Biaya Hidup di Arab Saudi

Tulisan di bawah saya ambil dari ahlanriyadh.wordpress.com. Info yang bagus untuk lebih memahami biaya hidup warga kita di Arab Saudi. Warga yang maksud adalah TKI formal profesional. Untuk yang bekerja di wilayah domestik atau pekerja dengan kategori low skill apalagi yang ditanggung akomodasinya oleh perusahaan, tentu info ini tak terlalu berguna. Untuk info lowongan kerja di luar negeri (Arab Saudi, Taiwan, Hongkong dst) silakan klik tklnformal.wordpress.com

Jika dibandingkan dengan Negara teluk atau Timur Tengah lainnya, Biaya hidup di Saudi Arabia bisa dikatakan paling murah. Hal ini mungkin disebabkan oleh murahnya patokan harga bensin yang diterapkan oleh pemerintah. 1 liter bensin di Saudi Arabia dipatok seharga 45 halala atau 0.45 Riyal (kira-kira Rp 1000 dgn kurs 1 riyal = Rp 2230)

Masalah makanan juga tidak menjadi kendala yang besar karena cukup murah. Misalkan saja di McDonal harga Double Cheese burger bisa didapatkan hanya dengan 11 riyal (Rp 25rb). Atau banyak restoran-restoran Turki yang menjual paket makanan berupa ayam bakar (1/2 ayam) dan Nasi seharga antara 11-15 riyal saja.

Mata uang Kingdom of Saudi Arabia (KSA) adalah Saudi Arabia Riyal atau biasa disingkat SAR. Harga 1 SAR apabila kita jual kira-kira sama dengan Rp 2230 (Transfer ke BCA lewat Tahweel AlRajhi).Perlu diketahui juga bahwa Rate Dollar Amerika dipatok flat dengan Riyal yaitu 1 Dollar sama dengan 3.75 Riyal.

Bagi anda yang beragama Islam tentunya sudah tidak perlu khawatir karena semua makanan yang di jual di Saudi Arabia ini InsyaAllah di jamin kehalalannya, kecuali tentunya di tempat-tempat tertentu dengan pengecualian yg ketat seperti di dalam compound, hotel dan semacamnya.

Dibawah ini adalah beberapa gambaran biaya hidup di KSA.

Rumah / Villa / Appartment

  • Sewa rumah/villa (5 ruangan, 2 kamar mandi, 1 dapur): 30,000 – 60,000 SAR/tahun
  • Non-Furnished Apartment (3,4-5 ruangan, 1-2 kamar mandi, 1 dapur): 12,000 – 60,000 SAR/tahun
  • Furnished Apartment (3 Ruangan, 1 atau 2 kamar mandi, 1 dapur): 3,000 – 5,000 SAR/bulan
  • Sewa Rumah dalam compound: 60,000 – 200,000 SAR/tahun

Bagi rekan-rekan yang sendiri (tanpa keluarga) biasanya mereka memilih untuk tinggal di Furnished apartment dan sharing dengan rekan yang lain sehingga bisa berhemat. Apabila mengambil apt yang tiga kamar maka sewa perbulan bisa dibagi 3 (alias 1000 SAR/bln saja).

Bagi rekan-rekan yang datang dengan keluarga, pilihan biasanya akan lebih hemat  jika sewa rumah/villa atau unfurnished apt. Furnished Apartment juga bisa digunakan dengan pertimbangan hanya untuk sementara/jangka pendek sementara sambil mencari tempat untuk sewa rumah. Kelebihan dari Furnished apartement adalah jangka sewanya yang fleksible (mirip hotel), anda bisa keluar kapan saja. Untuk sewa rumah/villa atau non-furnish apartment biasanya anda akan dituntut untuk membayar sewa selama maksimum 6 bulan atau 1 tahun kedepan (bayar diawal sewa).

Apabila anda menyewa rumah/villa biasanya pemilik akan mengenakan biaya air sebesar 300 SAR/tahun dan juga menaruh semacam uang jaminan yg besarnya bervariasi antara 1000-5000 SAR (uang jaminan ini akan dikembalikan diakhir sewa apabila tidak ada permasalahan pada kondisi akhir rumah/villa). Pada awal penyewaan, jika ada penjaga rumah atau melalui perantara maka ada biaya komisi sekitar 500-1000 SAR yg dibayar sekali saja.

Sewa Rumah/Villa atau non-furnish apartment biasanya menuntut anda untuk melengkapi semua kebutuhan dasar di dalam rumah seperti AC dan tentunya perabotan seperti Kulkas, Meja Kursi, tempat tidur dan lain-lain. Ini tidak akan terjadi apabila anda menyewa furnished apartment. Khusus untuk AC, ada beberapa rumah/villa dan unfurnished apt yg sudah menyediakannya.

Note: Furniture bisa didapatkan dibanyak tempat di KSA, seperti IKEA atau pasar-pasar furniture local. Untuk AC dan peralatan elektronik, anda bisa mendapatkannya di banyak toko-toko elektronik sepert eXtra Electronic, e-Max, dll. Untuk perabotan yang “second-hand” bisa coba cek di http://www.expatriates.com/classifieds/saudi/ atau terkadang apabila ada rekan yang final-exit, bisa dicoba untuk ditengok dimilis Ahlan-Riyadh.

