Tentang biaya penempatan TKI (informal dan formal)

Revisi terakhir 18/03/2017

Info mengenai lowongan lewat PPTKIS/PJTKI silakan klik https://tklnformal.wordpress.com/

Sebenarnya saya pernah membahas ini di berbagai posting. Tapi kali ini saya akan berupaya menuliskannya secara menyeluruh dan sedikit memberi opini pribadi, seperti biasanya. Jadi posting ini ditulis oleh praktisi (ada ribuan di luar sana tapi sedikit yang mau menuliskannya) bukan pengamat apalagi kritikus dari LSM. Info yang saya punya boleh ditelusuri dan dibandingkan dengan kenyataan di lapangan.

Karena saya berkecimpung di dunia TKI dan PJTKI/PPTKIS yang berada di bawah izin Kemenakertrans, jadi untuk anda yang pelaut, mohon maaf saya tidak bisa memberi informasi banyak. Tapi mudah-mudahan postingan ini bisa menjadi perbandingan.

Perekrutan dan penempatan pekerja ke luar negeri, secara umum ada dua jenis pekerjaan yang umumnya tersedia dibagi dalam dua kategori; informal dan formal.

TKI informal, penempatannya adalah pada perorangan, individu sering kita dengar sebagai pembantu rumah tangga. Di media cetak dan elektronik, mereka inilah yang paling sering disorot bila terjadi permasalahan dan hampir-hampir membentuk citra keseluruhan tentang TKI; perempuan, tak berdaya, miskin, dizholimi, bodoh, memalukan, dan anggapan negatif lainnya.

TKI formal, seperti namanya adalah TKI yang bekerja pada perusahaan.

Secara garis besar TKI kita banyak terdapat pada dua kawasan saja: negara-negara Arab (saya tidak memakai istilah Timur Tengah, karena sebenarnya kawasan tersebut tidak berada di sebelah timur negara kita) dan Asia Pasific (Malaysia, Singapura, Hongkong, Taiwan, Korea, Jepang)

Sekarang kita bahas perwilayah dan per kategori TKI.

1. Negara-negara Arab.

A. TKI informal:

Untuk saat ini penempatan TKI informal (rumah tangga atau majikan perorangan) ke negara-negara Arab ditutup

B. TKI formal.

Untuk TKI formal ke kawasan Arab dan Teluk, pembiayaan bermacam-macam. Dari yang semua ditanggung oleh perusahaan hingga yang membayar sekian juta.

Khusus TKI formal, penempatan bisa dilakukan di hampir seluruh negara Arab. Kecuali negara yang sedang berperang. Bila anda adalah TKI mandiri dan mendapatkan pekerjaan di negara konflik lalu setuju dengan gaji yang ditawarkan, bisa saja melenggang ke Bagdad misalnya. Banyak kok yang begitu. Tapi kami, PJTKI/PPTKIS, akan mendapatkan sanksi keras bila melakukannya.

Bahkan negara yang di media terkena moratorioum seperti Arab Saudi dan Kuwait, penempatan TKI formal masih terus kami lakukan. Dan memang tak ada larangan untuk itu dari pemerintah kita.

Yang penulis ketahui, ditingkat PJTKI/PPTKIS, paling tinggi mengenakan biaya pada pekerja dengan skill rendah (tak bisa berbahasa Inggris maupun Arab, latar belakang pendidikan tidak menjadi persyaratan, jenis pekerjaan yang tidak butuh keterampilan apa-apa asal sehat fisik dan kuat kerja) sekitar 7 juta. Itu paling tinggi. Gaji yang ditawarkan juga paling sekitar USD 250 perbulan. Hanya segelintir PJTKI yang mau mengambil order semacam ini.

Ada pula perusahaan yang mau membiayai total penempatan pekerja skill rendah semacam ini tanpa potong gaji sama sekali. Mereka bahkan mewanti-wanti kami untuk tidak memungut apa-apa. Pengalaman saya, hanya perusahaan Arab Saudi yang biasa begitu.

Namun sedikit punya skill (sekali lagi ijazah hampir-hampir tak pernah menjadi pertimbangan) misalnya tukang kayu, biaya biasanya jauh lebih ringan, paling banter, paspor, medical check up plus uang sebesar antara 1 hingga paling tinggi 2,5 juta rupiah. Gaji juga biasanya beda. Sekitar minimal USD 320 hingga USD 450.

Untuk skill yang lebih tinggi semacam mekanik, teknisi, biasanya hanya dibebankan untuk menyediakan paspor dengan biaya sendiri dan medical check up. Tapi ada juga yang harus membayar hingga 5 juta rupiah. Gaji tentu saja lebih tinggi.

Di atas itu ada lagi, dan biasanya dari pekerja yang direkrut perusahaan migas, engineering, industri berat, perbankan, sebagian besar ditanggung oleh perusahaan. Sebagian pekerja semacam ini juga ada yang mendapatkan fasilitas rumah hingga boleh membawa keluarga.

Apakah ada sistem potong gaji dalam penempatan TKI ke negara-negara Arab? Sebenarnya ada. Tapi kami cenderung menghindar. Masalahnya sederhana: orang bila sudah berhasil cenderung lupa pada pihak-pihak yang ikut berperan membantu mereka secara profesional ataupun tidak. Karena hampir setiap orang di Indonesia sekali dalam seumur hidupnya pernah mengatakan ‘seperti kacang lupa kulit’. Makanya kami cenderung menekan klien untuk membiayai sepenuhnya atau sebagian atau kami tolak sama sekali.

Adalah biasa order yang terbang ke negara lain karena hal masalah pembiayaan. Mengapa? Pekerja dan agen Filipina dan India berani beli visa mereka. Salah satu kenalan saya dari Qatar bahkan terang-terangan lebih suka merekrut di Filipina dan India karena dari Filipina dia mendapatkan USD 600 per orang dan dari India bisa USD 1000. Indonesia? Minus! Sebab dia yang harus bayar ke kami!

Contoh lainnya, perawat India yang ingin mendapatkan kerja di rumah sakit pemerintah Kuwait mau membayar hingga USD 15.000. Padahal pembiayaan di Indonesia yang dibebankan PJTKI tidak lebih dari 10%nya dan itu sudah termasuk biaya penerjemahan dokumen yang seabrek. Sebagai info, pekerjaan di RS pemerintah Kuwait memang menjadi incaran karena gaji yang besar. Untuk awalnya saja sudah mencapai 15 jutaan rupiah.

Di Arab Saudi misalnya, adalah biasa pekerja India membeli visa dengan resiko upah kecil tapi mereka bisa cari upah yang lebih besar karena visa mereka bisa ditransfer. Jadi kalau menemukan pekerjaan yang lebih baik bisa pindah kerja. Tapi biaya yang mereka bayar hanya untuk visa saja bisa mencapai SAR 10,000 (sekitar 30 jutaan uang kita). Itu belum termasuk biaya rekrut dan tiket pesawat.

Kami, PJTKI/PPTKIS tidak pernah melakukan itu.

Jadi berapa sebenarnya biaya penempatan TKI ke negara-negara Arab?

Berikut kalkulasinya:

  1. Paspor, resminya 365 – 500 ribu. Tak resminya? Sangat bervariasi. Yang saya dengar ada calon TKI yang membayar hingga 1,2 juta. Yang pernah kehilangan paspor malah lebih tinggi daripada itu. Bisa sampai 4-6 juta.

  2. Medical standar GAMCA (untuk kawasan Arab Teluk), 1,3 juta rupiah.

  3. Visa stamping (hanya Arab Saudi), USD 35

  4. Legalisasi medical report (hanya UEA), USD 30

  5. Asuransi (pra & purna), 400 ribu rupiah dan bila prosedur ini diikuti E-KTKLN otomotis online

  6. Biaya lain-lain (transportasi, entertain dll), 400 – 500 ribu rupiah

  7. Tiket pesawat ke salah satu negara Arab, kita bulatkan saja USD 400-550 (kadang lebih tinggi kadang lebih rendah)

Itu hanya proses di Indonesia. Dan tidak termasuk dengan apa yang dikeluarkan perusahaan yang bakal memperkerjakan TKI di luar negeri atau pengurusan dokumen tambahan seperti penerjemahan ijazah misalnya.

Tetapi mengapa ada TKI yang mengeluh karena membayar lebih tinggi dari apa yang saya ungkapkan di atas?

TKI pemilik keluh kesah semacam itu biasanya sampai pada ke suatu PJTKI lewat banyak sponsor alias calo. Dan masing-masing sponsor anggaplah mengambil charge 500 ribu. Kalau melewati 4 sponsor sudah 2 juta. Itu kalau sang sponsor mengambil minim.

Dan tahukan anda bahwa hampir-hampir siapa saja yang membantu kami mengedarkan pengumuman mengambil keuntungan dari itu. Sponsor bisa dari berbagai lapisan masyarakat dan lembaga. Mulai dari perorangan, yayasan, lembaga persatuan profesi hingga sekolahan. Dan mereka (hampir-hampir) semua sering meminjam tangan kami, PJTKI/PPTKIS untuk memungut uang dari calon pekerja.

Untuk meminimalisir pembiayaan, makanya saya membuat blog tklnformal.wordpress.com

2. Negara-negara Asia Pasific (Malaysia, Singapura, Hongkong, Taiwan, Macau, Korea, Jepang)

Boleh dikatakan, untuk kawasan ini semua pembiayaan total ditanggung TKI. Tak peduli formal maupun informal.

A. TKI informal

Untuk TKI informal (penata laksana rumah tangga), pemerintah sudah melakukan pembatasan. Rinciannya bisa didapatkan bila mengklik di sini dan di sini.

Pembiayaan perekrutan, pelatihan dan penempatan TKI informal ke negara-negara Asia Pasific dilakukan PJTKI dengan pendanaan bank. Jadi PJTKI yang menjadi penjamin. Bila TKI mundur atau kabur atau pulang sebelum masa tertentu dari kontrak kerja, PJTKI yang menanggung semua. Selain itu tanpa jaminan dari PJTKI yang berbadan hukum perusahaan, takkan ada bank yang mau meminjamkan dana untuk perekrutan, pelatihan dan penempatan langsung pada calon TKI.

Pematokan tersebut bisa efektif karena pemberlakukan sistem online. Sekali ada pengaduan dari TKI, PJTKI yang menetapkan pemotongan di atas ketentuan pemerintah langsung bisa diputus onlinenya. Kalau sudah begitu PJTKI yang terkena sanksi tak bisa melanjutkan bisnis hingga mereka kembali ke rel semula.

Karena itu, untuk negara penempatan yang menggaji rendah, Malaysia misalnya, sebagian besar pembiayaan saat ini ditanggung oleh majikan.

B. TKI Formal.

Penempatan TKI formal ke negara-negara Asia Pasific, total ditanggung oleh pekerja. Apa saja? Semua? Fee agensi, fee PJTKI, medical check up, tiket pesawat, visa stamping dan seterusnya. Karenanya lumayan tinggi.

Untuk negara sedekat Malaysia saja, tanpa lewat agensi (jadi tak ada fee untuk agensi, hanya fee PJTKI), biaya minimal penempatan minimal sekitar 7 juta rupiah. Minimal.

Taiwan? Lebih tinggi. Untuk pekerja pabrik yang berpendapatan sekitar 5,5 juta perbulan, rata-rata calon TKI formal harus mengeluarkan dana sekitar 45 jutaan! Atau 8 bulan gaji! Apakah ada yang potong gaji? Ada tapi tak bisa sepenuhnya. Minimal setengah pembiayaan, calon TKI harus siap membayar.

