KUR TKI, semoga menjadi seperti yang diharapkan

Berita :

“Selama ini, biaya pemberangkatan selalu dibebankan ke TKI. Karena itu, dengan program ini, Pemerintah menyokong terlebih dulu beban pembiayaan para TKI,” ujar Gunarto, Minggu (12/12/2010) di Surabaya. (Tribunnews.com)

“Dengan KUR ini, TKI dapat lepas dari jeratan renternir. Selain itu dengan terkoneksinya mereka pada perbankan, setelah selesai menjadi TKI dapat berwirausaha,” kata Hatta. (Antaranews.co.id, 15 Desember 2010)

Tanggapan :

Pernyataan di atas tidak terlalu tepat. Tidak selalu pembiayaan ditanggung oleh TKI. Khusus penempatan TKW di negara-negara Arab, yang menanggung sepenuhnya adalah majikan. Dan itu tanpa potong gaji sama sekali.

TKW untuk penempatan negara-negara Arab bahkan menerima uang jajan sebesar 1-3 juta perorang.

Selain itu TKI dari kategori pekerja industri migas (oil & gas) juga mendapatkan keberuntungan serupa. Adalah biasa bila TKI jenis ini bebas sama sekali dari biaya penempatan. Bahkan hanya sekedar untuk interview, pihak klien kami biasa menanggung tiket pesawat pelamar hingga biaya akomodasi hotel serta taksi.

TKW untuk penempatan di negara-negara Asia Pasific seperti Malaysia, Singapura, Hong Kong, Taiwan biaya penempatan ditanggung oleh TKW. Tapi itupun tidak dibayar sebelum pemberangkatan. Namun dibayar dengan sistem potong gaji. TKW untuk penempatan di negara-negara Asia Pasific inipun mendapat uang fee sebesar antara 1-3 juta.

Yang paling membutuhkan KUR TKI adalah TKI formal dengan kemampuan nanggung (buruh pabrik, petugas kebersihan, pekerja laundry, kuli bangunan, kuli angkut dsb) dan mereka yang bekerja di industri yang SDMnya membludak seperti bidang perhotelan.

PJTKI kerap gagal melaksanakan order ini karena para calon TKI yang terpilih tak punya biaya.

Sudah pernah ada bantuan pembiayaan dari bank-bank pemerintah namun persyaratannya memberatkan PJTKI sebab pihak bank meminta PJTKI yang menjamin. Kami tentu menolak sebab uang itu untuk pemberangkatan TKI bukan buat dimakan sendirian oleh PJTKI. Uang itu untuk juga digunakan buat cek medis, proses paspor, makan minum TKI selama proses, hingga tiket pesawat dari Jakarta menuju ke negara penempatan.

Pernah ada satu dua PJTKI yang bersedia namun ternyata sesampai di negara penempatan TKI malah tidak membayar. TKI memanfaatkan aturan di negara-negara Arab bahwa pihak manapun tidak diperkenankan untuk memotong gaji mereka. Sementara mereka pun tidak bersedia menyicil dengan sukarela. Mereka malah memilih pulang daripada menyicil.

Karenanya bank menghentikan kredit untuk TKI.

Sekarang KUR TKI sudah diresmikan oleh presiden. Kita lihat saja bagaimana strategi pemerintah menjalankan itu. Yang jelas, kami PJTKI tak punya kesanggupan untuk menjadi penjamin pinjaman TKI.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s