Mendeteksi penipuan pada lowongan ke Eropa, AS, Kanada, Australia & Selandia Baru

Saya mendapatkan email dan pertanyaan bertubi-tubi dari pembaca yang menanyakan soal apakah suatu lowongan yang sampai ke mereka mengenai penempatan ke Australia, Selandia Baru (New Zealand), Kanada, Amerika Serikat, Eropa adalah benar atau hanya penipuan.

Mendeteksinya sebenarnya tidak susah.

Yang paling ampuh adalah dengan meminta mereka (yang mengumumkan lowongan tersebut) demand letter yang telah ditandatangani dan distempel oleh KBRI/KJRI di negara penempatan.

Apa itu demand letter? Seperti terjemahannya secara tekstual, demand letter adalah surat permintaan yang dikeluarkan oleh perusahaan asing di luar negeri yang berminat merekrut pekerja kita, calon TKI untuk ditempatkan di luar negeri.

Demand letter itu harus ditandatangani oleh pihak KBRI/KJRI dimana sang TKI akan ditempatkan. Untuk mendapatkan pengesahan dari perwakilan pemerintah kita tersebut, pihak perusahaan asing harus melengkapi syarat-syarat yang ditetapkan KBRI/KJRI. Standar masing-masing KBRI/KJRI berbeda-beda. Tapi secara umum perwakilan pemerintah kita tersebut akan meminta izin/lisensi operasional perusahaan di negara penempatan tersebut.

Selain itu, pihak KBRI/KJRI juga akan meminta agen di Indonesia (dalam hal ini PJTKI/PPTKIS) untuk mengirimkan salinan (fotokopi) izin yang dikeluarkan Menakertrans dan kadang surat rekomendasi dari BNP2TKI.

Setelah itu lengkap barulah demand letter ditandatangani oleh KBRI/KJRI negara penempatan.

Selain tanda tangan KBRI/KJRI biasanya Kadin Negara Penempatan (Chamber of Commerce & Industry) juga ikut menandatangani. Kadang adapula legalisasi dari Kementerian Ketenagakerjaan negara penempatan.

Saya sendiri banyak memiliki contoh demand letter. Tapi karena itu adalah milik perusahaan saya tidak bisa menampilkannya di sini. Tapi formatnya secara umum, bentuk sederhananya seperti di bawah ini:

Company Letter Head (korps surat perusahaan)

Date :

PT. ____________(nama perusahaan)

_________________________________(alamat lengkap & no telpon)

Subject: demand letter

Please arrange to recruit Indonesian worker for our company as per terms and conditions mentioned below:

No. Category  of worker                    No required                    Salary

1. Waiter                                             20 persons                      USD 8 per hour

2. Waitress                                          20 persons                      USD 8 per hour

3. Cook                                               2                                     USD 15 per hour

4.

Contract period : one year (renewable)

Working days : 6 (six days) a week

Working hour per day :

Accommodation : provided by company

Meal :

Local transportation : provided by company

Air ticket to join the job : provided by company

Annual leave :

Medical benefits : provided by company

Over time :

Air ticket to return after finishing contract : provided

Qualifications:

1. Having exp. in same position at least 3 years.

2. Fluent in English

3.

Managing Director

_____________ Sign & Stamped

Indonesia Embassy/Consulate

Signed & stamped

Chamber of Commerce

Bila suatu agen PJTKI/PPTKIS memperlihatkan demand letter itu, untuk menambah keyakinan, mintalah salinan/fotokopinya. Biasanya PJTKI/PPTKIS akan memberikannya kepada calon TKI setelah menghapus nama perusahaan asing yang mengeluarkan demand letter tersebut. Tapi tak masalah. Anda bisa mendatangi BNP2TKI untuk memastikan apakah demand letter itu asli atau palsu.

Atau bisa saja Anda menghubungi KBRI/KJRI yang menandatangani demand letter tersebut.

Untuk informasi sebagian lowongan TKI formal/informal lewat PJTKI/PPTKIS resmi silakan klik kalimat ini.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

355 Balasan ke Mendeteksi penipuan pada lowongan ke Eropa, AS, Kanada, Australia & Selandia Baru

  1. andri lesmana berkata:

    terkadang sulit juga pak..klo lewat jalur pemerintahan memang seperti itu,tetapi klo lewat jalur swasta atau independent biasanya tidak ada surat demand seperti itu.surat demand seperti itu hanya akan datang ke recruitment agent di australia dimana perusahaan2 tersebut memakai jasanya.

    • Humari berkata:

      Khusus untuk kami, PJTKI, demand letter yang ditandatangani KBRI/KJRI adalah wajib. Tanpa itu urusan tak bisa kemana-mana. Bahkan bila kami melakukan perekrutan tanpa demand letter yang sudah disahkan oleh KBRI/KJRI, kami bisa kena perkara.

  2. sandy berkata:

    mau bertanya pak….saya keja di hotel dan mau kerja di eropa agen mana yang harus saya datangi….terimah kasih banyak

    • Humari berkata:

      Eropa menutup pintu untuk pekerja hospitality dari Asia. Yang masih buka adalah buat cruise ship (kapal pesiar). Di darat? Kabar terakhir saya dengar mereka tutup total. Ini berkaitan dengan krisis yg sampai sekarang masih berlangsung

      • vpkadmincontent berkata:

        Kalau melalui jalur TKI, memang susah pak, tapi perusahaan kami baru saja merekrut seorang Manajer di bagian Sales yang punya pengalaman jadi Vice Manager di sebuah hotel berbintang 3 di Boston dan Supervisor di Hotel di Jepang. Anak muda kelahiran Surabaya ini baru berusia 24 tahun, dan lulusan Advanced Diploma (setara D4) di Swiss.

  3. andri lesmana berkata:

    mau tanya sedikit pak ya,klo pake jalur independent aturanya seperti apa pak ya? contohnya ya lewat recruitment agent australia langsung.

    • Humari berkata:

      Bisa saja. Anda tinggal buatkan offering letter dari perusahaan Australia. Kirim yang original ke kandidat. Nanti kalau visa sudah turun, kandidat cukup datang ke BP3TKI untuk pendataan yang sebagai tanda pengesahannya keluar KTKLN.

  4. callista_biel berkata:

    pak humari tolong bntu sy dengan informasi nya pak,teman sy mengundang sy tuk kerja d uk,sy warga indonesia tpi sekarang kerja d hongkong,trus sy d suruh kirim copy paspor sy ma copy id card sy k uk,dan dia bilang akan mengirim surat k pd sya pak,dia bilang klo surat nya sdh smpe suruh bw surat itu k kedutaan ,sy blom pernh pak mengurus visa sendiri seumur umur pak,apakah bisa sprti sy ini dri hk bisa lnsung k uk pak,,trimakasih pak atas informasi nya,,d tunggu blsan nya,yg mengundang sy itu sahabat sya pak asal italy dia bekerja d uk udah 4 thn,,

    • Humari berkata:

      Kalau undangan dari perorangan paling kedutaan Inggris di HK hanya beri visa turis. Undangan itu sebenarnya jaminan pada pemerintah UK bahwa di UK sana ada yang bertanggung jawab terhadap Anda bila ada apa-apa.

      Bila yang ditawarkan adalah pekerjaan di perusahaan, yang undang pastilah perusahaan. Bukan hanya undangan yang bakal mereka kirim namun sekalian offering letter yang berisi detil: nama Anda, alamat, gaji yang ditawarkan, fasilitas, dsb.

      Karena kalau Anda dapat undangan dari perorangan saya tak yakin yang bakal diberi adalah visa kerja.

      Kalau Anda dapat undangan semacam itu, datangi saja kedubes UK di HK untuk konfirmasi.

  5. Adam Hermawan berkata:

    mau tanya pak, kalau untuk kerja di perusahaan australia secara independen total biaya pengurusan semua beserta visa kerjanya berapa pak ya dan memakan wkt brp lama? terima kasih.

    • Humari berkata:

      Anda tinggal hitung:

      1. Biaya mendapatkan visa kerja (tiap negara bervariasi untuk Austrlisa silakan cek di situs imigrasi mereka)
      2. Medical check up (tiap negara bervariasi harga dan standar pemeriksaan)
      3. Tiket pesawat
      4. Kalau Anda mau data Anda didata di BNP2TKI paling bayar tambahan sekitar 400 ribu untuk asuransi.

      Saya sendiri tak bisa pastikan karena memang tak pernah kirim TKI ke sana.

  6. nando berkata:

    saya ingin bertanya ttg program caregiver ke canada. Saya mendapat tawaran dr wayan management, dan diharuskan utk membayar 1000 dolar. Kemudian katanya sblm berangkat kami akan diberikan pinjaman dr koperasi utk biaya belajar disana. Yang saya ingin tanyakan apakah benar spt itu..? Selain demand letter, apalagi yg kta bisa tanyakan..?

  7. nando berkata:

    Bagaimana cara mengetahui keaslian demand letter tersebut..?
    Apa yang dimaksud dengan Labour Market Opinion (LMO ) dan Employment Contract (EC)..?

  8. sigit rahmat supangkat berkata:

    Untuk keamanan dan lebih meyakinkan kami selaku pencari kerja, mungkin ada baiknya instansi terkait memberikan nama2 dan kontak person PJTKI/PPTKIS yang terpercaya dan di rekomendasikan. Selain itu, hal tsb juga akan menjadi pemacu kinerja PJTKI/PPTKIS untuk dpt memberikan pelayanan yg jujur, profesional dan terpercaya sehingga diharapkan tidak muncul lagi PJTKI/PPTKIS nakal yang merugikan semua pihak
    .
    Terimakasih,
    Pencari kerja

    • Humari berkata:

      Saya sebenarnya dalam posisi menunggu pengumuman dari pemerintah soal daftar nama PPTKIS yang sudah mendapatkan izin tahun 2012 lalu. Tapi masih belum ada revisi.

      Mengenai kontak person, maaf itu diluar jangkauan saya. Ada 500an PPTKIS di luar sana, meski menurut pengamatan saya lebih dari 1/3 sudah tak aktif. Yang saya kenal secara pribadi mungkin tak sampai setengahnya. Saya paling hanya bisa mencarikan info dan mengungkap seluk beluk perekrutan secara garis besar dan prosedural.

  9. Aan berkata:

    Gan mo nanya dong? G skrg kerja di myanmar trus kalo g nga daftar dipjtki apa orang pjtki berhak melarang g u pergi kerja sehabis cuti soalnya marin g diperas ma org pjtki di bandara polonia abis deh uang g 200rb.

    • Humari berkata:

      Anda gak bisa membedakan PJTKI dan BNP2TKI (dan lembaga di bawahnya BP3TKI dan P4TKI). Kalau yang nongkrong di bandara dan memeriksa KTKLN ya pasti petugas pemerintah alias Imigrasi, atau staf dari Kemenaketrans ataupun BNP2TKI.

      PJTKI itu swasta, siapa yang beri wewenang buat meras orang di bandara. Dan kalau melihat dari sekilas komentar yang Anda tulis, dalam istilah kami Anda itu TKI Mandiri. Jadi tak perlu lewat PJTKI. Syarat dan ciri TKI mandiri silakan klik https://pjtkidantki.wordpress.com/2012/05/01/tentang-tki-mandiri-dan-persyaratannya/

      • yudik berkata:

        mau nanya dong?? 4 bulan yang lalu saya melamar di satu perusahaan di bali ( PT Surya Dananjaya ) untuk bekerja di eropa di industri manufactur… dan sampai sekarang visanya belum turun… bagaimana itu sebenarnya pak??

