Lebih rinci tentang peluang TKI di Australia dan Selandia Baru

Saya banyak sekali menerima serbuan pertanyaan dari pembaca blog ini yang berkeinginan untuk mendapatkan peluang kerja di negara-negara Barat. Karena posting saya mengenai hal ini sebelumnya tidak memuaskan bagi sebagian pembaca, sekarang mari kita bahas satu persatu lowongan kerja negara-negara Barat yang banyak diincar calon TKI.

Seiring dengan bertambahnya info yang saya dapat, postingan ini saya revisi dari waktu ke waktu.

Australia

Sumber paling terpercaya untuk masuk ke suatu negara, terntu saja imigrasi negara masing-masing. Karena untuk menginjakkan negeri asing dengan nyaman visa adalah syarat mutlak. Dan di seluruh dunia, hanya imigrasi yang berwenang memberi visa.

Demikian juga Australia. Sekali lagi bila anda adalah calon TKI modal kemauan dan tekat, kecil kemungkinan anda untuk mendapatkan visa kerja ke Australia. Sekali lagi saya bicara soal visa kerja. Bukan visa untuk menyambung sekolah atau turis atau malah menetap (permanent residence).

Cara paling cepat untuk memastikan apakah anda bisa bekerja di Australia adalah masuk ke situs imigrasi mereka www.immi.gov.au dan klik Visa Wizard lalu mengisi pertanyaan yang mereka ajukan.

Bagaimana dengan pekerja musiman untuk perkebunan? Australia bahkan punya program tersendiri untuk pekerja kategori ini yang mereka sebut Seasonal Worker Program, namun sayangnya hanya untuk negara-negara tertentu. Negara-negara tersebut adalah Timor Timur, Kiribati, Nauru, Papua New Guinea, Samoa, Solomon Islands, Tonga, Tuvalu and Vanuatu.

Tak ada Indonesia. Bahkan Filipina dan Vietnam pun tak masuk.

Peluang legal satu-satunya bagi calon TKI untuk mendapatkan visa kerja ke Australia adalah bila sang calon TKI mempunyai skil yang disyaratkan. Dan untuk itu anda perlu sponsor dari perusahaan Australia (employer). Untuk anda yang merasa punya cukup skill silakan kunjungi http://www.immi.gov.au/asri/

Penempatan terakhir yang ditangani PJTKI/PPTKIS adalah perawat. PJTKI yang menempatkan mereka adalah PT. Binawan, yang juga memiliki STIKES. Namun mereka tidak langsung bekerja di sana melainkan belajar dulu selama 1 semester.

Hasilnya?

Lumayan bagus. Yang jadi masalah, setelah mendapat kerja para perawat tersebut malah tidak membayar cicilan hutang mereka pada pihak PJTKI/PPTKIS. Sementara PJTKI/PPTKIS tidak bisa memotong langsung gaji mereka karena itu memang tidak dibolehkan dalam UU Australia (Selain Australia, Kuwait & Qatar juga memberlakukan hal serupa).

Karena pembayaran yang macet program ini dihentikan.  Sejak tahun 2009 saya sudah mendengar masalah ini dari para perawat yang hendak mendaftar ke Binawan. Namun pada sebuah perbincangan dengan salah satu petinggi BNP2TKI kuartal terakhir 2012, semua menjadi jelas. Ternyata pihak imigrasi Australia, khusus perawat Indonesia yang memasukkan aplikasi visa untuk bekerja di sana, memberlakukan 1 persyaratan tambahan: good attitude. Apa batasan good attitude itu? Petinggi BNP2TKI hanya menggelengkan kepala.

Beliau lalu menambahkan bahwa pihak imigrasi Australia juga menegaskan bahwa semua penempatan pekerja Indonesia lewat agen di Australia adalah ilegal.

Keterangan ini hanya memperkuat fakta yang sudah saya ketahui bahwa selama 4-5 tahun belakangan penempatan TKI ke Australia adalah perekrutan tanpa lewat PJTKI/PPTKIS ataupun agen di Australia. Dan perekrutan langsung itu hanya memungkinkan bagi pekerja skil tinggi/profesional.

Adakah cara lainnya untuk bekerja ke Australia?

Ya, selalu ada jalan lain ke Sidney. Tapi tidak memakai visa kerja. Bisa dengan visa working holiday atau turis. Dan karena itu saya tidak akan membahas hal-hal tersebut di sini. Tidak relevan.

Selandia Baru (New Zealand)

Kebijakannya mirip-mirip Australia. Bagi setiap calon TKI yang ingin mendapatkan visa kerja di Selandia Baru (New Zealand) harus mendapatkan sponsor dalam hal ini tentu saja orang yang bakal memperkerjakan sang calon TKI (employer). Dan untuk itu, sang calon employer harus membuktikan ke imigrasi mereka bahwa pekerja yang dia butuhkan tidak ada di dalam negeri mereka.

Selain itu visa kerja sementara yang dikeluarkan Selandia Baru juga bisa digunakan buat anda; yang datang karena even khusus atau tujuan tertentu (untuk poin ini tak ada penjelasan lebih lanjut), bekerja setelah belajar di Selandia Baru, pelajar yang ingin nyambi bekerja juga bila anda punya pasangan hidup di sana dan ingin bekerja.

Masih menurut situs http://www.immigration.govt.nz bisa juga ketika anda masuk sebagai turis, anda mendapatkan visa kerja. Namun sekali lagi anda harus mendapatkan penawaran (job offer) dari employer. Dan employer hanya bisa memberikan job offer pada anda bila mereka bisa membuktikan bahwa skill anda dibutuhkan dan tidak ada pekerja dengan kemampuan yang sama sedang nganggur di negara mereka.

Bagaimana bila anda adalah kru kapal yang mampir di Selandia Baru lalu membelot dan mencari kerja di sana? Menurut http://www.immigration.govt.nz, orang semacam ini tidak akan diberikan visa kerja.

Bagaimana dengan peluang kerja musiman (seasonal work) untuk perkebunan? Bila anda masuk dengan visa turis, maksimal durasi kerja hanya enam minggu. Itupun bila mendapatkan penawaran dari calon employer.

Namun bila anda datang ke Selandia Baru hanya menggunakan ‘limited visa’, anda tak punya kesempatan memperpanjang keberadaan anda di sana.

Kesempatan lainnya adalah bila anda mendapatkan tawaran kerja musiman (seasonal work) dari perusahaan yang sudah tercantum di Recognised Seasonal Employer (RSE). Menurut situs imigrasi Selandia Baru yang ada 116 RSE yang bisa mendapatkan persetujuan buat merekrut tenaga kerja asing.

Bagaimana peluang TKI? Berdasarkan pengalaman kami, tak banyak TKI kita yang mendapatkan kesempatan bekerja sebagai pekerja musiman di Selandia Baru. Meski kantor imigrasi mereka juga ada di Jakarta (silakan kontak +62 21 5795 4120).

PJTKI/PPTKIS yang pernah menempatkan ke Selandia Baru (New Zealand) adalah PT. Satria Abdi Perkasa dan PT Tentriawaru (lebih dikenal sebagai Elite Recruitment).  Namun sudah lama tak terdengar lagi kiprah mereka dalam menempatkan TKI di sana. Dalam salah satu perbincangan tak disengaja, saya mendapatkan info dari staf BNP2TKI bahwa penempatan TKI ke Selandia Baru memang sudah ditutup oleh pemerintah negara Kiwi tersebut.

Sebelumnya, mereka masih menerima TKI namun karena waktu itu pekerja yang ditempatkan oleh PT Satria Abdi Persada boleh dikatakan rajin, produktif dan selalu bekerja sesuai dengan komitmen. Suatu hal yang mengesankan perusahaan perkebunan di sana. Karenanya mereka menambah permintaan dan bekerja sama dengan PJTKI/PPTKIS lain untuk merekrut pekerja Indonesia? Hasilnya? Setelah bekerja beberapa waktu, TKI kita ada yang kabur!

Melihat hal itu pemerintah Selandia Baru, menutup pintu bagi perekrutan TKI ke negara mereka.

Selandia Baru jelas sekali lebih mengutamakan pekerja asal Filipina, Cina dan Vietnam. Di situs resmi imigrasi mereka disebutkan bahwa ketiga negara itu punya kesepakatan khusus dengan Selandia Baru. Bahkan untuk working holiday sekalipun negara kita tidak tercantum. Padahal Malaysia dan Singapura masuk dalam daftar yang skema.

Bagi PJTKI/PPTKIS atau siapapun yang mempunyai pengalaman lain silakan berbagi info, lewat jalur pribadi: humarihidayat@yahoo.co.id atau tulis komentar di bawah.

Itulah penjelasan singkat yang dapat saya berikan. Bagaimana bila anda mendapatkan info selain di atas? Silakan saja. Yang jelas, posting ini saya ambil langsung dari imigrasi Australia dan Selandia Baru. Bila anda dapat penawaran lainnya yang tampak lebih mudah, silakan langsung cari info pendukung seperti dengan langsung mengunjungi situs imigrasi yang saya tulis di atas.

Bila tidak?

Tandanya anda memang berbakat buat ditipu. Jangan mengkhayal birokrasi keimigrasian mereka bisa dibuat main-main sebagaimana kita bermain dengan birokrasi di negara kita.

