      • Putra berkata:

        Pak, saya mau bertanya , saya telah membuat splp di malysia & saya mau mengurus calling visa , apakah bisa , nama saya yang di blacklist di malaysia itu dapat di hapus dengan membawa bos yang mau memperkejakan saya . Makasih sebelum nya , mohon di bales ya pak

      • Humari berkata:

        Coba saja. Setahu saya tidak bisa

  175. Sartika berkata:

    Kalau dia dulu pernah membuat paspor tpi di tahan oleh majikan karena dia pulang dengan cara kabur.gmn yah?

  176. mankyet berkata:

    Saya ijank,.
    Asal blitar,.saya TKI taiwan..paspor saya tinggal 6 bulan..kebetulan saya lagi cuti..paspor saya di terbitkan di jakarta selatan dan pernah di perpanjang di taiwan,.
    Yg saya tanyakan..apakah bisa saya perpanjang paspor di daerah asal saya yaitu blitar,.
    Mohon pencerahannya bang,..
    Terima kasih sebelumnya,..

  177. Masjidah berkata:

    SELAMAT pagi bapak yang terhormat…setelah bekerja 5 tahun di kilang malaysia akhinya saya pulang pada tgl 2 bulan 6 kemarin,paspor lama sudah di diperbarui oleh kilang dengan masa aktif sampai 2020,saya kerja tanpa masalah tapi paspor saya sudah di cop keluar oleh imigrasi malaysia,sekarang saya ingin masuk lagi ke malaysia untuk jalan2 atau bekerja boleh gak pak….bagaimana caranya…..dan apa yang harus saya siapkan….apakah ada masalah di imigrasi di ke2 negara….apa yang harus saya jawab kalau pihak imigrasi mempersulit saya…..sebenarnya saya punya rasa agak takut pak…takut ada masalah…..minta pencerahannya ya pak……terimakasih sebelumnya…..o ya saya ada di lombok pak tapi dulu saya berangkat lewat pt kurnia bina rizki di jakarta timur….maaf ya pak tadi surel saya angkanya terbalik jadi saya kirim ulang lagi….

    • Humari berkata:

      Kalau sudah dicap exit dan kalau mau kembali lagi ke Malaysia untuk jalan-jalan, kadang dipersulit oleh imigrasi kita dan Malaysia. Ya perlu keberanian spekulasi untuk mencoba. Toh karena Anda keluar masuk Malaysia melalu jalur resmi, ya tak usah takut mencoba. Paling apes ditolak masuk dan itupun tak bakal dioper ke penjara deportasi terlebih dahulu seperti WNI yang masuk secara ilegal

      • Selina isabella berkata:

        Salam kenal pak humari
        Saya ingin bertanya apakah laksana paspor termasuk biometrik
        Dulu saya kerja di Taiwan memakai paspor kerja untuk ke hongkong
        Dan waktu saya ke hongkong belum biometrik.lalu saya perpanjang di hongkong..
        Dan setelah itu saya kerja ke Taiwan
        Menggunakan paspor tersebut. Sampai di Taiwan saya berstatus ilegal
        Dan pulang ke indonesia dengan
        Memakai laksana paspor
        Apakah .laksana paspor itu biometrik
        Dan datanya tidak akan hilang meski laksana paspor tersebut sudah kadaluarsa..

        Apakah saya bisa membuat paspor baru dengan data baru
        Karna data diri saya yg di laksana paspor tersebut tidak sama umur dan nama nya
        Karna saat saya pertama ke hongkong umur saya 16 jdi data dirubah oleh pihak pt..

        Terimakasih sebelumnya

      • Humari berkata:

        Bisa diubah sesuai dengan data asli yang Anda mau. Tapi tak bisa lagi masuk Hongkong dan Taiwan

  178. arif berkata:

    pak humari selamat siang..saya tki taiwan,rencana saya mau cuti bulan 8, selama 2 minggu..tp paspor saya habis akhir bulan 9.bulan 5 kemarin saya mengajukan prpanjangan paspor ke KDEI taipei,tp malah d-suruh perpanjang paspor d-indonesia,,pihak KDEI bilang kalau prpanjang d-taiwan lama bisa 3 bulan lebih.yg jadi prtanyaan saya apakah saya nanti bisa kembali masuk taiwan dengan paspor baru dan apakah saya harus urus visa lagi.

