Sisi Lain Kehidupan Tenaga Kerja Indonesia di Korea Selatan

Ini hal jarang saya lakukan, mengcopy paste tulisan orang lain. Namun karena kita perlu melihat dari berbagai sisi, tulisan ini dapat menjadi masukan buat kita semua terutama Anda yang berminat menjadi TKI di Korea Selatan. Bagi yang berminat untuk kerja ke Korea dan ingin mengetahui persyaratannya silakan klik http://tklnformal.wordpress.com/2013/12/27/syarat-syarat-penempatan-tenaga-kerja-indonesia-ke-korea-bnp2tki/

Oleh: Moh Fitroh Riyadi

Tidak di pungkiri semenjak berhembusnya virus “Korean wave ( demam Korea)  ”  , Korea Selatan merupakan negara tujuan banyak orang dari berbagai negara untuk di singgahi, entah keperluan wisata, berburu beasiswa dan juga untuk bekerja di berbagai sektor tak terkecuali sektor Manufactur yang juga banyak menempatkan pekerja Indonesia di sana.

Di sela-sela pelatihan pengurusan jenazah yang di adakan di Masjid Al-Amien Daegu Korea Selatan,  dengan nara sumber Ustadz Jos Istiyanto menjelaskan bahwa ada beberapa faktor kasus tenaga kerja Indonesia yang meninggal di Korea, dari faktor kesehatan, kecelakaan kerja dan hanya beberapa persen yang masih di duga sebagai kasus bunuh diri.Data yang di peroleh dari KBRI menjelaskan bahwa pada tahun 2010 di musim dingin saja (Winter) tenaga kerja yang meninggal di korea kurang lebih ada 10 orang dan yang paling banyak di sebabkan masalah kesehatan, antara lain angin duduk, serangan jantung mendadak, masuk angin dan tidak kuat terhadap dinginya cuaca pada waktu Winter.

Kecelakaan kerja

Kebanyakan yang mengalami kecelakaan kerja di sebabkan oleh beberapa faktor dari human error sampai machine error dan setiap pekerja sebagian besar pernah mengalaminya, dari yang hanya luka lecet sampai harus kehilangan beberapa anggota tubuh(jari kaki/tangan) bahkan harus cacat seumur hidup atau patah tulang yang memerlukan perawatan yang cukup lama.

 
 

Untuk masalah perawatan kesehatan di korea memang sangat mengutamakan dan mengedepankan hasil yang terbaik, bahkan bagi mereka yang kehilangan salah satu anggota tubuh mereka yang kasat mata akan mendapatkan biaya asuransi yang cukup besar, bila semisal jari yang terputus akan mendapatkan hitungan ganti rugi per-ruas jari yang hilang, tapi jika masih bisa di sambung dan dapat berfungsi mungkin hanya akan mendapat biaya perawatan saja jika yang bersangkutan masih berstatus legal bukan ilegal. Jika yang bersangkutan sudah berstatus “Ilegal ” maka biaya perawatan akan jauh lebih mahal dan bisa mencapai 4x lipatnya dari biaya normal. Tapi di sini keselamatan adalah hal yang paling di utamakan,lebih baik selamat dengan keadaan anggota tubuh yang masih lengkap dari pada banyak mendapat uang dengan harus kehilangan salah satu anggota tubuh kita.

Masih ingat pesan dari salah satu staff  KBRI Bapak Managara Tampubolon pada tahun 2011 lalu , saat itu beliau menemani tour seminar ekonomi di kota Daegu tepatnya di gedung DFC dengan pembicara Saudara Benardo Nugroho Yahya.

Bapak Managara  bertanya kepada para peserta seminar yang terdiri dari para teman pekerja ..

“Apakah hal yang paling berharga setelah nanti pulang dari korea..? hadirin serentak menjawab.

“Uang yang banyak pak…!!..(beliaupun tersenyum & menjawab)..
“Kalian salah ……lho kenapa pak(jawab salah satu teman pekerja)

“Uang tidak akan ada artinya jika kita dalam keadaan sakit dan tidak utuh(cacat)jadi yang paling utama adalah jaga kesehatan kalian,hati-hati dalam bekerja dan selalu berdoa agar apa yang kita kerjakan di beri kelancaran dan kelak ketika kita datang ke korea dengan keadaan yang sehat nanti ketika pulang juga dalam keadaan yang lebih baik dari segi finansial, kesehatan dan juga pengalaman.

