Mendaftar jadi TKI Informal (pembantu rumah tangga) tanpa sponsor

Betulkah PJTKI/PPTKIS tidak menerima TKI informal (pembantu rumah tangga) yang mendaftar langsung tanpa sponsor?

Seperti yang pernah saya ungkap tentang kecenderungan PJTKI/PPTKIS yang tidak menerima TKI tanpa sponsor, sebenarnya itu tak terlalu dianut secara ketat alias bisa saja Anda langsung datang ke PJTKI/PPTKIS dan mendaftarkan diri. Apa keuntungan mendaftar langsung tanpa melalui sponsor? Ada beberapa hal sebenarnya. Tapi yang paling mencolok ya besaran uang fee. Anda bisa menerima bahkan minimal dua kali lipat yang diberikan sponsor!

Lalu apa syarat untuk mendaftar langsung?

1. Siapkan dokumen asli: KTP, KK, Akte Kelahiran/Ijazah juga surat izin disertai tanda tangan dari orang tua serta lurah di atas materai 6000 rupiah

2. Baiknya ketika mendaftar juga diantar oleh keluarga Anda.

Bagaimana kalau dokumen yang Anda miliki tak lengkap? Bakal ada dua kemungkinan PJTKI/PPTKIS akan menolak atau tidak akan memberikan fee hingga dokumen tersebut lengkap.

Perlu diketahui, KTP, KK, Akte Kelahiran/Ijazah, surat izin orang tua adalah dokumen pribadi. Dan itu hanya bisa diurus oleh calon TKI sendiri. Tak boleh dilimpahkan ke PJTKI/PPTKIS.

Peran terbesar dari sponsor sebenarnya selain merekrut juga memastikan TKI punya dokumen yang disyaratkan. Kalau tak lengkap, sponsor yang membantu untuk mengurus.

Tapi kalau Anda sudah punya dokumen lengkap dan tahu alamat PJTKI/PPTKIS mengapa tidak datang dan mendaftar langsung?

Bagi yang belum pernah bekerja di luar negeri, pikirkan masak-masak pertimbangan sebelum melangkah keluar rumah dan melamar untuk menjadi TKI informal. Uang fee tetaplah hanya uang. Sebesar apapun itu. Siapkan diri dan mental untuk menghadapi hal-hal berbeda. Sebab tak semua perbedaan membawa kebahagian dan sebaliknya.

Kalau niat sudah bulat dan dokumen sudah lengkap, jangan tanggung-tanggung. Sekalian daftar tanpa sponsor dan dapatkan fee tanpa harus langsung dari PJTKI/PPTKIS tanpa melalui sponsor.

Jika ada tawaran peluang bekerja ke luar negeri di sektor formal (perusahaan) tanpa biaya/biaya ringan lebih baik sambar. Lupakan fee besar tapi harus bekerja di rumah orang yang berbeda.

Bagaimana?

Info lowongan kerja ke luar negeri silakan klik tklnformal.wordpress.com

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

36 Balasan ke Mendaftar jadi TKI Informal (pembantu rumah tangga) tanpa sponsor

  1. artikel bermanfaat sekali pak,
    pingin banget jadi tki di Arab saudi, tp masih bingung cari PJTKI/PPTKIS yang dekat daerah sukoharjo
    minta info seputar alamat PJTKI/PPTKIS disekitar solo pak
    makasih sebelumnya

    • Humari berkata:

      Di sekitar Solo dan Jateng rata2 hanya merekrut untuk ke negara2 Asia Pasific: Singapura, Taiwan, Hongkong. Ke negara2 Arab hampir seluruhnya di Jakarta.

  2. fachruroji berkata:

    Saya dari Bogor alhamdulillah dkat dngan Jakarta, dan ingin kerja di luar negri tanpa harus jadi Asisten Rumah Tangga, mudah2 di perusahaan atau tempat layak yg bisa sekalian kuliah. Amien ya Allah.