  179. arip berkata:

    selamat sore pak humari..saya kerja di taiwan.paspor saya habis bulan 9,mau cuti bulan 8 kemarin blan 5 mengajukan paspor ke KDEI malah di suruh perpanjang di indonesia…
    1: apa saya bisa kembali masuk taiwan dengan visa di paspor lama
    2: trus nanti buat paspor yg 24 atau 48 halaman…yg skrang 48 halaman
    3: apa nanti perlu rekomendasi dr depnaker waktu perpanjang paspor

    • Humari berkata:

      1. Tidak bisa.
      2. 48 halaman. Otomatis kok.
      3. Tidak perlu. Kan ada kategornya rehiring (perpanjangan kontrak). Bukan CTKI.

  180. wiwik berkata:

    Passpor asli saya sudah jadi tapi no passpor tidak sama dengan yang passpor lama..apakah temen2 yg passpor.a dtuakan stlah jd passpor yang asli no passpor.a berubah?

    • Humari berkata:

      Nomor paspor ya pasti berubah setiap kali paspor diperbaharui

      • Vina berkata:

        Slmat siang Pak Humari, sy pernah kerja di malaysia. passport di buat th 2004 dg tahun lahir di mudakan, jd tidak sama dg yg asli,Pulang Indo 2010. Terus pd Th 2012 sy buat lagi pasport baru dg data yg benar dan asli,dan alhamdulillah pasport barupun bisa di terbitkan,sy sudah menggunakan passport baru tsb ke beberapa negara di asia , semua ok, Cuma sy tidak berani masuk ke negara -negara yg dulu pernah masuk atau transit dg paspport lama sy., Yg jd permasalahan sy skrg ini adalah,, Sy mau perpanjang paspport baru tsb krn akan expired january 2017,
        1 apakah data passport lama yg akan muncul kalo sy mau perpanjang passport baru sy tsb,
        2. Apakah sy bisa dg aman masuk menggunakan passport baru ke negara-negara yg dulu pernah sy masuk atau trnsit dg menggunakan passport lama sy, Terima Kasih Banyak Pak Humari Atas Pencerahannya, Slam Hormat Vina Yogyakarta

      • Humari berkata:

        1. Tidak
        2. Jangan.

  181. venus berkata:

    assalamu’alaikum Bp Humari saya mau tanya, saya dulu kerja di Hongkong dan saya mau balik kerja kesana lagi tapi saya tidak lagi melalui PJTKI, saya langsung lewat agency saya yg di Hk dulu (calling visa).
    Apa itu bisa ya pak? dan kemaren saya mau perpanjang paspor (bukan imigrasi khusus tki) mereka bilang saya tidak bisa perpanjang disitu, karna pembuatan passport khusus tki ada sendiri katanya. itu giman ya pak? apa saya harus perpanjang di imigrasi yg khusus tki? dan klo boleh tau alamatnya dimana ya? sekarang saya di jakarta utara. terimakasih …

  182. hadi mahwira berkata:

    Selamat malam pak,
    Saya belum pernah jadi tki dan berniat untuk bekerja tki , tujuan saya korea atau jepang, pertanyaan saya:
    1. Apakah saya harus membuat paspor terlebih dahulu ? Berapa biayanya untuk saat ini ?
    2. Saya banyak membaca di website bnp2tki.go.id , saya jadi pesimis karena harus ikut tes dan itupun belum menjamin dapat diterima bekerja di negara tujuan ? Mohon penjelasan bapak ?
    3. Apakah ada penyalur yang terpercaya sehingga saya bisa dapat kontrak kerja di luar negeri ?
    Jalur mana yang paling mudah cepat dan aman yang dapat saya tempuh ?
    Terima kasih sebelumnya mohon penjelasananya karena saya tidak tahu sama sekali bagaimana prosesnya.

    • Humari berkata:

      1. Ya. Baiknya begitu
      2. Tak ada jaminan meski sudah lolos tes tulis (EPS Topik).
      3. Lumayan banyak. Cuma untuk mendapatkan gaji yang layak, harus disesuaikan dengan skill yang Anda punya. Karena itu tentukan dulu Anda mau kerja sebagai apa dan berapa gaji yang Anda harapkan

  183. Erny amatus wara berkata:

    Saya pernah ke Singapore dengan nama lain (jd tkw) dr thn 2011/2013, thn 2011 ganti passport di Singapore pakai finger print. Sekarang saya mau bikin passport baru lagi dgn menggunakan nama asli saya sendiri, apakah saya akan dapat masalah di imigrasi Singapore karna nama saya beda tapi finger print nya sama. Untuk info saya murni dulu adalah tkw, bisa pake nama lain karna pjtki saya dulu membuatnya sepert itu, dan saya hanya ikut saja, dulu masih gk ngerti apa2. Terimakasih