 
 

Perlu Pengkajian ulang

Tertera dalam persyaratan umur minimal pekerja yang ingin bekerja di korea dari web BNP2TKI adalah 18 tahun,apakah ini tidak di kaji ulang lagi ,sebab kondisi psikologis anak dengan umur tersebut masih dalam pengembangan mental dan bila berhadapan dengan dunia kerja seperti korea akan banyak mengalami  masalah. Sebab kondisi kerja di korea sendiri juga sangat keras dari segi orang- orangnya yang terkenal dengan harus kata cepat-cepat/Palli -palli seta omongan kasar atau bahasa jawanya misuh ” 18 ” :D , sebagian besar para pekerja asing yang bekerja di sektor Manufactur ( Pabrik ) akan ditempatkan di bagian yang sulit dikarenakan kebanyakan orang korea lebih memilih bekerja di sektor yang ringan dan tidak terlalu menggunakan otot, maka dari itu mereka mengambil tenaga kerja dari negara lain untuk di tempatkan di bagian-bagian yang lumayan capek dan sulit, selain faktor gaji lebih murah di bawah orang korea, orang asing juga lebih mudah untuk di perintah.
Beberapa kasus yang terjadi
Selain kecelakaan yang menimpa akibat human error dan machine error ,faktor umur juga sangat mempengaruhi  misalnya, ada salah satu pekerja yang membunuh teman satu pekerjaanya yaitu seniornya sendiri  tempat dia bekerja dengan cara memukul korban dengan martil,kasus ini terjadi di kota Masan beberapa tahun yang lalu dan mungkin sekarang tersangka masih di dalam penjara. Dia bekerja di perusahaan yang tidak terlalu berat tapi rumit yang artinya harus banyak mengandalkan otak dari pada otot, sebagai senior korban bertanggung jawab supaya sang junior (pekerja baru) bisa  cepat faham terhadap pekerjaanya, tapi di sini terjadi kesalah fahaman antara senior dan junior sehingga tanpa di ketahui sang junior secara diam-diam dari belakang memukul seniornya dengan martil yang mengakibtkan sang senior meninggal dunia.(terjadi di tahun 2005)

Juga kasus stress dan depresi yang dialami oleh beberapa pekerja yang berujung pada pemulangan korban. Memang kebanyakan mereka yang berangkat ke korea masih dalam keadaan usia belia, berangkat ke korea dengan harapan gaji besar dan kerjaan enak tanpa pengetahuan atau pengalaman langsung bekerja dalam keadaan yang keras dan menuntut cepat-cepat. Tidak pernah terbayangkan bagaimana bekerja di dalam suhu minus di waktu musim dingin atau bekerja dengan suhu 45′ c di pabrik peleburan besi di waktu musim panas.

Perlu Peran Bersama

Bagi teman yang sudah bekerja di korea dan menginginkan saudara, tetangga atau teman untuk juga bisa bekerja di korea juga punya andil besar untuk menceritakan bagaimana kondisi asli lingkungan kerja mereka di korea karena mungkin mereka yang di rumah hanya mendengar bahwa kita di sini gajinya besar atau mereka melihat kita lewat photo yang kita miliki di jejaringan sosial sangat menarik dan mengundang iri orang untuk bisa ke korea, kitapun tidak mungkin juga atau jarang mengupload photo kesulitan dan kerumitan pekerjaan di sini.

Pemerintah juga mesti mengkaji batas minimal umur seseorang untuk bisa bekerja di luar negri, juga track record pengalaman kerja dengan menyertakan sertfikat pengalaman kerja. Tidak di pungkiri orang yang sudah mempunyai pengalaman bekerja minimal satu  atau dua tahun akan lebih siap di tempatkan bekerja dalam kondisi apapun dari pada orang yang sama sekali belum pernah bekerja atau bahkan “anak mama”. Hasil bagus sebuah tes bahasa korea tidak menjamin dia akan bagus dan siap juga dalam sebuah pekerjaan, umur dan mental serta pengalaman kerja di sini juga punya andil cukup besar dalam menghadapi segala keada’an yang terjadi lingkungan tempet mereka bekerja.

Tulisan terinspirasi atas beberapa kasus yang banyak terjadi di lingkungan dan juga keluhan-keluhan para pekerja yang mengajukan pindah perusahaan di karenakan kurang sesuai dengan yang di inginkan, terima kasih …salam kesejahteraan …semoga jadi bahan pertimbangan & bermanfaat…

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

156 Balasan ke Sisi Lain Kehidupan Tenaga Kerja Indonesia di Korea Selatan

  1. giarto berkata:

    usia saya baru 18 thun menginjak 19. Tapi sudah bekerja slma 3 tahun. Lulus smp lgsung kerja. Nah, skarang sya ingin ngadu nasib ke korea.. Walaupun sebentar, tapi pernah melakukan sebuah pekerjaan. Kerjaan saya di perkebunan karet.

  2. dwie berkata:

    kalo untuk tki cew biasanya ditemkatkan d sektor apa min???

  3. tyas berkata:

    untuk tenaga kesehatan ke korea bagaimana caranya ya?

  4. Yoke berkata:

    Low skill ? berarti orang yang lulusan S1 disana pekerjaannya disamakan dengan lulusan SMP / SMA gitu min ? :O

    • Humari berkata:

      Ya. Kami sendiri kerap mendapat permintaan dari Korea Selatan untuk pekerja high skill tapi tak bisa kami penuhi karena terbentur aturan dari pemerintah kita. Selama ini pemerintah dalam hal ini BNP2TKI hanya mengirim pekerja kategori low skill (general labour) ke Korea untuk pabrik. Ada juga pekerja high skill kita di Korea tapi mereka berangkat langsung melalu sistem TKI mandiri.