Hampir-hampir tak bisa digoyang. Sebab kalau orang kita tak mau order pindah ke negara lain. Banyak negara pengimpor pekerja migran yang bakal menyambar. Taiwan contohnya membebankan pekerja asing asal Vietnam hingga USD 6000 per orang! Biaya yang dibebankan ke TKI? Sekitar USD 1500 di bawah itu. Tapi tetap saja mahal untuk gaji pokok yang sebesar 6-7 juta perbulan (tergantung nilai tukar rupiah terhadap dollar).

Pemerintah kita dalam hal ini BNP2TKI sebenarnya sudah mengeluarkan aturan bahwa untuk TKI formal yang ke Taiwan tak ada pembayaran di muka. Jadi TKI cukup menyiapkan dana untuk paspor dan medical dan beberapa biaya lainnya yang menjadi persyaratan (SKCK, asuransi) selebihnya cukup potong gaji saja sebesar 25 juta rupiah. Aturan yang bagus sebenarnya. Biaya penempatan turun hampir 50%. Namun di lapangan aturan itu tak bisa dilaksanakan. Karena pihak Taiwan yang tak mau menurunkan harga mereka. Mereka malah mengalihkan order ke negara lain seperti misalnya Vietnam. Karena itu belakangan, permintaan TKI untuk ke Taiwan menurun drastis.

Singapura? Hongkong? Boleh dikatakan hampir-hampir tak menerima TKI formal kita. Tapi tetap ada. Cuma tak layak dibahas saking sedikitnya.

Macau? Lumayan banyak. Ada ribuan TKI formal dan informal di sana. Tapi biaya agensi Macau (belum termasuk biaya proses di Indonesia dan fee PJTKI) sudah sangat tinggi. Saya pernah bertemu dengan beberapa agensi mereka, tapi tak lanjut ke bicara bisnis setelah mendengar tingginya pembiayaan dengan gaji yang biasa-biasa saja.

Bagaimana denagan Korea dan Jepang? Ini lahannya BNP2TKI. Ada memang TKI kita yang tidak lewat BNP2TKI alias TKI mandiri. Tapi sedikit sekali dan lebih baik tak usah kita diskusikan.

Lalu adakah penempatan TKI formal yang gratis ke negara-negara Asia Pasific? Ada! Tapi terbatas pada orang-orang migas dan engineering!

Bagaimana dengan TKI formal ke negara-negara Barat? Terus terang sekarang sudah jarang. Jarang sekali. Kalaupun ada masih seperti dulu. Biaya seluruhanya total ditanggung pekerja.

Untuk kesekian kalinya saya tegaskan, kami PJTKI/PPTKIS adalah pebisnis. Dan yang kami rekrut juga orang yang mau kerja dengan hitungan bisnis bukan kerja sosial. Jadi tentu saja perhitungan dan pertimbangan kami juga bisnis. Dan saya yakin semua orang yang nyasar ke blog saya adalah orang yang hendak berhitung secara bisnis. Kalau tidak? Maaf saja blog saya tidak bermanfaat buat anda yang tak berniat berkalkulasi bisnis sebelum kerja ke luar negeri.

Jadi tidak adil bila ada tuduhan bahwa kami melulu perhitungan bisnis sementara pihak yang kami rekrut tidak.

Namun saya tetaplah manusia, masih punya sisi sosial, makanya buka ‘rahasia’ di internet buat siapa saja yang mau berkecimpung dan ikut merasakan duit dari dunia bisnis di luar negeri lewat kami, PJTKI.

Pada akhirnya semua ini tentang bisnis baik itu PJTKI maupun TKI.

Yang lainnya? Sama saja.

Semua yang saya tulis di sini hanya sekedar upaya kecil untuk menjadikan hubungan bisnis ini lebih manusiawi saja.

Bagi anda, calon TKI yang ditetapkan oleh PJTKI/PPTKIS untuk membayar di muka silakan klik https://pjtkidantki.wordpress.com/2014/01/31/satu-lagi-kiat-menghindari-penipuan/

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

191 Balasan ke Tentang biaya penempatan TKI (informal dan formal)

  1. soleh berkata:

    asslm admin pjtki wordprees.

    Menindak lanjuti informasi yg bapak sampaikan mengenai low kerja di Arab melalu PT Tifar, beberapa hari lalu saya sudah menghubngi PT yg bapak rekomendasikan melalui tlp. Tidak banyk info yg bisa saya dapatkan dari percakapan tlp tersebut, karna oleh lawan bicara saya, saya disuruh datang langsung karna kebetulan pada hari itu “sedang diadakan wancara”, begitu katanya.

    Sampainya disana, tanpa basa basi saya langsung diminta berkas lamaran yg saya bawa untuk kemudian didata, tanpa sempat “ngobrol” bertanya lebh banyak mengenai hal hal yg sekiranya perlu saya ketahui sbg seorang yg tertarik menjadi calon TKI melalui PT Tifar tersebut seperti, soal kontrak kerja, biaya, prosedur ini itu dan lain sebagainya.. Keperluan saya ingin mengetahui itu semua adalah agar saya dapat lebih mudah dalam mersiapan segala sesuatunya, yeaah bisa dikatakan saya mau atur “strategi” begitu.. Soalnya semua ini perlu biaya yg untuk saya perlu direncana dgn baik.

    Ok, lanjut ceritanya.. He he:D
    Setelah didata, kembali tanpa basa basi saya diarahkan untuk mengikuti beberapa tes diantaranya tes ketrampilan dan tes fisik yg hingga pukul setengah 6 sore baru selesai. Sudah mengikuti tes yg terakir pada hari itu (fisik) itu, saya agak kebingungan untuk langkah selanjutnya saya harus ngapain gtu. Akirnya oleh salah seorang pegawai, saya di persilahkan untuk pulang dulu dan akan dihubungi bilamana “gaji dari sana udah turun” katanya.. Dan terus terang saya g ngerti yg dimaksud “nunggu gaji turun” itu apa bagemana.. Mau saya tanyakan lebih diteil, saya merasa pada saat itu waktunya kurang pas oleh sebab kesibukan dari para pegawai disana.

    Pak admin yg saya hormati. Saya sh sebetulnya seneng aja, datang langsung ini itu tanpa berbelit belit .. Bagus, to the poin, pokoknya keren lah. Cuman y itu tadi, jadi ngg sempet nanya nanya, efeknya saya jadi galau selama nunggu info selanjutnya nh .. Pengen tau saya ditrima apa ngg.. jika iya.. Kpn brngktnya.. Dll. Sudah itu beberapa kali saya coba minta info dari tlp tp klo ngg sibuk y ngg di angkat.. Makanya untuk mengurangi galau hati saya curhat disini.. Harapannya bisa dapat sesuatu dari admin disini, mungkin ada yg bapak ketahui yg saya belum tau tp perlu tau bgtu.. Soalnya saya ngarep bgt kerja di LN (Arab)

    Demikian curhat “pendek” saya mohon tanggapanya.. 😀 Sebelum sesudah, saya ucapkan bermilyar trima kasih yg sebesar besaarnya.. Maap bila blepotan acakadu juga kepanjangen, make hp soalnya.. 😀

    • Humari berkata:

      Pak Soleh, sebagian PJTKI ‘tua’ memang seperti itu. Malas memberikan keterangan. Tifar adalah salah satunya. Dan saya sudah mendengar itu sejak lama.

      Makanya, saya pesan minta foto kopi kontrak kerja. Mereka punya kok. Hanya memang, staf mereka malas memberi keterangan ini itu.

      Karenanya blog ini saya buat, sebab masih banyak PJTKI yang kaku dalam memberi keterangan. Itu juga disebabkan oleh pengurusan dokumen yang berbelit. Soal yang terakhir belum banyak saya buka di sini.

  2. soleh berkata:

    Pak Humari yg saya hormati.. Ya, memang begitulah fakta yg terjadi di lapangan. Pengalaman pertama saya berurusan dgn PJTKI khususnya PT Tifar ini, adalah salah satu bukti yg menguatkanya.

    Sikap “malas” dari beberapa oknum pegawai berimbas makin menambah kesan kurang baik terhadap instansi PJTKI tempat mereka bekerja, saya ngrasain sendiri.. yg jika hal itu tidak segera mendapat perhatian, stigma buruk yg kadung terstempelkan pada PJTKI makin mendekati kebenaranya.

    Saya curiga, sikap “malas” para oknum pegawe ini karna adanya “hubungan gelap” dgn para sponsor (baca:CALO) TKI..
    Karna biasanya, para sponsor (calo) dgn modus membantu (baca:nipu), padahal yg sebenarnya terjadi boro boro membantu, tp adalah menyulitkan calon TKI dgn cara menyembunyikan informasi agar para “klien (korban)” si calo tersebut tetaplah “bodoh” supaya lebih mudah “dikelabui”. Tujuanya jelas, keuntungan materi. Soal yg dilakukanya itu salah atau benar, kejam/tidak kejam, efek merusak yg ditimbulkanya .. biasa oleh mereka tidak begitu perhatikan. Pokoknya pak Humari tau sendirilah mental mental dari banyak oknum di negara kita ini.. Apa sh yg g dicaloin.. Segala lini, semua sisi, menyeluruh segi tak lepas dari praktek praktek percaloan.. .. Hiks ;(

    (membayangkan efek berantai dari prilaku pembodohan oleh para calo bikin saya nysesek, hampir nangis ngg bisa ngomong apa apa lg.. Kasian negara/bangsa gue) ;(

    Pak Humari saya hormati.. Kiranya saya perlu memohon maaf yg sebesar besarnya karna fokus curhat kedua saya ini, bahasanya sudah melebar kemana mana. Hal ini tidak lain dikarnakan sesungguhnya saya sangat prihatin sekali mengingat, sumbangsih PJTKI yg tidak bisa dibilang sepele pada bangsa/negara, di masyarakat PJTKI kurang mendapat penghormatan sebagaimana mestinya. Sudah umum, anggapan bahwa, “PJTKI tak ubahnya seperti usaha penyalur pembantu ecek ecek yg banyak berkantor di gang gang sempit di JKT. Dan PJTKI adalah penyalur pembantu yg klienya adalah londo (org asing)”. Sangat disayangkan, padahal sbg “pencetak” “pahlawan” dgn banyaknya TKI yg telah berhasil sbg penyumbang devisa yg besar, menjadi faktor penggerak positip dalam hal kemajuan ekonomi desa, PJTKI pantaslah mendapat penghormatan yg sejajar dgn Perseroan atau badan usaha bonafid lainya.. seperti BUMN lah misalnya.. Karna menurut saya, peran strategisnya dalam hal solusi pemerataan kemakmuran (saya tidak katakan mengentaskan kemiskinan, bukan tugasnya 😀 ) yg seperti halnya dgn BUMN, berhubungan dgn hajat hidup orang banyak begitulah..
    Come oon.. ! Saat keluarga saya kebingungan untuk sekedar memikirkan apa yg akan ditanak sore nanti diri, saat rumah yg kami tinggali hanya tinggal nunggu terpaan angin kentut saja untuk roboh.. Kakak perempuan sayalah yg kemudian berinisiatif menjadi TKW melalui PJTKI, yg kemudian seperti menjelma bagai malaikat penolog.. Ngga ada itu progam pemerintah apa gtu yg secra langsung membantu.. Jika saya harus mengurutkan ucapan terima kasih dari mulai yg paling berperan dalam menjaga dapur keluarga kami tetap ngebul, PJTKI pastilah mendapat prioritas yg jaaauuh lebih tinggi dari pada pemerintah yg katanya.. inilah itulah :p

    Oiya Pak Humari yg saya hormati.. Oleh sikap “malas” dari para pegawai kemarin ini, sbg seorang calon TKI, saya yg manusia ini kok jadi merasa diperlakukan hanya sebatas sebagai komoditi dagang, seperti barang menyusahkan digudang kualiti kontrol yg nunggu sortiran untuk segera diekspor atau masuk tong KW bila tak masuk standar.. Bukan sbg klien yg sedang butuh pelayanan jasa dari sebuah perusahan yg usahanya memang memberikan jasa. He he, mungkin semua penilain ini terlalu emosional ..tp jujur, itu lah yg saya rasakan/kesankan berdasar pengalaman pertama ini.