    • Humari berkata:

      Yang perlu Anda lakukan adalah tanya diri sendiri dulu posisi yang tepat buat Anda. Setelah tahu baru tentukan negara mana yang mau Anda pilih. Baru lontarkan pertanyaan ke blog ini. Bagaimana?

  3. Sasha berkata:

    Dear Bapak Humari,

    Selamat Siang,

    Salam kenal nama saya Sasha, kami berniat untuk mengirimkan para TKI (housemaid) kepada pihak kami yang berada di Malaysia. Namun kami masih terbentur masalah karena belum mendapatkan izin sebagai PJTKI seperti pihak Bapak.

    Seandainya jika kami menyalurkan para TKI tersebut melalu pihak Bapak kepada pihak kami di Malaysia, persyaratan apa saja yang Bpk perlukan dan bagaimana mengenai prosedurnya? serta sejauh mana kami ikut serta dalam penyaluran tersebut? Dan kamu masuk ke dalam golongan sponsor atau bagaimana? Mohon pencerahannya. Terima kasih

    Best Regards,
    Sasha

  4. rahmah berkata:

    selamat siang, saya ingin minta petunjuk/saran begini;
    istri saya sampai hari ini(13/06/3013) sudah terdaftar sebagai tkw tujuan Qatar. Setelah 21 hari di penampungan ada kabar bahwa tujuan Qatar di tutup dengan alasan ada pembenahan di KBRI nya, dan di suruh memilih/ mengganti negara tujuan seperti Oman atau Abudhabi. Saya dan istri tetap memilih Qatar dan pihak PJTKI bilang akan lama terbangnya, tapi kami siap menerima itu berapa bulanpun. Tetapi hari ini(13/06/2013) istri saya harus membuat pernyataan yang isi “apabila dalam 2 bulan,Qatar tidak di buka, maka istri saya harus memilih Oman atau abudhabi.”
    Bagi saya ini pemaksaan karna istri saya mendaftar bukan ke Oman atau Abudhabi. Tolong kasih saran/bantuan bagaimana kami harus bersikap dengan ada kekuatan hukum. Sampai detik ini istri dan saya belum mentandatangani pernyataan itu. Tolong beri kabar secepatnya karena batas waktunya besok hari kamis tanggal 13/06/2013 terima kasih

    • Humari berkata:

      KBRI Qatar memang melakukan pengurangan penempatan TKI informal. Jadi apa yang dikatakan pihak PJTKI adalah benar. Penempatan akan sangat lama. Sebab dalam satu agen paling hanya 10 calon TKI informal saja yang bakal dikeluarkan kontrak kerjanya dalam satu bulan.

      Masalah menunggu lama, bukan masalah Anda dan istri Anda saja. Tapi juga masalah besar buat PJTKI. Berlama-lama menunggu itu merugikan kedua belah pihak ya istri Anda ya PJTKI.

      Ini sebagai gambaran dari kerugian yang bakal ditanggung PJTKI: medical check up bisa kadaluwarsa, lalu PJTKI yang akan tanggung buat cek ulang, belum lagi bila istri Anda menunggu di penampungan: makan, listrik dsb ditanggung PJTKI. Ok lah bila PJTKI tersebut mengizinkan istri Anda untuk menunggu di rumah dan resikonya lain lagi; berubah niat misalnya atau ternyata hamil. Kalau sudah begitu semua biaya proses hangus.

      Itu kerugian dari pihak PJTKI. Dari pihak istri Anda, paling lama nunggu saja dan uang jajan habis. Uang jajan itupun dari fee yang diberikan PJTKI lewat sponsor.

      Soal ini bisa dikompromikan sebenarnya, karena situasi UEA dan Oman sebelas dua belas dengan Qatar: cuaca, makanan maupun karakter orangnya. Lha wong tetanggaan satu daratan, sama2 sedang booming ekonominya. Jadi mengapa harus ngotot ke Qatar kalau ternyata hanya merugikan kedua belah pihak?