  5. Sinden Geblak berkata:

    maaf sebelumnya.saya ingin mengetahui struktur cara menjadi tenaga kerja dikorea gmn prosesnya,dan biasanya visa turun itu harus nunggu berapa lama,

  6. rina desi berkata:

    saya umur 21 tahun. saya berpengalaman 1 tahun di bidang authoration (Mesin dari korea).saya bekerja di bagian customer service. berpengalaman juga di pabrik bagian finishing. atau pramuniaga. pak saya memenuhu kriteria pak?saya ingin bekerja di korea.terima kasih sebelumnya

  7. cecep berkata:

    saya ingin studi S3 di korea selatan atau jepang. bagaimana biaya hidup di korsel dibanding jepang? iklimnya bagaimana? membaca tulisan diatas sepertinya korsel cuaca sangat dingin. tapi kalo jepang khan malah penuh gempa dan tsunami.

    • Humari berkata:

      Silakan Anda hubungi langsung penulisnya, Moh Fitroh Riyadi. Di Google saja. Untuk posting di atas saya cuma punya ijin copas dari penulis.

  8. Mumu berkata:

    kakak, kalau mau minta di posting perusahaan di korea yang biasa ditempati orang indonesia ada ga ya ? saya kesusahan dalam mencarinya
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih.
    salam.

    • Humari berkata:

      Sebenarnya hampir semua pabrik di Korea! Terutama yang punya pekerjaan yang tergolong ‘dirty, dangerous & difficult’. Sebab pekerjaan jenis itu dihindari oleh pekerja pribumi Korea. Hanya sekarang ini penempatan ke sana tidak bisa langsung, kecuali Anda adalah tenaga skill, seperti insinyur. Untuk general worker, silakan daftar lewat BNP2TKI.

  9. hanjiar satriya berkata:

    uang bukan segalanya,…. yang paling penting,… olah lah,.. SDA yng ada d dlm nusantara kita snidiri,… agar kita dapat sukses d negara kita sendiri,… dan mengharumkan nama bangsa,…. sampai ke pelosok dunia,… yng paling penting adalah, kerja keras, kerja cerdas, dan trimalah akan hasil yang kita dapat dengan lapang hati,… thnk’s and, good luck,….

  10. tika berkata:

    sy llusan S1…ingin krja ke korea,minta sarannya bagaimana baikny…jika nantinya sy diterima pa ja yg hrus disiapkn,thank’s.

    • Humari berkata:

      Untuk Korea, rata-rata penempatan untuk pabrik. Dan yang menempatkan juga bukan PJTKI/PPTKIS, melainkan BNP2TKI. Silakan kunjungi situs mereka bnp2tki.go.id untuk keterangan lebih lengkap.

  11. tika berkata:

    sy mau tanya…apa boleh mendaftar di korea our jepang dg ijazah paket c, …?thank’s

  12. batas usia minimal 18 tahun,, saya berusia 18 tahun sekarang,, saya berminat kerja di korea tapi masih ragu dengan musim dingin di sana, karena setelah saya baca artikel ini, ada tki sampai meninggal dunia karena kedinginan,,,, saya ingin tau keluhan apa saja yang sering di alami oleh tki di sana ?
    terimakasih..

    • Humari berkata:

      Gaklah. Sebenarnya itu hanya kejadian segelintir. Sebenarnya bahkan tingkat kematian TKI kita nol koma sekian persen secara keseluruhan. Cuma memang setiap ada yang meninggal jadi sorotan. Terutama buat negara-negara Arab dan Malaysia. Padahal untuk 2012, kematian TKI kita terbanyak terjadi di Singapura, bukan karena kasus kriminal melainkan kecelakaan kerja.

      Untuk Korea, kasus terbanyak sebenarnya shock culture. Sebab budaya kerja di sana memang lebih keras dan banyak tuntutannya dibanding Indonesia yang terkenal rendah produktifitasnya.

      Siapkan mental untuk hidup di negara orang. Sebab permasalahan yang bakal pekerja temui di sana, juga biasa ditermui di sini. Bedanya kalau ketemu masalah di sini, cari bantuan masih gampang. Ada orang tua, saudara, teman dsb. Kalau di sana? Paling bisa mengeluh lewat telpon.

  13. Eka siavera berkata:

    Saya mau taya!! Kalau TKW indonesia pg korea kqja apa?

  14. novya berkata:

    MªªŦ ••• MªªŦ ••• ​​”̮ sebelumnya,,,klo smisal heigh 148cm,kira2 bs memenuhi syarat ga?trus berat badan ikut mempengaruhi jg ga..klo kita smsal pnya knalan org korea,‎​ªã itu bs mnjdi salah satu jalan utk lebih cpt terbang ke korea???

