Pematokan biaya penempatan TKI informal Asia Pasific dan hubungannya dengan KTKLN

Berkat diberlakukannya sistem online yang berujung pada KTKLN, pengawasan terhadap proses penempatan dapat dilakukan lebih baik.

 

Sistem online itu sendiri sudah dimulai dari sponsor (calo TKI). Sponsor ini sudah dimasukkan ke dalam sistem dengan mengambil sidik jari dan data-data mereka. Hanya sponsor yang sudah terdaftar di sistem online yang bisa meminta rekomendasi dari Disosnakertrans dimana calon TKI berasal. Yang juga terhubung dengan online adalah medical check up, pelatihan (khusus penempatan calon TKI di negara-negara Arab), data visa, agen di luar negeri, majikan, Pembekalan Akhir Pemberangkatan (penyuluhan oleh instruktur dari BNP2TKI sebelum calon TKI terbang) dan sebagainya.

 

Sebagian besar TKI hanya memandang proses online yang berujung pada KTKLN sebagai prosedur yang memberatkan. Mungkin untuk mereka yang bekerja di perusahaan (apalagi di industri migas dan engineering misalnya) KTKLN sama sekali tak berguna. Maklumlah mereka sudah biasa keluar negeri dan tak sedikit yang mengganggap TKI informal (pembantu rumah tangga) sebagai hal yang memalukan, merendahkan bangsa sembari melupakan bahwa angkatan kerja kita 70% hanya tamatan SD dan SMP.

 

Namun untuk TKI informal, proses dokumen yang dilakukan online, membuat semua bisa diawasi. Bahkan pematokan biaya penempatan ke negara-negara Asia Pasific (Malaysia, Singapura, Hongkong dan Taiwan) bisa dilakukan karena hal tersebut. Padahal sebelumnya keluhan terhadap besarnya pemotongan gaji kerap terdengar.

 

PJTKI/PPTKIS yang melanggar onlinenya bisa langsung diblok. Tak perlu menunggu proses mencabut izin yang memakan waktu, karena perlu menyelidiki ini itu. Dan soal proses online PJTKI/PPTKIS yang diblok, sudah menjadi cerita sehari-hari bagi kami.

 

Dan itu terlaksana berkat sistem online.

 

Penentangan terhadap KTKLN bagi saya terjadi karena pemerintah (dalam hal ini BNP2TKI) salah menjelaskan apa sebenarnya dibalik proses tersebut. Yang ditonjolkan hanya kartunya. Seolah dengan kartu itu semua masalah TKI bisa selesai.

 

Padahal andaikan kartu tersebut hilang, dan seorang TKI masih punya sidik jari, datanya bisa dengan cepat didapat. Tak perlu lagi repot hanya untuk mendapatkan data: PJTKI dan agen yang menempatkan, hasil cek medis, alamat lengkap TKI, dan sebagainya.

 

Dan pada dasarnya dengan sistem online ini banyak yang bisa dipatok.

 

Tahukah anda bahwa sejak sistem online diluncurkan, khusus biaya medical untuk TKI ke negara-negara Arab, tahun ini saja (2012) sudah dua kali terjadi kenaikan biaya? Awalnya 350 ribu rupiah, lalu 750 ribu rupiah dan mulai November 2012 menjadi 1 juta rupiah?

 

Namun mengapa tidak ada gejolak di kalangan calon TKI?

 

Jawabnya adalah biaya medical menjadi tanggungan majikan dan PJTKI. Tak ada potong gaji. Dan pada dasarnya TKI informal untuk penempatan yang masih berlangsung di negara-negara Arab (Qatar, UEA dan Oman) sejak proses membuat dokumen di daerah (KTP, KK, Akte), transportasi, bekal dan jajan calon TKI, pelatihan, medical check up hingga tiket penerbangan. Itu semua tanpa potong gaji. Klik paragraf ini untuk penjelasan lebih gamblang.

 

Jadi KTKLN sama sekali tak mengungtungkan PJTKI. Tapi sebaliknya. Karenanya saya heran dengan tuduhan aktivis Migrant Care Wahyu Susilo yang menulis twit ke saya (lalu memblok saya) bahwa PJTKI hanya mau untung besar karena sebelumnya saya mengkirtik LSM yang mengawal pemberangkatan TKI ke UEA dengan visa TKI informal pembantu rumah tangga. Sebab itu suatu tindakan yang gegabah dan maaf saja, bodoh.

 

Dengan membobol penempatan TKI tanpa prosedur online yang berujung pada KTKLN, kami PJTKI tak perlu lagi terikat dengan aturan ini itu. Apa sulitnya mengubah bentuk jadi LSM lalu menempatkan orang ke UEA, negara Arab yang menjadi gerbang perdagangan manusia? Toh LSM bisa diajak kerjasama. Sebab pada dasarnya mereka yang katanya pembela TKI tak pernah kebal dari godaan duit.