    Oiya.. Trims ats tnggapan dan bantuanya. Curhatnya udah dulu.. Baru sadar udah ngetik sebanyak ini.. Hp jadul saya mau erorr ngg kuat muatin memori pengetikanya.. Hawdh.. -_-

    • Humari berkata:

      :)….. ok deh. Pokoknya nanti kalau terpilih dan diminta untuk medical check up dan membayar biaya ini itu, minta dulu kontrak kerjanya, Pak. Fotokopi gak masalah. Yang penting gaji, fasilitas dan semua hak dan kewajiban sudah diketahui sebelum mengikuti proses.

  3. soleh berkata:

    Oke.. Makasih atas semua bantuanya.. Mohon maaf bila ada dari kalimat saya yg kurang berkenan.. Apa yg saya utarakan disini sebetulnya cuman mao ngomong klo SAYA MAU KERJA SEBAGAI TKI DENGAN SUNGGUH SUNGGUH, MOHON PADA SEMUA PIHAK JGN PERSULIT GUE, Plizzz ! ..gtu aja sh, he he..:D

    bdw saya mo kasi pujian.. blog nya very very bagus.. Isinya luar biasa informatif. Gaya bahasa tulisannya mudah dipahami.. Enak dibaca.. singkat, padat, jelas, jujur, berisi.. Pokoknya top abis ngg ada duanya 🙂

    oiya.. saya paling suka sama kata kata ini, “Semua yang saya tulis di sini
    hanya sekedar upaya kecil untuk
    menjadikan hubungan bisnis ini
    lebih manusiawi saja.” .. Wow Kereen.. 😉

  4. Saya salut sekali dengan kejujuran anda yang mengatakan bahwa semuanya adalah Bisnis. baik PJTKI maupun TKI harus dalam lingkup kerjasama bisnis untuk bisa kerja diluar negeri. Tapi saya sangat tidak setuju sekali bahwa TKI Formal harus membiaayai diri nya sendiri untuk bekerja diluar negeri. Perusahaan apapun diluar negeri mempunyai Dana untuk recruitment dan membayar agent. Agent dibayar oleh perusahaan dan tidak gratis dan tertuang dalam kontrak perjanjian. Jadi informasi anda tentang TKI Formal harus bayar sendiri sangat menyesatkan.
    Kalau PJTKI mengutip uang dari pekerja, berarti keuntungan bisnis PJTKI memang sangat menggiurkan. Kenapa jadi TKI kalau bisa bikin PJTKI sendiri.
    Salam.

    • Humari berkata:

      Hehehehehehe…….info menyesatkan.

      Begini, tak semua perusahaan mau membayar dana perekrutan. Yang paling bisa mendanai semua paling hanya perusahaan yang bergerak di bidang migas dan industri yang dekat-dekat dengan itu.

      Bahkan MOH (Ministry of Health) Kuwait, Arab Saudi, UEA, Qatar pun tak mau mendanai biaya perekrutan dan penempatan perawat untuk rumah sakit yang mereka kelola sendiri. Ini pemerintah lho.

      Bagaimana dengan swasta non migas? Lebih parah lagi.

      Kami PJTKI, pernah menolak berjamaah order dari Kuwait untuk penempatan TKI formal non migas. Silakan cek dengan Pak Hariyadi dari KBRI Kuwait kalau tak percaya. Masalahnya ya itu, pembiayaan.

      Saya sendiri tiap minggu minimal menolak 2-3 order karena masalah semacam ini.

      Mengapa pihak luar enggan membiayai TKI non migas? Jawabannya klasik, seperti pernah diungkap oleh salah satu bos pabrik roti dari Kuwait: Filipina, India, mau bayar sendiri biaya penempatan. Kenapa kami harus membayar biaya penempatan ke Indonesia? Kalau cuma buruh (tak perlu bahasa Inggris asal sehat dan kuat) apa urgensinya bagi kami merekrut dari Indonesia.

      Perusahaan Qatar, UEA sama saja. Arab Saudi yang mending. Saya sering mengirim TKI formal kategori blue collar gratis ke sana. Tak banyak.

      Orang migas kita bisa kerja ke sana dengan gratis dan tetap menjadi negara sasaran perekurtan, karena kemampuan yang di atas rata-rata. Selain itu perusahaan yang bergerak di bidang migas (atau yg nyerempet2) rata-rata lebih kaya di banding hospitality, healthcare misalnya.

      Dan perlu Anda ketahui, pembiayaan yang dibebankan PJTKI/PPTKIS terhadap calon TKI formal non migas, masih mending dibanding agen perekrutan Filipina, India misalnya.

      Sebagai contoh, diluar biaya perekrutan dan tiket pesawat, ada lho perusahaan di Arab sono dapat uang hingga USD 600 per orang dari calon pekerja Filipina! Perawat India paling demen kalau pemerintah Kuwait buka lowongan buat rumah sakit mereka. Gaji yg ditawarkan awalnya sudah sekitar USD 1200 – 1500. Mereka mau membayar agen hingga 10 kali gaji! FIlipina? 2-3 kali gaji! Indonesia di bawah itu, terakhir saya cek tahun 2011 (meski perekrutan itu gagal karena kalah nilai dalam ujian tulis dari perawat Filipina) biaya perorangnya hanya 10 juta rupiah, sudah termasuk dengan penerjemahan dokumen mereka yang seabrek!

      Soal keuntungan yang menggiurkan, semua bisnis haruslah menggiurkan. Jika tidak, bisnis tersebut takkan bisa menjadi industri. Dan untung yang menggiurkan tidak salah, tidak dosa.

      Soal ide lebih baik jadi PJTKI daripada TKI, ya siapapun boleh terjun. Kalau mampu: keuangan, pemasaran, penyelesaian masalah, survive terhadap tudingan bertubi-tubi (sebab di dunia kami pameo wajib adalah: apapun permasalahannya yang pasti salah adalah PJTKI), dsb-dsb.

      Kenyataannya tak semua bisa bertahan. Buktinya, minimal 30% PJTKI tak aktif, 30% hidup segan mati tak mau. Kita cuma punya 500an PJTKI. Filipina saja ada sekitar 1200. Silakan cek di BNP2TKI dan POEA (Filipina)

      Bahkan PJTKI yang dibiayai asing saja sudah ambruk.

      Soal gratis dan gratisan bagi kami PJTKI bukan tanpa resiko. Pernah lho saya berhasil melobi klien Italia yang punya proyek di salah satu negara di wilayah Teluk, untuk menerima salah seorang engineer kita yang plegak-pleguk berbahasa Inggris. Waktu itu saya menyampaikan pesan dari salah satu senior engineer yang sudah diterima yang mengancam akan mundur kalau yuniornya tidak ikut direkrut.

      Klien saya mengalah. Visa mereka berdua turun. Tapi apa yang terjadi? Setelah saya membiaya medical check up, mengganti reimbursement transportasi, keduanya saat dipanggil tak datang lagi! Dan itu bukan kasus yang paling parah. Yang lebih bikin masgul saya pernah mengalami (tak sekali dua kali) TKI formal migas yang pulang sebelum kontrak kerja berlangsung satu tahun. Bukan apa-apa, selain itu merugikan secara hitung2an keuangan, klien juga mesti membuat permohonan visa baru untuk pekerja pengganti.

      Kalau seandainya mereka pulang sebelum probation, PJTKI yang harus mengganti ribuan dollar.

      Dan tahukah Anda persoalan yang saya ungkap diatas bukan saya saja yang mengalami? Silakan cek PJTKI lainnya.

      Sekali lagi saya tegaskan yang bisa memberikan info tidak menyesatkan bukan hanya Anda seorang. Dan saya bersyukur pengunjung terbesar blog saya adalah calon TKI blue collar. Bukan para pencari info yang belum apa-apa sudah merasa tahu.

      Saya seorang pencari order di PJTKI, kerap juga merangkap sebagai perekrut, bahkan sudah membuka semua info penting soal perekrutan di blog ini. Info yang tersedia boleh dibanding dengan blog lainnya tentang TKI.

      Cobalah untuk berbaik sangka.

      • Terima kasih masukannya. Kebetulan besok 10 Mar 2013 pak Menakertrans datang ke Kuwait. Semoga masukan dari semua pihak bisa digunakan untuk mencari jalan tengah terbaik. Blog anda membantu dan saya bisa memahami dari sisi PJTKI.
        NOTE : Yang saya ketahui sampai detik ini semua perusahaan di Kuwait membayar fee ke agency untuk recruit TKI Formal dan melalui proses di Ministry dan yang non formal juga membayar sekitar KD 800 ke agency di Kuwait per TKW. Tidak hanya perusahaan besar Migas. Entah kalau ada perusahaan abal abal yang bisa membypass proses dan untuk hal ini saya tidak tahu..
        Salam dari Kuwait

      • Humari berkata:

        Soal fee dari perusahaan Kuwait yang non migas, hampir2 tak ada yang mau membiayai calon TKI kita. Silakan tanya ke Pak Hariyadi, Atase Tenaga Kerja KBRI Kuwait. Cek juga ke Pak Naekma dan Bu Elia, Direktur Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas Tenaga Kerja Luar Negeri, BNP2TKI.

        Seandainya etis (sayangnya tidak, karena semua percakapan saya dengan perusahaan asing non migas lewat email perusahaan) saya bisa membuktikan bagaimana kami nego dengan mereka dan menyebut nama2 perusahaan tersebut.

        Saya sendiri punya format kesepakatan yang disodorkan KBRI Kuwait dan harus disetujui perusahaan Kuwait yang hendak merekrut TKI dan mentoknya di pembiayaan. Tak ada yang salah dengan draft itu. Toh kalau pembiayaan semua dibebankan ke TKI takkan ada PJTK yang bisa mengambil order itu. Kalau kita kembalikan ke pihak Kuwait untuk membiayai, mereka pasti bandingkan dengan Filipina, India.

        MOH (Ministry of Health) Kuwait sekalipun hanya bersedia membayar tiket pesawat. Silakan cek PT. Binawan.

        Apakah ada PJTKI yang berani ambil order yang berat semacam ini? Ada. Makanya ada beberapa PJTKI di Jakarta yang punya permintaan menumpuk dan tak terlaksana. Di salah satu PJTKI bahkan ratusan visa Arab Saudi tak terpakai karena mereka salah baca situasi. Dan visa itu milik salah satu perusahaan terbesar di dunia di bidang retail. Bukan perusahaan abal2.

      • ahmad berkata:

        bpk humari yg trhormat….ada gak lowongan tki ke arab saudi yg informal,khususnya bidang tukang kayu….terima kasih

      • Humari berkata:

        Untuk tukang kayu semua formal. Tak ada informal. Sebenarnya ada saja. Cuma tak banyak. Tapi kalau Anda minat di kontruksi secara umum, datang saja ke PT. Tifar Admanco

  5. avez berkata:

    pak humairi,saya mau jadi tki usia 29 thn.jadi pembantu rumah tangga juga gpp.