  15. riri berkata:

    kalo di korea mo kerja tapi bkan mo jadi tki gmna ?

    • Humari berkata:

      Kalau kerja di luar negeri ya TKI namanya. Bedanya hanya lewat BNP2TKI (program G to G/pemerintah ke pemerintah) atau TKI mandiri (yang mendapatkan kerja langsung dari perusahaan tanpa lewat BNP2TKI/PJTKI). Untuk TKI mandiri, buat Korea biasanya dari kategori high skilled worker atau pekerja yang punya keahlian tertentu.

  16. Abun berkata:

    Saya usia 27 th lulusan sma, saya kerja jadi asisten rumah tangga selama kurang lebih 5 th, bisa gak kekorea tapi saya ga punya biaya untuk kesana terimakasih

  17. frida berkata:

    saya usia 38 th pada tgl 19 feb ’12. sy juga pakai kacamata min 3. apakah kondisi seperti itu masih bisa ke korea?

  18. tika berkata:

    saya jadi menimbang-nimbang kembali niat saya buat ke korea, mendengar postingan di atas membuat niat saya ciut, seciut-ciutnya! apalagi usia saya memang masih 18tahun belum pernah bekerja dan jika pekerjaan itu beresiko tinggi saya mengurungkan diri… apalagi cuaca yang memang ekstrim :( oh iya, yang saya tanyakan jam kerja tiap harinya di sana berapa jam ya?

    • Humari berkata:

      Dari beberapa percakapan dengan TKI kita di sana, durasi jam kerja sama saja dengan kita di sini. Hanya lemburnya memang luar biasa panjang. Bukan sekedar 2-3 jam perhari. Kerja 12 jam adalah biasa.

      Bahkan ada pengakuan dari salah satu pekerja bahwa setiap akhir pekan mereka bisa kerja antara 16 hingga 20 jam!

      Tapi yang berhasil jauh lebih banyak dari apa yang digambarkan di atas (bukan di Korea saja sebenarnya, kalau hanya sisi buruk yang dilihat, takkan ada yang mau jadi TKI)

      Hanya tetap harus kita perhatikan info-info alternatif yang tidak pernah dimuat oleh media nasional seperti posting yang Anda komentari ini.

  19. egy berkata:

    mau tanya kalo gaji per bulan di korsel berapa? trus kerja di sana termasuk magang gk ky di jepang

    • Humari berkata:

      Gaji pekerja kita di Korea rata2 12 jutaan. Ada yg dapat hingga 20 jutaan perbulan (dengan lembur). Untuk penempatan di Korea sebagai pekerja bukan magang.

  20. Ria berkata:

    Di korea para tki tggl dimana? And apakah ada acara kumpul2 antar sesama tki disana?

  21. Ria berkata:

    Bagaimana cara menjadi tki mandiri pakah kita langsung melamar ke perusahaan tsb.
    Kalo punya skill ket. sprti menjahit pa di sana dibutuhkan??
    Tks

    • Humari berkata:

      Penempatan Korea sebagian besar untuk posisi yang 3D: difficult, dangerous, dirty. Makanya kebanyakan yang direkrut laki-laki. Lebih tepatnya Anda kunjungi website bnp2tki.go.id, kalau mau tahu peluang ke sana

      • wahyu berkata:

        klo punya knalan orang korea ktanya boz yg punya pabrik dsna, trusz kta d ajak kerja d sna itu trmasuk leggal atau ilegal min. . .

      • Humari berkata:

        Tergantung cara pengurusannya. Kalau Anda masuk dengan visa kerja ya legal. Meskipun berangkat tanpa lewat BNP2TKI. Ada kok pekerja kita yang masuk ke Korea tanpa lewat BNP2TKI. Tapi kategori mereka pekerja ahli. Bukan buruh biasa.

  22. ali berkata:

    pengalaman kerja dimalaysia 3th.ingin pindah kerja ke korea gimana ya?..

  23. Rofik berkata:

    Dikorea kan gajinya bisa dibilang cukup besar, lalu bagaimana biaya hidup (makan, minum, tempat tinggal) disana..?? Apakah ditanggung pemerintah korea juga..??
    Makasie…

    • Humari berkata:

      Makan & minum tetap ditanggung pekerja. Tapi memang ada perusahaan tertentu yang menyediakan makan. Itupun pada saat lembur saja.

      Akomodasi ada yang disediakan perusahaan, ada juga yang tidak tapi diberi insentif perumahan.

  24. Rofik berkata:

    Jika ingin krja ke korea untuk yg prtma kan harus ikut tes eps topik, trus jika sudah lulus tes, hal” apa saja yg harus disiapkan..??
    Dan utk skrang ini, brapakah biaya yg hrus dikeluarkam utk bisa kerja kekorea mulai dari ikut les bhsa sampai terbang korea..?? Dan apakah kita dapat uang saku dr pmerintah..??
    Makasie….

