Syarat-syarat menjadi TKI formal

Harusnya posting ini saya tulis paling awal, namun karena keasyikan ‘nyelekit’ ya baru sekarang dapat terwujud. Itupun setelah berpuluh-puluh kali saya mendapati pertanyaan di Google (yang lalu mengarahkan ke blog saya).

Persyaratan menjadi TKI formal sebenarnya sama saja bila anda melamar kerja di dalam negeri. Hal yang paling awal anda perhatikan adalah kemampuan diri: keahlian dan bahasa asing, minimal Inggris. Cari tahu apakah kemampuan anda dibutuhkan oleh pasar kerja luar negeri dengan rajin-rajin membaca pengumuman di koran maupun internet. Anda juga dapat bertanya langsung pada PJTKI/PPTKI yang biasa bermain di bidang formal.  Daftar PJTKI/PPTKIS yang menempatkan TKI formal dapat anda baca bila mengklik kalimat ini.

Bila anda merasa bisa diterima di pasar kerja negara asing yang anda incar, siapkan CV yang benar-benar menggambarkan kemampuan anda. Selain foto, di dalam CV anda perlu menerangkan minimal:

  1. Pendidikan terakhir
  2. Profesi yang anda geluti juga nama perusahaan tempat anda bekerja lengkap dengan industri macam apa yang digeluti perusahaan anda serta jangan lupa memaparkan apa saja tugas yang anda lakukan. Ini penting karena kami, para perekrut, rata-rata hanya akan memperhatikan CV yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan klien.

Bagi perusahaan di luar negeri, pengalaman adalah segalanya. Hanya bidang-bidang tertentu, di mana mereka baru memperhatikan ijazah, universitas atau sekolah tempat anda belajar.

Bagaimana bila anda tak punya pengalaman apa-apa tapi ingin gaji lumayan? Maaf bila saya harus berterus terang; anda hanya punya sedikit pilihan yaitu: mendaftar ke BNP2TKI untuk bekerja ke Korean atau mendaftar ke PJTKI/PPTKI yang punya order dari perusahaan di Taiwan.

Bagaimana dengan penempatan di negara-negara Barat (Amerika Serikat, Eropa, Australia, Selandia Baru)? Silakan klik kalimat ini.

Selain itu, saya tak bisa menjanjikan banyak. Sebab untuk negara-negara utama pengimpor TKI (negara-negara Arab dan Malaysia) sebagian besar hanya memberi gaji kecil bagi anda yang mempunyai kemampuan rata-rata karena lowongan yang bisa anda isi adalah jenis pekerjaan yang hanya membutuhkan tenaga dan perintah.

Selain itu tak semua negara yang menerima TKI formal, contohnya Hong Kong dan Singapura.

Selanjutnya anda juga harus menjalani medical check up. Untuk proses satu ini hendaknya anda bekerjasama dengan PJTKI/PPTKI yang mengurus anda atau bila anda berangkat sendiri (TKI mandiri), anda tanya kedubes negara bersangkutan tentang klinik di Indonesia yang mereka akui.

Bila lolos medical check up, anda perlu mengurus paspor. Apa saja persyaratan mendapatkan paspor? Silakan bawa diri anda bersama KTP, KK dan akte kelahiran atau ijazah (bisa ijazah SD, SMP, SMA, Diploma, S1) ke Imigrasi terdekat.

Untuk profesi tertentu (seperti perawat, dokter terutama) perusahaan asing kerap meminta terjemahan ijazah, surat pengalaman kerja, ijin profesi. Kalau sudah begini anda hendaknya mencari penerjemah tersumpah (Sworn translator) sesuai dengan bahasa yang diminta. Tanya sebelumnya apakah penerjemah tersumpah (sworn translator) tersebut bisa mengurus tanda-tangan dan stempel dari pihak yang berwenang di Kementrian Luar Negeri, Kementrian Hukum serta kedubes negara penempatan anda. Bila tidak? Bisa saja anda urus sendiri lebih murah, tapi resikonya selain capek ke sana ke mari dan bisa jadi  lebih mahal!