  6. Rohim berkata:

    Muter muter ksana kmari ehh malah nyasar ke situs TKI
    Pas saya baca akhirnya ko’ rame jga y
    Dengan gaji gede, itu mnurut saya dng gji yg pas pasan sbgai mekanik d prusahaan AMDK selama hmpir 6 thn,,
    Saya jdi kpingin kerja ke luar negeri sbg TKI tapi kalau liat biaya yg harus d keluarkan terlalu besar yg bsa mncapai 40jt itu.
    Terus trang saya gakk sanggup.
    Yg ingin saya tanyakan:

    *bisahkah saya jd TKI formal di arab saudi,,?
    *bisahkan pembiayaan d bayar nanti langsung potong gaji,,?

    Skill:
    *mesin packaging AMDK (cup, botol, galon)
    *instalasi listrik
    *welding ( ngelas)

    Mohon bantuannya y,,
    Terima kasih

  7. beni berkata:

    Pak Hmari saya mau jadi tki di malaysia usia 19 tahun ada gak yah ……..

  8. sigit purnomo berkata:

    pak humari mau tanya…ada teman saya warga negara australia..katanya ia akan jadi sponsor saya untuk bekerja di sana..kalau boleh tahu..misalkan dia bisa jadi sponsor apa yang harus saya lakukan..??maaf buta sama sekali tentang sponsor..

  9. triyono berkata:

    pengen jadi tki cuma pengalaman saya hanya koki…..kapan ya impian saya jd tki kesampean.
    mohon di bantu..

    • Humari berkata:

      Sebenarnya untuk posisi sebagai koki cukup banyak kok. Anda sudah masukkan lamaran ke PJTKI yang biasa merekrut untuk pekerja hospitality?

  10. paparhazzi berkata:

    Salam Hormat Pak Humari….,
    Saya berminat kerja ke Canada ,,mohon info lowongannya…
    Thanks

  11. Hadi berkata:

    Saya seorang teknisi komputer, leptop softwere dn hardwere. Saya berniat cari loker luar negri, kira2 ada peluang tidak dan berapa biaya yg harus sy siapkan? Tks b4

    • Humari berkata:

      Untuk lowongan semacam ini hanya negara-negara Arab yang biasanya memberi visa. Tapi kita kalah saing dengan pekerja India yang bergaji murah dan mau bayar tinggi buat masuk ke sana.

      Cuma kalau pintar bahasa Inggris dan bisa nego, keahlian semacam ini bisa kerja di sana dengan biaya sebagian besar ditanggung perusahaan. Saya sendiri pernah dapat order semacam ini tapi tak ada yang melamar. Jadi setelah itu kalau ada lagi tak saya ambil.

  12. yanto caswianto berkata:

    assalamu’alaikum.salam hormat Bpk.Humairi. saya yanto dari bandung,usia saya 32tahun.bapak saya minta bantuannya,saya ingin kerja di singapore tp ada tidak biaya nya di tanggung sama PT?tidak apa apa kalau tar gaji saya dipotong.mohon bantuannya. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.wassalam

    • Humari berkata:

      Untuk Singapura, permintaan TKI hanya di sektor informal alian pembantu rumah tangga. Dan mereka hanya mengambil wanita pembantu rumah tangga. Laki-laki tidak ada. Jadi tidak ada PJTKI/PPTKIS yang merekrut TKL (tenaga kerja laki-laki) untuk Singapura

      • Yanto Caswianto berkata:

        pa humari kalau untuk TKL yg prosedurnya kaya yg diatas ada ga.???khusus negara mana aja yg masalah pembiayaannya di tanggung sama PT dulu?tidak apa apa kalau tar gaji saya dipotong.mohon bantuannya. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.wassalam

      • Humari berkata:

        Untuk yang pembiayaan potong gaji biasanya Arab Saudi saja. Itupun untuk posisi tertentu alias pekerja yang punya skill. Negara Arab lainnya, Qatar, UAE, Kuwait melarang pemotongan gaji. Jadi harus selesai semua sebelum terbang ke negara mereka.

        Kalau tak ada skill khusus, sulit mendapatkan hal semacam itu, karena calon pekerja migran dari India, Filipina, Pakistan, India, Nepal, Srilangka, Bangladesh berani bayar mahal. Saya berani menulis bahwa di antara semua agensi perekrutan dan penempatan negara-negara tersebut agensi Indonesia alias PJTKI/PPTKIS yang mencharge paling murah. Karena bagaimanapun negara kita masih lebih mending dari mereka.

  13. yanto caswianto berkata:

    maaf pa humari,,kalau bisa tau,,skill apa saja yg bisa masuk ke negara tersebut..?? saya mengoprasikan komputer bisa,,saya sempat jadi gardenner di sebuah hotel di bandung,saya juga sempat jadi koki dan wairess di salah satu restauran di bandung.dan sempat jadi ass.administrasi di sebuah universitas di bandung..mohon bantuannya pak,,sebelumnya saya ucapkan banyak banyak terima kasih.

    • Humari berkata:

      Masuk ke negara mana? Hal paling utama untuk mendapatkan visa kerja dari suatu negara adalah calon pekerja diterima sebagai pekerja oleh perusahaan di luar negeri. Kalau sudah ada itu baru urus tetek bengek dokumen. Jadi fokus cari lowongan dulu. Untuk negara-negara barat, sedikit sekali lowongan buat kita.

  14. yanto caswianto berkata:

    terima kasih pak atas pemberitauan dan banatuannya..

  15. Juli Juardi berkata:

    Ass…

    salam sejahtera..
    Saya ingin sekali membaktikn diri saya kesalah satu negara yang membutuhkan tenaga saya melalui perusahaan ini,tapi saya terbengu oleh biaya yang kadang-kadang terlalu tinggi bagi saya.
    fropesi saya sekang ini supir yang penghasilannya sangat minim untuk menutupi kebutuhan saya dan keluarga.
    saya lahir d kota tangerang,07 juli 1979.
    saya belum pengalaman bekerja d luar negri,tapi saya sangat bercita-cita ada perusahaan yang bisa menyalurkan saya ke luar negri.
    Saya harapkan bantuannya kepada pemimpin perusahaan ini untuk memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi keluarga/angota yang bapak pimpin.
    Sebelumnya saya ucapkan bayak-banyak terimakasi.

    Salam sejahtera_
    JULI JUARDI

  16. Sugiono berkata:

    Trimksih.. Jels dn sangat jelas. Jadi pertimbangan yg sngat matang.. Untuk para CTKI seperti sy..
    Salut…!!
    Bismilah.. Minta kerja jadi TKI informal..
    @Driver.

  17. dedik kurniawan berkata:

    malam pak,,,, ada lowongan untuk kerja di korea atau taiwan gak….. saya lulusan SMK dan sebentar lagi mau lulus D3…
    saya bisa mengoprasikan ms office,,… klau ada bagian yang lain juga tidak apa-apa…

  18. Helen berkata:

    Pak Humari yg terhormat,
    Saya mau bertanya dengan sejujur2nya… umur saya 23 tahun,,pernah bekerja hampir 2 tahun di korea selatan bidang industri/factory. Tapi tidak melalui BNP2TKI, saya melalui visa turis,,kemudian overstayed. Banyak teman2 saya dari Indonesia maupun negara2 lain dengan cerita yang sama. Kemudian karena saya sudah departed dari Korsel, bagaimana bila dengan paspor baru, saya ingin berangkat ke negara lain dengan visa kerja ? apakah bermasalah ? terutama bila paspor saya tidak bermasalah, saya ingin membuat visa kerja pekerjaan musiman di selandia baru. Dan bagaimana caranya mendapat sponsor/ job offer ? Kemungkinan saya ada teman, citizen di Selandia baru yang mau mensponsori. Teman saya cerita pernah bekerja di Australia selama 2 tahun di perkebunan anggur ( dengan visa turis juga katanya), kemudian dia ke korsel jg dgn visa turis, overstayed, tapi berakhir dengan menikah dgn pria korea, kmudian pulang ke indonesia utk mengurus visa mix married.
    maaf bila tulisannya sampai kemana2, atas saran dan pencerahan dari bapak saya ucapkan terima kasih banyak.

  19. Rochim Lhe berkata:

    Assalamualaikum…
    Saya seorang tki dri banyuwangi yng bekerja di malaysia saya berencana ingin mencari pengalaman di korea ya karena usia saya yng masih muda dan hobi saya yng suka bgt kerja jauh dari rumah….itung2 jga cari tambahan buat bntu orang tua hehehe…..

    Yng jdi pertanyaan saya….karna saya masih 2,5 thun lgi di malaysia apa bisa sya sekalian bekerja di malaysia sekalian saya kerja sekalian saia mengikuti persyaratan untuk ke korea…???
    Sebelumnya trimakasih ya boz….

  20. ariskurniaz berkata:

    boz admin, ane mau nanya,,,, untuk sekarang ini akhir tahun 2013 apa masih ada perekrutan tki formal ke saudi arabia, khususnya mekah ato madinah sbg cleaning service di masjidil haram dan sekitarnya,,, mohon pencerahannya boz

  21. muhaddas berkata:

    mantap..info bagus jadi kita bisa tau sistemnya sperti apa karena banyak anggapan yang salah saat kita mencari info kerja ke luar negeri

  22. Malik berkata:

    Assalamualaikum,
    Adakah lowongan untuk electrician di saudi / middle east ?

  23. naziullah berkata:

    Dear P Humari
    Saya sedang mencari cari pekerjaan di singapura untuk sektor formal pria
    saya sering berkunjung ke sana untuk mencari pekerjaan tapi mereka minta kartu permanent resident untuk warga selain singapura.sedangkan untuk buat PR butuh biaya yang tidak sedikit.
    yang saya mau tanya adakah rekan/teman anda di PJTKI yang lain atau yang tinggal di singapura
    yang bisa memberikan info pekerjaan di sana
    Terima kasih atas bantuannya

    • Humari berkata:

      Selain pembantu rumah tangga, Singapura hanya menerima TKI tidak melalui PJTKI maupun BNP2TKI. Jadi kami tidak bisa diharap untuk dapat membantu. Singapura, seperti negara barat lainnya cenderung merekrut WNI kita dari jalur pendidikan. Yang anehnya mereka lebih terbuka menerima pekerja dari Asia Selatan (India, Bangladesh). Ada memang yang mendapatkan permanent resident tapi mereka punya keahlian tertentu atau dana yang besar.

  24. Gak dapat izin suami kok bisa pergi ya

    • Humari berkata:

      Bisa saja, bila istri Anda mengaku lajang dan mendapatkan surat izin dari orang tua atau walinya. Tapi bila Anda punya surat nikah, Anda bisa tuntut siapa saja yang terlibat. Apalagi bila PJTKI tak punya surat izin juga dari orang tua atau walinya. Makanan empuk buat diperas. Tak usah pakai LSM (Kalau pakai mereka duitnya dibagi-bagi). Ancam saja lapor ke BNP2TKI, PJTKI biasanya ngalah 🙂

  25. Kalau saya buat laporan kehilangan di POLDA METRO JAYA bisa dipulangkan tidak istri saya blum mendapat izin dari sumi.

    • Humari berkata:

      Kalau Anda menikah dengan istri Anda dengan prosedur negara (lewat KUA) dan istri Anda masih berada di asrama BLK LN atau PJTKI/PPTKIS bisa saja. Tapi kalau sudah di luar negeri prosesnya agak lama. Hanya siapa saja pihak yang terlibat dalam proses penempatan istri Anda bisa dipidana.