Pada kesempatan berikutnya saya akan membahas tentang peluang kerja di negara Barat lainnya.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

225 Balasan ke Lebih rinci tentang peluang TKI di Australia dan Selandia Baru

  1. widyan berkata:

    Bagaimana dengan eks TKI yang sudah kembali pulang ke tanah air, sesampai di rumah mereka bingung untuk memulai bekerja atau membuka usaha yang dia idam idamkan sebelum menjadi TKI. Modal yang ia dapatkan dari bekerja di luar negeri biasanya habis untuk membuka “usaha” yang pernah ia cita citakan. Program pelatihan ternyata susah di dapatkan. Hingga akhirnya kembalilah ia menjadi seorang TKI…

    Seorang TKI,
    Sepintas lalu nampak bergaya, glamaur ketika pulang kampung. Sehingga banyak orang yg melihatnya menjadi “ngiler” dan ingin meniru jejaknya. Tapi apa yang di alami seorang yang telah menjadi “TKI” ternyata bertentangan dengan apa yang mereka bayangkan.
    Hanya satu yang terbayang seorang TKI:
    ALANGKAH BAHAGIANYA JIKA MAMPU BEKERJA DI NEGERI SENDIRI..

    • YONO berkata:

      LAPANGAN PEKERJAAN DI NEGARA KITA TIDAK BISA MENCUKUPI PENGANGURAN,APA IYA??KENAPA ORANG BANYAK NGANGUR KOK SUSAH DAPAT KERJA DI INDOSEIA>???

      • joe berkata:

        iya….kepadatan penduduk di NEGERI ini semangkin padat,setiap TH para pelajar menjadi pengangguran……lahan pekerjaan yg terbatas….mata uang yg terlalu kecil mempengaruhi pendapatan,,,,hidup di INDONESIA pas pasan.

      • Humari berkata:

        Tandanya Anda memandang negara Anda sendiri dari sisi negatif saja. :)

      • Mudi Ono berkata:

        Ada banyak pengangguran di negeri kita sendiri karena kebanyakan kita juga malas mencari peluang…
        Buktinya ditempat kerja saya banyak membutuhkan karyawan dengan UMP untuk non skill dan pemula malah kerjanya ogah2an..

    • Anti ulil berkata:

      Pt. Satria Abdi Persada, masih eksis kirim tki ke Selandia Baru, dengan 163 RSE dan Teman2 yang masih solid dan terkontrol, tidak benar ada yang kabur bahkan attitude teman2 disana di puji sama user

  2. bqaniemartiana berkata:

    sangat menyentuh kalimat kalimat anda yang terahir dan memang betul sekali,andaikan ada banyak lowongan di negeri sendiri…..tentu para tki tdk akan mengadu nasib mereka ke luar negeri

  3. YONO berkata:

    SIAPAPUN ORANGNYA PASTI MAU KEHIDUPANNYA LAYAK,MAPAN DAN DEMI KELUARGA….APAKAH NEGARA KITA MEMIKIRKAN INI??

    • vpkadmincontent berkata:

      Negara kita memikirkan ini, tapi pelaksanaannya tidak sesedehana itu bung, negara kita seluas Amerika dan penduduk sebanyak Cina. nah AS sendiri butuh beberapa ratus tahun untuk bisa semaju itu, Cina, sampai sekarang belum makmur2. Kalaupun Urban Planner dari USA dan Pejabat Kesejahteraan Rakyat dari Cina menyatukan otak, Indonesia belum tentu bisa maju pesat.
      tapi ada sedikit pandangan yang saya lihat dari penduduk di Cina dan AS, mereka memikirkan untuk memajukan diri sendiri dan dengan demikian memajukan kegara mereka, bukan menunggu pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja.
      kalau mau, lihatlah bahwa posisi GDP untuk Purchase Parity kita sekarang adalah nomer 15 dunia, diatas Australia dan banyak negara OECD lainnya. Bukan seberapa banyak uang yang kita bawa pulang (take home salary) tetapi seberapa penghasilan kita dapat menghidupi kita.
      Saya pegawai swasta yang membayar pajak dan memiliki sampingan sebagai pemilik kursus bahasa asing, saya mempekerjakan orang lain untuk memajukan negara ini, dan BUKAN NGEMIS APALAGI MENERIAKI (NEGARA) PEMERINTAH INI untuk memberi saya makan. Saya lahir karena perintah Tuhan, dan bukan perintah presiden, jadi apa logikanya saya menyalahkan negeri (pemerintah) ini soal apakah saya bisa makan atau tidak?

      • achmad berkata:

        kalo semua orang seberuntung anda gak perlu lah teriak teriak ke pemerintah negeri sendiri . tapi pemerintah jangan lupa juga sesuai amandemen dan undang undang negeri ini bahwa pemerintah punya kewajiban thd warga negaranya . urus rakyat , bantu rakyat , justru orang yg jadi presiden itu atas perintah dan ijin tuhan.posisikan diri anda pada orang yang kesulitan dalam memenuhi hidup. bukan sebagai pegawai swasta dan punya sampingan. pastinya cara pikir akan beda bung.

      • saya memandangnya dari sisi hasil upaya dan usaha, bukan seberapa beruntung saya. Sekolah di Luar Negeri, buat kami yang beasiswa, sama sekali bukan soal untung atau hoki, tapi seberapa kuat usaha dan pengorbanan. Saya anak yatim sejak lulus SMA, dan bekerja sambilan sejak awal kuliah, bahkan sampai mengorbankan waktu dan nilai kuliah. Pemerintah (Negara) Indonesia sama sekali bukan pihak yang memberi saya kesempatan untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri. Tetapi saya tetap memiliki cara pandang yang berbeda terhadap negeri saya. Mungkin berbeda juga dengan sebagian besar rekan sdaya yang memilih untuk tidak kembali ke Indonesia dan berkarya meski harus rela dibayar kurang dari 10% penghasilan jika menetap di luar.
        Pemerintah tidak memiliki kewajiban untuk memastikan setiap warga negara memiliki pekerjaan yang layak. Negara lah yang berkewajiban. Pemerintah adalah pelaksana tugas. Negara di pimpin bukan oleh Presiden , tapi oleh rakyat. Kecuali kalau anda tidak setuju dengan Pancasila dan UUD 1945 sejak SD, itu mah urusan saudara.
        Tuahn tidak memerintahkan seseorang menjadi pimpinan, tetapi mengijinkan segala sesuatu untuk terjadi.
        Memposisikan diri saya sebagai orang yang kesulitan ekonomi? Sudah pernah. Rp 24 ribu ditangan selama sebulan selama 3-4 bulan sudah pernah terjadi beberapa kali pada diri saya. Tapi sama sekali bukan hoki atau keberuntungan yang membuat saya lepas dari keadaabn itu, tapi kerjakeras, tidak putus asa, dan rela berkorban.

        Justru, kalau anda bisa ngenet tiap hari ini, baru bisa disebut beruntung. Apalagi dibandingkan rekan-rekan di berbagai pulau terpencil di Indonesia seperti tempat2 saya berkarya untuk membangun sekolah di daerah terpencil di NTT atau Papua. Anda, jauh lebih beruntung.

        Secara pribadi, saya sangat tidak percaya dengan keberuntungan sejak kecil. Saya percaya pada kerja keras, dan pantang protes kecuali usaha yang orang lain sukses saya kerjakan namun tidak sukses pula.
        Protes itu ada tempat dan sitasinya. Reformasi 1998, wajar kita protes, meski tetap ditembaki TNI.

        Protes pada pemerintah, tergantung pada masalahnya, saya pikir masih bisa di terima.

        Tapi Protes pada NEGARA, itu keterlaluan.

  4. YONO berkata:

    SAYA DI BATAM,PENGALAMAN SAYA:BAWA MOBIL ADA SETIFIKAT JDDC,LISTRIK,OTOMOTIF,,DAN BAYAK LAGI.TAPI SUSAH DAPAT KERJANYA…..RATA2 SIAPA YG PUNYA SAUDARA ATAU ORANG PENTING DIDALAM PERUSAHAAN ITU,DIALAH YG DAPAT KERJA…BUKAN DARI KEPANDAIAN ATAU PENGALAMAN SESEORANG……..MEMANG KURANG DIHARGAI KEPANDIAN DAN KETRAMPILAN KITA ORANG PINGIRAN INI…ITU INTINYA…MAKANYA KELUAR INDONESIALAH JALAN NYA>>>>>>>>

  5. irfan fauzi berkata:

    Bapak Humari, sudah kesekian kalinya saya ditipu untuk merubah nasib ingin bekerja diluar negeri, terakhir saya mengikuti program kerja kekorea melelui sponsor tapi apadaya uang saya hilang Rp 5 juta.
    saya masih terus berusaha dan tidak mau putusa asa karena saya ingin membahagiakan orangtua saya yang kini hanya tinggal ibu dan adik2 saya…, pendidikan saya diploma, saya usia 35 thn dan sekarang apa bisa bapak membantu saya untuk memberi jalan agar saya dapat bekerja dipabrik2 dinegara timur-tengah.

    • Humari berkata:

      Anda posisi dimana? Kalau di Jakarta, silakan datang ke Job Fair yang akan diadakan tanggal 18-19 Oktober 2012 di BP2TKI Pasar Rebo (depan Mal Graha Cijantung) Jakarta Timur. Pesertanya PJTKI/PPTTKIS yang punya lowongan untuk penempatan formal. Gratis.

  6. Agus berkata:

    Rasa sedih jadi korban tipu sana tipu sini,lelah letih harus kesana sini,alhamdulilah sudah hilang 7 bulan yg lalu,tapi sekarang ada penyakit baru…. Yaitu ….takut pulang walau harus bertemu keluarga.