  25. Ade Sri Hayati berkata:

    Suami sy sdh krj LS di Pertamina Balongan Indramayu-Jawa Barat.Kami pny 2 anak aku sndiri jualan pakaian di Kios Pasar akan tetapi suami ingin aku kerja sj di Korea krna di Indonesia krj upahnya minim.Tp sdr sy suaminya sdh pny usha buka matrial,tp dia tdk tau klo mertua atu sdr lainnya meninggal di Indonesia.Krna dia boleh pulang hny 3thn skali.Huuh bingung sy enaknya krj dmn ya?tlg beri aku solusi terbaik.

    • Humari berkata:

      Saran saya, kalau tidak kepepet banget lebih baik tetap di Indonesia. Apalagi Bu Ade punya anak yang perlu diperhatikan. Kecuali kalau anak-anak bisa juga bawa ke sana, baru ide menyusul ke Korea layak dipertimbangkan.

  26. Aman berkata:

    Dengan adanya shock culture, jika tidak perform bekerja, apakah perlakuan yg diterima kepada pekerja?
    Apakah pernah pekerja Indonesia yg skill atau non skill di korea di deskriditkan?
    Apakah berpengaruh kepada pekerja lain di korea untuk ikut2an mendeskriditkan?
    Apakah orang tersebut masih bisa hidup disana dan di Indonesia?
    Apakah yg harus orang tsb lakukan agar tidak dideskrititkan dengan segala kondisi dan kekurangannya di negeri nya agar bisa mengais rejeki.
    Terima kasih infonya.

    • Humari berkata:

      Mental harus siap. Tak mudah putus asa, mau terus belajar dan memperbaiki diri. Dan satu hal yang harus disadari oleh calon TKI yang hendak kerja ke Korea atau ke negara manapun, posisi yang selalu diberikan untuk pekerja asing selalu posisi yang 3D (Dirty, Difficult, Dangerous)

  27. hj berkata:

    ea itulah yg namanya kerja dinegeri orang,,,,
    emg semua kerjaan ada resikonya,tergantung bgmn persiapan kt dlm menghadapinya……..
    pokoknya semangat kerja yg halal demi hidup yg lbh baik.
    thx

  28. apakah harga-harga barang disana sangat mahal? maksud saya, 12 juta pun disana hanya cukup menggunakan jasa transportasi umum dan membeli makan..karena saya sering mendengar cerita dari bnp2tki bandung, bahwa dengan pendapatan 12 juta disana, banyak yang sudah bekerja selama satu tahun lalu sudah punya mobil dan sudah bisa memberangkatkan orang tuanya umroh/naik haji. karena itu tujuan saya bekerja di luar negri. kalau merintis di negeri sendiri, rasanya butuh waktu lebih dari 1 atau 5 tahun untuk bisa memberangkatkan ortu umroh/haji.

    • Humari berkata:

      Rumusnya sederhana, seeusaikan gaya hidup Anda dengan penghasilan. Saran klise memang tapi memang begitulah adanya.

      Mengenai mobil perlu Anda ketahui, harganya di tanah air kita sangat mahal. Karena pajaknya yang luar biasa tinggi. Harga Hyundai di sini dua kali lipat dari harga di Korea

  29. is berkata:

    Min, ane mo tanya nih, ane sekarang khan kerja di perusahaan korea di indonesia, nah kedepan ane mo dibawa nih ma tuh orang korea, status ane gmn min disana? apa harus daftar juga ke KBRI untuk dijadikan Legal Worker? Mohon bimbingan dan do’anya.

  30. sipak berkata:

    Saya ingin ke korea tapi saya sudah punya pekerjaan di kampung. Saya kerja swasta inkam saya rata2 1bulan 5 juta. Apa saya pantas kalau ke korea?..
    Trimakasih

    • Humari berkata:

      Pak kalau potensi di dalam negeri masih bisa dikembangkan mengapa harus kerja ke luar negeri? Apalagi bila income Anda berasal dari bisnis sendiri. Kecuali bila karir Anda mentok bolehlah opsi jadi TKI dipertimbangkan.

  31. Mika berkata:

    apa benar kalau wanita lebih sulit diterima kerja di korea ketimbang laki2?
    thanks

    • Humari berkata:

      Begitulah. Karena sebagian besar yang ditawarkan adalah pekerjaan yang menuntut kekuatan fisik.

    • sipak berkata:

      Lam knl mbak mika..
      Sekilas info aja..
      Tki wanita banyak kok di korea. Kerja di pabrik.
      Gaji sama dg yg laen.
      Kalo aku malah bingung sudah punya dua anak .

  32. Adie berkata:

    Kalo kita kerja korea sambil kuliah di sana itu visanya cukup sebagai pencari kerja apa bagaimana??
    Terimakasih salam

  33. Casmudin berkata:

    Saya lulusan sd, dan saya sudah kerja,! Apakah di kenakan biyaya dalam mencalonkan diri menjadi tki…??