      • Saya punya surat nikah boleh saya minta email BNP2TKI atau PJTKI biar yangg berangkatkan ataupun sponsor bisa di jerat secara hukum

        Atah saya mau buat laporan kehilangan ke kepolisian buat ka jahroh kan blum dapat izin dari suami biar yg berangkatkan atau sponsornya di proses secara hukum

      • Bagaimana langkah pertama yaang harus saya tempuh melaui jalur hukum atau melaui BNP2TKI terlebih dahulu

      • paudauraaja berkata:

        Saya sudah email ke BNP2TKI tapi belum ada respon maaf bisa diteruskan email saya kepada pihak pihak terkait.trims

      • Humari berkata:

        Wah, maaf Pak. Saya sendiri tak buka identitas saya pada siapapun. Jadi saya tak bisa banyak bantu selain menayangkan komplen ini. Kalau bisa ditulis kronologisnya lengkap dengan nama PJTKI yang menempatkan.

      • paudauraaja berkata:

        Sponsor yangg berangkatkan istri saya saya juga tidak †ά̲ů katanya di cawang otosta bisa dicek dari data2 istri saya nama ktp tanggal lahir atau data lainya.thankss

      • Humari berkata:

        Pak mengeceknya lewat mana? Harus diketahui PJTKI/PPTKISnya. Dan kalau misalkan hamil tak mungkin ada yang mau berangkatkan. Saat ini semua PJTKI/PPTKIS yang ke negara-negara Arab sebagian besar tidak menerima pelamar. Karena hanya menempatkan untuk Oman dan Qatar. Karena penempatan ke Arab Saudi, UEA, Kuwait, Syria semua ditutup.

        Khusus ke Qatar, setiap PJTKI hanya bisa menempatkan 10 orang per bulan! Bahkan peluang TKI informal yang berusia 35 tahun ke atas sangat kecil. Yang hamil hampir pasti ditolak.

      • paudauraaja berkata:

        Sekali Lªğ[̲̅̅I̲̅]. Saya mohon maaf,apakah bapak bisa menginformasikan alamat email aktif BPN2TKI…thx

      • Humari berkata:

        Ini alamat lengkap pengaduan. Kalau Anda cari digoogle juga langsung ketemu:

        Pengaduan atau Call Center BNP2TKI (24 jam dan gratis)
        Pelayanan pengaduan TKI yang didirikan BNP2TKI dan diresmikan pendiriannya pada 27 Juni 2011. Call Center TKI ini disebut pula dengan Call Center BNP2TKI.
        Telepon Halo TKI: 08001000
        Faksimili: (021) 29244810
        Telepon dari luar negeri: +6221 29244800
        Email: halotki@bnp2tki.go.id
        Surat-menyurat: Call Center BNP2TKI, Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.

      • paudauraaja berkata:

        Terimaksih saya sudah melakukan pengaduan ke BNP2TKI

  26. Langkah hukum apa yangg harus saya tempuh saat ini membuat laporan kehilangan ke POLDA METRO JAYA atau saya email dahulu ke BNP2TKI.trimakasih

  27. Istri saya pergi tanpa izin saya sebagai suminya dan meninggalkan dua orang anak sedangkan dia keadaan hamil 4 bulan nama: siti zahroh usman saer tgl lahir: 15 november 1981 (bogor) alamat ktp.jl.H.rausin rt.002 rw.01 kel.palmerah kec.palmerah jakartaa barat 11480

  28. paudauraaja berkata:

    Selamat siang

    Kenapaa istri saya belum mendapatkan izin dari suami bisa berangkat ke qatar meninggalkan 2 orang anak yg masih kecil dan dalam keadaan hamil 4 bulan saya akan buat laporan kehilangan ke POLDA METRO JAYA dan LSM terkait data istri saya bernama siti zahroh usman saer tgl lahir 15 november 1981 alamat ktp.JL.H.Rausin no.B70 rt.002 rw.01 kel.palmerah kec.palmerah jakartaa barat 11480

    Bagi anda yaang mempunyai hati nurani dapat meneruskan email ini kepada pihak pihak terkait…

    Istri saya mempunyai yayasan paud aura qolby anak anak didikannya pun jadi terlantar haruskah saya buatkan laporan khilangan ke POLDA METRO JAYA atau LSM terkait agar diproses secara HUKUM yangg memberangkatkan atau sponsor.

    • Humari berkata:

      Pak, kalau istri Anda hamil takkan lolos medical check up. Dan tak ada PJTKI yang berani ambil resiko menempatakan orang hamil. Percuma. Kalau dipaksakan tetap berangkat bakal dipulangkan dan PJTKI bisa didenda hingga 2000 dolar lebih.

      Juga bila kandungan digugurkan lebih bermasalah lagi. Medical check up saja tak lulus bagaimana mau terbang. Kecuali diberangkatkan miring tanpa proses online KTKLN.

      Bila Anda mengadu ke LSM percuma, karena mereka menentang penerapan KTKLN bahkan berusah menjebol sistem itu. Silakan di internet bagaimana berhasilnya mereka membantu TKI tanpa melalui prosedur online. Dan itu ilegal. Itulah yang disebut perdagangan manusia alias trafiking.

      Bila pengaduan Anda ke BNP2TKI lengkap termasuk bisa menyebutkan istri Anda berangkat lewat PJTKI/PPTKIS apa, gampang kok. Percayalah PJTKI/PPTKIS macam ini akan digrebek. Mengapa? Itu bisa diduitkan milyaran kalau tidak direkturnya dijebloskan di penjara.

      • paudauraaja berkata:

        Memang pas medical ceck dia belum positive hamil tapi setelah 3 bulan kemudian karena keberangkatannya diley baru ketauan dia positive hamil,
        Sponsor yangg berangkatkan saya tidak mengetahui,tanpa izin saya selanjutnya langkah apa yaang harus saya tempuh.terimaksih

      • Humari berkata:

        Kalau gitu bila dicek ulang di Qatar dan ketahuan hamil, istri Bapak akan dipulangkan. Majikan takkan mau memperkerjakan wanita hamil. Sebab medical check up, dilakukan dua kali di Indonesia dan di Qatar.

        Saran saya, cari nama PJTKI/PPTKIS yang menempatkan. Itu dulu. Kalau tak ada, hampir pasti terbang secara ilegal.

        Apakah istri Anda pernah ke Qatar atau ke negara Arab sebelumnya? Sebab bila belum punya pengalaman sama sekali, jarang sekali majikan Qatar yang mau terima. Tapi sekali lagi kalau cara penempatan ilegal ya bisa saja.

      • paudauraaja berkata:

        Istri saya belum pernah sama sekali ke qatar ataupun timur tengah,sponsor alamatnya di cawang tapi saya gak †ά̲ů nama sponsornya ataupun PJTKI nya bapak punya email BNP2TKI gak? Sebelumya saya ucapkan banyak terimaksih semoga bapak diberikan kesehatan umur panjang barokah.

      • paudauraaja berkata:

        Maaf bagaimana cara proses yaang berangkatkan sponsor diproses secara hukum untuk wanita hamil dan belum mendapatkan izin dari suami,dan bisa di infokan kepada saya email BPN2TKI dan istri saya seperti wanita tanpa identitas legal keluar tidak berani takut ada razia serta ponsel blackberry di sita mau beli kartu perdana gsm saja takut dimanakah unsur kemanusiaan para PJTKi dan TKI di negeri ini,baru setelah saya email ke semua media massa lokal maupun internasional baru ada tanggapan,kami harapkan jangan cuma keuntungan materi semata para penyelenggara PJTKIdanTKI di indonesia tanpa ada unsur kemanusiaan.thx

      • Humari berkata:

        Pak sekali lagi, kalau pemberangkatan istri Bapak lewat prosedur yang benar, yang hamil takkan lolos. Pemeriksaannya berlapis. Sebelum ikut pelatihan harus medical check up menjelang berangkat check urin dan sesampai di Qatar medical check up lagi. Kalau ketahuan hamil, izin tinggal takkan keluar dan pemerintah Qatar akan memulangkan. Cek medis itu bukan PJTKI atau agen atau majikan yang melakukan.

        Soal unsur kemanusiaan, PJTKI/PPTKIS memang banyak menempatkan TKI lalu terkena masalah atau memang sudah bermasalah dari Indonesia. Namun jauh lebih banyak yang tidak bermasalah. Dari sekitar 3 jutaan ada puluhan ribu yang bermasalah. Masalah yang
        dibuat oleh PJTKI atau majikan atau bahkan dari TKI sendiri.

        Perkara yang Bapak alami itu sudah sering terjadi. Suami istri berselisih, istri lalu pergi melamar ke PJTKI. Agar tak diminta surat izin dari suami mengaku janda dan mendapatkan izin dari orangtua/wali atau siapa saja yang bisa diakui sebagai wali. Data dipalsukan. Kalau dilaporkan ke polisi, nanti polisi akan melihat siapa yang terlibat memalsukan. Bisa PJTKI dan bisa juga TKI atau bisa juga sponsor/calo atas kemauan dan seijin TKI. Dan siap-siap saja bagi pihak manapun yang melanggar mendapatkan sanksi.

        Setelah berangkat baru suami urin-uringan. Padahal ada masa minimal 2 bulan sebelum sang istri berangkat. Dan masa-masa itu bisa dibuat untuk mencegah. Kalau sang istri mau kabur juga gampang. Saat medical check up bisa, saat bikin paspor bisa, saat Pembekalan Akhir Pemberangkatan juga bisa atau bahkan saat menjelang terbang.

        Soal Blackberry yang disita, memang majikan biasanya tidak mengizinkan hp berkamera. Karena itu para calon TKI sebelum terbang, mereka menukar hp mereka yang tak ada kamera. Karena majikan tidak mau difoto diam-diam lalu fotonya tersebar. Kalau istri Bapak bisa menghubungi Bapak atau anggota keluarga yang lain, tandanya istri Bapak sudah diperbolehkan majikan untuk memegang hp.

        Dari pesan Bapak yang kirim bertubi-tubi ke saya, saya mendapat kesan bahwa Bapak punya masalah dengan istri. Selesaikan itu dahulu. Sebab dari kemarin saya bertanya nama PJTKI/PPTKIS yang menempatkan tak kunjung ada jawaban dari Bapak. Padahal, meski saya hanya seorang diri mengelola blog ini, kalau seandainya kenal saya bisa menyampaikan langsung ke PJTKI/PPTKISnya.

        Dan perlu diketahui, semua yang berhubungan dengan PJTKI/PPTKIS harus berhitung secara materi. Wajib! Karena PJTKI/PPTKIS memang dibuat untuk mencari profit. Soal kemanusiaan sudah ada UU, ada pemerintah yang mengawasi, ada LSM yang galak. Jadi ukurannya aturan dan UU yang berlaku saja.

        Keterangan lebih lanjut soal ini silakan klik https://pjtkidantki.wordpress.com/2013/01/27/tentang-biaya-untuk-tki-informal-dan-formal/

        Mengenai tanggung jawab PJTKI silakan klik https://pjtkidantki.wordpress.com/2011/07/28/tentang-tanggung-jawab-pjtki-terhadap-tkitkw/

      • paudauraaja berkata:

        +974443732** ini nomer telp yaang digunakan untuk menghubungi anak anak saya di qatar.trims

        ** No hp saya sensor, ini blog terbuka. Bisa disalahgunakan orang yang tak bertanggung jawab

      • Humari berkata:

        Maaf, saya tidak berhubungan lewat telpon. Konsultasi hanya saya ladeni lewat komentar di blog ini atau lewat email humarihidayat@yahoo.co.id

  29. adrian berkata:

    ass..ponakan saya bekerja di kuwait slama 4 thn,di dalam perjalanan pulang semua barang2 n paspornya di rampas/di curi di saat dia transit di ABUDHABI..mnrt bpa apakah biyaya kepulangan ponakan saya masih mnjdi tanggung jwb PT/bisakah pemerintah memulangkanya?krna skrg dia gx punya apa2 di negri org..n apa yg hrs keluarganya lakukan.?

