Bukan sekedar TKI, mereka juga……

Sambil membaca lembaran formulir, lelaki itu bertanya,”Ibu, sudah empat kali kerja. Berhasil semua?”

“Alhamdulillah, Pak. Majikan di Singapur baik, di Dubai baik, di Arab Saudi baik, di Qatar juga.”

“Kalo gitu udah kaya dong….” lelaki yang adalah staf PJTKI itu tersenyum. Yang ditanya juga membalas dengan senyuman.

“Ibu Sri udah kaya, Pak. Rumah dua. Yang satunya malah tingkat di pinggir jalan. Sawah, warung punya.” Yang menjawab adalah perempuan lebih muda yang juga ikut mendaftar hari itu. Belakangan dia mengungkapkan bahwa bu Sri adalah tetangga bahkan punya hubungan saudara.

“Ya, wajar, Pak. Saya udah jadi TKW sejak umur lima belas. Setahun belakangan istirahat, trus sekarang anak-anak udah besar. Udah pada lulus kuliah. Yang satunya malah mau ndaftar jadi PNS. Kan perlu duit banyak.”

“Majikan ibu baik semua. Kok gak kembali ke majikan lama aja? Kan udah pasti. Baik, gaji lancar,…..”

“Ah….enggak, Pak. Saya cari yang lain saja. Biar punya pengalaman baru.”

“Ibu gak takut liat berita di tv?”

“Yah…itu resiko, Pak. Gak usah di luar, jadi pembantu di sini aja kalo gak pandai-pandai sama aja. Malah mending di luar, majikan cerewet, tapi bayarannya gede. Lha di sini, udah cerewet bayaran seemprit.”

“Katanya tadi majikan ibu semua baik?”

“Iya….mereka cuma cerewet. Wajarlah ibu-ibu, nenek-nenek. Tapi selain itu gak ada masalah. Apa yang saya masak mereka makan semua. Malah kalo saya di kampung bolak-balik nelpon minta saya balik lagi.”

“Kalo gitu saya bisa hubungin majikan ibu. Dia pasti mau beri….”

“Gak ah, Pak. Saya mau cari pengalaman baru. Di Saudi boleh, asal jangan di Riyadh. Saya udah pernah.”

******

Sekitar 65% TKW yang mendaftar ke perusahaan kami adalah TKW pengalaman, alias bukan pertama kali ke luar negeri. Dan hanya segelintir dari mereka yang bersedia kembali ke majikan lama. Sebab mereka bukan sekedar TKI, mereka juga ……..petualang.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke Bukan sekedar TKI, mereka juga……

  1. FARIS berkata:

    mantap…

  2. Akatsuki berkata:

    Itu baru TKI pintar…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s