      Soal kekuatan hukum, tenang saja. PJTKI itu tak sekuat yang Anda kira. Makanya setiap kali ada yang TKW yang mundur, kabur tak hadir saat terbang, PJTKI paling hanya bisa nego dengan sponsor. Tak pernah sampai ke desa kirim debt collector. PJTKI tak punya LSM buat bela diri. Kalau ada masalah paling sebar duit, ajak damai. Sebab kalau semua harus diselesaikan secara hukum percuma, menang jadi arang kalah jadi abu. Bisnis hancur lebur.

      Saran saya: kompromikan saja. Kalau istri Anda tak mau karena saking cintanya pada Qatar, mundur saja. Hitung2nya nanti sama sponsor.

  5. Anonymous berkata:

    Assalamualaikum Wr. Wb. Salam Sukses Selalu untuk Saudara Humari yang rela meluangkan waktunya menjawab semua pertanyaan di Blog ini.

    Saya ingin tanya tentang status keberadaan PJTKI dibawah ini. Legal atau tidak ?. Mungkin saudara Humari tau?. Atau jgn2 malah penipuan ?. Soalnya terlihat agak janggal dan mencurigakan.

    PT.PJP – Sosromarutto Group
    PJPI PJTKI Resmi Depnaker SK No. KEP.723/MEN/2006
    Jl. Lurah Namat/ masjid attaqwa Bumur I No. 78 Rt 1
    Rw 1
    Jatirangga Bekasi Selatan 17433 Jawa Barat Indonesia.
    HP : 0812 877 50512 PIN BB : 2A48590D
    Atau hubungi agen kami di kota-kota anda :
    Yogyakarta : Ibu Sri ( 085697596992 )
    Riau : Glen ( 081294077520 )
    Bogor : Abdurahman ( 081312432966 )
    Lampung : Herman ( 081279144557 )
    Sorong : Sujono ( 081354185110 )
    Jayapura : Tofin Balalembang ( 081248085464 )

    websitenya sosromarutto.webs.com , agak janggal sih krn hostinganya gratisan.

    • Humari berkata:

      Soal hosting gratisan kadang tak bisa jadi ukuran. Tapi yang jelas izin dari PJTKI di atas sudah tak berlaku. Untuk sekarang semua izin keluaran 2012 bukan 2006.

  6. Sugiono berkata:

    Trimksh.. Atas dimuat nya blog.. Mengenai penjelasan.. Dn aturan sarat.. Menjadi TKI informal..
    Sy berminat sekali kerja jadi TKI informal..
    Kusus nya menjadi Driver pribadi
    sy ingin menanyakan.. Katanaya kalo orang yfg bertato.. Dilarang kerja di luarnegri..!!! ?????
    Mohon penjelsan nya..
    Teerimksh atas perhatian nya.
    Mohon info nya sms ke nomer HP sy :***********


    ******No hp saya sensor. Ini blog terbuka mengenai kerja keluar negeri. Bisa disalahgunakan siapa saja yang tidak bertanggung jawab.

    • Humari berkata:

      Untuk yang bertato tergantung perusahaan di luar sana. Kami PJTKI/PPTKIS akan melaporkan apa adanya kondisi fisik dan hasil cek medis. Kalau perusahaan ok, proses bisa lanjut.

  7. syalu berkata:

    Saya ingin sekali kerja formal di taiwan,semua dokumen sudah lengkap termasuk paspor dan izin dari suami saya. Tapi saya gak tau pjtki mana yang harus saya datangi karena saya tidak tau pjtki legal yang bisa membantu saya untuk kerja formal ke taiwan. Tolong info pjtki nya ya pak dan terima kasih banyak.

  8. ratna sari berkata:

    Punya niat untk jd tki formal taiwan
    .tp umurnya bru 20thn..dan blum prnah kluar.ngri kira” bisa gak ya pak??