      • Humari berkata:

        Untuk bidang manufaktur, pertanian, hospitality, negara-negara Eropa hanya menerima pekerja dari wilayah Eropa saja. Setahu saya PT. Surya Dananjaya tidak punya izin sebagai PJTKI/PPTKIS. Mereka adalah perekrut dan menempatkan TKI yang di laut saja. Bukan di darat seperti PJTKI/PPTKIS

  10. yudik berkata:

    terimakasih informasinya pak……
    tapi jika saya ingin bekerja keluar negri hanya bermodal niat yang keras apa bisa?? saya cuma lulusan sma

    • Humari berkata:

      Untung-untungan. Dan yang paling memungkinkan ya Arab Saudi. Itupun kalau lolos interview dan employer terkesan dengan skill pelamar. Pekerjaan di luar negeri, yang paling dibutuhkan adalah skill. Ijazah no 2. Hanya pekerjaan tertentu yang betul-betul diperhatikan ijazahnya seperti di bidang kesehatan dan engineering

  11. yudik berkata:

    terimakasih pak……. dimana saya bisa mendaptkan informasi kerja di arab saudi pak???

  12. bers4m4mu berkata:

    ingin kerja yang ..hasilnya layak ….buat …hidup d kampung..tapi …modal …cuma sepekulasi ….hutang..tolong kalo ada pt yang bisa..bantu d kasih info

  13. yudi berkata:

    pak, sudah ratusan tki yg mendaftar termasuk istri sya melalui PT SURYA DANANJAYA BALI tujuan kerja EROPA austria, tapi sudah 11 bulan menunggu tdk kunjung visa turun, padahal dia pegang DEMAND LETTER dn d tandatanggi KBRI austria, mohon infonya pak, suwun

    • Humari berkata:

      Sebenarnya agak aneh kalau KBRI Austria mengesahkan demand letter untuk PT. Surya Dananjaya. Sebab setahu saya mereka tak punya izin sebagai PJTKI/PPTKIS. Coba tanya izin mereka yang ditandatangani oleh Kemenakertrans. Jika dapat Anda scan dan kirim ke humarihidayat@yahoo.co.id.

      Selain itu saya tak yakin Austria yang masuk wilayah Eropa Barat akan mengeluarkan visa kerja untuk warga Asia. Indonesia apalagi. Lha wong krisis di Eropa itu bukan isapan jempol. Kalaupun mereka perlu pekerja, mereka akan ambil dari Eropa Timur. Bukan jauh-jauh dari Indonesia.

      TKI ke Eropa memang ada tapi mereka bekerja sebagai nelayan (Spanyol) atau kru di kapal pesiar. Bukan di darat.

  14. Reyko Adrian berkata:

    Pak Humari Yang TerhorMat,PT SURYA DANANJAYA BALI APA BENAR BEKERJASAMA DENGAN GLOBAL EMPLOYMENT,AUSTRIA??

  15. Reyko Adrian berkata:

    PT SURYA DANANJAYA BALI APA BENAR BEKERJASAMA DENGAN GLOBAL EMPLOYMENT,AUSTRIA??

    • vpkadmincontent berkata:

      MAS REYKO, APA BISA CAPS LOCK (HURUF BESAR) NYA DIMATIKAN? Di Dunia maya, komen dengan menggunakan huruf kapital atau CAPS LOCK ON itu dianggap BERTERIAK, dan anda baru saja MENERIAKI Pak Humari.
      Apapun posisi dari Pak Humari saat ini, dalam dunia Blogging, seseorang tidak berhak untuk memberikan penghakiman (judgement/verdict) karena melanggar kode etik dan melanggar aturan dalam UU ITE (Cyeber Law Indonesia).
      Saya menyarankan dengan tegas agar anda tidak menyudutkan Pak Humari dalam posisi untuk menjawab Ya atau TIDAK, karena akan membawa kondisi yang berhubungan dengan tindak pidana. Secara explisit, beliau sudah memberikan cara penilaian dengan laman ini. Analoginya begini: anda beli SENSITIF di apotik, dan ditunjukkan penggunaannya (1 strip atau 2 strip). Meski begitu, Bila ada kesalahan dalam uji strip, ITU BUKAN KESALAHAN APOTIK, yang hanya memberikan jalan dan menunjukkan penggunaan. ITU TANGGUNGJAWAB PENGGUNA.
      Cara anda mengulangi pertanyaan dan penggunaan huruf kapital justru menjurus pada Cyber Bullying. Saya tidak tahu, bisa saja anda sebenarnya orang Dananjaya atau apa lah namanya. Siapa tahu?

      • Humari berkata:

        Terima kasih atas bantuannya menjawab, Mas :).

        Ya, apa yang saya berikan tak mungkin 100% seperti yang pembaca ingin dengar dan saya juga tak bisa menjudge suatu pihak penipu atau tidak. Jadi saya hanya bisa beri pandangan berdasarkan sudut pandang praktisi, PJTKI/PPTKIS. Kadar ketepatan info dengan fakta di lapangan silakan pembaca menilai sendiri.

        Yang jelas untuk penempatan ke negara Eropa Barat, juga ke negara-negara potensial lainnya saya selalu update. Saya sampai saat ini masih kerjasama dengan perusahaan-perusahaan Eropa, Amerika, Korea, juga bersinggungan dengan perusahaan Kanada, Australia, Korea, Jepang. Dan tak satupun penempatan itu dilakukan untuk ke negara mereka. Juga, saya rutin mengunjungi situs imigrasi negara-negara tersebut. Jadi bukan sekedar asal tulis.

        Seperti yang pernah saya tulis, bekerja ke luar negeri hanyalah salah satu cara mencari nafkah. Kalau tak memungkinkan secara aturan, lebih baik cari pintu rezeki yang lain daripada menyerahkan uang kepada penipu.

    • Humari berkata:

      Saya tidah tahu sampai melihat demand letter aslinya. Yang jelas saya tak yakin salah satu negara di Eropa Barat berniat merekrut dari kita. Kalau dari Eropa Timur saya pernah dihubungi. Gaji yang ditawarkan tak terlalu menarik

    • muhamad berkata:

      Mas Reyko & info bwt Pak Humari: PT. Surya Dananjaya = PT. Indonesia Formosa Abadi (PPTKIS), ownernya sm. Tmn kandidat dr Bali sdh prnh cek ke bp3tki tanya aja ma staf disana dah tau semua. Ijin darat maupun laut dah dananjaya oke. Aku msh daftar disana boss emang msh proses semuanya..,… aku dh liat langsung demand letternya, bener udah dicap sm kbri sana, kbthan tenaga kerja sampe 2500an, bener2 ada…! Pak Jumhur dah meeting langsung ama ownernya Global Austria brgan ama Dananjaya jadi semua legal.aku juga daftar juni kmren di smrg aku pernah daftar juga dulu malah proses setahun lbh, tapi tetep berangkat river cruise Rusia………
      Proses VISA tu apalagi eropa ya bth acc dr pemerintahan sana, BUKAN dananjaya yg proses.dananjaya cuma rekrut aj mas,selebihnya global & pemerintahan eropa yg bertindak.
      Info buat pak humari: ada teman kandidat sdh sempat cek pak ke bp3tki bali ktemu dengan staf penempatan dll, formosa dananjaya prosesnya betul kok, cm nunggu proses user aja di eropa sana.

      • Humari berkata:

        Insya Allah sabar. Yang namanya berhubungan sama manusia dan juga karena industri ini adalah memperdagangkan sumber daya manusia, komplen, keluhan sudah bercampur dengan udara yang saya hirup.

        Harusnya PT. Surya Dananjaya mengumumkan sejak awal bahwa untuk proses mereka berada di bawah bendera PT. Indonesia Formosa Abadi yang memang PPTKIS. Kerjasama semacam ini biasa kok. BUMN sekelas Waskita misalnya juga bekerja sama dengan PPTKIS untuk penempatan di Arab Saudi. Sekali lagi kerjasama semacam adalah biasa.

        Saran saya pihak Surya Dananjaya mengumumkan secara terbuka. Jadi semuanya jelas.

      • muhamad berkata:

        Pak Humari tlg jwb pertayaan sy lg y biar lbih sreggg,apakh wajar proses VISA kerja eropa smp setahunan lebih? dulu sy proses visa working permit krj RC rusia emg 1thn lbh,apakah proses paketan pgrsn 655 org ini berimbas ke lamanya pmrosesan visa? brp lm mximalnya,,,apa bs smpi 2 tahunan gt pak? harap jwbnnya pk….. biar plongg

      • Humari berkata:

        Saya tak tahu pasti karena belum pernah menempatkan ke sana. Dan saya tak yakin untuk penempatan di Eropa Barat ada. Memang saya pernah mendapat penawaran dari Jerman. Tapi itu buat perawat jompo dan syaratnya cukup berat. Namanya juga orang medis. Untuk yang lain, seperti misalnya di perkebunan, saya tak yakin.

        Kalau buat pelaut biasalah.

      • muhamad berkata:

        iya pak,sy dftrnya emg bwt kapal pesiar, BST sm seaman book sy sudah clear semua. emg pelaut si masuknya pk, bgmn? di smrg opennya cuma sektor laut sj memang. sy lht sndiri pk dgn mata kpala sy sndiri, demand letter sdh disahkan sm kbri sana sm ada beberapa cap2 lain dgn bahasa jerman /asing,kira2 gmn pak? tp yg bikin sy sreg dftr formosa dananjaya ini tu dr bp3tki setempat mengiyakan legalitas mereka & owner global sm formsa dnananjya sdh prnh brtemu lgsg dgn pk jumhur. klo menurut bpk gmn pak? byk tmn2 yg mempertanyakan ini, sy hanya menyampaikan supaya lbh sregg sj…. mhn dijwb krn bpk lebih byk pngalamn dlm perekrutan pak..

      • Humari berkata:

        Kalau cuma pelaut ya sudah. Tak masalah. Kalau penawarannya di darat baru kita perlu curiga. Karena Eropa Barat saat ini sangat membatasi pekerja migran di luar Uni Eropa. Asia apalagi.

        Apalagi kalau sudah ada acc dari BP3TKI, ya sudah. Bila prosesnya lambat, PJTKI lain juga mengalami.

      • muhamad berkata:

        alhamdulilah pak, trimakasih jwbnnya..jadi lbh tenang saya dengernya. mohon doanya,mdh2an sj proses kami lncr y Pak…keep spiritt…!!

      • Bond berkata:

        mas Muhamad dulu anda ke RC Rusia lewat agen mana? apakah yang di Klaten itu?

  16. vpkadmincontent berkata:

    Perusahaan saya memiliki kontrak dengan sekitar 600 sekolah dari 12 negara di dunia. Apakah ada orang luar yang tahu kemana saja? Tidak ada, bahkan orang dalam pun hanya 3-4 orang yang tahu. Pertanyaan Mas Reyko ini bersifat menjebak Pak Humari.
    Orang luar perusahaan yang bisa menjawab pertanyaan itu adalah penegak hukum, itupun bila mendapatkan surat perintah pemeriksaan pengadilan.
    Dan Pak Humari bukan POLISI.

  17. Reyko Adrian berkata:

    maaf saudara2 semua…

  18. Reyko Adrian berkata:

    maaf mata saya plus 6,saya ngetik g pake kacamata,harap maklum bpk n ibu

    • Humari berkata:

      Tak masalah. Kritik, pertanyaan dan sebagainya sudah membantu saya menulis posting di sini. Tetap kritis 🙂

    • vpkadmincontent berkata:

      jawaban anda tidak masuk akal. Huruf Kapital tidak sama dengan huruf besar. kalaupun mau membesarkan ukuran font, tidak harus dengan huruf kapital.

    • vpkadmincontent berkata:

      Lagipula, anda BISA MEMBACA meski kacamata Plus 6, tapi tidak bisa mengetik dengan huruf di keyboard yang jauh lebih besar daripada di monitor.

      Satu lagi. Entah kelucuan apa yang anda pikirkan, Anda berasal dari generasi di bawah 1985, karena Reyko dan Adrian adalah sama-sama tokoh dalam Yu-Gi-Oh. Kedua nama tersebut hanya muncul dalam satu urusan yaitu “Yu-Gi-Oh”, baik dalam game maupun film animasi.