Salah satu jenis tempat tinggal adalah compound. Compound adalah semacam kompleks perumahan tertutup yang memiliki tingkat keamanan tinggi. Compound ini bisa diibaratkan semacam Negara kecil didalam KSA karena didalamnya kewajiban pemakaian Abaya bagi wanita tidak diberlakukan. Compound biasanya digunakan oleh para pekerja-pekerja dari Eropa dan Amerika (Western). Di dalam compound semua fasilitas biasanya tersedia sehingga penghuni bisa melakukan aktifitas tanpa harus keluar dari compound.

Compound biasanya sudah dialokasi oleh perusahaan-perusahaan asing sehingga untuk mendapatkannya bukan hal yang mudah.

Fasilitas seperti Listrik/Telpon dan Internet juga perlu untuk diperhatikan apabila kita sewa rumah/villa/non-furnished apt. Listrik biasanya sudah terpasang dan biaya perbulan dengan pemakaian normal kira-kira sekita 100-250 SAR/bulan. Telpon dan Internet bisa diaktifkan dengan mengajukan aplikasi pemasangan jaringan telpon lokal. Pemasangan ADSL untuk internet bisa diajukan juga dari perusahaan telekomunikasi STC (Saudi Telecom Company semacam Telkom nya Saudi). Informasi lebih lanjut bisa dilihat di website: www.stc.com.sa

Telekommunikasi

Pilihan lain untuk komunikasi dan Internet bisa dengan melalui jaringan mobile/wireless. Paket data melalui Modem 3G/HSPA atau Wimax juga tersedia. Beberapa link yang bisa dilihat.

  1. STC, Saudi Telecommunication (Fix & Mobile Operator)
  2. Mobily (Mobile Operator)
  3. Zain (Mobile Operator)
  4. GO (Wimax Operator)

Air dan Listrik

Fasilitas listrik, telpon, internet juga elpiji untuk memasak biasanya sudah tersedia gratis di Furnished apartment.

Apabila Elpiji tidak tersedia, tabung bisa dibeli ditoko-toko elpiji dengan harga sekitar 150 SAR/tabung dan pengisian ulangnya sendiri hanya dikenakan 15 SAR saja.

Perhatian, Kualitas air keran di KSA sangat tidak disarankan untuk langsung diminum atau dimasak sekalipun. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kualitas pipa-pipa di jaringan air minum Saudi tidak bagus. Kami sarankan anda untuk selalu menggunakan air gallon untuk makan dan memasak. Pilihan lain adalah bisa dengan mengunakan alat filter tambahan atau water purifier. Air gallon dapat dengan mudah diperoleh di toko-toko kelontong (bagala) seharga 5 SAR (Jaminan Plastik Gallonnya sendiri sebesar 10 SAR).

Perhatikan juga pemakaian air, apabila anda sewa rumah/villa pastikan anda tidak membuat genangan air diluar pekarangan anda (biasanya terjadi saat membersihkan pasir dari pekarangan atau mencuci mobil). Petugas dari perusahaan air rutin melakukan inspeksi didaerah-daerah perumahan setiap harinya antara jam 7am-8pm dan apabila mereka menemukan ada genangan air di depan rumah anda maka mereka akan mengeluarkan denda yang cukup besar yaitu sekitar 200 SAR.

Untuk keamanan, penting diingat untuk mengganti Kunci (mata kunci) rumah/villa/non-furnished apt segera setelah anda menempatinya. Juga dianjurkan untuk menggantinya sendiri tanpa campur tangan orang lain walau itu penjaga rumah atau apartment sekalipun. Pilih juga lokasi yang memang diketahui aman karena ada beberapa lokasi yang rawan pencurian. Mata kunci banyak terdapat di toko-toko matrial atau toko matrial besar spt SaCo, dll.

Transportasi

  • Sewa Sedan Kecil (Aveo, Yaris, etc): 1,500 – 2,000 SAR/bulan
  • Beli Mobil Bekas Sedan (Aveo, Yaris, etc): 15,000 – 35,000 SAR
  • Beli Mobil Bekas 4×4 (Explorer, Fortuner, etc): 50,000 – 100,000 SAR

Transportasi bukan merupakan masalah besar bagi pendatang. Walau Saudi tidak memiliki transportasi masal yang bagus namun taksi-taksi yang ada bisa dipakai sebagai sarana transportasi yang cukup murah. Umumnya taksi disini bisa ditawar tanpa menggunakan argo meter sehingga biaya dari satu tempat ke tempat lain biasanya atas dasar kesepakatan dan kelaziman saja.

Apabila anda tidak mengetahui biayanya mereka pun menerima menggunakan argo meter, namun apabila anda bisa bertanya-tanya kepada rekan-rekan yang sudah biasa menggunakan taksi maka ada kemungkinan anda bisa mendapatkan tarif taksi dibawah argo meter.