Satu lagi yang penting, apapun profesi anda pastikan bila hendak kerja keluar negeri keluarga terdekat anda (istri atau suami bagi yang sudah menikah, atau orang tua bagi yang lajang) telah mengijinkan. Apalagi bila anda berangkat lewat PJTKI/PPTKIS. Kami PJTKI/PPTKIS kerap disalahkan bila ternyata ada TKI yang pergi kerja keluar negeri tanpa ijin dari keluarga terdekat.

Begitulah keterangan secara umum tentang persyaratan menjadi TKI. Bila ada yang belum jelas, silakan tulis pada kolom komentar di  bawah ini.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

79 Balasan ke Syarat-syarat menjadi TKI formal

  1. rahmat berkata:

    kalo ada agen pjki yang ga punya bendera dan sudah satu tahun setengah ini trus janji dan tidak bisa memberangkatkan calon tki harus bagaimanakah kami melaporkannya karna kami ragu tidak ada kerjasama dgn depnakrer,BNP2TKI,BP3TKI dan tidak jelas agen luar negerinya.terimakasih

    • Humari berkata:

      Itu tandanya Anda berhubungan sama sponsor (calo). Tapi apakah Anda sudah berhubungan dengan PJTKI/PPTKIS dimana sang ‘sponsor’ menyalurkan Anda? Kalau ya, lebih baik Anda punya kontak langsung dengan staf PJTKI/PPTKIS untuk minta konfirmasi. Untuk sponsor memang sulit ditekan lewat BNP2TKI. Kalau terbukti penipuan Anda bisa kok mempolisikan dia.

  2. ujang berkata:

    BURU BURU CARI MAKAN ATAU CARI TERTAWA ATAU CARI SADISME … UNTUK HINDARI KEBENARAN
    oleh Laparmakantaktaucaritau Kayasantunimiskinmakanyghalal pada 16 November 2011 pukul 15:09 ·

    KEPADA YTH, TKW DAN TKL, PJTKI, SPONSOR, PL, CALO, PEMERINTAH, ULAMA, TOKOH, AQIL BALIGH, KEPALA KELUARGA

    فائدة ….. فائدة……. مكسب …….. الدنيا دون الأخرة ؟؟ الدنيا مع الأخرة ؟؟

    Mari kita buahkan fikir untuk saudara2 kita yg cari nafkah :

    ( إن اللبيب إذا تفرق أمره … فتق الأمور مناظرا ومشاورا )

    ( وأخو الجهالة يستبد برأيه … فتراه يعتسف الأمور مخاطرا )

    Devisa ? ……. Dosa ? …….. Pahala ? ……..

    VISA KERJA SEKTOR INFORMAL SEGERA DISUSUN DAN DITATA ULANG DENGAN SOLUSI, UNTUK RUMAH TANGGA HARUSLAH SUAMI ISTERI ATAU MAHROM ( KAKAK & ADIK, BAPAK & ANAK,IBU & ANAK, BIBI & PONAKAN, PAMAN & PONAKAN, YG PENTING MAHROM ) Para majikan diharuskan mengambil 2 tki , dengan kata lain visa berisikan 1 laki-laki ( sopir, penjaga gedung, kebun, jaga toko, laundry, cleaning service, restoran, dll ) dan 1 perempuan pembantu rumah , mereka haruslah suami isteri atau MAHROM, ini adalah pola pengawasan 2 tahun penuh sesuai kontrak kerja. sekaligus menyaring majikan majikan yang benar benar mampu mempekerjakan TKI, baik gaji mereka dan fasilitasnya. kedua TKI tersebut tidak dipungut biaya proses, majikanlah yang menanggung biaya proses. Gaji dapat dilakukan kesepakatan dengan contoh sebagai berikut : dikarenakan majikan diharuskan mengambil 2 tki, maka gaji mereka disamakan yaitu 800 real untuk pembantu rumah dan 800 real untuk yang laki-laki ( suami atau mahrom ), namun bila TKI laki-laki berangkat tanpa isteri / MAHROM, khususnya sopir rumah gajinya sebesar 1000 real saudi.

    atau :

    SISTEM ASRAMA BAGI TKI INFORMAL ( PEMBANTU RT ) DI SAUDI, DENGAN CARA ANTAR JEMPUT DARI ASRAMA KE RUMAH MAJIKAN , DATANG JAM LIMA PAGI DAN DIJEMPUT KEMBALI KE ASRAMA JAM SEMBILAN MALAM.