  19. Reyko Adrian berkata:

    pt indonesia formosa abadi apakah agen resmi di darat????

  20. Innocent berkata:

    Apakah pernah ada kejadian agen legal melakukan penipuan??

    • Humari berkata:

      Ada. Hanya mereka yang legal lebih gampang ditelusuri. Apalagi mereka punya deposit di Kemenakertrans. Dan yang punya PJTKI/PPTKIS legal biasanya orang-orang lama yang pola dan gerakannya sudah terbaca karena pergaulannnya itu-itu saja.

  21. pak agen kapal pesiar kenapa ad yg memberangkatkan kru menunggu mpe setahun,mnurut bpk alasanya apa?

    • Humari berkata:

      Sebenarnya saya tak berwenang menjawab pertanyaan di atas, karena saya adalah PJTKI yang tidak menempatkan TKI di laut/pelaut maupun pekerja di kapal pesiar. Untuk pekerjaan di darat, proses penempatan sekitar 1-6 bulan. Lebih dari itu tandanya ada masalah.

      Masalahnya antara lain:
      1. Menunggu selesainya kontrak pekerja yang akan digantikan.
      2. Untuk negara tertentu meskipun di laut ada visa yang harus diurus oleh pihak perusahaan (Contohnya pelaut yang mendapatkan tugas di dekat wilayah AS dan harus mampir di sana). Perlu Anda ketahui untuk negara-negara tertentu, WNI masuk prioritas belakangan.
      3. Bisa jadi Anda hanya dijadikan cadangan, karena sebenarnya posisi yang Anda incar sudah diisi orang lain.
      4. Ada perubahan aturan di negara penempatan.

      • vpkadmincontent berkata:

        Pak Humari, ternyata ada salah seorang ‘penonton’ disini yang menyangka anda dan saya itu sama. hebatnya lagi, bisa mencari nomer PIN BB saya, dan menghubungi saya.
        (tepok jidat 15 kali)

        namanya DEDI dengan Pin74b6b****

        sebagian pertanyaannya menurut saya agak kurang etis, dan kalau saya senaif pikirannya dia, akan menjamin saya kena pasal pidana penipuan, pemberangkatan TKI Illegal, dan berbagai pasal hukum internasional lainnya.
        Sayang saya tidak senaif itu.

        BUAT PARA PENONTON LAINNYA:
        1. Baca itu dari atas, bukan dari bawah,
        2. Jangan ambil kesimpulan sendiri apalagi kalau punya kecenderungan mempermalukan diri sendiri
        3. Never underestimate other people, never overestimate yourself.
        4. Sudah jelas terjadi percakapan anatara saya dan Pak Humari di berbagai bagian diatas, jadi jelas, saya dan Pak Humari, BEDA. Kalau memang Pak Humari dan saya sama, berarti Pak Humari itu GILA karena suka bicara ama diri sendiri, sebaiknya anda menghindari blog orang GILA. Kalau anda sampai berkesimpulan demikian, kemungkinan besar andalah yang GILA.

        Saya memang ngomong drastis dan bikin kuping orang merah. Terutama bikin pegawai di kantor saya merah (karena saya orang HRD). Kalau tidak mau muka mu (atau kupingmu) merah karena pedasnya kata2 saya, baca petunjuk dari Pak Humari baik2, jangan suka aneh2 sendiri.

        Semoga Tuhan mengampuni kita semua.

        ****PIN BB disensor

      • Humari berkata:

        Mas tenang saja. Saya bikin blog ini juga karena banyak hal-hal pedas yang dilontarkan ke PJTKI/PPTKIS. Jadi bila ada yang mau kirim komentar pedas silakan. Batasan saya adalah jangan mengulang-ulang melontarkan kritik yang sama dan jangan memaki-maki.

        Selebihnya saya serap dan kupas satu-satu secara hukum maupun logika.

  22. vpkadmincontent berkata:

    Pak mengapa gaji river cruise dengan gaji se cruise,besar river cruise??

    • Humari berkata:

      Maaf, saya sendiri tak tahu alasan tepatnya. Tapi soal besaran gaji biasanya tergantung:
      1. Standar suatu negara atau perusahaan.
      2. Jenjang pendidikan.
      3. Pengalaman.
      4. Standar hidup di negara asal.
      5. Tingkat kesulitan dan resiko

  23. vpkadmincontent berkata:

    Pak mengapa ada agen kapal pesiar,visa blum kluar tp minta uang dulu utk pengurusan visa ..mnurut bpk wajar g?

    • Humari berkata:

      Banyak agen atau PJTKI minta uang dimuka karena khawatir setelah mereka urus semua yang menghabiskan waktu dan memakan biaya, pihak pelamar mundur. Mundurnya tanpa beban karena tak mengeluarkan biaya sebelumnya. Kalau sudah begini pihak agen atau PJTKI kena getahnya; komplen dari partner di luar sampai diputus ordernya. Atau ketika semua sudah siap, pihak pekerja malah datang dan mengaku tak punya uang sama sekali sementara semua dokumen yang diperlukan sudah selesai.

      Saran saya lebih baik pihak pekerja nego dengan agen atau PJTKI dan meminta keringanan agar tidak membayar penuh di muka. Tunjukkan buku tabungan bahwa pekerja punya cukup uang untuk berangkat.

  24. Kodomo n si komo berkata:

    Bpk vpkadmincontent ciri2 agen ilegal itu apa bapak,mohon share?

    • vpkadmincontent berkata:

      1. Saya bukan PJTKI
      2. di bagian lain dari blog Pak Humari (bukan di halaman ini) saya sudah bilang bahwa saya berasal dari perusahaan internasional yang bergerak di agensi PENDIDIKAN, bukan TKI.
      4.Saya sudah bilang diatas, bahwa kami baru saja mempekerjakan seorang anak muda indonesia lulusan Swiss, JADI ARTINYA kami bukan cuma kami tidak mengirim TKI, tidak mau mengirim TKI, tidak punya kuasa untuk mengirim TKI, akmi malah BUTUH Pegawai.
      5. kalau anda membaca juga, saya bilang dengan nada EMOSI, bahwa saya ini HRD, bukan sales atau apalah.
      6. Kalau yang anda pertanyakan (dan saya 95% sangsi) adalah AGEN PENDIDIKAN KE LUAR NEGERI, saya akan jawab melalui japri.

      Kalau anda tanya (dalam rangka mengira2 bahwa bisa cari jalan ke luar negeri lewat kami agen pendidikan; seperti beli kucing dalm karung), saya persilakan anda cek beberpa website Agensi Pendidikan yang ada di Indonesia:
      http://www.suneducationgroup.com/about
      http://www.alfalink.net/
      http://www.vistaeducation.com/

  25. Big Bosss berkata:

    Pak apa benar,waiter di sea cruise sebulan bsa dpt 50 jt?

    • Humari berkata:

      Saya baru dengar dari Anda :).

    • vpkadmincontent berkata:

      kalau bisa, saya pindah cari kerja jadi manajer di kapal pesiar aja deh, mumpung saya punya D3 Perhotelan, IELTS 8.5, pengalaman jadi manajer lebih dari 5 tahun, dst..

      50 juta sebulan itu etara dengan $4180 sebulan atau $50,160 per tahun. Penghasilan keluarga (dengan hitungan suami isteri kerja dan sekolah gratis) KELAS MENENGAH di Amerika Serikat adalah $$50,502 per tahun dengan 12 negara bagian memiliki penghasilah keluarga kelas menengah (dan juga median penghasilan keluarga) berada di bawah dari itu.

      Artinya, siapapun yang meyakini atau menulis atau menyatakan gaji waiter sea cruise yang merupakan pekerjaan dengan penghasilan dibawah rata-rata, meyakini atau menulis atau menyatakan bahwa sebaiknya kita semua pidah jadi staff nya sea cruise.

      Saya tahu dan menulis begini bukan karena saya PJTKI atau apa. Ini pengetahuan umum, bisa dicari di Wikipedia, di yahoo.com, google, OECD, situs PBB, BPS, dll. Kalau ada yang komen atau tanya soal pjtki ke saya gara2 saya kelihatan serba tahu, sialakan berpikir ulang, apakah pertanyaan anda tidak akan menunjukkan betapa MALASnya diri anda mencari di google.

      masa seharian cuma baca blog orang? belajar apa kek?

  26. Cah Ndeso berkata:

    Apakah ada pak, agen kapal pesiar memberangkatkan dengan sistem potong gaji?

    • Humari berkata:

      Agen yang menempatkan pelaut silakan berbagi info

      • I made wayan berkata:

        Pak pt surya dananjaya bali menempatkan tki ke laut dgn sistem potong gaji,apakah ini sistem baru??

      • Humari berkata:

        Saya gak berani jami deh, Bli. Bukan apa-apa, setahu saya perusahaan tersebut tidak punya izin sebagai PPTKIS. Jadi sistem kerjanya saya juga tak terlalu paham.

        Yang jelas kalau memang potong gaji dilihat komposisinya. Apakah biaya penempatan secara total (mulai dari proses dokumen di Indonesia) hingga tiket pesawat ke lokasi kerja ditanggung lalu pembayarannya dicicil. Atau ada sebagian yang dibayar di muka selebihnya dicicil. Jadi penting untuk Anda minta keterangan soal itu dari mereka.

    • soedana berkata:

      Sepanjang yang saya tahu, dulu PT Sumber Bakat Insani ada sistem potong gaji buat kerja di kapal-kapal pesiar HAL (Holland American Lines).Tapi itupun dengan segepok persyaratan skill yang harus dimiliki oleh aplikan/kandidat.
      Kalo sekarang saya ga tau masih ada sistem potong gaji atau tidak.
      Googling website-nya aja..

      • Humari berkata:

        Terima kasih infonya, Pak.

        Kalau ada sisi lain yang bisa dishare silakan tulis, Pak. Nanti saya posting di sini. Atau kalau sudah punya blog bisa saya share.

  27. Kutu Air berkata:

    Bpk humari PT Beverly Agency itu resmi apa gak y?

  28. Thomas Johanson berkata:

    Mr Humari,is there Agen River Cruise use system salary cut?give me explanation,please

  29. Cah culun berkata:

    Yg pnya blogger mna sih,g responsif sama sekali,kecewa bgtsssssssss

    • Humari berkata:

      Saya tiap hari ngecek kok dan jawab pertanyaan. Tapi karena waktu terbatas saya, mulai minggu lalu saya membalas pertanyaan setelah jam kerja.

  30. Shinchan berkata:

    Py to ki ono pertanyaan g dijawab malah dihapus…

  31. Petani berkata:

    Apakah yg dimaksud approval visa bpk humari?

  32. sigit rahmat supangkat berkata:

    awalnya threat ini sangat sehat dan dpt memberikan banyak informasi untuk dpt dijadikan tambahan pengetahuan dan bekal pembacanya. tp sepertinya suasana berbeda yg saya dapati belakangan ini. harapan saya tmn2 yg lain tidak merasakan yg demikian. #salaman

    • Humari berkata:

      Tenang saja, Mas. Bagi saya selama masih memberikan info, sepedas apapun, bisa ditoleransi. Kecuali kalau sudah bawa-bawa ke ranah pribadi, sara atau cuma sekedar memaki-maki. Yang memaki saja saya loloskan, tapi cuma sekali saja. Jika makiannya sama ya saya hapus. Sebab bahkan memakipun orang harus kreatif biar pembaca tidak bosan 🙂

  33. vicky prasetyo berkata:

    Pak beverly agency bos nya denger2 ditangkap polisi krn tidak bsa memberangkatkan TKI,apa benar??setau saya dulu bekerjasama ma surya dnnjay tp skarang udah g,krn beverly kasus..