Harga Mobil di KSA tergolong murah karena tidak ada pajak jual beli. Harga jual mobil juga sangat menguntungkan pembeli. Apabila anda tidak ingin pusing dengan perawatan mobil ada baiknya anda membeli mobil baru, namun juga ada pilihan membeli mobil bekas dari beberapa dealer-dealer mobil yg bisa memberikan jaminan selama 1 tahun atau lebih sesuai kesepakatan.

Fasilitas leasing atau pembiayaan oleh bank juga tersedia untuk pembelian mobil baru maupun second-hand di dealer-dealer yang ada di sini.

Hal-hal penting yang perlu anda ketahui mengenai mobil & mengemudi di KSA.

  • Anda bisa membeli mobil hanya jika sudah memiliki iqama atau menjadi Permanent Resident (PR) di KSA.
  • Apabila anda sudah PR maka wajib bagi anda untuk memiliki SIM Saudi dalam tempo 1 bulan sejak resmi PR
  • SIM internasional (didampingi dengan SIM Indonesia) bisa digunakan untuk mengemudi dan menyewa mobil selama anda blm memiliki PR
  • Apabila anda mengemudi (sewa atau milik sendiri) pastikan mobil itu miliki asuransi serta surat asuransinya dibawa. Apabila terjadi kecelakaan dan mobil tidak ada asuransi walaupun anda dipihak yang benar maka anda kemungkinan besar akan ditahan (penjara).Check juga kelengkapan lain seperti Istimarah (STNK mobil)
  • Apabila anda memiliki SIM Eropa/North Amerika atau Negara maju lainnya, ada kemungkinan anda tidak perlu menjalani tes tulis dan tes praktek untuk mendapatkan SIM Saudi. Anda cukup mengisi formulir untuk transfer SIM saja.
  • Berhati-hatilah terhadap speed radar dari Saheer selama mengemudi. Patuhi batas kecepatan yang ada (50/70/90/100) serta pastikan untuk tidak menerobos lampu kuning atau merah di traffic light. Denda pelanggaran lumayan besar antara 300-500 SAR dan harus dibayar secepatnya sebelum 29 hari. Apabila telat maka anda akan dikenakan denda keterlambatan sebesar denda yg tdk terbayar alias tagihan menjadi double. Pemberitahuan atas pelanggaran diberikan melalui notifikasi SMS. (lihat dibawah untuk cara update nomor handphone)
  • Sensor speed radar biasa dikamuflase seperti di dalam mobil box yg diparkir di pinggir jalan atau di pasang di tiang-tiang dipinggir jalan atau dekat traffic light.
  • Gunakan selalu sabuk pengaman serta hindari penggunaan telpon genggam selama mengemudi, selain utk keselamatan anda, hal ini juga penting krn apabila anda terlihat oleh petugas melanggar aturan tsb maka dendanya lumayan besar yaitu antara 100-200 SAR
  • Dalam bepergian, selalu bawa surat-surat atau identitas diri seperti passport, Iqama atau visa, surat nikah untuk sekedar berjaga-jaga bila sewaktu-waktu diperlukan.
  • Apabila terjadi kecelakaan, tetaplah tenang dan posisi mobil harus tetap ditempat kejadian dan tidak boleh dirubah walaupun mengakibatkan kemacetan jalan. Mobil harus tetap pada tempat kejadian perkara sampai mobil asuransi datang. Jangan pernah kabur bila terlibat kecelakaan karena hukumannya penjara.
  • Perlu diingat bahwa Saudi Arabia adalah Negara yang memiliki tingkat kecelakaan mobil yang paling tinggi di dunia, oleh karena itu disarankan untuk selalu ekstra hati-hati dalam berkendara.
  • Link untuk cek denda: http://www.moi.gov.sa/wps/portal -> Click E-Service -> Traffic -> Query Traffic Violation
  • Link untuk update no handphone (untuk notifikasi pemberitahuan denda) http://eservices.moi.gov.sa/ES/Public/UpdateMobileVehicle.aspx
  • Hal-hal tentang saheer akan dijelaskan lebih lanjut (nsya Allah)
  • Pastikan anda membayar semua denda traffic yang ada sebelum anda keluar dari Saudi baik itu untuk liburan atau final exit karena bila tidak akan menjadi masalah di Imigrasi.
  • Pembayaran denda bisa dilakukan dengan ATM atau Online Banking dan bisa dilakukan oleh orang lain (yang penting nomor accident dan nomor iqama/visanya ada).
  • Ada aplikasi untuk smartphone yang mendata lokasi kamera, namanya Trapster. Aplikasi tersedia untuk platform symbian, android dan iOS. Check di www.trapster.com

Pendidikan

Banyak pilihan sekolah, tentu saja dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Sekolah Internasional maupun sekolah yang dikelola Department Luar Negeri RI.

Untuk sekolah Internasional, cukup banyak pilihan biayanyapun bervariatif. Biaya pendidikan di Sekolah Internasional berkisar  5,000 – 10,000 SAR/semester.