  7. heru berkata:

    saya sdh sering tertipu bhkan terakhir ini tertipu low kerja di new zealand… akhirnya hidup sy hancur krn bnyak utang n tdk brani pulang… apa ada low krja ke nz ato australia yg gratis biayanya?? krn sy punya pasport jg tdk ada manfaatnya kl tdk dgunakan…

  8. hamim mustofa berkata:

    trimakasih atas postingnya.

    Apa bisa kita secara individual mencari kerja d nzd stelah visa krja over.
    sy mendapat visa kerja slama 3buln d harvesting apple.

    • Humari berkata:

      Menurut info yg saya dapat bisa. Asal Anda bukan pelaut. Baca saja langsung ke situs imigrasi mereka. Jelas sekali aturannya dicantumkan di situ.

  9. Maulana Yusup berkata:

    Salam sejahtera.
    saya laki laki usia 30 tahun berdomisili di bandung, saya mempunyai hubungan personal ( pacar ) orang amerika dan saya ingin bekerja dan tinggal disana, (NY) saya minta panduannya, secara lengkap karen saya belum pernah ke luar negeri sekalipun, urusan baahasa saya sangat lancar, baca tulis dan berbicara langsung, untuk pendidikan smu untuk pengaalaman kerja tourism dan manufacture.

    sekian dan mohon penjelasannya terima kaasih
    Maulana Yusup

  10. maryashinta berkata:

    pak humari , alamat pjtki itu dimana ? bisa tlong kirimkan secara lengkap ? dan saya ingin bertanya, jika di sana dilatih berapa lama ya maksimalnya ? dan soal visa,apakah di uruskan oleh pihak penyalur atau kita sndiri ?

    • Humari berkata:

      Tidak ada PJTKI/PPTKIS yang menempatkan TKI ke Australia juga tidak ada agen resmi di Australia sana yang merekrut TKI langsung ataupun tak langsung.

      Bila perekrutan oleh perusahaan di Australia memang ada. Tapi itu direct hire, alias langsung tidak melalui agen ataupun PJTKI/PPTKIS.

      Yang dimaksud dengan pelatihan TKI yang selama ini disebut-sebut di televisi dan media cetak adalah pelatihan untuk calon TKI informal, pembantu rumah tangga. Tidak ada pelatihan buat calon TKI formal. Kalaupun ada hanya diselenggarakan sendiri untuk penempatan dan tujuan khusus saja. Misalnya pelatihan bahasa Inggris untuk perawat yang pernah diselenggarakan beberapa PJTKI/PPTKIS.

  11. toto berkata:

    Hidup memang sulit?. Saat ini usia saya 46th. Saya anak bangsa yg ber tahun2 hidup di negri ORG sbg TKI. Akibatnya saya jadi BERMENTAL TKI DAN TDK BISA USAHA DI NEGRI SENDI
    RI. Th 98 s/d th 2000 saya jadi sopir di saudi. Th 2001 s/d 2005 saya kerja ILEGAL DI KORE
    A DG VISA TOURIST. Th 2006 s/d 2007 jadi sopir lagi di saudi. Th 2009 s/d 2012 bln 4 saya jadi sopir lagi di saudi. Dari bln 4 th 2012 sampai saat ini NGGANGGUR AJA DI RUMAH. Karna sampai detik ini OTAK SAYA MASIH BEKU UTk di ajak usaha. Sekarang saya mau JADI TKI LAGI. APA ADA YG MAU BANTU DG BENE

    R, TDK DG TIPU2? .TOLONG BANTU SAYA MAU KE AUSTRALI. PAKAI VISA TORIS AJA. YG PENTING SAYA BISA MASUK KE AUSIE. ADA YG MAU BANTU?

    !

    J

    ?
    ,,

    !

    K
    MEMULAI USAHA, MAKA SAYA PUTUSKAN UTK JADI TKI LAGI. Utk bpk2 / sdr2 semua, TOLONG INFOKAN KE SAYA KALO ADA YG BISA BANTU URUS VISA KE AUSI. VISA TORIS JUGA GAK

    JADI TKI LAGI. Mengingat pengalaman kerja ILEGAL DI KOREA YG BAGI D

    • Humari berkata:

      Waduh, Pak. Hati-hati. Sebagian besar penempatan TKI dengan visa turis ke Australia bermasalah. Selalu ada jalan lain untuk mencari nafkah.

  12. agus berkata:

    @ Pak Toto :
    saya jg pengen kerja di aussie, krna gajinya lumayan, tp sayang ga ada visa kerja untuk yg non skli, kemarin sy ngelamar & ada yg bs bntu urus visa pkai visa tourist & lngsung penempatan kerja di perkebunan dengan gaji 13AUD – 15AUD per jam, tp syang itu hanya jdi mimpiku aja krna biayanya 70jt dan saya tidah punya uang sebnyak itu

    • Humari berkata:

      Visa turis asal Indonesia, tidak serta merta bisa didapat. Australia tidak bodoh. Mereka tahu banyak orang kita yang menyalahgunakan visa tersebut.

      Juga ada kecurigaan, negara tertentu kadang mempermudah untuk memberikan visa turis bila mereka sedang banyak memerlukan non skill labour. Tapi bila sedang tidak perlu, mereka mengadakan razia besar-besaran.

  13. alk berkata:

    salam , saya dari malaysia ,udah terkena menggunakan holiday visa , kena tahan di deport australia (melbourne ,ini semua gara- gara agent

  14. kadar berkata:

    bapak humari,saya seorang tukang las argon(welder tig/gtaw) di sebuah perusahaan manufacture PMA,gimana caranya untuk bisa menjadi pekerja hire ke australia sesuai skiil saya,saat ini domisili saya dijakarta timur,trim.

  15. Anna berkata:

    Pak Humari, saya Anna,.. saya ditawarin utk kerja di Australia (tepatnya Melbourne Victoria).. kerja di pabrik perkebunan anggur jadi packing buah. Agen saya nama nya Gosyen Promotion Service.. dengan gaji 2000AUD/bln dapet Mess dan makan.. saya tau agen ini dari teman ke teman.. sekarang saya udah bayar 3 juta utk biaya awal.. Sekarang saya agak ragu sama agen ini.. jadi saya mau nanya bapak tau ga perusahaan Gosyen Promotion Service..??Please reply yah pak.. Thank you!

    • Humari berkata:

      Saya baru dengar nama agennya, Mbak Anna.

      Tanya sama mereka apakah punya SIUP dari Menakertrans? Kalau tidak, ya ilegal.

      Seperti yang saya tulis di atas, bahwa semua penempatan TKI ke Australia lewat agen adalah ilegal. Itu info dapat langsung dari petinggi BNP2TKI yang tahun lalu berusaha lobi pemerintah Australia.

      Adakah TKI di Australia? Ada. Dan tidak lewat agen/PJTKI/PPTKIS. Tapi perekrutan langsung oleh perusahaan Australia. Biasanya mereka bekerja di bidang pertambangan dan migas.

      • maulana berkata:

        saya sering update webnya australian ebassy dan sekarang kedutaan aussi mengeluarkan 1000 visa holiday wokring per tahun… dan saya juga ada banyak penawaran dari linknya fb saya http://www.codgelodge.com mereka bukan agen tenaga kerja ( di australia ) tapi mereka membuka semacam hostel husus buat backpakcer yang mau nyambil kerja mereka menyewakan akomodasi sekaligus mereka juga bisa mereferensikan atw mencarikan jenis2 pekerjaan yg backpacker mau…sebagai plus servisnya… saya sendiri juga mau berencana ke australia dalam dekat2 ini tingal prepare untuk apply visanya ( kemungkinan besar visa working holiday ). nah masalah koneksi atw sponsornya itu yang belum ada sampai sekarang…

      • Humari berkata:

        Kalau untuk working holiday visa, bukan untuk kerja. Namun untuk wisata sambil kerja. Visa ini yang banyak disalahgunakan untuk bekerja dengan jangka waktu yang melebihi aturan.

        Untuk pengurusan visa semacam ini tak perlu lewat PJTKI/PPTKIS. Dan yang mendapatkan visa juga bukan disebut TKI. Karenanya tidak terikat aturan tentang perekrutan dan penempatan TKI.

      • Anna berkata:

        Pak Humari Thanks for reply.. :))
        Berarti maksud bapak kalau saya pergi ke Ausie lewat agen ini pun saya tetap diitung sebagai TKI ilegal yah disana..??soalnya rencananya saya abis saya kerja disana 2tahun saya mau ngeapply visa student disana.. kalau dari awal saya hitungannya udah ilegal berarti nanti kebelakangnya saya susah buat dapetin visa student yah pak??

      • Humari berkata:

        Turis. Bukan TKI. Dan visa itu juga terbatas diberikan untuk kalangan usia pelajar dan mahasiswa. Setahu saya untuk mereka yang berusia 30 tahun ke atas tidak bisa mendapatkan visa working holiday.

        Kalau sudah pernah bermasalah dengan satu visa, jangan harap akan mendapatkan visa lainnya.

        Kalau Anda mau belajar lebih baik cari saja visa pelajar, Sampai di sana bisa kerja sambilan di waktu luang. Tak semua pelajar kita yang ke Australia orang berada. Banyak kok yang dari kalangan ekonomi biasa-biasa saja bahkan dari golongan Tionghoa sekalipun.

    • yonkscore berkata:

      mba..anna jadi berangkat lewat agent gosyen itu?kebetulan adik saya mengalami hal yang sama.mohon bantuannya ya thanks

    • Alim Kurniawan berkata:

      halo anna, saya alim, salam kenal. kebetulan kita berada pada agency yg sama yaitu gosyen promotion service, ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan lgsg dgan anda, klu berkenan boleh menghubungi saya lgsg ke email saya, alim_sung@live.com terima kasih.