  34. Pengembala berkata:

    Kalo ada orang tanya mbok dijawab,jgn cma diam,kalo g mw balas bilang aj

  35. Assalamualaikum wr wb..blog ini sgt membantu untuk pahlawan devisa negara..

  36. Sang kodok berkata:

    Pak mengapa ada agen resmi kalo ditanya soal pemberangkatan selalu waktuna mundur2 trus,alasanya nunggu pihak eropa datang,bagaimana pendapat bpk?

    • Humari berkata:

      Agen resmi yang mana? Namanya agennya apa?

      Sekali lagi, bila penempatannya di Eropa Barat, di wilayah daratan saya sama sekali tak yakin ada order semacam itu.

      Kalau di laut, misalnya untuk kapal pesiar, banyak.

      • Paijo berkata:

        Pak pt srya dnjaya menunggu pihak eropa utk datang ke indo,pdhal approval visa udah jd 3 bln yg lalu…mpe skrang g datang,apakah ini penipuan pihak eropa pak?soalnya utk ke kedubes jkrta hrs ma user dr eropa utk pengecapan visa

      • Humari berkata:

        Untuk negara mana, Mas? Visa stamping biasanya tak perlu user. Yang penting persyaratan dari negara penempatan lengkap. Dan persyaratan itu beda-beda tiap negara.

  37. Sukimin berkata:

    Pak apa mungkin agen TKI resmi dlm 1 bln bisa memberangkatkan 700 orang ke eropa barat??

    • Made pasek berkata:

      Pak pt dnjaya bali mw berangkatin tki laut skitar 700 orang dlm waktu kurang lbh 1 bln,tp bertahap..mnurut bpk gmna,pa mungkin?

      • Alex martin berkata:

        Where is that have blogger?

      • Humari berkata:

        Anda pakai bahasa apa? 🙂

      • vpkadmincontent berkata:

        “Where is that have blogger” is not a proper English sentence. The grammatical choice should be either: “Who has the blog?”, or “Where is that blogger?”, or “Who is it that has the blog?”. This proves that Alex Martin here, is not an English native speaker as well. He might be, but I doubt that he passed Primary Education.
        “Where is that have blogger” bukan kalimat dalam bahasa Inggris. Pilihan gramatikal yang ada adalah: “Who has the blog?”, atau “Where is that blogger?”, atau “Who is it that has the blog?”. hal ini membuktikan bahwa si Alex Martin ini, ibukan seorang English native speaker. Mungkin saja ia (native speaker), tapi saya ragu dia lulus SD.
        With the grammatical nuisance is taken, I would like to converse on the way Alex Martin address the owner of the blog, Pak Humari. He addressed Pak Humari with “mr humari.”, no Capitalization of the ‘Mr’, neither on the name “Humari”. This further shows on how uncultured (I still refrain myself from “uncivilized”) Alex Martin here as a western. Another choice, is of course, that Alex Martin is not a natural English speaker.
        Setelah urusan grammar, saya mau membahas cara Alex Martin merujuk pemilik dari blog ini, (yaitu) Pak Humari. ia merujuk Pak Humari dengan “mr humari.”, tanpa huruf kapital (bukanhuruf besar loh!) pada ‘Mr’, dan juga tidak ada huruf kapital pada nama “Humari”. Hal ini menunjukkan seberapa tidak berbudaya-nya (saya masih menahan diri dari kata “tidak beradab”) si Alex Martin ini sebagai orang barat. Pilihan lainnya, tentu saja, adalah bahwa Alex Martin ini bukan pengguna Bahasa Inggris alami. {saya bukan Native Speaker, tapi saya pengguna alami, di rumah, saya dan isteri bilingual}

      • Humari berkata:

        Kalau pelaut mungkin saja. Kalau penawarannya di Eropa Barat & di darat, saya gak yakin

    • Humari berkata:

      Satu bulan? Tergantung prosesnya sampai dimana? Apakah semua sudah mendapatkan visa, bagaimana dengan kontrak kerja apakah sudah ditandatangani pihak berwenang (mulai dari perusahaan, kadin negara penempatan hingga KBRI/KJRI)

      • Paijo berkata:

        Utk river n sea cruise penempatan di jerman n spanyol…approval visa sudah jd,katana nunggu pihak eropa global employment dan mpe 3 bln g datang2…katana yg ngurus di embassy user dr eropa..mpe skarang g jelas msh nungu2..

      • Humari berkata:

        Kalau begitu hanya pihak agen (Surya Dananjaya) yang bisa jawab itu oder benaran atau tidak. Soal user yang molor datang juga kerap terjadi pada kami.

      • Alex Martin berkata:

        Can you speak english mr humari,what is your job??are you recruitment from indo?

  38. Alex Martin berkata:

    My age twenty nine years

    • vpkadmincontent berkata:

      And I am turning forty. So what? i did not ask for your age.
      Dan usia saya memasuki 40 tahun. emmangnya kenapa? saya nggak tanya umurmu kok!

    • Paijo berkata:

      Pak user mw datang cma janji2 aj tp kenyataanya molor sampai 4 bln…apakah itu wajar,apakah ada unsur penipuan dr pihak eropa..mohon pendapat bpk?

      • Humari berkata:

        Selama pihak agensi belum kabur agak sulit menilai mereka menipu atau tidak. Soal user datang molor memang sering terjadi. Saran saya ya itu datangi lagi agensi tersebut, minta surat pernyataan di atas materai kalau perlu di depan notaris tentang tenggat waktu yang anda dan agensi sepakati.

  39. Paijo berkata:

    Katana approval visana sudah jd pak,tp yg bawa pihak eropa…tp pihak pt g bsa nunjukin approvalna…nunggu pihak eropa datang n setelah itu ke kedubes jakarta…ratusan tki lg anxyus,gelisah,galau,confused,depresi,stres…menungu n waiting…bgamana pendapat bpk?

  40. Detektif berkata:

    Pak Humari Di Fb ada yg bsa memperkerjakan ke kapal pesiar,ke kanada,australia dan beberapa negara lainya..saya pura2 tanya utk ngurus visa ke australia biayanya brp dia bilang 5 juta..tp skarang fb na tiba2 hilang,lagian saya jg g prcaya masak visa mpe 5 juta,krja kuli banguna di eropa katana sbulan hampir 40 juta..bagaimna tanggapan bpk?

  41. Louhan berkata:

    Pak pt srydj rencananya para bos na mw 2 minggu ke austria kantor global,soalnya pihak eropana g jelas,moga2 hbs tu ad brita baik..apa benar pt surya dananjaya agen bonafit pak?

    • Humari berkata:

      Mudah-mudahan.

      Soal bonafit atau tidak, bukan wewenang saya untuk memberi penilaian. Yang jelas kita fokus saja pada pembahasan perekrutan dan penempatan sesuai dengan apa yang dipromosikan dan tentu saja, taat prosedur.

  42. Pak apa benar PT Srya Dnjya didukung pemerintah?

    • Ryan berkata:

      Mari berlomba menyudutkan Pak Humari untuk berkomentar jelek atau menghakimi PT Suryandana. Pak Humari kan, pulisi?…
      (buat yang rada lola, alias lambat mikir, saya sedang menyindir, mohon tau diri, ini BLOG pribadi, bukan website pemerintah)

    • bond berkata:

      aneh… mas Yoseph Etika Putera Giri, anda kan marketing PT Surya Dananjaya atau pernah bekerja sebagai marketing PT.SD . seharusnya anda bisa menjawab sendiri, kalau perlu beri jawaban ke teman2 yang tanya tentang PT SD…..

      • Ryan berkata:

        Itu namanya ‘counter marketing’ bro. yang terkenal biasanya perusahaan seluler bikin kayak gituh. Sewa orang untuk ngaku fans atau malah ngikut2 meneriaki…

  43. Pak apa benar PT SD bekerjasama dgn perusahaan asing,bagaima pendapat bpk?

    • Humari berkata:

      Pendapat saya tak penting soal satu ini :). Kalau mau tahu ya Anda tanya langsung ke mereka dan cek legalitasnya. Itu saja.

    • Ryan berkata:

      Pertanyaan anda aneh. Induk kalimat anda menanyakan “Apa benar”, sedangkan anak kalimat anda menanyakan pendapat. Lagian apa urusannya sebuah perusahaan mau kerjasama dengan pihak lain?
      Nggak sekalian tanya Pak Humari punya anak berapa atau nama Pak RT di rumahnya Pak Humari gituh?

  44. Mr Buleleng berkata:

    Pak apa bener agen resmi yg blum prnah memberangkatkan,mw proses pemberangkatan pertama x agak susah?

  45. Farhat Abas berkata:

    Pak Humari Yth. saya mau buat Perusahaan TKI Resmi,biaya sampai berapa dan ijin nya apa saja..Terima kasih?:)

  46. fandra berkata:

    maaf sebelumnya saya sedang menunggu visa dan keberangkatan sudah 8 bulan melalui surya dananjaya semarang janjinya 3 bulan, apakah memang pengurusan visa tenaga kerja sebegitu lamanya mas, terima kasih

    • fandra berkata:

      bukti apa yg saya minta ,kalauvisa diproses mas

      • Humari berkata:

        Kalau sedang diproses, tak ada bukti selain email mereka ke klien di Eropa. Kalau sudah jadi visa approval baru ada buktinya semacam visa online atau malah email yang berisi attachment visa approval.

    • Humari berkata:

      Bisa ya bisa tidak. Approval visa sangat bergantung pada banyak hal: sosial, ekonomi, politik terutama. Jadi bisa lama bisa juga cepat.

  47. Farhat Abas berkata:

    Pak kalo saya dah pnya agen legal,bpk humari akan saya jadikan penasihat di perusahaan saya,apakah bpk keberatan:)?

  48. soedana berkata:

    Kalo Anda punya duit banyak dan pengen kerja di Eropa, mendingan migrasi aja sekalian. Urus Permanent Residence sendiri. Ntar bisa kerja secara legal selamanya di negara tujuan. Ga perlu takut kena tipu PJTKI abal-abal. Bonusnya, bisa bawa anak-istri dan keluarga sekalian ke negara tujuan! Enak kan… 🙂

    Salam kenal buat pak Humari dan semua yang ada di sini.. 🙂

  49. Mr Puki berkata:

    Pak agen resmi kalo g bsa memberangkatkan,apa termasuk kasus pidana?

    • Humari berkata:

      Tergantung apakah ada unsur penipuan. Kalau gagal tapi uang dan dokumen dikembalikan sesuai perjanjian apanya yang mau dituntut? Kecuali bila sudah gagal malah bawa lari uang orang.

  50. Arya berkata:

    Kalo uang dikembalikan 100 persen kandidat rugi dunk,rugi waktu,krjaan kluar…mungkin aj uang kandidat di deposito in hbs tu dikembalikan…

    • Humari berkata:

      Karena itulah blog ini saya buat. Biar calon TKI bisa paham prosedur. Keuntungan dan kerugian melamar kerja di luar negeri itu apa saja dan bagaimana menghindarinya.

      Kalau tak mau resiko di rumah saja dan terus simpan duit di deposito 🙂

      • vpkadmincontent berkata:

        Hasil pendidikan era Suharto masih terasa. Begitu ada segelintir orang yang memiliki pengetahuan lebih, langsung dianggap dewa penyelamat, minimal perwakilan. Khas lawakan Srimulat dimana Tarsan selalu jadi Pak RT, Polisi, Camat, Lurah, bahkan PPL. Dan tarsan selalu membawa penjelasan bak Penatar P4 dengan bahsa yang formal dan akademis.

        Inilah yang terjadi pada Pak Humari.

        Saat ini ada sebegitu banyak yang menganggap Pak Humari ini Polisi, mungkin Disnaker, bahkan perwakilan pemerintah dan yang pasti, tempat melapor. Entayh itu curcol atau curhat, sepertinya Pak Humari harus memikirkan suatu bentuk ‘Disclaimer’ yang menekankan posisi dan dengan demikian, segala bentuk pertanyaan yang melenceng, bentuk selentingan dan lain-lain yang tidak perlu, geje atau malah koplak, bisa direfer ke ‘disclaimer’ ini..