Untuk sekolah Indonesia, setidaknya ada 3 Sekolah Indonesia. Sekolah Indonesia RiyadhSekolah Indonesia Jeddah dan Sekolah Indonesia Makkah. Biaya masuk sekolah berkisar 500 – 1,000 SAR dan biaya bulanan:

  1. TK/SD: 150 – 200 SAR
  2. SMP/SMA: 200 – 300 SAR

Makanan

Biaya makan atau groceries di Saudi adalah bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Harga-harga bahan makanan mentah dan harga makanan jadi di Saudi cukup murah dan bisa dikatakan hamper sama dengan harga-harga di Indonesia.

Di Saudi, khususnya kota-kota besar, banyak tersedia supermarket dan hypermarket yang menyediakan hampir segala macam bahan makanan, bumbu masakan, dan lain-lain. Bahkan beberapa produk Indonesia mudah didapatkan disana. Supermarket dan Hypermarket yang paling popular di KSA diantaranya Hyperpanda, Lulu, Carrefour, Giant, Danobe, Euromarche dan lain sebagainya. Setiap Hypermarket mempunyai ciri-ciri tersendiri dan barang-barang yang tersedia di satu tempat biasanya berbeda dengan tempat yang lain.

Tergantung gaya hidup dan jumlah anggota keluarga, biaya untuk gloceries di KSA bisa beragam mulai dari 1000/bulan SAR (single) hingga 5,000-10,000 SAR/bulan.

Wallahu a’lam.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

80 Balasan ke Biaya Hidup di Arab Saudi

  1. yadi taryadi berkata:

    assalamualaikum wr.wb.. Maaf pak mau nanya kalo basic salary untuk pekerja formal di dammam berapa?kebetulan sy ada tawaran buat posisi mechanical foreman..biar sy punya bayangan standar gaji yg ideal.terima kasih

    • Humari berkata:

      Cukup bervariasi tergantung jenis industri dan standar India & Filipina:). Sepengetahuan saya rangenya sekitar USD 700 – 1100. Basic. Apakah nilai itu ideal atau tidak, Anda juga perlu lihat benefit lainnya. Biasanya, akomodasi, makan, disediakan. Selain tentu saja perlu dibanding dengan penawaran di dalam negeri.

      • yadi taryadi berkata:

        Terima kasih pak atas pencerahannya..saya di tawari di perusahaan baja pak di dammam..

  2. SlametSudarmanto berkata:

    Masya’Allah.. Jadi kepingin tinggal di arab saudi saya…tapi apa bisa ya maksud nya apa ada yang gratis begitu? Kalau bisa sekeluarga..

  3. muchammadidris berkata:

    Saya Muchammad Idris 31 th S1 Pendidikan Bahasa Inggris. berminat kerja luar negeri, menurut anda kerja apa yang cocok untuk saya?

    • Humari berkata:

      Jawaban saya takkan memuaskan Anda. Pekerjaan tertentu itu tergantung minat, pengalaman dan etos kerja si pelamar. Karenanya kami selalu melakukan interview untuk menentukan. Tak bisa dengan komunikasi singkat lewat blog

  4. Muhammad Maulana berkata:

    Assalammu’alaikum, afwan ana mau tanya, kalao ane mau netap di arab saudi dan ingin membeli rumah gimana ? tetapi kalao ana membeli rumah di sana, tapi ane tinggal ke Indonesia apakah di denda ?

    • Humari berkata:

      Maaf. Saya tak bisa menjawab pertanyaan Anda. Saya hanya bisa memberi masukan untuk WNI yang hendak bekerja ke luar negeri (termasuk Arab Saudi) dengan visa kerja.

  5. kalau mau tingga di arab, apa saja yang harus di penuhi? bisa beli rumah disana?

  6. Dina Karina berkata:

    Pak, kalo biaya hidup d al khobar tinggi atau tidak ? Tks

  7. Dina Karina berkata:

    Pak Rifki, suami sy dpt twrn kerja d airbrush harley motorcycle, salary 550 us$, inlcude housing dan healthty inssurance, 10% commission/job, bgm menurut bpk apakah salary sedikit ? Keluarga tdk ikut pak, mohon infonya bpk, tks a lot

    • Humari berkata:

      USD 550 harusnya basic salary, gaji pokok. Akomodasi, transportasi pulang pergi ke tempat kerja, asuransi kesehatan harus ditanggung oleh perusahaan di luar gaji pokok. Di bawah itu jangan diambil. Biaya makan rata-rata mencapai 1 juta per bulan.

  8. Tamzis berkata:

    pak, saya dapat tawaran kerja diarab tp sy gak bs bhs arap tp inggris bs sedikit, gmn ada masukan pak?
    kira2 kehidupannya enak diarab atau di qatar pak?