  184. sanen mustakim berkata:

    saya mau bikin paspor resmi dan kalo boleh saya minta nomor hpnya karna saya sangat memperlukannya mohon konsultasinya pa

  185. Mila berkata:

    SalamAlaikum pak, thn 1999 sy pernah membuat paspor sesuai data asli utk Sektor formal TKI Malaysia-kontrak 2thn. Thn 2003 saya masuk sektor formal lagi ke Malaysia dan PJTKI lain dan dibuatkan paspor oleh PJTKI tapi data identitas nama/thn lahir palsu, kontrak 2thn. Thn 2006 saya masuk lagi Malaysia sektor formal juga/manufacturing, PJTKI lain dan dibuatkan paspor baru lagi dengan identitas nama asli-thn kelahiran palsu. Dua bulan bekerja di perusahaan terakhir ternyata isi perjanjian kontrak kerja tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan, jadi singkatnya saya melarikan diri plg ke NKRI dg jln blkg-tanpa identitas krn paspor di tahan perusahaan sampai kontrak habis. Masalahnya, InshaAllah bulan ini September 2016 saya mau membuat paspor- tapi bukan untuk menjadi TKI, untuk tujuan holiday dan kedepannya untuk mengurus VISA Spouse karena calon suami Japan nationality. Dengan riwayat pembuatan paspor yg jungkir balik tsb, apakah untuk tahun 2016 ini saya mengajukan model Perpanjangan paspor/paspor hilang?atau saya harus bikin paspor baru? Mohon informasinya pak…dan terima kasih.

  186. agung sutapa berkata:

    Apa hukuman bagi tki yg memalsukan surat ijin keluarga?

  187. Yulhaidir berkata:

    Sallamualaikum… Pak saya mau kerja ktaiwan daftar lewat Pjtki, tetapi paspor saya 6bulan lagi expire. Info dari pt harus di perpanjang tapi info dari pt katanya sekarang untuk perpanjangan paspor tpi g bisa? Mohon pencerahan nya pak, dimana saya harus perpanjangan paspor?

    • Humari berkata:

      Bisa diperpanjang sendiri. Lebih murah. Bawa paspor lama, KTP, KK, akte lahir ke imigrasi terdekat. Biayanya sekitar 360 ribuan

  188. Meyya berkata:

    Salam pak. Saya lahir di Indonesia, KTP indonesia, tapi dari kecil udah tinggal dan sekolah hingga habis kuliah di Malaysia. Kalau saya mau kerja di Malaysia, saya mohon jadi TKI pakek ijazah sekolah di Malaysia, apakah boleh?

  189. Ika berkata:

    Kapan dipermudah lagi pembuatan paspor untuk tki informal…apakah akan dipersulit terus…kenapa bisa demikian

    • Humari berkata:

      Karena untuk TKI informal sedang banyak penutupan. Apalagi bila tekad pemerintah tahun depan tak ada lagi penempatan TKI informal ke luar negeri.

    • arezha berkata:

      halo mba ika.. saya jg sedang Di pt menunggu giliran bikin paspor.. sampai sekarang belum ada kejelasan.. Kira2 gimana ya?

  190. umi berkata:

    Pak mohon dijelaskan,yg pertama,saya mau berangkat ke hongkong dengan cara calling visa lagsung dengan agency di hk (tidak melalui pjtki)apakah itu bisa disebut dengan tki mandiri?? Yg kedua paspor saya 6bulan lagi habis masa berlakunya,dan saya ingin memperpanjang sendiri di kantor imigrasi,yg sya ingin pertanyakan apabila nantti wawancara di kantor imigrasi mksud dan tujuan keluar negri adalah untuk jadi tkw trus ditanya pjtki nya mana lalu saya harus jwb apa pak??

    • Humari berkata:

      Sebenarnya khusus penempatan TKI informal/rumah tangga tak bisa memakai sistem TKI mandiri. Kalau ditanya oleh imigrasi dan Anda sebelumnya sudah pernah bikin paspor, pihak imigrasi akan tahu maksud tujuan Anda membuat paspor. Sulit bohongnya. Meski bisa saja kalau ngotot bahwa Anda tidak niat kerja, melainkan jalan-jalan misalnya. Tetap saja pihak imigrasi akan tanya penghasilan dan pekerjaan Anda misalnya.