    • Humari berkata:

      Lapor ke KBRI. Biasanya pemerintah akan menekan PJTKI untuk menanggung biaya. Tapi karena kontrak dengan PJTKI sudah habis, akan terjadi tarik ulur. Yang jelas lapor langsung ke KBRI.

  30. adrian berkata:

    KBRI mana mas,?3 bulan yg lalu setelah kejadian dia langsung lapor ke polisi di bandara di temani seorg wanita n dia juga di ajak wanita itu lapor ke KBRI abudhabi untk pembuatan paspor,setelah itu dia di ajak kerumahnya.stlh paspor jadi wanita itu berjanji klw jika dia mau kerja d rumahnya slama 3 bln,dia akan membiyayai kepulanganya.tpi stlh 3 bulan dia kerja wanita itu malah nunjukin surat kontrk 1thn bwt dia..wanita itu bilang kmu gx bisa pulang krna wanita itu tlah mengontraknya.yg jadi pertanyaan saya apakah bisa seorg majikan di sana membuat kontrk kerja tnpa sepengetahuan orgnya,n kpda siapa wanita itu membuat surat kontrk itu,?n apakah KBRI bisa memaksa wanita itu untk membayar gaji dia yg telah bekerja slama 3 bln di rumah wanita itu,n berapakah biyaya untk pembuatan paspor sana?stlh dia tau keadaanya sprti itu q suruh dia ke KBRI lgi,tpi udah 5 hari ini dah gx ada kabar lgi tentang dia..tolong mas,dia adlh tlg punggung klrga

    • Humari berkata:

      Tentu saja tidak bisa. Khusus TKI informal semua kontrak draftnya sudah ada di KBRI Abu Dhabi. Penandatangannnya juga harus disaksikan staf KBRI. Kontrak juga dibuat dua salinan, 1 untuk pekerja dan 1 lgi untuk majikan. Jadi tak bisa kontrak hanya dipegang oleh salah satu pihak.

      Kalau kontraknya yang dikeluarkan KBRI, gaji bisa saja dituntut. Kalau kontrak itu tanpa pengesahan dari instansi pemerintah manapun, paling bisa dituntut secara kekeluargaan.

      Paspor bisa dibuat di KBRI Abu Dhabi. Biayanya saya tidak tahu.

  31. Adrian berkata:

    Mas kira2 dia bisa di pulangin ke indo gx ya mas dgn keadaan n kejadianya seperti itu?disini keluarganya hanya mempercayakan semuanya pd seponsor yg dulu membawanya..mas apakah keluarganya perlu mengambil langkah2 lain agar bisa segera dgn cepat memulangkanya?saya sangat berterima kasih atas semuanya pa,n smoga allah melapangan jalan rezeki bapa..amin..

  32. Adrian berkata:

    Nama:Royi rohayati bin karen
    alamat:*******
    Desa:*****
    kec:*****
    kab:*****
    kot:jawa barat
    alamat facebook:nen’k *****
    ini sedikit bio data tentang dia,ya mungkin saja di antara bapa/ibu yg membaca postingan ini ada yg tergerak hatinya n mau menolong dia n keluarganya.krna di sini keluarganya bkn keluarga mampu..

    *****Disensor

    • Humari berkata:

      Lapor ke KBRI Abu Dhabi, Mas. Warga biasa pembaca blog ini tak bisa menolong secara langsung. Lokasi kasusnya di luar sana. Kalaupun ada WNI di Abu Dhabi yang menolong (misalnya bawa kabur dari majikan yang sekarang), malah membuat permasalahan yang baru dan melibatkan orang yang sebelumnya tak terlibat. Kami PJTKI yang datang kesana untuk mengurus kasus yang menimpa TKI langsung diberi peringatan oleh polisi Abu Dhabi karena itu dianggap mencampuri hukum negara orang.

      Di Indonesia juga begitu, kalau ada warga kita yang berselisih dengan orang Malaysia misalnya, tak bisa agen Malaysia atau orang Malaysia di sini ikut campur kecuali ingin membuat masalah baru.

      Juga jangan percaya LSM bisa urus. LSM tak bisa bergerak bebas di sana. Tak seperti di Indonesia.

      Pengaduan ke KBRI Abu Dhabi klik http://www.kemlu.go.id/abudhabi/Pages/Himbauan.aspx?IDP=1&l=id

  33. Adrian berkata:

    Maap alamat faceboknya:Nenk *****

    ***** Disensor (Bisa disalahgunakan orang yang tak bertanggung jawab)

  34. Adrian berkata:

    O begitu ya mas!makasih mas atas masukanya,Klw bisa tolong alamat KJRI nya dong mas biar saya bisa kasih tau keluarganya..untk brgkt ke sana..

  35. Adrian berkata:

    Maap mas,yang saya maksud pihak keluarganya yg di indonesia,kira2 hrs melapor kemana..?klw untuk s oyi,sblm putus kontak dgn kami katanya dia udah telpon ke KBRI untuk menjeput dia dari rumah majikanya,.yang jadi masalah kami gx tau dia jadi di jemput oleh pihak KBRI atw engga!!cz dah 6 hari yg lalu ampe sekarang dia gx ngasih kabar..n kami gx bisa menghubungi dia,krna kami hanya kontak lwt fcbok saja..

    • Humari berkata:

      Keluarga di Indonesia bisa lapor ke BNP2TKI:

      Pelayanan pengaduan TKI yang didirikan BNP2TKI dan diresmikan pendiriannya pada 27 Juni 2011. Call Center TKI ini disebut pula dengan Call Center BNP2TKI.
      Telepon Halo TKI: 08001000
      Faksimili: (021) 29244810
      Telepon dari luar negeri: +6221 29244800
      Email: halotki@bnp2tki.go.id
      Surat-menyurat: Call Center BNP2TKI, Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.

  36. Adrian berkata:

    Ok..trima kasih bgt atas inpo n masukan2nya dear humari..

  37. Adrian berkata:

    Ass..bpa/ibu humari yg saya hormati,jika dibolehkan saya ingin minta tolong,jika bpa/ibu punya relasi/teman di KBRI abudhabi,tolong carikan kaBar tentang dia,n berilah kami kabar jika mmg dia ada di KBRI..Maap jika berlebihann..tpi saya tak tega melihat ibunya siang malam hanya menangisi dia,tanpa daya n upaya..n kami pun tak tau harus kemana kami mengadu..

    • Humari berkata:

      Mas, yang paling gampang hubungi BNP2TKI. Nomornya sudah saya beri. Untuk nomor yang ini 08001000. Jadi tak ada alasan tak tahu hendak mengadu kemana. Kalau cuma menangis ya permasalahan tidak akan bisa diselesaikan.

      Maaf saya hanya membatasi diri untuk membantu lewat menjawab pertanyaan dan berbagi info di blog ini. Tak bisa ikut campur terlalu dalam karena memang bukan kapasitas saya selain sebenarnya saya tidak membuka diri pada orang siapa saya. Beberapa info yang saya buka tidak disukai oleh berbagai pihak termasuk teman-teman saya sendiri.

  38. aryaruendy berkata:

    info perawat lansia dong.. untuk panti jompo di hongkong..
    di web bnp2tki.go.id edisi 28 nov13 ada progam P to P yg melibatkan PPTKIS dg agency hongkong..
    239pptkis itu mana j? haruskah ijasah perawat? dan mengenai biaya.. tq..

  39. yanto anggara berkata:

    maaf mau tanya.bpk/ibu humari .untuk job formal taiwan.untuk jawatimur..pjtki..mna yng punya job order.saat ini.??

  40. meli berkata:

    pak humari yg terhormat… saya senang sekali menemukan blog bapak,bagi saya yg saat ini membutuhkan informasi sebanyak2 nya mengenai TKI sangat terbantu dgn membaca blog bapak.. tapi ada informasi yg lbh detail lg yg saya butuhkan pak, mengenai TKI formal non migas ke Dubai.. saya baru punya pengalaman kerja 1 tahun, dibidang administrasi.. kuliah saya D3 sekretaris di PTN d jkrta.. klo saya baca, perusahaan luar negeri lbh melihat pengalaman tanpa peduli lulusan mana,, klo saya berminat melamar k dubai melalui PJTKI, dlm sektor formal, tp sementara kerja serabutan dlu dikarnakan pengalaman saya yg msh minim, dlm artian tidak hrs d bidang saya, bidang apakah yg memungkinkan untuk saya pak? resto, hotel atau apa pak? dan memungkinkah klo saya membawa anak saya ikut pak? maaf klo panjang pak, trima kasih…

    • Humari berkata:

      Untuk bekerja di bidang perhotelan harus punya pengalaman di hotel juga. Kecuali menjadi waiter di restoran kadang mereka mau menerima yang non pengalaman.

      Kerja serabutan di Dubai tidak saya sarankan karena biaya hidup di sana sangat tinggi.

      Bila ingin membawa anak, Anda harus mendapatkan kontrak ‘family status’ alias boleh bawa keluarga. Khusus di bidang hospitality jarang sekali mereka memberikan kontrak jenis ini

  41. meli berkata:

    oh ya pak ketinggalan, dikarnakan info yg saya dpt, di dubai 80% penduduk nya adalah pendatang pak,, apa itu brarti pemerintahnya memberikan kelonggaran untuk tenaga kerja luar negeri mengadu nasib d negara nya pak? syarat2 apa aja yg dituntut pemerintah UEA khusunya dubai untuk para tenaga kerja yg akan mengadu nasib d negara nya pak? untuk bahasa inggris apakah udh syarat mutlak pak? soalnya bhs.inggris saya blm lancar pak,, makasih..maaf ya pak klo pertanyaan nya menyimpang,krna saya merasa bapak sdh banyak pengalaman mengenai tenaga kerja d luar negeri,, 🙂

    • Humari berkata:

      Khusus pekerja di sektor formal, pemerintah seluruh negara Arab sebenarnya mempermudah WNI untuk masuk & bekerja ke sana. Kita gagal memanfaatkan karena kelemahan di bidang bahasa. Untuk penempatan di Dubai, perusahaan di sana sangat menuntut kemampuan satu ini. Cuma perusahaan Arab Saudi yang bersedia menerima TKI dengan bahasa Inggris pas-pasan asal punya pengalaman. Negara yang satu ini jarang merekrut perempuan untuk sektor formal

  42. meli berkata:

    terima kasih atas jawaban2 nya pak.. brarti klo di bidang hospitality “jarang” memberikan kontrak kerja family status (khususnya d dubai), brarti msh ada kemungkinan ada ya pak yg memberikan kontrak sprti itu? dan apa saja yg didapatkan nanti pak? iya betul sekali pak, kelemahan WNI yg sebenernya minat melamar k luar negeri ada d bahasa (termasuk saya, hehe), mngkin banyak yg bs bhs.inggris, tp tidak sedikit yg kurang mahir b.inggris, pdhl kesempatan banyak d luar sana, terutama negara arab ya pak… makasih banyak pak dan sekali lg mohon maaf klo pertanyaan saya banyak sekali pak… hehe

  43. ratih berkata:

    pak, saya dan keluarga domisili di Oman, sedang mencari PRT utk keluarga saya, kebetulan anak saya masih susah berbahasa inggris jadi blm bisa ambil maid dari philipina. bisa nggak ya kalo ambil langsung di PJTKI di jakarta….saya bisa sediain invitation letter dr Oman. Thanks

    • Humari berkata:

      Tak bisa langsung. Anda harus ambil lewat agen di Oman. Atau coba tanya KBRI di Muscat. Kalau mereka bisa kerluarkan kontrak kerja, PJTKI bisa urus.