    والله في عون عبده ما دام العبد في عون أخيه

    Harkat dan martabat bangsa yang Beragama.

    الشغالة أي الخدامة أي العاملة المنزلية عملن فى أنحاء الشرق الأوسط لا معهن أزواجهن ولا محارمهن فماذا ترون وماذا تنظرون والعلماء صامتون و الأمراء مكتسبون و المجتمع يأكلون و يشربون و هل يعقلون ؟ .. أهذا منظر حياة المسلمين .. يا من ورثة الأنبياء

    • Humari berkata:

      Terima kasih atas tanggapannya.

      Soal semacam ini hanya pemerintah yang berwenang. Saya pribadi cenderung berpendapat: bila penempatan TKI informal untuk suatu negara sudah ditutup, lebih baik jangan dibuka lagi.

      Persoalan selesai.

  3. herawati berkata:

    Saya mau tanya,apa kah klu tanpa ijasah,saya bisa menjadi tkw di taiwan,mksh

    • Humari berkata:

      Anda tak punya ijazah sama sekali? SD, SMP, SMA? PJTKI yang menempatkan ke Taiwan biasanya meminta minimal, TKI yang tamatan SMP. Mengapa? Sebab masa belajar dan materi untuk TKI informal ke negara-negara seperti Taiwan, Hongkong, dan Singapura hampir mirip sekolah bahasa dimana siswa-siswinya harus lulus dengan kemampuan yang sesuai tuntutan majikan, kalau tidak lolos dipulangkan. Makanya untuk calon TKI yang hanya tamatan SD misalnya, mereka tidak terima. Meski kalau sang TKI sudah bisa berbahasa Inggris biasanya ada pertimbangan tersendiri.

  4. yuliyani berkata:

    pendidikan terakhir untuk krj di hongkong apa yah?
    SMP bs gak yah?

  5. Dwitha berkata:

    saya ingin bertanya, saya berniat ingin menjadi TKI formal di Korea atau Taiwan dengan sistem potong gaji, tolong infonya pak mengingat saya tidak memiliki dana tapi ingin bekerja keluar negeri, dan PJTKI Jakarta mana yang bisa saya datangi yang terdekat karena saya tinggal di perbatasan Jakarta Bekasi. Dua kantor PJTKI yang saya datangi pindah alamat tanpa tahu kemana pindahnya padahal saya mencari alamat di internet.

    • Humari berkata:

      Untuk penempatan di Korea, silakan datangi BNP2TKI. Hanya mereka yang menempatkan TKI ke sana. Mengenai penempatan Taiwan, setahu saya tidak ada sistem potong gaji total. Minimal ada dana yang harus dikeluarkan oleh calon TKI. Mengenai PJTKI yang menempatkan pekerja formal ke Taiwan silakan klik http://tklnformal.wordpress.com/

  6. Munawaroh berkata:

    Mohon bagi infonya untuk jadi TKW ke Singapore, dan apakah ada PJTKI di Bandung yang bisa saya datangi?

  7. Dewi berkata:

    Saya lulusan SMA, usia 35 th, berniat menjadi TKI formal di Abu Dhabi atau Dubai, bisa dibantu utuk syarat – syaratnya, dan tolong informasi untuk PJTKI yang mengurus atau menanganinya. Terima kasih

    • Humari berkata:

      Untuk TKI formal harus melewati proses interview dan seleksi biasanya langsung oleh perusahaan yang bakal memperkerjakan Anda. Sebab tak ada pelatihan untuk TKI formal. Mengenai lowongan TKI formal silakan klik: http://tklnformal.wordpress.com/

      • nann berkata:

        saya wanita umur 30 thn belum menikah.saya pernah kerja di luar negri selama 5 thn di restoran.saya tamatan smk perhotelan bisa bahasa inggris dan mengerti bahasa mandarin,masalahnya sekarang saya tidak punya biaya untuk berangkat lagi ke luar negeri.saya mohon informasinya mengenai PJTKI / PPTKIS yang mau memberangkatkan calon tki dengan sistim potong gaji ( 100% potong gaji tanpa pembayaran di muka ) saya tunggu jawaban anda di alamat e-mail saya