  34. Casmudin berkata:

    Saya benar” nekad ingin menjadi tki, karna disini saya mendapatkan gajih yang sangat kecil, berharap di neggri orang lain saya bisa merubah nasib, aminn….

    #makasih

  35. Rahayu Ratna N berkata:

    Saya setuju dgn posting ini, kesehatan merupakan hal terpenting dalam hidup. Percuma punya uang byk, tak ada waktu tapi tdk memikirkan kesehatan alhasil tubuh kita menjadi sakit dan berobat pasti ujung2nya mengeluarkan uang…semoga bagi yg bekerja dikorea diberikan keselamatan & kebahagian amin, salam sukses @t_kuzmaniez

  36. Anita berkata:

    Maaf mau nanya, Kalau org Indo yang mau kerja di Korea Selatan adanya cuman jalur BNP2TKI dalam artian menjadi TKI ? Apakah tidak bisa ijazah S2 di Indonesia tapi kerja di perusahaan Korea Selatan yang tidak begitu menggunakan kekuatan fisik misalkan marketing atau dsb? Makasih sblmnya…

    • Humari berkata:

      Bisa. Tapi rata-rata yang direkrut langsung oleh perusahaan Korea adalah tenaga ahli di bidang operation, maintenance dan engineering. Kecuali yang terakhir, semua bidang itu diisi oleh orang yang kuat kerja di pabrik.

      • Anita berkata:

        makasih infonya, mau nanya jadi jalurnya yang aman di indonesia melalui BNP2TKI yah ?

      • Humari berkata:

        Secara prosedural ya. Soal aman, enak, atau tidak, ya namanya kerja di negeri orang ada saja sisi positif dan negatif.

  37. Anty berkata:

    Saya wanita umur umur 21 thn,klw pke ijasah smk bisa tidak?

  38. m nur berkata:

    Ini yg bikin sy masih bingung mba, klo telinga sy ada tindikan bisa nggak ya kerja ke korea…? Trus klo nggak bisa gemana cara mengatasi nya ya…

  39. idraxsakhmad rifai berkata:

    saya lahoran 1981, lg kepingin jadi tki korsel, prosedur y bgmn + biayaya _+ berapaan . trimakasih …..?

  40. Banyumas berkata:

    Pak saya lulusan SMK NEGRI 2 BANYUMAS dalam TEKNIK PENGELASAN ..
    saya berminat bagemana sebaiknya ?

  41. 302010 berkata:

    kebanyakan karena cemburu sosial..semua org ingin jadi kaya,,ya jadi aku ikut2n..karena gaji yang lumayan..

  42. Cerly chelebhh berkata:

    Trmksh ats infonya,min. Saya jd mengurungkn niat untk bkerja d sana karna tdk sesuai dgn hrapn sya. :) saya kira lulusan S1 bisa sejahtra jika dftar mlalui Bnp2tki bkn Tki Mandiri.

  43. adit berkata:

    pak saya mau tanya cara mendaftarnya bagaimana?? . tadi saya muter2 g ketemu cara daftar di BNP2TKI . dan saya mau tanya apakah tahun ini masih di buka g pendaftarannya?? pak trims

    • Humari berkata:

      Setahu saya buka terus kok. Cuma masa tunggunya memang cukup lama. Karena pendaftar yang membludak. Selain itu juga ada permainan di dalam.

  44. adit berkata:

    kira2 jangka waktu masa tunggu sampai kpn pak ??? 1 thn

  45. azahra88 berkata:

    biasanya tkw di korea krj apa ya…
    apa tkw yg prnh kerja di hongkong bisa jg kerja di korea…tolong infonya ya..

  46. juni prasetyo berkata:

    saya sudah bisa bahasa korea dan hungol,,, karena q ngrfrn sama film korea,, apakah bisa saya berangkat tanpa tes

  47. tiffany berkata:

    Saya sdh lulus test bhs korea thn 2012 sdh sending biodata bln oktbr 2012. Tp sampe skrng kog. Blm ada panggilan preliminary ? Udh setahun lbh aku menunggu

  48. ika berkata:

    mmh..kalau kontrak lum abis bleh pul ga ke indo?krja dsana berat ktanya..

    • Humari berkata:

      Ya kerja di pabrik-pabrik di Korea memang berat. Karenanya, pikir masak2 sebelum pilih peluang semacam ini. Kalau tak biasa kerja berat jangan ambil. Bisa pulang sebelum kontrak habis dengan resiko merugikan diri sendiri dan banyak orang. Karenanya bagi yang ingin kerja di mana saja di luar negeri jangan pakai niat coba-coba.

  49. ika berkata:

    oya..tki ga bleh ya bwa keluarga ksana??suami sya bru 2mggu dsna..ktany tki dperlakukan dng tdk baik..

    • Humari berkata:

      Tergantung jenis visa kerjanya. Ada visa kerja yang membolehkan bawa keluarga ada yang tidak. Untuk yang lewat BNP2TKI semua visa yang ditawarkan tidak bisa bawa keluarga.