        Siapa tau…

  51. Arya berkata:

    Sepengetahuan pak humari,apakah PT SD pernah memberangkatkan???

  52. andri berkata:

    Mau bertanya pak..saya di tawari oleh lembaga ansani hakwon di yogya untk pembrangkatan kerja di kanada.dengan rincian biaya pemberangkatan 95jt,,utk 25 jt uang saku sendiri bayar di muka sisanya kerja sama bank 50jt dan koprasi 20jt..yang saya mau nanyain emank bisa di percaya ga pak..soalnya 25jt bukan uang sdikit

  53. kuro 86 berkata:

    waspada….waspada…itu mungkin pesan untuk kita semua ?

  54. Tularso berkata:

    Pak humari,untuk pabrik di italia apakah ada?:)

    • Humari berkata:

      Saya pernah ketemu dengan pekerja kulit di pabrik di Italia. Tapi mereka semua dalam rangka pelatihan. Kalau untuk bekerja secara penuh saya tak yakin

  55. betrand berkata:

    Selamat sore pak Humari, saya betrand dari medan ingin bertanya nama PJTKI resmi yang ada di kota Medan ? yang menyalurkan tenaga kerja formal keluar negeri ( diluar negara malasyia, korea,jepang. Karena yang ada pada blog bapak adalah pjtki yang berdomisili di pulau jawa. Mohon tanggapannya ?

    • Humari berkata:

      Setahu saya di Medan hanya ada PJTKI yang menempatkan ke Malaysia. Belum pernah dengar buat negara lain. Yang ada di blog saya boleh dikatakan adalah hanya memuat daftar PJTKI yang selama ini memang pemilik atau manajernya saya kenal pribadi. Sebagian teman ngopi malah.

      Cuma beberapa yang tidak saya kenal sama sekali namun mereka kerap mengirim update terbaru kepada saya.

  56. joko berkata:

    Dear Mas Humari
    Saya dapat info untuk bekerja di kapal pesiar dari diklat prince of the sea di jojga, mereka melakukan diklat dulu, setelah itu mereka bisa jamin dapat bekerja di kapal pesiar setelah diklat 6 bulan atau 1 bulan bagi yang sudah aktif berbahasa inggris. untuk uang yang harus disiapkan adalah sekitar 20 juta rupiah di luar pengurusan dokumen2 yang diperlukan. DI http://yogyakartacity.olx.co.id/pt-arni-family-iid-236220691 saya dapat info kalo diklat ini merupakan cabang dari PT Arni Family, salah satu agen penyalur PJTKI resmi di jogja.
    Menurut Mas Humari, apakah untuk diklat prince of the sea ini resmi..?? apakah benar merupakan cabang dari PT Arni family yang menurut info di merupakan agen PTJKI resmi di Jogja..??

    BR
    Joko

    • Humari berkata:

      Arni Family legal. Cuma saya tak tahu apakah order itu ada atau tidak. Minta lihat demand letternya. Yang pasti tak ada satupun diklat yang bisa memberi jaminan 100% seorang calon pekerja akan lolos interview. Kecuali bila persyaratan mendapatkan kerja hanya mengikuti diklat dan tak ada interview serta seleksi

  57. mickey berkata:

    pak humari saya mau menanyakan saya ke belanda dgn visa kunjungan lalu saya ditawari kerja di belanda yg menguruskan visa working permit orang belanda,apakah itu legal atau ilegal?makasih

    • Humari berkata:

      Kalau misalnya imigrasi Belanda bersedia mengganti visa kunjungan Anda dengan visa kerja, ya minimal Anda tak melanggar prosedur keimigrasian Belanda. Jadi Anda bekerja secara legal di sana. Hanya dari sisi aturan di Indonesia, Anda belum terdata sebagai TKI. Tapi bukan masalah besar sebenarnya, karena bila Anda pulang pendataan bisa dilakukan di bandara Soetta dengan memenuhi persyaratan tertentu.

      • mickey berkata:

        terima kasih banyak pak atas penjelasanya,tp kalo mnurut hukum di indonesia ketika saya pulang apakah saya kena kasus hukum di indonesia atau saya aman2 saja?

      • Humari berkata:

        Gak kok. Aman aja. Sebab itu semua masalah administrasi bukan kriminal. Jadi proses secara prosedur bisa kok diurus bila Anda pulang cuti dan mau berangkat lagi ke negara penempatan

      • Bond berkata:

        Pak Humari,menurut penjelasan dari pihak PT Surya Dananjaya, hal seperti itu yang akan dipakai PT SD untuk penempatan kandidat bekerja di eropa. saya hanya menginformasikan saja sebagai salah satu kandidat.

      • Humari berkata:

        Kalau saya ya sederhana saja. Kalau BP3TKI dan Disosnakertrans setempat sudah beri sinyal hijau ya sudah. Jadi selain demand letter (kalau masuh meragukan), tanya juga ke dua lembaga di atas.

      • “…menurut penjelasan dari pihak PT Surya Dananjaya, hal seperti itu yang akan dipakai PT SD untuk penempatan kandidat bekerja di eropa”
        Agar PT SD dapat melakukan penjelasan, tentunya PT SD harus MEMBACA TERLBIH DAHULU posting ini, sehingga baru bisa menanggapi dan menmberikan penjelasan demikian.

      • alinsky berkata:

        kasihan yang sudah mendaftar di pt sd banyak keluh kesahnya,mereka jg pnya kluarga menunggu keberangkatan sampai setahun lebih..smoga saja kehidupan mereka lancar tanpa harus jadi tki..

  58. Komang komang berkata:

    minta info dong pak humari:
    apakah di bali ada agen2 resmi yg dapat memberangkatkan tenaga kerja ke kanada. terimakasih pak

  59. unlucky berkata:

    salam kenal semua..saya ingin chatingan dhn kalian smua..mnta pin bb na dunk

  60. Komang komang berkata:

    terimakasih utk informasinya pak humari, tapi di link yg bapak berikan bahwa disitu ibu endang sulistyaningsih sebagai deputi kerjasama LN mengatakan bahwasanya tenaga2 kerja yg dibutuhkan oleh chargiil meat solution (cms) sebagai rekanan dari kanada akan disiapkan sebelum penandatanganan mou awal maret 2014, menginggat utk antisipasi ketika perusahaan pemotongan hewan tersebut meminta sesegera mungkin setelah mou disepakati dan di tandatangani. berarti asumsinya bahwa bnp2tki telah membuka lamaran bagi para peserta tki yg akan disiapkan. jika memang demikian bagaimana dengan kami masyarakat yg ada didaerah seperti di bali? mohon pencerahannya pak. trimakasih.

    • hopeless berkata:

      pak humari saya mau menanyakan jika suatu agen resmi ijin nya habis lalu agen tersebut memperpanjang ijin nya,apakah track record agen yg bsa memperpanjang ijin itu bagus?apa karena agen trsbt pnya bnyk uang bsa menyuap dan dpt ijin..padahal agen trsbt lum prnah memberangkatkan.mohon penjelasanya pak?terima kasih

      • Humari berkata:

        Khusus PJTKI, izin hanya dikeluarkan oleh Kemenakertrans. Kalau tak pernah memberangkatkan buat apa memperpanjang izin? Izin itu sulit dan mahal karena pakai taruh uang di rekeningnya Kemenakertrans.

        Sebagian besar agen yang tak berizin adalah agen pelaut. Dan itu juga bukan murni salah mereka. Tapi izinnya belum diatur pemerintah. Masih ada tarik menarik wewenang pihak mana yang mengeluarkan izin, Kemenakertrans ataukah Kemenhub. Payahnya agen pelaut kadang mengumumkan juga jobs di darat. Padahal khusus jobs di darat dan penempatan kerja ke luar negeri menggunakan visa kerja, agen yang beroperasi di sini harus berbadan hukum PT dan punya izin dari Kemenakertrans dan karenanya di sebut PPTKIS atau lebih terkenal sebagai PJTKI

    • Humari berkata:

      Kita tunggu saja pengumuman resmi dari BNP2TKI. Kalau lowongannya sudah siap bisa kok melamar lewat BP3TKI Denpasar.

  61. Ridon berkata:

    Pak humari saya mau tanya,apakah pernah ada kejadian suatu agen punya demand letter asli tp gagal memberangkatkan?terima kasih

    • Humari berkata:

      Kerap terjadi. Di tengah proses kadang kebijakan negara penempatan atau negara kita berubah. Atau bahkan perusahaan asing yang semula hendak mengambil TKI beralih ke lain negara karena tersedia sumber dari lain negara yang lebih kompetitif atau karena setelah seleksi data atau bahkan interview, pelamar dari Indonesia dinilai kurang kualifikasi dari apa yang mereka cari.

      Tapi bagaimanapun demand letter yang disahkan oleh KBRI negara penempatan adalah dokumen yang paling awal yang sangat penting dalam rangkaian perekrutan.

      • ridon berkata:

        kalo misalnya agen tersebut gagal memberangkatkan tki padahal punya demand letter…agen tersebut kena hukum pidana apa gak pak humari?karena agen trsebut mengingkari janji tidak sesuai perjanjian awal.

      • Humari berkata:

        Soal gagal berangkat tergantung kesalahan pihak mana. Kalau demand letter sudah ada, seleksi sudah, kontrak kerja sudah, visa sudah, tapi ternyata perusahaan di luar membatalkan perekrutan, agen di Indonesia mau dikenakan sangsi apa? Kalau semua persyaratan sudah ada, lalu agen di Indonesia lalai dalam memproses ya bisa kena juga. Jadi soal hukuman tergantung per kasus.

        Pengadilannya juga bukan pengadilan pidana melainkan pengadilan industrial. Kecuali kalau ada penggelapan uang atau harta benda baru kena pidana

    • xile28 berkata:

      Pak humari misalnya pak ya misalnya….kl kita dh dpt permit, sdh terlanjur teken kontrak sm “user” negara di tujuan llu sanksi apa (yg jlek2nya) yg bs kita dapet kalo kita tiba2 batalin kontrak sepihak dr kita? apa qt bs dipenjara? hukum? atau apa? cm pgn tau dr sisi hukum aja pk. tlg dibls ya….

      • Humari berkata:

        Tak ada hukuman pidana. Kalau Anda membatalkan kontrak tapi memang belum sampai kerja di negara penempatan, paling tak diterima lagi bila melamar di perusahaan yang sama di lain waktu.

      • xile28 berkata:

        Misal pak dr “user” sudah daftarin nama kita di perusahaan mereka, dah siap mempekerjakan qta, trz kita batalin sepihak kontraknya. Darri “User” ada kmgkinan nuntut kita krn menyalahi kontrak gk? (krn mereka siap nerima kita,tp kita malah lari) konsekuensinya apa pak?

      • Humari berkata:

        Kalau pembatalan Anda lakukan di Indonesia, Anda paling diblacklist oleh perusahaan tersebut dan seluruh cabangnya bila kelak mendaftar lagi. Kalau pembatalan dilakukan setelah Anda bekerja, Anda harus mengganti biaya visa dan penempatan dan pulang ke Indonesia dengan biaya sendiri dan satu lagi diblacklist untuk masuk ke negara penempatan

      • xile28 berkata:

        prtnyaan trakhir Pk tlg dijwb ya mengenai keuangan soalnya, klo kita dh byr misal 1000 USD ke agen luar. trz kita resign & batalin kontrak sepihak apa uang itu bs kembali penuh? mksdnya uang pdhl kn dh dibikin urus visa sm penempatan disana dn dh kterima kerja tp kita g minat lg krn katakanlah alasan nikah / dftr prshaan lain.
        mhn dijwb pk, ap uang kembalinya bs penuh,,ini pribadi soalnya…

      • Humari berkata:

        Waduh, Anda sudah bayar ke agen luar sebanyak itu? Jangan sekali-sekali bayar sebelum Anda bekerja. Kecuali pembayaran untuk paspor, medical check up, visa. Dan itu takkan sampai 1000 dollar. Gak ada jaminan uang itu akan kembali. Meskipun Anda punya perjanjian tertulis

      • Xile28 berkata:

        Tp agen luar tsb saya cek sdh ada ijin lengkap & data2 yg pk humari tulis disini termasuk demant letter asli dn sgl mcmny.utk setoran (misal) 1000 USD itu utk biaya proses mrk pk,krn mmg proses tiketpun dh ditnggung.gmn pk klo sy nyalahin kontrak mrk? Bs kembali g uangny klo sy trlnjr ada panggilan krj nanti klo resign ??