    • Humari berkata:

      Sebagian besar TKI kita gak bisa bahasa Arab kok. Yang bisa bahasa Inggris juga sebagian kecil. Negara-negara Arab cukup toleran kok soal ini asal pekerja yang mereka rekrut dari Indonesia punya skil mereka memberi kesempatan untuk TKI bekerja sambil belajar bahasa. Bila tawaran mereka penting (dalam artian pendapatan dan berdampak buat karir ke depan) sikat saja🙂

  9. Assalamu’alaikum bung Humari ,
    Insya Alloh saya mendapat tawaran sbg Telco Engineer di Saudi , pindahan homebase dari Indonesia.
    Mohon info kira2 standar plus dari salary seorang Telco Engineer yg sudah experience 9 tahun di Indo brp utk masa tinggal minimal 1 tahun.
    Wassalamu’alaikum

    • Humari berkata:

      Setahu saya biaya hidup di sana tak terlalu beda jauh dengan Indonesia. Dalam hal tertentu bahkan jauh lebih murah seperti BBM dan kendaraan pribadi. Dan satu lagi kelebihannya: tak ada pajak. Zakat dibayarkan oleh perusahaan. Biasanya, engineer kita meminta 2,5 sampai 3 kali gaji dari yang mereka dapat di sini.

      Anda coba masuk ke milis Migas Indonesia, di situ banyak saudara-saudara kita yang bekerja dan tinggal di Arab Saudi. Mereka dengan suka rela berbagi soal satu ini.

  10. Fandi berkata:

    Mas Humari mau tanya ini. Saya ingin belajar agama di Saudi, bukan di universitas. tp di syaikh2 gitu. insya Allah mau mengajak keluarga (3 anak kecil2). kira2 utk mendapatkan visa, lebih baik saya langsung cari syaikh2nya atau mencari kerja dulu? kebetulan ini ada ex-klien yang sy hubungi via email merespon dan bisa membantu pekerjaan, tp sdh saya terangkan tujuan utama saya adalah belajar agama. dia menawari kerja sebagai staf di perusahaan perdagangan mobil di jeddah dg salary 2000-3000 sebulan. belum tau itu pokok atau masih ada tambahan lainnya.
    kira2 lebih baik pilihan mana yang sebaiknya saya tempuh? makasih mas.

    • Humari berkata:

      Kalau untuk membawa keluarga, minimal gaji Anda harus 5000 an. Selain itu salah satu syaratnya adalah minimal pendidikan S1 dan visa kerja yang dikeluarkan biasanya dari bidang engineering atau pekerjaan langka.

      Untuk belajar agama dengan syaikh-syaikh, hati-hati saja. Arab Saudi biasanya tak memberi visa semacam itu. Sebab syaikh-syaikh tersebut bukan penganut mazhab yang didukung pemerintah Arab Saudi. Memang ada orang kita yang belajar dengan syaikh-syaikh tersebut namun mereke menggunakan visa kerja namun tidak bekerja dan tidak membawa keluarga karena visa kerja yang mereka gunakan adalah visa kerja umum

  11. barbasy berkata:

    saya berharap bisa tinggal di mekkah dengan kondisi saya berbisnis diantaranya buka restoran, buka properti, atau yang lainnya. bagaimana caranya? kalau untuk modal yang diperlukan dengan dana 5 miliar bisa apa saja? bagaimana persyaratan kafil? saya bisa berbahasa arab dan inggris serta jerman

    • Humari berkata:

      Maaf, kalau soal bisnis di Arab Saudi, bukan bidang saya. Di blog ini saya hanya membahas prosedur buat calon TKI dengan visa kerja.

  12. mas kan ceritanya ane udah sekolah pilot di indonesia nih, trus udah lulus. ane mau kerja jadi pilot di arab dan mau jadi warga negara disana. apa aja ya yg harus dilakukan?
    *kalau ada di postingan lain tolong berikan linknya*

    • Humari berkata:

      Harus ada pengalaman di sini dulu. Arab Saudi tak terima fresh graduate. Kalau ada lowongan pilot mereka sering umumkan di koran Indonesia. Atau rajin-rajin saja cek situs perusahaan penerbangan mereka.

  13. Purniant berkata:

    saya D3 management (professional), perusahaan saya dari spanyol, rencana bawa istri penempatan di riyadh. Kebetulan sy WNI sendiri. Gaji sy lbh dr SAR 10K. Karena saya bukan engineer apakah hal ini jadi hambatan? Note: saya bekerja di PT yg sama dari UAE

    • Humari berkata:

      Tidak. Untuk bawa keluarga ke sana ijazah Anda minimal S1. Selebihnya tak ada masalah kok. Banyak non engineer juga bawa keluarga ke sana. Perusahaan yang harus keluarkan rekomendasi untuk family status (bisa bawa keluarga)

      • Purniant berkata:

        kalau perusahaan saya memberikan rekomendasi bahwa saya karyawan senior yang mendapat fasilitas family walaupun syarat S1 tidak terpenuhi, mungkinkah? Kalau gagal resiko saya single? terima kasih

      • Humari berkata:

        Bisa. Kan yang urus family status bukan pihak Indonesia, namun harus perusahaan di Arab Saudi. Karena itu di kontrak kerja harus ada pasal yang menjamin untuk itu.

