Selain TKI, kami (PJTKI) juga punya kepentingan terhadap asuransi.

Berita:

“Kalau terbukti tidak melaksanakan kewajiban sesuai ketentuan yang ada, kita akan cabut izin mereka.” kata PLT Dirjen Pembinaan Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri, Kemenaketrans, Soenarno, kepada SP di Jakarta, Kamis (23/12)

-Suara Pembaruan, Jumat 24 Desember 2010-

Kebijakan cabut izin bukan hal yang aneh dan ancaman semacam itu sama sekali tak menakutkan lagi. Sudah banyak perusahaan asuransi datang dan pergi dari konsorsium yang dibentuk pemerintah. Tapi persoalannya masih itu-itu saja: banyak sekali klaim TKI bermasalah tak dapat dicairkan atau kalau ya jumlahnya amat minim.

Angka pastinya entahlah. Menurut pengalaman dan info dari teman-teman PJTKI, bahkan biaya perawatan TKI yang ada kwitansinya dari Rumah Sakit RS Polri saja, klaimnya ditolak oleh asuransi. Yang agak mending, paling bila ada TKI meninggal. Tapi itupun karena mereka khawatir disorot dan dijadikan ‘terdakwa’ oleh media.

Namun sebenarnya dalam permasalahan yang terkait dengan perlindungan TKI, perusahaan asuransi boleh dikatakan selamat dari kecaman media. Yang biasa dijadikan obyek makian selalu saja PJTKI.

Karenanya selain TKI bermasalah, kami berkepentingan terhadap asuransi TKI.

Mengapa?

Sebab kalau asuransi enggan membayar klaim, kami lah yang ditodong semua pihak untuk mengeluarkan dana. Bahkan tanpa ditodong sekalipun kalangan kami biasa memberikan itu pada TKI bermasalah. Apakah masalah itu dikarenakan kesalahan pihak majikan atau TKI itu sendiri. Baru-baru ini salah satu teman kami memberikan kompensasi pada TKI yang hamil akibat berzina. Bukan diperkosa. Karena tak ingin ramai saja.

Tuduhan Menakertrans Muhaimin Iskandar bahwa PJTKI untung besar dari diskon asuransi adalah ngawur. Saya sedang bicara tentang konsorsium asuransi TKI yang juga dibuat lalu dibubarkan pemerintah.

Menakertrans itu seolah tak paham bagaimana PJTKI.

Begini penjelasannya, bila kami mendapat diskon uang itu takkan kemana-mana selain kembali ke keluarga TKI bermasalah, polisi yang ngendon di BNP2TKI yang ditugaskan nyatroni kantor kami, oknum LSM dsb-dsb.

Ke situlah muara diskon asuransi tersebut. Tak pernah ada cerita seorang pengusaha PJTKI bisa bangun gedung atau bikin perusahaan baru karena diskon asuransi.

Kebijakan pemerintah yang hanya berupa cabut izin, sangat menyengsarakan TKI dan kami. Sebagai contoh, suatu perusahaan asuransi yang sudah dicabut izinnya hampir pasti enggan membayar klaim.

Logikanya adalah, buat apa mereka membayar klaim asuransi kalau izin sudah dicabut? Emangnya sanksi macam apa yang bisa lebih berat dari itu yang dapat diterapkan pemerintah pada mereka perusahaan asuransi?

Kalau sudah begini Menakertrans mau bilang apa? Apa kuasa dia selain mencabut izin? Bagaimana tanggung jawab dia terhadap dampak dari kebijakan itu?

Ujung-ujungnya paling BNP2TKI kirim surat panggilan (ini tindakan kecil) atau kirim polisi (ini tindakan bila sudah hilang akal) ke PJTKI untuk ‘menyelasaikan’ masalah. ‘Penyelesaian’ yang hampir pasti hanya berupa penggelontoran duit.

Belum lagi berbagai rupa orang yang mengatasnamakan LSM akan bertandang ke kantor bertanya ini itu. Kritis lah pokoknya. Dalam pandangan saya bila Anda pengangguran, punya nyali dan sedikit tahu celah, Anda bisa jadi bikin LSM dan cari duit dari kesalahan PJTKI yang setumpuk itu (kesalahan pemerintah juga menggunung, tapi mereka bukan objek yang mudah untuk diperas).

Kembali ke permasalahan utama…..

Setelah perusahaan asuransi menolak pencairan klaim, PJTKI lah yang harus membayar semua. Itu di luar santunan untuk TKI dan keluarga mereka, uang lelah oknum aparat atau kadang-kadang oknum LSM.

Begitulah diskon asuransi bermuara……….

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke Selain TKI, kami (PJTKI) juga punya kepentingan terhadap asuransi.

  1. Ilham berkata:

    assalamualaikum… wr.wb
    kami dari pihak keluarga tki yg sedang menunggu kedatangan nya, minta tlong di bantu dengan proses kepulangan TKI tersebut yang sudah selesai kontrak kerja selama 2 tahun:
    Nama TKI : Risnani Agustina Bt Amizi
    Daerah : Lampung
    Nama sponsor : Ayyub
    Tlp sponsor : 08151 9999301
    nama majikan : Ied saleh al juhni
    tlp Majikan : +966566168008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s