      • Humari berkata:

        Kalau soal uang kembali atau tidak ya silakan langsung bicara dengan mereka

      • Xile28 berkata:

        Klau duit tdk bs kembali ya saya yg rugi dong pk….pdhl sdh Nunggu brbln2 utk proses.. Mrk smpaikan knsekwensinya duit tdk bs kembali full krn mmg sdh dipake utk prses dn krn sy yg nyalahin kontrak krn sdh siap dipanggil.. Mnrt pk humari solusinya apa spy aman dn mnguntungkn bwt sy???

      • Humari berkata:

        Tergantung perjanjian di awal. Kalau perjanjian/kesepakatan secara tertulis itu ada, ya poin-poin yang didalamnya yang jadi acuan

      • xile28 berkata:

        Kalau tdk ad persetujuan / kesepakatan pgmbalian dana trtulis dr mrka?

      • Humari berkata:

        Terpaksa nego di akhir seperti yang bakal Anda hadapi.

      • Xile28 berkata:

        Ya brarti sy yg dirugikan dong pak kl resign tp uang g kembali penuh..!!!

  62. Tonton berkata:

    Dear pak humari

    Saya berminat untuk mencari kerja di macau. Jika ada info untuk itu saya mohon untuk di share.

    Terima kasih banyak

    • Humari berkata:

      Macau sebagian besar datang langsung. Dan sudah lama jadi pengetahuan umum, kota itu jadi tempat kabur TKI bermasalah dari Hongkong. Sebagian ‘jualan’ di sana. Saya sendiri pernah ketemu beberapa agen dari Macau. Tapi tak satupun yang deal. Biaya tinggi, gaji rendah yang jadi masalah. Tak menarik.

  63. resaramdhani berkata:

    Pak humari,apa pt elka indonesia termasuk PJTKI ?

    • Humari berkata:

      Setahu saya, ya

      • Humari berkata:

        Jangan diladeni. Kalau mereka betul pebisnis, minimal nama yang mereka sematkan untuk perusahaan bukan ‘cultural exchange’.

      • reyko berkata:

        Pak humari,apakah ada perekrutan tki ke eropa melalui jalur Dubes Indo perorangan dan tiap bulan bisa memberangkatkan 10 orang dengan biaya 50-60 jt dan gaji 40 jt sebulan ditempatkan didarat kebun dan restoran.saya sempat ditawari soalnya.mohon informasinya pak..terima kasih

      • Humari berkata:

        Tak ada jalur khusus untuk mendapatkan kerja legal. Kalau jalur aneh pasti ilegal.

      • reyko berkata:

        pak humari,setelah job letter turun untuk ptoses pemberangkatan lg butuh waktu brp lama?terima kasih….

      • Humari berkata:

        Tergantung hasil interview dan seleksi, medical check up, kontrak kerja dan duit 🙂

        Juga: apakah tidak ada perubahan kontrak dan kondisi/aturan di negara penempatan. Banyak hal…..

      • reyko berkata:

        pak humari,kandidat pt surya dulu membayar 10 jt utk pengurusan visa n pasport ditunggu sekian lama gak berangkat,uang diminta kembali cma dikasih 5 jt…job letter dan calling visa udah dilakukan knp pemberangkatsn lama…apakah ini penipuan?terima kasih

      • Humari berkata:

        Lapor ke polisi

      • reyndi berkata:

        pt surya tu penipu job letter turun calling visa pemberangkatan kok lama…marilah kita laporin ke polisi para kandidat pt surya dananjaya

      • misya berkata:

        PT SURYA DANANJAYA ITU PENIPU,OMONG KOSONG BULL SHIT

      • resaramdhani berkata:

        Pak humari Tpi mereka membuka loker ke eropa dan sekarang lgi proses dan juga sebelum.a wktu pengajuan visa mereka sdah mendapat rekomendasi dari PJTKI.

      • Humari berkata:

        Rekomendasi dari PJTKI? Rekomendasi perekrutan dan penempatan itu yang mengeluarkan BNP2TKI dan Kemenakertrans. PJTKI/PPTKIS itu perusahaan swasta. Jadi tak aneh saja kalau ada salah satu dari PJTKI mengeluarkan rekomendasi untuk yayasan atau pihak swasta lainnya. Dan BNP2TKI juga Kemenakertrans pemerintah kita takkan mengeluarkan rekomendasi untuk perusahaan perekrutan yang berlokasi di luar negeri. Yang berhak mengeluarkan rekomendasi itu adalah KBRI/KJRI negara penempatan. Bila mereka perusahaan Australia, mereka harus mendatangi KBRI kita di sana untuk pengesahan job order atau demand letter.

      • resaramdhani berkata:

        Pak humari,tpi mereka membuka loker ke eropa dan skarang lagi proses dan juga sebelum.a wktu pengajuan visa mereka sdah mendapat rekomendasi dari PJTKI.

  64. asih berkata:

    Terimakasih banyak Pak… sebelumnya saya sudah ragu untuk menanggapinya, tapi karena saya butuh dan ingin kerja di luar negeri sempat akan nekat untuk ambil kesempatan ini. untungnya waktu searching di Google ketemu obrolan bapak dengan teman-teman seperjuangan (heheeee…) Masih ada kesempatan kah untuk bekerja di Australia, New Zealand maupun Eropa untuk saat ini Pak? kalau ada PJTKI manakah yang bisa membantu, saya tinggal di Semarang.

  65. resaramdhani berkata:

    Pak humari sya minta alamat email ada yg mau sya tunjukin.

  66. endow berkata:

    seperti yg sudah saya duga pt surya tidak pernah akan bisa memberangkatkan dan kasusnya akan sama dengan beverly agency

  67. wahyu berkata:

    pak Humari, PT andhika pratama indonesia, jl dewi sartika no 21 jak tim, resmi nggak? terimakasih

  68. resaramdhani berkata:

    Pak humari persyaratan pengajuan visa ke kedubes negara penempatan apa sja ya?

  69. resaramdhani berkata:

    Pak humari persyaratan pengajuan visa di kedubes negara penempatan apa sja ya?

    • Humari berkata:

      Tergantung negara penempatan. Persyaratannya beda masing-masing negara. Kemiripannya adalah, sebelum imigrasi negara penempatan mengeluarkan visa, perusahaan negara penempatan harus memberikan rekomendasi pada calon pekerja. Jadi pekerja (dalam hal ini calon TKI) sudah deal duluan dengan perusahaan di negara penempatan. Bukan cari visa kerja dulu baru cari kerja di sana.

  70. rudi santoso berkata:

    Pa’ Humari, sy mau tanya jika pekerja di canada di Quebeq sebagai fhis packer di darat atau di laut, apakah benar semua pengurusan document dari visa ticket, immigration setempat yang mengeluarkan seperti di canada , karena awal pengurusan dari sana, dari calling visa -working permit dan ada pembayaran anti terrorist sebelum mereka berangkat dari indonesia, apakh itu di haruskan membayar anti terrorist bagi pekerja darat yang ada di canada, mohon jawaban nya apakh pekerjaan ini legal atau ilegal

  71. haris fajri berkata:

    apakah benar keduta’an indonesia di amirika membutuhkan tki untuk suwatu proyek????

  72. Mic.. berkata:

    Saya melihat banyak kebohongan yang dilakukan PJTKI (bukan semua PJKI suka menipu, tapi pernyataan ini saya tujukan buat pihak PJTKI yg begitu membaca tulisan saya merasa tersinggung), karena saat untuk wawancara dgn kedutaan, mereka mengintimidasi para TKI untuk berbohong. Saat pihak kedutaan menanyakan tentang adakah pembiayaan untuk perekrutan, maka si TKI diHARUSKAN untuk menjawab TIDAK. Kalaupun ada hanya biaya dokumen2. Padahal sebenarnya TKI membayar untuk perekrutan itu. Karena memang pada dasarnya untuk perekrutan, ITU TIDAK DIKENAKAN BIAYA. Maaf, karena saya sendiri mengalaminya, dan maaf, saya tidak bisa berbohong. Pihak PJTKI mengintimidasi untuk berbohong masalah biaya, karena kalau ketahuan akan di BLACK LIST oleh kedutaan. Makanya saat PJTKI melakukan perekrutan, mereka tidak berani menyebutkan angka dihadapan umum.

    Maaf, saya tidak bermaksud menyinggung pihak PJTKI, saya hanya MENDOBRAK saja…
    Thanks n God Bless

    • Humari berkata:

      PJTKI itu bisnis. Murni bisnis. Karena itu pemerintah kita mewajibkan semua PJTKI/PPTKIS berbentuk perseroan terbatas (PT) bukan yayasan. Pajak dan semua kewajiab pembayaran ke pemerintah juga dihitung sebagai perusahaan bukan yayasan.

      Bila ada yang berharap PJTKI hanya memungut hanya pada biaya dokumen saja, sebaiknya tak usah mendaftar lewat PJTKI. Langsung saja cari kerja sendiri ke luar negeri lewat internet. Bisa kok. Biar juga merasakan dan tahu bagaimana seluk beluknya. Bila lewat PJTKI, pasti berbayar. Pembayaran yang dengan perhitungan profit, bukan alakadar. Apakah yang membiayai perekrutan itu, TKI sendiri ataupun perusahaan di luar sana.

      Bila benar pihak Kanada main blacklist PJTKI yang memungut duit, saya penasaran apakah perusahaan rekrutmen di Kanada sana gratisan semua :).

  73. Mic.. berkata:

    Menurut pemerintah Canada, bahwa tidak akan ada lagi perekrutan tenaga kerja ke Canada, dan mereka akan menghentikan untuk mengeluarkan LMO secara bertahap. Saya tidak akan panjang lebar menulis, silahkan saja membaca di website pemerintah Canada (bisa juga dicek keaslian website tersebut)
    http://www.esdc.gc.ca/eng/jobs/foreign_workers/lmo_ref/index.shtml

    Thanks n God Bless

    • Humari berkata:

      Terima kasih atas informasinya.

      Buat yang masih ingin ke Kanada, harus pending dulu ya. Cari kerja di dalam negeri saja. Selalu ada peluang kok.

  74. adam berkata:

    sya mau tanya pak, untuk nurse ke australia memang masih ada peluang pak ?

    • Humari berkata:

      Dulu. Saat itu Binawan yang mengirim perawat ke sana. Setelah ada masalah antara perawat dan Binawan serta partner mereka di Australia tak pernah ada kabar lagi ada PJTKI/PPTKIS yang kirim perawat ke sana.

  75. adam berkata:

    “Bukan cari visa kerja dulu baru cari kerja di sana.” maksud kalimat itu apa pak ? terud apa patut di curigai kalo ada agent yang meminta uang untuk proses offering letter ?