  16. nam berkata:

    pak..Humari,saya nanya gimana mendapat kan sponsor di australia saya sering mendapatkan job lewat email di autralia..skill forklift driver…tolong dijawab ya pak..trims

    • Humari berkata:

      Yang harus jadi sponsor ya perusahaan Australia yang akan memperkerjakan Anda dengan cara mendapatkan semacam izin untuk memperkerjakan orang asing dari asosiasi perburuhan mereka. Proses inilah yang sulit. Meski bukan mustahil.

  17. putra berkata:

    met sore pak,saya sngat tertarik kerja ke astralia tp gak tau caranya n bisa gak bapak mmbantu saya

    • Humari berkata:

      Maaf, saya sama sekali tidak pernah menempatkan TKI ke Australia. Dan memang tak ada PJTKI yang menempatkan TKI selama tahun 2012 ke sana.

  18. ctki berkata:

    Saya adalah satu diantara puluhan korban penipuan working holiday k australia untuk bekerja di peternakan da perkebunan. nama perusahaan penyalurnya adalah well ahead indonesia dan orang yang mengurusnya orang *****, bernama spanyel waroy. katanya, penyalur well ahead indonesia punya cabang di singapore & batam. selama proses pengurusan berkas-berkas, dilaksanakan di Minimarket LAWSON sekitar daerah mangga dua. kami diiming-iming dengan kontrak 1tahun @6bulan sekali pulang untuk perpanjang visa. setiap seminggu sekali kami pulang pergi dari kampung asal masing-masing ke jakarta untuk pengurusan dokumen. ada kabar kalau penipu nya kabur ke batam. paspor kami pun raib.
    #hanya berbagi pengalaman.

    ***** asal daerah saya hapus karena kasus penipuan pada dasarnya tidak terkait dengan suku tertentu. Humari

    • Humari berkata:

      Terima kasih atas infonya. Ini sangat penting bagi pembaca blog saya.

      • jevina berkata:

        Saya ud daftar di agen gosyen promotion service..
        AGen itu mengatakan kerja di australia pada tgl 27maret nanti,dengn gaji 20jt per bulan,dan dapat mess+makan..
        Kami di kenakan biaya 33jutaa,kata nya untuk mendapatkan sponsor pembuatan visa. Kami di suruh bayar 3 juta di awal dan akan di potong 3 jt selama 10 bln… Mereka mengtakan kamimendapat visa kerja,kontrak kerja nya 2 tahun..
        Agen ini banyak menyalurkan juga, bulan 12 kemarin ke new zealan,bulan 3 nanti ke australia,dan sekarang ud buka lowongan untuk korea… Saya mencoba untuk mengenal agennya lebih dekat, menurut saya org nya baik,jujur.. Karna sesuai perjanjian,kalo ada yg batal,duit bisa di kembalikan,dan banyak org” yg btal tapi duit dan data di kembalikn,maka dari itu saya saat ini membantu agenn say untuk mencri orang yg ingin bekerja.. Tapi terkdang saya juga ragu sama pengalaman” kakak” yg ud pada coment.. Kenap saya begitu mudah untuk dapt lowongan ini? Apa ini hanya penipuan? Tapi tak ada tanda” penipuan sam sekali..
        ************ kalo ada info” tolong kasi tau saya y

        ************ mulai saat ini no hp saya moderasi, sebab ini adalah info terbuka. Nomor yang dicantumkan komentator bisa nomor hp siapa saja. Humari

      • Humari berkata:

        Sebagai info, dalam blog ini saya selalu berusaha keras menulis berdasarkan fakta di lapangan dan peraturan di negara kita dan negara penempatan. Makanya saya menggali dari mana-mana, selain pengalaman pribadi sebagai marketing di salah satu PJTKI, saya juga mendapat pasokan info dari warga kita di Australia, BNP2TKI, juga teman-teman sesama pekerja di PJTKI, bahkan perusahaan di Australia sana, dan rajin mengunjungi situs imigrasi mereka.

        Makanya saya tidak merekomendasikan siapapun untuk mencari celah lain. Celah lain memang tentu saja ada. Banyak jalan menuju ke Roma, tapi apakah terjamin atau tidak itu, yang sulit diukur.

        Saran saya kalau bisa mengeluarkan dana puluhan juta, lebih baik lihat sekeliling kita, cari inspirasi bikin usaha sendiri.

    • vpkadmincontent berkata:

      ya pak, tapi nama belakang orang tersebut sudah menyiratkan suku itu. Sama kalau bilang ‘Hutabarat’ tapi sukunya *****. Hahaha, kita tahu lah pak,

  19. ina berkata:

    pak humairi.. maaf domosili bapak dimana… sepertinya saya harus ketemu bapak utk sharing lebih banyak… saya ada link unutk job di new zealand… sdh dpt kandidat banyak.. tapi ada keraguan takutnya seperti yg bapak sdh paparkan sebelumnya. sebelum terlanjur dan kecebur lebih dalam saya mau antisipasi. bagaimana saya bisa bertemu dg bapak… trimakasih banyak.. wassalam

    • Humari berkata:

      Maaf Mbak Ina, lewat email saja ya. Sebab info saya beberkan di blog ini, ada beberapa pihak yang merasa terganggu. Jadi saya saya tidak bisa meladeni pertemuan tatap muka. Email saja ke: humarihidayat@yahoo.co.id

      • pak Humari kok pinter yah, padahal saya berencana untuk datang ke rumah bapak dengan janui mau bicara baik2 tapi ntar saya bawa preman satu truk supaya bapak ngga ngomong macam2 di blog. bapak seharusnya percaya niat baik saya untuk ajak makan malam terus jadi juru iklannya agen tki sayah trus dibayar gituh..

        sialnya ternyata pak Humari bukan seperti TKi yg biasah sayah urusin, pinter, gituh..

  20. mary rose berkata:

    pak humari saya mau tanya ” dulu th 2008 saya pernah mengajukan ke kedutaan jakarta study!!! ke america, tetapi gagal alasan saya tidak punya keluarga di amerika,jelas saya sangat menyesal dan down.. so kini saya ingin ke kanada atau australia untuk bekerja, tetapi kenapa negara kita begitu sulit sekali mengatur visa” niyat saya baik, ingin memperbaiki ekonomi keluarga dan mencari pengalaman di beberapa negara.

    • Humari berkata:

      Yang jelas negara Barat tidak melihat niat Anda itu :). Yang mereka khawatirkan adalah visa yang mereka berikan disalahgunakan. Dan kejadian semacam itu banyak sekali.

      Selain itu, saya kira Anda perlu memandang pintu lainnya. Maksud saya ketika pintu yang anda minati tertutup masih banyak yang lain yang terbuka.

    • Saya mengurus studi ke Luar Negeri termasuk ke USA. Tidak ada hubungan antara punya keluarga atau tidak dengan studi ke luar negeri. Boleh saya minta kronologisnya? Ataukah anda ketahuan mau studi ke Amerika tapi cuma alasan padahal mau jadi imigran dan kerja ilegal?

  21. Eka widyasari berkata:

    Mba, pjtki yg bsa slurkan k.australi apa aja?

  22. Sue berkata:

    Pak Humari, saya menyimak topik ini dan dari pernyataan Bpk, bukan hanya org berada saja yang bisa belajar di Aussie, tapi golongan menengah juga. Bisa dibantu apa saja kriterianya Pak, karena saya sangat ingin sekali belajar di Aussie tapi saya bukan dari golongan berada. Thks

    • Humari berkata:

      Maksud saya begini, sebagian pelajar kita di Australia, mereka bisa masuk hanya dengan modal awal diterima di sekolah di sana dan uang sekedarnya untuk pengurusan visa dan semua dokumen yang terkait. Setelah sampai di sana mereka berusaha belajar sambil mencari uang. Dan mereka bekerja sangat keras untuk bisa bertahan. Tak ada waktu main.

  23. Dean berkata:

    Maaf sedikit koreksi..karena saya sudah punya sedikit pengalaman visa study. yang dianggap orang menengah itu yang bagaimana dulu ya>>memang sih gak harus punya uang milyaran..tapi ratusan juta tetep dibutuhkan di awal untuk study.

    Pertama..sebelum mendapatkan visa study, kita sudah bayar satu semester kedepan. pengalaman saya tahun 2009 itu sekitar Rp. 120 juta.
    Kedua: kita juga harus punya jaminan uang di rekening bank kita atau ortu sebagai pnanggung sebesar sekitar 250 juta.
    kalau visa dan check kesehatan sih sekitar 7 jutaanlah..
    kalau biaya hisup memang bisa dicari di australia, tetapi biaya sekolah tidak bisa..biaya sekolah mahal sekali dan kerja kita di australia sebagai student, cuman dibatasi sampai 20 jam/minggu aja. jadi hanya cukup untuk biaya hidup.

  24. Dean berkata:

    info juga untuk semuanya..jangan mudah tertipu dengan agen yang bialng bisa mendapatkan kerja dengan visa turis.apalagi biayanya sampai 70 juta..
    Saya tegaskan lagi..visa turis hanya untuk 30 hari…memang ada visa bisnis 3 bulan..tapi semuanya itu ada kondisi “tidak boleh bekerja”
    kalo nekat kerja dan nekat tinggak ilegal di australia, bisa kena denda dan dideportasi..di australia dendanya tidak main2..bisa habis gaji kita sebulan..dan kita dilarang apply visa australia sampai 3-5 tahun kedepan
    biaya pembuatan visa turis sendiri sebenarnya hanya sekitar 1.800.000

  25. Sifa Abdussalam berkata:

    pak hmari info kerja keluar buat perawat donk pak?