  191. arezha berkata:

    hallo pak humari … saya mau bertanya.. saya sudah lama masuk PT dan sampai sekarang belum paspor an jg katanya SPR dr pemerintah sedang ditutup Dan bermasalah.masalahnya klo SPR ga ada jadi saya ga punya ID dr PT.. sedangkan syarat bikin paspor TKI adalah harus ada ID dr PTPJTKI.. saya ex hk 4 tahun dl. Dan kata PT saya sudah dapet majikan tp kan pertanyaan saya sampai kapan ya SPR dr pemerintah normal kembali agar saya cepet bikin paspor dan terbang ke hongkong ? Oia PT sya adalah arni family cabang wonosobo

  192. arezha berkata:

    tadi saya nlp ke depnaker.. pak humari… Dan mereka menjawab memang seluruh Indonesia semua TKI ga bisa bikin paspor sampai surat putus Dr kemnaker Dan presiden turun.. ga tau kapan turunnya tp.apa betul pak?

  193. agung sutapa berkata:

    Salam pak humari
    Saya mau tanya apa bisa saya memblokir paspor dari istri saya karena saya ingin dia selesai menjadi tkw sedangkan istri saya ingin tetap bekerja jadi tkw

  194. agung sutapa berkata:

    Maaf pak ini memang masalah pribadi saya. Sebelumnya sudah saya tanyakan kepada bapak humari, mengenai istri saya akhir desember ini kontraknya sudah berakhir dan saya sudah mengirim email ke HRDnya tapi sama sekali tidak ada jawaban yg saya saya terima mengenai masalah perpanjangan kontrak tersebut dan saya sudah membujuk istri saya agar jangan memperpanjang kontra lagi tapi istri saya tidak ada jawaban tentang masalah ini, dan dia ingin terus kerja disana sedangkan anak anak kami jadi terlantar di rumah tidak ada yang mengurusnya sedangkan saya harus bekerja juga dari pagi sampai sore jadi tidak sempat juga mengurus mereka. Yg jadi pertanyaan saya apa harus saya mengirim email ke Kantor KBRI di sana agar bisa membantu saya memulangkan istri saya dan apa bisa saya mengadu ke kantor PJTKI di daerah saya agar menerbitkan surat pemulangan istri saya sebagai dasar memperkuat pengaduan saya ke HRD tempat istri saya kerja
    Setiap saya bertanya ke HRDnya tentang kapan istri saya pulang tdk pernah ditanggapi
    Terima kasih atas bantuanya

    • hanie berkata:

      Malam pak .. sy kehilangan passpor .. dibuat tahun 2012 dan berakhir april tahun 2017. Kebetulan sy wktu itu masih single dan skrg sudah menikah. Pindah daerah . Sy tanyakan apa sy hrus ke tmpt buat paspor dlu agar lebih cepat brpa lama ? . atau daerah sy skrg .. kedua wktu sy buat paspor pengganti kehilangan itu diminta data lagi kah ke rt rw? Rencana sy mau urus ke daerah sy dlu . ke tiga apakah saat sy jalan2 dlu dgn ganti paspor ada rekapnya lg apa kosong di paspor nya . Trima kasih .

      • Humari berkata:

        Mengurusnya mulai dari awal lagi. Anda juga harus minta surat kehilangan dari polisi. Bisa urus dimana saja. Tapi baiknya di alamat sesuai KTP Anda. Takkan ada rekap dari stamp/chop kunjungan ke luar negeri sebelumnya

  195. Wulan berkata:

    Pak saya mau tnya, saya pengen kerja d taiwan tp saya ga mau lewat penyalur, soalna d taiwan ada kenalan yg bsa bntu cari kerja, tp sya bingung gmna caranya saya bisa jd tki legal, apa sya bisa urus paspor tki sendri ?

  196. ulfa.k berkata:

    Selamat siang..

    Boleh tau dimana kantor untuk memperbaiki paspor palsu?

  197. lia berkata:

    assalamualaikum pak. ayah saya bekerja di malaysia selama 3 tahun ini. sebenarnya kontrak kerja di bangunan 2 tahun namun tdk nyaman dan pindah di rumah makan. otomatis visa kerja ayah saya sudah tidak berlaku. beberapa bulan lalu ayah saya mengurus SLPL namum blm bisa pulang krn suatu hal. jika ayah saya akan pulang apa saja dokumen yg dibutuhkan ayah saya? dan bagaimana cara mengurusnya? terimakasih sebelumnya. wassalamualaikum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s