  76. James berkata:

    pak Humari minta tolong komentarnya untuk informasi ini
    “kami dari ISPANINDO MENOPUTRA, Jl Hasan Basri Kav III/ 98 Tangerang. job Kanada: L/P,21-39,SLTA/ Paket C, unit kerja Hotel/rest/Indst. Gaji – $ 18,33/jam, 1 hr= 8 jam, 1 bl=30 hr. potong gaji 24 jt x 4 ( Fasilitas KREDIT BANK PANIN ) proses 1 bln”
    karena ketika ditelpon mereka sangat meyakinkan bahwa ini adalah program baru dari pemerintah, mereka juga akan melakukan survey ke masing2 kandidat.
    apakah ini penipuan pak?
    Terimakasih

    • Humari berkata:

      Kalau program pemerintah pembiayaan pasti lewat BRI. Ada namanya program KUR TKI.

      Kalau dari swasta saya belum pernah dengar. Selain itu nama agen di atas juga tak ada di daftar PPTKIS/PJTKI resmi

  77. dara berkata:

    Pagi Pak Humari..PT. Asia Skilled Resources, Jakarta, apakah agen resmi? saya sdh ttd kontrak kerja dg Feximco, Canada melalui agent ini. Dijanjikan berangkat 6 bln, trnyata sdh 14 bln blm juga berangkat. Visa sdh 5 bln blm juga turun. Info terbaru ktnya menunggu lagi. LMO dr Canada ktnya sudah turun sejak Desember lalu. Trims banyak..

    • Humari berkata:

      Setahu saya resmi. Coba minta mereka perlihatkan demand letternya. Yang asli bukan fotokopi.

      • dara berkata:

        Saya dengar, di Canada sedang tidak menerima pekerja dari negara manapun sejak bulan lalu, karena sedang ada masalah HAM dgn pekerja disana. Apa benar, Pak? Yang saya bingung, saat saya tlp dan kirim email ke Kedubes Canada di Jakarta, mengenai Proses Visa saya, mereka bilang, tidak ada nama saya disana. Mereka bilang cek agentnya, benar atau tdk. Saya tanya ke Asia Skilled Resources, katanya, officer Kedubes bagian dalam yg tahu. Apa benar spt itu, Pak? Maaf, Pak, Demand Letter itu, apa? trims banyak..

      • Humari berkata:

        Pengumuman dari mereka memang begitu (moratorium). Karena masalah HAM atau tidak saya tak tahu. Tapi kan sebelum pengumuman itu dibuat sudah ada sebagian demand letter (apa itu demand letter silakan baca lagi tulisan saya di atas) yang sudah disahkan. Karena itu sebagian PJTKI dan BNP2TKI teruskan proses. Karena itu untuk pastinya Anda harus minta PJTKI tersebut perlihatkan demand letter asli yang ada tandatangan KBRI/KJRI di Kanada. Kalau tidak ya bagaimana bisa tahu order itu sudah sah atau belum. BNP2TKI sampai hari ini masih rekrut buat Kanada. Silakan klik https://pjtkidantki.wordpress.com/2014/05/21/minat-ke-kerja-ke-kanada-lewat-bnp2tki-info-di-bawah-ini/

  78. dara berkata:

    Maaf, Pak Humari..utk yg demand Letter saya sdh tahu. Tadi saya agak nge-hang. Maklum lagi ngantuk.. hehe. Minta tolong balas mengenai berita ttg Canada tdk menerima ekerja dr negara manapun. trim’s, Pak..

  79. Anwar berkata:

    kpd saudara vpkadmincontent
    anda tidak perlu berpendapat “emosi” spt yg anda utarakan diatas
    saudara dalam blog ini cm pengunjung, & jg pak Humari selaku pemilik blog tahu bagaimana cara menjawab dari pertanyaan2 para kandidat yg mungkin emosional karna ketidaktahuannya dalam pengurusan ijin, dll.
    Sebaiknya PJTKI dan BNP2TKI punya daftar resmi & di rilis melalui web/surat kabar/dll.
    Serta punya sekolah/ tempat trainning yg khusus seperti halnya D1 perhotelan, dll.
    Untuk para kandidat, saran saya drpd 10 jt u/ pendafaran dll, sebaiknya bekerjalah di negeri sendiri dengan berwirausaha, mumpung ekonomi kita masih bagus. Atau meniti pendidikan lewat kursus/kuliah/dll yg menurut saya bisa membuka lapangan kerja baru.

    Terima kasih

    • Humari berkata:

      Untuk pendidikan dan pelatihan itu bukan wilayah tugas PJTKI. Izin kita cuma terbatas pada rekrutmen dan penempatan. Selain itu klien kami di luar negeri sedikit sekali yang menerima pekerja fresh graduate.

      Kalau mau mendidik dan melatih harus ada izin tersendiri. Tak boleh dengan izin PJTKI. Karena itu bahkan BLK untuk TKI pembantu rumah tangga, secara kelembagaan terpisah dengan PJTKI. Sebab itu domain pendidikan dan pelatihan. Izinnya dan pengawasan juga terletak pada BNSP. Hanya orang awam tahunya kalau ada pelatihan yang tak beres yang disalahkan tetap saja PJTKI.

    • Kebodohan adalah bala bencana terbesar di muka bumi. Bukan hati panas atau ketidaksabaran.

  80. dara berkata:

    Selamat pagi, Pak Humari. Saya kecewa dg PT. Asia Skilled Resources yg ternyata sdh 14bulan tidak ada kejelasan mengenai proses keberangkatan ke Canada. Saya sudah membayar 60jt. Betapa kecewanya saya, saat sy hanya diberi keterangan, visa belum turun. Padahal sudah 5bulan sejak Desember 2013 katanya sudah masukkan berkas ke Kedutaan Canada. Bull shit. Sekarang saya mau minta uang dikembalikan, sebab dijanjikan bisa kembali tapi tidak semua, itupun dlm tempo 2 bln. Ehh, tiap dihub, orgnya tidak mau angkat tlp, tidak balas sms, tidak balas email. Semoga agent-agent disana sadar, bahwa berbohong itu akan merugikan dirinya sendiri. Andai saya hanya dijanjikan, bisakah saya laporkan tentang hal ini ke Polisi, Pak? saya hanya ingin uang saya kembali. Terima kasih.

  81. dara berkata:

    Terima kasih banyak atas infonya, Pak. Nanti saya sampaikan ke agent PT. Asia Skilled Resources, jika mereka tidak memenuhi janji mereka untuk mengembalikan uang saya, maka saya akan laporkan mereka ke pihak yang bapak sebutkan diatas.

  82. adam berkata:

    saya dlm proses pemberangkatan sebagai perawat ke aussi melalui seorang dari binwan, saya sdh msk uang sbnyk 7jt untuk proses offering letter, sy sudh cek up tahap awal dan sy sudah menyerahkan fto coy dkment skr lg buat pasport. kata org trsbt sy tinggal nunggu pasport jd dan nanti nunggu offering letter dari pihak aussi dan mlkukan medikal full serta vissa. dari kronologis tsb, yg mau sy tnyakan benar g proses pmbrangktan tsb ?
    apa sy hrus mlnjutkn smua proses smpe slsai ? dan “menunggu”

    trmksh, mhon blsannya….

    • Humari berkata:

      Yang Anda maksud Binawan? Bukan Binwan kan? Kalau Binawan jangan tulis seseorang. Kalau hanya berhubungan dengan satu orang ya hati-hati saja. Perekrutan dan penempatan perawat, apalagi, itu rumit dan tak bisa ditangani oleh satu orang dari sebuah PJTKI/PPTKIS.

      Anda masih tahap awal dalam proses. Sebab paspor saja belum jadi. Kalau sudah jadi fotokopi paspor akan dikirim ke sana untuk mendapatkan visa.

      Anda ditawarkan untuk penempatan di rumah jompo atau rumah sakit? Anda sudah mengikuti tes bahasa Inggris? Untuk perawat skor IELTS-nya termasuk tinggi.

      • adam berkata:

        ya awalnya sy tlp ke binwn, dan di tjukan sm org tsb oleh operator yg menerima tlp sy. dari situ proses awlnya, bhkn sy cba tlp 2x ke bnwn dg nma brbda, tetep sm optor nya dtujukn pd org yg sm. ktnya bliau org ngurus pmbrangktan prwt dll.gak ada test IELTS. beliau mengatakan di Rs, apa mungkin saya hanya dijadikan asisten nurse ?
        jd saran bpk sy hrus bgaimana ?

      • Humari berkata:

        Wah, saya gak tahu apakah aturannya berubah.

    • andrew berkata:

      PT SURYA DANANJAYA PENIPU,HATI2 JANGAN MUDAH D3NGAN IMING2 GAJI BESAR MALAH UANG ANDA AKAN MELAYANG.PT SURYA BULLSHIT

  83. dara berkata:

    PT. ASIA SKILLED RESOURCES PENIPU ! Hati-hati ! Jangan percaya iming-iming memberangkatkan ke Canada dg jalur biasa Rp. 20jt, dan jalur cepat 60jt. Bull shit! Kami, puluhan orang terkena tipu omongan manis 2 org agent di PT tsb. Namanya MLF, dan RN. Sekarang kami sedang menuntut mereka agar mengembalikan uang-uang kami. Mereka janji akan kembalikan paling lambat 2 bulan. WASPADALAH!!

    • Ratih berkata:

      Mbak dara akhirnya uang nya direfund gak dari PT. Asia Skilled Resources??? Sy sign kontrak dgn hotel best western toronto kanada dr feb 2014, tp smpai bulan april 2015 belum slesi proses LMO. Akhirnya sy cancel dan sy mna refund kata bpk lalu muhamad faejun proses refund 2bulan, yang sehrusnya tgl 5juni kemaren , belum di refund juga . Saya baru baca comment dr mbk dara 😦

    • Ratih berkata:

      Mbk dara sy boleh minta no yang bs di hubngi?

  84. deni berkata:

    Pak humari wayan management itu resmi apa tdk? , TERIMA KASIH

  85. deni berkata:

    Terima kasih atas infonya, saya berminat untuk kerja menjadi tki di canada, usia saya sekarang 38th, saya memiliki pengalaman sebagai stateroom attendant, adakah pjtki resmi yang ke canada atau ke australia, bagaimana dengan Mandiri Institute apa juga bukan pjtki resmi
    Terima kasih atas perhatiannya

  86. hardo berkata:

    salam sejahtera pak.Humari dan salam kenal.yang mau saya tanyakan apakah bapak kerja di sebuah pjtki?dan apa namanya?terima kasih pak

  87. yaniwijaya berkata:

    salam pak Humari. mo tanya pernah dengar ARYA AGENCY ? tks

  88. yaniwijaya berkata:

    pak humari, arya agency ini memberangkatkan tki dgn visa turis keperkebunan aussy, memang perkebunan ausy memcari tenaga kerja ilegal ??

  89. hardoyo berkata:

    Salam sejahtera pak Humari.saya sangat mengapresiasi blog ini dan sangat bermanfaat.smoga Bapak selalu sabar menjawab dan menanggapi para tki/tkw yang mau ke luar negeri.
    Pertanyaan saya,..andaikan saya berangkat ke luar negeri dengan vissa touris apa bisa saya bekerja di sana,..??kebetulan saya lulusan perhotelan di bali.ini email saya “blueinsane26@yahoo.co.id.terima kasih banyak pak

  90. Sipayung berkata:

    Selamat malam Pak Humari,
    Untuk pekerjaan terkait telekomunikasi sejauh ini belum saya temukan pada blog Anda.
    Dari beberapa pengalaman kerja teman-teman saya (overseas) dan komunitas pekerja telco, user/perusaahan selalu mencari pekerja lewat agen luar (contohnya Tangint dan Penta Consulting). Kebutuhannya biasanya tidak terlalu banyak. Penempatan lokasi kerja yang ditawarkan sangat bervariasi, Asia Tenggara, Arab, beberapa Eropa dan Amerika. Mungkin bisa dikatakan TKI formal dan mandiri.
    Mohon info dan pendapatnya mengenai:
    1. persyaratan/proses administrasi di BNP2TKI dan Imigrasi apakah seperti biasa
    2. proses demand letter-nyaseperti apa, apakah langsung dari agen ke TKI atau mungkin harus lewat KBRI/instansi lainnya
    3. link kontrak kerja menjadi TKI – agen luar – user/perusahaan

    Mohon ditambahkan info dan pandangannya Pak. Terima kasih.