  26. sutarno berkata:

    hallo pak humari,saya sangat ingin krja di aussi sebagai apa sj,dan saya lihat bnyk iklan
    menawarkan krja di aussi n new zland bahkan ada agen nya yg mencantumkn no hp gitu,
    tp setelh pak humari memaparkn secara jelas di blog ini.berarti mereka/para agent itu penipu…
    pdhal saya sempat mw menghubungi salah satu dr agen tsb.dan kenapa tdk ada tindakan dr
    pamerintah tuk para penipu itu!!

    • Humari berkata:

      Wah kalau kebijakan itu, Pemerintahlah yang tahu. Makanya saya membuat blog ini untuk berbagi info. Minimal ruang gerak para penipu itu menjadi sempit.

      • Rafael berkata:

        Hallo Pak, mau minta advice nya. Saat menulis ini saya sedang di ruang tunggu salah satu agen yg mau memberangkat kan saya dan saudara2 saya ke australia. Info terupdate dr agen adalah kita akan menggunakan visa turis dan setiba nya di australia akan di bantu dengan lawyer di sana untuk di urus working permit nya. Menurut bapak bagaimana ? Kami masing2 sudah menyetor biaya sebesar 200jt / orang ( 100 biaya agen +100 biaya jaminan yg akan di refund bila sudah sampai di australia) . Mohon masukan nya pak. Terima kasih sebelum nya

  27. Humari berkata:

    Mas Rafael, hati-hati. Untuk bekerja prosedurnya bukan seperti itu. Kecuali kalau Anda mau masuk ke Australia dengan jalur lain. Sebagaimana banyak jalan ke Roma, gang-gang ke Australia juga banyak.

    Obyek pembahasan saya di blog ini adalah bekerja ke suatu negara dengan visa kerja. Dan dari apa yang Anda paparkan, itu bukan cara yang saya kenal dan sarankan. Jadi, hati-hati

    • Rafael berkata:

      Dear Pak Humari,

      Hasil kemarin setelah bertemu agen, adalah salah satu sudara saya sudah keluar visa nya. Dan saya juga sudah cek ke kedutaan beliau di “grant visa maritime sub class 988 ” . Jadi rencana ke australia dengan visa tsb setelah sampai disana akan di urus working permit oleh lawyer. Sementara kami yg lain masih menunggu visa kami, bila sampai akhir bulan belum ada hasil maka dana akan di refund. Bagaimana menurut bapak?

      • Humari berkata:

        Jadi berarti itu bukan visa yang dibolehkan untuk kami, PJTKI, urus. Dan kalau ada apa-apa saya juga tak tahu harus berkomentar apa.

        Kami, PJTKI, hanya dibolehkan menempatkan WNI ke luar negeri dengan visa kerja dan prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah kedua belah negara.

      • Antok berkata:

        Mas Rafael sdh berangkat belum sekarang ? Ditunggu infonya buat sharing lainnya..Thanks.

  28. andri lesmana berkata:

    saya bekerja sama dengan recruitment dan migration agents di sydney,perth,dan seluruh kota di australia.masih ada penempatan tki di australia dan memang lewat jalur skilled working visa seperti yang diterangkan blogger diatas.
    proses2 yang kami lakukan adalah meminta resume / cv dari peminat untuk bekerja di australia dan kita lihat penempatan kerjanya.dan masuk ke dalam database kami ( jadi prosesnya tidak sebentar ) lalu kita assessment cv tersebut apabila eligible untuk working visa subclass 457 maka kita teruskan prosesnya,apabila tidak eligible tentu tidak akan kami teruskan.untuk biaya kami lihat case per case,karena terkadang ada employer yang meminta skill tertentu dan mau membiayai seluruh keperluan untuk mendatangkan pekerja,agent hanya akan meminta fee agency atas service yang telah diberikan ( tergantung lagi kondisi case per case).salah satu syarat penting adalah score ieltsnya harus 5+,pengalaman kerja dari perusahaan kompeten di indonesia ( contohnya untuk mekanik,punya pengalaman kerja yang baik di dealer2 mobil terkemuka,seperti toyota astra,atau isuzu,atau spesialis seperti range rover,jaguar dll.),background sekolah (bachelor degree atau uni degree).
    untuk perawat,kurang sekali memang perawat dari indonesia di australia,walaupun australia sangat membutuhkan tenaga perawat dan bidan,tapi ada bridging course bagi perawat atau bidan dari indonesia selama 3 bulan yang biayanya tidak sedikit.tetapi dari pasaran gaji perawat yang standartnya 45,000AUS$-90,000AUS$ /tahun,biaya yang banyak tersebut akan tergantikan cepat (perawat banyak melakukan long hour jadi kemungkinan gaji lebih besar bisa didapat.).
    saya sendiri adalah permanent resident setelah 4 tahun,dimulai dengan visa holiday 3 bln,visa holiday 1 tahun multiply entry,temporary resident dan akhirnya permanent resident lewat jalur family.
    cuma sharing agar buat peminat yang ingin bekerja/study diaustralia tidak patah semangat.tapi jangan juga terlalu terburu-buru untuk menentukan keputusan,apabila memang lagi hoki,be in right place in the right time,prosesnya bisa cepat.selebihnya ya masih harus tunggu.
    PS ” biasanya agent tidak akan minta biaya/fee apabila belum ada pemberi kerja yang akan hired mereka.

    • Humari berkata:

      Terima kasih bung Andri atas tanggapannya. Akan saya masukkan dalam posting tersendiri.

    • Alim Kurniawan berkata:

      pak andri, dimna saya bsa menghubungi bapak? saya mau tny info lbh lanjut utk ke ausi nya.

    • kadek berkata:

      selamat siang mas andri.saya kadek dari bali.saya sangat tertarik untuk bisa bekerja Di ausy.saya punya sepupu yg sudah permanent resident.apakah mungkin sepupu saya bisa mensponsori saya agar bisa bekerja Di sana.?
      mohon penjelasan nya Dan terima Kasih

    • sugiyono berkata:

      hai andri salam kenal nama saya sugiyono asal indramayu jawa barat, saya mau tanya adakah job di australia di sektor pertambangan batubara karena saya memang dulu bekerja di perusahaan australia namanya ORICA MINING SERVICE company cuma waktu itu lokasi kerjanya di daerah kalimantan timur saya waktu sebagai shot fire ( juru ledak ) blasting area maksud saya anda kan sekarang sudah di australia minta tolong jikalau ada informasi job vacancy hubungi saya di 0813 196 29006. dan jikalau saya harus mengirimkan CV akan saya kirimkan email ke anda minta emailnya yah…

      email :

      ysugiyono25@yahoo.com

      terimakasih andri salam sukses

    • IELTS 5.0 bukan sekedar, kawan.

  29. Rafael berkata:

    Ok Pak, terima kasih atas informasi nya. Nanti akan saya update lagi hasil terakhir nya.

    Salam,

  30. David berkata:

    Hallo pak Andri ,

    boleh kah saya minta alamat email ? saya ingin mengirimkan Resume saya.

    Best regards

    David

  31. wahyu berkata:

    Perlu info serius.sy sangat ingin krj di ausie.gimana caranya untuk hindari agen/PJTKI gadungan.???? Sbnarnya brapa kisaran biayanya? Dan ada batasan usia masimal gak?

  32. yonkscore berkata:

    Selamat malam pak..saya ingin tau gimana kelanjutan agent pt gosyen itu..kebetulan adik saya di ajak temannya untuk jadi tki lewat agent tsb..bisa bpk hubungkan saya dng mba anna yg tadi..minta email or contactnya ya pak,,or klo mba anna baca tlg email ke ilhamscorpii@yahoo.co.id
    thanks a lot ya

    • Humari berkata:

      Wah saya baru ada PJTKI yang bernama PT Gosyen. Sependek pengetahuan saya mereka tak punya izin sebagai PJTKI/PPTKIS

  33. Alim Kurniawan berkata:

    selamat pagi pak humari, maaf pak apa boleh saya mnta email dari saudara jevina, saya jga salah satu calon tki yg sudah mendaftar di agency yg sama dengan saudara juvina, saya hanya ingin menanyakan lgsg dgan saudara jevina bagaimana kelanjutan visa kerjanya. dan jga setelah membaca postingan saudara2 yang lain, saya sedikit tertarik dgan komentar saudara andri lesmana, bleh saya mnta alamat email nya jga pak? klu bisa tolong di kirimkan ke email saya pak, alim_sung@live.com terima kasih sebelumnya.

    Salam
    Alim

    • Humari berkata:

      Untuk kolom tanya jawab semacam ini lebih baik Anda tanya langsung juga dengan mengisi komentar di sini. Saya sendiri tidak sempat mengecek satu persatu email para penulis komentar.

  34. ketut devi berkata:

    bung andri lesmana mau dong info lebih lanjut ttkerja di ausi
    bentar lg sy lulus perawat d3
    email sy ketut.devi@ymail.com
    trims

  35. sue berkata:

    Ada yg tau atau bisa bantu kerja di aussie / new zealand utk perhotelan. Thks

  36. charma krisna berkata:

    saya ditawari kerja ke australia oleh tante saya dgn biaya 35jt..untuk 2 tahun kerja sebagai pemetik anggur disana…gajinya 1.5jt\hari…benar nggak ya???tolong pak humari..tks

    • Humari berkata:

      Tanya visanya visa apa? Kalau pekerjaaan di sana selalu saja ada. Yang masalahnya bagi orang kita kan visa. Kalau visa working holiday, silakan saja. Tapi hanya bisa kerja untuk 3 bulan, sisanya liburan. Dan untuk visa working holiday, tak perlu agen seperti saya.