      Soal perlakuan baik atau tidak, tergantung personel di pabrik masing-masing. Yang jelas, kalau kerja di negeri orang harus banyak ngalah. Apalagi di awal-awal. Waktu dua minggu belum bisa dijadikan acuan.

      Pesan saya untuk TKI yang baru bekerja di luar negeri, baiknya tidak mengabarkan keluhan di masa-masa awal kerja. Sebab semua akan terasa sangat berat saat baru-baru kerja.

  50. ika berkata:

    pak..knpa gajiny hrus dgantung 1bln dlu pak??mang ada dkontrak ya??maaf klo sya bnyak tanya..

  51. eko prabowo berkata:

    bingung mau kerja di korea atau buka usaha,bisa kasih solusi gk???
    klo kerja di korea bisa cuti gk??brp lama??ada minimal kerja gk??misal 1 thn bru boleh cuti atau gimana???

  52. onet berkata:

    saya mau tanya apakah bekas operasi usus buntu dah 2th lebih bisa mengikuti kerja di korea
    thanks

    • Humari berkata:

      Tergantung hasil medical, Mas. Ada yang bisa lanjut dengan catatan (misalnya tidak untuk pekerjaan fisik yang berat seperti angkat barang). Saya sendiri tak tahu bagaimana proses di BNP2TKI yang mengurus penempatan di Korea. Kalau kami dari pihak PJTKI/PPTKIS biasa melaporkan keadaan tersebut ke perusahaan di luar. Bila mereka setuju proses perekrutan diteruskan.

  53. agus masruri berkata:

    bro, saya mau tanya ..aq pingin ke korea jadi kuli , tapi apakah di sana ada waktu buat sholat

  54. Coco Nugg berkata:

    Salam Sukses………usia saya 36 tahun. pengen bgt ke korea. ijazah S1 pendidikan. mau tanya tentang kontrak kerja di korea apakah benar 5 tahun ? gaji per bulan berapa ? biaya hidup per bulan berapa ? tempat tinggal apakah bareng2 dgn tki asal indonesia ? bagaimana kalau terjadi salah paham bahasa. apakah ada petunjuk sajak awal bekerja mpe selesai kontrak. tata cara gaji, kirim transfer, pesangan dan pemulangan ke tanah air ? terima kasih. mhn di balas. salam sukses.

  55. marko berkata:

    mau tanya pak, apakah penempatan kerja di korea, setiap orangnya akan terpisah? Apa slalu ada WNI lain yg bkerja bersama di tiap tmpt krja tsb? Makasih pak..

  56. ila berkata:

    gimana kalo yang mau krja d sna itu wanita berkerudung dan berkacamata apakah boleh?!

  57. JIka mau kerja ke korea tpi dah ada paspor yang sudah digunakan kerja dimalaysia,untuk ke depanya bingung nih…perlu tukar gak??? minta saranya dong..!! terima kasih

    • Humari berkata:

      Ya enggak dong. Kalau masih berlaku lebih dari setahun bisa digunakan. Jika sudah kadaluwarsa atau masa pemakaiannya kurang dari 6 bulan, Anda bisa bikin yang baru dengan membawa paspor lama, KTP, KK, Akte Lahir atau ijazah, semua harus asli ke imigrasi terdekat.

  58. Ade berkata:

    Mau nanya pak,,lgkah2 mendftar ke korea yg resmi tu bgaimana?trus ksluruhn biaya tu brp??mksh sblmnya

  59. jaelani berkata:

    apakah bisa kerja di korea cuman pake ijazah paket b?

  60. kalsel berkata:

    Saya 34 tahun S1 sarjana hukum pengalaman kerja 9 thn dibagian administrasi sekolah taman kanak-kanak. Bahasa yg saya kuasai cm english & bahasa tanah air tentunya. Sejak april 2013 saya resmi menganggur. Karna itu jd tertarik mau kerja di korea tp sayang kok kerjaannya buruh semua ya? Saya udh daftar PNS 3 x & gak lulus lulus. Tahun ini udh gak bs ikutan. Terkendala umur. Saya udh hilang harapan kerja dlm negeri. Susahnya cari kerja

    • Humari berkata:

      Korea memang cuma buat buruh, Pak. Yang lain gak ada. Saran saya tunggu sampai April depan. BNP2TKI akan menandatangani kerjasama penempatan buat ke Kanada.

  61. hylmie berkata:

    Kenapa koq website bnp2tki nggak update ya min ?
    saya dan viewer yang lain butuh info-info terbaru juga….

    semoga kedepannya selalu update, agar lebih mudah dapat informasi dari badan resminya

  62. Diew berkata:

    Maaf,, klo boleh tau brp gaji tki di korea skrg? trims

  63. andi berkata:

    min pengen tanya… ..kalo sektor fishing tuh kerjanya sperti apa ya ??
    trus resikonya lebih besar mana sama yang di sektor manufaktur..???

    trims..