    Salam.
    Sipayung

    • Humari berkata:

      1. Beda. Proses TKI mandiri lebih sederhana. Klik https://pjtkidantki.wordpress.com/2012/05/01/tentang-tki-mandiri-dan-persyaratannya/#comment-6005

      2. Demand letter hanya untuk antar perusahaan. Misalnya dari perusahaan di luar negeri meminta calon TKI lewat agen/PJTKI/PPTKIS di Indonesia. Kalau langsung dari perusahaan tak perlu.

      3. Sebenarnya jauh lebih banyak. Tapi fee mereka jauh-jauh lebih besar daripada fee PJTKI di sini. Hanya yang di industri migas yang feenya ditangggung perusahaan bukan calon pekerja.

      Untuk industri telekomunikasi kami memang jarang dapat order. Ada satu dua yang masuk tapi salary yang ditawarkan tak masuk. Dari pada memalukan kami lebih sering tolak daripada teruskan. Sebab tenaga ahli dari India banting-bantingan gaji.

  91. santosa berkata:

    Pak mohon pencerahannya
    Saya pernah kerja cruise ship .. Oprasi kanada us.. Baru kerja 2 bulan saya refuse.. Mogok kerja trus minta dipulangkan .. Dan saya pun dipulangkan… Pertanyaan saya apa visa saya udah dblacklist di kanada ataupun us

  92. Theresia Reny berkata:

    Suami saya mendaftar lewat PT. Aad Pratama Karya di Jakarta untuk bekerja di Australia dengan gaji 40 jt/bln. Apakah benar dan tidak menipu? Karena kok pemberangkatannya ditunda terus..

  93. opik berkata:

    pak humari yang saya hormati,saya mhon pencerahanya saya ditawari kerja dengan visa training ke korea oleh lembaga ansani hakwon majenang,kata lembaga tersebut mereka sudah bekerjasama dengan perusahaan korea seperti,Am korindo,twincle co.ltd,unitest co.ltd,pasifik co.ltd perusahaan lampu LED,saya diminta biaya total 55 jta,10 jt dp pertama dan sisanya setelah visa turun,kurang lebih 3-4 bulan mereka menjanjikan keberangkatan.menurut pak humari bagaimana,mohon pencerahaannya,terima kasih

    • Humari berkata:

      Yang saya tahu, untuk visa training hanya diberikan oleh pemerintah Korea ke perusahaan bukan ke lembaga pelatihan. Dan berdasarkan info dari beberapa pekerja yang mendapatkan visa itu, masa training cuma 3 bulanan. Gak lebih. Kalau dibuat kerja ya jatuhnya ilegal.

  94. opik berkata:

    PT.Awwan Bina Insani,PT Bina Bahtera Karya Mandiri,PT Sanjaya Thanry Bahtera,Cilacap itu gimana pak treck record nya?

  95. opik berkata:

    saya cuma ingin tahu aja tentang PT itu karna terdaftar di BNP2TKI,trus untuk ansani hakwon saya sudah terlanjur masuk dp 10 jta,saran bapak sebaiknya gimana utk saya?

    • Humari berkata:

      Memang ada yang menempatkan TKI nelayan ke Korea. Kalau buat pabrik, semua lewat BNP2TKI.

      Minta dari mereka perjanjian penempatan. Isi perjanjian itu, lama proses dokumen hingga pemberangkatan, biaya, resiko bila melebihi dari waktu yang dijanjikan dan resiko bila Anda mundur sebelum visa diterima dan setelah visa diterima.

  96. opik berkata:

    oke pak terima kasih banyak untuk masukannya sungguh bermanfaat bagi saya,smga Alloh membalas kebaikannya.amin

  97. opik berkata:

    asslkm punya info yang jobfair kerja luar negri ga pak?

  98. pak kalo http://www.indotrendindonesia.com/ PT indotrend itu resmi tidak pak?
    soal nya membuka lowongan untuk bidang pengepakan telur di australia?

  99. kalau membedakan resmi atau tidak nya gmn pak?

    • Humari berkata:

      Ketik di Google kata “PPTKIS” kemudian ketik nama perusahaannya. Kalau namanya tidak ada dalam daftar yang dibuat Kemankertrans dan BNP2TKI tandanya ilegal. Sebagai info semua izin PPTKIS harus mulai 2012 atau tahun setelahnya.

  100. kok website pptkis eror ya pak?

  101. aris berkata:

    Pak saya mau tanya,kalau cari kerja di newzeland dengan pengalaman kerja di hotel dan kapal pesiar bisa ga ya pak?terimakasih

  102. ekopjt78 berkata:

    Hohon pencerahan nya ya Pak Humari….Saya dpt agreeement employment dr Qatar ( Qatar Drilling International)..tp pihak DGI tidak pernah menghubungi saya via phone…hanya lewat email saat interview hingga pengiriman agreement employeement ini…skrg saya diminta mengurus pembuatan Visa dengan dana sktr Rp. 5 jt oleh pihak DGI lwt agent yg berkantor di India….saya jadi bingung…Apakah ini penipuan ya pak? Maklum ga ada pengalaman …

    • Humari berkata:

      Jangan diladeni. Khusus untuk Indonesia, urusan visa ada tanggung jawab perusahaan di Qatar. Juga tak perlu lewat agen apalagi di India. Anda cukup kirim fotokopi paspor dan hasil medical check up ke mereka. Dan itu sudah bisa dijadikan visa.

  103. ekopjt78 berkata:

    Umur ku 43 thn pak…apakah masih bisa kerja di luar negeri ? Pengalaman sih 20 thn an..sbg Mechanic alat berat….mau sukses diluar buat cari modal dimasa tua nanti….makasih pak Humari…di balas ya pak ,…

  104. lufie berkata:

    salam hormat
    sya ditawari agen dr bali yg kataya bs ke ausse dg visa hlliday. dp 10 dn stlh visa turun nmbah 50
    vsa hllday apakh aman buat kerja dsana ?
    60 jta itu mmng normal sgtu apa brlebihan ?
    mhn bmbinganya

  105. garda@yahoo.com berkata:

    lapor polisi ma aja pak humari,mereka jg diback up polisi…polisi tu sama aj mata duitan n a*u

  106. wayan berkata:

    pak mau tanya, adik sy sudah ngasi uang 35 jt ke agen peroranagan, ktnya akan diperkerjakan di german dengan gaji 50 jt per bln itu gimana pak bener atau tipuan pak?

  107. Selamat malam
    Kepada Bpk Humari sy mau bertanya, Dan tolong petunjuknya.
    Sy buka vacancy di internet terus dapat perekrutan kerja dari San diego hotel di united states. ( Days Inn San Diego Hotel
    43 Hotel Q, San Diego, CA 92208, United States ) Sy di beri 10 pertanyaan kemudia setelah sy menjawab semua pertanyaan mereka balas dengan term and condition utk si calon yg akan di recruite. Pihak mereka yg menanggung tiket round trip. Acomodation, green card, visa, tunjangan kesehatan, gaji. Libur 35 hari dalam 1 tahun utk pulang mengunjungi keluarga dan sanak saudara di rumah.
    Mereka minta scan passport sy ,negara asal, tempat tgl lahir dan nomor telephone, dan alamat sy saat ini. Sy sdh kirim lengkap data sy yg mereka minta. Kemudian mereka balas lg dengan mengirimkan ke sy form ( visa work permit application, employment aplication form days in sandiego hotel/restaurant. dan visa aplication form ) sy di minta utk print kemudian isi form. scan, dan kirim balik ke mereka. Sy sdh selesaikan jg semua document yg mereka minta. Kemudian mereka bilang documents yg sdh sy lengkapi itu langsung mereka forward ke diploma kedutaan amerika serikat di cameroon. mereka Butuh 1 – 2 hari untuk menyelesaikan document yg akan jd visa issue di kedutaan amerika di indonesia sini. Document nya dikirim melalui ( spring global mail USA agent ) dan sy harus transfer 100$ ke seseorang di kota bamenda negara.cameroon supaya document sampai di sy besok paginya. Krn sy dpt balasan email dr spring global mail klu documents sy statusnya pending smpai sy bayar 100$nya lengkap dengan nmr registrasi document yg mau mreka kirim ke sy itu. Dn sy harus kirim scan bukti pembayaran paid transfer western union ke mereka. Dn setelah document sudah sampai ke sy, sy diminta utk hanya membawa documents itu ke kedubes amerika di jakarta. Sy tanya pihak management apakah ada biaya pribadi yg akan sy kluarkan pd saat sy di kantor kedubes amerika dijakarta nnti. Tp mereka cuma bls, bayar bill yg 100$ melalui transfer western union kemudian besok pagi documentnya akan sampai ke sy dan sy cuma diminta bawa documents itu ke kedubes amerika di jakarta. dan mereka yg akan bertanggung jawab utk visa nya. Sy belum transfer sih pak yg 100$. Ini sebenarnya benar atau cuma penipuan? Tp sy sdh buka website hotelnya dan cari tau alamatnya dn memang betul ada. Jg semua form nya salah satunya utk visa aplication form atas nama united states of america ( ministry of interior naturalization & immigration departement ) ini sebenarnya bagaimana pak ya? Tolong penjelasannya. Terimakasih banyak sebelumnya

  108. lenny berkata:

    Pak Humari yth. mohon info apakah tahun ini dari PJTKI resmi ada pengiriman tenaga kerja ke Kanada ? Kalau ada PJTKI mana? trima kasih sebelum dan sesudahnya

  109. bastian berkata:

    PAK HUMARI…….MOHON bantuannya…ku mau tanya…apa bener ada pt indonesia yg berangkatin pelayaran luar negri ke belanda?

  110. Humari berkata:

    Belum pernah dengar

  111. Soleh priadi berkata:

    Salam Pak humari, aku mau tanya..
    Dari hasil baca2 di internet, aku lihat byk agen malaysia yg bs pengantar orang2 malaysia untuk bekerja perkebunan australia (ada testimoni). Sempet juga tanya ke agen malaysia lgsg katanya orang indonesia bisa juga di proses sm dia.
    Jujur dr segi info sangat terbuka dibanding agen di indonesia, dan dr biaya juga lbh terjangkau walaupun sm2 menggunakan visa turis (baca: ilegal).
    Yg saya mau tau, gmn pendapat pak humari tntg berita tsb.
    Dan apakah sudah ada tmn2 dr indonesia yg bekerja di perkebunan australia dgn menggunakan jasa agen dr malaysia (lewat malaysia).
    Terima kasih untuk tanggapannya. Salam

    • Humari berkata:

      Tidak saya sarankan.

      • Agam berkata:

        malam Pak Humari ada beberapa hal yg saya ingin tanyakan seputar agnecy di indonesia yg bisa berangkatkan TKI non skill ke negara2 sperti new zealand,canada dan australi mohon referensinya dan prosedur yg benar seperti apa jika ingin bekerja di negara2 tersebut,dan 1 lagi saya ingin tanyakan mengenai wayan management sejauh ini apakah bapak pernah dengar record mereka bisa memberangkatkan TKI non skill ke australia mohon info dan saranya pak

      • Humari berkata:

        Maaf, saya tak kenal dengan Wayan Management. Secara umum sama; Anda mendapatkan penawaran dari employer di Australia, langsung ataupun lewat agen. Setelah itu ikut ujian bahasa Inggris sesuai yang disyaratkan. Harus lolos paling tidak dengan nilai minimal. Baru pembuatan visa dll. Bagian tersulit adalah mendeteksi penawaran itu palsu atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s