      • Langit berkata:

        apakah yang dimaksud dengan sistem gaji potong? saya ingin kerja di luar negeri tapi tdk tau persyaratan atw apa saja yg diharus dilakukan. kata teman saya, salah 1 persyaratan jadi TKI adalah punya minimal 50jt direkening. saya bingung dgn hal ini.
        skr saya bekerja sebagai staff di salah 1 perusahaan swasta. apaah hal ini bisa saya gunakan untuk melamar menjadi tki?
        mohon untuk menjawab pertanyaan saya ke email saya
        Terima kasih

      • Humari berkata:

        Potong gaji itu biaya pemberangkatan awal ditanggung oleh PJTKI (sebagian atau keseluruhan). Dicicil setelah bekerja di negara penempatan.

        Pembiayaan untuk menjadi TKI berbeda-beda. Tergantung negaranya. Sebagai gambaran silakan klik http://pjtkidantki.wordpress.com/2013/01/27/tentang-biaya-untuk-tki-informal-dan-formal/

  8. Arief soetardjo berkata:

    Pak saya sudah direkrut oleh satu perusahaan di UAE, dan sudah teken kontrak lewat internet, yang ada pada saya adalah ijazah terakhir dan passpor, akhir bulan saya sudah harus mulai bekerja, apa saja yang harus saya urus?

    • Humari berkata:

      Pihak UEA harus menyiapkan visa buat Anda. Syarat untuk mendapatkan visa Anda datangi dulu GAMCA di Gedung Binawan Jl. Kalibata Raya No 1. Bayar di sana 1 juta rupiah. Pihak GAMCA akan merujuk Anda ke salah satu klinik mereka untuk medical check up (MCU). Bila MCU Anda fit, Anda perlu datangi Kedubes UEA di Casablanca dengan membawa print out hasil MCU untuk dilegalisir, bayar USD 35. Setelah selesai Anda tinggal scan dan kirim hasil print out hasil MCU, paspor, foto ke perusahaan di UEA untuk dijadikan visa.

      Visa akan dikirim via email dan Anda tinggal print out visa tersebut juga kontrak kerja yang sudah ditandatangani pihak UEA, paspor, ke BP3TKI. Alamatnya silakan klik http://pjtkidantki.wordpress.com/2011/05/15/persyaratan-mendapatkan-ktkln-dan-alamat-kantor-bp3tki/

      Dari BP3TKI Anda akan mendapatkan KTKLN. Setelah itu, tinggal cari tiket.

  9. YANTI berkata:

    Pak saya berasal dari kalimantan barat.kab bengkayang .sungai-duri.saya puan yanti.ingin menanyakan bagai mana persyaratan untuk menjadi egen yang sah ditempat saya.untuk membawa TKI.di malaysia dan bagai mana cara untk pembuata koling visa pekerja.sekarang saya berada di malaysia .Penang.saya istri kepada warga malaysia.

    • Humari berkata:

      Untuk menjadi agen/PJTKI/PPTKIS, Anda harus punya perusahaan berbadan hukum Perseroan Terbatas. Setelah itu ajukan perizinan ke Kemenakertrans. Kalau mau jalan pintas beli saja PJTKI/PPTKIS yang tak aktif. Harganya kisaran 750 juta.

  10. danang berkata:

    assalamu’alaikum wrahmatullah…maaf pak ,saya mau tanya saya pria,usia saya 35 thn pendidikan smp ,saat ini saya bekerja di sebuah perusahaan swasta sebagai security,sekarang saya tinggal di yogyakarta ,,,yang ingin saya tanyakan adalah apakah saya bisa untuk bekerja sebagai tki di negara taiwan? mohon dengan sangat jawabannya pak…

  11. dewi berkata:

    saya bekerja dsebuah Company (perusahaan) d UEA.. pada awal pemberangkatan melalui PT tp sepertinya saya tergolong TKI formal, saat ini saya sedang cuti.yg mau saya tanyakan dokumen apa saja yg saya perlukan apabila saya saya akan kembali k negara tempat saya bekerja nanti ( abis Cuti) saat ni yg saya pegang yaitu Paspor and ticket,KTKLN saya expired, mohon penjelasannya,terima kasih.