  9. polsek trangkil berkata:

    maaf saya mau tanya…..apakah boleh bertatto jd TKI ??tlg pencerahanya…mksh

    • Humari berkata:

      Tergantung negara majikan. Ada yang mau terima ada yang tidak. Kalau tato kecil biasanya masih bisa ditolerir. Cuma kalau sudah setengah badan, bahkan perusahaan Amerika sekalipun menolak.

  10. Tugio berkata:

    Assalamualaikum.

    Saya pekerja formil di U.A.E urgently membutuhkan pembantu dari sesama warga Indonesia.
    Mengingat pengambilan pembantu melalui agency biaya nya sangat mahal dan kita tidak kenal siapa yang akan kita ambil, kami berinisiatif untuk mengurus sendiri tanpa lewat agency. Kebetulan istri teman saya berminat untuk bekerja dengan kami. Dan juga Keimigrasian U.A.E sendiripun mempunyai option untuk bisa merekrut pekerja sendiri tanpa melalui agency sesama negara dengan catatan tidak ada hubungan saudara.

    Kami sudah paham dengan jelas procedure pengurusan dokumen untuk di keimigrasian U.A.E sendiri hingga turunya visa dan kontrak kerja. Tapi kami tidak tahu kepastian procedure untuk di Indonesia-nya.

    Mohon bimbingannya step by step apa yang harus dilakukan di Indonesia, untuk menghindari penipuan dan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Target kami akhir January ini sudah bisa berangkat. Saat ini kami baru saja menyelesaikan pembuatan paspor dan sedang mengurus Entry Visa.

    Terimakasih banyak sebelum dan sesudahnya
    Wassalam,

  11. Sandi Suwandi berkata:

    Asalammualaikum pak, saya ada offer dr salah satu perusahaaan oil and gas di Saudi, saya akan berangkat sebagai tenaga kerja profesional ke Saudi. Hari ini saya terima hasih MCU Gamca, agen di Jakarta telp karena tato diperut saya masuk kategori unfit. Apa karena Tato ini saya bisa tidak jadi berangkat?

    • Humari berkata:

      Minta pihak agen mengirim keterangan soal tato Anda ke pihak perusahaan di Arab Saudi. Kalau perusahaan tidak keberatan, bisa kok. Pihak Kemenkenkes negara Arab Teluk pada dasarnya hanya mewaspadai penyakit menular di darah dan paru.

  12. mani berkata:

    Asslamu alaikum bapak saya ingin mndaftar jdi TKI DI TAIWAN nmun adha bekas operasiannya apakah boleh ?

    • Humari berkata:

      Operasi apa dulu? Kalau operasi besar di bagian perut misalnya, minimal setelah 2 tahun baru diloloskan oleh pihak klinik

  13. ufhiex berkata:

    saya ingin jadi tki tapi saya ada d kalimantan apa bapa bsa bantu saya

  14. boedi noviardiningrum berkata:

    pak, pjtki wilayah surabaya yang resmi utk line brunei alamatnya mana yah,saya mau colling visa dan disana kerja PRT,tolong diberitahu,pak saya tanya apa pemerintah indonesia melarang TKI yg kerja PRT di brunei kah?terima kasih

    • Humari berkata:

      Silakan hubungi UPT-P3TKI Surabaya, Jl Jagir Wonokromo No: 358 Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Telp: 031-8415858/8480628, Fax: 031-8411445

  15. Supriyo berkata:

    Istri saya pergi ke malaesia tanpa ijin dari saya kok bisa berjangkat.lewat pt balantah di madiun kok bisa berankat

  16. Epay berkata:

    Tadi Mr. Bilng saya susah nyari ganti philipin jg blom bisa dtng. saya akn ambil suami km..saya kasih uang..saya urus biar suami km dtng..
    Aku jg tadi bilng..km disini ga butuh apa2..supir dah ada bnyk penjaga rumah jg dah ada..klo suami saya kesini mau kerja apa..dia bilng bukn urusan km nanti saya yg akn cariin kerjaan bt suami km.. Sarannya dong gan… Ini baik apa ngga ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s