      • charma krisna berkata:

        kira2x benar atau penipuan itu pak ya??

      • Humari berkata:

        Kalau yang diberi visa working holiday, enggaklah. Banyak kok orang kita yang ke sana pakai visa itu. Tapi terbatas untuk usia pelajar saja. Maksimal setahu saya, 30 tahun

    • rata-rata upah minimum disana $17. jadi kerja 10 jam, wajar lah $170 atau 1,7 juta per hari. Cuma, sudah mikir biaya hidup nggak? Meal atau makan satu kali itu bisa $10-$12.50 loh. Sewa apartment? Transport? Listrik? Pemanas? Baju? Pajak? telpon?

      hahahahaha

  37. callista_biel berkata:

    siang pak,,,posisi sy d hongkong pak,,teman sy invite saya suruh kerja d uk pak,duh mn saya blom prnh urus visa sendiri,lgi an kontrak sy d sini blom hbs pak,tolongbntu y pak humari, informasi ,sekira berangkat dri hongkong apa d persulit mengurus visa nya,sy sudh kirim copy paspor ma copy id hk pak k tmn sya d uk,,trimakasih pak,

    • Humari berkata:

      Kalau kontrak belum habis ya sulit keluar dari HK kecuali majikan tidak keberatan.

      Bila Anda dapat undangan semacam itu, tinggal bawa ke Kedubes UK di HK. Kalau visanya keluar, perhatikan apa gunanya visa tersebut. Bila visa kunjungan ya hanya bisa buat jadi turis saja.

  38. Ferdi Dolphins berkata:

    pak teman saya dapat tawaran bekrja di australia, dia akan trbang ke malaysia tnggl 20 bulan ini, prosesnya dia lewat malaysia, jadi dia ke malaysia trlebih dahulu dngn visa turis, sesampai di sana dia mmbwt visa kerja ke australia melalui malaysia(mengurus berkas-berkas di malaysia). apakah ini ilegala?
    dia lewat agensi EURO SERVICES (002091421-W) yg beralamatkan di suite 33-01, 33rd Floor, menara keck seng, 203 jalan bukit bintang, 55100 kuala lumpur, mohon infonya,

    • Humari berkata:

      Bisa saja. Itu tandanya lewat agensi asing. Perlu diketahui, bahkan di Indonesia sendiri banyak agen perekrutan asing baik yang mensuplai untuk pekerja untuk proyek di dalam negeri maupun luar. Saya biasa bersaing, rebutan order dengan mereka

      • ferdiyanto berkata:

        berarti ini bisa di bilang resmi kan pak, bukan ilegal…

      • Humari berkata:

        Sebenarnya legal dan ilegal itu tergantung dari mana kita memandang. Banyak kok pekerja legal dari negara kita yang bekerja di luar negeri tapi tak ada datanya di BNP2TKI ataupun Kemenakertrans atau bahkan di KBRI.

        Kalau ada masalah pemerintah kita menganggap itu ilegal. Sementara di negara penempatan dianggap legal karena dokumen untuk masuk dan kerja negara tersebut lengkap.

  39. ferdiyanto berkata:

    oh….jadi ngerti sekarang, makasih ya pak humari atas bntuan informasinya, ini semua sangat membantu saya.

  40. Fery Wibowo Ryy berkata:

    kalau saya yg jadi kendala masalah dana pak…saya cuma punya kemampuan sama kemauan, dan niat….kalau ada info krja diluar negri dengan dipinjamin biaya kabari saYA. PAK SEBELUMYA SAYA MINTA MAAF…
    ****************

    ********* Maaf no hp saya hapus

    • Humari berkata:

      Dulu pernah ada. Binawan, salah satu PJTKI yang juga mengelola STIKES Binawan, pernah menempatkan TKI tenaga medis ke Australia. Biayanya dicicil setelah bekerja. Program itu gagal karena sebagian besar tidak mengembalikan pinjaman. Binawan bukan satu-satunya, sebelumnya ada Putera Pertiwi atau setelahnya, Amri Margatama. Kasusnya mirip.

      Orang cenderung lupa kalau sudah diberi kemudahan.

  41. Fery Wibowo Ryy berkata:

    terus ap yg harus saya lakukan pak….bapak ad jalan keluar gak…supaya saya bisa keluar negri…dengan biyaya di pinjamin,…tolong saya pak…***********

    • Humari berkata:

      Kalau untuk tenaga medis saya belum punya info terbaru. Jadi order saja belum ada, bagaimana omong soal pinjaman?

      • rasidah berkata:

        pak, kalau untuk bekerja di australia sebagai pembantu rumah tangga, ada info nya ga ya? gajinya berapa? dan ada yang sponsori ga untuk dapat bekerja menjadi maid or female driver?

      • Humari berkata:

        Pemerintah kita belum membuka penempatan TKI informal (pembantu rumah tangga) ke Australia. Perlu Anda ketahui, semua penempatan TKI informal harus ada perjanjian kerjasama antara pemerintah kita dengan pemerintah negara penempatan

  42. Fery Wibowo Ryy berkata:

    maksud saya ada agen gak yaang bisa mngirim calon tki dengan biaya yg tdak besar…

  43. Wenny Tania berkata:

    Selamat siang saya wenny, setelah saya membaca komentar di atas. beberapanya ada juga yang ikut agen di Pt Gosyen promotion service. Jadi bagaimana kelanjutan nya bagi yang katanya sudah berangkat tanggal 27 maret kemarin dan bagaimana masalah ke-legal-an visa serta data datanya. kalau ada yang tahu tentang hal yang bersangkutan , boleh tolong berbagi info ya sama saya. bisa email ke wenny_apah@yahoo.com. Karena saya juga baru di tawarin untuk bekerja di aussie, berangkat akhir juli ini atau awal agustus dan jujur saya juga masih awam untuk hal ini. terima kasih sebelumnya. Dan info dari Pak Humari sangat membantu sekali :)

  44. udienkz berkata:

    bagaimana syarat untuk bekerja di Australia,Mohon penjelasannya?? twitter @udienkz ***********

    ****** No hp dihapus

    • Humari berkata:

      Saya sudah jelaskan apa yang saya tahu. Dan penjelasan itu melulu bagaimana bekerja di Austalia dengan visa kerja. Bukan visa working holiday atau turis atau lainnya.

  45. Fauzi berkata:

    siang pak,.. saya mau tanya ada tetangga saya yg mau pergi ke australia, katanya bianyanya mencapai 75 juta dengan gaji perbulanya 100 jt,.. Apa iya gajinya sebesar itu,..

    • Humari berkata:

      Tergantung posisi. Btw, kalau lewat agen hampir pasti mustahil kalau masuk ke sana dengan visa kerja.

    • Saya punya teman yang kerja di Australia. S1 Ekonomi dari Indonesia. Pengalaman kerja di anak perusahaan yang menariknya ke induk di Sydney selama 4 tahun. IELTS nya 7.5. Gaji tahunannya AU$57797 atau sekitar AU$ 4800 atau sekitar Rp 600 juta setahun. Jadi kalau dibagi 12 bulan, gajinya sekitar Rp 50 juta. Belum potong pajak, rumah, dll.

      Pertanyaan saya. Tetangga tadi S2 atau S3 dimana, pengalaman berapa tahun, IELTS/TOEFL nya berapa?

  46. Antony berkata:

    Pak Humari, emang sudah sama sekali tidak ada lagi kesempatan buat ke new zealand? Padahal saya ingin sekali bisa jadi TKI perkebunan di sana. Apa yang bisa dilakukan Pak? Apa usul dari Bapak mengenai negara lain yang lebih gampang dan masih terbuka kesempatan. Yang pembayaran biayanya bisa dicicil dengan cara potong gaji setelah bekerja di sana. Mohon pencerahan dan bantuannya, Pak. Terima kasih.

  47. dewi berkata:

    salam pak humari,,trimakasih atas informasinya,,sejujurnya saya berminat sekali kerja ke australia atau kanada ,,,sekarang saya masih bekerja di taiwan dan kontrak sy masih 1 thn lagi ,,,disini banyak rumor tentang lowongan kerja ke kanada sbg cregiver dan resto ,,klo menurut pak humari apa ada hubungan tenaga kerja antara kanada dan RI pak?? tolong pak infonya,,,kalau emang ada penyalur yg benar2 bisa menyalurkan ke australia atau kanada atau negara barat lainnya ,,saya minta informasinya pak ^^”
    soalnya saya mau kerja kesana dan nabung buat buka usaha di indonesia nantinya
    trimaksih sebelumnya :D

  48. Ronny Lina berkata:

    sore pak ,,,,,saya lina ,,dulu saya pernah kerja di singapore selama 4 thn ,,lalu sekarang saya kerja di bali sebagai spg sudah 4 thn juga (di lokasi pariwisata ),,pendidikan saya cuma smp tp pengalaman dan kemampuan saya boleh di bilang tidak perlu di ragukan lagi ,,,yang saya tanyakan mungkinkah saya bisa mendapatkan pekerjaan di australia ,,,terimakasih,,,

  49. Andrian berkata:

    Saya pernah kerja di auss sektor perkebunan thn2009 ,,mula2 saya di malaysia,,,, ternyata kerja di kebun auss sangat berat,, saya di suruh petik buah anggur sudah dapat banyak waktu mau di setorkan di tempat penimbangah,, eh malah di buangnya. Katanya kurang masak,, jadi saya beri saran lebih baik pikirkanlah sebelum kesana,, sangat berat,,, sekarang saya sudah kembali ke malaysia lagi,, alhamdulilah saya jadi pemborong disini dan satu bln saya bisa dapat ,, rm 12.000,, atau rp. 42jt,,rejeki tak kemana,, nasib sudah ada yang menentukan