    • Humari berkata:

      Untuk TKI formal maupun informal, kalau cuti tak perlu lagi lewat PJTKI. Bedanya kalau TKI formal seperti Anda, tinggal minta kontrak perpanjangan terbaru yang ditandatangani pihak berwenang perusahaan. Minta saja dikirim lewat email nanti diprint out. Lalu Anda tinggal datangi BP3TKI atau P4TKI terdekat dengan membawa kontrak, paspor, visa dan bayar asuransi.

  12. muhamad ansor berkata:

    usia sy 39 tahun lulusan slta pengalaman kerja lebih dari 15 thn di dlm negri, punya sim A umum, bisa mengoperasikan komputer dan advance bhs inggris. Kl sy ingin krja di arab, posisi apa yg cocok dg usia dan keahlian sy? Kl pnya info, mohon bisa diforward via email.
    Terima kasih

  13. saya ada pengalaman di kapal pesiar HAL sbg crew mess selama 2 kontrak.Apakah sy bisa kirim cv utk kerja di hotel atau resto di Australia?Kl iya,kemanakah alamat yg akan sy tuju?Dan,adakah peluang utk sy utk mengais rejeki secara legal di bumi kangguru…?mohon petunjuk.terima kasih sebelumnya..

  14. angga hidayat berkata:

    kkalo boleh tau berapa biaya pendaftaran jadi TKI di korea dan jepang!dan apa biasa bekerja disana, soalnya saya gak bisa bahasa jepang dan korea, tapi saya pengen kerja di salah satu negara tsb..

  15. pampam berkata:

    assalamu’alaikum..

    bagaimana dengan peluang kerja di NZ pak? saya usia 31 thn, lulusan S1 dan sdh kerja 7 tahun di bidang property.

    • Humari berkata:

      NZ sampai saat ini belum buka kesempatan buat WNI. Sejak saya menulis blog ini 3 tahun yang lalu saya belum dengar mereka beri kita visa kerja.

  16. bogel berkata:

    Assalamu’alaikum…
    Saya ingin kerja di luar negeri di bidang dempul..apakah ada ya..?

  17. aan berkata:

    asalamualaikum,
    1. saya mw bertanya, apakah anda mempunya beberapa alamat PJTKI di bandar lampung yang legal ( sah ) dan tujuan japan atau selain malaysia dan arab saudi, karena saya sangat memerlukan informasi tersebut..terimakasih, saya mohon dan berharap pak humari bisa membantu saya.

  18. aan berkata:

    2. dan negara tujuan mana saja yng umr nya besar ?
    3. Kendala saya tidak mampu menguasai bahasa inggris apakah saya bisa bekerja di luar negri 4. walaupun saya lulusan D3 manajemen informatika komputer bahkan ilmu yg saya dapat khususnya pemrograman komputer sudah banyak yg lupa, apa yang harus saya lakukan di tengah tuntutan perusahaan yang meminta keahlian ?
    MOHON di bantu di jawab PAK ADMIN HUMARI saya sangat memerlukan informasi tersebut ?

    • Humari berkata:

      2. Sebagian besar mensyaratkan di bawah 40 tahun.
      3. Ada yang mau terima di atas usia tersebut namun hanya untuk pekerja kategori tertentu dengan pengalaman mumpuni. Khusus di bidang IT, bahasa Inggris wajib bisa juga keahlian harus mumpuni. Karena pesaing kita India yang bahkan sudah mengirim pekerja untuk Microsoft.