      • ratih berkata:

        Udah nanya di KBRI pak, cuma mereka juga saranin bawa dari Indo langsung aja krn bbrp alasan(salah satunya krn kebanyakan di sana ada byk calo dr kalangan TKW nya sendiri). sebenarnya, company tempat saya bekerja bersedia mengeluarkan invitation letter utk maid saya. kalo orang nya udh dpt, semua fee medical dan visa purposed saya bayar. Sekalian nih pak ya ngiklan disini…hehehe, saya mencari pekerja yg serius…saya perlakukan sebagai keluarga krn di Oman toh ngga banyak orang2 Indo. Carinya utk yg bisa sayang dan njagain anak2 saya….kebetulan saya kerja dr jam 8pagi – 3sore. Lingkungan pergaulan kebanyakan expat Eropa…jadi insya Allah nyaman 🙂

    • didy berkata:

      Ibu Ratih, apa tawaran ibu masih berlaku? Jika ya, apa bisa mohon korespondensi pribadi? Saya bisa dihubungi lewat didysari@gmail.com ~ Sebelumnya terimakasih, termasuk untuk Pak Humari. Salam.

  44. lukman berkata:

    pak saya mau tanya ada job ke saudi untuk cleaning service ngga ,saya ex saudi 4 th

  45. didy berkata:

    Pak, apa saya bisa mendapat alamat email Ibu Ratih yang menawarkan pekerjaan di Oman? Sepertinya saya tertarik dan berencana mengajukan diri. Jika tak keberatan mohon memberi kabar alamat Ibu Ratih melalui email saya. Terimakasih.

  46. Dewi berkata:

    Assalamualaikum Wr.Wb. Pak Humari yang terhormat ……. saya Dewi dari Jakarta, umur saya 36 th lulusan SMA dgn pengalaman kerja saya lebih lama di bidang retail sbg SPG dan Kasir, selain itu jg pernah kerja sbg staf administrasi dan operasional, saya berkeinginan utk menjadi TKI di Dubai atau Abu dhabi, krn kebetulan bnyk kenalan saya yg menyarankan demikian. Kira-kira apa ada info lowongan yg cocok dengan saya tp dgn biaya nya di tanggung sama PT? tidak masalah kalau nanti gaji saya dipotong selama potonganya masih terhitung wajar. Mohon bantuannya. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih. Wassalam.

  47. rudyanto berkata:

    Malam pak..mohon infox PJTKI yg berada di kota makassar..soalx sy domisili di makassar jd bs cari info job luar negeri langsung di kantorx gitu..tks atas infox pak..

    • Humari berkata:

      Saya tak punya info terbaru soal PJTKI/PPTKIS di Makasar. Dulu setahu saya ada, tapi hanya untuk ke Malaysia Timur, buat perkebunan. Sekarang saya sudah tidak dengar lagi

  48. Rudyanto berkata:

    Malam Pak.Gmn dgn PJTKI PT. MITRA SOLUSI INTEGRITAS alamat di jakarta..resmi ato ilegal pak..kredibilitasx gmn?? mohon infox..tks atas bantuanx..

    • Humari berkata:

      Mereka PJTKI resmi. Soal kredible apa tidak saya tak tahu banyak. Yang jelas kalau melanggar aturan mereka pasti sudah diskorsing. Kalau masih jalan ya pasti izinnya masih berlaku. Ada masalah?

      • Arya berkata:

        Yg asli yg alamatnya mana Pak?, Jl.Damai,Depok / Kramat Pulo,Jakpus / Jl.Cikajang,Jaksel / Jl.Buluh Perindu,Jaktim ?? Atau semuanya asli? Mhn bantuan informasinya Pak, saya dari luar daerah, takut salah pilih. Mksh sblmnya.

      • Humari berkata:

        Kantor pusat mereka:

        PT MITRA SOLUSI INTEGRITAS
        Jl Damai No 11 Tipar, Poncol, Mekarsari, Cimanggis, Depok
        Tel.(021) 8715257 / 7247453 Faks.(021) 72789511
        Surel :parlin_solusi@yahoo.com

  49. rudi berkata:

    pak HUMARI ,saya di TAIWAN baru 5bulan
    saya merasa sudah ingin pulang di karenakan Q merasa gaji yang saya terima tak sepadan dengan biaya yang saya kluarkan
    bleh minta informasi … apabila saya pulang apakah uang sya juga bisa di pulangkn??? n berapa kira2 bisa kembali menurut prosedur, makasih.

    • Humari berkata:

      Wah kok baru dihitung sekarang?

      Soal uang kembali setahu saya tak bisa. Bahkan PJTKI yang memberangkatkan Anda potensi terkena denda dan blacklist dari pemerintah Taiwan. Sebagian besar uang yang Anda bayar sebenarnya masuk ke agen di Taiwan.

  50. aiman berkata:

    Pa, terimakasih atas tulisan-tulisan di blog ini, sangat membantu dan mencerahkan.
    Mohon bantuan info agen untuk stamping visa kerja (ASAP) Saya sudah deal dgn perusahaan di saudi arabia, untuk posisi engineer di perusahaan farmasi. Rencana saya akan membawa kluarga juga kesana. Terimakasih.

  51. joe berkata:

    Pak
    saya mw tanya
    untuk krj kekanada prlu biaya brp ya?
    Trus mengenai potongan mes,agensi,dan akomodasi lainnya ada ga ya?
    Krj d taiwan bnyk potongnnya
    tp q msh bersukur ada lmburan y
    klo ga ada lemburan krj 2 thn ga tw modal y bsa kmbali pa ga
    byr ke pt 25jt
    potongn 6300 nt/bln (kira kira 2jt) selama 10 blln
    agen,pajak,mes,makan 6000 nt

  52. M Harist Budiman berkata:

    Mohon informasi kerja ke australia pak …
    terima kasih

  53. Pujiarto berkata:

    asslmkm wr. wb

    mohon sarannya pak,

    bila di timbang dari segi apapun, saya harus pilih Taiwan apa korea untuk bekerja di sektor formal dengan sistem potong gaji,,,,
    Trus hal apa saja yg harus saya hindari agar tidak mendapatkan masalah dari proses di Indonesia sampai misal saya sudah bekerja di negara yang bpk sarankan, dengan sistem potong gaji yang saya gunakan,

    sarannya bpk sya tunggu dn Terimakasih bnyk albumnya….

  54. awan nasrulloh berkata:

    slamat sire pak.
    sy mau nanya adakah job untuk laki2 krja d hongkong atw macau..
    kalo ada mohon informasinya
    karna sy ingin sekali krj di sana??
    trimakasih.

    • Humari berkata:

      Tak ada lowongan untuk laki-laki. Kalau Macau, ada saja. Tapi karena biaya yang mahal sementara gaji tak menarik, PJTKI/PPTKIS tak ada yang mau ambil

  55. ahma berkata:

    Dengan sistem potong gaji ada gk ya pak trimakasih

  56. Imam S berkata:

    Mas, kalau PT Inti Utama yang beralamat di Kali Bata Jakarta Timur gimana? Apa itu biasa dan bsa di percaya? Mohon bantuannya . . . .

  57. mega berkata:

    selamat siang pak mohon bantuannya saya mega usia 21th lulusan DIII kebidanan thn 2013 dan sudah ada pengalaman kerja di RS, saya ingin kerja di luar apakah ada lowongan?

  58. Assalamu’Alaikum.

    Saya Ginanzar Natawijaya. Usia 26 tahun, Sudah menikah dan memiliki seorang anak laki laki. Baru saja Lulus Sarjana Hukum dari Universitas Pakuan. Pernah bekerja di Kantor Pertanahan Kota Depok dan Kabupaten Bogor sebagai staf sukarelawan/sukwan dalam pembebasan tol cinere-Jagorawi seksi dua, juga asisten juru ukur (Membawa kendaraan/menyetir, mengukur tanah untuk keperluan pertanahan, membuat daftar daftar nominatif, laporan bulanan, draft peta bidang tanah, Administrasi berkas Pembebasan Tanah, Membuat Konsep Surat Keputusan Pembayaran dan receptionist pernah saya lakukan) sejak saya lulus diploma 1 Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional pada tahun 2007.

    Sekarang saya dipercaya untuk membangun dan mengelola game centre di Bandung sebagai administrator. dan baru akan berjalan sekitar bulan Maret, meskipun tempat milik orang tua saya sudah bisa digunakan. Akan tetapi pekerjaan saya ini setelah difikir fikir setiap malam hanya akan membuat anak anak lalai terhadap agama saya. dan saya pun bisa saja terlalaikan.

    Saya pun kini dalam masa tunggu setelah mendapat kuota untuk bisa berhaji dengan biaya pemberian orang tua saya.

    Saya sangat ingin bisa ke Madinah. Pekerjaan impian saya saat ini ialah yang bisa berkaitan dengan masjid nabawi ataupun kepentingan umat muslim. pekerjaan seperti apapun asalkan tidak melanggar syariat saya bersedia melakukannya. bahkan saya ingin sekali meninggal di sana.

    Saya ingin bertanya apakah ada lowongan yang sesuai dengan pengalaman dan impian saya?

    Sebagai mahasiswa saya telah terbiasa menggunakan aplikasi komputer seperti ms office. baik 2003, 2007, 2010 maupun 2013. sayapun pernah mengikuti kursus bahasa Inggris Di BBC, kursus ms. ofice 2003 dan memiliki ijazah ijazah yang berkaitan. Akan tetapi masih belum terlalu fasih dalam pengucapan formal.

    memiliki pengalaman menyetir mobil lebih dari 60.000km dan mengendarai motor lebih dari 20.000 km
    Biaya dan Prosedur apa saja yang harus saya lalui untuk bisa memperoleh pekerjaan impian saya?

    • Humari berkata:

      Mas, bahasa Inggris harus bisa lisan dan tulisan. Itu syarat minimal untuk bekerja di negara semacam Arab Saudi. Karena di sana bakal bekerja sama dengan orang non Arab Saudi yang tak paham bahasa Arab. Jadi kuatkan dulu kemampuan bahasa Arab.

  59. Ifa Amalia berkata:

    Halo.
    Pak saya mau tanya, kalau kerja di Korea sebagai TKI apa saja pekerjaan yang ada selain menjadi PRT?
    Kalau baca tulis Hangeul Korea sy cukup bisa. Hanya memang msih kurang vocab tapi bahasa inggris saya sudah lancar. Jadi mohon informasinya karena saya ingin bisa bekerja di Korea Selatan.

  60. Meri Susilawati berkata:

    Salam pak humari,
    Terima kasih untuk blog bapsk ini yang sangat mencerahkan informasi saya.

    Pak saya dari perusahan yang bergerak di service rope access (tecnisi rope accees kami irata level 1-3, Dan akses tali depnaker level 1-3), maintenance facade building( untunk gedung tinggi), dan kami mempunyai teknisi NDT (nondestructive testing). Perusahan kami mendapat job order untuk maintenance facade building dari luar negeri (Malaysia), yang ingin saya tanyakan :
    1. apakah kerja sama antar dua perusahan bisa lansung atau lewat pptkis?
    2. Apakah perusahan kami bisa mengajukan menjadi pptkis pak?
    3. Kemana kami mengurus pptkis dan syaratnya (dokument2) apa saja yang harus kami siapkan ?
    4. Biaya apa saja yang Kami harus kami bayar dan berapa lama proses pengurusan pptkis?
    5. Apakah bisa Kami mengirim tenisi kami lewat tki madiri atau tki fomal pak ( mohon info lebih lanjut nya pak)

    Termakasih pak humari

    • Humari berkata:

      1. Tak bisa langsung harus lewat PPTKIS. Kecuali kalau jumlahnya di bawah 10 orang bisa saja lewat TKI mandiri.

      2. Bisa. Banyak PPTKIS yang bangkrut. Saat ini agak aneh kalau ada yang mau beli :). Harga 1 PPTKIS dengan izinnya sekitas 650 jutaan

      3. Apakah Anda sudah punya KDN dari Malaysia? Kalau belum urusannya cukup panjang dan makan waktu 4-6 bulan

      4. Kalau maksud Anda adalah hendak beli, ya cari saja PPTKIS yang sudah tidak beroperasi. Tinggal di balik nama. Kalau mulai dari awal, cukup rumit. Kalau mau kerjasama dengan PPTKIS silakan klik https://pjtkidantki.wordpress.com/2011/12/11/daftar-pjtkipptkis-yang-biasa-merekrut-dan-menempatkan-tki-formal-profesional/
      5. Biaya yang harus dikeluarkan bila Anda bekerja sama dengan PPTKIS: medical check up (300-450 ribu), paspor, asuransi (400 ribu untuk kontrak dua tahun), visa stamping (saya lupa berapa biayanya), tiket pesawat, fee untuk PPTKIS (besaranya bisa dinego kok. Kalau partai besar ada yang mau terima fee 500 ribu per orang).