  64. riana berkata:

    mao nxk law kerja d korea bgian manufaktur da liburnya gk?brpa bln skli gitu n sistem kerja d pbrik seperti apa gambrnx d korea

    • Humari berkata:

      Ada. Aturan kerja ya standar Korea. Soal sistem kerja tergantung pabriknya produksi apa. Yang jelas di Korea, pekerja asing termasuk TKI akan mendapatkan tempat yang 3 D: dirty, difficult dan dangerous. Cuma gajinya memang lebih baik dibanding Arab Saudi misalnya.

  65. zainal berkata:

    Pak admin, kalo tki nyuri nyuri waktu buat ibadah (shalat) apa resiko yang di terima??
    Dan buat tempat tinggal, apa tki nyari sendiri atau sudah di atur pihak bnp2tki??

    • Humari berkata:

      Pabrik biasanya menyediakan asrama dan kadang makan. Nyuri waktu ibadah hampir tak mungkin. Korea sangat perhitungan dengan waktu kerja.

  66. simple girl berkata:

    hai~ saya tertarik sih jadi buruh pabrik di korea selain gajinya gede juga saya termasuk “demam kpop” hahaha jadi ada lah istilah sekali dayung 2 pulau terlampaui artinya di sana kerja sambil jalanin hobi,kek semacam nonton konser kalo weekend. sering ketemu suju -___-
    nah masalahnya,sistem liburnya itu gimana ya min? apa tiap sabtu minggi,apa sebulan berapa kali gitu? terus dalam sehari kerja berapa jam kalo tanpa lembur? terima kasih,mohon di jawab ya

    • Humari berkata:

      Kerja di pabrik di Korea, akan sangat menguras tenaga. Kalau libur cuma hari minggu saja. Sabtu tetap masuk. Dan lemburannya rata-rata cukup panjang. Di atas pabrik-pabrik kita di sini. Kalau minat silakan daftar ke BNP2TKI atau BP3TKI terdekat

  67. Rahmat berkata:

    gan mau tanya,saya keluaran smp terus kerja 2 tahun setelah itu saya sekolah lagi di smk qurrota ayun ambil jurusan tkj(tehnik komputer jaringan) klw di korea saya di tempatkan di mn?

    • Humari berkata:

      Korea cuma membuka untuk pekerja pabrik. Jadi asal tamat SMA jurusan apa saja, penempatan ya di pabrik. Tak menuntut skill tertentu asal sehat dan kuat.

  68. heru berkata:

    org korea kasar2, n egois. sy sdh prnh 3 tahun krja d sana, mrk hny mau d hargai, tp gak pandai hargai org, aplg org asing, kalo pd awalx mau d suruh, yg seterusnya pasti d suruh2. pdhl hal yg d suruh bukan kwajiban kita. muak dgn kata pali-pali. kalo gak pandai jg jarak n tingkah, bakalan jd bulan2an.

  69. baim berkata:

    Maaf pak boleh nanya klu ijazah SD bisa ikut daftar ke korea gak yahh..
    Mohon jawabannya..trimah kasih

  70. vimax berkata:

    tetap semangat dapat rejeki banyak gan

  71. tyo samtek berkata:

    Kakak kelas saya pernah berkeluh kesah di fesbuk, dy bekerja di korea, dan pada saat itu sedang menghadapi masalah dgn perusahaan tempat dy bekerja. Perusahaan tsb menuntutnya atas kesalahan yg dibuat-buat. Sehingga dy harus pulang ke indonesia tanpa bayaran. Kira2 spt itu, sy sdh agak lupa.

    Pertanyaan saya, pernahkah admin mendengar hal yg spt itu? Ttg kecurangan perusahaan korea yg merampok upah karyawan dgn cara2 spt itu?? Trima kasih.

    • Humari berkata:

      Ya tentu saja saya dengar hal semacam itu. Hanya kalau kasus perorangan tak saya bahas di sini karena kasus semacam itu bukan mencerminkan keadaan secara keseluruhan. Kecurangan, kesalahan, kelalaian, kesalahpahaman dari masing-masing pihak kadang terjadi. Tak ada yang 100% mulus. Meski yang selama ini menjadi sorotan hanya Arab Saudi & Malaysia sebab jumlah TKI kita di sana luar biasa besar. Jauh melebihi negara-negara lain.

  72. mickyneko berkata:

    Pak, bagaimana dengan tempat tinggal para tki? Khususnya yang wanita. Apakah mereka berada di satu tempat meski berbeda perusahaan, atau bergabung dengan buruh dari negara lain ditempat yang disediakan perusahaan? Atau bagaimana pak?
    Terima kasih.

  73. eka berkata:

    Pak, untuk perempuan yg ingin bekerja di korea, apakah akan ditempatkan di sektor yg tergolong 3D (dangerous, dificult, and dirty) jg? Harap balasannya pak^^

  74. fingkan berkata:

    min masalah ada tato bisa gak kerja di korea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s