  19. oktoberman berkata:

    malam,
    mau nanya lamaran untk tki formal ke malaysia diantar kemana ya?untk alamat pjtki yg di daerah banten dimana ya?
    dan untk berkas2 apa saja yg dibawa untk lamaran.terimakasih

  20. adi berkata:

    Dear Pak Humari,sy mendaftar kerja di perhotelan d saudi melalui PJTKI yg cukup bonafit d jaksel,mereka menjanjikan sy brangkat awal february krn sy sudah lolos Gamca&bayar biaya pertengahan january lalu ,tp barusan sy telpon lg mereka malah bilang masih ngurus kontrak kerja&blm bs ngasih kepastian kpn sy berangkat,pertanyaan sy:
    1.apakah rata2 PJTKI sering mengulur waktu pemberangkatan ya?
    2,biasanya maksimal brp bulan kita harus tunggu kepastian dr PJTKI it Pak?
    3.sy tanya k temen yg jd chef d dubai,di kontrak kerja mereka kerja 8 jm,tp kenyataannya harus kerja 10-12 jam,apakah memang jam kerja it sering meleset dr kontrak kerja pak?
    terimakasih

    • Humari berkata:

      1. Kalau mengulur waktu berangkat adalah dari PJTKI jelas tidak. Sebab mereka bisa diputus kontrak oleh pihak klien mereka di Arab Saudi kalau lalai semacam ini. Kalau penempatan Anda di Mekkah, Madinah dan Jeddah atau di kota di Arab Saudi yang mana pengurusan kontrak harus melalui Jeddah, perlu Anda ketahui, bahwa pengurusan kontrak akan sangat lambat karena KJRI kita di Jeddah penuh sesak oleh TKI overstay

      2. Maksimal 3 bulan setelah visa stamping di paspor Anda. Kalau lebih dari itu visa terpaksa diperpanjang, juga medical check up Anda atau visa hangus. Kalau sudah begini, PJTKI juga rugi sebab biaya perpanjangan visa dan medical check up harus ditanggung pihak PJTKI.

      3. Kemungkinan selalu ada. Karena itu pastikan kontrak kerja disahkan oleh perwakilan pemerintah. Sebab kalau ada apa-apa minimal kita bisa minta bantuan mereka atau kalau KBRI/KJRI tak bisa membantu maksimal, perusahaan yang melanggar kontrak semacam itu masuk dalam blacklist mereka dan untuk ke depan tak bisa mengambil pekerja dari Indonesia. Pihak pekerja juga harus tegas bila terjadi pelanggaran kontrak. Tak perlu demo, tapi tolak bekerja yang melebihi jam kerja yang disepakati.

  21. adi berkata:

    oooh begitu ya pak,syukur deh sekarang sy jd lebih plong.semoga Allah membalas semua kebaikan Bapak melalui blog yg telah meberi pencerahan bagi jutaan pahlawan devisa kita Pak….

  22. aan berkata:

    pak humari saya lelaki, ingin bekerja di singapore yg upah nya lumayan saya tidak mengukur berapa , saya lulusan D3 akademi manajemen informatika komputer, bahasa inggris saya sedikit bisa, saya tinggal di bandar lampung apakah anda tau alamat kantor PJTKi di daerah saya tolong beri tahu saya kalau bisa lebih dekat lebih baik, tapi jika adanya di jakarta dimana kah kantor PJTKI yang harus saya kunjungi, dan satu hal lagi saya tidak memiliki uang kecuali sedikit kalau ada dan bisa yg melalui pemotongan gajih saja, terima kasih mohon di jawab pak humari ,

    • Humari berkata:

      Khusus Singapura, mereka tidak menerima TKI formal kita. Memang ada WNI yang bekerja di sana, tapi hanya TKI informal (pembantu) dan mereka yang pernah studi di sana lalu lanjut bekerja atau lewat pemberian jalur khusus, misalnya diberi permanent residence. Yang terakhir ini karena keahlian mereka diperlukan oleh pihak Singapura.

      • aan berkata:

        terima kasih pak humari , pak saya mw bertanya lagi, menurut bapak saya lebih cocok bekerja nya di negara mana , dan kantor PJTI bapak di lampung ada gx ?

      • Humari berkata:

        Pertanyaan sulit. Sebab saya meskipun bekerja di PJTKI tak bisa menentukan. Lewat blog ini saya juga tak bisa merekrut calon TKI karena akan merusak netralitas. Yang mengirim CV ke saya akan saya forward ke PJTKI yang mungkin bisa menyalurkan.