  14. Edrial De berkata:

    Ass.wwb, Pak Rifki, saya dapat tawaran kerja dengan base salary 6750 SAR/bulan, housing allowance 25.000 SAR/year, cuti 21 hari/tahun + tiket PP (untuk istri dan 2 anak), medical allowance, transportation allowance (provide company car), Ramadhan bonus 1x basic salary, bgm menurut bpk apakah tawaran tersebut mencukupi untuk hidup membawa keluarga (istri dan 2 anak) dan sekolah 2 anak (SMP & SMA). Kira2 untuk bisa nabung berapa minimal biaya hidup dengan kondisi bawa keluarga. Mohon infonya pak. Terima kasih. Wassalam

    • Humari berkata:

      Pak Rifki silakan jawab.

      Btw, tulisan di atas saya copas dengan izin dari Ahlanriyadh.wordpress.com. Tapi kayaknya sudah tidak aktif lagi. Bagai teman-teman di Arab Saudi, silakan berbagi info

  15. harry prayogo berkata:

    Ass.Wr.Wb saya mo tanya pak,untuk biaya pembuatan iqamah pekerja formal dan non formal sama engga?klo untuk pekerja formal (chef restaurant) berapa biaya nya? terima kasih

    • Humari berkata:

      Anda sudah di Arab Saudi atau di Indonesia. Kalau belum di Arab Saudi, katakan pada employer/perusahaan Anda bahwa iqama mereka yang tanggung. Bahkan bila Anda TKI mandiri sekalipun. Setahu saya biaya iqama per tahun SR 500. Entah kalau ada perubahan. Tapi sebelum urus iqama kan ada biaya medical dan beberapa dokumen yang harus dipenuhi oleh perusahaan di mana Anda bekerja. Soal yang ini saya tak tahu berapa biayanya

  16. Edrial De berkata:

    maaf pak, maksud saya bertanya ke pak Humari. Mohon infonya pak

  17. Isa Syarif berkata:

    Pak Humari,

    Mohon info utk mengambil SIM Saudi, apakah test nya bahasa Arab atau Bahasa Inggris ?

    • Humari berkata:

      Anda tak bisa bahasa Arab dan Inggris saja bisa dapat SIM Arab Saudi. Yang penting punya SIM Indonesia yang sudah diterjemahkan oleh penterjemah tersumpah dan dilegalisir oleh Kedubes Arab Saudi di Indonesia

  18. agus berkata:

    pak, mohon infonya pjtki yang sedang membuka lowongan untuk project konstruksi civil, migas,
    di luar negeri, dengan rate gaji yang bagus. Profesi saya Civil Supervisor.
    terima kasih.

  19. agung berkata:

    asalamualaikum…..pak saya mendapat tawaran pekerjaan di sbg piping engineer. salary kira2 8000 sar.lebih baik saya sendiri atau ajak keluarga ya pak? dan minimal kalau hidup dengan keluarga berapa sar ya pak? ( anak saya satu umur 11 thn. mohon infonya ya pak. suwun

    • Humari berkata:

      Biasanya 4000 SAR sudah bisa bawa. Jabatan minimal engineer. Btw, cek dulu kontrak berapa lama selain itu apakah Anda mendapatkan family status dari perusahaan atau tidak. Family status ini penting sebab kalau tidak, dan Anda yang tanggung semua ya berat. Cek juga bagaimana biaya pendidikan anak.

  20. Rudy Juhandi berkata:

    ass..pa humari yth,saya ditawari kerja sebagai field operator di perusahaan seamless pipe baru-baru ini dengan gaji 4000 sar,saya nego minta 5000 sar,status single mungkinkah saya mendapatkan gaji tsb pak,terlalu besarkah saya meminta salary di tahun 2015 ini,perusahaannya daerah jubail…terima kasih minta pencerahannya…

    • Humari berkata:

      4000 bersih atau kotor? Ada tunjangan lain? Kalau kotor, belum termasuk tunjangan ini itu ya kecil. Tapi kalau perusahaan sediakan wisma/apartement, transportasi, makan, itu jumlah yang lumayan.

  21. Septiani Dewi berkata:

    ass pak…saya mau tanya suami saya kebetulan mengikuti test Toyota ALJ untuk ke arab saudi melalui PT yanbu al-bahar sebagai mekanik dan salary yg di berikan sekitar 2000 – 2500 Real .pertanyaan saya apakah benar standar untuk gaji seorang mekanik Toyota ALJ sekitar 2000 – 2500 real atau ada tambahan bonus ?

    • Humari berkata:

      Standar sih. Bonus paling lembur. Arab Saudi biaya hidup cukup murah kok. Bahkan lembur saja kadang tak habis buat makan.

  22. yogi berkata:

    assalammualaikum mas… sya kepengen bener bisa bekerja, hidup serta berkeluarga di sekitar arab saudi atau di kawasan mekkah karna pada intinya adalah ibadah serta dapat lebih dekat dengan allah dan negara tersebut menegakkan hukum allah. mohon infonya untuk mendapatkan pekerjaan disana kebetulan saya S1 dan memiliki pengalaman di perbankan serta pemasaran mobil toyota namun disini saya belum dapat komonikasi bahasa arab tapi saya siap untuk belajar…. mohon infonya klo ada… terimakasih sebelumnya mas

    • Humari berkata:

      Untuk family status (bisa bawa keluarga) di bidang Anda kemungkinan kecil, kecuali pada level manajer. Tapi Arab Saudi saat ini jarang sekali mengeluarkan visa semacam itu. Memang ada visa untuk suami istri (tanpa anak) tapi biasanya untuk pekerja low skilled.