  50. Andrian berkata:

    Mas ferdi saya dulu di sana sistem nya sistem borong dan nggak ada sistem harian,, jadi kita buat semacam group lah,, dan saya harap anda pikir 2 x untuk ke sana karena di sana betul2 berat

    • Ferdi Dolphins berkata:

      tp saya dapet tawran kerja di sana dari agensi asing dari malaysia..
      dari perusaha’an EURO SERVICE (002091421 – W) yang beralamat di suite 33-01, 33rd floor, menara keck seng, 203 jalan bukit bintang, 55100 Kuala Lumpur.
      dengan working benefits :
      wages : 15 aud per hour (general worker)
      working hours : 8 to 14 hours per day
      working day : 6 days per week
      accommodation : free hostel quarters
      work permits & medical benefit
      insurance
      salary paid weekly in bank account
      health, dental, life and disability insurance
      sick leave

      #mohon informasinya mas yg sudah berpengalaman,

  51. junior berkata:

    buat yang ikut agen gosyen promotion service gimana info kelanjutannya?kebetulan saya juga ikut daftar di agen tersebut.twinkjunior@yahoo.com

  52. nova liana berkata:

    saya ingin jadi TKI dengan gaji yg llumayan besar. saya lulusan D3 managemen informatika
    apakah ada info lowongan kerja TKI dg gaji yg lumayan gede… dan di negara mana gaji TKI paling besar…? please info na

  53. Romi berkata:

    Asskum
    mohon info trkini ttg tki formal k australia, selandia baru, taiwan.
    klo boleh tau bapak d pjtki mana y ? minta alamatnya
    sy sngat brminat sekali jd tki formal, kr” bpk merekomendasikn k negara mn ?
    sy lulusan sma ipa 1995, bs komputer, pngalmn kerja d pabrik otomotif d kwsn industri bekasi, skrg mnggeluti bdang desain grafis.
    Terimakasih sbelumnya atas infonya pak

  54. rika adelina berkata:

    Saya seorg ibu, single parent.. dgn 2org anak.. ketrampilan yg saya miliki hnylah ketrmpilan sebagai ibu rmh tgga yg cekatan.. selama ini saya bekerja serabutan utk menghidupi kedua anak sy dan jg biaya sekolahny.. umur saya 38thn.. menurut bpk msh adakah kemgkinan sy bisa bekerja diluar negeri seperti australia.. dan bisakah bpk membantu saya dlm hal ini..

  55. harus melalui pt ap untuk menerima pekerja asing yang bertujuan ke Australia

  56. rasidah berkata:

    salam…
    pak humari, semalam saya dapat balasan email dari PT.ELITE international recrutment
    katanya bisa apply lowongan kerja sebagai waitres di canada,
    saya sudah kirim kan CV saya ke mereka.
    dan mereka minta saya datang ke jakarta untuk pengurusan document, medical ceck up.
    Biaya pengurusan awal yang harus saya siapkan adalah 15jt.
    dan Biaya 15jt lg akan di potong gaji selama 3 bulan.
    apabila gagal keterima kerja di canada, biaya yg sudah di keluarkann 100% di kembalikan.
    contract kerjanya setahun atau 2 tahun.
    posisi saya skr di banda aceh, pak.
    yang ingin saya tanyakan, apakah PT tersebut resmi dan terdaftar di PJTKI pak?
    apakah menurut bpk, mengenai biaya2 tersebut benar adanya?
    mohon pencerahannya pak.
    sebelum saya melangkah ke jakarta seminggu lg plaining saya ke jkt nya.

  57. neadall berkata:

    dari tulisan di atas sepertinya banyak sekali informasi yang bisa di bagi kalau boleh saya tahu saya lulusan S1 Sistem Informasi dan saya ingin bekerja di austrlia apakah ada agent2 yang bisa membantu mencari pekerjaan dan pengurusan visa kalau ada yang mau berbagi informasi saya harapkan sekali membalas comment stat ini.Sebelumnya banyak terimakasih yang telah mau berbagi informasi dan sharenya

  58. hannan m berkata:

    saya juga berminat pak

  59. f445566 berkata:

    hello saya berminat pak.bagaimana ya pak. nak koling fisa

  60. yudik berkata:

    Pak Humari, Padahal saya ingin sekali bisa jadi TKI . Apa yang bisa dilakukan Pak.. skiil saya tidak punya saya hanya tamatan SMA? Apa usul dari Bapak mengenai negara yang mungkin bisa menerima saya bekerja. Yang pembayaran biayanya bisa dicicil dengan cara potong gaji setelah bekerja di sana. Mohon pencerahan dan bantuannya, Pak. Terima kasih.

  61. adam berkata:

    Pak, saya operator excavator, skill komat’su pc1250,pc2000,pc3000 dan hitachi ex2500 dan ex3600. Kira2 bsa gak saya krja d pertambangn australia. Tks pak wslm

  62. farhan berkata:

    Mohn balasan nya

  63. Imel berkata:

    Siang Mas humari saya wanita usia 22 tahun saya ingin tanya bagaimana cara mendapatkan visa working holiday di australia. Dan berapa biayanya. Trims buat infonya

  64. Van Boes berkata:

    makasih infonya…….sangat bermanfaat bagi saya…

  65. gandi berkata:

    malam bapak humari,umur sy saat ini 29, menikah dan pendidikan terakhir sy S2 ilmu komunikasi, kira2 pekerjaan apa yg bisa sy dapatkan di australia? mengingat pengalaman sy sgt minim karena stelah tamat sy langsung menikah dan sibuk dgn kehidupan baru sy. saat ini sy tertarik untuk bekerja di australia, mohon masukannya pak, terima kasih

  66. eppank berkata:

    Bagaimana seandainya kita bisa mendapatkan visa kerja ke australia? Gak mungkin kita mau terbang ke australia tanpa ada yang mau dituju.seandainya ada penyaluran resmi,bisa ikut mendaftar sebagai kandidat di penyaluran resmi itu pak.sy lulusan diploma hospitality/pariwisata.sy jg pernah bekerja di hotel di daerah jawa barat.dan sy jg sdh pernah bekerja di kapal pesiar yg cruise’nya around the world.passport dan visa sy udah ada visa amerika,kalau mau ngambil visa australia sy rasa gak ribet pak.cuman caranya untuk bisa bekerja disana itu yang sy pikirin caranya.kalau ada yang tau,minta tolong di share caranya ya…,makasih sebelumnya

    • Humari berkata:

      Seperti yang saya ungkap di atas, tak ada PJTKI/PPTKIS atau agen di Indonesia yang menempatkan TKI di Australia. Cari sendiri. Bisa saja dan kalau diterima bisa lewat TKI mandiri.

  67. deni kristanto berkata:

    salam kenal pak humari,,saya deni dr jatim,,pak saya sangat berharap bisa masuk ke new zeland,,tp sy tdk punya sponsor dlm pembuatan visa kerja,,,sy juga sangat berharap bisa sekolah dsna,, apakah bapak bs mencarikan saya sponsor,,mohon bantuanyaaa,,085649069***

    ****No hp disensor

  68. deni kristanto berkata:

    adakah pt yg bisa memberangkatkan pak,,biaya nya sampai brp

  69. maori berkata:

    saya ada beberapa kawan di new zealand da mereka ada yg punya usaha cleaning service sendiri,ada yg punya farm sendiri dan ada yg punya perkebunan sendiri?yg saya tanyakan bgm bisa dpt job order dr mereka(hampir semuanya mereka permanent resident),,,..trims

    • Humari berkata:

      Kalau PR jalurnya bukan lewat kami. Karena kami PJTKI/PPTKIS hanya menempatkan TKI dengan visa kerja sementara. Jadi saya takkan membahas soal bagaimana mendapatkan status permanent resident karena memang bukan bidang saya.

  70. Husna berkata:

    Untuk Andri Lesmana, boleh minta emailnya ? posisi saya sudah di Sydney sejak Jan utk study tp visa student sudah mau habis bln Maret ini , saya sdh tidak ada biaya lg utk extend visa & cari kerja disini sulit kalau tidak ada referensi or local exp walaupun job vacancy banyak dr gumtree.com or seek.com tp jarang yg respons, lebih mudah kalau ada teman yg bawa atau merekomendasikan ke bossnya.

    Ada yg saya ingin tanyakan tentang job sponsor, mohon emailnya mas Andri supaya saya bisa menghubungi langsung, thanx…

  71. Rahmi berkata:

    Minta info untuk mantan pelaut yg ingin mencari pekerjaan di Australia…

  72. Frandy berkata:

    Siang Pak humari.
    Ada Jalur Ke US/Jepang yang resmi tidak?
    Setau saya di jepang byk dibutuhkan buruh kasar.
    Atau ada kontak agen yang bisa di hubungi oleh saya.
    Thanks

    • Humari berkata:

      Jepang kebanyakan memperkerjakan orang-orang Cina. Sebagian besar ilegal. Itu bukan karena mereka tak bisa mengendalikan namun agar gampang mengusir pekerja tersebut bila ekonomi mereka sedang goyang.

      Dari Indonesia tak ada yang mereka rektut selain magang. Dan tak ada agen yang kita yang kirim orang ke sana selain BNP2TKI. Itupun terbatas pada perawat saja.