  61. Ahmad berkata:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Pak Humari yg terhormat.
    Saya Alumni Pondok Pesantren Hafalan Qur’an dari Gresik.
    Sudah menikah & berencana ingin mencari pengalaman & pekerjaan di Kuwait.
    dekat Guru besar Syeikh Musyari Rosyid Alafasy.
    adakah tawaran pada anda untuk mencari pengajar atau sejenisnya dari sana ???
    Trims.

    • Humari berkata:

      Visa semacam itu belum pernah kami terima

      • Ahmad berkata:

        Terima Kasih tanggapannya.
        Visa apa yg di gunakan apabila saya ingin wiraswasta ( mengembangkan usaha sendiri ) di sana, sekalian mengembangkan potensi mengajar saya, & menambah pengalaman dengan belajar lagi.
        1.Visa apa yg saya gunakan ???
        2.Selain Pasport & Visa apakah ada lagi yg harus kami lengkapi ???
        3.Kalau boleh saya mohon Izin untuk meminta nomer Hp anda, untuk lebih mempermudah komunikasinya dengan anda ???
        ini nomer hp saya : 083-831-22*****
        email fb : a.zen02@yahoo.com
        Terima Kasih Banyak Atas Perhatian & Bantuannya.
        Semoga Allah Meridloi & Merahmati anda sekeluarga.
        Amien.

      • Humari berkata:

        Mas, mengembangkan usaha sendiri di negara orang tak seperti buka usaha di negara kita. Jadi tak ada istilah bisa buka usaha juga bisa kerja. Kalau mau bikin usaha ya masuk dengan visa bisnis. Kalau mau kerja (mengajar) ya pakai visa kerja. Dan untuk blog ini saya hanya mengkhususkan diri membahas visa kerja. Bukan visa lainnya. Visa kerja tak bisa dimulai dari pihak Indonesia, harus dari pihak luar sana.

        Kalau mau masuk dengan visa bisnis juga mereka akan lihat track record Anda di Indonesia. Kalau profil Anda, biasanya dibuktikan dengan transaksi yang tercatat di rekening di bank, memperlihatkan Anda adalah businessman, ya mereka dengan senang hati beri visa bisnis. Tapi visa bisnis tak bisa buat melamar kerja di sana. Bisanya ya bikin usaha.

  62. Taqiyudin berkata:

    pak saya mau tanya. apa tenaga kerja untuk proyek masjidil haram masih ada perekrutan. soalnya saya pernah direkrut dan sudah bikin pasport tap sampai sekarang belum ada kelanjutan prosesnya. makasih

    • Humari berkata:

      Masih. Itu proyek belum selesai juga. Yang saya tahu pihak PJTKI/PPTKIS (dalam hal ini PT. Tifar Admanco & Amil Fajar) kesulitan mendapatkan pengesahan kontrak kerja dari KBRI Riyadh. Entah apa masalahnya.

  63. Taqiyudin berkata:

    terima kasih tanggapannya pak. terus apa kemungknan saya dan teman-teman yang kemarin direkrut masih bisa diproses karena memang kemarin saya lewatnya PT. Tifar

  64. ipay berkata:

    pa humari sy tki yg skrg kerja d taiwan (formal). sy mau bertanya pa, apakah klo kt mau berangkat ketaiwan di pt harus bayar uang 21000nt atau setara 84jt klo dibulatkan nilai kursnya. sy bekerja di sebuah panti dan pt sy yg di jkt meminta uang 84jt sebelum sy berangkat, sy disuruh menulis tangan isi dari perjanjian tersebut. dan di dalam isinya sudah jelas dan nyata “saya menulis ini tanpa adanya paksaan dari pihak manapun bila saya mau membayar 21000nt kepada pihak pt” dan diatas materai. jelas2 pihak pt menyuruh sy dan teman2 sy yang setiap berangkat menulis seperti itu bukanya itu sudah termasuk paksaan pa?. dan uang tetsebut masuk ke rekening pribadi. dan kata pihak atau pemilik pt tersebut itu sama saja uang makan dan tinggal kami selama di pt, padahal pa sy dan teman2 dijatah uang makan cuman 300ribu untuk 1minggu itu juga minta nya susah harus kaya orang pengen ngemis baru dikasih, maaf pa kalau bicara sy seperti ini. ini berlaku buat formal dan informal di pt sy tersebut. sedangkan setelah sy berangkat ditaiwan dan kebetulan di panti saya ada yang berbeda pt ternyata mereka tidak dipungut biaya apapun y kecuali bayar hutang ke bank yg potongan 10bulan itu.
    tolong pa minta solusinya dan terimakasih.

  65. ipay berkata:

    pa seharunya TKI bayar berapa ke PT ? terimakasih

  66. Dian berkata:

    Pak lowongan untuk di hotel ada ga yahh?untuk roomboy

  67. inten berkata:

    slmt siang pak
    saya inten lulusan 2014 d3 kebidanan saya berminat k LN. saya melihat info dr pt tifar kalau ada lowongan utk bidan k arab saudi ttpi utk pembantu perawat. ada juga info sama dr tifar klau itu juga utk smk/spk. kata prwt yg prnh brgkt dr pt tifar biaya nya 10jt gajinya 2000sr ttp saya liat d info nya 2800-3100. bagaimana yak pak saya gak ngrti?

    • Humari berkata:

      Kalau bidan tak bisa dijadikan perawat. Kalau masuk ke caregiver bisa. Tapi gaji tak telalu besar setahu saya.

      Soal besaran gaji, Arab Saudi gak ada standarnya. Kalau interview dengan user/employer alias manajer rumah sakit misalnya kalau mau gaji lebih besar ya tawar menawar. Jadi ada yang menawarkan SAR 2000 tapi RS lain menawarkan lebih tingg: 2500 bahkan 3500.

  68. subur berkata:

    selamat sore pak humari
    saya mau tanya pak lowongan tki buat lulusan smp ada gak pak?
    terima kasih atas waktu nya pak

  69. agung prasetyo berkata:

    bpk humari yg terhormt,sy mau tnya apkh ada negara tujuan untk tki formal selain negara tujuam arab dan malaysia. misalkn ke brunai,apkh tmpt bpk bisa memfasilitasi?dan kira2 brpa biayanya?termksh ats informasinya.

  70. Purmianto berkata:

    Slmt mlm pak, ..saya purmianto dr lumajang jatim,.stelah bca blog bpk, sy rasa ini sngat berguna bg tmn2 kita yg mau jd tki..yg mau sy tnyakn apa ada job buat tki formal ke malaysia..klo ada tlg di infokn biaya dan gajinya ya..brikut metode pembiayaanya..atas balasanya, saya ucapkan trima kasih..wasallam..

  71. Adrian berkata:

    Assalamualaikum Admin pjtki wordprees,,
    Saya mau bertanya, bila mana biaya ditanggung oleh perusahaan untuk CTKI, kira kira negara tujuan mana dan untuk laki laki apa ada yang dibiayai oleh perusahaan terlebih dahulu.. Mengenai ijazah kn minimal SLTP, nah ijazah saya hilang (terbakar) waktu saya kerja di yogyakarta.. Ijazah yg tersisa hanya tinggal ijazah SD, apa bisa bekerja k luar negeri dgn modal sisa ijazah SD, tp maaf loh bukan saya sombong, y Alhamdulillah untuk kemampuan saya mengerti untuk mengoperasikan komputer.. Sebelum nya terimakasih

    • Humari berkata:

      Soal biaya yang ditanggung perusahaan, rata-rata di bidang teknik (manufaktur dan lebih-lebih; migas) dan itu terbatas pada negara-negara Arab saja. Bidang lainnya jarang sekali ada perusahaan yang mau membiayai.

  72. Wahyudi berkata:

    Pak saya iseng buka2 soal pjtki karena tertarik untuk mengadu nasib sekaligus mendalami ilmu agama, saya berpengalaman 5 tahun di bidang perbankan, boleh minta Web pjtki resmi untuk ke arab atau Qatar di bidang skill keuangan

    • Humari berkata:

      Agak jarang sebenarnya tapi kadang ada. Bisa kirim ke saya. Kalau ada yang sesuai akan saya beritahu. Bisa bahasa Inggris?

      humarihidayat@yahoo.co.id

      • irsan berkata:

        Ass… pak humari yg terhormat, sy cuman mau tanya” apkah masih ada lowongan ke arab saudi. Keahlian sy, welder (tukan las) dan supir.. mohon imfonya” sy menetap di sul-bar. Dan sekalian tanya brapa pembayaranya. Terimah kasih atas bantuanya.
        Wassalam..

      • Humari berkata:

        Lowongan tukang las belum ada. Anda bisa nyetir kendaraan kecil atau besar (bis, truk)?

      • irsan berkata:

        Assalamualaikum….
        Pak humari yg terhormat.
        Trimakasih sdh membals komentar sy. Ijazah (SLTA)
        Sim sy B1 dan sering bawa mobil kecil dan truk
        Kalau bus belum pernah. Persiapan sy sdh siap semua.
        Sy mengunjungi blok pak humari krn sy percaya kepada pak humari.
        Dan sy yakin kalu perusahaan yg bpk pimpin adalah resmi.
        Trimakasih… wassalam

  73. Yustama berkata:

    Selamat malam dan salam kenal pak…. Saya ingin bertanya untuk masalah TKI formal. Dalam waktu dekat ini rencananya saya akan bekerja di salah satu perusahaan oil And gas di Kuwait. Info pekerjaan ini sy dapat dari social media yang memposting lowongan kerja tersebut. Dengan fasilitas yg di berikan free shared acommodation, free transportation, meal allowance. Perekrutan ini di lakukan oleh 3 agent, 2 agent dari lokal dan 1 agent dari Kuwait. Pertanyaan saya yang pertama adalah apakah ada biaya lain2 dari proses pemberangkatan tersebut? Karena apabila di lihat dari fasilitas yg di berikan free shared acommodation maka saya bebas dari segala biaya. Dan yang kedua apakah ada biaya mengurus visa dan uang deposit? Saya ucapkan Terima kasih atas informasinya semoga
    Salam
    Yustama

    • Humari berkata:

      Untuk migas, biasanya total pihak mereka yang menanggung biaya meski lewat agen. Kecuali ada kesepakatan antara Anda dan pihak perusahaan migas di Kuwait. Cuma biasanya minimal Anda akan mengeluarkan dana untuk medical check up dan dokumen yang perlu dilengkapi: paspor, SKCK, penterjemahan dan pengesahan ijazah

  74. Aditya berkata:

    Saya pengen ke taiwan tpi ad gk yg proses x potong gaji soal x gk ad dna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s