  23. Ahmad berkata:

    Bisakah beli rumah di saudi untuk orang Indonesia…….,,,

  24. Black Smith berkata:

    Pak Humari saya ingin bertanya, saya sarjana S1 dan saya mendapatkan tawaran bekerja di Saudi dengan gaji kotor 2500 SAR (tidak termasuk tmpt tinggal dan makan), visa single, pertanyaan saya apakah saya bisa membawa keluarga dengan mengurus sendiri dan apakah dengan salary tsb cukup u/ membawa keluarga, terima kasih..

    • Humari berkata:

      Gaji segitu blum bisa. Untuk single sudah lumayan. Min. gaji Anda harus SAR 4000 (akomodasi, transportasi, asuransi & tunjangan makan diberi perusahaan) atau istri Anda juga bekerja.

  25. yudi adnan berkata:

    Ass..saya ingin berdagang di mekkah dgn membawa modal sendiri dr RI,saya tdk tahu mencari tmpt tinggal murah di mekkah,brp hrg sewa per bulannya,hrs ke mana,mohon info nya pak

  26. Donni berkata:

    saya melamar di power plant industri, saya ditawarkan gaji 2000 USD ato kira2 7500 SAR (menurut mbah google today) itu kotor, saya masih dapat tunjangan makan, transport dan accomodation (tempat tinggal)

    gaji segitu termasuk besar ato kecil ato menengah???

    saya masih pikir2 ambil pekerjaan itu atau mending cari2 lagi yg lebih bagus.

    • Humari berkata:

      Pengalaman kerja berapa tahun? Kalau masih kisaran 5 tahunan saya kira lumayanlah. Apalagi ada tunjangan makan, transportasi dan akomodasi (single status). Ada lembur? kalau ya, dari lembur saja sudah bisa buat jajan sehari-hari. Gaji utuh. Biaya hidup di Arab Saudi gak setinggi di UEA atau Qatar. Kecuali kalau Anda bisa saving sekitar 15 juta per bulan di Indonesia atau tempat kerja sekarang, ya jangan diambil. Sebab bedanya tak terlalu jauh.

  27. irwan berkata:

    Assalamu alaikum,
    Sy adalah pekerja dikapal pesiar dengan tujuan eropa dan amerika, bekerja dengan posisi yang beragam, yakni Information system staff yang menghandle payment dan data maintenance, kemudian pada controller department yang bertanggung nawab pada cost dan budgeting food beverage dan general supply, kemudian sebagai Auditor bertanggung dalam maintain revenue, posisi terakhir sebagai night manager yang mempunyai tanggung jawab yang cukup besar, selain berganggung jawab pada guest needs, juga bertanggung jawab atas laporan revenue, payable dan receivable, gaji terakhir $3300/month +16% vacation pay, tiket pp ditanggung perusahaan. Belakangan setelah mengenal manhaj salaf, sy mulai gerah dengan keberadaan pada lingkungan kerja yang tidK islami, sy .merindukan bekerja dimekkah agar bisa sholat ditempat yang mulia ini. apakah ada lowongan utk posisi saya. JazKullahu khairan Atas jawabannya .

  28. Bunda Sri berkata:

    pAK HUMARI…mau tny anak saya (single) gaji di tempt kerja di indonesia dapat gaji 4jt lalu coba-coba ngelamar di pjtki terus dapat tawaran kerja di Dammam gaji cuman 1,800 SAR buat warehouse diambil gak ya pak ? tapi ada dapat 200 SAR transportation dan 500 SAR housing. Apakah setiap di perusahaan di Saudi menyediakan makan siang ? karena gaji segitu kata pjtki nya include makan sehari-hari. apakah nantinya tidak rugi anak saya cuman kerja bakti aja. mohon pencerahannya. tq

    • Humari berkata:

      Kalau Anak ibu masuk lajang, diambil aja. 1800 riyal angka yang lumayan. Untuk makan katakanlah habis sekitar 300 riyal. Sebenarnya dari housing bisa dihemat lagi jika sewa apartemen bertiga, misalnya. Rata-rata per unit apartemen sewanya untuk daerah Dammam sekitar 700 riyal bisa dihuni 3 orang. Kelebihan Arab Saudi adalah biaya hidup yang cukup rendah. Jakarta saja lebih mahal. Saya kira potensi saving (menabung) dengan tawaran di atas bisa mencapai 4 juta per bulan. Itu bila tidak ada lembur. Bandingkan dengan pendapatan di Indonesia yang memang sudah mencapai 4 juta tapi dengan biaya transportasi, makan, akomodasi dll (bila tinggal di luar rumah) hampir tak bersisa.