      • astried siswono berkata:

        Betul jepang mmg gak ada lowongan hanya magang sj, paman sy dulu masuk sana jalur magang sekolah dia mengirim muridnya yg mempunyai skil dan grade diatas rata2, dia kerja di kilang kabel sampai tragedi sunami kami putus hubungan, baru tahun ini komunikasi sambung lg itu jalur legal, kl ke us anaknya pakde sy disan dulu dia msuk jalur studi agen di trawas surabaya, sampai us dia disuruh kabur, cari kerja pindah2 khirnya dia dpt di kedai fastfood, mmg hidup pakde sy senang tp anaknya sampai skr ga bisa plg karna dia ilegal di us, jd kl mau kerja jd TKI / TKW hrs betul2 jalur PJTKI dan pemerintah itu membuka peluang bgi kita, kl ga susah sdr ga bisa pulkam.

  73. Sisca berkata:

    Pagi pak Humari,, saya senang membaca blog ini khususnya kerja di aussie.. Saya tinggal menetap di melb. Dan saya bertemu dengan pekerja di perkebunan dari indo.. Mereka pekerja keras biarpun banyak yg ilegal krn ke aussie pke visa turis.. Saya hanya berpikir mereka mau cari hidup dan kumpul modal.. Selama mereka tdk ditangkap sehat dan berkelakuan baik,, hehehe,, gimana yah..

    • Humari berkata:

      Yang bekerja secara legal saja rentan apalagi ilegal. Memang negara-negara yang kekurangan tenaga kerja semacam Australia, Korea, Jepang, Malaysia bahkan Arab Saudi, sering tutup mata soal satu ini. Tapi begitu ekonomi mereka lagi turun atau ada ketakutan pekerja ilegal akan mempengaruhi situsia sosial politik, mereka baru mengadakan razia besar-besaran. Dan objek pertama mereka adalah pekerja ilegal

      • sesca pandi berkata:

        Hi samua. . Slamat tahun baru. . Neg bagian victoria sangat luas dan tetap membutuhkan tenaga muda dan kuat utk perkebunan.. tp susah dapat izin kerja. Tp kl ada yg mau nekat masuk pake visa turis dan ada teman disini yg punya jalur kerja bisa aja kok. Asal kuat pekerja keras bangun pagi2 skal8 tgu jemputan. Dan hidup baik gak ribut2 ganggu tetangga. Liat peta musim panen dan kerja pindah2.. skrg lagi petik strawberry. Ntarblagi anggur dstnya sepanjang tahun. .. punya modal awal utk bayar kost sblm dpt kerjaan..

      • Humari berkata:

        Yang mau ambil resiko, silakan :)

    • yuyun berkata:

      mbak sisca….saya yuyun, saya ibu rumah tangga dgn 2 anak, saya pengen ke aussie. dan ada beberapa agen yang menawari utk itu. apakah benar smp di aussie mereka bekerja dan tidak menemui kendala asal kita tidak memancing masalah? saya benar2 buta masalah ini tapi saya ingin memperbaiki ekonomi keluarga saya, terutama persiapan masa depan anak2 saya. tlg info tentang keadaan tki di sana yg pernah mbk temui. trmksh mbak…

  74. nunu berkata:

    Buat yang mau kerja ke oz dgn visa turis ato apapun Jenis visanya, coba lihat Dan pelajari situation di imigrasi airport . Ketik di youtube ” border security australia” Maka anda semua Akan tercengang betapa susah nya masuk kesan, Dan banyak yg lgsg di deportasi saat Itu juga

  75. Mohroy berkata:

    Kerja sama usaha sendiri di negara kita,
    kerja: hanya cukup makan tidak bisa di pungkiri,sisa mau beli permen aja boro boro;(
    usaha: buat mereka yg merdeka yg tidak gulung tikar berlomba lomba:@
    yg di permasalakn kerja kenapa sampe keluar negri di sebabkn kerja beli permen tidak bisa,sampai jln pintas bisnis jadi orang minta minta disebabkn.. gakgak kuat gakgak kuat

  76. Suparman berkata:

    Pa,saya minta bantuanya langsung dari bapa,untuk bisa kerja ke luar negri.

  77. christian berkata:

    saya christian 23thn lulusan sma ingin sekali sekolah diploma sambil kerja di ausie tp kira” langkah pertama kemana dulu ya? dan butuh dana berapa? krn mau mendanai sendiri bkn dr ortu…

    • Humari berkata:

      Langkah pertama bila Anda minat kerja di sana dengan visa kerja ya harus dapat dulu perusahaan di Australia yang mau menerima Anda. Caranya cari lowongan di internet. Kirim lamaran.

      Perlu Anda ketahui, Australia tak memprioritaskan WNI buat bekerja di sana.

    • sesca pandi berkata:

      Ijazah SMA pasti bisa kuliah diaussie. Yg penting nilai rata2 min 7 juga nilai score IELTS harus min 6.. (di googling saja apa itu IELTS. . cari univ atau college. Daftar dengan copy ijazah dan IELTS.. di beri offer letter. Bayar biaya kuliah 6bulan dan dapat surat COE certificate of enrollment. . Utk urus visa student.. nah utk visa student ini ada keharusan dana dalam tabungan ortu atau penjamin ada min 350juta.. visa student ada ijin kerja 20 jam maximum perminggu.. jd bisa kerja dan biaya hidup sdh biaa teratasi gak minta ortu lagi..

  78. bagas berkata:

    Saya sangat berminat krja keluar negri..tlong info2 trbarunya pak humari…
    Trimakasih.

    • Humari berkata:

      Meski posting lama, saya tetap update kok. Peluang ke Australia, Selandia Baru, AS, Eropa tetap kecil sekali. Kanada sudah buka diri. April ini BNP2TKI malah berencana tanda tangan MOU dengan salah satu perusahaan swasta di Kanada

      • bagas berkata:

        Trimakasih..pak humari..
        Saya jg prnah trtipu proses newzeland..uang jutaan hilang..
        Blog bpk scra tdk lngsung sngt mmbantu pengethuan bg tmn2 ctki..
        Untuk canada klo udah buka tlong info lengkapnya..saya punya pengalman krj di pabrik2 korea slm 7 thn..untuk skill krj ke LN insya’allah ga prlu proses lama pmbeljarany..
        Sekali lg trimakasih pak humari…atas info andan.

      • Humari berkata:

        Untuk ke Kanada, kita tunggu dari BNP2TKI saja. Ada beberapa yang pernah saya umumkan tapi job ordernya sudah habis.

  79. Syaiful berkata:

    Mau tanya pak ttg agen pt. Inova marine persada, saya d tawari kerja k korea dgn biaya 35 jt dgn visa bisnis katanya

  80. rumanibrahim berkata:

    Trimakasih buat pak humari atas informasinya,ini sangat bermamfat bagi yang mau kerja keluar negeri.Saya mau nanya info terbaru lowongan kerja keluar negeri Чǝлƍ legal yang sudah ada kerja sama antara pemerintah indonesia dengan negara tujuan.Terutama ke jepang, korea, hongkong, autralia, new zeland, kanada, AS, timur tengah dan eropa.Saya tunggu infonya trimakasih.

  81. rumanibrahim berkata:

    Buat mbk sesca pandi boleh minta email, FB atau kontak Чǝлƍ bisa dihubungi mbk,trimakasi.

  82. effy berkata:

    Sisca pandi,,,,salam kenal mbk.sya berminat sekalinpgen krj ke australia tp bngung lwt agen mn
    mbk yg sdh brda dsn dl nya lewat agen mn ya mohon d bls ya,,blh mnt emel fb nya mbk

  83. effy berkata:

    Selamat malam bpk,,sya tertarik sekali dgn tawaran krj keaustralia.tp knp utk warga indonesia sngt sulit sekali.tp kwan sya warga mlysia sdh bkrja ksn tp mrka mudah lo mndptkn visa ksn.pa bpk pny infrmasi tntg agen d mlys yg bs mngurus kn utk org indonesia.

    • Humari berkata:

      Ini soal posisi tawar negara kita juga. Visa kerja diberikan berdasarkan kebutuhan mereka Australia, kualifikasi pendidikan dan daya tawar negara kita.

      • sesca pandi berkata:

        Utk visa kerja dengan kwalikasi dan ketrampilan bagus semua ada persyaratannya.. teknik dokter perawat dengan kemampuan bahasa inggris yg baik IELTS minimum 7..
        utk working holiday bisa di cek di website http://www.immi.gov.au
        tdk ada ijin kerja resmi utk pekerja farm atau factory.. yg banyak disini adalah mereka pekerja di farm merek yg over stay masuk dengam visa turis

  84. Indra berkata:

    PT inova marina persada itu pptkis resmi y Pak??

  85. NOER berkata:

    Maaf kalo TKI ke Korea…ada yang bisa bantu ga kalo usia sudah 42 tahun…trims

  86. suri berkata:

    Pak saya mau bertanya.
    Om dari pacar saya kerja di foodcourt yg berada di sydney istri beliau sekolah disana. Kemudian om pacar saya tsb mengajak pacar saya ini untuk kerja di sydney sama seperti om nya tsb.untuk tempat tinggal beliau sudah memiliki apartemen/rumah . Yg mau saya tanyakan
    1. Apa visa yg harus pacar saya apply?
    2. Bisa kah saya ikut bekerja di sana dgn status “pacar” saja belum menikah?
    3. Harus kah saya /pacar saya kuliah agar mendapat visa pelajar (saya dengar visa pelajar lebih mudah di dapat)
    Terima kasih saya sangat menunggu jawabannya

    • Humari berkata:

      1. Untuk jenis visa harusnya pihak sponsor di Australia yang beritahu jenis visa apa yang perlu diapply.
      2. Anda harus punya sponsor sendiri
      3. Ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s