  23. yadi berkata:

    Assalam.Pak humari,sy pria 25 tahun pendidikan S1 sastra arab.sy berminat kerja ke saudi,kerja apapun sy bersedia karena tujuan sy ingin memperdalam bahasa arab,mencari pengalaman sekaligus haji&umroh,kira2 kerjaan apa yg cocok dan mudah didapat untuk lulusan sastra arab Pak & kisaran gajinya berapa ya?bisa sekalian minta alamat website loker nya pak?terimakasih

    • Humari berkata:

      Gaji yang ditawarkan Arab Saudi, di luar sektor migas dan kesehatan (asal bekerja buat kementerian kesehatan mereka), tidak menarik. Kalau ada alasan selain gaji buat kerja di sana, patut dipertimbangkan. Kalau cari gaji besar, Arab Saudi dan hampir seluruh negara Arab bukan tempatnya.

    • aan berkata:

      yg paling besar setau saya di australia, sekitar gajih terendahnya 50 – 80 jutaan, sebab biaya hidup di sana tinggi, satu piring nasi padang saja di emperan jalan 90 – 120 000, naik becak 400 000 – 500 000, tapi sangat sulit untuk kesana, di tuntuk pengalan dan fasih berbahasa inggris, ini kata BLOG punya sebelah .. :)

  24. yadi berkata:

    bukan gitu pak,maksud sy meski s1 sy bersedia kerja apa saja meskipun jd pelayan restoran krn memang tujuan sy ingin umroh &haji ,mengembangkan bhs arab sy,menambah pengalaman serta memperluas relasi,teman kuliah sy pun ad yg bulan ini berangkat kerja sbg pelayan di restoran d saudi,terkait dg itu,sy ingin bertanya:

    1..teman sy it bilang klo kita s1 kerja jd pelayan d saudi pun tidak ap2 krn nanti setelah tiba d saudi kita bisa apply kerjaan yg “sedikit lebih baik” disana,apalagi dr jurusan sastra arab dg bhs arab excellent bisa2 diangkat jd supervisor/ setingkat lebih baik dibanding sekedar jd pelayan d restoran tempat qt bekerja bila kita bisa menarik simpati employer disana,menurut bapak itu gimana?

    2.ad tetangga sy jg yg kerja d saudi tp dalam masa percobaan 3 bulan pertama dia mundur&pulang k indonesia,klo kaya gtu TKI nya didenda ya Pak? yg rugi PJTKI nya atau employer saudi nya Pak?

    mohon pencerehannya Pak,makasih

    • Humari berkata:

      1. Kalau naik ke posisi yang lebih baik di dalam satu perusahaan adalah biasa. Tapi tak bisa pindah ke perusahaan lain.

      2. Yang paling rugi adalah perusahaan di Arab Saudi. Karena tak mudah bagi mereka dapatkan visa. Untuk PJTKI sendiri tergantung perjanjian. Kalau yang memilih TKI tersebut adalah PJTKI, mereka akan diminta ganti rugi. Cukup besar. Mengingat penempatan 1 TKI memakan dana sekitar 10 jutaan belum termasuk biaya mendapatkan visa. Yang jelas teman Anda tak bisa masuk ke Arab Saudi dan Qatar dalam jangka waktu minimal 5 tahun ke depan

  25. yadi berkata:

    wah bapak benar2 tulus memberi pencerehan kpd para pencari kerja,sangat kontras dg para staf PJTKI yg mnrt tmn2 sy selalu cuek&terkadang meremehkan para calon TKI tidak memberi info detail ttg kerjaan yg akan mereka apply,pdhal gaji mereka kan didapat dari TKi yg mereka berangkatkan…btw sy bs minta website PJTKI yg bapak pimpin? sekalian link lowongan yg tersedia k saudi d PJTKI Bapak?
    Thanks in advance Pak

    • Humari berkata:

      Sebenarnya sebagian besar karyawan PJTKI hanya tahu bidang yang dia kerjakan saja. Bidang lainnya tak terlalu menguasai. Saya bisa berbagi info di sini karena sejak awal saya bekerja di PJTKI sebagai pencari order. Posisi itu membuat saya harus tahu aturan-aturan yang harus ditaati baik di dalam negeri maupun di luar negeri sana. Karena itu saya bisa menjelaskan panjang lebar di sini.