  29. Moammar berkata:

    Assalamualaikum wr.wb
    pAK HUMARI…. saya mau bertanya apakah gaji 6000 SAR + tiket PP (3 orang), medical allowance, transportation allowance (provide company car), Ramadhan bonus 1x basic salary, setiap 3 bulan sekali 3 orang family boleh tinggal disana sebagai IT manager Hotel di Makkah. apakah biaya hidup disana berapa kisaran hidup disana dan berapa box save money untuk di bawa ke keluarga .

    Walaikumsalam wr.wb

    • Humari berkata:

      Wa’alaikumussalam,

      Mereka sediakan akomodasi? Kalau ya, dengan makan dan keperluan rutin bulanan, dan bila Anda lebih sering ‘melajang’ di sana, minimal potensi saving bisa mencapai 5000 riyal.

      Kecuali bila bawa keluarga (anak istri). Apalagi anak sekolah juga. Perlu Anda minta allowance untuk pendidikan anak. Untuk hidup standar, dengan bawa keluarga (catatan; akomodasi juga diprovide employer), 3000 riyal per bulan bisa ditabung.

      Kalau mau undang keluarga harus koordinasi dulu dengan employer. Mereka yang menentukan soal satu ini. Undangannya berupa visit atau family status (bawa keluarga). Saran saya, untuk gaji 6000 riyal, jangan family status dulu. Lumayan repot dan makan biaya. Kecuali employer mau tanggung biaya proses dan pendidikan anak, bolehlah.

      Sukses buat Anda.

      • Moammar berkata:

        Terima kasih abu humari atas pencerahannya. 1 lagi pertanyaan dari saya abu, apakah ada buku atau ebook untuk bahasa pasar dan resmi arab. Kalo ada saya belinya dmn/download dmn?

      • Humari berkata:

        Saya malah gak punya tuh. Pengalaman saya bertemi klien dari sana, mereka langsung paham kalau kita berbicara Bahasa fushah (resmi). Jadi pelajari saja yang resmi-resmi. Beberapa lulusan pesantren yang saya tanya tentang satu ini, mereka rata-rata bilang paling perlu waktu sehari hingga seminggu adaptasi untuk komunikasi dengan bekal yang mereka dapat semasa sekolah.

  30. doniyusdinar berkata:

    assalamu’alaikum Pak,

    saya sudah mendapat tawaran beasiswa di Saudi (King Fahd univ. petroleum and mineral) untuk program master. dan diberikan allowance 892 riyal. itu sudah diberikan akomodasi tempat tinggal.
    namun saya rencana juga untuk mengambil keluarga (istri dan anak baru balita), yang mengharuskan tinggal di luar kompleks asrama. saya juga mendapatkan beasiswa dalam negeri untuk pembiayaannya sekitar 3900 dengan tunjangan keluarga.

    apakah kondisi saya memungkinkan membawa keluarga di khobar?
    mungkin untuk hidup 2 tahun.
    menurut info, saya juga bisa menambah pemasukan dsri mengikuti proyek dosen mungkin bisa tambah 1000 riyal.

    • Humari berkata:

      SAR 3900 untuk tunjangan keluarga, lumayan juga bahkan biaya segitu lebih dari cukup untuk biaya hidup Anda sekeluarga sebulan. Selebihnya SAR 892 itu cuma cukup untuk hidup nyaman bila berstatus bujangan. Secara umum biaya hidup di Saudi tidaklah mahal.

  31. Vani berkata:

    Assalamualaikum Pak Humari,

    Untuk standard gaji Director operational di Perusahaan medical center Riyadh. itu sekitar kisaran berapa ya Pak?

    • Humari berkata:

      Standarnya? Tak ada. Yang ada yang nego. Rata-rata TKI professional kita menghitung tiga bulan penghasilan bersih dari yang diterima di Indonesia.

  32. Rahmat Hidayat berkata:

    salam..
    kalo yang menjadi guru di SILN jeddah itu masuk kategori TKI ya.? gaji 4500 sar apa cukup untuk bawa keluarga?

    • Humari berkata:

      Ya. TKI. SAR 4500, pas-pasan. Kecuali ada tunjangan rumah, transportasi, pendidikan untuk anak dan asuransi kesehatan untuk seluruh anggota keluarga serta tiket bolak-balik sekeluarga.

  33. kalo laki2 WNI nikah dengan wanita arab gimana? Cerita aja..

    • Humari berkata:

      Yang punya pengalaman silakan berbagi🙂

      • Reza berkata:

        Assalamualaikum terimakasih atas blog pak Humari yg infonya sangat berguna ini. Dalam offering letter tidak disebutkan adanya ramadhan atau idul fitri allowance, apakah hal ini common di jeddah? Sy sdg cari tki yg mau share apt, sehub desember start kerja di industrial area 21443, ada info…?makasih banyak atas info dan bantuannya

      • Humari berkata:

        Di sana memang tak ada THR, Pak.

        Bonus biasanya tahunan atau sehabis kontrak selesai. Itu aturan umum Arab Saudi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s