 

Kembali ke judul di atas, di bawah ini saya cantelkan faks dari BNP2TKI, tentang pematokan biaya penempatan calon TKI ke negara-negara Asia Pasific (Malaysia, Singapura, Taiwan dan Hongkong)

 

Bagi anda calon TKI atau TKI yang merasa menandatangani biaya penempatan (sebelum tanggal keputusan tentu saja) yang lebih daripada aturan di atas, silakan lapor ke BNP2TKI. Sudah tahukan no telpon mereka? Kalau belum, klik kalimat ini.

Gambar

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

22 Balasan ke Pematokan biaya penempatan TKI informal Asia Pasific dan hubungannya dengan KTKLN

  1. Syam berkata:

    Sy berharap, P’ Humari tetap semangat memberikan info di blog ini. sy selalu mengikuti dan tulisan bp selalu bs menambah wawasan sy. Semangat Pak! sy siap mendukung!

  2. Wira Kusumah berkata:

    sangatmembantu,…saya bangga bisa bertemu dengan bapak di blog ini,….
    terimakasih pak,.. blog ini sungguh berharga ,terutama buat saya yg masih newbie tentang bekerja di luar negeri…

  3. Henny berkata:

    Untuk maid informal MANDIRI apa jg Hrus Bayar segitu pak? Belasan Juta?

  4. Wati Apriyanti berkata:

    Maaf pak, saya mau tanya, saya dulu ex taiwan 2 kali, kalau saya mau kesana lagi apakah masih bisa dan harus melalui pjtki mana agar tidak membayar biaya terlalu mahal ???

    • Humari berkata:

      Kalau Anda pulang dan keluar dari tempat kerja lalu Anda mau masuk ke tempat kerja yang baru di Taiwan sana, mau tak mau harus lewat PJTKI dan agen. Karena begitulah aturan dari Taiwan sana.

      Perlu Anda ketahui, biaya yang mahal bukan karena fee PJTKI. Sebab fee itu sudah dibatasi oleh BNP2TKI. Komponen terbesar adalah visa, fee agen di Taiwan, tiket pesawat dsb. Dan Taiwan mengharuskan itu semua ditanggung oleh calon pekerja.

  5. hady berkata:

    medical tu masa brlakunya brapa bulan sbelum kebrangkatan,,,,,????

  6. zainul berkata:

    begini pak saya kn sudah dftr d slh satu pptkis setelah 7 bln sy blm mndapat job kerja,setlh itu sy cari job d pptkis lain dan akhirnya sy dpt job d pt yg baru..yg ingin sy tnyakan apa bisa merubah ID dari Pt lama ke Pt yg baru,prosesnya gmn?….dan untuk itu siapa yg mengurus?….pihak pt ato kita sendiri??…trus biayanya brp kira?….mohon pnjelasanya,terimakasih

    • Humari berkata:

      Bisa kok. Anda daftar ke PPTKIS itu langsung atau lewat sponsor? Kalau langsung ya bilang saja ke PPTKISnya mau mundur dan minta dipindahkan. Kalau lewat sponsor, minta sponsor yang urus. Kalau biaya, harusnya PPTKIS yang ganti kerugian Anda karena menunggu kelamaan.

      • zainul berkata:

        untuk pengurusan siapa yg mngurus,pihak pt yg baru atau kita sndiri??

      • Humari berkata:

        Pihak PPTKIS tinggal keluarkan surat pelimpahan ke PPTKIS lain. Surat ditujukan ke BNP2TKI. Selebihnya jadi urusan Anda dengan PPTKIS yang baru.

  7. Supriyo berkata:

    Bisakah melacak keberadaan istri sy.terbang dari juanda tgl 10/7/2015 jam 10 pagi,sejak saat gk ada kontak

    • Humari berkata:

      Gak bisa, Mas. Datang saja ke UP3TKI di Jagir Wonokromo Surabaya. Bawa foto kopi KTP, KK, Akte lahir, surat nikah istri. Kalau ada foto kopi paspor sekalian. Bisa terlacak kok.

  8. Faried Kusnanto berkata:

    Maaf Pak
    mau tanya dikit. istri saya mau berangkat ke negara Taiwan melalui PT ATM (Antar Tenaga Mandiri ) Malang. semua Prosedur sudah di selesaikan cuma kenapa begitu dapat Job kerja selalu di cencel. sudah 2 kali dapat job semuanya kena cancel. saat ini istri saya sudah 4 Bulan di Penampungan.

    Yang saya Tanyakan
    – PJTKI antas Nama PT ATM itu statusnya Gimana di Indonesia,
    – Alasan Apa biasanya PJTKI melakukan Cancel. dan biasanya mendapat job kembali berapa
    hari.
    Terima kasih Atas Responnya

    • Humari berkata:

      1. Mereka resmi
      2. Bukan PJTKI yang melakukan cancel. Melainkan majikan Taiwannya. Sebab macam-macam. Tiba-tiba tidak memerlukan lagi pekerja atau majikan mungkin meninggal dunia dll. Kalau PJTKI buat apa mengcancel. Gak dapat duit. Apalagi menampung orang di asrama menambah pembengkakan biaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s