      Untuk identitas saya, bekerja di PJTKI apa, maaf saya tak bisa infokan di sini. Karena blog ini buka saya tujukan buat merekrut dan bisnis demi netralitas, karena meskipun cukup banyak pengunjung saya tak pasang iklan :). Kalaupun ada iklan di sini itu dilakukan wordpress. Bukan saya.

  26. yadi berkata:

    o y lupa.sekalian alamat facebook n twitter bapak klo ada,biar nanti kami add follow pak,hehe

  27. pampam berkata:

    pak, bisa sharing untuk wilayah eropa.. rekomendasi anda sebaiknya di negara mana? background pendidikan saya di teknik industri. terima kasih.

    • Humari berkata:

      Tergantung pengalaman kerja. Dengan latar pendidikan Anda, perusahaan asing tak mau merekrut fresh graduate. Sebab kalau mau memperkerjakan fresh graduate mereka hanya akan merekrut dari dalam negeri mereka saja.

      Setahu saya cuma Arab Saudi yang menerima fresh graduate (dalam pengertian asal punya sklill belum punya pengalaman). Tapi peluang semacam itupun sedikit sekali dan gajinya tak terlalu menarik. Anda bisa bahasa Inggris dan bisa autocad?

  28. adin itsym berkata:

    maaf pak, saya cari info pptkis legal 2014 penyalur ke negara brunei atau malaysia.

  29. ubaid berkata:

    Assalamualaikum, mf pak
    saya mw ty lowongan kerja d saudi,
    saya lulusan Sekolah Tinggi Agama Islam S1
    bahasa arab,saya bisa bahasa arab aktif,
    pengalaman kerja d PT ASTRA HONDA MOTOR
    1,5 thn, kira2 ada lowongan yg cocok/sesuai
    untuk saya. mohon info pjtki atau perusahaan yg
    sesuai dg saya. saya sangat berminat sekali untuk kerja d saudi. Syukron info.

    • Humari berkata:

      Anda bisa bahasa Inggris? Bisa mengetik dengan MS office versi Arab? Kalau ya kirim ke humarihidayat@yahoo.co.id. Beberapa waktu yang lalu ada teman saya yang mencari staf yang punya kemampuan semacam ini.

      • ubaid berkata:

        kl bhs inggris saya kurang bisa pak,tp insyaAlloh bhs arab aktif/pasif bisa,ketik ms word arab bisa. kl boleh tw staff untk perusahaan d bidang apa???

      • Humari berkata:

        Bahasa harus aktif. Penempatan biasanya yang berkaitan dengan administrasi. Dan untuk bidang ini yang diminta adalah mereka yang punya kemampuan bilingual: Arab dan Inggris.

  30. sandi berkata:

    mau tanya pak,
    Saya calon tki formal yang akan bekerja di salah satu perusahaan oil and gas di Qatar dlm waktu dekat,
    paspor, visa, ktkln juga sudah ada.

    Yang saya tanyakan,
    1. Apakah pembuatan SKCK itu wajib pak?
    2. Ketika pemberangkatan dibandara nanti apakah ada pengecekan untuk SKCK pak?
    3. Kalau kita tidak menyertakan SKCK, adakah denda atau sanksinya?

    Terimakasih banyak atas bantuannya pak

    • Humari berkata:

      1. Khusus Kuwait, ya.
      2. Di bandara tak ada permintaan SKCK.
      3. Pemerintah kita tidak mensyaratkan SKCK. Namun pemerintah Kuwait (dan Taiwan) yang membuat syarat itu. Kedubes mereka di Jakarta akan meminta SKCK.

  31. ulan berkata:

    pak saya perempuan usia 23 tahun, S1 pendidikan matematika, kalau kerja di hong kong bisa di sektor apa ya. .
    terimakasih sebelumnya,.

  32. lilik mayasari berkata:

    Pak.. Saya br umur 30 thn…
    Ingin k luar negri. Jd tkw formal.. D Australia atw d As..
    Trs gmn caranya.. Dan pembayaranya brp??
    Dn proses nya gmn… Persaratan nya apa aj..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s